4 Pilar Lini Belakang Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019

Jakarta – Timnas Indonesia U-22 bersiap menghadapi Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Anak asuh Indra Sjafri bakal melakoni laga pertama melawan Myanmar, Senin (18/2/2019). 

Setelah melewati enam bulan pemusatan latihan dan melakukan degradasi dan promosi dalam pemanggilan pemain, Indra Sjafri akhirnya menetapkan delapan pemain bertahan yang ikut dibawanya ke Kamboja untuk menghadapi Myanmar, Malaysia, dan Kamboja di Grup B Piala AFF U-22 2019, dan tentu harapannya dua tim lain di semifinal dan final.

Lima dari delapan pemain bertahan Timnas Indonesia U-22 yang dibawa ke Kamboja merupakan pemain-pemain yang sudah mengenal Indra Sjafri sejak di Timnas Indonesia U-19 yang dibentuk pada awal 2017, yaitu Firza Andika, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Samuel Christianson, dan Asnawi Mangkualam.

Sementara itu, juga ada Bagas Adi Nugroho yang pernah menjadi anak asuh Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19 era 2013. Dua pemain bertahan lainnya adalah Andy Setyo Nugroho dan Fredyan Wahyu.

Delapan pemain bertahan tersebut memang memperlihatkan perkembangan yang pesat selama menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 dalam enam pekan terakhir.

Namun, tentu dari delapan pemain tersebut hanya akan ada empat pemain yang mendapat kepercayaan dari Indra untuk menjadi pilihan utama di Tim Garuda Muda.

Bola.com membahas empat pemain bertahan Timnas Indonesia U-22yang bisa menjadi pilihan utama Indra Sjafri mengawal sektor pertahanan tim asuhannya:

2 dari 5 halaman

Andy Setyo Nugroho

Andy Setyo Nugroho menjadi pemain bertahan yang paling menjanjikan di Timnas Indonesia U-22 saat ini. Meski kerap menjadi alternatif pemain bertahan di era Luis Milla, Andy Setyo merupakan andalan yang bisa menjadi pilihan utama di pusat pertahanan Tim Garuda Muda.

Jika bicara era Luis Milla, Andy Setyo merupakan pemain bertahan yang menjadi pilihan terakhir, kali ini justru pemain dari PS Tira itu merupakan pilihan utama di posisi bek tengah. Pengalamannya memperkuat tim nasional sejak Timnas Indonesia U-19 asuhan Eduard Tjong membuatnya memiliki jam terbang yang cukup baik.

Andy Setyo juga bisa menjadi pilihan utama Indra Sjafri untuk mengenakan ban kapten di lengan. Postur tubuhnya yang tinggi juga menjadi jaminan di skuat utama Garuda Muda.

Dalam laga uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia U-22 sebelum bertolak ke Kamboja, Andy Setyo berhasil mencetak satu gol, yaitu ketika Tim Garuda Muda menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang.

3 dari 5 halaman

Nurhidayat Haji Haris

Nurhidayat Haji Haris merupakan seorang bek tengah yang sudah terbukti kualitasnya sejak menjadi pilihan bagi Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19. Pemain bertahan yang tercatat kini membela Bhayangkara FC itu bahkan sempat menjadi kapten Tim Merah-Putih junior saat itu.

Kini pemain bertubuh gempal itu kembali menjadi pemain kepercayaan Indra Sjafri untuk mengawal pusat pertahanan Timnas Indonesia U-22. Pengalamannya yang cukup memiliki jam terbang di tim nasional membantunya untuk bisa beradaptasi cepat.

Kemampuan mengawal lini pertahanan pun tak perlu diragukan meski Nurhidayat juga memiliki sejumlah pengalaman buruk ketika melakukan blunder sebagai pemain bertahan Timnas Indonesia U-19.

Kemampuannya mengawal lini pertahanan membuat Indra Sjafri tak ragu untuk memberikan kepercayaan lebih kepada pemain kelahiran Makassar itu.

4 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam Bahar

Awalnya menjadi pemain bertahan bukanlah karakter seorang Asnawi Mangkualam. Pemain yang juga pernah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 era Eduard Tjong ini kerap mendapatkan kepercayaan untuk bermain di lini tengah.

Menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri sejak 2017 maupun ketika memperkuat Timnas Indonesia U-22 asuhan Luis Milla, Asnawi Mangkualam lebih dikenal sebagai seorang gelandang. Kemampuannya bermain menyerang maupun bertahan sangat dibutuhkan untuk mengisi lini tengah tim.

Namun, sejak Indra Sjafri tak lagi memiliki Rifad Marasabessy untuk mengisi sektor kanan pertahanan tim, Asnawi Mangkualam mendapat kepercayaan baru dari pelatih asal Sumatra Barat itu. Asnawi mendapatkan plot baru sebagai bek kanan yang mampu memantu penyerangan tim lewat sayap kanan.

Selain memiliki kecepatan, daya ledak pemain asal Makassar itu ketika menghalau permainan pemain lawan tak perlu diragukan lagi. Ia mampu mematikan pergerakan pemain lawan dengan sangat baik di posisi kanan pertahanan tim.

5 dari 5 halaman

Firza Andika

Sementara itu, di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia U-22 akan hadir Firza Andika. Pemain yang musim lalu membela PSMS Medan itu memang selalu menjadi andalan Indra Sjafri di sisi kiri pertahanan sejak Timnas Indonesia U-19.

Tak hanya mampu memperlihatkan disiplin yang tinggi saat menghalau serangan di sisi kiri pertahanan tim, Firza Andika juga memiliki kecepatan yang sangat baik untuk membantu penyerangan tim. Berulang kali Firza mampu memberikan desakan kepada pertahanan tim lawan ketika membantu penyerangan dari sisi kiri.

Kemampuannya menjadi bek kiri juga sudah diakui dunia internasional. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan Firza memukau saat melakukan trial di Belgia bersama AFC Tubize dan UD Alzira di Spanyol.


Sumber: Bola.com

Momen CEO Bukalapak Achmad Zaky Bertemu Jokowi

Sabtu 16 Februari 2019, 12:11 WIB

Foto News

Dok. – detikNews

Jakarta detikNews – CEO Bukalapak Achmad Zaky bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu terjadi usai cuitan Zaky mengenai ‘presiden baru’ ramai dibahas masyarakat.

Presiden Joko Widodo menerima pendiri sekaligus CEO Bukalapak Achmad Zaky di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (16/2/2019). Antara Foto/Puspa Perwitasari.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Jangan Ganggu Aku Lagi, Kegiatan Unik di Kebun Binatang Texas

Liputan6.com, Texas – Kebun Binatang El Paso di negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS), mengadakan kegiatan unik untuk menarik pengunjung.

Sejumlah kecoa dapat dinamai oleh pengunjung sesuai nama mantan atau orang yang dibenci, untuk kemudian diumpankan kepada hewan pemakan serangga yang ada di sana.

Kegiatan unik dalam suasana Valentine itu dinamakan “Jangan Ganggu Aku Lagi.” Nama dan kegiatan yang unik mendapatkan tanggapan yang luar biasa. Bahkan, penjaga kebun binatang harus membatasi waktu pendaftaran, sebagaimana diberitakan oleh VOA Indonesia pada Jumat (15/2/2019).

Pihak kebun binatang kemudian mengunggah foto kegiatan di Facebook.

Pada Halaman Facebook kebun binatang El Paso, terlihat lusinan grafik hati berwarna merah muda dengan kecoa hitam yang telah dinamai macam-macam nama orang, baik mantan kekasih ataupun orang yang dibenci oleh pengunjung.

Pada siang harinya, kecoa-kecoa itu dijadikan santapan siang bagi meerkat, monyet tamarin, monyet marmoset dan binatang-binatang lain.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Kecoa Tanda Cinta?

Kecoa dipandang sebagai serangga yang hidup di tempat-tempat kotor dan gelap. Tak pernah terbayangkan untuk menghubung-hubungkan serangga itu ke dalam dunia percintaan.

Namun, seperti dikutip dari Huffington Post, Madagascar hissing cockroach atau kecoa berdesis dari Madagaskar secara sengaja dipelihara di kebun binatang Bronx di kota New York, sebagai media pembuktian cinta.

Selama 6 tahun berturut-turut, kebun binatang Bronx mengundang warga untuk membuktikan cinta sejati orang-orang melalui pemberian nama kekasih kepada kecoa-kecoa di sana. Dan promosi ini selalu mendapat sorotan dari media.

Tahun lalu, seorang penulis di situs berita Buzzfeed mengusulkan agar menuliskan nama mantan sebagai bentuk pembalasan. Kebun binatang San Francisco juga memiliki gagasan serupa dan memasarkan penamaan kecoa dan kalajengking Valentine sebagai cara menghapus kenangan terhadap mantan.

Nyatanya, gagasan kebun binatang Bronx lebih tepat. Penamaan kepada kecoa berdesis dari Madagaskar justru dipandang sebagai pujian, bukan hinaan. Berikut ini adalah sejumlah alasannya.

Orang yang pernah berusaha membasmi kecoa memahami betapa sulitnya membunuh serangga tersebut. Binatang itu ternyata dapat menahan nafas selama 5 hingga 7 menit, mengembangkan kekebalan terhadap pestisida secara cepat, dan tahan terhadap radiasi ganas yang dapat membinasakan manusia.

Tanpa ada kecoa jantan, jenis serangga tersebut di AS bahkan dapat bertelur. Demikian menurut University of Massachusetts.

Kecoa dianggap memainkan peranan penting dalam ekosistem.

“Mereka menyantap sayuran yang membusuk, hampir semua yang sedang membusuk. Dan kalau tidak ada mereka –rayap, kumbang, dan sejenisnya– maka dunia ini akan tertimbun dalam sampah. Mereka adalah makhluk pendaur ulang yang penting,” kata ahli serangga Nancy Greig kepada The Houston Chronicle. 

Dan setelah mereka mencerna makanannya, mereka mengembalikan ke tanah melalui nitrogen yang terdapat pada tinja yang sangat penting bagi kesehatan tanaman.

“Punahnya kecoa berdampak besar kepada kesehatan hutan dan dengan demikian — secara tidak langsung — kepada seluruh spesies yang hidup di dalamnya,” jelas profesor biologi Srini Kambhampati kepada Live Science.

“Bukan hanya itu, kecoa merupakan sumber makanan penting bagi mamalia kecil yang merupakan sumber utama bagi mamalia yang lebih besar,” timpal Kambhampati.

Membela HAM, Pengungsi Asal Sudan Terima Penghargaan

Liputan6.com, Jenewa – Abdul Aziz Muhamat, seorang pengungsi asal Sudan dianugerahi Penghargaan Martin Ennals dalam nominasi Pembela Hak Asasi Manusia di Jenewa Swiss.

Pria berusia 25 tahun itu terharu dan sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima.

“Tidak mudah untuk hidup di tempat di mana semua jari menunjuk pada Anda sebagai penjahat dan semua orang di sekitar Anda megatakan bahwa Anda telah melakukan kesalahan, (misalnya) mengapa Anda datang ke negara ini, dan seolah Anda memang layak berada di pusat penahanan,” katanya dalam sebuah pidato penerimaan penghargaan, dikutip dari ABC Indonesia pada Jumat (15/2/2019).

“Saya mengambil jalan ini untuk berdiri dan memperjuangkan hak semua orang di Pulau Manus.”

Abdul Aziz Muhamat melarikan diri dari perang di Sudan ketika masih remaja dan mencoba mencapai daratan Australia dengan kapal, sebelum akhirnya dikirim ke sebuah pusat detensi di Pulau Manus pada tahun 2013.

Sejak tiba di pulau itu, ia telah terang-terangan berbicara kepada publik tentang kondisi yang disebut sebagai “kejam dan tidak manusiawi” saat dalam pusat detensi.

Meskipun demikian ia juga menceritakan kondisi lebih mengerikan jika kembali ke negara yang belum stabil.

“Di negara saya, orang akan disiksa secara fisik, dan Anda tahu bahwa diri Anda akan mati,” katanya di depan banyak hadirin.

Mendedikasikan Penghargaan untuk Pencari Suaka di Dunia

Penghargaan Martin Ennals untuk Pembela Hak Asasi Manusia dinilai oleh 10 organisasi hak asasi manusia terkemuka yang bertujuan untuk menghormati “individu yang memiliki komitmen luar biasa terhadap upaya promosi dan perlindungan hak asasi manusia, terlepas dari risiko yang dihadapinya”.

Panel juri mengatakan penghargaan itu mengakui Muhamat adalah salah satu pengungsi di pulau Manus yang secara teratur berbicara kepada media, termasuk mengirim 4.000 pesan suara ke podcast pemenang penghargaan, The Messenger.

“Pemuda ini baru berusia 20 tahun ketika dia pertama kali tiba di pulau Manus,” kata Dick Oosting, ketua Yayasan Martin Ennals.

“Sejak itu, dia tidak pernah berhenti menyuarakan pendapatnya bagi mereka yang telah kehilangan hak-hak dasar mereka bersamanya.

“Dia menunjukkan keuletan dan keberanian yang luar biasa, selalu menentang dengan damai bahkan setelah seorang petugas polisi menembak kakinya.”

Dia juga dipuji karena bekerja dengan organisasi hak asasi manusia dan pengungsi internasional.


Simak pula video berikut:

2 dari 2 halaman

Tinggal Sementara di Luar Negeri

Berdasarkan informasi yang diperoleh ABC, Abdul Aziz Muhamat bepergian ke Jenewa dengan dokumen perjalanan PBB dan Pemerintah Swiss memberinya visa untuk kunjungannya tersebut.

Dokumen perjalanan pengungsi berfungsi seperti paspor tetapi lebih terbatas.

Ketika menerima penghargaan itu, dia mengatakan dirinya akan kembali ke Pulau Manus.

“Saya hanya akan berada di sini selama dua minggu dan saya masih akan kembali ke Manus,” katanya.

“Orang-orang menunggu saya untuk membagikan penghargaan ini dengan mereka dan memberi tahu mereka bahwa komunitas internasional mengakui keberadaan kita, atau ketahanan, perjuangan kita.”

Pada 2016, Mahkamah Agung Papua Nugini memutuskan penahanan Australia atas pencari suaka di Pulau Manus adalah ilegal dan pusat tersebut ditutup pada tahun berikutnya.

Abdul Aziz Muhamat dan sebagian besar lelaki yang tinggal di Pulau Manus sekarang tinggal di tiga fasilitas akomodasi di kota utama, Lorengau.

Sementara mereka dapat bergerak di sekitar pulau di siang hari, akomodasi masih dijaga dan jam malam diberlakukan.

Beberapa pengungsi sedang dipertimbangkan untuk pemukiman kembali di Amerika Serikat dan yang lainnya telah diberitahu bahwa mereka harus tinggal di Papua Nugini.

Avril Lavigne Berkolaborasi dengan Nicki Minaj

Liputan6.com, Boston – Avril Lavigne membocorkan lagu terbarunya. Melalui Instagram, Avril Lavigne memberitahu penggemarnya tentang lagu baru berjudul “Dum Blonde”.

Uniknya pada lagu “Dum Blonde” ini, Avril Lavigne berduet dengan rapper Nicki Minaj. Lagu tersebut turut menjadi bagian dalam album terbarunya, Head Above Water yang rencananya akan dirilis pada 15 Februari 2019, hari ini.

“Sudah rilis! Dumb Blonde berkolaborasi dengan sang legenda Nicki Minaj. Ia merupakan sosok yang luar biasa, tangguh, dan tak pernah menyerah. Aku mendengarkan Fly, Bed, dan Starships sepanjang waktu,” tulis Avril Lavigne sebagai keterangan foto di Instagram.

Musisi kelahiran 27 September 1984 ini mengungkapkan jika lagu “Dumb Blonde” bisa menjadi ‘anthem’ untuk orang-orang yang kerap direndahkan.

2 dari 3 halaman

Nicki Minaj Girang

“Pertahankan kepercayaan dirimu dan jangan biarkan siapapun mendiktemu bagaimana kau harus menjadi. Saya harap kalian menyukainya,” lanjutnya.

Kegembiraan tidak hanya dirasakan oleh Avril Lavigne saja, namun hal tersebut juga dirasakan oleh Nicki Minaj. Rapper kelahiran 8 Desember 1982 itu mengaku jika dirinya sudah mengidolakan Avril Lavigne sejak lama.

3 dari 3 halaman

Album Keenam

“Aku biasanya pergi ke tempat kerjaku di Red Lobster sembari memutar lagu milik perempuan ini setiap hari selama berbulan-bulan. Crying to “I’m with you”, blasting “complicated” “things I’ll never say” “nobody’s fool” “sk8er boi”. Perempuan ini luar biasa berbakat,” kicaunya di Twitter.

Lagu “Dumb Blonde” menjadi promosi lanjutan untuk album keenam Avril Lavigne, Head Above Water. Sebelum ini, ia pernah merilis single yang berjudul “Tell Me It’s Over” dan “Head Above Water”. (Fimela.com/ Musa Ade)

Seru-seruan ‘Pura-pura Capres’ 2019, Ada yang Butuh Tambatan Hati!

Jumat 15 Februari 2019, 11:14 WIB

#MantapMemilih

dok. detikcom – detikNews

Jakarta detikNews – Hari ini merupakan hari terakhir program ‘Pura-pura Capres’ detikcom. Banyak program-program kocak dari pembaca. Ini di antaranya!

Program peduli jomblo masih jadi janji utama. Foto: dok. detikcom

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Melihat Lebih Dekat Hati Ayam Bertuliskan Angka yang Bikin Geger

Rabu 13 Februari 2019, 14:37 WIB

Foto News

istimewa – detikNews

Jakarta detikNews – Jemaat Gereja Sonaf Neka Huilelot di Kabupaten Kupang, NTT, dibuat heboh gara-gara di hati ayam terdapat deretan huruf dan angka. Begini foto-fotonya:

Peristiwa ini terjadi pada Senin (11/2) sekitar pukul 11.00 Wita. Pendeta dan jemaat saat itu sedang melaksanakan rapat tahunan gereja dan akan ada jamuan makan. (ist/Rosalin Radjakale)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Potret Ani Yudhoyono Ditemani Keluarga dan Elite PD di Singapura

Rabu 13 Februari 2019, 12:46 WIB

Foto News

Pool – detikNews

Jakarta detikNews – Ani Yudhoyono saat ini terbaring sakit di Singapura karena kanker darah. Keluarga dan elite Partai Demokrat setia mendampingi. Begini potretnya

Ani Yudhoyono saat ini dirawat di National University Hospital Singapura karena menderita kanker darah. Dia harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif. Dalam foto yang dia unggah di Instagram sepekan lalu, Ani tampak ditemani kedua anaknya yaitu Agus dan Ibas. Ada pula istri dan anak-anak Ibas (Instagram @aniyudhoyono)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

  • 20Detik

    Saat Alat Peraga Kampanye Mengotori Pandangan

    DETIKNEWS | Rabu 13 Februari 2019, 12:31 WIB Poster calon legislatif berbagai ukuran banyak ditempel sembarangan. Ada yang di tempel di pohon hingga tiang listrik, sehingga merusak pandangan.

  • DPR Lantik Pengganti Fayakhun Andriadi

    DETIKNEWS | Rabu 13 Februari 2019, 11:54 WIB DPR melantik sejumlah anggota pengganti antarwaktu (PAW). Salah satunya Musthafa Bakri, yang menggantikan Fayakhun Andriadi dari Fraksi Golkar.

  • SBY: Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah

    DETIKNEWS | Rabu 13 Februari 2019, 11:14 WIB Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), angkat bicara soal kondisi sang istri, Ani Yudhoyono. Ibu Ani ternyata menderita sakit kanker darah.

  • 20Detik

    Mencekam! Aksi Penjarahan di Haiti

    DETIKNEWS | Rabu 13 Februari 2019, 11:39 WIB Aksi penjarahan terjadi di pusat kota Port-au-Prince, Haiti. Satu orang dilaporkan mati, beberapa lainnya ditangkap.

  • Kolom

    Mengurangi Beban BPJS Kesehatan

    DETIKNEWS | Rabu 13 Februari 2019, 11:37 WIB Besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah melalui BPJS Kesehatan untuk membiayai perawatan dan pengobatan penyakit tidak menular menjadi beban perekonomian.

Jelang Debat Capres Kedua, KSP Gelar Diskusi soal Lingkungan

Jakarta – Kantor Staf Presiden menggelar diskusi bertema ‘Langkah Berani Pulihkan Lingkungan’ bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti. Apakah diskusi ini digelar disesuaikan dengan tema debat capres mendatang?

“Kebetulan kita bicaranya 4 tahun pemerintahan. 4 tahun pemerintahan itu kemarin diakhiri pada Oktober 2018 lalu. Penyampaian informasi kan terus menerus. Bahwasanya ini dekat dengan pelaksanaan pemilu ya itu memang sudah jadwal yang ada. Tapi bukan berarti oh ada pemilu terus kita takut menyampaikan, ya jangan. Wong itu tugas kita kok,” kata Kepala Staf Presiden, Moeldoko, di kantornya, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Menurut Moeldoko, diskusi ini sebagai promosi untuk menyampaikan kepada publik apa saja capaian pemerintah. Moeldoko mengatakan penyampaian capaian pemerintah kepada masyarakat memang sudah diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Yang pasti promosi. Kita pemerintah punya tanggung jawab untuk mempromosikan, dalam arti menyampaikan kepada masyarakat, kepada publik atas apa yang telah kami lakukan. Maksudnya kami itu apa yang telah pemerintah lakukan. Itu masyarakat punya hak untuk mendapatkan informasi. Kita juga punya kewajiban untuk men-deliver, menyampaikan berbagai informasi apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah,” jelas Moeldoko.

Moeldoko mengatakan lewat forum-forum diskusi ini kementerian/lembaga menyampaikan capaian-capaian pemerintah. Moeldoko mengaku tidak ingin rakyat nantinya bertanya soal kinerja pemerintah.

“Melalui berbagai forum-forum inilah kita melalui berbagai kementerian/lembaga menyebar ke mana-mana. Ini udah perintah presiden untuk segera menyampaikan kepada publik bahwa kami telah melakukan ini, ini, ini. Jangan nanti dibilang oleh masyarakat, ‘mana nih pemerintah nggak ada kerjanya’,” imbuhnya.

Soal apakah data-data dari KLHK dan KKP akan digunakan Jokowi sebagai amunisi dalam debat, Moeldoko tak menjawab secara gamblang. Moeldoko menuturkan bisa diserahkan ke Jokowi bisa juga tidak.

“Bisa juga, bisa ndak. Bisa juga karena itu memang data-data yang memang dilakukan beliau (Jokowi). Bisa nggak karena ada pilihan-pilihan kata, pilihan-pilihan apa yang menurut beliau ada hal kunci yang bisa disampaikan pada debat nanti kan. Tidak semuanya terpublik dalam konteks debat ya. Tapi dalam konteks kalau capaian, ya, kami sampaikan,” pungkasnya.

Rencananya debat kedua akan digelar pada 17 Februari 2019. Debat akan mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.
(azr/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tabrakan Langka 2 Trem di Pinggiran Paris

Selasa 12 Februari 2019, 10:46 WIB

Foto News

AFP – detikNews

Paris detikNews – Tabrakan langka antara dua rangkaian trem terjadi di pinggiran Paris, Prancis hingga memicu korban luka. Seperti apa situasinya?

Tabrakan antara dua rangkaian trem ini terjadi di pinggiran Paris pada Senin (11/2) malam waktu setempat. Foto: Photo by Philippe DUPEYRAT/AFP

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com