Teman Pinjam Uang, Beri Jangan? (2)

Jakarta – Ketika ada orang ingin pinjam duit, apalagi orang tersebut tidak terlalu dekat tapi juga tidak jauh, maka akan timbul kegalauan dalam diri kita.

Galau apakah layak orang ini diberi pinjaman. Galau apakah uang anda akan balik lagi? Dan banyak pertanyaan yang menghantui diri kita.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pinjam meminjam bisa merusak hubungan pertemanan bahkan hubungan keluarga. Sering kita dengar bahwa orang yang diberi pinjaman jauh lebih galak ketika kita tagih.

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas 3 hal yang harus kita tanyakan ke diri kita sendiri sebelum memberikan pinjaman, yaitu:
1. Ada Tidak Duitnya?
2. Mengapa Kita Perlu Memberikan Pinjaman?
3. Untuk Apa?

Nah artikel kali ini akan membahas 2 hal lagi yang harus kita tanyakan ke diri kita sebelum memberikan pinjaman ke orang lain, apa itu?

4. Bagaimana Jika
Pada beberapa kasus, peminjam adalah orang yang menggampangkan. Kalangan ini, memandang orang yang dia pinjami, hidupnya enak. Padahal, demi kebutuhan keluarga dan uang yang dipinjamkan, peminjam bekerja jauh, menjalani kehidupan Long Distance Relationship (LDR), pulang bertemu keluarganya hanya sebulan bahkan setahun sekali.

Dalam hal pinjam untuk modal bisnis, Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam memberi pinjaman adalah dengan, “bagaimana jika sharing modal saja.” Ingat untuk meminta proposal analisa usaha. Cara ini ibarat memberi kail, bukan ikan dan membuat orang lebih bertanggungjawab.

5. Kira-Kira Balik Nggak Ya Duitnya?
Pertanyaan yang sering muncul adalah, “balik gak ya duitnya jika aku kasih pinjam?” Jika yakin balik tepat pada waktunya sah-sah saja diambilkan dari dana yang sebenarnya dana terpakai namun tidak terlalu urgent, seperti dana sisa belanja, atau dana entertain pribadi, “uang laki-laki,” “uang perempuan.” Namun jika ada kekhawatiran bakal telat balikin, baiknya memang dari dana sisa yang benar-benar belum ada tujuan pakainya.

Bagaimana jika yakin gak bakal dibalikin? Biasanya orang tidak balikin ada 2 kategori, pertama karena memang tidak ada buat balikin, ia kategori butuh dibantu. Jangankan untuk balikin, meminjam itupun dia lakukan setelah berpikir beribu kali dan sudah menahan lapar berhari-hari.

Dalam kondisi ini, jangan diberi pinjaman, tapi berikan dana dari alokasi soisal, zakat jika masuk dalam 8 kategori penerima zakat, atau dana sedekah, sehingga ia tidak ada hukum pinjam meminjam namun, sedekah, pemberian atau hadiah.

Jika sekiranya tidak dibalikin, karena kategori kedua yaitu sengaja, tidak usah diberi pinjaman, daripada menghancurkan hubungan karena membuat suasana menjadi tidak nyaman. Tidak ditagih, nyatanya berutang, ditagih, galakan yang utang. Mengalami?

Pasti pernah mengalami deeeh. Makanya sebelum ngasih utang pastikan dulu keuangan anda sehat dan baik, jangan malah terganggu. Nah tau pasti sehat dan baiknya ke mana?

Cek di kelas atau workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Di artikel berikutnya kita akan bahas seperti apa sih sebenarnya etika pinjam-meminjam yang bisa dilakukan dan dibenarkan? Yuk simak terus.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)

Milan Bakal Lakukan Apa Saja Demi Kalahkan Juve

JeddahAC Milan bakal berhadapan dengan Juventus di Supercoppa Italia. Rossoneri akan melakukan apapun agar pulang dengan trofi.

Duel antara Milan dan Juventus bakal berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (17/1/2019) dinihari WIB. Terakhir kali kedua tim bertemu di Supercoppa Italia pada 2016.

Milan saat itu menang lewat adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sampai extra time.

Bek Milan, Alessio Romagnoli, sudah siap menyambut laga ini. Dia juga mengatakan bahwa Rossoneri bakal melakukan apa saja demi memenangi pertandingan.
“Saya punya perasaan yang bagus. Sangat menyenangkan berada di sini bermain dalam kompetisi penting seperti ini. Kami sudah mempersiapkan dengan baik dan kami akan melakukan segalanya untuk menang,” kata Romagnoli seperti dikutip dari situs resmi Milan.

Milan sempat mengalami penurunan performa di bulan Desember 2018. Tim besutan Gennaro Gattuso menjalani lima laga beruntun tanpa kemenangan: tiga imbang dan dua kalah. Milan juga cuma mampu cetak satu gol dari lima laga.

Kondisi Milan mulai membaik pada pertandingan terakhir di 2018 dengan mengalahkan SPAL 2-1. Milan kembali menang di pertandingan pertamanya pada 2019 dengan mengalahkan Sampdoria 2-0 lewat extra time di 16 besar Coppa Italia.

“Ini (Supercoppa Italia) bisa menjadi titik balik musim kami. Kami tahu menghadapi salah satu tim terkuat di Eropa. Kami menghormati Juve, tetapi kami juga menyadari kualitas kami,” Romagnoli menambhakan.

“Karena itu, kami harus memastikan bahwa Milan menyusahkan mereka. Ini adalah pertandingan satu leg dan apa pun bisa terjadi,” tegasnya.

(ran/rin)


Terungkap, Waktu Terburuk untuk Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Ada waktu terburuk untuk berhubungan seks di malam hari. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa libido pria dan wanita berada di kutub yang berlawanan.

Wanita merasakan libido untuk berhubungan seks yang paling tinggi di malam hari, sedangkan pria paling terangsang di pagi hari. Temuan juga memperlihatkan, rata-rata pasangan paling mungkin melakukan hubungan seks antara pukul 9 malam dan tengah malam.

Artinya, rentang waktu tersebut adalah waktu tidur. Tetapi para ahli mengatakan, seks sebelum tidur belum tentu ideal. Penulis The Power of When, Michael Breus mengungkapkan, seks pada waktu jam tidur tidaklah  buruk.

“Hanya saja kebanyakan orang kelelahan. Ketika tubuh ingin segera tidur, ada peluang tidak akan punya energi untuk seks yang memanas,” ujar Breus, dikutip dari Reader’s Digest, Selasa, (15/1/2019).

Di sisi lain, tergantung pada pasangan yang bersangkutan, seks di malam hari juga dapat membuat bersemangat.

Terapis seks Lisa Thomas menyatakan, bagi sebagian besar orang, seks adalah peredam ketegangan dan relaksasi. “Orang-orang berhubungan seks sebelum tidur itu justru membantu mereka tidur malam,” kata Lisa.



Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ciptakan waktu ideal

Demi wujudkan seks sempurna, Breus dan Lisa setuju, tidur bisa membuat seks menjadi lebih baik. Selama Anda tidur di malam hari, tubuh sedang bekerja membangun hormon.

Anda juga akan terbangun dengan lebih banyak energi dan kreativitas untuk memuaskan pasangan selama seks. “Anda sekarang bisa bersiap untuk seks di pagi hari,” lanjut Breus.

Di sisi lain, seks di pagi hari mungkin tidak ideal untuk pasangan yang akan berangkat kerja. Lisa merekomendasikan, berkreasi dengan waktu bercinta. Cobalah beberapa kali pulang ke rumah pada sore hari.

2 Magnet yang Dipercaya Ampuh Dekatkan Jodoh

Liputan6.com, Jakarta – Walau jodoh memang sudah di tangan Tuhan, bukan berarti Anda hanya duduk diam menanti dan tidak menjemput takdir itu. Anda yang masih sendiri hingga sekarang bisa jadi karena sering melewatkan kesempatan yang ternyata bakal mendekatkan Anda dengan si dia.

Juga, mungkin ada satu-dua kualitas diri yang harus diperbaiki. Karena, seperti yang sudah disinggung, Anda tak bisa hanya diam dan tidak melakukan apa-apa, lantaran jodoh tak serta-merta ‘jatuh dari langit’.

Dalam upaya menemukan belahan jiwa, nyatanya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendekatkan jodoh. Berikut dua magnet yang dipercaya bisa membuat Anda lebih cepat bertemu pasangan idaman.

Sayangi diri sendiri dulu

Klasik? Mungkin iya. Tapi secara disengaja maupun tidak, mungkin ada yang masih berjuang untuk mencapai kecintaan pada diri sendiri. Kalau sudah merasa cukup dengan diri sendiri, membagi cinta yang tulus untuk orang lain seharusnya tak jadi masalah. Penerimaan ini juga bisa membuka perspektif baru pembuka jalan untuk bertemu dengan si dia. 

Tingkatkan kualitas diri

Anda boleh jadi cemerlang secara akademis maupun profesional, namun sangat lemah bila sudah dhadapkan dengan cinta. Anda bisa dengan enteng berbuat bodoh dan ujungnya menyakiti diri sendiri, lalu mengkhianati poin pertama jika sudah berbicara tentang orang yang disayangi.

Jangan sampai terjadi. Meningkatkan kualitas diri di sebuah hubungan bisa disiapkan sebelum menjalin asmara dengan orang lain. Bisa dengan melatih diri untuk terbiasa fokus pada solusi dan tak memaksakan kehendak boleh jadi cara agar lebih siap bertemu jodoh(Ivana Okta/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sepekan Pembunuhan Siswi SMK Bogor, Pelaku Belum Terungkap

Bogor

Sudah sepekan kasus pembunuhan siswi SMK Baranangsiang, Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya belum terungkap. Polisi masih menyelidiki pelaku penusukan Noven.

Kasus pembunuhan siswi SMK Bogor ditangani tim gabungan Mabes Polri, Polda Jabar juga Polresta Bogor Kota. Sudah 15 orang saksi diperiksa.

“Belum (ditemukan pelaku),” ujar Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, AKP Agah Sonjaya, Selasa (15/1/2019).

Minimnya petunjuk sosok pelaku termasuk kualitas rekaman CCTV yang tidak baik, menjadi kendala polisi mengungkap perkara. Sketsa terduga pembunuh siswi SMK Bogor pun belum dibuat.

Polisi sempat mengamankan pria berinisial S yang disebut mantan pacar Noven. Tapi dari penyelidikan sementara, S bukan pelaku pembunuhan.

Noven ditusuk di gang kecil Jalan Riau pada Selasa (8/1) saat pulang dari sekolah.

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku menusuk korban di sebuah gang yang sepi. Pelaku, yang terlihat dalam CCTV, menunggu korban yang berjalan di gang.

Saat berpapasan, pelaku menusukkan senjata tajam di bagian dada kiri. Korban terkapar, sedangkan pelaku langsung lari kencang meninggalkan lokasi.

Jenazah siswi SMK Bogor Noven dimakamkan di TPU Cimuncang, Kota Bandung. Ayah korban berharap polisi segera mengungkap pelaku pembunuhan.

(fdn/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ngeri! Pemuda Pekalongan Ini Kirim Video Aksi Bunuh Dirinya ke Pacar

Pekalongan – Seorang pemuda di Pekalongan tewas aibat bunuh diri, Senin (14/1) petang. Diduga pemuda bernama Wahono (20) nekat mengakhiri nyawanya karena putus cinta.

“Awalnya ibu korban ini merasa curiga saat akan masuk rumah, pintu dalam kondisi terkunci semuanya dari dalam. Akhirnya di buka paksa,” kata Kasubag Humas Polres Pekalongan, Iptu Akrom saat ditemui detikcom, Selasa (15/1/2019).

Ibu korban, Siti Chamidah (52) yang baru pulang dari pasar bersama ayah korban, dibuat kaget saat melihat anaknya sudah dalam kondisi tengkurap di lantai dapur.

Mendapati anaknya sudah dalam kondisi terkulai lemas, ibu korban langsung berteriak histeris. Ayah korban yakni Kaswani (56) langsung mengevakuasi korban ke kamar sebelum akhirnya dibawa ke Puskesmas Sragi.
“Sesampainya di Puskesmas sekitar pukul 18.45 WIB korban langsung diperiksa oleh tim medis dan dinyatakan sudah dalam keadaan meninggal dunia,” imbuh Akrom.

Dari hasil visum luar tubuh korban tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan. Namun ditemukan ada bekas jeratan di leher bagian atas.

“Korban meningal akibat aksi bunuh diri dengan meminum air campuran sabun cuci , setelah itu korban melakukan gantung diri di dapur dengan menggunakan tali rafia yang telah disediakannya,” kata Kasubag Humas Polres Pekalongan.

Aksi bunuh diri ini terekam melalui kamera ponsel korban.

“Dia merekam sendiri aksinya dari adegan pertama meminum air sabun hingga aksi gantung diri, dan sebelum lemas dia kirim ke kekasihnya,” katanya.

Jenazah korban dimakamkan Selasa (15/1) di tempat pemakaman setempat.

“Kasus ini kasus bunuh diri karena putus cinta. Dan kita sendiri akan meminta keterangan saksi dari pacar korban,” jelasnya.

Polisi masih kesulitan untuk meminta keterangan pacar korban. Sebab dari ponsel korban diketahui hanya tertulis nama ‘Sayang’ pada nomor telpon milik pacarnya. Sedangkan nomor yang diberi nama ‘Sayang’ itu masih sulit untuk dihubungi.

“Masih dilakukan pencarian nama ‘sayang’ di HP milik korban,” pungkas Akrom.
(sip/sip)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pindah Kerja ke Daerah Ini Dapat Duit Rp 140 Juta

Liputan6.com, Montpelier – Ada satu daerah yang menarik minat tenaga kerja baru lewat iming-iming uang. Daerahnya pun terkenal indah dan memiliki sistem pemerintahan yang baik, yaitu Vermont di Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan dari The Ladders, para pegawai yang mau kerja dari Vermont akan diberi duit uang USD 10.000 atau Rp 140 juta (USD 1 = Rp 14.067). Kata kuncinya adalah “bekerja dari Vermont”, sebab pegawai harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu.

Kemudian, pegawai itu pindah ke Vermont dan melaksanakan kerja secara remote (jarak jauh). Nama program ini adalah Remote Worker Grant Program dan disetujui oleh legislator Vermont.

Menurut aturan resmi, pekerja itu harus menjadi warga full-time di Vermont setelah 1 Januari 2019. Uang tersebut akan diberikan sebagai reimbursement biaya kepindahan si pegawai ke negara bagian tersebut dengan perhitungan USD 5.000 (Rp 70 juta) per tahun dan pegawai bisa memperbarui pendanaan mereka di tahun 2020.

Yang terpenting adalah pegawai tidak boleh sampai salah mengisi formulir yang diberikan agar tidak menghambat aplikasi mereka. Sebab, mereka yang ingin kerja di Vermont lewat program ini  harus cepat melamar, karena terbatasnya ketersediaan dana, yaitu hanya USD 500 ribu (Rp 7 miliar).

Negara bagian Vermont di timur laut AS terkenal akan daerahnya yang hijau, dan terpatri keindahan pohon-pohon mapple. Yang paling menarik dari Vermont adalah sistem kesehatan yang terjangkau, bahkan gratis.

2 dari 2 halaman

Pegawai Rugi Besar Jika Istirahat Sambil Kerja

Apakah kamu tipe pegawai yang kerja sambil istirahat? Menurut penelitian, ternyata itu justru bisa merugikan pegawai.

Dilansir dari The Bulletin, sebuah penelitian di Belgia menunjukkan pegawai yang istirahat sambil kerja bisa merugikan diri mereka secara finansial. Kerja saat istirahat pun sama saja seperti kerja gratis. 

Akibatnya, pegawai di Belgia rugi 1.000 euro atau Rp 16 juta (1 euro = Rp 16.093) tiap bulannya bila akibat tak memakai waktu istirahat sepenuhnya. Pegawai di sana ternyata hanya istirahat selama setengah waktu yang tersedia.

Berdasarkan survei StepStone, rata-rata dari 5.000 pegawai hanya berisitrahat selama 22 menit. Rata-rata jam istirahat yang disediakan perusahaan Belgia adalah 40 menit. Banyak dari mereka juga makan di meja kerja.

Sayang, ada pegawai yang menganggap merasakan tekanan dari atasan agar tidak beristirahat secara full. 28 persen responden di Wallonia mengungkapkan hal itu, dan 13 persen responsen Vlaanderen merasakan hal yang sama.

Lebih lanjut, 15 persen responden hanya makan siang secara singkat agar bisa pulang lebih awal. 10 persen mengaku karena terlalu sibuk, dan 15 persen lain mengaku istirahat siang tidaklah penting.

Polda Bali: Pemeriksaan Hartono Karjadi Didampingi Polisi Singapura

Denpasar – Polda Bali memastikan dua anggotanya hanya mengecek kebenaran Hartono Karjadi sakit di Singapura dan membantah adanya upaya penjemputan paksa. Polda Bali juga menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat soal tindakan tersebut.

“Kami sudah bertindak sesuai prosedur. Secara prosedur artinya ada juga polisi dari sana,” kata Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho ketika dimintai konfirmasi detikcom, Senin (14/1/2019) malam.

Yuliar juga menepis berita media Singapura terkait tidak adanya koordinasi dengan pihak kepolisian setempat. Dalam berita tersebut, pihak kepolisian Singapura (SPF) disebut tidak menerima permintaan maupun memfasilitasi terkait kunjungan polisi Indonesia maupun Bali ke Singapura.


“SPF tidak mendapat informasi dari Kepolisian Polda Bali bahwa petugas mereka akan mengunjungi Hartono Karjadi di Singapura. SPF tidak hadir dalam pertemuan yang diduga dilakukan antara Hartono Karjadi dengan polisi Polda Bali di Singapura,” tulis media tersebut mengutip pernyataan kepolisian Singapura.

Media tersebut juga memberitakan kepolisian Singapura telah menerima laporan terkait insiden yang melibatkan Hartono Karjadi dan tengah melakukan penyelidikan. Media itu juga menyinggung soal rekaman CCTV yang dimiliki Hartono Karjadi.

Dalam CCTV itu menunjukkan empat pria, di mana dua di antaranya disebut oknum polisi dari Bali. Diberitakan, polisi dari Bali memfoto Hartono Karjadi dan temannya, dan memfoto kopi nota rumah sakit. Hartono juga mengklaim polisi tersebut mencoba merekam pernyataannya, tapi dia menyampaikan jika dia tidak akan menandatangani dokumen apa pun lalu polisi itu pergi.

Dalam berita tersebut Hartono Karjadi mengidentifikasi foto oknum Polda Bali yang disodorkan polisi Singapura bernama Agung. Perjanjian Ekstradisi dan Kerja Sama Pertahanan sebagai satu paket bilateral yang disahkan kedua negara pada April 2007 di Bali untuk menyinggung dugaan investigasi ilegal di Singapura.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Yuliar menegaskan pihaknya sudah dilakukan sesuai prosedur. Dia mempersilakan pengacara menghadirkan Hartono Karjadi untuk menjalani pemeriksaan kasus penggelapan yang ditangani Polda Bali.

“Kalau taat hukum ya seharusnya hadir, bukan bikin cerpen kayak Abunawas,” cetus Yuliar.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja juga mengungkapkan hal senada. Hengky meminta pihak penasihat hukum agar fokus untuk menyelesaikan perkara dan membawa pulang kliennya Hartono Karjadi ke Indonesia.

“Semua sudah sesuai prosedur, penasihat hukum fokus bagaimana bisa selesaikan perkara secara tuntas via jalur hukum Indonesia. Bukan mengalihkan perhatian masyarakat ke ranah lain yang bukan urusannya,” tutur Hengky.

“Prosedur bagaimana polisi bertindak sudah ada prosedurnya. Jadi sekali lagi fokus bawa pulang kliennya kembali ke Indonesia untuk pertanggungjawabkan segalanya di depan hukum Indonesia,” tegasnya.
(ams/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo Minta Relawan Piknik di TPS, TKN: Kayak Nggak Ada Kerjaan Aja

Jakarta – Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq menanggapi Prabowo yang meminta relawannya piknik di TPS. Dirinya menganggap permintaan itu layaknya orang kurang kerjaan.

“Kami melakukan pengawalan suara di TPS baik saksi resmi yang nanti ditunjuk oleh partai atau kita relawan menyaipkan saksi di luar,” kata Maman kepada wartawan di Posko Cemara Jokowi Ma’ruf Amin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/2019).

“TPS itu dijaga bukan hanya dengan piknik, kaya nggak ada kerjaan aja, kita melakukan pelatihan bagaimana pengawalan suara,” ucap Maman.
Maman mengatakan pihak TKN Jokowi-Ma’ruf Amin sudah punya cara untuk mengawal pemilihan agar tidak ada kecurangan. Dirinya menjelaskan soal aplikasi yang akan digunakan untuk menyetorkan hasil suara di tiap TPS.

“Bagaimana suara kita terlihat dan kita udah menyiapkan beberapa aplikasi yang disiapkan oleh relawan sehingga kita satu TPS sudah kita setorkan berapa hasilnya, dan sudah ter-detect mana yang melakukan kecurangan,” ungkap Maman.

Sebelumnya diberitakan, Prabowo meminta kesediaan pendukungnya untuk berjaga di TPS, kalau perlu sampai malam. Menurutnya, pilpres akan sangat menentukan nasib bangsa.

“Dan emak-emak semuanya, bapak-bapak semuanya, kalau datang, maaf, kali ini kalau pulang jangan cepat-cepat, tunggu sampai malam. Loh kok ketawa? Kuat nggak? Berani nggak. Datang ya, harus sampai sore, nunggu. Jadi saudara-saudara, ya kalau terpaksa kalian bawa rantang ke TPS, bawa tikar ke TPS, sekalian piknik di situ. Kalau perlu tidur di situ sampai selesai. Betul? Bisa? Untuk negara. Apa yang kita lakukan tanggal 17 menentukan kita untuk beberapa ratus tahun ke depan saudara-saudara sekalian,” pesan Prabowo di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi, Jalan Wijaya I no 81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/).
(gbr/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Terulang Lagi, Cathay Pacific Jual Tiket Rp 231 Juta Jadi Rp 21 Juta

Hong Kong – Sejumlah pelanggan maskapaiCathayPacific meraih keberuntungan dengan mendapatkan kursi kelas utama dengan harga tiket ekonomi akibat keteledoran kedua kalinya dalam bulan ini oleh maskapai Hong Kong itu.

Tiket perjalanan dari Hong Kong ke Portugal dijual di situs online maskapai itu seharga $ 1.512 atau sekitar Rp21 juta, dan bukan $ 16.000 atau sekitar Rp231 juta yang biasanya dikenakan biaya pada perjalanan serupa.

Pengelola maskapai itu mengatakan menerima tiket-tiket yang sudah terlanjur dibeli dengan harga sangat murah itu, dan saat ini sedang “menyelidiki penyebab kesalahannya”.

Kesalahan harga tiket ini tercantum dalam situs resmi Cathay Pacific pada hari Minggu kemarin.

Penerbangan kelas satu dari Lisbon ke Hong Kong – melalui London dengan penerbangan lanjutan – ditawarkan dengan harga $ 1.512 atau sekitar Rp21 juta, menurut South China Morning Post.

Cathay Pacific
Getty Images

Pengelola maskapai itu mengatakan menerima tiket-tiket yang sudah terlanjur dibeli dengan harga sangat murah itu, dan saat ini sedang “menyelidiki penyebab kesalahannya”.

Perjalanan kelas satu serupa melalui kota Frankfurt, Jerman, akan menelan biaya sekitar $ 16.000 atau sekitar Rp231 juta.

Dalam pernyataan resminya, perusahaan penerbangan asal Hong Kong itu mengatakan akan “menghormati” harga tiket yang terlanjur dijual murah itu.

“Kami sedang mencari penyebab utama insiden ini, baik secara internal maupun eksternal, dengan rekanan kami,” ungkap keterangan resmi itu.

“Untuk sejumlah kecil pelanggan yang telah membeli tiket murah ini, kami berharap dapat menyambut Anda untuk menikmati layanan premium kami.”

Terulangnya kasus tiket murah oleh Cathay Pasific ini merupakan yang kedua kalinya dalam sebulan ini.

Cathay Pacific Getty Images

CathayPacific menghadapi kesulitan, khususnya persaingan dengan maskapai-maskapai berbiaya murah dari Cina yang menjangkau rute-rute di Hong Kong, Cina dan negara-negara Asia Tenggara.

Sebelumnya, mereka menjual tiket kelas bisnis untuk penerbangan Agustus dari Vietnam ke New York dengan harga US$675 atau kurang dari Rp 10 juta pergi-pulang, awal Januari lalu.

Padahal harga tiket untuk rute yang sama untuk penerbangan bulan Juli dan September adalah sekitar $16.000 atau sekitar Rp 231 juta.

Pada saat itu, maskapai penerbangan itumengakui “kesalahannya” dan mengatakan menerima penumpang yang beruntung tersebut.

Kasus serupa sebelumnya juga pernah dialami maskapai lainnya.

Maskapai Singapore Airlines, misalnya, menjual tiket lebih murah setengah harga aslinya pada 2014. Tetapi maskapai United Airlines membatalkan tiket trans-Atlantik yang dijual kurang dari $100 atau sekitar Rp 1,4 juta.

Tahun sulit

Insiden kedua kalinya ini merupakan tantangan bagi Cathay Pacific, di tengah usahanya untuk kembali membukukan keuntungan setelah mencatat kerugian selama satu tahun pembukuan sampai Maret tahun lalu.

Maskapai itu kesulitan menghadapi kesulitan, khususnya persaingan dengan maskapai-maskapai berbiaya murah dari Cina yang menjangkau rute-rute di Hong Kong, Cina dan negara-negara Asia Tenggara.

Pada Oktober lalu, Cathay Pacific mengalami persoalan di sistem teknologi informasinya sehingga informasi pribadi sekitar 9,4 juta penumpang berisiko terekspos.

Satu bulan sebelumnya, Cathay Pacific harus mengirimkan salah satu pesawatnya ke pabrik pengecetan karena terdapat kesalahan pada penulisan nama sehingga nama maskapai itu dieja “Cathay Paciic” di bagian samping badan pesawat.

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>