Liga 1 2019 Mundur, Persebaya Revisi Program Latihan

Jakarta – Pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurdjaman, akan mengubah program latihan timnya. Itu buntut dari mundurnya jadwal Liga 1 2019.

Kick-off Liga 1 2019 mundur satu pekan dari 8 Mei menjadi 15 Mei. PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyepakati keputusan tersebut bersama klub-klub peserta.

Manajemen Persebaya sebelumnya mengaku kerugian finansial atas mundurnya Liga 1. Di sisi lain, Djajang mengaku tidak ada masalah dari segi persiapan tim, namun akan melakukan revisi program latihan.


“Kalau kami ikut saja. Tapi yang pasti kami harus merevisi program latihan. Karena kan program sudah disusun, jadi kalau jadwal liga diundur mempengaruhi program Persebaya yang sudah disiapkan,” ujar Djajang kepada detikSport, Rabu (24/4/2019).

“Sambil menunggu waktu kick-off, kami akan adakan uji coba. Salah satunya internal game yang dilakukan besok (25/4),” kata eks pelatih Persib Bandung itu.

Persebaya sebelumnya juga batal bertanding melawan Madura United di perempatfinal Piala Indonesia. Laga bergulir di Stadion Gelora Bung Tomo pada 26 April dan 30 April di markas Madura United.

Alasannya, karena Kepolisian tidak memberikan izin akibat sedang fokus menjaga penghitungan suara Pemilu 2019.

(ran/cas)

Sambut Ramadan, Shopee Meluncurkan Program Big Sale, Fitur Zakat, dan Peduli Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan e-commerce Shopee meluncurkan fitur dan program terbaru menyambut bulan puasa atau Ramadan di tahun ini. Salah satunya adalah fitur zakat dan donasi yang dapat diakses pengguna dengan mudah, yaitu melalui home button produk digital aplikasi itu.

“Ramadan adalah salah satu momen perayaan yang paling dinanti oleh para pengguna Shopee di Indonesia. Kami ingin memanfaatkan momen bulan suci ini dengan mangajak para pengguna kami untuk berdonasi bagi mereka yang membutuhkan,” tutur Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar di Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Kali ini Shopee menggandeng Badan Amil Zakat (Baznas) selaku exclusive donation partner melalui inisiatif “Hidangan Berkah Ramadhan”. Program ini bertujuan mengajak pengguna agar lebih bijaksana dalam mengonsumsi makanan selama bulan Ramadhan, dengan mendonasikan sebagian rezekinya bagi masyarakat yang membutuhkan

Hidangan berkah selama Ramadan yang akan diberikan bukan hanya sekedar nasi bungkus, tapi berupa paket yang bisa dipakai kembali.

“Kami berharap lewat program ini lebih banyak penerima zakat yang dapat menikmati hidangan bergizi selama momen berbuka puasa dan sahur, yang dikemas dengan kemasan multifungsi untuk mengurangi tumpukan sampah di Jakarta selama bulan puasa,” ucap Emmy Hamidiah selalu anggota Komisioner Baznas.

Untuk memaksimalkan momen berbagi dengan tema ‘lingkungan’ selama Ramadan, Shopee juga bekerjasama dengan Parongpong, sebuah perusahaan pengelola sampah yang berbasis di Bandung.

Tujuannya untuk membangun kebiasaan positif mengelola sampah, mulai dari daur ulang pembuangan sampah di masjid yang sering jadi fokus aktivitas umat muslim seperti berbuka bersama, sahur, salat tarawih dan lain-lain.

Manfaatkan Program Amnesty, Pemerintah Pulangkan 51 Pekerja Migran dari Yordania

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 51 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) yang berasal dari Yordania akhirnya berhasil pulang ke tanah air dengan selamat pada Sabtu (20/4/2019) malam.

Proses pemulangan (repatriasi) 51 TKIB dilakukan dengan memanfaatkan program amnesty (pengampunan atas pelanggaran/kesalahan hukum) yang sedang diberlakukan pemerintah Yordania.

Pemulangan 51 PMIB ini merupakan tahap ke-3 dengan jumlah terbesar pemulangan WNI sejak dua tahun terakhir. Pada bulan sebelumnya proses repatriasi telah dilakukan dalam 2 (dua) tahap yang seluruhnya seluruhnya berjumlah 38 orang.

“Program amnesti tahun 2019 ini dimanfaatkan pemerintah untuk mempercepat proses pemulangan para pekerja migran yang bermasalah di Yordania,” kata Kasubdit Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kementerian Ketenagakerjaan, Yuli Adiratna di Jakarta pada Minggu (21/4).

Dikatakan Yuli, mayoritas peserta program ini adalah pekerja migran bermasalah yang berstatus ilegal (tidak berdokumen), yang telah berdomisili di Yordania lebih dari delapan tahun.

“Di sana masih ada sekitar 1.040 orang PMI yang menunggu program amnesty. Pemerintah melakukan berbagai upaya agar proses repatriasi berjalan lancar. Ini bentuk perlindungan bagi pekerja migran, ” kata Yuli.

Yuli mengungkapkan ke-51 PMI-B itu terbanyak berasal dari provinsi Jabar yakni 35 orang. Diantaranya dari Indramayu (9), Cirebon dan Karawang (5), Subang (4), Sukabumi dan Purwakarta (3) dan Bekasi, kabupaten Bandung, Cianjur (2).

Sepuluh pekerja migran dari provinsi Banten yakni Tangerang (8) dan Serang (2). Berikutnya dua pekerja migran masing-masing dari provinsi NTB (Sumbawa dan Lombok Tengah), Jawa Tengah (Pekalongan) dan provinsi Jawa Timur (Jember dan Banyuwangi).

Sementara itu, Dubes KBRI Amman, Andy Rachmianto mengatakan program amnesty pemerintah Yordania ini harus dimanfaatkan sebenar-benarnya, karena program ini tidak selalu ada setiap tahunnya.

“Kami menargetkan setidaknya 50% dari WNI yang berstatus illegal dapat dibantu kepulangannya,” kata Dubes Andy.

Kebijakan Amnesti ini diberlakukan selama 6 (enam) bulan, terhitung sejak tanggal 12 Desember 2018 dan akan berakhir nanti tanggal 12 Juni 2019.

Dalam rangka optimalisasi pemanfaatan program ini, KBRI Amman telah melakukan berbagai sosialisasi baik dengan pertemuan langsung, telepon, maupun melalui media sosial.

Menurut Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman, Suseno Hadi, hampir seluruh WNI yang memanfaatkan program amnesty ini adalah para pahlawan penyumbang devisa, yang seluruhnya perempuan dan telah menetap di Yordania selama belasan tahun.

Karena itu, diharapkan mereka dapat memanfaatkan program Amnesty ini untuk dapat kembali ke Indonesia. Bagi mereka yang tidak memanfaatkan program ini, denda ijin tinggalnya akan dihitung sejak masa ijin tinggal resminya habis, dengan perhitungan 1.5 Jordan Dinnar (sekitar Rp 29.500) perhari.

Setelah diumumkannya program Amnesty ini jumlah pekerja migran bermasalah yang mendaftarkan diri ke KBRI terus bertambah setiap harinya.

Dengan kebijakan Amnesty ini diharapkan dapat menjaring seluruh WNI yang bermasalah terhadap pelanggaran ijin tinggalnya di Yordania. “KBRI telah berkoordinasi dengan pihak imigrasi dan beberapa institusi pemerintah terkait agar bisa membantu kepulangan mereka ke tanah air, kata Atase Suseno.

Suasana haru tercipta saat para PMIB bertemu keluarganya yang menjemput di bandara.

“Alhamdulillah bisa pulang melalui amnesty Yordania. Jadi bisa pulang gratis dan proses kepulangannya pun sangat cepat, ” kata Altarmini (35) asal Bandung yang telah bekerja lima tahun di Yordania.

Altarmini terharu dan terisak saat anak dan orangtuanya menjemput di Bandara Soetta.

Sementara Tania (31) pekerja migran dari Cianjur mengaku senang bisa kembali ke tanah air. “Saya senang bisa kembali ke tanah air dengan cepat dan tanpa beaya. Semua hak-hak kami pun sudah dilunasi. Tak ada masalah, ” ujar Tania yang telah tujuh tahun berpisah dengan keluarganya.

(*)

UGM Resmi Tutup Program D3 dan Fokus ke Sarjana Terapan

Daftar Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) yang dibuka:

1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Mesin

2. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Internet

5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Elektro

6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

7. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

8. S.Tr. Manajemen Informasi Kesehatan

9. S.Tr. Manajemen dan Penilaian Properti

10. S.Tr. Perbankan

11. S.Tr. Akuntansi Sektor Publik

12. S.Tr. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

13. S.Tr. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

UGM menjelaskan, gelar sarjana akan disesuakan dengan bidang masing-masing. Misalnya untuk program Sarjana Terapan Di bidang teknik, maka gelar lulusannya yaitu S.Tr.T.

Bagi yang ingin melanjutkan menimba ilmu, mereka pun bisa meneruskan ke program studi Magister (S2) Terapan, baik di kampus-kampus di dalam maupun luar negeri.

Kemenhub Jalankan Program Kontainer Masuk Desa

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan inspeksi tiga kapal tol laut yang bersandar di Pelabuhan Tenau, Kupang. Inspeksi mendadak tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapan ketiga kapal tol laut tersebut sebagai bagian dari armada angkutan laut Lebaran tahun 2019.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Capt. Wisnu Handoko menjelaskan, pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan ruang penumpang, anjungan dan kamar mesin.

“Usai acara kapal KM. Kendhaga Nusantara 11 di Pelabuhan Tenau, saya melakukan inspeksi dan pemeriksaan 3 Kapal tol laut yang sedang sandar yaitu KM. Siguntang dengan Operator PT. Pelni (Persero), kapal KM. Camara Nusantara 6 dengan Operator PT. Luas Line dan KM. Sabuk Nusantara 55 dengan operator PT. Suasana Baru. Ketiga kapal ini merupakan bagian dari armada angkutan laut Lebaran 2019,” ujar Capt. Wisnu, Minggu 7 Mei 2019.

Pada kesempatan tersebut, Wisnu menyampaikan agar seluruh kapal segera dilakukan pemeliharaan rutin dan pergantian suku cadang kapal yang sudah rusak agar kapal selalu dalam kondisi laik laut dan selalu siap untuk beroperasi melayani masyarakat.

“Pada tahun ini, seluruh armada kapal yang disubsidi akan dilakukan penilaian dan evaluasi per tiga bulan untuk seluruh Armada baik operator BUMN maupun Swasta yang akan di mulai pada bulan Juni 2019, hasil  evaluasi tersebut akan dilihat dari berbagai aspek seperti kelaikan, kebersihan dan kenyamanan dimana hasil evaluasi tersebut akan menentukan untuk operator apakah tetap bisa menjadi operator pada tahun berikutnya atau tidak,” tambah Wisnu.

Dia meminta seluruh operator untuk melaksanakan pemeliharaan sesuai dengan Standar dan Prosedur yang sudah dikeluarkan oleh Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat melakukan mudik lebaran tahun 2019.

Hadir dalam inspeksi tersebut antara lain perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Para Pejabat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Tenau, Kepala Kantor Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Marapokot, Pejabat PT Pelindo III (persero) dan Direktur PT Pelangi Tunggal Ika.

Sambut Ramadan, RICMA Buka Program Donasi Berbagi 1.440 Alat Salat

Husein mengatakan, jumlah alat salat yang dikumpulkan sengaja digenapkan 1.440 buah. Hal itu merujuk pada tahun Hijriyah saat ini. Donasi tersebut masuk dalam acara besar Gema Ramadhan.

Gema Ramadhan memiliki tujuh rangkaian acara yang didominasi isu kepedulian sosial. Salah satu kegiatannya adalah RICMA FAIR. Selain itu, ada pula diskusi lintas agama, edu trip yang mengajak anak-anak sekolah untuk belajar melalui konten digital, Ramadan Art Festival, RICMA Camp, Ibadahku Ibadahmu, dan puncaknya Itikaf. 

Dalam RICMA FAIR digelar bazar baju baju bekas layak pakai pada 24 Mei 2019. Nantinya, hasil penjualan yang terkumpul akan dibelikan seperangkat alat salat dan dibagikan di setiap musala-musala yang ada di Jakarta. 

Tentu, agenda rutin saat Ramadan, seperti membagikan takjil, berbuka puasa bersama, tarawih, dan tadarus Alquran tak akan ditinggalkan. “RICMA memiliki dua rangkaian acara besar yang pertama itu Gema Ramadhan dan Ramadhan Jazz Festival,” tuturnya.

Kampanye di Gunungkidul, Sandiaga Janjikan Program 1 Kartu

Gunungkidul – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menggelar kampanye terbuka di Kabupaten Gunungkidul. Dalam kampanyenya, Sandi menyuarakan program satu kartu untuk masyarakat.

Sandiaga mengatakan, bahwa saat ini harga-harga pokok di pasaran tidak stabil sehingga membebani masyarakat. Selain itu, masalah susahnya mendapat lapangan pekerjaan menambah beban masyarakat.

Karena itu, jika Prabowo-Sandi keluar sebagai pemenang dalam pemilu tanggal 2019 akan menjamin rakyat Indonesia hidup adil dan makmur.

“Bersama Prabowo-Sandi kita stabilkan harga-harga bahan pokok, kita juga akan buka lapangan kerja seluas-luasnya, amin. Selain itu program PKH inshaallah ditingkatkan menjadi PKH plus,” ujar Sandi di hadapan ribuan pendukungnya yang memadati Lapangan Demang Wonopawiro, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Jumat (5/4/2019).

Selain itu Sandiaga juga menyoroti masalah banyaknya kartu-kartu yang digunakan masyarakat saat ini. Menurut Sandiaga, hal tersebut seharusnya disederhanakan agar masyarakat tidak bingung menggunakan banyak kartu yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan dan lainnya saat Pemerintahan Jokowi.

“Kartu Indonesia pintar kita teruskan, malah kita integrasikan ke dalam satu kartu yaitu e-KTP saja. Santri-santri juga kita jadikan santripreneur, sehingga Gunungkidul maju. Jika ingin mewujudkannya maka ingat TPS, Tusuk Prabowo Sandi tanggal 17 April besok,” katanya.

Di sela-sela kampanyenya, Sandiaga meminta masyarakat untuk naik ke atas panggung guna mendengarkan keluh kesah dan kesulitan yang dialami selama ini. Tampak seorang pria pun maju ke atas panggung dan mengeluarkan unek-uneknya.

Ketika ditanyai Sandiaga, pria tersebut mengaku bernama Suman dan kesehariannya berprofesi sebagai petani. Sesampainya di atas panggung, Suman mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk untuk keperluan pertaniannya.

“Saya bingung kok sulit mendapatkan pupuk,” ujar Suman sembari menunjukkan sebuah kartu kepada Sandiaga.

Sandiaga pun berbalik tanya terkait penggunaan kartu yang ternyata adalah Kartu Tani.

“Bisa dipakai nggak ini (kartu tani yang ditunjukkan Suman) pak?,” kata Sandi. Suman pun menimpalinya, “Tidak tahu,” ucap Suman menjawabnya.

Terkait hal tersebut, Sandiaga menyebut bahwa hal itu karena banyaknya jenis kartu yang digunakan oleh masyarakat saat ini dan terkesan tidak mengena ke masyarakat.

“Ya sudah, besok saat pemerintahan Prabowo-Sandi akan kami buat satu kartu pakai E-KTP dan menjamin kegunaannya,” pungkasnya.
(sip/sip)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Airlangga: Jokowi-Ma’ruf Adopsi Tiga Program Golkar

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimis mesin politik partainya akan bergerak maksimal di Kalimantan Selatan. Dia berharap gerak tersebut mampu mendongkrak suara 60 persen untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 17 April mendatang.

“Kita akan gerakkan segala daya upaya Golkar di Kalimantan Selatan, dengan memenangkan capres-cawapres nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin,” ucap Airlangga dalam kampanye akbar Partai Golkar di Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar pada Kamis, 4 April 2019.

Airlangga mengungkapkan, saat ini, sejumlah survei menempatkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf terus naik, termasuk di Kalsel jelang pemungutan suara. Untuk itu, Airlangga kembali mengingatkan sekaligus mengajak warga Kalsel untuk memilih Jokowi-Maruf Amin. 

“Pemilu 2014 sebelum gubernurnya dari Partai Golkar, suara Golkar terbanyak di Kalsel. Apalagi sekarang Gubernur Kalsel kader Partai Golkar. Marwah Paman Birin (Ketua DPD Golkar Kalsel) harus dibuktikan,” ujar Menteri Perindustrian ini.

Dia menjelaskan dalam periode pertama Jokowi menjabat sejumlah, pembangunan dapat dirasakan masyarakat, infrastruktur berjalan maju. Menurutnya, Jokowi memiliki visi dan misi yang pararel dengan Partai Golkar.

“Ada tiga program prioritas Partai Golkar yang sudah diadopsi Presiden Joko Widodo. Pertama, yakni Presiden Jokowi telah mengimplementasikan sembako murah lewat kartu sembako,” jelas dia.

Selain itu, pada program kedua, Partai Golkar berfokus membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

“Presiden Jokowi akan menerapkannya lewat kartu prakerja untuk mengakomodasi warga yang belum bekerja,” papar dia.

Sedangkan program selanjutnya dari Partai Golkar yakni bedah rumah dan rumah murah.

“Program-progam ini semua diadopsi oleh Presiden Jokowi yang saat ini Capres. Kita berharap semua program ini mendapat dukungan DPR dan DPRD di daerah,” tambah dia.

 

Kampanye Terbuka, Ma’ruf Amin akan Terus Sosialisasi Program Kartu Sakti

Target 60 Persen SuaraMa’ruf menargetkan perolehan suara di Sukabumi bisa mencapai 60 persen. “60 (persen) lah. Iya realistis lah ya Sukabumi dulunya kalah banyak dulu hanya 30 persen,” kata Mustasyar PBNU itu.

Untuk saat ini, Ma’ruf yakin perolehan suaranya di Sukabumi sudah mencapai 50 persen. Sementara untuk keseluruhan di Jawa Barat juga sudah di atas 50 persen.

Posisi saat ini, suara Jokowi-Ma’ruf di Sukabumi, menurutnya, berada di angka seri 50 persen. Sementara di Jawa Barat, sedikit unggul di atas 50 persen.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Isra Mi’raj di Sukabumi Jawa Barat. Dalam ceramahnya Ma’ruf memuji daerah Sukabumi yang memiliki banyak kemajuan. Menurut Ma’ruf Amin,Sukabumi harus memiliki semangat Mi’raj jangan hanya Isra

Rutan Salemba Peringati Isra Mikraj dengan Program Santri Baru

Liputan6.com, Jakarta – Pemukulan bedug pertanda dimulainya program santri baru 2019 di Rutan Salemba, Jakarta. Program ini digelar untuk memeringati Isra Mikraj.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (3/4/2019), ratusan warga binaan Rutan Salemba memanjatkan doa dan salawat, termasuk doa untuk keselamatan dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2019.

Selain doa bersama, Rutan Salemba juga memberikan hadiah pada santri atawabin yang terpilih sebagai santri tauladan tahun ini. Kepala rutan berharap program Santri Baru 2019 akan memperbaiki akhlak para warga binaan di Rutan Salemba.