2 Wanita Diduga Lompat dari Lantai 3 Kos di Makassar Positif Sabu

Makassar – Tim kedokteran Rumah Sakit Bhayangkara Makassar telah melakukan tes urine terhadap dua wanita yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari lantai tiga rumah kos-nya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Hasilnya, mereka terindikasi positif menggunakan kristal methamphetamine atau sabu.

“Jadi dua wanita itu positif menggunakan methamphetamine dari hasil pemeriksaan urine yang kita lakukan di Rumah Sakit Bhayangkara,” ujar Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Kombes Farid Amansyah, saat dikonfirmasi pada Jumat (22/3/2019).

Usai dilakukan tes urine, kini kedua wanita tersebut masih dalam proses perawatan medis untuk luka parah dan patah tulang yang dialaminya, serta proses penyembuhan psikologi setelah berupaya melakukan percobaan bunuh diri.

“Kita rawat dulu karena ada luka-luka yang perlu disembuhkan, kemudian kita rawat juga karena ini kan kelainan psikis sehingga harus dirawat oleh kedokteran kelainan jiwa,” sebut Kombes Farid.

Setelah peristiwa tersebut, kedua wanita ini diketahui masih mengalami trauma berat, dan belum dapat diambil keterangannya untuk mengetahui motifnya nekat untuk bunuh diri.

“Motif belum kita dalami, karena kalau ditanya masih menangis trauma jadi tentu masih kita evaluasi,” kata Kombes Farid.

Sebelumnya, kedua wanita yang berinisial S (16) dan W (20) diduga melompat dari lantai 3 kos-nya pada Kamis (21/3) pagi. Keduanya menimpa mobil yang parkir di halaman kost di Jalan Sultan Alauddin, Tamalate, Makassar.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

9 Gambar Kata-Kata Bijak Kehidupan, Agar Selalu Berpikir Positif

Liputan6.com, Jakarta Sayur tanpa garam akan terasa hambar. Begitu juga dengan hidup tanpa tantangan pasti akan terasa datar-datar saja. Hidup manusia dipenuhi dengan perasaan hati yang berbeda setiap harinya

Terkadang, seseorang merasa senang saat bertemu dengan orang yang disayang. Di lain waktu, seseorang merasa sedih karena harus kehilangan sesuatu yang berharga dari hidupnya.

Meskipun demikian, merasa down ataupun kurang motivasi adalah hal yang wajar dialami manusia. Untuk kamu yang sedang dirundung masalah, percayalah bahwa setiap permasalahan dalam hidup pasti dapat terselesaikan.

Cobalah untuk menghadapi permasalahan hidup dengan positif. Jika memandang hidup dengan keluhan dan amarah, pasti kehidupan akan menjadi beban yang berat.

Semakin kamu melatih diri untuk bersabar, maka kamu bisa jadi pribadi yang jauh lebih baik. Apalagi, kamu tidak hidup sendiri di dunia ini. Banyak orang terdekat yang peduli padamu. Bahkan, gambar kata-kata bijak pun bisa kamu jadikan sebagai sumber semangat untuk jalani hari-harimu.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan gambar kata-kata bijak yang bisa jadi acuan untuk selalu berpikir positif dan semangat menjalani hidup, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2019).

2 dari 3 halaman


Gambar Kata-kata Bijak Tokoh Dunia

1. George Bernard Shaw

George Bernard Shaw adalah seorang sastrawan asal Irlandia yang terkenal akan kecerdasannya. Dia pernah menerima hadiah Nobel untuk salah satu karya sastranya dan juga Piala Oscar.

Salah satu kata bijak yang dilontarkan George Bernard Shaw patut untuk kamu pahami. Dia mengungkapkan bahwa seseorang harus membangun jati diri, ketimbang mencari jati diri.

2. Bertrand Russell

Bertrand Russell adalah seorang filsuf sekaligus ahli matematika. Bertrand merupakan salah satu tokoh dunia yang sangat produktif dalam menulis buku untuk menyuarakan pendapatnya.

Sebagai seorang filsuf, Bertrand menjelaskan bahwa rasa takut harus ditaklukkan untuk menjadi sosok yang bijaksana.

3. BJ Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan BJ Habibie? Ya, beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ke-tiga.

Dalam sebuah kesempatan, seperti yang terlihat dalam gambar kata-kata bijak, BJ Habibie menuturkan bahwa jika seseorang membenci atau menghina dirimu, jadikan kebencian mereka sebagai pujian karena mereka justru memperhatikanmu, lebih dari kamu memperhatikan dirimu sendiri.

3 dari 3 halaman


Gambar Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan

4. Jangan Berhenti Belajar

Gambar kata-kata bijak selanjutnya ditujukan untuk anak sekolah. Jika kamu merasa malas, ingat bahwa orangtua di rumah membanting tulang demi membayar biaya sekolahmu. Meski kamu berpikiran untuk berhenti sekolah, bayangkan bagaimana perasaan orangtua yang bersusah payah mengumpulkan uang.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar agar kamu bisa tumbuh menjadi orang yang pintar, untuk dirimu sendiri dan juga keluarga yang telah mendukungmu.

5. Be Yourself

Jangan membandingkan apa yang kamu punya dengan milik orang lain. Kamu tidak tahu seberapa berat tantangan yang mereka hadapi untuk bisa mencapai posisi itu. Terlebih, kamu justru terlalu memikirkan mereka yang sedang berjuang sendiri.

Alhasil, alih-allih mendapat kebahagiaan, hati kamu justru semakin mengeras karena terus-menerus iri dengan orang lain. Maka, gunakan gambar kata-kata bijak ini sebagai motivasi hidupmu.

6. Jangan Memandang Sebelah Mata

Jika kamu sama sekali belum pernah mencoba sesuatu, maka kamu pun tidak akan tahu seperti apa rasanya maupun manfaatnya. Sama saja dengan memandang sesuatu dengan sebelah mata, kamu tidak tahu pemandangan apa yang selama ini tidak kamu lihat bentuknya karena kamu tidak mau tahu.

7. Bangun dan Kejarlah Mimpi

Saat musim kemarau, pohon yang tadinya rimbun dengan dedaunan dan buah-buahan akan mulai berguguran. Namun, saat musim hujan datang, mereka akan kembali tumbuh dan memamerkan keindahannya melalui dedaunan yang hijau dan buah-buahan yang segar.

Begitu pula dengan hidupmu. Janganlah kamu merasa hidupmu telah berakhir hanya karena kamu mengalami satu kegagalan. Bangun dan kejarlah mimpi seperti pohon yang terus hidup meski angin dan musim kemarau menghadang.

8. Belajarlah dari Kegagalan

Kamu harus tahu bahwa kegagalan hanyalah sebuah luka memar yang seiring berjalannya waktu akan sembuh. Kegagalan bukanlah tato yang terasa sakit saat dibuat dan terasa sakit saat dihapus.

9. Lakukan Apapun dengan Tulus

Buya Hamka membandingkan manusia dengan binatang yang sebenarnya sangat berbeda. Namun, manusia terkadang tidak melihat potensinya sebagai makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran.

Tingkah manusia seringkali lebih buruk daripada apa yang dilakukan binatang yang sejatinya tidak punya akal. Untuk itu, melakukan segala hal dengan rasa tulus sebaiknya dijadikan motto hidup manusia agar hati merasa ikhlas.

Tes Pramusim Positif, Sean Gelael Optimitis Tatap F2 2019

BarcelonaSean Gelael meraih hasil yang terbilang oke pada dua sesi tes pramusim F2. Pebalap Prema Racing itu menyongsong musim dalam kepercayaan diri tinggi.

Sean akan memasuki musim keduanya bersama Prema atau tahun keempatnya berlaga di F2, ajang balap setingkat di bawah F1. Musim lalu, Sean bisa dibilang kurang beruntung karena banyak mengalami masalah selepas empat seri pertama.

Alhasil, Sean pun cuma finis di posisi ke-15 dengan 29 poin. Tidak ada perbaikan dari posisi finis di musim 2017 meski secara torehan poin, Sean meningkat dari sebelumnya 17 poin.

Maka dari itu Sean pun memanfaatkan betul sesi tes pramusim sebanyak dua kali di awal tahun untuk persiapan menjelang musim yang baru. Pada tes pertama di Jerez, 26-28 Februari, Sean tak hanya meraih hasil positif untuk qualifying run (simulasi kualifikasi) namun juga race run (simulasi lomba).

Secara konsisten Sean mampu menembus 10 Besar dengan selisih waktu kompetitif terhadap pebalap tercepat. Hasil ini jelas memberikan kepercayaan besar bagi Sean, mengingat tes pramusim bisa jadi cerminan hasil ketika musim telah bergulir.

Pada tahun-tahun sebelumnya Sean senantiasa terlempar dari 10 Besar baik di kualifikasi maupun balapan. Lalu tes kedua dihelat di sirkuit Catalunya, Barcelona, 5-7 Maret kemarin. Hasil tes Sean menunjukkan pola yang sama dan dia mampu mempertahankannya.

Karakter sirkuit yang berbeda tak membuat Sean kehilangan sentuhan gaya balapnya. Pada tes di Catalunya tersebut Sean mengulangi pencapaian sama seperti di Jerez, qualifying dan race run-nya konsisten ada di 10 Besar.

“Ini modal bagus bagi saya. Biasanya saya selalu kesulitan ketika melakukan qualy run pada tes pramusim dan dampaknya terasa begitu musim berjalan. Sekarang saya merasakan sesuatu yang berbeda, di mana mobil terasa sudah menyatu dengan saya sehingga ujung-ujungnya saya mampu membuat lap time yang kompetitif,” ujar Sean dalam rilis kepada detiksport.

Dengan hasil kualifikasi yang bagus, Sean meyakini dia bisa bertarung untuk memperebutkan poin dan bahkan naik podium. Seperti musim lalu saat dia start dari posisi 12 dan nyaris menang sebelum finis di posisi dua di Monte Carlo, Monako.

Selain itu, Sean juga mencatat kemajuan dari hasil simulasi balap (race run). Pebalap berusia 22 tahun itu mampu mencatat rata-rata waktu kompetitif pada dua hari terakhir tes di Barcelona. Bahkan, di sesi hari kedua, Sean menorehkan waktu rata-rata race run terbaik dengan mengungguli beberapa pebalap senior yang menjadi favorit juara musim ini, seperti Nyck De Vries, Luca Ghiotto, dan Sergio Sette Camara.

Untuk pertama kalinya pula Sean tidak berpindah tim di musim ini. Kondisi tersebut akan membuat Sean lebih mengenal karakter tim dan diyakini bakal membuatnya lebih baik. Dia akan ditemani anak dari Michael Schumacher, Mick Schumacher, sebagai rekan setim.

Hasil Tes Jerez

(10 Best Time)

1. Mick Schumacher (PREMA Racing) 1:24.028

2. Jack Aitken (Campos Racing) 1:24.240

3. Louis Deletraz (Carlin) 1:24.247

4. Nicholas Latifi (DAMS) 1:24.294

5. Nyck de Vries (ART Grand Prix) 1:24.357

6. Dorian Boccolacci (Campos Racing) 1:24.401

7. Giuliano Alesi (Trident) 1:24.401

8. Luca Ghiotto (UNI Virtuosi) 1:24.516

9. Sean Gelael (PREMA Racing) 1:24.528

10. Richard Verschoor (MP Motorsport) 1:24.638

Hasil Tes Catalunya

(10 Best Time)

1. Nyck de Vries (ART Grand Prix) 1:27.024

2. Luca Ghiotto (UNI Virtuosi) 1:27.263

3. Louis Deletraz (Carlin) 1:27.421

4. Guanyu Zhou (UNI Virtuosi) 1:27.454

5. Nobuharu Matsushita (Carlin) 1:27.585

6. Nikita Mazepin (ART Grand Prix) 1:27.731

7. Jack Aitken (Campos Racing) 1:27.731

8. Sergio Sette Camara (DAMS) 1:27.821

9. Sean Gelael (PREMA Racing) 1:27.959

10. Ralph Boschung (Trident) 1:27.960

(mrp/nds)

Penyanyi Aishiteru Zul ‘Zivilia’ Positif Pakai Sabu

Jakarta – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap Zul ‘Zivilia’ terkait penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Hasil tes urine pelantun lagu ‘Aishiteru’ itu ternyata positif menggunakan sabu.

“(Hasil) tes urin positif sabu,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Kamis (7/3/2019).

Zul sudah ditangkap oleh polisi sejak 28 Februari 2019 lalu. Zul juga sudah dites urinenya.

Argo mengatakan Zul kerap menggunakan narkotika jenis sabu itu ditempat tersangka-tersangka lainnya. Namun Argo tidak menjelaskan dengan detail terkait peran Zul dan peran tersangka-tersangka lainnya dalam kasus tersebut.

“(Peran Zul) bebas menggunakan sabu kapanpun ditempat tersangka lain,” papar Argo.

Sebelumnya, diketahui beredar kabar jika Zul ditangkap oleh Polda Metro Jaya. Zul sempat hilang kontak saat akan manggung di konser musik KPU Bone pada Sabtu, 2 Maret 2019, hingga saat ini.

Zul ‘Zivilia’ ditangkap terkait narkotika jenis sabu. Polisi belum mau membeberkan barang bukti apa saja yang berhasil disita dari tangan Zul.
(rvk/aud)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Manajer Chelsea Puji Reaksi Positif Kepa

Jakarta Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengapresiasi reaksi positif yang diperlihatkan kiper Kepa Arrizabalaga saat laga kontra Fulham di Craven Cottage, Minggu (3/3/2019).

Sarri memutuskan kembali menurunkan Kepa dalam laga tandang Chelsea kontra Fulham yang berakhir dengan kemenangan 2-1. Keduanya sempat terlibat friksi pada final Piala Liga menghadapi Manchester City (24/2/2019). Sarri memuji sang kiper atas reaksi yang ia berikan.

“Kepa bermain sangat bagus, itu adalah keputusan yang normal. Dia membayarnya pada klub dan tim, sekarang situasi itu sudah ditutup. Tak ada cara lain, tapi saya rasa Kepa cukup jantan, dia mengerti dan bereaksi dengan sangat bagus,” ujar Sarri kepada Sky Sports.

“Saya berbicara dengannya sepanjang pekan, dia mengerti. Dia berlatih dengan sangat bagus, reaksinya hari ini sangat bagus. Saya kenal dia, dia sangat bagus. Dia membuat kesalahan, tapi sekarang sudah selesai,” imbuhnya.

Sarri dan Kepa sempat terlibat friksi setelah kiper asal Spanyol itu menolak ditarik keluar oleh Sarri jelang adu penalti dalam partai final Piala Liga versus Manchester City di Wembley Stadium.

Kedua pihak menyatakan hal tersebut hanya kesalahpahaman dan Kepa sudah dijatuhi hukuman denda oleh klub. Namun, Sarri memilih untuk tidak memainkan Kepa dalam laga menghadapi Tottenham Hotspur pada laga tengah pekan lalu (28/2/2019), atau pertandingan pertama setelah kasus pada laga final Piala Liga tersebut.

Kiper pengganti, Willy Caballero sejatinya tampil cukup apik ketika Chelsea mengalahkan Spurs 2-0. Namun, Sarri akhirnya kembali memberi kepercayaan terhadap Kepa. Manajer asal Italia itu percaya Kepa sudah menyadari kesalahannya dan layak untuk kembali dipercaya.

Andi Arief Dites Urine, Hasilnya Positif Gunakan Sabu

Jakarta – Bareskrim telah menguji urine Wasekjen Demokrat Andi Arief. Urine Andi Arief positif mengandung sabu.

“Kami sudah juga melakukan tes urine, terhadap saudara AA dan positif sabu,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019).

Iqbal mengatakan Andi ditangkap di salah satu kamar hotel Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (3/3). Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat.

“Setelah diselidiki, mapping dan lain-lain, petugas berhasil gerebek dan melakukan upaya paksa kepolisian, berbentuk penangkapan dan penyitaan terhadap beberapa barang bukti yang diduga barang bukti,” ujarnya.

Alat menggunakan narkoba itu telah disita polisi. Polisi masih mendalami kasus ini.
“Benar bahwa yang berada di kamar itu adalah saudara AA. Beberapa yang diduga barang bukti, yang diduga seperangkat alat untuk gunakan narkoba sudah kami sita. Saat ini AA sedang dalam pemeriksaan dan pendalaman berikut saksi-saksi,” ujarnya.
(idh/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akan Didakwa Korupsi, PM Netanyahu Berdalih Korban Politisasi

Tel Aviv – Kejaksaan Agung Israel mengumumkan akan menuntut PM Israel Benjamin Netanyahu ke pengadilan dengan dakwaan korupsi. Hal ini bisa memperburuk peluang Netanyahu dalam pemilu bulan April mendatang.

Jaksa Agung Avichai Mandelblit mengatakan hari Kamis (28/2), dia telah menerima rekomendasi penyidik kepolisian untuk mengajukan tuntutan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu dalam tiga kasus korupsi yang berbeda.

Dakwaan itu dapat memberikan pukulan besar bagi prospek Netanyahu dalam pemilihan umum 9 April mendatang. Netanyahu mencalonkan diri untuk masa jabatan ke-empat berturut-turut.

Sidang pengadilan atas dakwaan yang meliputi penyuapan, penipuan dan pelanggaran kepercayaan baru akan digelar setelah pemilihan umum. Sebelumnya Netanyahu akan diberi kesempatan untuk membela diri. Sidang dapat berlangsung setelah pemilihan 9 April. Netanyahu akan menjadi perdana menteri Israel pertama yang menghadapi kasus di pengadilan saat menjabat.

Netanyahu tuding ada politisasi

Benjamin Netanyahu antara lain diduga telah menerima gratifikasi dari pengusaha kaya dan memberikan kelonggaran regulasi kepada raksasa telekomunikasi Bezeq sebagai imbalan atas liputan pers positif di situs berita anak perusahaan itu, Walla.

Jika terbukti bersalah melakukan suap, Netanyahu bisa menghadapi hukuman 10 tahun penjara dan hukuman maksimal 3 tahun untuk penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Perdana Menteri Israel membantah telah melakukan kesalahan-kesalahan yang dituduhkan. Menanggapi pengumuman Jaksa Agung, dia mengatakan telah menjadi korban pembunuhan karakter dan politisasi yang bertujuan untuk menjegalnya pada pemilu mendatang. Dia menyatakan tuduhan terhadapnya akan runtuh seperti “rumah kartu”.

Likud berusaha tunda pengumuman tuntutan

Partai Netanyahu, Likud, menggambarkan tuduhan itu sebagai “penganiayaan politik.”

“Pengumuman Jaksa Agung secara sepihak hanya sebulan sebelum pemilihan umum, tanpa memberi Perdana Menteri kesempatan untuk (sebelumnya) membantah tuduhan-tuduhan palsu ini, adalah intervensi terang-terangan dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam pemilu,” kata Likud dalam sebuah pernyataan.

Likud telah mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung Israel untuk menunda pengumuman dakwaan secara terbuka sampai pemilu usai. Namun pengadilan tinggi Israel menolak permintaan itu dan hari Kamis mengumumkan rencana pengajuan tuntutan terhadap Netanyahu.

hp/rzn (afp, rtr,ap)


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deflasi Februari 0,08 Persen, Ini Tanggapan BI

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi 0,08 persen pada Februari 2019.

Ini berbanding terbalik dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi yang sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen (mtm).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, deflasi yang terjadi pada bulan ini menunjukan pencapaian positif di awal tahun.

Artinya, pemerintah telah berhasil dan menekan sejumlah beberapa harga kebutuhan pokok di tingkat masyarakat.

“Dan ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali,” kata dia saat ditemui di Kompleks Masjid Bank Indonesia, Jumat (1/3/2019).

Perry mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sejumlah harga dari beberapa komoditas memang telah turun. Penurunan itu terjadi misalnya pada daging ayam, cabai merah, bawang, hingga telur.

“(Berkat) koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukan bahwa harga harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semua komoditas khususnya bahan bahan makanan itu mengalami penurunan,” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Laporan BPS

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indonesia mengalami deflasi0,08 persen pada Februari 2019. Ini berbeda dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 sebesar 0,32 persen (mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti melaporkan dari 82 kota cakupan perhitungan indeks harga konsumen (IHK), sebanyak 69 kota mengalami deflasi. Sedangkan 13 kota mengalami inflasi.

Deflasi tertinggi terjadi di Merauke sebesar 2,11 persen dan terendah Serang sebesar 0,02 persen. Sedangkan inflasi tertinggi yaitu di Tual sebesar 2,98 persen dan terendah di Kendari sebesar 0,03 persen.

“Deflasi di Merauke lebih disebabkan oleh penurunan harga sayuran, cabai, itu mengalami penurunan harga. Inflasi tertinggi di Tual disebabkan karena sayuran khususnya bayam dan ikan segar,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menaker Yakin Program Desmigratif Bisa Tekan Pengiriman TKI Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan, Program Desa Migrasi Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bisa menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap dilakukan calo.

Lewat program ini, calon TKI bisa mendapat informasi lengkap seputar pasar kerja dan tata cara bekerja di luar negeri.

“Bahkan kalau mau misalnya berangkatnya lewat PT, mau nanya PT yang sudah dicabut mana saja, kadangkala orang enggak tahu kan. Itu kalau di layanan migrasi bisa diakses informasi itu,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Namun dia mengakui jika upaya tersebut masih butuh usaha yang lebih keras. “Karena ini memang lebih jangka panjang dalam rangka membantu pengelolaan remitansi para TKI,” jelas dia.

Kendati demikian, Hanif menilai, pelaksanaan Program Desmigratif sejauh ini telah berjalan dengan baik, sehingga bisa menangani oknum calo di lapangan.

Alhamdulillah selama ini sudah ada relatif berjalan baik. Dalam program desmigratif itu kan warga desa jadi punya tempat untuk crosscheck Informasi. Karena di situ disiapkan ada informasi pasar kerja, juga kalau mekanisme bekerja ke luar negeri itu seperti apa, syarat-syaratnya bagaimana, dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, ia melanjutkan, program ini juga mampu menopangi keberlanjutan hidup keluarga TKI yang ditinggal di kampung halamannya.

“Misal yang tinggal pasangannya. Kalau istrinya pergi berarti yang lakinya di rumah, itu kita kasih pelatihan kewirausahaan, kita kasih bantuan sarana dan prasarana usaha sampai mereka menciptakan usaha produktif,” paparnya.

“Kemudian untuk community parenting, anak-anaknya kita urus, kita ada rumah edukatif. Sejumlah BUMN men-support kita, dan anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk kepentingan yang positif,” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Kemnaker Ingin Pemda Ikut Danai Program Desa Migran Kreatif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengoptimalkan program Desa Migran Produktif alias Desmigratif agar lebih maksimal. Program ini dinilai dapat membangkitkan pembangunan ekonomi di desa.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, Kemnakar menargetkan 150 desa masuk program desmigratif pada 2019 ini.

“Masih jalan, Desmigratif untuk tahun ini sekitar 150 desa yang kita jalankan dengan program desmigratif itu di 10 provinsi, sekitar 60 kabupaten,” kata dia di Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Hanif mengakui bahwa meskipun terjadi kenaikan jumlah desa sasaran program dibandingkan tahun sebelumnya, namun itu tidak tinggi. Pada 2018, program ini menyasar 130 desa.

“Naik. Cuma kenaikannya tidak melonjak begitu, karena anggaran kita untuk itu relatif terbatas,” ungkap Hanif.

Karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk turut ambil bagian dalam pendanaan program ini.

“Kita bikin role model-nya, jadi ada modeling dari Kementerian untuk pelayanan dan perlindungan TKI dari desa. Kemudian nanti kita berharap pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota juga bisa mereplikasi itu di desa-desa yang kebetulan belum,” jelas dia.

“Karena kalau kami kan desanya tiap tahun paling satu kabupaten atau satu provinsi kita kasih dua desa sebagai model. Kalau provinsinya bisa lebih kenceng, kabupatennya lebih kencang, saya kira akan makin banyak desa-desa yang terjangkau oleh program desa desmigratif,” Dia menandaskan.


Reporter: Wifridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Kembar Siam, Nissan Livina Bisa Servis di Bengkel Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Nissan Livina 2019 yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander merupakan bukti dari aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru, apakah Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander bisa bertukar tempat servis.


Pasalnya, hal itu yang selama ini terjadi pada Avanza dan Xenia. Tempat servis mereka bisa bersama mengingat keduanya berada di bawah payung Astra.

Lantas bagaimana dengan Livina dan Xpander? Kehadiran Livina sendiri sampai saat ini sejatinya masih berada di dua sisi, antara menjadi pilihan sejajar dan pesaing Xpander.

Direktur Sales and Marketing Division MMKSI Iwan Kuncoro memberikan jawaban.

“Secara umum kami mengucapkan selamat atas diluncurkannya Livina. Kami melihat positif. Dengan masuknya produk baru di pasar small MPV ini, pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat Mitsubishi. Memang ini Nissan-Mitsubishi aliansi ya. Namun kami tidak bisa mengomentari merek lain,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa secara umum pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat mereka karena konsumen kemudian memiliki banyak pilihan. Walau demikian, isu satu rumah termasuk pemasaran dan jaringan sampai saat ini dibantah.

“Kami memang aliansi. Tetapi jika bicara marketing, kami sendiri-sendiri. Jadi kami punya network, mereka punya network. Kami manage sendiri, mereka manage sendiri,” kata dia.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.






Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.


Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: