Tak Percaya Mistis, Cinta Laura Ketagihan Syuting Film Horor

Liputan6.com, Jakarta – Cinta Laura membintangi film Mati Anak yang disutradarai Derby Romero. Ini pengalaman pertama Cinta bermain dalam film bergenre horor. Selama ini Cinta Laura sudah cukup sering wara-wiri membintangi film drama. Cinta Laura pun harus rela untuk mondar-mandir Amerika dan Indonesia selama menjalani proses syuting pada 2018 silam. Ia harus menjalani adegan terakhir pada Desember lalu, dan setelahnya kembali ke Amerika, mengingat kesibukannya yang cukup padat.

“Aku terakhir ke Indonesia Desember karena sampai Desember syuting Mati Anak ini. Premiere-nya akhir Maret, jadi baru dua bulan aku enggak di Indonesia,” ujar gadis berusia 25 tahun itu ketika ditemui di bilangan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

Cinta Laura mengaku dirinya bukanlah tipe yang percaya pada hal-hal mistis. Namun bukan berarti syuting film horor jadi membosankan baginya. Malah sebaliknya, Ia mendapatkan sebuah tantangan baru di film ini.

“Sejujurnya aku kurang percaya sama yang mistik-mistik. Tapi ternyata asyik banget syuting horor. Yang aku suka dari film ini hantunya enggak kuntilanak saja, ada figur mistik yang jarang kita lihat di horor lain. Bisa dibilang ada anak kecil yang creepy. Bisa dibilang yang main di film ini anak-anak dan mereka enggak rese dan talented. Jadi aku merasa beruntung karena enggak mengurusi anak-anak yang rese. Mereka nice dan profesional,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Sifat Berbeda

Dalam film Mati Anak, Cinta mendapatkan peran sebagai gadis bernama Ina. Pelantun “Guardian Angel” ini menyebut tokoh yang diperankannya memiliki sifat yang jauh berbeda dari sosok aslinya di dunia nyata. Dan tentunya hal itu jadi sebuah tantangan tersendiri bagi Cinta.

3 dari 3 halaman

Kerja dengan Derby

“Mungkin waktu aku ngerjain film ini bisa dibilang karakter aku yang namanya Ina sedikit jadi challenge buat aku, karena aku aslinya kan orangnya sangat penuh opini, straight power dan sangat berani. Tapi karakter aku di film ini sedikit pemalu, sedikit naif dan juga apa ya, pokoknya innocent,” tuturnya.

“Jadi aku harus belajar benar pura-pura jadi orang yang naif dan enggak terlalu mengerti soal dunia ini. Mungkin karena Derby yang jadi sutradaranya jadi lebih gampang untuk dalami karakter aku, karena dia orangnya easy going banget and he is so pleasant to work with. Enggak susah sih, enggak susah saja,” ia menandaskan. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

Solskjaer Akan Kembali Mainkan Wonderkid MU

Jakarta Manajer interim Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, mengisyaratkan bakal kembali memainkan wonderkid James Garner. Sebab, Setan Merah sedang mengalami krisis gelandang. 

Garner menjadi debut sebagai pemain profesional saat MU menang 3-1 atas Crystal Palace, Rabu (27/2/2019). Pemain berusia 17 tahun itu masuk menggantikan Fred pada menit ke-89.

“Kami telah menantikan kesempatan memainkan Garner. Tentu saja, cedera Nemanja Matic dan Ander Herrera membuat peluang Garner bermain lebih besar,” kata Solskjaer.

“Akan tetapi, dia berpotensi menjadi gelandang tengah hebat. Kita akan melihatnya kembali bermain. Kami mungkin akan memainkannya saat melawan Southampton pada akhir pekan ini,” lanjut Solskjaer.

Sejak ditangani Solskjaer, MU telah memberikan debut profesional kepada dua pemain. Selain Garner, sebelumnya Tahith Chong juga menjalani debut ketika melawan Reading di Piala FA, awal Januari 2019.

“Kami adalah Manchester United. Kami memiliki skuad berkualitas dan akan terus memunculkan pemain. Setiap tim di liga pasti akan menghadapi masalah cedera pada periode krusial seperti sekarang,” ujar Solskjaer.

Sumber: manutd.com

11 Anggotanya Jadi Tersangka Ricuh Harlah NU, Ini Kata FPI

11 Anggotanya Jadi Tersangka Ricuh Harlah NU, Ini Kata FPI Munarman (Foto: dok. detikcom)

Jakarta – Sebelas anggota Front Pembela Islam (FPI) ditetapkan sebagai tersangka terkait kerusuhan saat tablig akbar dan peringatan Harlah NU ke-93 di Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut). Kuasa hukum FPI, Munarman, mengatakan ada beberapa hal yang memicu kerusuhan tersebut.

“Berdasarkan informasi dari lapangan, peristiwa tersebut bermula dari, satu, ada kegiatan kampanye terselubung dengan pembagian sembako dan pesan mengajak memilih pasangan tertentu,” kata Munarman lewat keterangannya, Kamis (28/2/2019).

“Dua, isi ceramah dari salah satu penceramah yang mengkampanyekan paslon petahana memfitnah kelompok lain sebagai radikal intoleran dan berbahaya, meng-ghibah orang, mendukung pembakaran bendera tauhid, berselawat dengan nada dangdut, dan lain sebagainya,” sambungnya.


Munarman mengatakan hal itu membuat masyarakat gerah atas kegiatan kampanye terselubung yang disampaikan salah satu penceramah. Hingga akhirnya datang sejumlah orang ke acara NU tersebut.

Kerusuhan pun pecah dan polisi mengamankan beberapa orang dari lokasi. Munarman menganggap lucu saat orang yang ditangkap langsung dikaitkan dengan FPI.

“Kegerahan dan protes dari masyarakat justru direspons oleh aparat keamanan dengan melakukan tindakan penangkapan. Yang paling lucu, penangkapan tersebut langsung dikaitkan dengan FPI dan dipropagandakan serta di-labeling ke organisasi FPI. Padahal kehadiran mereka yang ditangkap tersebut adalah murni sebagai masyarakat dan umat Islam. Bukan kegiatan organisasi,” ujar dia.

Munarman mengatakan tim advokasi FPI Sumut sedang menginvestigasi lebih lengkap peristiwa tersebut. Munarman meminta FPI tak dikaitkan dengan peristiwa tersebut. Dia berharap hukum dijalankan secara berkeadilan.

“Kami ingatkan kepada seluruh pihak, agar jangan terus-terusan melakukan labeling dan framing terhadap FPI. Perbuatan pidana adalah perbuatan yang bersifat individual, bukan perbuatan organize crime. Dan kami serukan agar aparat hukum bersikap profesional dalam menegakkan hukum yang berkeadilan. Bukan sekadar law enforcement but without justice and without equity,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, tablig akbar, doa bersama, dan peringatan Harlah NU ke-93 digelar di Lapangan Sri Mersing, Tebing Tinggi, pada Rabu (27/2) pukul 09.00 WIB. Sekitar pukul 11.44 WIB, sejumlah orang masuk ke dalam lokasi dan meminta acara dibubarkan karena dianggap sesat.

Massa FPI datang mengenakan baju bertuliskan tagar 2019 ganti presiden. Mereka juga meneriakkan ‘2019 ganti presiden’. Aparat yang bertugas di lokasi sempat mengingatkan bahwa acara itu merupakan tablig akbar dan HUT NU. Massa juga diminta tidak membuat gaduh dan keributan.

Polisi awalnya menangkap delapan orang yang diduga terlibat dalam keributan. Kasus ini dikembangkan dan tiga orang lain ditangkap.

“Jadi seluruhnya 11 orang, dari hasil gelar perkara terpenuhi unsur pidananya, kemudian ditingkatkan menjadi tersangka. Hari ini dikeluarkan sprin (surat perintah) penahanan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja saat dihubungi detikcom, Kamis (28/2).
(jbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

MU Tekuk Palace, Solskjaer Temukan Penerus Carrick

Liputan6.com, Jakarta – Kemenangan Manchester United (MU) atas Crystal Palace, Kamis dini hari WIB (28/2/2019) jadi panggung bagi James Garner. Tampil untuk pertama kali bersama Setan Merah, pemain berusia 17 tahun tersebut berhasil mencuri perhatian sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer.

Debut Garner bersama MU tidak berlangsung lama. Dia baru masuk pada menit ke-89 saat Setan Merah sudah unggul 3-1 pada pertandingan yang berlangsung di Selhurst Park itu. 

Garner masuk menggantikan posisi Fred. Meski hanya beberapa menit di lapangan, Garner ternyata mampu membuat Solskjaer terkesima. Pelatih asal Norwegia itu bahkan tidak ragu membandingkannya dengan salah satu gelandang terbaik Setan Merah di era modern. 

“Saya percaya dia punya kesempatan untuk masa depan yang hebat,” kata Solskjaer dilansir Dailymail.co.uk. “Tentu kami masih terus bekerja, dia tahu kami percaya kepadanya.”

“Kami yakin dia bakal jadi penerus Michael Carrick. Saya tahu dia masih muda, dan saya tahu tidak adil membandingkan anak-anak dengan pemain hebat seperti Michael, tapi dia punya watak yang sama,” beber mantan penyerang MU tersebut menambahkan. 

2 dari 3 halaman

Bermain Simpel

Garner bukan wajah yang familiar di skuat MU. Dia baru menandantangani kontrak profesional bersama MU pada 23 Mei 2018. Sebelum menjalani debutnya melawan Palace, Garner sebernarnya sudah dua kali dipanggil ke skuat utama, yakni melawan Reading dan Valencia di awal musim ini. Namun saat itu, Garner hanya berada bangku cadangan. 

Garner kembali dipanggil setelah MU diterpa badai cedera. Pria kelahiran Birkenhead itu masuk skuat inti bersama beberapa pemain muda lainnya, Tahith Chong dan Angel Gomes. 

Ada beberapa yang menurut Solskjaer membuat Garner mirip Carrick yang kini menjadi bagian dari staf pelatih Setan Merah. “Dia bisa melihat permainan, dia bermain simpel, dia bermain menyusuri garis, di mana saya pikir Scott McTominay juga tampil baik hari ini.”

“Beberapa umpan menyusur garis kepada Paul (Pogba) sangat luar biasa,” bebernya. 

3 dari 3 halaman

Berpekuang Tampil Lawan Southampton

Penampilan gemilang melawan Palace bukan tidak mungkin bakal membuka peluang Garner kembali ke skuat inti MU saat menjamu Southampton di Old Trafford, Sabtu (2/3/2019). 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Liga Inggris: Transfer Jadon Sancho, Manchester City Diduga Langgar Aturan

Jakarta – Juara bertahan Liga Inggris Manchester City kembali bermasalah dengan hukum. Mereka diselidiki FA atas dugaan transfer ilegar Jadon Sancho.

Padq 2015, juara Liga Inggris lima kali itu mendatangkan Sancho dari Watford. Pemain yang kini berseragam Borussia Dortmund tersebut masih berusia 14 tahun ketika pindah ke Etihad.

Kabar yang berkembang, media Jerman, Der Spiegel, menemukan bukti laporan Manchester City membayar agen Sancho, Emeka Obasi, sebesar 200 ribu poundsterling. Menurut peraturan, pemain di bawah usia 16 tahun tidak diperbolehkan memiliki agen.

Dugaan tersebut membuat Manchester City kesal. Melalui keterangan resmi, The Citizens merasa ada pihak yang dengan sengaja mencuri berkas-berkas rahasia tim.

“Ada upaya merusak reputasi klub. Kami tidak akan memberikan komentar apapun tentang materi di luar konteks yang diduga dicuri ataupun diretas dari City Football Group dan personel Manchester City serta orang-orang terkait,” sebut pernyataan Manchester City.

Selain itu, ada juga dugaan Manchester City memanipulasi peraturan Financial Fair Play (FFP) yang dibuat UEFA. Ada indikasi Manchester City menjanjikan bayaran kepada orang tua Sancho begitu sang pemain resmi menjadi pemain profesional.

Saat ini, Sancho bukan lagi menjadi pemain Manchester City. Dia dibeli Borussia Dortmund pada 2017 dan tidak pernah bermain di Liga Inggris.


Sumber: Bola.com

JK Ingin Mahasiswa Perbankan Kuasai Ilmu Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka seminar nasional perbanas institut (SNAP) 2019 dengan tema ‘Rethinking Of Busines Model in The Innovation Era: A Consequen of Industri 4.0’ di Institut Perbanas, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Dalam sambutannya JK menyarankan mahasiswa perbankan agar menguasai Teknologi Informasi (TI).

“Apabila kita bicara bank, baik pada pelaksana atau profesional atau mahasiswa di bidang perbankan, maka tanpa pengetahuan tentang IT maka bank itu akan ditinggalkan,” kata JK di Institut Perbanas, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019). 

Dia menjelaskan dulu perbankan hanya menganut sistem kepercayaan. Kini harus ditambah, dengan bisnis teknologi.

“Jadi dunia perbankan, kalau duKarena bukan lagi bisnis kepercayaan melulu, tapi orang berpikir kalau kita mau kirim uang, dulu hitungannya hari, kemudian jam, sekarang detik,” ucap Politikus Partai Golkar itu.

 

2 dari 2 halaman

Semua Hal Ingin Cepat

Menurutnya masyarakat saat ini menginginkan semuanya serba cepat dalam hal apapun. Semua yang serba cepat itu, menurut JK, bisa direalisasikan bila generasi muda saat ini menguasai teknologi.

“Karena itulah maka apabila kita berpikir kembali, rethinking dari bussiness model dalam era inovasi ini ialah sebenarnya terjadi,” ungkap JK. 

Tidak hanya di perbankan, di dunia usaha penggunaan Teknologi informasi juga harus dikedepankan agar tidak tertinggal dari negara lain.

“Siapa yang tidak punya teknologi dia akan tersingkir dari pasar. Dan tidak semua bisa, jadi akhirnya memang seperti didunia ini maka terjadilah suatu sistim yang lebih monopolistik,” kata Jusuf Kalla.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Polri: Penghentian Kasus Slamet Ma’arif Sesuai Prosedur

Liputan6.com, Jakarta – Polri memastikan penghentian kasus dugaan pelanggaran kampanye yang menyeret Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif sesuai prosedur. Polri juga memastikan tak ada nuansa politik pada penghentian kasus tersebut.

“Enggak ada (nuansa politik). Polisi profesional dalam proses penyidikan. Itu menyangkut integritas penyidik juga,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dedi menegaskan, penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus Slamet dilakukan sesuai fakta hukum yang ditemukan.

“Artinya fakta-fakta hukum yang secara komprehensif dengan prespektif bukan hanya dari sudut pandang polisi, tapi dari saksi ahli, dan dari pihak lain yang memiliki kompetensi untuk menilai suatu peristiwa itu,” tuturnya.

Bukan itu saja, gelar perkara yang memutuskan penghentian kasus Slamet Ma’arif juga dihadiri oleh unsur dari Bawaslu dan Kejaksaan sebagai kesatuan di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang menangani pelanggaran Pemilu. Sehingga keputusan tersebut tidak dilakukan oleh kepolisian secara sepihak.

“Gelar perkara kan diundang, jadi gelar perkara semua terkait dalam rangka memutuskan apa yang menjadi rekomendasi dalam gelar itu, dan itu hasilnya (dihentikan),” ucap Dedi.

2 dari 2 halaman

Kasus Pidana Pemilu

Sebelumnya, Slamet Ma’arif dinyatakan bebas dari jerat hukum terkait kasus pidana pemilu yang ditangani Polresta Surakarta. Kasus dugaan pelanggaran kampanye yang menyeretnya resmi dihentikan polisi.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Tri Atmaja, ada tiga hal mendasari penghentian kasus ini.

Pertama dari penafsiran makna kampanye yang berbeda-beda dari para ahli pidana dan KPU. Karenanya, polisi tidak bisa melimpahkannya ke kejaksaan.Kedua, yakni unsur niat atau mens rea belum bisa dibuktikan.

Hal ini berkait dengan ketidakhadiran Slamet Ma’arif menjalani proses pemeriksaan yang hanya bertenggat waktu 14 hari. Ketiga, hal-hal tersebut sudah disepakati dengan Sentra Gakkumdu secara bersama.


Sakasikan Video Pilihan Berikut Ini:

Bandingkan Xi Jinping dengan Winnie the Pooh, Gim Taiwan Picu Kemarahan di China

Jakarta

Perusahaan Taiwan harus menarik gim yang baru mereka rilis dari kawasan China daratan, setelah para gamers menyadari adanya referensi yang nyaris tersembunyi yang “berisi ejekan terhadap Presiden Cina Xi Jinping”, termasuk membandingkannya dengan sosok Winnie the Pooh.

Red Candle Games merilis Devotion, gim horor berlatar Taiwan tahun 1980-an, dalam platform gim Steam pada 19 Februari lalu.

Gim tersebut dengan cepat menjadi viral setelah para pemain menemukan apa yang mereka sebut “telur paskah” dan menyebarluaskannya.

Meski demikian, perbincangan online terkait hal itu kini telah disensor.

“Telur paskah” adalah pesan tersembunyi alias lelucon dalam gim komputer, biasanya ditemukan oleh beberapa pemain yang memerhatikan dengan seksama detil suatu gim.

Red Candle Game telah meminta maaf, dan mengatakan akan mengembalikan uang kepada pemain yang merasa tersinggung.

Taiwan adalah sebuah pulau yang secara de facto merdeka, namun Cina melihat Taiwan sebagai provinsi yang memberontak, dan memaksa agar negara-negara lain tak menjalin hubungan diplomatik dengan mereka.

Presiden Taiwan saat ini telah berselisih paham dengan Beijing tentang masa depan politik negara tersebut. Bulan Januari lalu, Xi Jinping menyatakan bahwa Taiwan “harus dan akan” kembali bersatu dengan Cina.

Pesan tersembunyi

Salah satu telur paskah di gim Devotion adalah sebuah poster berisi tulisan “Xi Jinping” yang bersebelahan dengan tulisan “Winnie the Pooh”, dalam gaya penulisan kuno.

Winnie the Pooh telah disensor di mesin pencari dan media sosial di Cina sejak tahun 2017, setelah para blogger mulai membandingkan Xi Jinping dengan karakter buku cerita anak-anak tersebut.

Gamers juga menemukan sebuah koran tua dalam gim Devotion yang merujuk pada seseorang yang pernah dipenjara, dengan nama panggilan “baozi” alias “roti kukus”.

“Roti kukus” alias “steamed bun” merupakan istilah sensitif lainnya di Cina, setelah pengguna media social menggunakannya untuk merujuk pada sang presiden dan menghindari sensor pemerintah.

“Sangat tidak profesional”

Red Candle Games memastikan bahwa gim Devotion telah dihapus dari platform Steam China pada tanggal 23 Februari lalu, dan mereka pun mengungkapkan permohonan maaf dan mengatakan bahwa poster dengan referensi Winnie the Pooh tersebut masuk ke dalam gim tersebut tanpa sengaja akibat adanya masalah teknis.

Mereka menyatakan bahwa mereka menyadari beberapa gamers merasa tersinggung akibat gambar tersebut, dan mengatakan bahwa mereka telah menghubungi Steam untuk memastikan bahwa para pemain yang merasa tersinggung dapat mendapatkan kembali uang pembelian gim yang mereka keluarkan.

“Seluruh tim Red Candle Games bertanggungjawab atas kesalahan buruk yang tak profesional ini,” ujar mereka dalam sebuah pernyataan hari Senin kemarin. “Bukan visi Red Candle untuk secara diam-diam menyebarluaskan ideologi yang lebih luas, maupun untuk menyerang seseorang di dunia nyata.

“Kami dengan tulus berharap bahwa hal ini diakhiri oleh Red Candle, dan tolong jangan melampiaskannya kepada rekan-rekan kami yang tidak tahu apa-apa.”

Wakil Perdana Menteri Taiwan Chen Chi-mai memuji gim tersebut dengan mengatakan “hanya di negara-negara demokratis dan merdeka saja suatu karya dapat terbebas dari berbagai larangan.”

Lembaga sensor online Cina, sementara itu, mencoba menghapus referensi-referensi dan pesan tersembunyi dari gim tersebut.

Hasil pencarian kata “Red Candles Game” dan “Devotion” di mesin pencari Cina, Weibo, tak menunjukkan apapun.

What’s On Weibo, yang melacak konten dalam situs, menyatakan bahwa sepanjang akhir pekan, unggahan berisi tanda pagar #Devotion mendapat ratusan juta tinjauan.

Namun pada hari Senin, pencarian tagar #Devotion hanya menampilkan empat hasil, di mana tak satu pun berhubungan dengan gim tersebut.

Unggahan yang menyebut judul gim tersebut dalam bahasa Inggris, yang kerap luput dari penyensoran lembaga sensor online Cina, menunjukkan bahwa pengguna internet yang berada di Cina menerima pesan dari Steam yang menyatakan bahwa gim tersebut tak lagi tersedia untuk dimainkan di negara tersebut.

Sementara itu, akun Red Candle dalam platform serupa Twitter versi Cina, Sina Weibo, telah ditangguhkan, untuk mencegah perusahaan tersebut mempublikasikan gim itu di kawasan Cina daratan.

Di Taiwan, di mana media sosial tidak diatur oleh pemerintah, ribuan pengguna media sosial berkelakar tentang ‘telur paskah’ tersebut.

Beberapa pengguna Facebook mengunggah foto dan gambar bergerak (GIF) karakter Winnie the Pooh, sementara yang lainnya mencetak poster yang dipermasalahkan tersebut.

Bermaingim di Cina

Kejadian di atas memunculkan pertanyaan apakah Steam akan menjadi platform online asing terbaru yang akan diblok di Cina daratan.

Secara teknis, Steam belum mendapatkan ijin resmi untuk beroperasi di Cina daratan, tetapi masih tetap dapat diakses. Sekitar 30 juta orang menggunakan platform itu di Cina.

Platform itu mengijinkan pengguna asal Cina untuk mengunduh dan memainkan gim yang belum mendapatkan otorisasi resmi.

Selama satu dekade terakhir, pemerintah telah melarang sejumlah gim yang kontennya dinilai kental unsur kekerasan atau anti-Cina.

Meski demikian, banyak gim rilisan terbaru yang belum berhasil menembus pasar Cina karena banyaknya gim yang menumpuk bertahun-tahun dan belum dipelajari oleh pihak regulator lokal.

Pejabat regulator media setempat juga baru mengumumkan bahwa mereka untuk sementara tak akan memberikan lisensi baru kepada perusahaan-perusahaan gim hingga tumpukan gim yang belum dipelajari tadi selesai diperiksa.

Alhasil, gim-gim populer seperti PlayerUnknowns’s Battlegrounds dan Fortnite, di mana keduanya dirilis sejak 2017 lalu, masih belum mendapat otorisasi di Cina.


(rna/rna)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bek PSG Berencana Balik Lagi ke Valencia

Liputan6.com, Jakarta Bek Paris Saint-Germain (PSG) Juan Bernat mengaku bahwa suatu hari ia ingin kembali ke klub masa kecilnya Valencia.

Seperti diketahui, pemain berusia 25 tahun itu meninggalkan Valencia ke Bayern Munchen pada musim panas 2014. Setelah itu ia bergabung dengan PSG musim panas lalu.

Valencia adalah klub hatiku – tempat aku tumbuh, tempat aku berkembang,” kata Bernat kepada Movistar, seperti dikutip ESPN.

“Lebih baik bagi saya untuk meninggalkan dan untuk meningkatkan karier saya di tempat lain dan saya seorang profesional yang telah menikmati peluang dan potensi luar biasa.

“Saya tidak bisa mengatakan tanggal, tetapi suatu hari saya ingin kembali ke Valencia dan memenangkan trofi bersama klub.”

2 dari 3 halaman

Kontrak 3 Tahun

Bernat sudah mencetak tiga gol dari 74 penampilan tim utama di Mestalla. Bek kiri asal Spanyol itu didatangkan PSG dengan transfer 15 juta euro (Rp 256 miliar).

Bernat mendapatkan kontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2021.

3 dari 3 halaman

Pemain Berpengalaman

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, saat itu mengaku senang dengan kedatangan Bernat. Ia menilai pengalaman yang dimiliki pemain berusia 25 tahun akan berguna buat tim mengarungi persaingan di Ligue 1 dan Liga Champions.

“Juan pemain berpengalaman, pernah bermain di dua klub besar Eropa, dan dia merupakan penggawa timnas Spanyol,” kata Al-Khelaifi.

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Mulailah Hidup Sehat dari Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian mengungkapkan bahwa semua orang berpotensi terkena penyakit jantung. Berdasarkan data WHO, penyakit kardiovaskuler merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahun. Dari total angka kematian ini, lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke.

Kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta jiwa pada tahun 2030.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja. Tugasnya adalah memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Tiap menitnya, jantung berdetak 60 hingga 100 kali pada keadaan normal. Karena tugas berat inilah, perlu perawatan yang tepat untuk jantung agar dapat terhindar dari penyakit jantung.

Berikut cara mencegah penyakit jantung yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Pilih Pola Makan Sehat

Cara mencegah penyakit jantung ini adalah langkah paling dasar. Makanan yang kamu konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium.

Sebagai bagian dari diet sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, gandum utuh yang kaya serat, ikan (setidaknya dua kali seminggu), kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. Cara mencegah penyakit jantung usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging. Pilih produk olahan susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika kamu memilih untuk makan daging, pilihlah yang paling sedikit mengandung lemak.

2. Aktif Bergerak

Cara mencegah penyakit jantung bisa secara perlahan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat setidaknya 150 menit atau 2,5 jam setiap minggu atau 1 jam 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi seperti lari dan jogging atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Cara mencegah penyakit jantung sebagai tambahan, kamu bisa melakukan latihan menguatkan otot baik itu di bagian kaki, pinggul, punggung, perut, pundak, dan lengan selama dua hari atau lebih. Anak-anak setidaknya harus aktif bergerak 60 menit per hari untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

3. Stop Merokok/Hindari Asap Rokok

Zat kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat memicu pengerasan pada arteri jantung, sehingga aliran darah menuju jantung jadi tidak lancar. Terhambatnya asupan nutrisi dan oksigen yang dibawa darah yang dibutuhkan jantung membuat jantung mengalami kematian sel hingga akhirnya memicu serangan jantung. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk perokok aktif, tapi juga perokok pasif.

3 dari 5 halaman

Cegah Penyakit Jantung

4. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas atau berat badan berlebih jangan sampai dianggap remeh. Orang dengan obesitas cenderung memiliki kadar LDL kolestrol yang tinggi. Terlalu banyak kolestrol yang menyumbat arteri atau aterosklerosis, dapat juga menyebabkan serangan jantung.

5. Hindari Stres

Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Cara mencegah penyakit jantung, kamu harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stressmu sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Cara mencegah penyakit jantung juga dapat dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres yang kamu alami.

6. Rutin cek tensi dan kolesterol

Rutin mengecek tekanan darah dan kolesterol setiap hari dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Saat angka sistolik (angka atas) kamu berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya kamu memiliki “prehipertensi”. Sementara untuk kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl. Biasanya kolesterolmu dinilai tinggi kalau sudah mencapai angka 240 mg/dl atau lebih.

7. Batasi alkohol

Cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Bagi wanita, batasi asupan alkohol tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Sementara bagi pria, batasi asupan alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari.

4 dari 5 halaman

Faktor-faktor Tingkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluangmu terkena penyakit jantung di antaranya:

1. Usia.

Penuaan meningkatkan risiko arteri yang rusak ataupun menyempit, serta otot jantung yang melemah atau menebal.

2. Jenis kelamin.

Pria berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Namun, risiko wanita terkena penyakit ini juga cenderung akan meningkat setelah menopause.

3. Riwayat keluarga.

Jika ayah ataupun ibumu terkena penyakit ini, risiko kamu untuk terkena penyakit yang sama juga akan meningkat. Terutama jika orang tuamu terkena penyakit ini pada usia dini (sebelum usia 55 tahun).

4. Merokok.

Nikotin dan karbon monoksida yang terkandung pada rokok merupakan musuh pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

5. Obat kemoterapi dan terapi radiasi tertentu.

Beberapa obat kemoterapi dan terapi radiasi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

6. Diet yang buruk.

Diet yang tinggi lemak, gram, gula, dan kolesterol akan meningkatkan risiko kamu terkena penyakit ini di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Faktor Terkena Penyakit Jantung

7. Tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan ataupun penebalan arteri serta menyempitkan pembuluh darahmu.

8. Kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol tinggi dalam darahmu dapat meningkatkan risiko pembentukan plak dan atherosclerosis.

9. Obesitas.

Kegemukan merupakan penyebab berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular.

10. Diabetes.

Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sama halnya dengan penyakit hipertensi dan obesitas.

11. Malas olahraga.

Minimnya aktivitas fisik juga dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit kardiosvakular dan beberapa faktor risiko lainnya juga.

12. Stres.

Stres yang tidak terkontrol dapat merusak arterimu sehingga meningkatkan kamu terkena penyakit ini.

13. Tidak menjaga kebersihan.

Melupakan kebiasaan cuci tangan dan tidak menjaga kebersihan secara keseluruhan meningkatkan infeksi virus dan bakteri yang dapat mempengaruhi jantung.