Kapolres di Sumsel Pakai Narkoba, Ahli Pidana: Hukuman Harus Berat

JakartaAKBP Agus Setiawan, dicopot sebagai Kapolres Empat Lawang karena hasil tes urinenya positif narkoba. Pakar hukum Pidana Prof Hibnu Nugroho, menganggap, perilaku kapolres tersebut sudah keterlaluan dan wajib dihukum lebih berat dari pelaku kasus narkoba lainnya.

“Ini sangat fatal, apalagi dia setingkat kapolres, hukumannya tidak bisa disamakan dengan umumnya. Harus lebih berat,” ucap pakar hukum pidana dari Universitas Jenderal Sudirman, Prof Hibnu Nugroho, saat diwawancara detikcom, Rabu (16/1/2019).

Dia menjelaskan, polisi sebagai penegak hukum harusnya menjauhi narkoba. Dia menjelaskan, kapolres tersebut harus dibawa ke peradilan umum meski statusnya hanya pemakai narkoba.

“Jadi jangan dibawa di etik saja, harus dibawa ke peradilan umum. Hukumannya harus lebih berat,” paparnya.

Selain itu, lanjut Hibnu, Polri jangan hanya melakukan penegakan hukum kepada AKBP Agus saja. Menurutnya, harus dibongkar semua jaringan narkoba di Empat Lawang.

“Jangan cuma di kapolres saja, jangan-jangan karena pakai narkoba ada kerja sama dengan pengedar, bandar dan itu yang harus dibongkar,” tuturnya.
(rvk/aik)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengapa Ma’ruf Amin Tak Hadiri Pertemuan Jokowi dan Ketum Parpol?

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden Ma’ruf Amin tak hadir dalam pertemuan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan pimpinan partai koalisi di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019). Kendati, formasi para ketua umum lengkap sembilan orang dengan para sekjennya.

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir menjelaskan, nantinya ada kesempatan berbeda pertemuan dengan sang cawapres.

“Kebetulan hari ini tempatnya cuma terbatas cuma ada 20 tempat duduk. Makanya tadi yang hadir ketua partai dan sekjen-sekjen,” kata Erick usai pertemuan.

Erick pun mengatakan pertemuan para pimpinan partai tak berhenti di sini saja. Dia mengisyaratkan akan ada pertemuan kedua dan seterusnya.

“Ini setiap sebulan sekali pasti ada pertemuan. Kalau dengan sekjen cukup sering saya rasa hal yang positif ya,” katanya.

Diketahui, Sekretaris Kabinet dan Anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma’ruf, Pramono Anung mengkordinasikan pertemuan ini. Sembilan ketua umum lengkap hadir.

Yaitu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, Ketua Umum Hanura Osman Sapta Odang, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Para Sekjen partai juga menemani santap malam ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Debat

Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Rommy mengatakan pertemuan itu membahas persiapan debat. “Persiapan debat pertama juga dibahas,” jelas Rommy.

Sementara, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq menyebut pertemuan itu penuh canda tawa.

“Dalam santap malam juga penuh tawa canda. Pak Jokowi juga sangat menikmati santap malam bersama para ketum parpol,” kata Rofiq saat dihubungi, Selasa (15/1/2019).

Rofiq mengungkap menu jamuan yang disajikan. Jokowi bersama para ketua umum santap sajian khas Nusantara.

“Menu Nusantara menjadi sajian. Tempe mendoan, ayam goreng, cumi bakar dan kopi khas Indonesia,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kata-kata Motivasi Cinta Sejati untuk Pasangan Bisa Kamu Makin Romantis

Liputan6.com, Jakarta Cinta merupakan sebuah anugerah terindah yang dimiliki oleh manusia. Cinta membuat kehidupan manusia berjalan lebih indah dan bermakna. Kata-kata motivasi cinta romantis pun dapat tercipta karena adanya cinta.

Biasanya ketika seseorang tengah jatuh cinta, pasti akan meluncur kata-kata motivasi cinta, bijak, indah, dan menyentuh hati. Cinta memang hal yang abstrak dan sulit dilukiskan lewat untaian kata. Ia hanya dapat dirasakan, tapi tak bisa dipegang, dilihat, dicium maupun didengar. Tapi, kata-kata motivasi cinta bisa membantu kamu menggambarkan perasaan pada pasangan. Kamu pun jadi mudah mengungkapkan rasa itu ke pasangan terkasih.

Kata-kata motivasi cinta ini juga biasanya dapat ditemukan di dalam sebuah buku bacaan atau sebuah novel. Berikut kata-kata motivasi cinta paling romantis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cinta adalah perasaan yang aneh

1. Anonim

Ada perbedaan antara ‘cinta’ dan ‘suka’. Kalau kau menyukai suatu bunga, kau akan memetiknya. Tapi kalau kau mencintai bunga itu, kau akan merawat dan menyiraminya setiap hari.

Meski kamu tak bisa memilikinya, kamu akan tetap melakukan segala cara agar dia tetap tersenyum. Tak peduli meski hal itu malah membuatmu kerepotan atau kesusahan.

2. Avijeet Das, penulis asal Nepal

Cinta adalah perasaan yang aneh! Kau tak paham apa yang sedang terjadi padamu saat kau sedang mengalaminya.”

Dia datang begitu saja. Kamu mungkin tak menyadari kehadirannya dalam hatimu. Tahu-tahu, hidupmu sudah dibuat jungkir balik karenanya. Hingga akhirnya, kamu tak paham dengan apa yang terjadi dengan dirimu sendiri.

3. Honore de Balzac, novelis asal Prancis

Tidak ada seorang pun yang mencintai pasangannya karena ia tampan/cantik atau jelek, juga bodoh atau pintar. Kita semua mencintai karena perasaan itu sendiri.

Terkadang mungkin kamu bingung kenapa kamu mau mengorbankan apa pun demi seseorang. Padahal orang-orang di sekitarmu mengatakan dia jelek, bodoh, dan tak layak kamu cintai. Tak perlu bingung, karena cinta memang soal rasa. Tak perlu juga membenci atau mempertanyakan dirimu sendiri. Lebih baik, nikmati selama rasa itu masih ada.

3 dari 5 halaman

Rasa cinta memang muncul dari hati

4. H. Jackson Brown, Jr, penulis asal Amerika

Terkadang hati mampu melihat apa yang tidak nampak di mata.”

Rasa cinta memang muncul dari hati. Meski secara visual dia tak seganteng idol Korea, mungkin saja hatimu tahu, kalau ada sesuatu yang membuatnya layak kamu cintai.

5. Perahu Kertas

Di antara miliaran manusia, pasti Tuhan memiliki alasan mengapa kau dan aku dipertemukan.

Kata-kata romantis ini diambil dari film Perahu Kertas yang dibintangi Maudy Ayunda, Adipati Dolken, dan Reza Rahadian. Saat kamu ragu kenapa pilihan hatimu jatuh padanya, ingatlah kutipan di atas. Mungkin Tuhan memiliki alasan tersendiri yang belum kamu ketahui. Entah karena ingin kalian berjodoh selamanya, atau mungkin ingin kamu mengambil suatu pelajaran dari hubungan ini.

6. Wonder Girl, girl group

Kalau aku sudah memilikimu, aku tidak membutuhkan apa-apa lagi.

Ketika kamu mencintai seseorang, saat itulah kamu akan merasa tidak membutuhkan apa-apa lagi selain kekasihmu itu. Seolah dengan memilikinya saja, dunia sudah berada dalam genggamanmu.

4 dari 5 halaman

Jangan ragu mengutarakan perasaanmu

7. Stephen Chbosky, novelis asal Amerika

Aku hanya mau kamu tahu bahwa kamu sangat spesial. Dan satu-satunya alasan aku memberitahumu adalah karena aku tidak yakin ada yang sudah pernah memberitahumu sebelumnya.

8. Melvin Udall, tokoh fiksi dalam film As Good As It Gets

Kamu membuatku ingin menjadi sosok yang lebih baik.

Ketika kamu akhirnya jatuh cinta dengan pasanganmu. Banyak hal yang kamu pelajari bersamanya, akhirnya akan membuatmu berubah menjadi seorang yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

9. Novel Dilan 1990

Sekarang kamu tidur. Jangan bergadang. Dan, jangan rindu. Berat, kau gak akan kuat. Biar aku aja.

10. Novel London: Angel

Jangan menunda. Jangan habiskan separuh hidupmu untuk menunggu waktu yang tepat. Seringnya, saat kau sadar, waktu yang tepat itu sudah lewat. Kalau sudah begitu, kau cuma bisa menyesal.

Ragu mengutarakan perasaanmu ke dia? Hati hati lho, kalau menunggu terlalu lama, bisa bisa kesempatan itu malah lewat begitu saja. Mungkin saja orang yang kamu sukai malah sudah berlabuh ke pelukan orang lain.

5 dari 5 halaman

Jangan malah jadi posesif

11. Novel Hujan Bulan Juni

Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu.

Mencintai seseorang memang sebaiknya menghasilkan perubahan yang positif. Jangan malah jadi posesif dan mementingkan perasaanmu sendiri. Jangan berhenti mendoakan keselamatan dan kebahagiaan orang yang kamu sayang jika kamu memang benar-benar menyayanginya.

12. Novel Habibie & Ainun

Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?

13. Novel Marmut Merah Jambu

Cara yang paling mudah untuk tahu apakah kita cocok dengan orang tersebut atau tidak adalah ketika kita merasa lupa waktu.

Untuk mengetahui kecocokan dan kesamaan frekuensi di antara kamu dan pasangan, cobalah meluangkan waktu bersamanya. Apakah kamu merasa nyaman untuk saling berbagi tawa dan duka? Apakah waktu terasa berlalu begitu saja? Kalau iya, mungkin dia memang orang yang sedang kamu cari. Cobalah mengenalinya lebih dalam lagi sebelum mengutarakan perasaanmu.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Erick Thohir: Ma’ruf Amin Sudah Latihan Debat Kemarin

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, mengatakan, calon wakil presiden Ma’ruf Amin sudah latihan debat pada Senin 14 Januari kemarin. Sedangkan calon presiden Jokowi, tidak latihan karena sudah terbiasa.

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Jokowi dan sejumlah Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta.

“Cawapres ada latihan kemarin sempat sekali. Karena kan beliau harus terbiasa dengan sistem debat. Kalau Pak Jokowi sudah biasa sudah berapa kali,” ucap Erick di lokasi, Selasa (15/1/2019) malam.

Dia menegaskan, untuk Jokowi sendiri sifatnya mengalir saja, tergantung situasi lapangan. Pasalnya, ada beberapa perubahan dalam debat perdana 17 Januari mendatang.

“Mungkin situasional lapangan saja. Yang mungkin beliau ingin lihat. Karena dalam debat pertama ini, sepertinya agak berubah. Contoh ada penonton di belakang beliau yang duduk kan. Konsepnya itu kan belum pernah. Mungkin beliau mencoba ingin melihat. Oh seperti ini tempat duduknya. Hal itu seperti biasalah,” ungkap Erick.

Dia menegaskan, pihaknya sampai sekarang belum menjadwalkan adanya latihan bareng antara Jokowi dan Ma’ruf.

“Saya rasa belum di schedule. Saya rasa sih mereka sudah punya komunikasi yang sangat bagus,” jelas Erick.

Dia pun mengungkapkan, untuk hasil latihan Ma’ruf Amin sejauh ini berjalan baik. Dirinya pun meminta untuk nanti melihat sendiri saat hari H.

“Alhamdulillah bagus, beliau sangat serius sekali dalam mempersiapkan latihan ini. Kita lihatlah nanti,” kata Erick.

Dia menuturkan, tidak akan ada kejutan. Yang pasti bagaimana menyampaikan dan memberikan program baik untuk masyarakat.

“Jangan kejutan terus dong. Masa Kiai kejutan. Tapi, bagaimana beliau bisa memberikan program-program yang baik. Dan hal ini yang sangat positif yang saya rasa,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Kumpul dengan Para Ketum

Sebelumnya, Presiden RI yang juga maju sebagai calon presiden 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi, hari ini berkumpul dengan para Ketua Partai politik Koalisi Indonesia Kerja. Dia mengatakan, hanya membahas soal evaluasi yang sudah dilakukannya.

“Pertemuan rutin dalam rangka evaluasi pekerjaan-pekerjaan yang telah kita lakukan dengan semua ketua-ketua partai koalisi Indonesia Kerja dan ke depan apa yang kita lakukan. Bicara yang ringan-ringan. Banyak makananya, bicaranya sedikit,” ucap Jokowi usai pertemuan di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Selasa (15/1/2019) malam.

Dia menegaskan, tidak ada wejangan untuk persiapan debat dari para Ketum. Hanya evaluasi saja yang sudah dilakukan saat ini.

“Bicara, mengevaluasi apa yang kita lakukan. Intinya itu saja. Saya kira semuanya baik-baik,” jelas Jokowi.

Saat ditanya, apakah hari ini juga melakukan latihan debat, mengingat agendanya hari ini semuanya bersifat internal. Dia menepisnya.

“Enggak, enggak. Debat aja pakai latihan,” ungkap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain Laboratorium Sekolah, Sindikat AN Cs Simpan Narkoba di Apartemen

Liputan6.com, Jakarta – Selain laboratorium sekolah, Sindikat narkoba AN Cs ternyata memiliki gudang lain untuk menyimpan naroba.

Unit Narkoba Polsek Kembangan bersama Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menemukan gudang penyimpanan narkoba di sebuah Apartemen di kawasan Srengseng, Kembangan Jakarta Barat.

Kapolsek Kembangan Kompol Joko Handoko, mengatakan, penemuan ini setelah pelaku diperiksa instensif.

“Kami melakukan penggeledahan di Apartemen Park View. Di sini (Apartemen) terdapat ratusan ribu butir narkoba golongam 4 dan obat-obatan yang masuk dalam daftar G,” tandas dia.

Sebelumnya, Polsek Kembangan Jakarta Barat menyita 355 gram sabu dan 7910 butir dan psikotropika golongan IV serta obat-obatan daftar G. Totalnya 7910 butir.

Barang tersebut ditemukan sebuah Laboratorium sebuah sekolah di Jakarta Barat. Adalah DL dan CP, kakak beradik yang mendesain tempat tersebut menjadi gudang penyimpanan narkoba sekaligus tempat tinggal.

“Barang disimpan di dalam laboratorium. Di situ ada sebuah ruangan yang dialihfungsikan jadi gudang dan tempat tidur,” kata Kapolsek Kembangan, Komisaris Joko Handono, Selasa (15/1/2019).

2 dari 3 halaman

Tes Urin Siswa

Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Jakarta Barat Uripasih mengatakan, pihaknya akan menjadwalkan pemeriksaan urine terhadap sejumlah siswa di Jakarta Barat.

Ini buntut dari hasil temuan Polsek Kembangan yang menemukan gudang Narkoba di dalam Laboraturium di sebuah sekolah.

“Iya pasti,” kata dia di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (15/1/2019).

Uripasih mengatakan, pihaknya akan berkerja sama dengan Kepolisian dan BNN Provinisi DKI Jakarta agar kegiatan tersebut segera merealisasikan.

Menurut dia, nanti hanya satu sekolah yang siswa akan dites urine. Itu yang dijadikan gudang narkoba oleh DL dan CP.

“Kami saat ini sedang menyusun perencenaan yang jelas nanti saya akan bersurat ke BNN,” terang dia.

Jika hasil tes urin ada yang positif, Uripasih menyatakan akan memberikan sangsi sesuai aturan yang berlaku. Yang terberat dikeluarkan dari sekolah.

“Saya akan melihat di tata tertib berapa nilai ketika anak terlibat menggunakan narkoba. Kalau nilai 100 pasti dikembalikan di orang tua,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Didakwa, Idrus Marham Malah Puji-puji Jaksa

Jakarta – Ucapan manis dilontarkan Idrus Marham pada deretan jaksa KPK yang baru saja menyebutnya menerima suap sebesar Rp 2,25 miliar dari seorang pengusaha. Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar itu pun mengaku tidak keberatan dengan dakwaan yang dibeberkan jaksa itu.

Hal itu terjadi di dalam ruang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Selasa, 15 Januari 2019 siang. Selama kurang lebih 30 menit jaksa membacakan 21 lembar dakwaan tersebut. Isinya menyebutkan bila Idrus menerima uang dari pengusaha bernama Johanes Budisutrisno Kotjo.

“Menerima hadiah berupa uang secara bertahap yang seluruhnya berjumlah Rp 2.250.000.000 dari Johanes Budisutrisno Kotjo,” ucap jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Kotjo disebut jaksa sebagai pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd (BNR) yang ingin mendapatkan proyek di PLN tetapi kesulitan berkomunikasi dengan pihak PLN. Hingga akhirnya Kotjo meminta bantuan Setya Novanto yang saat itu sebagai Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR.

Novanto disebut telah lama mengenal Kotjo. Dari Novanto, Kotjo dikenalkan dengan Eni Maulani Saragih yang bertugas di Komisi VII DPR. Melalui Eni, Kotjo dapat berkomunikasi langsung dengan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir.

Dalam perjalanannya Eni selalu melaporkan perkembangan Kotjo pada Novanto. Namun suatu ketika Novanto tersandung kasus korupsi proyek e-KTP. Eni pun memutar haluan dengan melapor ke Idrus sebagai representasi pimpinan Golkar saat itu.

Jaksa menyebut Idrus saat itu mengarahkan Eni agar meminta uang ke Kotjo. Selain itu Idrus disebut mengarahkan sebagian uang dari Kotjo sebesar Rp 713 juta untuk penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar untuk menggantikan Novanto di posisi Ketua Umum Partai Golkar.

“Terdakwa selaku penanggung jawab Munaslub Partai Golkar mengarahkan Eni Maulani Saragih selaku bendahara untuk meminta uang kepada Johanes Budisutrisno Kotjo guna kepentingan Munaslub Partai Golkar tahun 2017,” kata jaksa.

“Dikarenakan terdakwa berkeinginan untuk menjadi pengganti antarwaktu Ketua Umum Golkar. Terdakwa ingin menggantikan Setya Novanto yang masih memiliki sisa jabatan 2 tahun,” imbuh jaksa.

Selepas itu majelis hakim mempersilakan Idrus untuk menanggapi, apakah akan mengajukan nota keberatan atau eksepsi atau tidak. Idrus pun membuka suara.

“Kami tidak ajukan eksepsi dengan berbagai pertimbangan,” ujar Idrus.

Alasan Idrus adalah agar apa yang didakwakan padanya dibuktikan dalam persidangan saja. Selain itu dia mengaku tidak berprasangka buruk pada KPK sejak awal.

“Saya justru terima kasih terlepas dari siapa pun benar salahnya proses saya lalui sampai saya ada di sini. Kenapa? Karena ternyata ada hikmahnya saya banyak merenung dan merespons masalah bangsa terutama penegakan hukum dalam keadilan,” kata Idrus yang mengaku menulis buku dari balik sel tahanan.

Tak lupa pujian untuk jaksa disampaikan Idrus. Pun terhadap majelis hakim, Idrus melontarkan penghargaan.

“JPU (jaksa penuntut umum) masih muda-muda, yang tentu memiliki idealisme yang tinggi, tentu sangat positif keadilan,” kata Idrus.

“Saya melihat majelis hakim adalah teladan penegak keadilan yang memiliki track record. Ketika saya di DPR bidang hukum, tahu persis orang (hakim) yang ditugaskan di Jakarta orang yang senior dan punya prestasi dan memiliki integritas dan komitmen,” imbuh Idrus.

Pujian dari Idrus itu tidak menjadi masalah bagi jaksa. Usai persidangan, salah seorang jaksa yang menangani perkara itu, Lie Putra Setiawan, mengaku berpegang teguh membuktikan perkara yang diajukan dalam persidangan tanpa melihat secara subjektif siapa pun terdakwanya.

“Tentunya kami akan buktikan dakwaan kami pada proses pemeriksaan nantinya,” ucap Lie.
(dhn/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Presiden La Liga Akan Senang jika Mourinho Kembali ke Spanyol

Liputan6.com, Madrid – Presiden kompetisi La Liga, Javier Tebas, berharap Jose Mourinho kembali ke Spanyol. Tebas senang jika Mourinho melatih salah satu klub Spanyol.

Sebelumnya, Mourinho pernah selama tiga musim melatih klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Pencapaian Mourinho tidak buruk bersama Los Blancos.

Mourinho mengantarkan Real Madrid sekali juara La Liga dan merebut satu trofi Copa del Rey. Supercopa de Espana juga diraih El Real berkat tangan dingin pelatih asal Portugal itu.

Tebas percaya jika kembalinya Mourinho ke La Liga adalah sesuatu yang positif. Tebas mengatakan, sejumlah tantangan besar yang menggembirakan akan hadir seiring dengan kedatanga Mourinho.

“Hal itu merupakan kabar gembira bagi sepak bola Liga Spanyol,” kata Tebas kepada radio Catalan RAC1 ketika ia diminta komentar soal kembalinya Mourinho ke La Liga Spanyol.

2 dari 3 halaman

Menganggur

Pada Desember tahun lalu, Mourinho dipecat dari kursi pelatih Manchester United. Pelatih berusia 55 tahun ini pun menganggur dan sejumlah klub besar mulai dikaitkan dengan dirinya.

“Dia (Mourinho) pelatih fantastis yang berkualitas. Prestasinya sungguh luar biasa,” papar Tebas.

3 dari 3 halaman

Fantastis

“Sungguh fantastis pula kalau liga ini memperoleh dia kembali, meski belum ada klub yang menampung dia,” ucap pria berusia 56 tahun ini.

Saksikan video menarik di bawah ini

Dicopot dari Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Masih Diperiksa Propam

Dicopot dari Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Masih Diperiksa Propam Foto: Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setiawan (ist)

PalembangKapolres Empat Lawang di Sumatera Selatan, AKBP Agus Setiawan dicopot karena hasil tes urinenya positif narkoba jenis sabu dan ekstasi. Bagaimana nasibnya sekarang?

Sang Kapolres yang diketahui menjabat pada akhir November 2017 lalu itu saat ini sedang diperiksa oleh Propam Polda Sumsel. Dia ditahan untuk kepentingan penyidikan.

“Hasil pemeriksaan lab dan keterangan dokter, ada 2 zat yang terkandung pada urine Kapolres. Dua zat itu adalah sabu dan ekstasi,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnian saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (15/1/2018).

Secara tegas Kapolda mengatakan tidak ada kasus lain yang menyebabkan sang kapolres dicopot, kecuali kasus narkoba. Bahkan jabatan kapolres tidak menjadi alasan untuk menunda penyelidikan oleh Propam.

“Sekarang diperiksa Bid Propam Polda. Otomatis ditahan dulu untuk keperluan penyelidikan. Kalau main-main dengan narkoba saya tindak tegas,” imbuh pria yang akrab disaba Zul ini.

Sebagaimana diketahui, AKBP Agus Setiawan positif narkoba saat dilakukan tes urine secara mendadak di Polda Sumsel, Jumat (11/1). Tes dikabarkan karena AKBP Agus telah masuk dalam dalam target Polda Sumsel.
(ras/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Terkait DP Nol Persen, Ini Komentar Toyota

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi menurunkan down payment (DP) untuk pembelian kendaraan, dari paling rendah 5 persen menjadi nol persen.

Aturan baru mengenai Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan itu tertuang dalam peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018.

Melihat hal tersebut, Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto menegaskan, tidak adanya kenaikan harga tak bersangkutan dengan kebijakan tersebut.

“Kalau DP nol persen kan lebih ke arah mekanisme pembayaran, kalau ini kan harga dari Avanzanya sendiri, jadi enggak ada hubungannya sama sekali,” kata Henry.

Terkait DP nol persen, Henry mengaku pengaruh positif yakni peningkatan penjualan kendaraan bermotor dapat terjadi setelah adanya kebijakan baru tersebut.

“Tentu saja secara teori ini sangat mempengaruhi masyarakat untuk membeli kendaraan. Harapan kita adanya kemudahan down payment dapat memberikan dampak positif,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, Henry juga menghimbau para perusahaan pembiayaan untuk dapat selalu dalam kondisi optimal agar bisa mendukung program DP nol persen.

“Tapi kan kita juga harus hati-hati, karena pihak leasing harus tetap dalam kondisi baik untuk men-support hal ini,” pungkasnya.

Baliho Caleg Dicoret ‘PKI’, PSI Duga Pelaku Kader Partai Lain

Jakarta – Baliho caleg PSI di Tulungagung, Cornella dirusak dengan disemprot cat bertuliskan ‘PKI’. PSI mengutuk aksi vandalisme itu.

“Aksi itu tidak bisa dibenarkan. Itu hanya mencerminkan kekerdilan pikiran pelaku. Mereka tidak senang dengan kehadiran PSI tapi melampiaskan dengan cara-cara tidak beradab,” kata Wasekjen PSI Satia Chandra Wiguna dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/1/2019).

Cornella merupakan caleg DPRD Tingkat II PSI Dapil 1 Tulungagung. Hingga saat ini belum diketahui siapa pihak yang melakukan pengerusakan baliho tersebut.


Chandra menduga pelaku perusakan baliho Cornella merupakan kader dari partai lain. Ia menyebut, perbedaan politik merupakan hal biasa dalam demokrasi, namun merusak baliho menurutnya tidak seharusnya dilakukan pihak-pihak yang tidak sepakat dengan PSI.

“Mungkin mereka merasa terancam dengan kehadiran PSI. Tren elektibilitas PSI memang terus positif. Terakhir temuan survei Y-Publica menyatakan elektabilitas PSI sudah 2,9%,” sebut Chandra.

Meski ada aksi vandalisme terhadap pihaknya, PSI mengaku tidak akan patah arang. Chandra menyebut PSI menjadikan kasus perusakan ini sebagai motivasi dan berharap pihak berwenang segara mengurutnya.

“Justru kami makin termotivasi untuk terus berjuang merebut hati rakyat,” tuturnya.

“Kami berharap pihak-pihak terkait segera mengusut perusakan itu. Temukan pelakunya dan beri sanksi,” imbuh Chandra.

Sebelumnya diberitakan, aksi vandalisme mewarnai musim kampanye Pemilu 2019 di Tulungagung. Sejumlah baliho caleg PSI, Cornella, dirusak dengan dicoreti tulisan ‘PKI’.

Dari pantauan detikcom, perusakan itu terlihat di dua lokasi yakni Kelurahan Bago serta Desa Plosokandang. Tulisan PKI dari cat semprot berwarna hitam menutupi foto caleg perempuan tersebut. Bawaslu Tulungagung mengaku telah mengetahui adanya perusakan itu.

“Kami masih menunggu laporan dari caleg yang bersangkutan. Karena dalam Undang-undang Pemilu itu kewenangan Bawaslu itu sangat terbatas, setiap kasus terkait pemilu harus memenuhi dua unsur untuk bisa dilanjutkan,” kata Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun, Senin (14/1).
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>