Hidangan Khas yang Menggugah Selera, dari Jepang hingga Prancis

Thailand memiliki sup khas yang sangat populer, bahkan di dunia, yaitu tom yam, dengan rasa pedas. Makanan ini memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai rempah. Potongan cumi, udang, dan jamur jadi pelengkap hidangan yang berkuah kental ini.

Selain tom yam, ada yang namanya “pad Thai”. Makanan ini terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam, saus ikan, bawang putih, cabai, gula, dan kedelai.

Petugas Damkar Prancis Berhasil Selamatkan Artefak Berharga Gereja Notre Dame

Paris – Petugas pemadam kebakaran Prancis berhasil menyelamatkan struktur bangunan Gereja Katedral Notre Dame dari kehancuran pasca dilalap api. Tak hanya itu, petugas juga berhasil menyelamatkan beberapa artefak yang tak ternilai dengan bergegas masuk ke dalam gereja.

Dua artefak yang diselamatkan di antaranya Mahkota Suci Duri dan tunik suci yang dikenakan raja Prancis abad ke-13 Louis. Dua artefak tak tergantikan itu berhasil diselamatkan saat api masih berkobar di gereja.

“Petugas pemadam kebakaran juga bekerja untuk melindungi bagian belakang gedung di mana artefak paling berharga berada,” ujar Kepala Dinas pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet kepada wartawan di lokasi kejadian, seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/4/2019).

Gallet menjelaskan, pasca runtuhnya atap gereja, operasi pemadaman difokuskan untuk menahan inferno dan mencegah api menyebar ke dua menara gereja di fasad barat. Petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk mencegah menara ikut runtuh karena dilalap api yang terus membesar. di tengah kobaran api yang semakin membesar. Seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka parah.

“Sekarang kami yakin bahwa dua menara di Notre Dame telah diselamatkan dan dilestarikan,” ujar Kepala petugas kebakaran Paris, Jean Claude Gallet, seperti dilansir Reuters.

Gereja Notre Dame terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat. 400 petugas pemadam kebakaran telah diterjunkan untuk memadamkan gereja yang dibangun pada abad 12 itu.
(mae/zap)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Katedral Notre Dame de Paris, Ikon Bersejarah di Prancis Terbakar

Liputan6.com, Paris – Nyala api dan asap tebal mengepul dari Katedral Notre Dame de Paris, Prancis pada Senin 15 April 2019, malam waktu setempat. Tampa api menyebar dengan cepat dan menguasai katedral, termasuk menara lonceng.

Dari video yang beredar, diketahui puncak menara condong ke satu sisi kemudian runtuh ke bagian atap yang terbakar.

Segera para petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke gereja, berusaha meredam api. Sebanyak 400 personel petugas diluncurkan dalam operasi tersebut, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (16/4/2019).

Sayangnya, petugas mengalami kesulitan untuk mencapai lokasi, yang terletak di sebuah pulau di Paris, Prancis pada jam sibuk sore hari. Polisi mengatakan di Twitter bahwa masyarakat harus menghindari daerah itu dan membiarkan kendaraan darurat masuk ke tempat kejadian.

Dalam suasana genting itu, Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner mengatakan tindakan luar biasa sedang diambil untuk mencoba menyelamatkan katedral.

Jean-Claude Gallet, komandan jenderal Pemadam Kebakaran Paris, Prancis mengatakan pihak berwenang mengetahui adanya kebakaran dari sebuah telepon layanan darurat.

“Kami sedang mengevakuasi karya seni paling berharga yang sedang dilindungi,” kata Gallet.

Gallet mengatakan sekitar pukul 22.00 bahwa risiko berikutnya adalah jika lonceng besar jatuh karena kobaran api.

“Jika lonceng ini jatuh, maka hal itu sama dengan menara yang runtuh. (Saat ini) ada petugas pemadam kebakaran di dalam dan di luar. Satu setengah jam berikutnya akan menjadi sangat penting,” katanya kepada wartawan di tempat kejadian, mengenai kebakaran yang mengancam menara utara.

“Kita harus memenangkan pertempuran ini dan menghalangi penyebaran api,” katanya. “Tindakan paling efisien adalah dari dalam. Kami tidak yakin apakah kami akan dapat menghentikan penyebaran api ke menara Utara.”

Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Gelandang AC Milan Dapat Tawaran dari Klub Top Prancis

Liputan6.com, Jakarta Enzo Montepaone, agen Lucas Biglia, membahas kemungkinan masa depan kliennya di AC Milan. Montepaone mengaku Biglia mulai banyak mendapat tawaran dari beberapa klub.

“Lucas baik-baik saja, dia dalam suasana hati yang baik dan bekerja keras untuk mencapai puncak penampilannya. Sekarang hanya masalah memberikan yang maksimal untuk AC Milan agar bisa mencapai Liga Champions,” katanya saat diwawancarai secara eksklusif oleh SportNews.eu.

“Di kepalanya Lucas hanya memikirkan AC Milan dan ingin menyelesaikan musim dengan Rossoneri. Minggu depan saya akan berada di Italia untuk berbicara dengan klub dan melihat. Kami akan saling berhadapan dan mencoba memahami segalanya,” ujarnya.

Montepaone mengakui bahwa pihaknya menerima tawaran penting dari klub Prancis. Ia tidak mau mengatakan tim itu, tapi adalah klub top di Ligue 1.

“Ada permintaan lain tetapi saat ini keinginan Lucas adalah untuk melanjutkan dengan AC Milan,” katanya.

AC Milan dikabarkan FootballItalia mendapatkan Lucas Biglia dari Lazio.

Hoax Erdogan Pro-Prabowo Dibongkar Media Prancis, BPN: Bukan dari Kami

Jakarta – Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), membongkar foto hoax yang menampilkan gambar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan seolah mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menegaskan foto hoax itu bukan dari mereka.

“Nggaklah, nggak dari BPN gitu-gitu,” kata juru bicara BPN, Andre Rosiade, kepada wartawan, Minggu (7/4/2019).

Andre mengatakan dirinya tak tahu siapa yang menyebarkan foto hoax tersebut. Lagi pula, kata Andre, foto tersebut tanpa dibongkar AFP pun pasti sudah diketahui merupakan editan.

“Facebook itu kan kita nggak tahu ya siapa yang menyebarkan. Ya mungkin itu ada bagian pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya. Ya biasalah, kan…. Tapi sebenarnya itu sederhana ya. Dari awal kan dari foto itu ada Photo Grid ya. Udah jelas kalau Photo Grid berarti ada foto editan. Semua orang sudah tahu ya,” sebut Andre.

Hoax Erdogan Pro-Prabowo Dibongkar Media Prancis, BPN: Bukan dari KamiFoto: Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade (Zhacky-detik)

Lebih jauh Andre mengatakan Erdogan memang punya kedekatan dengan beberapa tokoh di Indonesia. Andre berbicara elite-elite dari PKS pendukung Prabowo-Sandi yang disebutnya punya hubungan dengan Erdogan.

“Tapi kalau kedekatan Pak Erdogan dengan pendukung Pak Prabowo kan jelas. Pak Erdogan ini kan dari PKP di Turki ya. Kita tahu Pak Erdogan ini dekat dengan tokoh-tokoh di Indonesia, teman-teman PKS kan. Ustaz Sohibul Iman, Ustaz Salim Segaf, lalu juga teman-teman Garbi ya, Bang Fahri Hamzah, Anis Matta, memang dekat dengan Erdogan. Dan orang-orang yang dekat dengan Erdogan di Indonesia semuanya mendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya,” ucap Andre.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, “Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres.”

Tulisan itu menimpa foto Erdogan yang sedang tersenyum sambil mengangkat tangan kanan, menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Di sudut kanan ada tulisan Prabowo-Sandi, dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan.

Informasi klaim dukungan Erdogan untuk Prabowo Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil pemalsuan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

“Sebuah gambar telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” tulis AFP.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax Belaka

Jakarta – Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), menelusuri kabar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. AFP membuktikan kabar yang tersebar via gambar di internet itu adalah salah.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4/2019), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, “Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres.”

Tulisan itu menimpa foto Erdogan yang sedang tersenyum sambil mengangkat tangan kanan, menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Di sudut kanan ada tulisan Prabowo-Sandi, dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan.

“Sebuah gambar telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” tulis AFP.

Informasi klaim dukungan Erdogan untuk Prabowo Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil pemalsuan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

Unggahan Facebook yang menampilkan Erdogan itu dipublikasikan pada 28 Maret 2019 dan telah dibagikan sebanyak 9.400 kali. Akun Revi Sukma yang mengunggah gambar itu menyertakan tulisan, “Prabowo-Sandi dinanti dunia.”

Pencarian Google reverse image dan pencarian lewat kata kunci tertentu telah menyingkap gambar palsu ini. Gambar ini diambil dari gambar asli yang diunggah anggota DPR Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019 di akun Instagramnya. Gambar aslinya adalah foto berwarna, menampilkan Sandiaga dan Harsya duduk bersebelahan dalam pesawat, dan keduanya mengacungkan salam dua jari dengan tangan kanan.

Dalam gambar menyesatkan yang dibagikan di Facebook, wajah Erdogan telah ditempelkan ke foto badan Sandiaga di foto aslinya. Kemudian, foto berwarna itu diubah menjadi hitam dan putih. Nampak gelang warna putih Sandiaga tak berubah meski wajah Sandiaga telah diganti dengan wajah Erdogan. Kaus yang dikenakan Sandiaga juga tetap sama, yakni bernomor 02 di pundak. Nomor itu adalah nomor urut capres Prabowo-Sandiaga.

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax BelakaFoto: Foto hoax Erdogan Dukung Jokowi. (AFP Fact Check)

Ada tulisan “PhotoGrid” di pojok kanan bawah. Itu adalah nama aplikasi penyunting foto. PhotoGrid, sebagaimana deskripsi yang tertera di Google Play, adalah aplikasi yang digunakan untuk senang-senang dan hasilnya bisa dibagikan di media sosial.

Pencarian di Google dengan kata kunci “Erdogan” menuntun pada gambar asli wajah Erdogan yang digunakan sebagai ‘bahan mentah’ gambar sesat itu. Gambar asli Erdogan berasal dari foto terbitan majalah Forbes, namun gambar itu telah dipotong, diputar, dan dibikin hitam-putih. Namun sedikit jambul Sandiaga masih bisa terlihat di balik kepala Erdogan yang ditempelkan di gambar palsu itu.

Media Prancis Buktikan Kabar Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoax BelakaFoto: Foto hoax Erdogan Dukung Jokowi. (AFP Fact Check)

(dnu/tor)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mourinho Berpeluang Tangani Klub Liga Prancis

Liputan6.com, Paris – Jose Mourinho sudah menyatakan bahwa dia siap melatih lagi pada musim 2019/20 yang akan datang. Sejauh ini, kompetisi kasta tertinggi di Prancis yakni Ligue 1 disebut telah memikat hati pria asal Portugal tersebut.

Mourinho tidak lagi terlibat dalam urusan taktik sebuah tim sejak Desember 2018 lalu. Dia berhentikan dari posisi manajer United. Pada laga terakhirnya dilatih Mourinho, United kalah dengan skor 3-1 atas Liverpool.

Setelah itu, Mourinho sempat mendapat tawaran melatih dari Benfica. Juga ada tiga klub lain yang menawarinya pekerjaan. Namun, Mourinho dengan tegas mengatakan baru akan kembali melatih musim depan.

Jose Mourinho diketahui sempat melihat sebuah laga Ligue 1 beberapa waktu yang lalu. Dia datang atas undangan dari klub Lille. Setelahnya, Mourinho mengakui jika dia tertarik untuk menjajal petualangan di Ligue 1 yang belum pernah dirasakan.

Seperti dikutip dari L’Equipe, ada dua peluang bagi Mourinho jika ingin melatih klub Ligue 1 musim depan. Dua klub tersebut yakni AS Monaco dan Lyon.

Lyon paling santer dikabarkan akan dilatih oleh Mourinho. Bahkan, pelatih Bruno Genesio akan merelakan posisinya jika memang yang dipilih untuk jadi pengganti adalah Mourinho. Genesio pun yakin ‘The Special One’ bakal sukses di Ligue 1.

3 Menteri Mundur dari Kabinet Presiden Prancis Emmanuel Macron

Paris – Tiga orang menteri mundur dari kabinet Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ketiganya mundur karena bersiap untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Eropa dan kota mendatang.

Dilansir dari AFP, Kamis (28/3/2019), kepergian ketiganya membuat secara total ada 10 menteri yang telah meninggalkan pemerintah pusat Macron sejak ia menjabat pada tahun 2017.

Sebuah pernyataan presiden mengumumkan kepergian menteri Eropa Nathalie Loiseau, kepala daftar untuk partai Macron dalam pemilihan Eropa di bulan Mei. Kemudian ada juga menteri junior Benjamin Griveaux dan Mounir Mahjoubi yang keduanya berencana mencalonkan diri sebagai walikota Paris pada tahun 2020.

Pihak kepresidenan tidak memberikan indikasi tentang kemungkinan penerus mereka. Pengganti ketiga orang itu diperkirakan akan diumumkan pada hari Senin saat pertemuan kabinet Macron berikutnya.

Penasihat Eropa Macron, Clement Beaune, disebut akan menggantikan Loiseau sebagai menteri. Posisi itu penting dalam mengkomunikasikan posisi Prancis dalam negosiasi Brexit yang penuh keributan.

Di antara menteri lain yang telah meninggalkan pemerintahan Macron sebelumnya adalah Nicolas Hulot. Dia mundur sebagai menteri ekologi tahun lalu dan menuduh Macron tidak memprioritaskan reformasi lingkungan.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mbappe Bikin Rekor Lagi di Timnas Prancis

ParisKylian Mbappe belum mau berhenti bikin rekor dalam kariernya. Kali ini Mbappe membuatnya bareng Timnas Prancis.

Mbappe tampil sebagai starter saat Prancis menghadapi Islandia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H, Selasa (26/3/2019) dinihari WIB. Itu adalah laga ke-30 Mbappe sejak debut bersama Prancis tahun 2017.

Rekor baru pun dicatatkan Mbappe karena jadi pemain termuda yang mencapai jumlah caps tersebut pada usia 20 tahun tiga bulan atau lebih muda enam bulan dari Karim Benzema pada 2010. Mbappe melakoni debut bersama Prancis saat mengalahkan Luksembuerg tahun 2017.

Mbappe tampil oke saat menghadapi Islandia dengan torehan satu gol dan dua assist dalam kemenangan Prancis dengan skor 4-0. Pemain kelahiran Paris itu sudah bikin 12 gol dari 30 caps bersama Prancis.

Peran Mbappe makin penting untuk Prancis setelah dia mencetak empat gol saat membawa negaranya jadi juara dunia 2018. Mbappe juga menandai penampilannya di turnamen itu dengan gelar pemain muda terbaik.

Luar biasa sekali, Mbappe!

(mrp/rin)


Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Inggris dan Prancis Pesta Gol

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pertandingan di ajang kualifikasi Piala Eropa 2020 sudah digelar Selasa (26/3/2019) dini hari WIB. Ada beberapa tim yang difavoritkan mencatat hasil sempurna pada laga tersebut.

Timnas Perancis menak telak 4-0 atas Islandia dalam pertandingan Grup H di Stade de France, Perancis. Gol kemenangan Timnas Perancis dicetak oleh Samuel Umtiti, Olivier Giroud, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann.

Pada laga lain, Timnas Inggris meraih kemenangan kedua pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Bermain di Stadion Podgorica, Inggris juga menang besar 5-1 atas Montenegro.

Gol tuan rumah dibuat Marko Vesovic (17′). Sedangkan gol balasan Timnas Inggris dicetak Michael Keane, Ross Barkley, Harry Kane, dan Raheem Sterling.

Hasil berbeda diraih Timnas Portugal. Mereka ditahan imbang 1-1 Serbia. Pada laga ini, Cristiano Ronaldo hanya bermain sebentar lantaran mengalami cedera.

Berikut hasil lengkap pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020:

https://www.vidio.com/watch/1617725-5-timnas-termahal-di-kualifikasi-piala-eropa-2020