Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

Menguak Cara Terbaik untuk Melihat Keindahan Pelangi

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah fenomena alam yang biasanya terjadi usai berhetinya hujan adalah munculnya pelangi. Karena tampilannya yang penuh warna dan unik, pelangi telah dikaitkan dengan banyak mitos di berbagai daerah yang ada di dunia.

Tetapi kenyataannya adalah pelangi hanya dapat dilihat ketika cahaya matahari melewati tetesan hujan, demikian menurut Kristin Calhoun, seorang ilmuwan peneliti di National Oceanic & Atmospheric Administration (NOAA), lembaga ilmiah yang sebagian berfokus pada kondisi cuaca.

Pelangi merupakan hasil dari ilusi optik yang diciptakan oleh pembiasan dan pantulan cahaya mentari.

Ketika cahaya matahari melewati tetesan air hujan, sinarnya melengkung atau membias dan kemudian memantulkan bagian dalam tetesan hujan. Ini terjadi karena air bersifat lebih padat daripada udara yang mengelilinginya.

Saat keluar dari tetesan air, cahaya matahari memisah menjadi panjang gelombang. Cahaya akan terdiri dari berbagai panjang gelombang, dan setiap panjang gelombang muncul sebagai warna yang berbeda, yakni merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Warna merah, misalnya, melengkung pada sudut yang berbeda dari warna ungu. “Inilah yang meyebabkan kita dapat melihat setiap warna di lokasi yang berbeda dan mengapa pelangi terlihat seperti busur atau panah,” kata Calhoun, seperti dikutip dari situs Popular Science, Jumat (15/2/2019).

Namun, terkadang pelangi benar-benar dapat terlihat berbentuk lingkaran penuh. Peristiwa menakjubkan ini biasanya dapat diamati ketika kita menyaksikannya dari ketinggian tertentu –saat naik pesawat, misalnya.

Karena pelangi diciptakan oleh cahaya melalui tetesan hujan, maka waktu terbaik untuk melihatnya adalah ketika langit cerah, namun hujan turun rintik-rintik.

“Bahkan ada peluang yang lebih baik untuk melihat pelangi, ketika matahari berada pada sudut yang lebih rendah, pada pagi atau sore hari,” ungkap Calhoun.

Jika Anda ingin mencoba menemukan pelangi, kuncinya adalah Anda berada di tempat yang sedang hujan dan membelakangi matahari.

“Hujan gerimis dan badai sering terbentuk pada sore hari karena efek gabungan dari topografi dan pemanasan pada siang hari di tanah itu,” papar Calhoun. “Hujan jenis ini sering menghasilkan hujan lebat, tetapi tetap terisolasi di tengah-tengah pulau.”

Karena pelangi adalah ilusi optik, maka posisinya tidak terletak pada jarak tertentu.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pelangi 9 Jam di Taiwan Pecahkan Rekor Dunia

Sementara itu, masih terkait dengan kemunculan pelangi, suatu ketika pernah ada penampakan pelangi selama sembilan jam di Taiwan. Fakta ini akhirnya memecahkan rekor dunia. Guinness World Record mencatatnya sebagai pelangi terlama yang pernah ada, demikian menurut laporan media lokal.

Seperti dikutip dari Asia One, Sabtu 17 Maret 2018, banyak orang merasa beruntung bisa melihat pelangi tersebut. Akhirnya mereka berpikir bahwa fenomena tersebut tak hanya bisa berlangsung sesaat seperti sebelumnya.

Dua profesor di Taipei menemukan pelangi sembilan jam itu pada 30 November 2017 lalu.

Profesor dari kampus Chinese Culture University’s Department of Atmospheric Science (CCU) itu lalu mendokumentasikan pertunjukan cahaya warna-warni paling lama yang pernah ada.

Pelangi tersebut menghiasi langit dari pukul 06.57-15.55, atau dengan kata lain terlihat hingga nyaris sembilan jam.

“Rasanya seperti hadiah dari langit … sangat langka!” ujar salah satu profesor, Chou Kun-hsuan.

Foto yang diunggah di halaman Facebook universitas tersebut menunjukkan lengkungan warna-warni di atas bangunan kampus berarsitektur gaya China. Latar tanaman hijau nan subur semakin membuat pemandangan sangat indah.

“Dan tidak hanya ada satu, tapi empat – dua pelangi primer dan dua supernumerary,” menurut Chou.

Untuk menorehkan rekor sebagai pelangi terpanjang versi Guinness World Record, para profesor mengumpulkan lebih banyak bukti dari para saksi fenomena pelangi tak biasa di kampus hari itu.

Pelangi yang terlihat pada 30 November 2017 oleh Chou Kun-hsuan dan Liu Ching-huang (profesor) di Departemen Ilmu Atmosfer di CCU, dari atap Gedung Dayi di kampus CCU.

Menurut Chou, pelangi dimulai pada pukul 06.57 dan berlangsung sampai jam 15.55, atau 8 jam 58 menit.

Dengan pencatat tersebut, pelangi Taiwan mengalahkan rekor sebelumnya di Wetherby, Yorkshire, Inggris pada 14 Maret 1994. Fenomena itu tercatat berlangsung dari pukul 09.00 sampai 15.00.

Anggota panitia Guinness World Record, Kepala Biro Cuaca Pusat, profesor dan mahasiswa CCU, Direktur Biro Pariwisata Kota Taipei, dan Direktur Layanan Taman Nasional Gunung Yangming akan menghadiri upacara peresmian rekor tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Taiwan menerima rekor dunia untuk fenomena ilmu pengetahuan alam.

Benzema Jadi Tumbal Kemenangan Real Madrid atas Ajax

Liputan6.com, Jakarta Karim Benzema menjadi tumbal kemenangan Real Madrid atas Ajax Amsterdam pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions, Kamis dini hari WIB (14/2/2019). Pada laga ini, pemain Prancis itu harus meninggalkan lapangan lebih awal gara-gara mengalami cedera.

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Benzema terpaksa meninggalkan lapangan pada menit ke-73. Posisinya kemudian digantikan Marco Asensio.

Benzema sempat mencetak gol bagi Los Blancos pada menit 60. Ajax lalu membalas lewat H Ziyech menit 75′ sebelum Real Madrid kembali unggul lewat gol Marco Asensio (87′).

Seperti dilansir AS, cedera yang dialami Benzema tampak tidak serius. Real Madrid juga beruntung karena dalam waktu dekat ini tidak harus menghadapi pertandingan seberat Liga Champions. Ini memberikan waktu bagi Karim Benzema untuk memulihkan diri.

“Saya baik-baik saja, saya akan beristirahat satu atau dua hari dan hanya itu,” kata Benzema usai pertandingan.

Sejak ditinggal Cristiano Ronaldo, beban Benzema sebagi penyerang Real Madrid memang terasa lebih berat. Namun sayang, ketajaman striker nomor 9 tersebut sempat menurun.

Kondisi ini diperparah dengan cedera yang datang mengganggu. Benzema masih mengenakan pelindung tangan saat menghadapi Ajax Amsterdam akibat cedera jari yang dialami lawan Real Betis. Benzema juga tidak dalam kondisi terbaiknya dalam dua laga terakhir, yakni saat bertemu Barcelona dan Atletico Madrid.

2 dari 2 halaman

Gol ke-19 Musim Ini

Benzema sendiri sebenarnya merupakan aset berharga Real Madrid. Dia sempat menjadi mesin gol alternatif Los Blancos selain Ronaldo saat berhasil mencetak 32 gol pada musim 2012/13. Ini merupakan rekor baru yang ditorehkan striker bernomor 9.

Di markas Ajax, Karim Benzema kembali ditempatkan sebagai target man. Kerjasama cantik dengan Vinicius Jr pada menit ke-73 akhirnya berbuah gol ke-19 Benzema musim ini.

Kemenangan pada leg 1 tentu saja membuat langkah Los Blancos menuju babak perempat fiinal Liga Champions bakal lebih mudah. Apalagi leg kedua akan berlangsung di kandang sendiri, Santiago Bernabeu, 6 Maret mendatang. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Surat Ahmad Dhani untuk Sang Ibunda: Jangan Sedih dan Menangis

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani harus menjalani masa hukuman di Rutan Medaeng Surabaya, Jawa Timur setelah divonis bersalah atas kasus ujaran kebencian. Ia divonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta selatan selama satu tahun enam bulan. 

Putusan yang penetapan penahanan terhadap Ahmad Dhani pun direspon oleh pihak keluarga. Pihak keluarga ingin mengajukan penangguhan penahanan ke Pengadilan Tinggi Jakarta. Pihak keluarga pun telah menyetujui dan menjamin mengenai penangguhan penahanan tersebut.

Sebelumnya sang ibunda Ahmad Dhani ingin turut serta ke Pengadilan Tinggi untuk mengajukan penagguhan penahanan, akan tetapi dalam perjalanannya sang ibunda pun dikabarkan sakit. Hal ini pula yang disampaikan oleh Lies Sungkarisma selaku juru bicara keluarga Ahmad Dhani.

“Adiknya bilang ‘Pak Lieus saya tidak bisa ke sana saya mau antar ibu ke RS cek dulu nih ibu kayaknya drop’. Drop lah kan shock juga. Itu Ahmad Dhani kan anak laki satu-satunya,” ungkapnya.

2 dari 4 halaman

Surat untuk Ibunda

Mengetahui kabar sang ibunda yang jatuh sakit, Ahmad Dhani pun menuliskan sebuah surat yang ditujukan kepada sang Ibunda Joyce Theresia Pamela Kohler. Surat yang ditulis oleh Ahmad Dhani saat mendekam di Rutan Medaeng ini pun beredar di media sosial. Bahkan istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela pun memposting surat tersebut pada Insta Story akun Instagram pribadinya.

Surat ini ditulis langsung oleh Ahmad Dhani pada tanggal 13 Februari 2019. Ia meminta agar sang ibunda tidak bersedih dan juga menangis. Berikut isi dari surat yang ditulis oleh Ahmad Dhani untuk sang ibunda.

Surat untuk mama…

Dari anakmu tercinta

Ma, penjara bagi mereka yang tidak bersalah

Adalah STIK

Sekolah Tinggi Ilmu Kesabaran

Alhamdulillah sekarang aku menjadi orang yang lebih sabar

Mama jangan sedih

Mama jangan menangis,

Keluar dari penjara laknat ini,

Insya Allah aku menjadi orang

Yang lebih sabar.

Ahmad Dhani sendiri ditetapkan menjadi terdakwa oleh Pengadilan Negeri Surabaya terkait dengan ujaran yang dilontarkan kepada warga Jawa Timur yang menolak kampanye #2019GantiPresiden. Ia pun melontarkan ujaran idot melalui sebuah video yang ada di media sosial Facebook.  

3 dari 4 halaman

Ahmad Dhani batal konser dengan Dewa19

Dikarenakan penetapan dan juga penahanan Ahmad Dhani,  membuatnya terpaksa membatalkan ikut serta dalam konser Dewa19 Reunion di Kuala Lumpur,Malaysia. Meskipun pentolan dari grup Dewa 19 ini tak hadir, akan tetapi posisinya sebagai keyboardis digantikan oleh sang putra Dul Jaelani.

Saat konser berlangsung pun Dul tak bisa menahan air mata atas kasus yang menimpa sang ayah. Selain itu, Al Ghazali yang turut hadir dalam konser tersebut pun terlihat ikut menangis. Foto haru dari Dul sendiri diunggah oleh Ari Lasso pada akun Instagram pribadinya.

4 dari 4 halaman

Mulan Jameela jenguk Ahmad Dhani gunakan masker

Setelah dipindahkan ke Rutan Medaeng Surabaya, untuk pertama kalinya Mulan Jameela menjenguk sang suami. Ia menjenguk Ahmad Dhani pada Senin (11/2/2019) lalu di damping oleh rekannya menggunakan mobil Mercedes Benz. Saat menjenguk Ahmad Dhani, Mulan pun Nampak mengenakan pakain tertutup berwarna tosca lengkap dengan masker. Selain itu, Mulan juga menjenguk Ahmad Dhani setelah mendengar kabar bahwa sang suami drop di dalam tahanan.

Beda JK dan OSO soal Ahok Jadi Timses Jokowi

Jakarta – Dua pimpinan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin beda pendapat soal peran Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok di tim pemenangan pasangan nomor urut 01 itu. Bila Jusuf Kalla (JK) menolak Ahok masuk TKN, Oesman Sapta Odang (OSO) justru memberikan dukungan.

“Kalau saya ditanya sebagai Ketua Dewan Pengarah, jangan (Ahok masuk TKN),” kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Di TKN Jokowi-Ma’ruf, JK merupakan Ketua Dewan Pengarah. Pria yang kini masih menjabat sebagai Wapres ini punya alasan mengapa melarang Ahok masuk ke tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

Jika Ahok masuk ke TKN, kata JK, hal itu akan mengingatkan orang akan kasus penistaan agama yang membuat eks Gubernur DKI itu dihukum bui 2 tahun penjara. Menurutnya, Orang-orang yang sampai saat ini masih meyakini kesalahan Ahok akan mengira capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mendukung kesalahan Ahok.
“Bahwa bisa berakibat lagi orang mengingat bahwa ‘oh ini Pak Jokowi dukung orang yang penista agama’, kan bahaya itu, bisa mengurangi suara. Apa saya bilang nanti, jadi lebihlah tenang-tenang, toh pemilu lagi 2 bulan,” kata JK.

JK pun menilai efek yang akan diberikan Ahok bila masuk TKN Jokowi-Ma’ruf tidak akan signifikan mengingat pelaksanaan Pilpres 2019 tak akan lama lagi. “Juga efeknya tidak akan banyak,” tuturnya.

Rupanya OSO tak sependapat dengan JK. Menurut Dewan Penasihat TKN ini, Ahok sudah otomatis bergabung dalam pemenangan Jokowi-Ma’ruf tanpa perlu ada formalitas.

“Sebetulnya nggak usah disuruh bergabung juga dia udah bergabung kan, karena dia bergabung dengan PDIP. PDIP kan pendukung 01,” kata OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/2).

Beda JK dan OSO soal Ahok Jadi Timses JokowiFoto: Jusuf Kalla (JK). (Noval Dhwinuari Antony/detikcom).

Soal pernyataan JK terkait kasus Ahok, dia justru bertanya-tanya apakah kader baru PDIP tersebut betul penista agama. OSO juga mengingatkan, Ahok sudah menjalani hukumannya.

“Ya itu kan prediksi Pak JK, saya juga nggak bisa mempengaruhi. Tapi kan begini, apa benar Ahok itu penista agama? Itu kan menjadi tanda tanya, ya kan?” ujar Ketua DPD RI itu.

“Jadi, ya, sebetulnya dia sudah melakukan kewajibannya, ya sudah dong. Jadi apa yang mau dilakukan sebagai anak bangsa ya silakan aja dilakukan,” lanjut OSO.

Jokowi sendiri belum mengomentari polemik status Ahok di tim pemenangannya. Namun Ma’ruf Amin sudah angkat bicara. Ia setuju dengan pendapat JK.

“Saya kira bagus sarannya Pak JK itu ya bagus aja,” ujar Ma’ruf Amin kepada wartawan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (13/2).

Sementara itu menurut eks juru bicara Ahok di Pilgub DKI 2017, Raja Juli Antoni, Ahok sudah sadar dengan posisinya. Meski begitu, ia juga memahami kekhawatiran JK.

“Tanpa perlu dilarang, Ahok kayaknya sadar untuk tidak akan terlibat langsung pilpres kali ini, apalagi masuk secara formal di TKN,” ungkap Raja Juli kepada wartawan, Rabu (13/2).

Beda JK dan OSO soal Ahok Jadi Timses JokowiFoto: Ahok saat ke rumah OSO. (Screenshot video)

“Dalam konteks itu, saya bisa memahami kekhawatiran Pak JK. Politik identitas pada pilpres lalu sampai sekarang sangat kental. Apalagi setelah Pilkada DKI,” sambung Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf itu.

Terlepas dari masalah ini, Toni meyakini Ahok akan berperan untuk pemenangan Jokowi lewat caranya sendiri. Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Amin itu yakin Ahok juga tak akan memaksa bisa masuk timses pasangan nomor urut 01 tersebut.

“Dalam konteks itu, saya bisa memahami kekhawatiran Pak JK. Politik identitas pada pilpres lalu sampai sekarang sangat kental. Apalagi setelah Pilkada DKI,” tutup Toni.

Ikuti Perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Muncikari artis VA Mengaku Tak Punya Hubungan dengan Della Perez

Liputan6.com, Jakarta Kasus prostitusi artis VA juga menyeret nama adik mendiang Julia Perez, Della Perez. Beberapa waktu lalu ia telah memenuhi panggilan Polda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan. 

Diduga pemanggilan Della Perez berasal dari hasil pengembangan oleh pihak kepolisian. Namun muncikari dalam kasus prostitusi ini, yaitu F, mengaku tak memiliki hubungan dan tak mengenal Della Perez.

Namun begitu, nama Della Perez sempat disebut oleh muncikari F saat penyidikan. 

“Tidak ada hubungannya. Tapi ada seseorang, ada chat yang bercerita tentang dia (Della Perez). Chatnya ke F bahwa menawarkan aja,” imbuh pengacara muncikari F, Didit Pramana Putra, di kawasan Rawa Bunga, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019).

2 dari 3 halaman

Tak Tahu

Sayangnya pengacara tak bisa memastikan apa isi chat yang diterima oleh F. Kuasa hukum tak tahu sebab itu sudah masuk ranah tim penyidik. 

“Menyebut nama Della saja tapi apakah soal prostitusi atau tidak, di luar pengetahuan kita. Hanya menyebut saja,” imbuh tim pengacara muncikari F, Jusairi di tempat yang sama.

3 dari 3 halaman

Penangguhan

Sementara itu, Polda Jawa Timur memutuskan untuk menangguhkan penahanan muncikari F. Saat ini F sudah berada di kediamannya di Jakarta.  

Penangguhan penahanan dilakukan berdasarkan asas kemanusiaan karena F sedang mengandung tujuh bulan. Yang menjadi penjaminnya adalah suami muncikari F sendiri.

“Klien kami posisinya sedang mengandung, kedua sedang menyusui punya anak kecil, dan ketiga tulang punggung keluarga,” kata Didit Pramana.

Penahanan Muncikari Artis VA Ditangguhkan Sampai Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Polda Jawa Timur memutuskan untuk menangguhkan penahanan muncikari artis VA yang berinisial F. Saat ini F sudah berada di kediamannya di Jakarta.  

Penangguhan penahanan kepada muncikari artis VA dilakukan berdasarkan asas kemanusiaan karena F sedang mengandung tujuh bulan. Yang menjadi penjaminnya adalah suami dari muncikari F sendiri.

“Klien kami posisinya sedang mengandung, kedua sedang menyusui punya anak kecil, dan ketiga tulang punggung keluarga,” kata Didit Pramana, kuasa hukum muncikari artis VA  saat jumpa pers di kawasan Rawa Bunga, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019).

2 dari 3 halaman

Beberapa Bulan

Namun penangguhan penahanan ini hanya berlaku beberapa bulan saja. Dan penangguhan ini tak mengartikan muncikari F terbebas dari segala tuntutan. 

“Menurut keterangan Polisi Jawa Timur ditangguhkan sampai lahiran selesai,” ucap Didit Pramana.

3 dari 3 halaman

Penangguhan

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan sudah menetapkan empat muncikari artis dan model sebagai tersangka. Namun dari keempat tersebut, hanya tiga muncikari saja yang sudah ditahan. 

Luki menuturkan bahwa salah satu muncikari artis dan model berinisial F, dua hari setelah ditangkap dan hingga saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim karena sedang hamil atau mengandung bayinya.

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Aceh hingga Belitung… 3 Temuan Harta Karun di Indonesia Menuai Sorotan Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Nama Situs Talangpati di Kebumen, Jawa Tengah sejatinya benar-benar nyaris tak terdengar. Tempat yang diduga peninggalan peradaban kuno itu ditemukan pada 2010 lalu.

Dari lokasi tersebut, warga kerap menemukan patahan emas selain batu arca, serta alat dapur kuno (gerabah) menyebar dari mulut ke mulut dan menyebabkan banyak orang menggali peruntungan mencari harta karun terpendam.

Selain temuan emas di Kebumen, sejumlah benda yang ditemukan secara tak sengaja di Indonesia dan dianggap sebagai harta karun juga sempat jadi sorotan dunia.

Berikut tiga di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber, Minggu (10/2/2019):

1. Kapal Harta di Belitung

Harta karun yang ditemukan di dasar laut Belitung (Wikipedia)

Sebuah kapal layar jenis dhow mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi. Namun, saat berlayar pulang ia tenggelam di titik 1,6 kilometer dari lepas pantai Pulau Belitung. 

Tilman Walterfang, seorang direktur perusahaan beton asal Jerman ikut andil menemukan harta karun bernilai jutaan dolar itu. Ia menyelam ke dasar lautan.

“Saya mendarat di apa yang tampak seperti bagian terumbu karang biasa,” kata Walterfang kepada majalah Jerman Der Spiegel

“Benar-benar mirip gundukan bawah air seukuran sebuah bukit kecil yang terbentuk dari puluhan ribu keping keramik yang terawat dengan baik.”

Harta karun itu punya makna sejarah besar sehingga pihak Shanghai, Singapura, dan Doha di Qatar saling berlomba untuk membelinya.

Sekitar 60 ribu artefak dikumpulkan tim Walterfang dari dasar laut, termasuk kendi minuman anggur, mangkuk teh dengan pola timbuk dari emas, piala perak, juga piring berusia 1.200 tahun.

Bangkai kapal ini berkontribusi terhadap dua penemuan besar bagi para arkeolog, yakni koleksi artefak tunggal terbesar dari zaman Dinasti Tang yang ditemukan di puing-puing kapal, yang dikenal dengan sebutan “harta karun Tang”.

Yang kedua adalah kapal dhow Arab, yang melahirkan gagasan baru bahwa hubungan perdagangan antara Arab dan Tiongkok telah terjalin pada periode tersebut.


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 3 halaman

2. Tsunami Aceh Menguak Harta Karun

Adalah Fatimah yang menemukan harta karun ini. Kala itu ia tengah menyisiri rawa-rawa di Desa Gampong Pande, Aceh. Mencari tiram.

Tiba-tiba matanya melihat benda kotak yang teronggok di antara kubangan lumpur. Kotak itu ditutupi koral dan tiram. Saat memukul permukaannya, untuk mengambil tiram, benda itu tiba-tiba terbuka.

Perempuan itu kaget bukan kepalang. Sebab, isi kota tersebut ternyata koin-koin emas yang bertuliskan aksara Arab.

“Koin-koin itu tumpah ketika ia membuka peti itu,” kata Abdullah, penduduk Gampong Pande, seperti dikutip dari Daily Mail, yang memuat artikel itu pada 2013.

Harta karun tersebut ditemukan dekat kuburan kuno yang keberadaannya dikuak gelombang tsunami dahsyat yang melantak Aceh pada 2004. Koin yang ditemukan diperkirakan berasal antara tahun 1200 hingga 1600 Masehi.

Gelombang gergasi mengangkat makam kuno yang berisi jasad penguasa pada Abad ke-13 yang dimakamkan bersama harta benda miliknya.

Sebelum tsunami terjadi, tak ada warga yang berani mengusik makam yang dikeramatkan tersebut. Khawatir arwah mendiang bakal balas dendam.

Namun, pascatemuan tersebut, orang-orang menyerbu Gampong Pande. Membawa peralatan sederhana, mereka juga ingin dapat harta karun.

Koin yang ditemukan kemudian dijual ke penadah yang saat itu mematok harga Rp 800 rupiah tiap keping.

Gempong Pande terletak di bekas wilayah kerajaan Islam pertama di Aceh, yang dipimpin Dinasti Meukuta Alam.

Kerajaan itu kemudian bergabung dengan negeri tetangga, yang diperintah Dinasti Darul Kamal menjadi Kerajaan Aceh Darussalam yang dipimpin Sultan Iskandar Muda Johan Pahlawan Meukuta Alam (1590-1636).

Selama masa kepemimpinannya, kerajaan tersebut menjalin hubungan diplomatik dengan Inggris, Kekaisaran Ottoman di Turki, dan Belanda.

Antara Abad ke-13 dan ke-17, desa Gampong Pande menjadi semacam sentra industri, yang memproduksi banyak barang, termasuk koin emas.

Kabar penemuan harta karun pascatsunami tersebut menjadi perhatian dunia. Sejumlah media asing mengabarkannya ke seluruh penjuru Bumi.

3 dari 3 halaman

3. Harta Karun Titanic dari Timur

Antara April 2004 dan Oktober 2005, ekskavasi kapal berisi harta karun di kedalaman 56 meter dilakukan dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Bahtera itu awalnya dilaporkan para nelayan yang menjala ikan di sekitarnya.

Tumpukan harta karun terbaring di dasar laut Indonesia selama lebih dari 1.000 tahun. Sebanyak 270 ribu objek termasuk kristal, permata, keramik, porselen Tiongkok, mutiara, dan emas ditemukan para penyelam di sebuah bangkai kapal dari Abad ke-10 yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Tim penyelam harus melakukan 22 ribu perjalanan dari kapal barang tersebut untuk mengambil muatannya.

Para penyelam ini adalah bagian dari anggota tim hasil kolaborasi antara dua perusahaan, yakni Cosmix Underwater Research Ltd dengan perusahaan lokal, PT Paradigma Putra Sejahtera.

Pemburu harta dari Belgia, Luc Heymans ikut serta dalam pencarian warisan nenek moyang itu.

Di antara benda berharga yang ditemukan adalah batu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah.

Berdasarkan catatan sejarah, Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad. Fatimah merupakan putri bungsu Nabi Muhammad dari istri pertama, Khadidjah.

Nilai total harta karun itu pada 2010 diperkirakan Rp 720 miliar. Namun, pelelangan pada tahun itu sepi peminat. Tak ada yang berniat menawar. 

Gara-garanya, tak ada peminat yang menyerahkan uang jaminan sebesar 20 persen dari harga limit atau sekitar US$ 16 juta. Uang jaminan atau deposit itu cukup tinggi karena harta karun itu dilelang dalam satu paket.

“Sekitar 90 persen harta terdiri atas keramik,” kata Aris Kabul, dari pihak komite lelang, seperti dikutip dari BBC

Cirebon adalah destinasi awal para pedagang Muslim di Nusantara. Menurut para ahli sejarah, Islam datang ke wilayah Indonesia pada Abad ke-12. 

Temuan tersebut juga diharapkan memecahkan misteri mengapa raja-raja Jawa Abad ke-10 pindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur,  demikian menurut John Miksic, sejarawan maritim di National University of Singapore, seperti dikutip dari New York Times

Indonesia dikenal sebagai ‘kuburan kapal’ pada masa lalu. Baru sekitar 500 bangkai bahtera yang telah ditemukan hingga saat ini, ribuan lainnya masih belum diketahui posisinya. 

Guardiola Siap Ganti Posisi Fernandinho

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City Josep Guardiola mengaku siap untuk menggantikan posisi Fernandinho. Dia ingin menggeser posisi pemain asal Brasil ini sebagai bek tengah.

Dia pernah memainkan Fernandinho sebagai bek tengah. Guardiola merasa cukup yakin kalau sang gelandang tak ada masalah bermain di posisi tersebut.

Fernandinho dimainkan sebagai bek tengah saat Manchester City mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1. Fernandinho yang posisi aslinya sebagai gelandang bertahan diminta menemani Nicolas Otamendi di jantung pertahanan.

Fernandinho ternyata mampu melakukan peran barunya itu dengan sangat baik. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Fernandinho mampu menandingi kecepatan Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Guardiola kemudian kembali memainkan Fernandinho sebagai gelandang bertahan dalam pertandingan berikutnya. Hasilnya, Manchester City bisa meraih kemenangan 2-0 atas Everton.




2 dari 3 halaman

Sebagai Bek Tengah

Guardiola adalah manajer yang menggeser posisi Javier Mascherano dari lini tengah ke lini belakang di Barcelona. Ia yakin kalau Fernandinho bisa melakukan hal yang sama.

“Saya cukup yakin dia bisa bermain di posisi itu,” kata Guardiola seperti dilansir Fox Sports Asia.

“Dia cepat, dia kuat di udara dan ketika dia memiliki sepak bola di depannya dia melihat operan di dalam, pergantian permainannya sangat bagus.

“Dia cerdas untuk [tahu kapan] maju dan mundur, dia mengerti segalanya. Dia harus melatih lebih banyak tentang itu, tetapi saya pikir dia bisa melakukannya. Tapi tentu saja, posisinya adalah pemain lini tengah.”

3 dari 3 halaman

Tak Punya Pelapis

City tidak punya pemain yang bisa menjadi pelapis Fernandinho setelah gagal membujuk Jorginho untuk datang ke City tahun lalu. Meskipun begitu, Guardiola akan mencoba mencari solusinya.

“Kami memiliki beberapa opsi tetapi hari ini tidak mudah menemukan dan membeli pemain,” lanjut Guardiola.

“Kami sudah berbicara berkali-kali tentang itu. Kami berusaha membantu Fernandinho di posisi itu.

“Itu tidak mendekati. Tapi bursa transfer sudah berakhir, sampai musim panas kami punya waktu. Tidak masalah. Saya selalu optimis.”

Sumber: Bola.net