Presiden Nigeria Meninggal dan Digantikan Manusia Kloning? Ini Faktanya

Liputan6.com, Abuja – Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, digosipkan telah meninggal dunia, dan sosoknya yang hadir saat ini merupakan “kloning”. 

Satu teori secara luas beredar di media sosial–yang menurut beberapa lawan politiknya–bahwa dia telah digantikan oleh seorang warga Sudan yang mirip dengannya dan bernama Jubril.

Tidak ada bukti yang disajikan terkait gosip terkait pemimpin Nigeria itu, tetapi video yang membuat klaim tersebut telah ditonton ribuan kali di YouTube dan Facebook.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (3/12/2018), Buhari membantah klaim bahwa dia telah meninggal dan digantikan oleh sosok asal Sudan yang mirip dengannya. Pernyataan itu memecah kebisuannya soal rumor yang telah beredar di media sosial selama berbulan-bulan.

Buhari, yang mencalonkan kembali dalam pilpres Nigeria pada Februari nanti, menghabiskan waktu lima bulan di Inggris pada 2017, untuk mengobati penyakitnya yang dirahasiakan rinciannya.

“Ini saya yang sesungguhnya, saya jamin. Saya akan segera merayakan ulang tahun ke 76, dan saya akan tetap kuat,” kata Buhari kepada warga Nigeria dalam sesi pertemuan diaspora di Polandia, Minggu, 2 Desember 2018.

“Banyak orang berharap saya meninggal saat sakit. Beberapa bahkan mendorong wakil presiden untuk naik jabatan dan mereka mengajukan diri sebagai wapres, karena mereka menganggap saya sudah tiada. Itu sangat memalukan,” kata dia, menambahkan bahwa mereka yang menyebarkan desas-desus itu tidak punya kepedulian dan tidak religius.

Pemimpin Nigeria tersebut mengatakan, dia menantikan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-76 pada 17 Desember 2018.

Pemerintahan Nigeria mengedarkan komentar Buhari dalam sebuah pernyataan resmi via email berjudul “Ini Saya Versi Nyata: Presiden Buhari Menanggapi Tuduhan Kloning”.

Dalam sebuah video terlihat Buhari membacakan bantahannya, yang disambut tawa rekan-rekannya. 

Tanggapan tersebut telah diunggah ke akun Twitter presiden, yang diikuti oleh 1,76 juta orang, di mana disematkan sebagai kicauan teratas.

Simak video pilihan berikut: 

Seniman profesional termuda asal Nigeria ini baru saja menginjak usia 11 tahun. Karya-karyanya bergenre ‘Hiper-Realisme’ .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *