Warga Australia Jadi Korban Pembacokan di Sabah Malaysia

Sydney

Keluarga seorang pria asal Australia yang hampir tewas dibacok dengan parang di pulau Kalimantan khawatir pelaku akan kembali untuk menghabisi nyawa suaminya”.

Daniel Broadhurst, yang dikenal oleh warga setempat sebagai Aussie Dan, mengaku dirinya telah diserang dari belakang di desa Temparuli, sebuah kota kecil di kota Tuaran, Sabah Malaysia pada 24 Januari.

Dia menderita cedera kepala yang mengancam nyawanya setelah dipukul beberapa kali dengan parang di bagian belakang kepala, dan kedua lengan.

“[Penyerang] pada dasarnya menghancurkan tengkorak saya,” kata Daniel Broadhurst dari tempat tidurnya di sebuah rumah sakit di Tuaran, Sabah, Malaysia.

Peringatan: artikel mengandung gambar yang dapat mengganggu

Pria berusia 46 tahun itu mengatakan dirinya mengalami kesakitan parah sejak peristiwa pembacokan itu dan telah menderita halusinasi akibat cedera di kepalanya.

“Hari pertama, saya pikir saya adalah sebutir telur,” katanya.

“Itu adalah pengalaman paling mengerikan yang pernah saya miliki. Anda benar-benar tidak tahu siapa Anda atau dari mana Anda berasal.”

Insiden perkelahian

Daniel Broadhurst, yang menjalankan usaha rumah singgah di desa Temparuli, mengatakan serangan parang itu didorong oleh konfrontasi sebelumnya antar dirinya dengan pelaku, yang dikenal secara lokal sebagai Roy.

“Saya berjalan ke rumah kecilku di sana, masuk ke dalam, dan ternyata disana sudah ada Roy … saya menjadi sangat marah karena saya tahu dia seharusnya tidak ada di sana. Dia masuk tanpa izin,” katanya.

“Saya terus memukulnya dengan sangat keras dan menyuruhnya pergi.”

Ketika instruktur selam Australia itu berjalan pergi, dia dipukul dari belakang, sebelum penyerang lari ke semak-semak.

lokasi penyerangan Daniel Broadhurst

Temsn DanielBroadhurst mendapati dia setelah diserang dengan senjata tajam dan memanggil ambulan.

Supplied: Daniel Broadhurst

Daniel Broadhurst akhirnya pingsan di pinggir jalan, di mana ia kemudian ditemukan oleh seorang teman, yang memanggil ambulans.

Penyerang masih buron

Roy, yang diyakini sebagai pendatang asal Filipina yang tidak berdokumen, masih dalam pelarian.

Istri Daniel Broadhurst, Tina Goh, khawatir nyawa suaminya masih dalam bahaya.

“Suami saya akan keluar dari rumah sakit dalam beberapa minggu ke depan. Kami benar-benar khawatir tentang keselamatan Daniel ketika dia keluar dari rumah sakit nanti,” katanya.

Tina Goh mengatakan penyerang telah membuat ancaman melalui rekan kerjanya sejak insiden perkelahian itu terjadi Januari lalu.

“Pelaku bertanya [tentang] kesejahteraan Daniel, dan ketika dia tahu bahwa Daniel masih hidup, dia mengatakan dia akan menghabisinya,” katanya.

Meskipun pengalamannya hampir mati, Daniel Broadhurst tidak menunjukan rasa takutnya.

Daniel Broadhurst pasca diserang

DanielBroadhurst pasca diserang dengan senjata tajam.

Supplied: Daniel Broadhurst

“Tidak, tidak sama sekali. Karena itu tindakan yang acak,” katanya.

Dokter telah memperingatkan Daniel Broadhurst bahwa dia bisa mengalami kerusakan permanen karena kerusakan pada bagian otaknya yang memproses penglihatan.

Tapi dia bilang dia tidak menyesal.

“Jika saya harus melakukannya lagi, saya mungkin akan melakukannya karena saya berhasil menyarangkan pukulan telak pada anak itu dan rasanya puas sekali,” katanya.

“Tapi sayangnya jika anda menggunakan parang, dan anda akan menjadi membabi buta dan semuanya akan berakhir salah.”

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.


(rna/rna) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Hasil Liga Jerman: Bayern Kandaskan Schalke

Munich – Tiga poin direbut Bayern Munich di pekan ke-21 Liga Jerman. Menjamu Schalke, Bayern tampil sebagai pemenang dengan skor akhir 3-1.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Minggu (10/2/2019) dinihari WIB, Bayern unggul 2-1 di babak pertama. Jeffrey Bruma mencetak gol bunuh diri lalu Schalke menyamakan skor berkat gol Ahmed Kutucu.

Tak lama berselang, Robert Lewandowski membawa Bayern kembali di depan. Serge Gnabry memastikan kemenangan Bayern dengan mencetak gol ketiga usai jeda.

Kemenangan ini menandai kebangkitan Die Roten setelah dibekap Bayer Leverkusen 1-3 di pekan lalu. Bayern masih di peringkat kedua dengan 45 poin, memangkas jarak dengan Borussia Dortmund di puncak yang mengoleksi 50 poin.

Sementara itu Schalke masih bertahan di papan tengah. The Royal Blues menghuni peringkat ke-13 usai mengumpulkan 22 poin.

Bayern memperoleh keuntungan saat pertandingan baru bergulir 11 menit. Saat mengawal Lewandowski, Bruma salah mengantisipasi sehingga membobol gawangnya sendiri.

Schalke merespons pada 14 menit kemudian. Weston McKinnie mengirim operan terobosan yang membebeaskan Kutucu di depan gawang sebelum melepaskan sepakan keras kaki kanan yang tidak mampu dihentikan Sven Ulreich. Skor kini 1-1.

Kedudukan seimbang hanya bertahan dua menit saja. Lewandowski mencetak gol untuk membawa Bayern kembali memimpin dalam kedudukan 2-1.

Dari tepi kotak penalti, James Rodriguez mengirim operan kepada Lewandowski yang dituntaskan dengan tembakan ke sudut bawah gawang, Keunggulan ini bertahan sampai turun minum.

Schalke melancarkan tekanan ke pertahanan Bayern yang nyaris menciptakan gol penyama. Kombinasi McKennie dan Kutucu melahirkan serangan balik cepat meski bisa diselamatkan Ulreich. Bola rebound jatuh di jalur McKennie tapi sontekannya dari jarak dekat masih gagal.

Schalke semakin dekat dengan gol keduanya. Umpan silang Caligiuri melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan ke tiang jauh.

Sebelum pertandingan genap berjalan sejam, Bayern memberi pukulan telak kepada Schalke lewat gol Gnabry di menit ke-57. Lewandowski mencoba melakukan tendangan salto yang mengarah ke sudut bawah gawang disundul oleh Gnabry untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Ulreich, Boateng, Hummels, Alaba, Kimmich, James Rodriguez (Javi Martinez 78′), Thiago, Goretzka, Gnabry (Davies 89′), Coman (Ribery 68′), Lewandowski

SCHALKE: Faehrmann, Oczipka, Bruma, Sane, Rudy (Mascarell 33′), Caligiuri, Konopylanka, Bentaleb, Serdar (Harit 54′) Uth (Kutuchu 73′), McKennie
(rin/mrp)


Dua Mahasiswi Indonesia Alami Serangan Fisik dan Verbal di Canberra

Canberra

Dua mahasiswi asal Indonesia dilaporkan mendapat cacian dan satu orang di antaranya mendapat pukulan sampai terpental di pusat Kota Canberra, Australia, pada Kamis sore (7/2).

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) di Kawasan Ibukota Australia, atau ACT, mengungkapkan kepada ABC Indonesia bahwa dua mahasiswi yang kuliah di Australian National University (ANU) dan University of Canberra mendapat serangan sekitar pukul 04:30 sore waktu setempat.

“Saat ini saya belum bisa berkomunikasi dengan korban karena mereka masih trauma,” ujar Welhelmus Poek, Presiden PPIA ACT.

Welhelmus menjelaskan salah satu korban telah membagikan kronologi kejadiannya di jejaring sosial Whatsapp.

Kedua mahasiswi tersebut sedang berjalan menuju pemberhentian bus dekat pusat perbelanjaan Target, dan didatangi oleh seorang perempuan bersama temannya yang tiba-tiba mengeluarkan kata-kata kasar.

“Dia mencaci-maki kembali, seperti ‘kenapa kamu berpakaian serba hitam’, ‘kenapa kamu masih hidup’, ‘itu tidak adil bagi kita’, ‘mana HP kamu’.”

“Aku dan temanku hanya diam, kemudian dia memukul dengan keras telinga temanku sampai terpental dan lututnya berdarah.”

“Bahkan celana temanku sobek.”

Setelah mendengar laporan ini PPIA ACT langsung memberikan himbauan kepada mahasiswa Indonesia untuk selalu waspada.

Menurut Welhelmus belum diketahui apa yang menjadi motif penyerangan, tetapi kuat dugaan jika serangan tersebut bermuatan rasis karena mempertanyakan cara berpakaian keduanya.

Ia juga menegaskan jika pihaknya tidak akan tinggal diam soal serangan ini, apalagi jika diduga kuat sebagai serangan rasis.

“Meski kita tinggal di negara orang, tapi negara ini punya hukum dan aturan, termasuk mengatur masalah kekerasan apalagi jika berbau rasis,” ujarnya.

Papan bus kota Canberra
Sebelumnya jarang terdengar aksi penyerangan terhadap mahasiswa asal Indonesia di Canberra. (ABC News: Sonya Gee)

Sejumlah pihak menyayangkan karena saat insiden terjadi tidak ada warga yang membantu atau berusaha mencari tahu apa yang terjadi.

Sementara itu pihak KBRI Canberra mengatakan kepada ABC Indonesia bahwa mereka telah mendapat laporan soal insiden penyerangan terhadap mahasiswa asal Indonesia tersebut.

“KBRI Canberra telah menemui dan berkomunikasi langsung dengan kedua korban,” ujar KBRI Canberra.

“Kedua korban telah melaporkan serangan tersebut kepada pihak kepolisian dan akan melakukan upaya hukum.”

KBRI juga menyebutkan kalau pihaknya akan mendampingi kedua korban untuk menyelesaikan masalahnya secara hukum.

Insiden yang terjadi 7 Februari tersebut bertepatan dengan laporan media Canberra Times yang menyebutkan kepala pemerintahan ACT, Chief Minister Andrew Barr yang membawa delegasi perguruan tinggi Australia ke Indonesia.

Dari kunjungan tersebut mereka berharap akan lebih banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke ibukota Australia, terutama di bidang perubahan iklim, ekologi, keperawatan, serta informasi dan teknologi.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan jumlah pelajar Indonesia di Indonesia telah meningkat 59,3 persen dalam kurun waktu empat tahun sejak 2014, menjadi yang terbesar keempat setelah pelajar dari Bhutan, China, dan India.

Ikuti berita lainnya dari ABC Indonesia.


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bersikap Kasar, Situasi Isco di Real Madrid Kian Tak Menentu

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Real Madrid, Isco, dikabarkan bersikap kasar pada sorang staf klub. Insiden ini terjadi usai pertandingan Real Madrid melawan Alaves, pekan lalu.

Pada laga yang dimenangkan Real Madrid 3-0 itu, pemain Spanyol, 26, hanya bermain selama tiga menit. Usai pertandingan, Isco terlihat seperti melakukan pukulan kasar pada Miguel Porlan saat ia mencoba memberinya tepukan.

Pihak klub menilai tindakan Isco itu, seperti menunjukkan kegelisahannya saat ia berjuang untuk mendapatkan waktu pertandingan.

Isco – yang kemudian melalui Twitter membantah telah berselisih dengan Porlan – memang termasuk pemain Real Madrid yang jarang dimainkan di bawah asuhan Santiago Solari.

Dalam daftar itu, ada nama Jesus Vallejo, Mariano Diaz dan Marco Asensio yang memang menghabiskan lebih sedikit waktu di lapangan karena cedera jangka panjang.

2 dari 3 halaman

Gareth Bale

Kemenangan akhir pekan ini juga membuat situasi Gareth Bale memanas. Pemain asal Wales ini dinilai tampil tak mengesankan dalam pertandingan tersebut.

Jelang pertandingan melawan Barcelona di Copa del Rey, media setempat tidak banyak memberikan penilaian pada Bale, apakah ia bakal tampil atau tidak.

3 dari 3 halaman

Pengganti Ronaldo

Bale telah berjuang dengan cedera musim ini. Dan, ia gagal menggantikan posisi Cristiano Ronaldo dalam urusan mencetak gol.

Los Blancos memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut. Tapi, penampilan mereka mulai tak stabil sejak Zinedine Zidane keluar.

Bek Liverpool Patah Kaki, Jurgen Klopp Terpukul

Liputan6.com, Liverpool – Kabar buruk menghampiri manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Dia mendengar kabar salah satu pemain bertahannya, Joe Gomez baru saja menyelesaikan operasi.

Bek Liverpool asal Inggris itu mengalami patah kaki di bagian bawah. Masalah itu didapatnya saat melawan Burnley, 5 Desember 2018.

“Ini merupakan pukulan buat sang pemain dan buat kami. Sebab, sebelum cedera, dia dalam performa yang fantastis,” ujar Klopp kepada situs resmi klub.

Hingga saat ini, Klopp belum bisa memastikan berapa lama yang dibutuhkan Joe Gomez untuk melakukan pemulihan. Namun, bila dilihat dari cederanya yang parah, pemain berusia 21 tahun tersebut harus menepi dalam waktu yang lama.

“Dia terlalu berharga untuk mengambil risiko apapun, baik untuk saat ini maupun masa depan, jadi kami menyelesaikan prosedur dan dia kembali ketika sudah siap,” kata manajer Liverpool asal Jerman itu.

2 dari 3 halaman

Rehabilitasi

Pada musim ini, di semua kompetisi bersama Liverpoo, Joe Gomez sudah tampil 18 kali sebelum cedera yang dialaminya pada Desember lalu.

“Sikapnya selama rehabilitas ini luar biasa, tapi ia belum sembuh seperti yang kami harapkan sehingga kami akan melakukan intervensi ini dan kemudian ia akan kembali,” ucap Klopp.

3 dari 3 halaman

Statistik Joe Gomez

Berikut statistik Joe Gomez selama memperkuat Liverpool:

Main: 59

Menit main: 4.803

Gol: 0

Assist: 3

Kartu kuning: 10

Kartu merah: 1

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kabar Baik untuk Madrid, Ramos Fit Lawan Girona

MadridReal Madrid dapat kabar bagus jelang menghadapi Girona di Copa del Rey. Sergio Ramos yang sempat dikhawatirkan cedera dipastikan bisa tampil.

Ramos saat pergantian babak ketika Madrid tandang ke markas Espanyol di Liga Spanyol, Senin (28/1/2019) dini hari WIB. Kapten Madrid mengalami masalah pada lututnya.

Namun kini Madrid bisa bernapas lega karena cedera lutut Ramos tak serius. Ia juga sudah kembali berlatih normal bersama rekan-rekan setimnya.

Ramos pun bisa diturunkan di markas Girona dalam pertandingan leg kedua perempatfinal Copa del Rey, Jumat (1/2/2019) dini hari WIB. Hanya Jesus Vallejo yang tak bisa main pada laga ini.

“Sergio fit,” ujar Santiago Solari dalam konferensi pers sebelum pertandingan seperti dilansir AS.

“Mengkhawatirkan ketika itu terjadi –itu adalah pukulan berat– tapi dia pulih dan sudah berlatih dengan teman-teman setimnya. Itu kabar bagus,” katanya.

Madrid sudah mengantongi keunggulan 4-2 atas Girona dari laga leg pertama.

(nds/nds)

PSG Tak Ada Peluang Turunkan Neymar Saat Lawan MU

Liputan6.com, Paris – Sebuah kabar buruk datang bagi Paris Saint-Germain (PSG). Juara bertahan Ligue 1 itu dikabarkan tidak bisa menggunakan tenaga Neymar pada dua pertandingan babak 16 besar Liga Champions nanti.

PSG sendiri memiliki misi sulit untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Mereka harus berhadapan dengan wakil Inggris, Manchester United untuk memperebutkan satu tempat di babak delapan besar nanti.

Namun baru-baru ini mereka mendapatkan pukulan yang telak. Pemain utama mereka, Neymar mendapatkan cedera pada bagian metatarsal kakinya pada pertandingan melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France yang lalu.

Beredar kabar bahwa Neymar masih berpeluang untuk tampil di babak 16 besar nanti. Namun menurut laporan yang dikeluarkan Sportsmole, pemain Timnas Brasil itu dipastikan tidak bisa bermain pada laga tersebut.

Menurut laporan tersebut, cedera yang dialami oleh Neymar itu merupakan sebuah cedera yang parah. Hal ini dikarenakan bagian cedera itu merupakan cedera yang ia alami tahun lalu, di mana ia menghabiskan sekitar empat bulan di ruang perawatan PSG untuk menyembuhkan cederanya tersebut.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Pertama

Berdasarkan pemeriksaan pertama, kondisi cedera Neymar itu sangat parah dan ia diperkirakan akan mengakhiri musim ini lebih cepat karena cedera tersebut.

Meski disebut akan absen hingga akhir musim nanti, Neymar disebut berpeluang untuk pulih lebih cepat. Ia kabarnya akan menjalankan operasi untuk menyembuhkan cedera ini. Dengan operasi ini, Neymar diperkirakan hanya akan absen selama dua bulan saja dari tim utama PSG.

3 dari 3 halaman

Tampil Apik

Namun dengan opsi ini pun, Neymar dipastikan tidak bisa tampil melawan Manchester United, karena pertandingan PSG melawan MU dijadwalkan digelar pada tanggal 12 Februari 2019 di Old Trafford dan 6 Maret 2019 di Parc Des Princes.

Musim ini Neymar sejatinya tampil apik bersama PSG, di mana ia sudah membuat 20 gol dair 23 penampilan bagi Les Parisien.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

Jepang Siap Selesaikan Misi Juara di Piala Asia 2019

Jakarta Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida, meminta timnya tak berpuas diri meskipun telah melangkah ke final Piala Asia 2019. Dia mengatakan semua kerja keras tak akan ada artinya jika Jepang tak bisa merampungkan misi dengan merebut gelar Piala Asia.

Tim Samurai Biru melangkah ke final setelah melibas Iran 3-0 di semifinal Piala Asia 2019. Pada laga final, Jumat (1/2/2019), Jepang akan bertemu dengan Qatar.

“Kami tak boleh berpuas diri hanya dengan mengalahkan Iran. Kami punya pertandingan lain yang harus dimenangi. Jika kami kalah, maka semua kerja keras bakal sia-sia, jadi kami harus menyelesaikannya,” kata Yoshida.

“Kami bicara tentang pergi berperang sebelum datang ke sini,” kata bek Southampton tersebut.

Yoshida mengatakan Jepang harus bermain ngotot dan kompak jika ingin membawa pulang trofi Piala Asia 2019.

“Kami harus bekerja sama sebagai tim yang kuat. Kami juga perlu bertarung sebagai tim,” imbuh dia.

2 dari 2 halaman

Beruntung

Yoshida mengaku beruntung terhindar dari kartu merah pada semifinal. Dia mengatakan jika mendapat kartu merah bakal menjadi pukulan besar bagi dirinya dan Timnas Jepang.

“Sekarang yang terpenting adalah menikmati semuanya dan semoga kami bisa meningkatkan permainan. Kami ingin memastikan Timnas Jepang memenangi final dan menjadi juara Asia lagi,” kata Maya Yoshida.

Tradisi Berbagi Angpao Saat Imlek, Apa Maknanya?

Liputan6.com, Jakarta – Saat hari raya Imlek, pastinya ada tradisi berkunjung ke rumah saudara sambil berbagi angpao. Amplop merah yang telah menjadi bagian dari tradisi Imlek tersebut pastinya berisi sejumlah uang yang diberikan kepada saudaranya.

Biasanya angpao diberikan oleh orangtua untuk anak-anaknya sebagai hadiah tahun baru Imlek. Tak hanya orangtua, anggota keluarga yang lebih tua seperti kakek-nenek atau paman-bibi juga berhak memberikan angpao kepada anak-anaknya.

Angpao sendiri merupakan pelafalan dari bahasa Hokkien dari kata ang pow. Sedangkan dalam kosa kata bahasa Mandarin, angpao disebut dengan hongbao (红包), yang berarti amplop merah.

Dilansir dari laman Malaysia thestar.com.my, sejarah pemberian angpao ini sudah berlangsung sejak lama, yaitu 1000 tahun yang lalu di negeri Panda. Saat itu, orangtua memberikan anak-anaknya 100 koin. Dalam kepercayaan mereka, pemberian 100 koin ini akan memberikan anaknya umur panjang hingga 100 tahun.

Pemberian koin-koin ini dilakukan saat malam sebelum tahun baru Imlek. Anak-anak saat itu menggunakannya untuk membeli baju baru atau menabungnya.

Sejak Dinasti Song berkuasa pada abad ke-12, praktik memberi uang ini sudah menjadi tradisi. Kala itu, amplop merah memang belum diciptakan.

Koin-koin diberikan kepada anak-anak mereka setiap tahun baru Imlek. Di masa Dinasti Song, tradisi tersebut diiringi dengan pukulan drum dan gong sebagai tanda dimulainya tahun baru. Iringan ini jugalah yang memberikan harapan akan keberuntungan di tahun berikutnya.


2 dari 2 halaman

Tak Hanya Imlek

Pemakaian amplop merah yang disebut angpao dimulai sejak akhir abad ke-19. Dilansir dari laman China Highlights, warna merah dipilih sebagai simbol dari energi, kebahagiaan dan keberuntungan.

Maknanya tidak terletak pada uangnya, tetapi amplop merah yang berisi uang tersebut. Amplop merah tersebut akan membawa kebahagiaan dan kelimpahan kepada penerimanya. Karena itulah, orang yang menerima angpao tidak boleh membuka angpao tersebut di depan pemberinya.

Biasanya, angpao diberikan kepada orang yang sudah memiliki pendapatan. Ketika mereka sudah mulai menghasilkan uang secara mandiri, saat itulah mereka harus memberi angpao sebagai cara berbagi. Meskipun begitu, ada juga aturan yang mengatakan bahwa ketika mereka belum menikah, mereka belum boleh berbagi angpao walaupun sudah berpenghasilan.

Pemberian angpao tidak hanya sebatas saat Tahun Baru Imlek, tetapi juga saat acara lainnya, seperti pernikahan, wisuda, dan kelahiran bayi. Angpao yang diberikan saat itu merupakan cara tradisional untuk memberikan keberuntungan dan berbagi kebaikan kepada orang lain. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini: