7 Fakta Menarik Porto vs Liverpool: Ganasnya Bomber The Reds

1. Hanya Steven Gerrard (21) yang telah mencetak gol lebih banyak di ajang European Cup/Liga Champions untuk Liverpool ketimbang Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah, yang semuanya naik menyamai catatan Ian Rush (14 gol).

2. Liverpool menjadi tim Inggris pertama yang berhasil mencapai semi-final Liga Champions secara berturut-turut setelah Chelsea dan Manchester United, yang melakukannya dalam tiga musim antara 2006-2007 dan 2008-2009.

3. Liverpool belum terkalahkan dalam empat lawatan ke markas Porto di kompetisi Eropa (menang dua, imbang dua); menyamai catatan lawatan tanpa kekalahan mereka di ajang Eropa melawan Barcelona.

4. Tiap dari 18 gol yang telah Liverpool cetak di Liga Champions, serta 15 gol keboblolan Porto pada kompetisi tersebut musim ini, lahir di dalam kotak penalti.

Hasil Liga Champions: Liverpool Kalahkan FC Porto 4-1

PortoLiverpool berhasil menuai kemenangan atas FC Porto pada leg II perempatfinal Liga Champions. The Reds menang 4-1 atas Do Dragao.

Dalam pertandingan di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019), Liverpool tampil efektif. Mereka mencetak 4 gol dalam total 5 shot on target seperti data yang dilansir oleh situs resmi turnamen.

Liverpool unggul 1-0 di babak pertama dengan gol yang dikemas oleh Sadio Mane pada menit ke-26. Lolos dari jebakan offside, Mane memasukkan bola umpan dari Mohamed Salah.

Salah mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-65. Pemain Mesir itu memaksimalkan terobosan Trent Alexander-Arnold dalam sebuah skema serangan balik.

Porto sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-69. Eder Militao yang membukukan namanya di papan skor meneruskan tendangan sudut.

Roberto Firmino membawa Liverpool unggul dua gol lagi dengan golnya pada menit ke-77. Umpan silang Jordan Henderson yang memudahkan pemain Brasil itu menjaringkan bola.

Virgil Van Dijk membuat Liverpool kian tak terkejar. Umpan sundulan Mane diselesaikan dengan tandukkan di muka gawang pada menit ke-84.

Dengan kemenangan 4-1 ini, Liverpool melaju ke semifinal Liga Champions dengan agregrat meyakinkan 6-1. Mereka akan menghadapi Barcelona di babak semifinal.

Susunan Pemain

FC Porto: Casillas; Militão, Pepe, Felipe, Alex Telles; Corona (Santos 78), Danilo, Herrera, Otávio (Tiquinho 46), Brahimi (Bruno Costa 81); Marega.

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold (Gomz 66), Matip, Van Dijk, Robertson (Henderson 71); Fabinho, Milner, Wijnaldum; Mané, Salah, Origi (Firmino 46).

(cas/nds)


Babak I: Porto Vs Liverpool Sementara 0-1

Porto – Babak I pertandingan leg II perempatfinal Liga Champions antara FC Porto dan Liverpool sudah kelar. Untuk sementara The Reds unggul 1-0.

Dalam pertandingan di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dinihari WIB, Porto langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit awal. Tendangan Marega pada menit keempat langsung mengancam gawang Liverpool.

Tiga menit kemudian, percobaan Marega juga masih belum membuahkan hasil. Sama halnya dengan percobaan Danilo pada menit ke-10, masih meleset dari target.

Marega melewatkan peluang lagi pada menit ke-15. Umpan silang dari Alex Telles sudah terukur. Tendangan pemain nomor punggung 11 itu dari dalam kotak penalti masih menyamping.

Hingga menit ke-20, Liverpool belum mampu menekan. Belum ada percobaan yang dilepaskan dalam data dari situs resmi turnamen. Sementara itu, Porto sudah melepaskan tembakan sebanyak sembilan kali, dua mencapai sasaran.

Liverpool mencetak gol pada menit ke-26. Umpan Mohamed Salah dari dalam kotak penalti, diselesaikan Sadio Made dengan jitu.

Gol Mane itu sempat tak disahkan wasit, tapi berkat bantuan video assistant referee akhirnya Liverpool diberi keunggulan 1-0. Gol itu merupakan percobaan pertama Liverpool ke gawang Porto.

Porto terus mencoba menyamakan kedudukan. Peluang berikutnya hadir pada menit ke-40, Jesus Corona yang melepaskan tembakan. Bolanya masih pelan menuju pelukan kiper Liverpool, Alisson Becker.

Percobaan James Milner untuk Liverpool pada masa injury time masih melenceng. Peluang itu sekaligus menutup babak pertama. Liverpool unggul 1-0 saat jeda, hingga memimpin agregrat 3-0.

Susunan Pemain

FC Porto: Casillas; Militão, Pepe, Felipe, Alex Telles; Corona, Danilo, Herrera, Otávio, Brahimi; Marega.

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Milner, Wijnaldum; Mané, Salah, Origi. (cas/yna)


Liga Champions: Data dan Fakta Porto vs Liverpool

* Liverpool selalu lolos dalam sembilan partai melalui dua leg terakhir di kompetisi Eropa, termasuk kualifikasi. Terakhir kali mereka tersingkir adalah lewat adu penalti melawan Besiktas di babak 32 besar Liga Europa 2014/15 (1-0 kandang, 0-1 tandang).

* Rekor tandang Liverpool melawan tim-tim Portugal adalah M3 S3 K4.

* Liverpool selalu kalah dalam 3 laga tandangnya di fase grup Liga Champions musim ini (0-1 vs Napoli, 0-2 vs Red Star, 1-2 vs PSG), sebelum menang tandang 3-1 atas Bayern Munchen di leg kedua babak 16 besar.

* Liverpool kalah 5 kali dalam 10 laga terakhirnya di Eropa, dan 5 kekalahan itu semuanya mereka dapatkan di luar Inggris.

* Liverpool lolos 31 kali dan hanya tersingkir 5 kali dalam partai-partai dua leg Eropa di mana mereka menang kandang pada leg pertama.

* Liverpool selalu lolos dalam partai dua leg Eropa di mana mereka menang 2-0 di kandang sendiri pada leg pertama (7 kali).

* Liverpool tak terkalahkan dalam 16 laga terakhirnya di semua kompetisi (M11 S5 K0).

* Liverpool selalu menang dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi. Akhir pekan kemarin, mereka mengalahkan Chelsea 2-0 di Anfield lewat gol-gol Sadio Mane dan Mohamed Salah.

* Sadio Mane mencetak 8 gol dalam 9 penampilan terakhirnya untuk Liverpool di semua kompetisi.

* Liverpool selalu menang dalam 3 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi: 3-1 vs Bayern Munchen, 2-1 vs Fulham, 3-1 vs Southampton.

* Liverpool tak terkalahkan dalam 7 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M4 S3 K0).

Sumber: Bola.net

Berita video statistik perempat final Liga Champions 2018-2019 leg pertama. Liverpool bungkam Porto 2 gol tanpa balas, Rabu (10/4/2019) di Anfield, Liverpool.

Porto vs Liverpool: Jurgen Klopp Ultimatum The Reds

Liputan6.com, Porto – Liverpool akan menghadapi Porto di Estadio do Drago pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) atau Kamis dini hari WIB. Di laga ini, The Reds, sebutan Liverpool, sudah unggul agregat 2-0.

Kendati demikian, manajer Liverpool, Jurgen Klopp memberikan ultimatum kepada anak asuhnya. Dia meminta Virgil van Dijk dan kawan-kawan tetap waspada, meski sudah unggul dua gol.

“Mereka (Porto) selalu memiliki permainan intens tinggi di atmosfer intens tertinggi. Dari tendangan pertama mereka akan pergi dengan arah yang jelas,” ucap Klopp, dikutip dari situs resmi klub.

“Kami dapat membandingkannya sedikit dengan pertandingan City tahun lalu. Ketika kami unggul 3-0 dan semua orang berpikir, ‘setengah jalan’ atau apa pun.”

“Kami pergi ke sana untuk memenangkan permainan, itulah rencananya. Itu tidak mudah, kita tahu itu, tetapi kita tidak boleh memikirkan hal lain karena itu selalu menjadi tujuannya,” kata manajer Liverpool asal Jerman itu menegaskan.

Jadwal Liga Champions Malam Ini, Porto Vs Liverpool dan City Hadapi Tottenham

Liputan6.com, Lisbon – Pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions 2018-2019 berlangsung tengah pekan ini. Dua laga sudah lebih dulu dimainkan dini hari tadi WIB.

Dua partai lagi baru akan digelar pada dini hari nanti WIB. Porto akan menjamu Liverpool, sedangkan Tottenham Hotspur mesti menyambangi markas Manchester City.

Pada leg pertama, Liverpool menang 2-0 atas Porto di Anfield. Tottenham juga sukses mengalahkan City 1-0 di Tottenham Hotspur Stadion, London.

Liverpool cuma butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal Liga Champions. Sementara City mesti menang dengan margin dua gol atau lebih atas Spurs untuk mengamankan tiket empat besar.

Mungkinkah terjadi kejutan di babak perempat final Liga Champions. Ajax Amsterdam sudah membuat kejutan lagi usai menyingkirkan Juventus, setelah sebelumnya mendepak Real Madrid di 16 besar.

Hasil Liga Champions: Kalahkan Porto, Liverpool Buka Peluang ke Semifinal

Jakarta – Liverpool sukses mengalahkan Porto 2-0 di leg pertama perempat final di Stadion Anfield, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB. Sukses itu membuka peluang The Reds melenggang ke semifinal. 

Dua gol penentu kemenangan Liverpool lahir di babak pertama, melalui sumbangan Naby Keita dan Roberto Firmino. Tim besutan Juergen Klopp punya modal meyakinkan melakoni leg kedua di markas Porto, dua pekan lagi. 

Liverpool juga diuntungkan karena Porto gagal mencuri gol tandang. Artinya, Liverpool tetap melenggang ke empat besar meskipun hanya bermain imbang di markas Porto. 

Bahkan, Liverpool tetap melaju ke semifinal jika kalah dengan margin satu angka. 

Liverpool memang lebih pantas menang, karena tampil agresif pada pertandingan tersebut. Hasilnya, Keita sudah berhasil membuka keunggulan ketika laga baru berjalan lima menit. Tembakan gelandang asal Guinea itu sempat membentur Oliver Torres dan gagal dihalau Iker Casillas.

Mohamed Salah memiliki dua peluang emas memperbesar keunggulan Liverpool. Sayang, usahanya belum membuahkan hasil.

Berita video statistik perempat final Liga Champions 2018-2019 leg pertama. Liverpool bungkam Porto 2 gol tanpa balas, Rabu (10/4/2019) di Anfield, Liverpool.

Hasil Liga Champions: Liverpool Bekuk Porto 2-0

LiverpoolLiverpool meraih modal penting dalam duel kontra Porto di perempatfinal Liga Champions. The Reds menang dua gol tanpa balas di leg pertama.

Pada laga yang dihelat di Anfield, Rabu (10/4/2019) dinihari WIB, Liverpool punya 15 attempts dengan tiga on goal. Sementara Porto punya delapan attempts dengan tiga on target.

Liverpool memimpin 2-0 dalam tempo di bawah setengah jam. Gol pertama dibuat Naby Keita pada menit ke-25 disusul gol Roberto Firmino di menit ke-26.

Kemenangan ini jadi modal Liverpool melawat ke Estadion Do Dragao, kandang Porto, 17 April mendatang.

Jalannya pertandingan

Porto mengambil inisiatif serangan lebih dulu setelah Moussa Marega berusaha menyambut umpan silang rekannya pada menit kedua. Sayang, Marega gagal menggapai bola tersebut dan malah melebar.

Liverpool langsung bikin gol lewat serangan pertamanya pada menit kelima Adalah Naby Keita yang menjebol jala Iker Casillas. Diawali aksi individu Sadio Mane yang melewati tiga pemain, dia mengirim umpan kepada Roberto Firmino.

Firmino yang melihat Keita dalam posisi bebas lantas mengoper kepada gelandang asal Guinea itu dan sepakannya yang sempat membentur bek lawan bersarang di gawang tim tamu.

Unggul cepat membuat Liverpool lebih leluasa mengembangkan permainan dan menyerang pertahanan Porto. Mohamed Salah membuang kesempatan bikin gol ketika sepakannya di dalam kotak penalti, meneruskan umpan Keita, bisa dibendung Casillas.

Empat menit kemudian, Salah gagal bikin gol dan kali ini dalam posisi satu lawan satu dengan Casillas, tembakan lob pemain Mesir itu masih menyamping di gawang kosong.

Firmino menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-26. Diawali pergerakan Firmino di sisi kiri, bola lantas dioper kepada Jordan Henderson di tengah dan melihat overlap Trent Alexander-Arnold, dia kirim bola ke sisi kanan.

Oleh Trent, bola langsung dioper ke depan gawang kosong dan mudah saja disontek Firmino untuk mengubah skor jadi 2-0 untuk Liverpool.

Porto sempat mendapat kans memperkecil skor di menit ke-29 saat Mariga berdiri bebas dan hanya tinggal Alisson Becker. Nama terakhir masih sanggup membendung bola sepakan Mariga.

Mariga kembali punya peluang empat menit setelanya tapi terbuang sia-sia. Kali ini dalam posisi bagus usai menerima umpan Danilo, sepakan Mariga tepat mengarah ke Alisson yang mampu menepisnya.

Pada menit ke-34, giliran Firmino membuang kans bikin gol setelah umpan tarik Henderson disambut sepakan kaki kanan namun masih melayang.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Liverpool 2-0.

Masuk di babak kedua, Liverpool sedikit menurunkan tekanan dan tak lagi membombardir pertahanan Porto. Ini memberikan angin untuk Porto mencari gol tandang di pertandingan ini.

Satu peluang didapat pada menit ke-69. Lagi-lagi Mariga punya kans untuk bikin gol tapi bola sepakannya ke pojok gawang bisa diamankan Alisson. Sepuluh menit berselang Mariga tetap tak bisa memaksimalkan peluang setelah bola tendangannya melayang.

Tak ada gol tercipta hingga laga berakhir dan Liverpool tetap menang 2-0.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Daniel Sturridge 83′), Sadio Mane (Divock Origi 73′).

Porto: Iker Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Otavio, Oliver Torres (Bruno Costa 75′), Danilo Pereira, Jesus Manuel Corona; Moussa Marega, Tiquinho Soares (Yance Brahimi 62′).

(mrp/raw)


Babak Pertama Usai, Liverpool Ungguli Porto 2-0

LiverpoolLiverpool menutup babak pertama leg I Perempatfinal Liga Champions kontra Porto dengan unggul 2-0. Gol-gol dibuat Naby Keita dan Roberto Firmino.

Porto mengambil inisiatif serangan lebih dulu setelah Moussa Marega berusaha menyambut umpan silang rekannya pada menit kedua. Sayang, Marega gagal menggapai bola tersebut dan malah melebar.

Liverpool langsung bikin gol lewat serangan pertamanya pada menit kelima Adalah Naby Keita yang menjebol jala Iker Casillas. Diawali aksi individu Sadio Mane yang melewati tiga pemain, dia mengirim umpan kepada Roberto Firmino.

Firmino yang melihat Keita dalam posisi bebas lantas mengoper kepada gelandang asal Guinea itu dan sepakannya yang sempat membentur bek lawan bersarang di gawang tim tamu.

Unggul cepat membuat Liverpool lebih leluasa mengembangkan permainan dan menyerang pertahanan Porto. Mohamed Salah membuang kesempatan bikin gol ketika sepakannya di dalam kotak penalti, meneruskan umpan Keita, bisa dibendung Casillas.

Empat menit kemudian, Salah gagal bikin gol dan kali ini dalam posisi satu lawan satu dengan Casillas, tembakan lob pemain Mesir itu masih menyamping di gawang kosong.

Firmino menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-26. Diawali pergerakan Firmino di sisi kiri, bola lantas dioper kepada Jordan Henderson di tengah dan melihat overlap Trent Alexander-Arnold, dia kirim bola ke sisi kanan.

Oleh Trent, bola langsung dioper ke depan gawang kosong dan mudah saja disontek Firmino untuk mengubah skor jadi 2-0 untuk Liverpool.

Porto sempat mendapat kans memperkecil skor di menit ke-29 saat Mariga berdiri bebas dan hanya tinggal Alisson Becker. Nama terakhir masih sanggup membendung bola sepakan Mariga.

Mariga kembali punya peluang empat menit setelanya tapi terbuang sia-sia. Kali ini dalam posisi bagus usai menerima umpan Danilo, sepakan Mariga tepat mengarah ke Alisson yang mampu menepisnya.

Pada menit ke-34, giliran Firmino membuang kans bikin gol setelah umpan tarik Henderson disambut sepakan kaki kanan namun masih melayang.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Liverpool 2-0.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Porto: Iker Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Otavio, Oliver Torres, Danilo Pereira, Jesus Manuel Corona; Moussa Marega, Tiquinho Soares.

(mrp/raw)