Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

5 Cara Sembuhkan Flu dengan Aktivitas Sederhana, Sering diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, penyakit yang kerap menghantui adalah flu. Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meski terkesan sepele, penyakit flu cukup menganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat menderita flu disebabkan sejumlah faktor, yaitu ketika musim dingin daya tahan virus lebih kuat karena tingkat kelembaban rendah, penularan virus melalui udara, dan kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

Penularan virus influenza berawal saat seseorang batuk, bersin, dan bicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, menggunakan barang-barang secara bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.

Pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Banyak orang yang menyepelekan penyakit flu. Padahal penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang kurang disadari dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Beberapa orang sering mengabaikan aktivitas-aktivitas ini saat terserang flu. Berikut 5 aktivitas yang dapat sembuhkan flu namun sering diabaikan dliansir Liputan6.com dari WebMD, Jumat(15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara cepat sembuhkan flu ini sering diabaikan

Tetap di rumah dan banyak istirahat

Penyakit flu adalah penyakit menular. Anda tidak dapat mengabaikan sakit flu yang Anda derita. Ketika Anda sakit, Anda harus menjaga diri Anda sendiri. Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra ketika melawan infeksi. Jika Anda sedang flu, terutama jika Anda demam, Anda akan merasa lebih lemah dan kelelahan. Mengabaikan penyakit flu bisa membuat gejala yang Anda derita lebih buruk.

Pada hari pertama saat mendapat gejala flu, hubungi kantor atau sekolah Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin beristirahat selama beberapa hari. Manfaatkan waktu ini untuk mengistirahatkan tubuh. Meringkuk di sofa, habiskan waktu untuk membaca, menonton DVD, atau tidur agar Anda dapat melawan virus yang sedang menyerang. Cobalah untuk tidur dengan bantal ekstra di bawah Kepala Anda. Mengangkat kepala akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Tidur yang cukup adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan ketahanan tubuh Anda terhadap kuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam semalam hampir tiga kali lipat berisiko terkena flu. Jika Anda sedang flu dan gejalanya membuat Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk tidur siang. Anda perlu istirahat tambahan.

Minum Banyak Cairan dan Makan yang Cukup

Pastikan Anda mendapat lebih banyak cairan saat terkena flu. Tidak semua harus berupa air putih. Jus buah, minuman isotonik, dan sup dengan kaldu juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu.

Cairan akan menjaga sistem pernapasan Anda agar tetap terhidrasi dan membantu mengubah lendir yang jahat dan kental menjadi cair yang bisa Anda keluarkan. Hal ini baik karena jika lendir menumpuk di paru-paru Anda dapat menyebabkan infeksi.

Saat Anda sedang tidak enak badan, Anda mungkin tidak nafsu makan. Tetapi Anda harus tetap makan, cobalah makanan ringan dan bergizi untuk membantu Anda pulih dari flu. Buah dan sayuran seperti pisang atau wortel dapat menjadi pilihan tepat untuk disantap saat flu.

3 dari 3 halaman

Sakit flu sering disepelekan

Uapi Tubuh Anda

Untuk dapat menurunkan demam Anda dapat mengompres badan Anda dengan handuk basah. Anda juga dapat duduk di kamar mandi beruap. Duduklah di kamar mandi dengan pintu tertutup. Nyalakan shower dengan air hangat. Biarkan shower menjadi panas sampai ruangan terisi dengan uap lembab.

Aktivitas ini dapat melembabkan saluran hidung Anda dan dapat membantu Anda rileks. Jika Anda pusing karena flu, lakukan teknik penguapan ini sambil duduk di kursi terdekat.

Berhenti Merokok

Merokok memang buruk bagi paru-paru Anda, bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan sehat. Meski begitu, para perokok memiliki resiko lebih banyak terserang flu dibandingkan dengan ornag yang tidak merokok. Gejala flu yang dihadapi juga lebih buruk dan akan bertahan lebih lama dalam tubuh.

Sel-sel yang rusak di paru-paru Anda akan membuat Anda lebih sulit melawan flu. Jika Anda sakit, berhentilah merokok.

Segera Minum Obat

Flu kadang disertai demam, hal ini karena tubuh Anda sedang mengeluarkan panas untuk melawan virus flu. Biasanya, demam flu akan berlangsung tiga hingga lima hari. Terkadang Anda juga menderita batuk dan pusing.

Kerap disebut sebagai penyakit sepele, banyak orang yang tak segera minum obat kala terserang sakit flu. Padahal segera minum obat merupakan langkah yang penting.

Obati demam dan rasa sakit yang menyertai flu dengan obat yang dijual bebas di apotik. Tanyakan kepada dokter Anda mana obat yang tepat untuk Anda.

Serangan Bom Tewaskan 40 Polisi India

Liputan6.com, New Delhi – Setidaknya 40 Polisi tewas dalam serangan bom di Kashmir, India pada Kamis 14 Februari 2019. Pasukan terbunuh saat konvoi, di mana sebuah mobil penuh bahan peledak menabrak bus yang mereka tumpangi secara tiba-tiba.

Serangan bom terjadi di jalan raya Srinagar-Jammu, pada 15:15 waktu setempat. Mobil yang mengangkut sekitar 300 hingga 350kg bahan peledak itu menghantam 70 kendaraan yang membawa 2.500 anggota militer ke Lembah Kashmir.

“Sebuah mobil menyusul konvoi dan menabrak bus yang mengangkut 44 personel,” kata Riyaz Masroor, seorang pejabat polisi, dikutip dari BBC News pada Jumat (15/2/2019). Masroor juga mengatakan bahwa belasan orang luka parah atas bom itu.

Kelompok militan Islam Jaish-e-Mohammad yang berbasis di Pakistan, mengatakan bertanggung jawab atas kejadian ini.

Simak pula video berikut

2 dari 2 halaman

Tuduhan terhadap Pakistan

Menteri Dalam Negeri India Rajnath Singh mengatakan bahwa Jaish-e-Mohammad didukung oleh Pakistan.

Namun, pemerintah Pakistan menolak keras tuduhan yang ia anggap “tanpa penyelidikan” itu. Meskipun menyayangkan tindakan pemerintah dan media India yang mencurigai tanpa bukti, otoritas Pakistan tetap mengutuk serangan dan menyatakan keprihatinan yang mendalam.

Sebagian wilayah Kashmir hingga saat ini dikuasai oleh India, dengan sisanya berada di bawah Pakistan. Meskipun demikian, Pakistan menolak bertanggung jawab atas serangan itu.

Kejadian ini mendatangkan kecaman dari Perdana Menteri India Narendra Modi.

Melalui akun Twitter pribadi, Modi mengutuk serangan yang ia katakan “pengecut”. Ia juga menyampaikan duka yang mendalam dan harapan agar kondisi membaik.

“Serangan terhadap personel CRPF (Central Reserve Police Force) di Pulwama adalah hal yang tercela. Saya sangat mengutuk serangan pengecut ini. Pengorbanan personel keamanan yang pemberani tidak akan sia-sia. Seluruh bangsa berdiri bahu membahu dengan keluarga para martir pemberani. Semoga yang terluka pulih dengan cepat.”

Perlukah NKRI Bersyariah?

Liputan6.com, Jakarta – Deden Sujana hanya bisa tertawa saat tahu polisi menetapkannya sebagai tersangka dalam perkara bentrok di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten. Namun, tawa di wajahnya bukan lantaran senang.

Dia tertawa getir. Saat mendengar kabar penetapan dirinya sebagai tersangka Februari 2011 lalu, Deden sedang berbaring di ranjang pasien di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Luka di sekujur tubuhnya belum kering. Tangannya masih kaku, belum bisa digerakkan usai operasi penyambungan yang dilakukan selama 7,5 jam oleh 7 dokter dengan keahlian berbeda. Dokter pun berkata, dia mengalami gegar otak.

Ketika berbincang dengan Liputan6.com, Deden mengaku, kala itu ia tak menyangka bakal berakhir di rumah sakit. Juga tak terbesit dalam pikirannya bahwa bakal ada 1.500 orang yang datang ke masjid milik Ahmadiyah di Cikeusik, sekitar pukul 10.30 WIB, 6 Februari 2011 .

“Malam minggu (Sabtu 5 Februari 2011), saya mendapat kabar tentang penahanan ustaz kami, istrinya dan keluarganya. Saya dan 12 orang lainnya malam itu juga berangkat ke Cikeusik untuk bertanya dan meminta polisi membebaskan mereka. Kebetulan saat itu saya menjabat sebagai Ketua Keamanan Nasional Ahmadiyah. Kami sampai di sana pukul 08.00 WIB karena Cikeusik itu masih jauh dari Pandeglang, kami ingin istirahat dulu dan siangnya baru ke polisi,” tutur Deden, Rabu 13 Februari 2019.

Tiba-tiba, lanjut dia, sejumlah polisi mendatangi mereka dan memintanya untuk meninggalkan lokasi karena akan ada sekelompok orang yang menuju ke tempat tersebut. Namun, polisi tidak memberi tahu jumlahnya.

Deden dan rekan-rekannya enggan meninggalkan lokasi karena maksud kedatangannya belum tersampaikan. Apalagi, dia merasa datang dengan cara dan tujuan yang baik. Mereka tak membawa senjara. 

Massa kemudian datang. Bentrokan pun tak terelakkan. “Bisa dibuktikan kok di video yang beredar, kami melawan dengan tangan kosong atau alat yang bisa kami dapat di dekat kami,” kata dia.

Hari itu, Deden menyaksikan tiga saudara seimannya tewas karena diserang menggunakan senjata tajam. Ia yang susah payah menghindari hujaman celurit dan golok, tak kuasa membantu. 

Begitupula polisi. Tak ada satu pun petugas keamanan yang berani melerai. Sebuah mobil aparat habis dibakar massa, satu dimasukkan ke jurang. 

Deden  yakin, ada yang memobilisasi massa itu. Sebab, dia merasa janggal, 1.500 orang bisa berkumpul secara spontan. Tapi kecurigaan tersebut tak pernah ditindaklanjuti polisi.

Usai bentrok Cikeusik, polisi membawa Deden dan 12 rekannya ke RSUD Serang. Namun, pihak rumah sakit angkat tangan dengan kondisi Deden. Tangan dan kakinya nyaris putus. Tak ada dokter ahli yang bisa menanganinya ketika itu.

Keluarganya pun harus beradu argumen dengan kepolisian untuk bisa membawa Deden ke RSPP. Sampai akhirnya, polisi mengizinkannya.

“7,5 jam saya dioperasi untuk menyambungkan tangan saja. Dokter bilang, baru kali ini ada operasi selama itu di RSPP. Orang tangan saya mau putus dan sudah ada beberapa jaringan yang busuk. Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk hidup dan menggunakan tangan kaki saya kembali. Dua minggu saya dirawat. Sekarang sudah bisa digerakkan,” ujar Deden.

Usai pulih, ia kembali berurusan dengan hukum. Polisi menyangkakan empat pasal kepadanya, yakni, provokasi, penganiayaan, kepemilikan senjata tajam dan melawan petugas. Namun pada akhirnya, polisi menjeratnya dengan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan Pasal 212 KUHP tentang perlawanan terhadap petugas kepolisian.

Ia ditahan selama enam bulan. “Wong saya dipenjara bukan karena nyopet atau korupsi. Yang saya sayangkan, 12 pembunuh saudara saya malah dihukum 3-5 bulan,” ucap Deden.

Usai kejadian itu, dia dan pengikut Ahmadiyah lainnya selalu berhati-hati dalam bertindak dan bertutur. Tidak kepada sembarang orang mereka mau terbuka. Mereka pun tidak pernah bersuara di ruang publik, media sosial sekalipun.

“Karena kita tidak tahu, kita sedang berhadapan dengan siapa. Bagaimana kalau lawan bicara kita ternyata kelompok garis keras? Kami saling menjaga saja,” kata dia.

Baru belakangan Deden dan warga Ahmadiyah lain berani mengeluarkan pendapat di  ruang publik dan media sosial. “Saya juga sudah berani komen-komen di Twitter. Apalagi pada pemerintahan saat ini, kami merasa aman,” kata Deden. 

Sementara, pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab pada akhir tahun lalu melemparkan kembali isu NKRI Bersyariah terkait dukungannya kepada salah satu peserta Pilpres 2019.

Akun twitter @RizieqSyihabFPI, mengunggah poster isu NKRI Bersyariah disertai gambar dirinya dan Prabowo-Sandi. Wacana NKRI Bersyariah juga pernah dia bukukan dengan judul Wawasan Kebangsaan Menuju NKRI Bersyariah.

Deden kemudian berkomentar, “Mau sampai kapan begini?”

“NKRI harga mati, final, tidak ada lagi embel-embel syariah. Cukup bank saja yang bersyariah. Apalagi kita ini bukan negara Islam. Indonesia terdiri dari ribuan budaya. Beda itu indah. Sudahlah, Pancasila final, NKRI harga mati,” lanjut Deden yang kini menjabat sebagai Ketua Ahmadiyah Bekasi dan Asisten Humas Pengurus Besar Ahmadiyah itu.

Hal yang sama disampaikan oleh seorang jemaah Ahmadiyah berinisial S. Dia mengatakan, kini hidupnya lebih mudah. Dia juga bertempat tinggal dan bekerja di lingkungan dengan tingkat toleransi tinggi. Dia pun bebas bersuara bahwa ia adalah pengikut Ahmadiyah.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu. Ketika menikah saja, dia harus menumpang ke kota lain. Sebab, sulit untuk mengurus surat-surat pernikahan di kota asal calon istrinya.

Dia bahkan menyebut, sejumlah jemaah lain di lokasi itu tidak mendapatkan e-KTP lantaran keyakinannya yang berbeda dengan masyarakat sekitar. Saat berbincang dengan Liputan6.com pun, dia tidak ingin daerah asal pasangan hidupnya disebut.

“Dulu saya harus menikah di tempat lain. Sulit mengurusnya bahkan ada yang tidak dapat e-KTP. Alhamdulillah di tempat lain diberi kemudahan dan kami tidak perlu menyembunyikan identitas sebagai seorang Ahmadiyah,” ujar S.

Dia pun tak ingin mengalami deja vu. Dia tidak mau lagi terkungkung dengan konsep yang diwacanakan Rizieq Shihab.

Sementara, Slamet, warga Kudus, Jawa Tengah yang baru dua tahun ini mualaf juga tak paham dengan konsep NKRI bersyariah yang diwacanakan Rizieq. Terlebih, baru dua tahun ini dia bisa memeluk agama pendahulunya.

Sebelum kemerdekaan, orangtuanya tidak memiliki kebebasan untuk memeluk agama Islam karena saat itu tak ada ruang publik yang manusiawi. Keduanya memutuskan berpindah agama.

“Jika sekarang ada yang menyerukan NKRI bersyariah, justru mundur dong. Warga seperti saya sebenarnya hanya butuh ruang publik yang manusiawi. Tanpa rasa takut kita bisa menegakkan apa yang kita yakini. Kita hanya butuh damai,” kata pria 57 tahun itu kepada Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Harus Paham Konsep

Lalu, masih haruskah kita mempertimbangkan wacana Rizieq Shihab soal NKRI bersyariah atau lebih memilih ruang publik yang manusiawi?

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Marsudi Syuhud mengatakan, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, masyarakat harus tahu terlebih dahulu tentang makna kata “bersyariah”. Setelah itu, baru bisa membahas soal pilihan tersebut.

“Yang harus dipahami oleh muslim maupun nonmuslim, Bangsa Indonesia, sesungguhnya kata bersyariah itu seperti apa sih? Teorinya bagaimana? Bersyariah itu bukan hanya untuk muslim tapi untuk siapa saja. Maka kaidahnya di mana ada kemaslahatan, kebaikan, untuk publik, untuk siapa saja, maka sesungguhnya sudah memakai syariat Allah,” kata Marsudi saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/2/2019).

Dia pun memberikan gambaran tentang permasalahan ini melalui Undang-Undang Lalu Lintas. UU tersebut diciptakan untuk mengatur segala sesuatu tentang yang berhubungan dengan lalu lintas, agar tidak terjadi kecelakaan dan tercipta keteraturan, seperti rambu-rambu dan batas kecepatan maksimal.

“Itu untuk kemaslahatan tidak? Untuk kemaslahatan, biar tidak tabrakan. Berarti UU Lalu Lintas bersyariah tidak? Bersyariah.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ruang publik kita sudah baik? Sudah manusiawi?

Marsudi menilai, proses menuju baik itu tidak ada ujungnya. Amerika saja, lanjut dia, tidak berhenti untuk menjadi baik dan lebih baik.

Bagi dia, ruang publik yang berdasarkan Pancasila pada saat inipun sudah bersyariah, meski terus berproses menjadi lebih baik.

“Ruang publik hari ini alhamdulillah dengan dasar negara kita Pancasila, ya itu tadi, penjelasan Pancasila sama dengan UU Lalu Lintas. Pancasila hadir kesepakatan, maka sudah sesuai syariah belum? Sudah, karena untuk kemaslahatan,” tutur Marsudi.

Hal serupa diungkapkan oleh negarawan, Ahmad Syafii Maarif. Pria yang akrab disapa Buya ini menilai, NKRI bersyariah dengan sendirinya akan tercipta ketika norma-norma agama, sosial dan hukum dijalankan.

“Kalau Islam yang benar, tidak perlu itu perlu NKRI bersyariah. Islam yang selaras dengan kemanusiaan sudah mewujudkan NKRI bersyariah,” kata Buya kepada Liputan6.com.

Dia pun pernah membahas wacana NKRI bersyariah dan ruang publik manusiawi dalam bukunya yang berjudul Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan

Dia menyayangkan pendapat beberapa orang yang menuduh sistem demokrasi, paham keberagaman, toleransi, dan pesan anti-kekerasan bukanlah napas Islam. Baginya, yang terjadi justru sebaliknya.

Buya Maarif berpendapat, sesungguhnya Islam Indonesia tidaklah antidemokrasi. Indonesia sekarang ini, lanjut dia, beruntung karena memiliki Islam yang terbuka akan prinsip demokrasi.  


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ani Yudhoyono Sakit, Sandiaga Minta SBY Tak Perlu Pikirkan Kampanye Pilpres

Liputan6.com, Jakarta – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno masih menunggu kabar pihak keluarga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bisa menjenguk Ani Yudhoyono. Mantan ibu negara itu kini tengah dirawat di Singapura karena mengalami kanker darah.

“Saya sudah sampaikan melalui beberapa anggota keluarga keinginan untuk menjenguk seandainya ibu bisa dijenguk. Tapi sampai hari ini masih menunggu konfirmasi,” kata Sandiaga di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).

Sandiaga mengaku prihatin dengan keadaan Ani Yudhoyono. Dirinya mendoakan supaya Ani cepat sembuh.

“Kami sangat prihatin. Sangat betul-betul ikut mendoakan ibu Ani, ibu negara kita yang ke-6. Beliau menjadi sosok inspirasi bagi kita semua. Dan kita mendoakan segera kepulihan dari Ibu Ani dan tentunya kekuatan keluarga yang mendampinginya. Semoga Ibu Ani bisa segera pulih dan sehat kembali,” tuturnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak masalah bila kegiatan SBY mengkampanyekan Prabowo-Sandi menjadi tertunda. Dia ingin SBY serta keluarga fokus mendampingi Ani dan mengesampingkan urusan politik.

“Sekarang fokus dan perhatian Pak SBY harus ke Bu Ani. Dan kita harus betul-betul mendoakan kesembuhan beliau. Ini adalah satu yang kita doakan bersama. Jadi urusan kampanye, urusan pemilu itu udah ada yang ngurus lah. Pak SBY harus mendampingi Ibu Ani dan ini menjadi kekhawatiran kita juga. Saya dan Pak SBY memantau terus, jam ke jam keadaan Bu Ani,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Kanker Darah

SBY memberikan pernyataan resmi terkait sakit yang diderita Ani Yudhoyono. Ketua Umum Partai Demokrat itu menyatakan istrinya mengalami kanker darah.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dalam video yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/2/2019).

SBY menyatakan, Ani dirawat Rumah Sakit National University Singapura sejak 2 Fenruari 2019. Ani menjalani medical treatment atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

SBY mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan bantuan tim dokter kepresidenan dalam upaya perawatan Ani.

“Saya juga menyampaikan terima kasih atas ucapan dan doa kesembuhan kepada Ibu Ani, yang disampaikan oleh para sahabat di tanah air yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Termasuk yang melalui media sosial,” kata SBY.

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, akan melewatkan sejumlah kegiatan termasuk rangkaian kampanye pilpres yang telah diagendakan demi menjaga sang istri.

“Saya dan Ibu Ani meminta maaf karena tidak dapat menghadiri sejumlah kegiatan yang direncanakan berbagai pihak yang sebelumnya saya niatkan untuk saya penuhi. Sebagai seorang suami, tentu saya harus mendampingi Ibu Ani dalam menghadapi ujian dan cobaan Tuhan ini,” kata SBY.

SBY memohon doa agar Istri tercinta dapat diberi kesembuhan.

“Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air,” jelasnya.


Reporter: Muhammad Genantan Saputra

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sakit Ani Yudhoyono dan Doa-Doa Untuknya

Liputan6.com, Jakarta – Kabar kurang menggembirakan datang dari keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono tengah terbaring sakit. Mantan ibu negara itu, sejak 2 Februari 2019, menjadi pasien di Rumah Sakit National Universtiy Singapura.

Politikus Partai Demokrat Andi Arief dalam unggahan di akun Twitternya, memperlihatkan Ani Yudhoyono tengah terbaring sakit. Wajah Ani pucat dan sendu ketika menerima kedatangan mantan Menko Polhukam Djoko Suyanto dan istrinya.

SBY yang mengenakan batik cokelat terlihat sedih saat menatap wajah Ani Yudhoyono. Sang putra sulung, Agus Harimurti Yudhoyono turut mendampingi.

“Alloh akan menyembuhkan,” tulis Andi pada akun Twitternya, 11 Februari 2019. 

SBY pun akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait sakit yang diderita Ani Yudhoyono. Ketua Umum Partai Demokrat itu menyatakan istrinya mengalami kanker darah.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dalam keterangan video yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/2/2019).

SBY menyatakan, Ani dirawat Rumah Sakit National University Singapura sejak 2 Fenruari 2019. Ani menjalani medical treatment atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

SBY mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan bantuan tim dokter kepresidenan dalam upaya perawatan Ani.

“Saya juga menyampaikan terima kasih atas ucapan dan doa kesembuhan kepada Ibu Ani, yang disampaikan oleh para sahabat di tanah air yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Termasuk yang melalui media sosial,” kata SBY.

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, akan melewatkan sejumlah kegiatan termasuk rangkaian kampanye pilpres yang telah diagendakan demi menjaga sang istri.

“Saya dan Ibu Ani meminta maaf karena tidak dapat menghadiri sejumlah kegiatan yang direncanakan berbagai pihak yang sebelumnya saya niatkan untuk saya penuhi. Sebagai seorang suami, tentu saya harus mendampingi Ibu Ani dalam menghadapi ujian dan cobaan Tuhan ini,” kata SBY.

SBY memohon doa agar Istri tercinta dapat diberi kesembuhan.

“Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air,” jelasnya.

Sebelumnya, ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan sejumlah tokoh juga disampaikan Ani Yudhoyono melalui akun media sosialnya.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa mengabulkan dan membalas kebaikan Bapak/Ibu sekalian.” tulis Ani di akun Facebook, 9 Februari 2019.



2 dari 4 halaman

Doa-Doa Kesembuhan

Sakitnya Ani Yudhoyono mendapat simpati dari banyak kalangan. Doa-doa untuk kesembuhan sosok penggemar fotografi tersebut, melangir dari sejumlah kalangan. Presiden Jokowi Jokowi mengaku telah menelepon SBY untuk mengetahui kabar Ani Yudhoyono. 

“Sudah, empat hari atau lima hari yang lalu saya udah telepon beliau. Pak Jusuf Kalla juga udah telepon beliau untuk mengabarkan mengenai Ibu Ani,” ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Jokowi mendoakan agar Ani Yudhoyono segera diberikan kesehatan dan kesembuhan dari penyakitnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap agar Ani dapat segera kembali ke Indonesia dengan sehat.

“Jadi kami mendoakan, Saya, Bu Jokowi, Pak Wapres Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan kita semuanya mendoakan agar Ibu Ani Yudhoyono cepat diberikan kesembuhan, cepat diberikan kesehatan,” kata Jokowi

Jokowi mengaku telah memerintahkan Menteri Sekretaris Negera Pratikno dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen TNI Terawan Agus Putranto untuk membantu pengobatan Ani Yudhoyono. 

Jokowi mengaku tengah mengatur waktu untuk menjenguknya ke Singapura.

“Mengatur waktu,” ucap Jokowi.

Doa kesembuhan juga disampaikan Prabowo Subianto. Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon menyatakan,  Prabowo sudah berkomunikasi dengan  keluarga SBY untuk sekadar mengetahui kondisi Ani.

Meski belum sempat menjenguk, dirinya dan Prabowo tetap memberikan doa guna kesembuhan ibu dari Agus Harimurti Yudhono tersebut.

“Saya kira kita ikut mendoakanlah supaya bu Ani Yudhoyono semoga lekas sembuh bisa lekas pulih dari penyakitnya,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap keluarga SBY diberikan ketabahan dalam memberikan pendampingan selama proses pengobatan di Singapura.

“Kita percaya tim medis kepresidenan yang mendampingi melakukan yang terbaik. Kita semua mendoakan Insyallah yang maha menyembuhkan akan memberikan kesembuhannya,” ucap Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Doa kesembuhan juga dipanjatkan Sang putra bungsu, Edhie Baskoro Yudhoyono. Politikus yang akrab disapa Ibas itu mengungkapkan rasa pedihnya saat mendengar sang Ibunda divonis sakit mematikan itu.

Dalam akun instagramnya, @Ibasyudhoyono, suami Aliya Rajasa itu mengunggah foto Ani Yudhoyono yang tengah terbaring lemas di rumah sakit dan dikelilingi anak, cucu, dan menantunya.

“Mungkin foto/post ini adalah foto/post yang tidak begitu menyenangkan bagiku dan keluargaku. Disertai dengan senyuman rasa haru,” tulis Ibas dalam keterangan foto tersebut.

Namun, Ibas melanjutkan, dia percaya Tuhan akan mengabulkan segala doa dan benar-benar memberikan mujizat kepada sang Ibunda.

“Aku berdoa setiap saat dalam nafasku, tawakal dan ikhlas agar ada mukjizat dan kemurahan Allah SWT mengabulkan doa hambamu ini seorang anak yang sangat menyayangi ibunya agar dimudahkan, dilancarkan dan diberikan semangat untuk sembuh dari segala perawatan & pengobatannya. Amiiin Amiiin Amiiin Ya Allah Ya Rabb,” tulis Ibas lagi.

Ibas juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar, dokter dan suster yang turut mendoakan dan merawat Ibu Ani Yudhoyono.

“InsyaAllah Tuhan mengabulkan doa-doa semua yang terindah termasuk memberikan kita semua panjang usia, kesehatan dan kekuatan dalam kehidupan ini. Salam hormatku untuk semua. Selamat, Sehat, Sukses dan Rahayu,” tandas Ibas.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Lengkap SBY

Mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono SBY menyampaikan bahwa sang istri yang tak lain mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono tengah menjalani pengobatan untuk penyakit kanker darah yang tengah dideritanya.

Hal itu disampaikan SBY dalam sebuah video yang berisi penjelasan panjang tentang keberadaan Ibu Ani di National Universtiy Hospital Singapura sejak 2 Februari 2019 lalu.

Berikut keterangan SBY yang disampaikan di Singapura, Rabu (13/2/2019) siang:

Assalamualaikum Wr Wb 

Salam sejahtera untuk kita semua. Bapak, Ibu, Saudara sekalian yang saya cintai.

Saat ini saya berada di Singapura mendampingi Ibu Ani dalam pengobatan dan perawatann kesehatan di negeri ini. Sejak tanggal 2 Februari 2019 yang lalu, Ibu Ani menjalani medical treatment di Singapura atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah. Dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di National University Hospital Singapura.

Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air.

Pada kesempatan ini juga saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan pemerintah, utamanya tim dokter kepresidenan atas perhatian dan bantuan yang diberikan dalam pengobatan Ibu Ani.

Saya juga menyampaikan terima kasih atas ucapan dan doa kesembuhan kepada Ibu Ani, yang disampaikan oleh para sahabat di tanah air yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Termasuk yang melalui media sosial. 

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas budi baik dan ketulusan Bapak Ibu Saudara sekalian.

Saya dan Ibu Ani meminta maaf karena tidak dapat menghadiri sejumlah kegiatan, yang direncanakan oleh berbagai pihak yang sebelumnya saya niatkan untuk saya penuhi. Sebagai seorang suami, tentu saya harus mendampingi Ibu Ani dalam menghadpai ujian dan cobaan Tuhan ini.

Meskipun saya amat mengetahui, Ibu Ani adalah sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan termasuk ketika kami bersatu dalam suka dan duka selama 10 tahun saya mengemban tugas memimpin Idonesia dulu.

Namun, bagaimanapun, saya, Ibu Ani dan keluarga harus bersatu dalam semangat keyakinan dan kekuatan agar semua ikhtiar untuk penyembuhan Ibu Ani dengan izin pertolongan Allah dapat berhasil dengan baik.

Demikianlah pernyataan saya hari ini, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua. 

Wassalamualaikum.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Justin Bieber Menjalani Konseling karena Alami Depresi

Liputan6.com, Los Angeles – Meski hidup dengan popularitas dan harta berlimpah, Justin Bieber ternyata tengah menghadapi gangguan atas kesehatan mentalnya. Dilansir dari People, Rabu (13/2/2019), sejumlah orang-orang yang dekat dengan pelantun “Love Yourself” tersebut mengatakan bahwa Justin Bieber memang mengalami depresi, dan tengah menjalani perawatan.

“Justin tampak murung dan lelah. Dia tampak sedang kesusahan,” tutur salah seorang sumber yang dihubungi People.

Apakah ini berhubungan dengan rumah tangga Justin Bieber dengan Hailey Baldwin?

“Ini tidak ada hubungannya dengan Hailey—dia sangat bahagia menikahinya. Ini adalah persoalan mental lain yang ia hadapi,” tutur sumber tersebut.

2 dari 3 halaman

Yakin Bisa Pulih

Sumber lain mengatakan bahwa Justin kini tengah menjalani perawatan dan konseling atas kondisinya ini. “Dia mendapat banyak bantuan dari sekelilingnya dan menerima perawatan. Dia tampak yakin bisa pulih secepatnya,” tutur sumber tersebut.


3 dari 3 halaman

Masa Lalu Justin Bieber

Sumber ini mengatakan salah satu masalah yang dihadapi Justin, berkaitan dengan ‘efek samping’ dari ketenaran yang ia terima sejak usia muda.

“Dia emosional dan kesulitan menghadapi isu tentang ketenaran, dikuntit, semua gerakannya dipantau penggemar, kamera di depan wajahnya. Ini membuatnya tak tahan dan ia merasa semua orang hendak mengincarnya,” tuturnya.

Sang sumber mengatakan hal ini mengubah kepribadian Justin Bieber yang di masa kecil memiliki sikap sangat manis. Apalagi, Justin sejak awal didorong oleh orangtuanya untuk menjadi seorang bintang.

“Orangtuanya menginginkan hal ini, mungkin jauh dibanding dirinya sendiri.”

Potret Perdana Hamish Daud dan Raisa Gendong Putrinya, Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Raisa dan Hamish Daud kini tengah diselimuti kebahagiaan. Hal ini dikarenakan penantian mereka untuk menimang seorang bayi dapat terlaksana. Diketahui pelantun lagu ‘Could It Be’ ini telah melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin perempuan.

Seperti yang diketahui, kelahiran anak dari pasangan selebritis ini telah dinantikan banyak pihak. Tentunya selain dinantikan oleh Raisa serta Hamish dan keluarganya, anak pertama ini pun dinantikan oleh masyarakat dan juga fans keduanya.

Kabar mengenai kelahiran dari buah cinta Raisa dan Hamish ini pertama kali berhembus di publik dari unggahan Insta Story manajer Hamis Daud, Vitalia Romana. Unggahan dengan simbol hati dan juga mention akun Instagram Raisa dan Hamish ini kontan saja menjadi tanda atas kelahiran anak pertama pasangan selebritis ini.

2 dari 3 halaman

Rona Bahagia Raisa dan Hamish

Raisa dikabarkan telah melahirkan bayi perempuan di salah satu rumah sakit khusus ibu dan anak di daerah Jakarta Selatan pada Selasa (12/2/2019) dini hari.

Kabar mengenai kelahiran dari putri pertama Raisa dan Hamish ini dibenarkan oleh salah satu petugas administrasi rumah sakit tersebut.

“Benar ada di sini (Raisa), di lantai 2,” ucap petugas rumah sakit yang tak ingin disebutkan namanya kepada wartawan, Selasa (12/2/2019) malam.

3 dari 3 halaman

Potret Bahagia Raisa dan Hamish

Raisa pun dikabarkan melahirkan bayi perempuannya melalui operasi caesar. Meskipun begitu, rona bahagia pun dapat terlihat dari foto yang beredar di media sosial ketika Raisa sedang menggendong sang bayi didampingi oleh suami.

Foto kebahagiaan pasangan suami istri ini pun bisa kamu lihat di akun fanbase Raisa yaitu @_yourraisa ataupun pada akun @hamishraisa_couple. Hal ini dikarenakan pada akun Instagram pribadi baik Raisa maupun Hamish sama-sama belum mengunggah terkait dengan kelahiran sang buah hati.

Meskipun begitu, pada postingan terakhir dari pasangan suami istri yang menikah pada 3 September 2017 ini pun dibanjiri oleh ucapan selamat dari netizen. Banyak pula yang mendoakan akan kesehatan Raisa pasca melahirkan segera pulih. Namun banyak pula yang penasaran bagaimana wajah dari sang malaikat kecil Raisa dan Hamish Daud ini.

Berbeda dengan Credit Suisse, Saham RI Jadi Pilihan JP Morgan

Liputan6.com, Jakarta – Credit Suisse, perusahaan sekuritas global dalam laporan terbarunya memangkas atau jual (underweight) pasar saham Indonesia 10 persen dari sebelumnya overweight atau menambah bobot 20 persen saham.

Bila Credit Suisse merekomendasikan memangkas pasar saham Indonesia, JP Morgan masih optimistis dengan pasar saham negara berkembang. JP Morgan merilis global market outlook 2019 pada 20 Desember 2018 dan kembali diperbaharui pada 22 Januari 2019.

JP Morgan menyebutkan investor akan kembali ke pasar keuangan usai alami kerugian pada Desember.  Kestabilan yang tentatif tak menghalangi investor kembali ke pasar berisiko pada awal tahun baru. Hal ini terjadi setelah pasar saham yang volatile sepanjang 2018.

Sejumlah faktor mendukung pasar keuangan global mulai dari momentum pertumbuhan global yang melambat.

Akan tetapi, fase perlambatan tersebut harus berakhir sebelum pertengahan tahun dengan tindakan kebijakan yang mendukung dan fleksibel terutama kebijakan pelonggaran China dan the federal reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) berhenti menaikkan suku bungan. JP Morgan melihat, risiko resesi ada tetapi kecil kemungkinan terjadi pada 2019.

Lalu bagaimana JP Morgan melihat pasar negara berkembang?

JP Morgan melihat pasar negera berkembang akan bervariasi. Setelah semester II 2018 yang menantang bagi  ekonomi negara berkembang, efek akumulasi kemungkinan akan hasilkan awal lemah pada 2019.

Akan tetapi, JP Morgan mengasumsikan siklus kenaikan mulai terjadi pada kuartal II 2019 yang diikuti siklus yang dorong tekanan pada akhir tahun berakhir. Hal itu disampaikan Head of Currencies, Commodities and EM Research, JP Morgan, Luis Oganes, seperti dikutip dari keterangan JP Morgan, ditulis, Rabu (13/2/2019).

“Usai tantangan yang dihadapi banyak ekonomi negara berkembang pada semester II 2018, kami harap awal tahun cenderung melemah, tetapi prediksi siklus menguat pada kuartal II 2019,” tutur Oganes.

Oganes menambahkan, Amerika Latin, salah satu wilayah yang sedikit lebih cepat pulih pada 2019. Ini karena China berkontribusi besar terhadap perlambatan negara berkembang secara keseluruhan. Brazil siap untuk terus pulih, setelah pemilihan presiden.

Di pasar saham, pertumbuhan pasar saham negara berkembang diharapkan tumbuh dua digit dengan Brazil, Chili, Indonesia dan Rusia menjadi pilihan untuk menambah bobot saham (overweight) yang paling utama.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun bervariasi pada sesi pertama perdagangan saham Rabu pekan ini. IHSG menguat 11,98 poin atau 0,19 persen ke posisi 6.438. Sebanyak 221 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 145 saham melemah dan 117 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 203.865 kali dengan volume perdagangan saham 6,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,7 triliun. Investor asing jual saham Rp 375,35 miliar di pasar regular.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Minyak hingga Dolar AS

Selain itu, JP Morgan prediksi harga minyak akan naik pada semester I 2019 hingga akhirnya melambat. Usai harga minyak turun tajam pada akhir kuartal IV 2018, JP Morgan perkirakan harga minyak menguat.

Hal ini didukung dari pandangan the Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang memangkas persediaan minyak bersama negara lain non OPEC. Ditambah sentimen dari sanksi Iran dan pertumbuhan persediaan minyak melambat di AS.

Pada akhir tahun, harga minyak akan turun seiring pertumbuhan global melambat. Harga minyak Brent diharapkan mencapai rata-rata USD 73 per barel pada 2019. Kemudian pada 2020, harga minyak akan sentuh USD 64 per barel. Sementara itu, harga emas diperkirakan USD 1.325 per troy ounce pada 2019. Hal ini seiring tekanan terhadap makro ekonomi berakhir.

Lalu bagaimana dengan pergerakan dolar AS?

Dolar AS secara mengejutkan menguat pada 2019. “Tahun ini membawa ancaman lebih kecil dari the Federal Reserve dan perang dagang, tetapi masih ada kekhawatiran siklus mengenai leverage dan perlambatan ekonomi,” ujar Head of Cross-Asset Fundamental Strategy JP Morgan, John Normand.

Analis JP Morgan memperkirakan, ketika pertumbuhan ekonomi AS melemah dan seluruh dunia mengatasi ketertinggalan, dolar AS akan kurang didukung terhadap euro dan mata uang negara maju lainnya pada 2019 terutama semester II 2019.

Mata uang Inggris pound sterling akan tetap stabil tetapi pada akhirnya terus bergerak lebih tinggi didukung proses Brexit berjalan lancar.

Lalu bagaimana dengan tingkat suku bunga global?

JP Morgan prediksi suku bunga akan ketat tapi melambat. Meski pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) di atas tren, the Federal Reserve atau bank sentral AS mengambil risiko kebijakan moneter untuk tidak terlalu agresif. Hal ini seiring melihat kondisi pasar keuangan yang lebih ketat.

JP Morgan prediksi kenaikan suku bunga bank sentral AS sebanyak dua kali pada 2019, sedangkan pasar sudah perhitungkan dan pertimbangkan bank sentral AS untuk menahan neraca.

Mengingat the Federal Reserve yang terus memperketat dengan latar belakang meningkatnya pasokan surat berharga atau treasury, JP Morgan memprediksi imbal hasil 10 tahun surat berharga AS naik menjadi 2,95 persen pada kuartal II 2019 dan menjadi 3,2 persen pada akhir tahun.

Sedangkan imbal hasil obligasi Jerman bertenor 10 tahun diharapkan mencapai satu persen. Di Inggris, saat negosiasi Brexit berlanjut, imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun sekitar 1,75 persen.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Srikandi Cup: Merpati Bali Sikat Sahabat

Liputan6.com, Jakarta Merpati Bali mengawali kiprah di seri Jakarta Srikandi Cup 2018-2019 dengan baik. Pada pertandingan terakhir di hari kedua yang di langsungkan di GOR Grogol, Selasa (12/2/2019), Merpati menghajar tim asal Jawa Tengah, Sahabat Semarang 67-41.

Ni Putu Eka Febiananda menjadi bintang kemenangan Merpati. Dia membuat 15 poin, delapan rebound dan satu assist. Sementara kapten tim Sahabat Semarang Yuni Anggraeni menorehkan 12 angka dan empat rebound. 

Skuad asuhan Bambang Asdianto Pribadi itu memulai kiprahnnya dengan baik dan unggul pada babak pertama (16-11, 30-18). Dua menara kembar yang di miliki Merpati Bali yakni Ni Putu Eka Febiananda dan Husna Aulia Latifah, tampil cukup mengesankan pada masa first half. Keduanya berhasil menyumbangkan total 15 angka (Husna mencetak sembilan, Eka enam angka).

Keunggulan tim asal Pulau Dewata tersebut tidak lepas dari kemampuan mereka memaksimalkan poin dari upaya mencetak angka pada kesempatan kedua (delapan poin) dan juga sumbangsih dari para pemain cadangannya (total mencetak 15 angka).

Unggul 12 poin di dua kuarter awal, Bambang Asdianto Pribadi terus meningkatkan pola permainannya di kuarter ketiga. Tapi itu tidak mudah, karena Sahabat Semarang pun tidak mau kalah dan berusaha mengejar ketertinggalannya.

Memasuki dua menit waktu berjalan di kuarter ketiga, satu tembakan tiga angka pemain Sahabat yakni Dyah Lestari sempat mengubah kedudukan menjadi 23-32. Tapi setelah itu Merpati Bali kembali menekan dengan melakukan defense ketat mulai dari area pertahanan lawannya. Pola yang di jalankan ini terbukti ampuh, Merpati Bali kembali leading di kuarter ketiga dengan selisih 13 angka (44-31).

Terus bermain konsisten di kuarter keempat, akhirnya mengantarkan Merpati Bali sukses meraih kemenangannya yang keempat.

2 dari 2 halaman

Komentar

“Gameplan berjalan dengan baik, tapi bukan bearti saya puas sekali dengan penampilan mereka. Memang di game inikKedua pemain tinggi saya Eka dan Husna sangat membantu, tapi menurut saya mereka belum terlalu maksimal. karena untuk urusan rebound malah Lamia yang lebih dominan,” ujar Bambang Asdianto Pribadi.

“Awal-awal memang saya memang masih belum lepas, mungkin karena baru pulih dari cedera. Untungnya pelatih memberikan motivasi kepada saya dan akhirnya bisa tampil lebih baik lagi.” komentar Ni Putu Eka Febiananda.

“Anak-anak terlalu terburu-buru dalam melakukan penyerangan. Melawan tim seperti Merpati Bali harus bermain dengan sabar,” kata Xaverius Wiwid, pelatih Sahabat Semarang, mengomentari kekalahan timnya.

Selanjutnya Sahabat Semarang akan bertanding pada esok hari, Rabu (13/2/2019) melawan tuan rumah Tanago Friesian Jakarta. Sedangkan Merpati Bali akan bermain kembali pada hari Kamis (14/2/2019) di game pertama pada pukul 15.00 WIB melawan Flying Wheel Makassar.