Mobil DFSK Produksi Cikande Mulai Diekspor Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta – PT Sokonindo Automobile (DFSK) Indonesia mulai menargetkan penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Tidak main-main, pabrikan asal Cina ini berharap mampu menjual 12 ribu unit kendaraannya tahun ini, dengan mengandalkan berbagai model andalannya, seperti Glory 580 dan Glory 560.

Dijelaskan Managing Director of Sales Centre of PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, target tersebut cukup realistis dengan ditunjang pertumbuhan pasar otomotif per tahunnya yang berada di kisaran lima persen.

“Sejumlah langkah sudah dipersiapkan untuk mencapai target tersebut, mulai dari menghadirkan kendaraan-kendaraan berkualitas yang andal, jaringan yang luas mencakup diberbagai daerah seluruh Indonesia, sampai ekspor ke Asia,” jelas Franz Wang melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (15/4/2019).

Selain penjualan di dalam negeri, tahun ini DFSK juga sudah mempersiapkan unttuk menjual kendaraan ke pasar Asia lainnya.

Mengingat pabrik yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten memiliki kapasitas produksi maksimal 50 ribu unit per tahun.

Fasilitas ini sedari awal memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan produksi di dalam negeri, dan menjadi basis produksi untuk pasar Asia.

OPEC Pertimbangkan Naikkan Produksi Bikin Harga Minyak Tergelincir

Harga minyak berjangka menguat lebih dari satu persen usai data Amerika Serikat (AS) menunjukkan persediaan bensin yang merosot. Ini kalahkan kenaikan persediaan minyak mentah ke posisi tertinggi dalam 17 bulan.

Selain itu, laporan OPEC menunjukkan pengetatan lebih lanjut dari pasokan minyak mentah Venezuela. Harga minyak berjangka Brent menguat USD 1,12 atau 1,59 persen ke posisi USD 71,73 per barel usai capai level tertinggi dalam lima bulan di posisi USD 71,78 per barel.

Harga minyak berjangka West Texas Intermediate (WTI) menguat 63 sen atau 0,98 persen ke posisi USD 64,61 per barel. Harga minyak ini di bawah level terkuatnya sejak pertengahan November.

“Pada akhirnya, penarikan stok bensin yang besar lebih penting bagi pasar dari pada peningkatan stok minyak mentah karena saya pikir minyak mentah dapat mudah berbalik pekan depan,” ujar Presiden Direktur Ritterbusch and Associates, Jim Ritterbusch, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (11/4/2019).

Stok minyak mentah AS pada pekan lalu naik ke level tertinggi sejak November 2017 seiring impor tumbuh.

Sementara itu, persediaan bensin mencatat penurunan tertajam sejak September 2017. Hal itu berdasarkan data the Energy Information Administration (EIA).

Persediaan minyak mentah membengkak 7 juta barel pada pekan lalu. Angka ini melampaui perkiraan untuk kenaikan 2,3 juta barel. Stok bensin turun 7,7 juta barel, lebih dari tiga kali lipat dari yang diperkirakan analis turun 2 juta barel.

“Meski kenaikan persediaan minyak mentah hampir sama dalam ukuran, fokus saat memasuki puncak musim panan yaitu bensin,” ujar Partner Again Capital LLC, John Kilduff.

Boeing Pangkas Produksi 737 Jadi 42 Pesawat per Bulan, Sebelumnya 52

Washington – Raksasa penerbangan Amerika Serikat, Boeing mengumumkan akan memangkas jadwal produksi pesawat 737-nya menyusul tragedi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air, yang mendorong penghentian global penerbangan Boeing 737 MAX.

Boeing berencana mengurangi produksi model 737 menjadi 42 unit pesawat per bulan, dari sebelumnya 52 pesawat per bulan. Pengurangan produksi ini akan dimulai pada pertengahan April ini.

CEO Boeing, Dennis Muilenburg menyebut pemangkasan produksi ini bersifat sementara dan tidak akan mempengaruhi tingkat pekerjaan saat ini untuk 737 dan program terkait.

“Kami berkoordinasi erat dengan pelanggan kami di saat kami bekerja sesuai rencana untuk mengurangi dampak penyesuaian ini,” kata Muilenburg dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (6/4/2019).

“Kami juga akan bekerja secara langsung dengan para pemasok mengenai rencana produksi mereka untuk meminimalisir gangguan operasional dan dampak keuangan dari perubahan tingkat produksi,” imbuhnya.

Boeing terus memproduksi pesawat 737 sejak tragedi jatuhnya Ethiopian Airlines pada Maret lalu yang menewaskan 157 orang dan tragedi Lion Air yang menewaskan 189 orang pada Oktober 2018 lalu.

Meski mengakui peran sistem anti-stall atau MCAS dalam tragedi jatuhnya Ethiopian Airlines dan Lion Air, Boeing menegaskan pesawat jenis 737 MAX 8 memiliki ‘keamanan mendasar’. Boeing berjanji mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan 737 MAX 8 memiliki kelaikan terbang.

Laporan awal yang dirilis otoritas Ethiopia pada Kamis (4/4) menempatkan Boeing di bawah tekanan lebih besar. Laporan itu mengungkapkan bahwa pilot Ethiopian Airlines ET 302 berjuang melawan sistem anti-stall yang terus-menerus memposisikan hidung pesawat ke bawah saat mengudara.

Sistem anti-stall, yang juga disebut sebagai Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS), dirancang untuk secara otomatis menurunkan hidung pesawat jika sistem mendeteksi adanya posisi stall atau berkurangnya kecepatan di udara. Menurut laporan otoritas Ethiopia, sebuah sensor yang mengalami malfungsi dalam penerbangan Ethiopian Airlines bulan lalu, telah mengirimkan data yang tidak benar kepada sistem kontrol penerbangan pada pesawat jenis 737 MAX 8 itu.

“Kami tetap yakin pada keselamatan mendasar 737 MAX,” tegas Muilenburg, dalam pernyataannya merespons laporan otoritas Ethiopia, seperti dilansir AFP, Jumat (5/4/2019).

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dicekal Banyak Negara, Boeing Pangkas Produksi 737 MAX

Pengacara korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 mendesak The Boeing Company, produsen pesawat Boeing 737 MAX 8 yang jatuh pada pada Oktober 2018 segera melunasi klaim yang diajukan para korban. Menurut para pengacara, tidak ada alasan lagi bagi produsen pesawat terbang Amerika Serikat tersebut untuk tidak membayarkan klaim.

Brian Kabateck, pengacara terkemuka Amerika Serikat dan salah satu pengacara pertama yang mengajukan tuntutan menyatakan, sudah saatnya Boeing melangkah lebih jauh dari sekadar berbicara dan permintaan maaf.

“Boeing perlu segera menyelesaikan klaim terhadap mereka, oleh keluarga yang terluka yang tidak dapat diperbaiki dan orang-orang terkasih yang kehilangan ibu, ayah, putri mereka dengan cara yang paling mengerikan. Boeing harus bekerja dengan semua yang terlibat untuk menyelesaikan masalah ini sekarang,” kata Kabateck melalui keterangan resmi yang diperoleh Liputan6.com, Jumat, 5 April 2019.

Pernyataan Kabateck menanggapi surat Chief Executive Boeing, Dennis Muilenburg yang berisi pernyataan dan belasungkawa pada hari Kamis (4/4) waktu setempat untuk 346 orang yang meninggal dalam kecelakaan Boeing 737 MAX 8 di Indonesia dan Ethiopia.

Boeing untuk pertama kalinya mengakui peran sistem anti-stall pada Boeing 737 MAX 8 dalam dua tragedi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air.

Muilenburg menyampaikan pengakuan ini menanggapi laporan awal tragedi Ethiopian Airlines yang dirilis otoritas Ethiopia. Dalam laporan itu, para penyidik Ethiopia mendapati bahwa sebuah sensor yang mengalami malfungsi dalam penerbangan Ethiopian Airlines bulan lalu, telah mengirimkan data tidak benar kepada sistem kontrol penerbangan pada pesawat jenis 737 MAX 8 itu.

Sanjiv Singh, penasihat utama Kabateck dalam kasus gugatan korban Lion Air terhadap Boeing di AS menegaskan, perkembangan ini belum pernah terjadi sebelumnya dan membuat sejarah dalam litigasi bencana penerbangan. 

Menurut dia, CEO Boeing telah mengakui tanggung jawabnya sebelum kesimpulan investigasi pemerintah. Oleh karenanya, keluarga di Indonesia dan Ethiopia harus diberi kompensasi sekarang oleh Boeing dan perusahaan itu harus bertanggung jawab.

Produksi Siap Jual Migas Capai 1,81 Juta Barel pada Kuartal I 2019

Liputan6.com, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan, pencapaian lifting migas sebesar 1,814 juta barel setara minyak (Barrel Equivalen per Day /BOEP) selama kuartal I 2019.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher mengatakan, pencapaian produsi migas siap jual  atau lifting migas sebanyak 1,814 juta BOEPD, terdiri dari lifting minyak dan kondensat sebesar 745 ribu bph (barel per hari) atau 96,1 persen dari target APBN 2019 sebesar 775 ribu bph dan gas sebesar 1,069 ribu BOEPD atau 93,8 persenn dari target APBN 2019 sebesar 1,250 ribu BOEPD

“Realisasi lifting migas kuartal I 2019 94,6 persen dari target Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 2,205 ribu BOEPD,” kata Wisnu, di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Wisnu mengungkapkan, dalam kegiatan operasi lifting migas menghadapi beberapa kendala pada kuartal I 2019.

Kendala itu antara lain terjadinya penurunan produksi (decline rate) yang lebih tinggi dari perkiraan awal pada akhir 2018. Kemudian masih menunggu maksimalnya hasil pemboran pengembangan.

Selain itu, juga terjadi kemunduran jadwal pengeboran pengembangan, karena cuaca di lepas pantai pada awal 2019, ada isu integrity fasilitas sehingga menimbulkan kendala di perangkat fasilitas produksi, kebutuhan perawatan. 

“Namun demikian, hal-hal tersebut segera di atasi, dan di perkirakan akan dapat lebih optimal di kuartal II hingga akhir tahun 2019‎,” ujar dia.

Beberapa Kontraktor Kerjasama (KKS) yang sedang diusahakan untuk mencapai lifting yang lebih optimal antara lain PT Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu ONWJ dan OSES, Medco E&P Natuna, Kangean Energy Indonesia, Premier Oil Indonesia dan Eni Muara Bakau‎.

Genjot Produksi, Pemerintah Percepat Peremajaan Kebun Sawit

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sore ini menggelar rapat bersama Kementerian Pertanian yang diwakili Direktur Jenderal Perkebunan Kasdi Subagyono terkait Rakor Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

Selain itu hadir juga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Djoko Siswanto dan Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan (EBTKE) Sujiastoto. Adapun, rapat berlangsung selama tiga jam lamanya.

Menurut Kasdi, dalam rapat tersebut dibahas rencana percepatan program peremajaan sawit rakyat (PSR). Hal itu dilakukan karena melihat masih rendahnya angka realisasi.

“Kan kita punya target 200 ribu ha (hektare). Realisasi baru sedikit. Sampai bulan ini sekitar baru 16 ribu ha. Makanya perlu percepatan,” ungkap dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/3/2019).
Kasdi mengungkapkan pada dasarnya sudah ada banyak permintaan dari para petani untuk mengikuti program peremajaan tersebut. Hanya saja, permohonan tersebut belum selesai diverifikasi.

Belum selesainya verifikasi terjadi karena lamanya pembuatan dokumen. Padahal, bila dilakukan dengan cepat harapannya bisa mendorong percepatan peremajaan sawit sehingga bisa segera mendorong harga sawit yang tengah jatuh.

“Sudah dong (total permohonan replanting yang masuk 200 ribu ha). Nanti saya cek (verifikasinya) kan harus diverfikasi dan disesuaikan targetnya. Inginnya (verifikasi) cepat, kalau dokumennya ada cepat, artinya selesai sehari. Ini kan masalahnya kurang (cepat),” paparnya.

Sementara itu, dalam rapat tersebut juga dibahas terkait perubahan struktur direksi BPDP sawit. Rencanannya, ada tiga orang yang mau diganti karena memasuki masa pensiun.

Hanya saja, Djoko enggan menjelaskan ketiga nama yang akan memasuki direksi BPDP sawit yang baru.

“Rapat pemilihan direksi BPDP. Ada tiga orang mau diganti karena pensiun,” pungkas dia. (dna/dna)

5 Film Disney dengan Biaya Produksi Termahal

Berawal dari kesuksesan Pirates of Caribbean sebelumnya, maka Disney memutuskan untuk meningkatkan anggaran pembuatan film ini hingga mencapai USD 412 juta atau Rp 5,8 triliun. Film ini menggunakan beberapa lokasi seperti di Hawaii, California, Puerto Riko dan Inggris. Tidak hanya itu saja, film ini juga menggunakan kamera 3D khusus yang sangat canggih.

Disney juga harus mengeluarkan gaji yang tinggi bagi pemeran utama film ini, Johnny Depp. Ia mendapatkan gaji mencapai USD 55,5 juta.

Meskipun harus mengeluarkan begitu bayak uang, ini tidak membuat Disney rugi karena berkat film ini Disney meraup keuntungan hingga lebih dari USD 1 miliar selama pemutaran film ini di box office seluruh dunia.

Anies: Yang Harus Dipikirkan Produksi Air Bersih, Bukan Air Beralkohol

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyinggung soal saham perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk, ketika membuka kegitan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang di kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Awalnya Anies mengatakan minimnya air bersih merupakan salah satu masalah dasar di Jakarta Utara. Lalu dia menyatakan pemerintah seharusnya lebih fokus dalam mengatasi hal itu ketimbang produksi alkohol.

“Karena itu berkali-kali saya katakan pemerintah seharusnya memikirkan produksi air bersih, bukan air beralkohol,” kata Anies, Selasa (19/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pembangunan pipa dapat dijadikan solusi untuk pendistribusian air bersih. Anies Baswedan juga menyebut uang hasil penjualan saham perusahaan bir sebanding dengan pembangunan pipa.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan uang dari negara seharusnya dapat dimanfaatkan dalam program pembangunan.

“Saya belum pernah mendengar sedikit pun yang bisa menunjukkan argumen bahwa memproduksi minuman beralkohol bagian dari pembangunan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah berjanji akan melepaskan saham perusahaan PT Delta Jakarta, yang hingga saat ini rencana itu belum terealisasi.

Janji untuk menjual saham PT Delta ini diungkapkan Anies-Sandi saat maju Pilgub Jakarta. Pada April 2018, pasangan Gubernur DKI Jakarta sudah sepakat dan sudah memulai proses penjualan kepemilikan saham tersebut. Namun, hingga kini saham belum resmi dijual.

BPN Tuding Koalisi Jokowi Produksi Koruptor, TKN: Memang Parpol 02 Bersih?

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menjawab tudingan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga soal ‘koalisi Jokowi banyak produksi koruptor’. TKN menilai, korupsi bisa terjadi dari parpol mana saja, termasuk dari koalisi 02.

“Memangnya parpol pendukung 02 bersih? Tidak ada yang korupsi? Soal korupsi itu juga terjadi kepada parpol mana saja. Yang penting adalah bagaimana negara ini memiliki sistem untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelaku korupsi tanpa dilakukan intervensi politik dari siapapun termasuk oleh Presiden Jokowi,” kata Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (16/3/2019).

Ace kemudian menyinggung kasus korupsi yang menjerat dari parpol koalisi 02 yakni Politikus PAN atau Wakil Ketua DPR nonaktif, Taufik Kurniawan. Oleh karenanya, dia mengatakan tak perlu asal menuding. Menurutnya, yang harus dilakukan yakni menguatkan KPK untuk terus memberantas korupsi.

“Soal korupsi juga terjadi pada partai-partai pendukung 02. Yang paling mutakhir adalah Wakil Ketua DPR dari salah satu parpol pendukung 02. Sebelum ada 2 orang Ketua Umum parpol yang menjadi pendukung 02 yang terjerat kasus korupsi antara lain soal sapi dan Hambalang di era sebelumnya,” paparnya.

“Oleh karena itu, sekarang tugas kita adalah bagaimana kita memperkuat KPK agar dapat berperan kuat dalam melakukan pemberantasan korupsi,” lanjut Ace.

Ace melanjutkan, pemberantasan korupsi yang saat ini dilakukan KPK mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Pelaku korupsi di era Jokowi ditindak tegas tanpa tebang pilih.

“Bahkan Pak Jokowi menyampaikan dengan tegas tanggal 13 Maret yang lalu bahwa tidak ada alasan untuk benarkan korupsi. Dan tidak ada alasan bagi kita untuk menunda aksi berantas korupsi. Ini telah dibuktikan oleh Presiden Jokowi dengan tidak pernah mengintervensi proses hukum kasus korupsi, demi melindungi siapapun termasuk Ketum parpol pendukungnya,” paparnya.

Ketua DPP Partai Golkar itu melihat serangan kubu Prabowo-Sandiaga saat sini seperti sedang mencoba mencari keuntungan dari kasus Rommy. Dia menyarankan untuk menyerahkan kasus Rommy ke KPK.

“Terlihat sekali kubu 02 berharap mengais-ngais keuntungan elektoral dengan kasus OTT-nya Rommy. Lebih baik kita serahkan pada mekanisme hukum yang berlaku. Hormati KPK yang sekarang sedang bekerja. Kami sangat prihatin atas apa yang menimpa Rommy,” kata Ace.

Sebelumnya, juru bicara BPN Andre Rosiade menyebut OTT terhadap Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) merupakan puncak gunung es penanda banyaknya kader koalisi 01 yang terjerat korupsi. BPN mengungkit pernyataan Prabowo soal korupsi sudah stadium 4.

“Penangkapan Ketum PPP Rommy ini adalah puncak gunung es bahwa koalisi Pak Jokowi ini adalah koalisi parpol yang banyak memproduksi koruptor dan juga mengkonfirmasi pernyataan Pak Prabowo mengenai perilaku korupsi di Indonesia sudah di stadium 4,” ucap Andre kepada wartawan, Jumat (15/3).
(idn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jokowi Jawab Tudingan BPN soal ‘Banyak Produksi Koruptor’

Jakarta

“Salah besar! Justru dengan adanya kasus ini, presiden memperlihatkan dan menjawab tudingan bahwa tidak benar hukum ‘tajam ke bawah dan tumpul ke atas’ artinya, presiden dan pemerintah tidak pernah tebang pilih atau intervensi dalam kasus hukum! Karena penegakan hukum harus berjalan sebagaimana fungsinya,” kata Juru Bicara TKN Irma Suryani Chaniago, saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).

Irma lalu menyinggung tudingan kubu paslon 02 bila ada pihaknya terkena kasus hukum akan dianggap sebagai bentuk kriminalisasi. Irma menilai justru hal itu lah yang dianggap intervensi.

“Bukan sebaliknya seperti disebelah kalau genk-nya melanggar hukum alasan yang dikemukakan pasti ‘kriminalisasi’ dan dijanjikan akan dibebaskan begitu berkuasa! Tanpa melalui proses hukum! Itu yang namanya intervensi dan diktator!” ujarnya.

Menurut Irma, selama ini pemerintahan Jokowi mendukung penguatan KPK, tidak seperti kubu pendukung paslon 02, Fahri Hamzah, yang dinilainya ingin melemahkan KPK. Dia mengatakan Jokowi juga menolak adanya revisi UU KPK dan mendukung program pengaduan online kepada KPK.

“Pak jokowi selama ini selalu men-support KPK dalam penegakan hukum! Beliau tidak setuju dengan Fahri Hamzah yang selalu mendelegitimasi KPK, Fahri itu kan ada di 02, minta KPK dibubarkan loh! Pak Presiden Jokowi juga yang menolak revisi UU KPK dan mendukung program pengaduan online KPK. Jadi Andre itu asbun, tapi saya sih maklum, miskin data dia,” kata politikus Partai NasDem itu.

Sementara itu, terkait dengan kasus yang menjerat Rommy sendiri, Irma mengaku prihatin. Ia mengaku TKN masih mengedepankan asas praduga tak bersalah, serta menghormati proses hukum.

“Sebagai sahabat kami tentu prihatin dan tetap mengedepan kan azaz praduga tidak bersalah. Meski pun begitu penegakan hukum adalah yang utama bagi Pak jokowi,” ucap Irma.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandiaga menyebut OTT terhadap Ketum PPP Romahurmuziy merupakan puncak gunung es penanda banyaknya kader koalisi 01 yang terjerat korupsi. BPN mengungkit pernyataan Prabowo soal korupsi sudah stadium 4.

“Penangkapan Ketum PPP Rommy ini adalah puncak gunung es bahwa koalisi Pak Jokowi ini adalah koalisi parpol yang banyak memproduksi koruptor dan juga mengkonfirmasi pernyataan Pak Prabowo mengenai perilaku korupsi di Indonesia sudah di stadium 4,” ucap juru bicara BPN Andre Rosiade kepada wartawan, Jumat (15/3).


(yld/haf)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>