Riwayat BBM, Dulu Populer Kini di Ujung Hayat

JakartaBlackBerry Messenger, pernah menjadi layanan pesan terpopuler di muka bumi ini. Tapi riwayatnya kini sedang di ujung hayat.

PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek sebagai mengumumkan akan mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada 31 Mei 2019. Persaingan yang begitu sengit telah membuat layanan pesan ini angkat bendera putih. Begini keterangan lengkap mereka:

Hari ini, kami mengumumkan akan menutup layanan konsumen BBM pada 31 Mei 2019.

Tiga tahun lampau, kami mulai menyegarkan layanan konsumen BBM, salah satu aplikasi messaging instan paling dicintai, sebagai layanan antar platform di mana user tidak hanya bisa chat atau membagi pengalaman hidup, tapi juga bisa konsumsi konten dan memakai layanan pembayaran.

Kami mencurahkan hati kami untuk membuatnya jadi kenyataan dan kami bangga akan apa yang kami bangun sampai saat ini.

Tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat. Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak.

Walau kami sedih mengucapkan selamat tinggal, waktunya sudah tiba untuk menghentikan layanan konsumen BBM dan bagi kami untuk move on.

Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami. Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini.

Sayonara, BBM. (afr/afr)

5 Wisata Purbalingga yang Populer, Alamnya Indah Banget

1. Goa Lawa

Goa Lawa ini sering juga disebut dengan Golaga yang merupakan Akronim dari Goa Lawa Purbalingga. Golaga merupakan salah satu wisata Purbalingga yang paling sering dikunjungi.

Berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Purbalingga, wisata Purbalingga ini merupakan daerah di kaki Gunung Slamet. Dari Kota Purbalingga kamu dapat menempuhnya dengan 45 menit sampai 1 jam saja.

Fasilitas di Golaga ini sudah sangat lengkap, bahkan di dalam goa memiliki fasilitas kafe. Menikmati minuman hangat di dalam goa akan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung Goa lawa ini.

Selain itu, warna-warni lampu dipadu dengan indahnya bebatuan goa yang alami menjadikan salah satu wisata purbalingga ini menjadi tempat dengan banyak spot instagramable.

2. Curug Silintang

Ada yang menyebut, wilayah Kabupaten Purbalingga merupakan surganya curug atau air terjun. Sebabnya, banyak curug yang indah sebagai destinasi wisata Purbalingga. Salah satunya Curug Silintang, yang tingginya mencapai 75 meter.

Curug Silintang ini berlokasi di Desa Tlahab yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Purbalingga. Untuk mencapai curug dapat dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi, dan nantinya melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Dari kejauhan kamu akan diperlihatkan betapa indahnya curug Silintang ini dengan alamnya yang sangat asri. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, melewati perkebunan dan bebatuan, kamu akan sampai ke salah satu wisata Purbalingga yang sangat indah ini.

Setelah sampai di curug Silintang ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan kesegaran air disana. Pemandangan yang dapat kamu nikmati disini tidak hanya indahnya air terjun, tetapi juga pemandangan jajaran pegunungan serta area persawahan yang membentang luas dari ketinggian. Bila beruntung, kamu juga akan mendapatkan pesona yang tak kalah menarik dengan adanya pelangi yang sering terjadi di antara celah bebatuan di air terjun ini.

Diet Paling Populer dan Terbukti Berhasil, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Banyak cara dilakukan orang untuk menurutkan berat badan agar tubuh sesuai yang diinginkan. Selain olahraga dan puasa, ada juga yang berusaha menurunkan berat badannya melalui diet.

Namun, diet tak selalu untuk menurunkan berat badan ada juga yang untuk menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa jenis diet yang masih dijalankan banyak orang karena terbukti berhasil.

Diet Dash

Diet Dash cocok untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Mereka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalium, kalsium, protein dan serat, seperti buah dan sayuran, biji-bijian, ikan, kacang polong, kacang-kacangan, serta makan olahan susu rendah lemak.

Diet Mediterania

Diet ini terinspirasi dari pola hidup orang-orang Mediterania yang disebut memiliki tingkat kesehatan cukup tinggi dan panjang umur. Mediterania dikenal memiliki risiko yang rendah terkena penyakit jantung. Orang yang menjalani diet ini rutin mengonsumsi buah, sayuran, ikan-ikanan yang memiliki lemak sehat, kacang, dan minyak zaitun.

Diet Flexitarian

Diet ini merupakan gabungan antara fleksibel dan vegetarian ini meminta orang yang menjalankannya untuk mengonsumsi sayur-sayuran namun masih dapat mengkonsumsi daging dalam jumlah  terbatas. Sama seperti diet Mediterania, diet ini mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet Dukan

Diet yang berasal dari Prancis ini telah berhasil membuat Kate Middleton dan Jennifer Lopez merampingkan tubuh mereka. Diet yang bekerja dengan pola makan lebih banyak mengonsumsi protein daripada karbohidrat.

Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto menyarankan orang yang mengikutinya untuk fokus mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein, tapi rendah karbohidrat.

Asupan karbohidrat pengikut diet keto hanya sekitar 10 persen, protein 20 persen, dan 70 persen lemak sehat dari asupan makanan mereka sehari-hari. Artis Hollywood, seperti Kim Kardashian dan Gwyneth Paltrow termasuk yang melakukan diet ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dea Ananda terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat sejak kecil. Bahkan, ia juga memberikan makanan sehat kepada sang suami.

Jenis Jaket Pria yang Populer di Tahun 2019, Bikin Penampilan Makin Keren

Liputan6.com, Jakarta Jaket adalah salah satu busana fashion yang pasti dimiliki oleh setiap orang, karena memang pada dasarnya jaket berfungsi sebagai pelingdung tubuh dari cuaca yang dingin. Kata jaket atau dalam bahasa Inggrisnya adalah “jacket” berasal dari kata dalam bahasa Perancis yaitu “jaquette.” Istilah ini datang dari era Perancis Pertengahan yaitu dari kata benda “jaquet” yang merujuk pada tunik yang kecil atau ringan.

Di sisi lain jaket juga menjadi penunjang gaya fashion yang sangat populer saat ini. Jaket tidak hanya dijadikan salah satu pelengkap fashion wanita, namun jaket juga dijadikan busana fashion pria. Saking banyaknya jenis jaket yang muncul, enggak jarang kita sendiri mungkin bingung dengan model, bentuk, hingga nama jenis jaket yang bermunculan.

Untuk pria sendiri ada beberapa jenis jaket yang biasa dipakai dan sering digunakan dalam kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ada banyak ragam jenis jaket pria saat ini, berikut liputan6.com rangkum, Jumat (15/3/2019) dari berbagai sumber jenis jaket pria yang populer dan sering digunakan di tahun 2019.

2 dari 3 halaman


Jenis Jaket Pria

1. Jaket kulit bomber

Jaket kulit ini memiliki bentuk pinggang yang panjang dengan kain lapisan dalam yang lembut. Biasanya, lapisan dalam digunakan juga pada pinggiran kerah. Ukuran pinggang dan lengan terkadang dibuat sedikit kecil dengan tujuan untuk menyesuaikan jaket pada badan si pengguna. Jika kamu membutuhkan jenis jaket pria yang hangat di musim dingin, bomber flight bisa menjadi alternatif yang tepat.

2. Jaket motor

Sama seperti dengan bomber, jaket motor ini juga terbuat dari bahan kulit. Jaket ini biasanya digunakan oleh pria yang suka berkendara menggunakan motor. Jaket yang biasa digunakan pengendara motor diantaranya ada jaket motor double rider dan jaket motor racer. Jenis jaket pria double rider merupakan jaket kulit jenis yang memiliki kerah dan cenderung lebar dengan gaya penutup yang rapat. Tak heran, jika jenis jaket kulit ini menjadi pilihan para pengendara sepeda motor dan bahkan menjadi identik dengan mereka.

Sedangkan jenis jaket pria racer, merupakan jaket kulit yang lebih dikenal dengan sebutan jaket motorcross atau jaket racer. Bentuk jaket kulit ini tergolong netral karena bentuknya yang sederhana dengan corak dan warna alami bahan kulit yang polos. Jaket ini sangat sesuai untuk gaya yang tidak menyukai gaya mencolok.

3. Jaket parka

Jenis jaket pria yang satu ini konon katanya berasal dari orang-orang Inuit atau Eskimo untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem. Potongannya yang nyaman dan hoodie atau tudung berbulu menjadi populer di kalangan militer Amerika Serikat pada tahun 50an sebelum variasi ekor ikan selama Perang Korea.

Sedangkan untuk di Indonesia jaket ini baru booming beberapa tahun belakangan ini dan sudah banyak sekali digunakan dan dipakai oleh pria serta anak muda zaman sekarang. Seiring perkembangannya jaket parka saat ini didesain lebih tahan air dan apik ketika dipadupadankan dengan busana kasual lainnya seperti celana jeans dan sepatu trainer.

3 dari 3 halaman


Jaket Pria yang populer

4. Jaket Bomber

Memiliki nama lain “flight jacket”, jenis jaket pria ini awalnya dipakai oleh para pilot dan menjadi tren fashion remaja di tahun 1970an. Bahkan di tahun 1990an, jaket ini kembali menjadi trend karena digunakan oleh para penyanyi dan musisi hip hop. Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk bulky atau gemuk, dilengkapi dengan risleting dan saku yang berada di kedua sisinya.

Jaket bomber ini belum lama ini sempat viral dan booming di Indonesia. Bagaimana tidak, sosok Presiden Indonesia, Joko Widodo saat itu juga ikut mengenakan jaket bomber warna hijau lumut di sela-sela kesibukannya. Ciri lain cukup khas dari jaket bomber adalah adanya semacam kantong di bagian depan sisi kanan dan kiri bagian jaket dan peletakan kantong umumnya dengan posisi menyerong atau diagonal.

5. Jaket Varsity

Jaket varsity sebenarnya berasal dari jaket yang dikenakan oleh para mahasiswa universitas Harvard yang tergabung dalam tim football di tahun 1865. Jenis jaket pria tersebut merupakan simbol kebanggaan mereka sebagai mahasiswa kampus bergengsi di dunia ini.

Ciri khas dari jenis jaket pria ini adalah huruf yang dibordir pada bagian dada kiri. Bahkan ini dapat menjadi inisial pemiliknya. Tidak hanya digunakan remaja di luar negeri saja, jenis jaket ini juga telah menjadi trend di kalangan remaja Indonesia.

6. Jaket Windbreaker

Jenis jaket pria ini mungkin jarang dikenal oleh pria di Indonesia, tapi sebenarnya jaket ini sudah banyak digunakan oleh pria di di Indonesia. Jaket ini memiliki ciri khas karet di pergelangan tangannya, memiliki hoodie dan kerah sehingga cocok bagi yang sering menghabiskan waktu di daerah yang berhawa dingin atau para pengendara motor.

Jaket ini didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat atau kondisi cuaca yang ekstrem seperti angin besar hingga suhu yang dingin. Namun, jaket ini juga sering menjadi alternatif karena harganya yang murah.

Cara Bermain Poker, Permainan Kartu Paling Populer di Dunia Tanpa Berjudi

Banyak variasi dari permainan poker seperti 5 Card Draw atau Texas Hold’em, namun inti dari cara bermain poker adalah memiliki kombinasi 5 kartu yang paling besar. Pemenangnya adalah pemilik kartu dengan kombinasi yang paling besar tersebut. Kombinasi kartu ini sudah ditentukan sebelumnya dan sudah menjadi aturan dasar dalam cara bermain poker.

Pada tahap buka kartu, para pemain yang tersisa membandingkan kartu-kartu yang mereka miliki sesuai urutan kekuatan kombinasi kartu. Jika dua pemain memiliki kombinasi kartu dengan nilai yang sama atau tidak ada yang memiliki kombinasi kartu yang menang, maka pemain yang memiliki kartu bernilai tertinggi menjadi pemenang (kartu as bernilai tertinggi).

Dengan begitu cara bermain poker yang pertama adalah memahami jumlah kombinasi kartu dari yang tertinggi hingga terendah. Berikut kombinasinya dari yang tertinggi hingga terendah

1. Royal Flush (kartu 10, jack, queen, king, dan as, semuanya satu jenis) – paling tinggi nilainya karena paling mengejutkan jika didapatkan. Pemikiran salah yang umum adalah bahwa kombinasi kartu ini paling sulit didapatkan daripada lima kartu serupa lainnya.

2. Straight Flush (lima kartu dengan angka berurutan, semuanya satu jenis) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya Q-K-A-2-3).

3. Four of a Kind (empat kartu dengan angka yang sama dan satu kartu sembarang).

4. Full House (tiga kartu dengan angka yang sama dan dua kartu dengan angka yang sama) untuk kombinasi kartu yang sama-sama Full House, yang lebih kuat ditentukan oleh kartu yang bernilai lebih tinggi dari tiga kartu yang memiliki angka yang sama.

5. Flush (lima kartu dengan jenis yang sama) – angka berapa pun bukan masalah.

6. Straight (lima kartu dengan angka berurutan, jenis berbeda) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya J-Q-K-A-2).

7. Three of a Kind (tiga kartu dengan angka yang sama, dua kartu lain dengan angka berbeda) – jika dua kartu lainnya memiliki angka yang sama, maka akan menjadi Full House.

8. Two Pair (dua pasang kartu dengan angka yang sama ditambah satu kartu dengan angka berbeda).

9. One Pair (dua kartu dengan angka yang sama, tiga kartu lainnya dengan angka yang berbeda-beda).

10. High Card (nilai dari kartu poker itu sendiri bisa berupa urutan kartu juga berupa gambar kartu poker)

Jenis Burung Hantu Paling Populer di Dunia, Berminat untuk Memeliharanya?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal burung hantu? Unggas yang satu ini namanya memang mulai naik setelah ketenaran film Harry Potter. Banyak fansnya yang ingin menjadi salah satu siswa Hogwarts dan berusaha memelihara burung hantu.

Di daerah barat, jenis burung hantu dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi tak sedikit masyarakat di Indonesia dianggap pembawa pertanda maut, sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama burung hantu.

Burung hantu adalah merupakan salah satu jenis burung pemangsa anggota dari keluarga Strigiformes yang berburu pada waktu malam hari. Seluruhnya, terdapat sekitar 244 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Burung ini dikategorikan burung pemangsa karena memiliki paruh yang bengkok tajam seperti seperti Elang CHE, Elang IBE, Autralian Hobby atau Falco Subboteo. Berikut jenis burung hantu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019).

2 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Indonesia

1. Serak Jawa

Jenis burung hantu ini bertubuh besar dan memiliki warna kuning tua kecokelatan dengan bercak halus di tubuh bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya berwarna putih dengan bintik hitam. Tingginya rata-rata sekitar 34 cm sehingga bisa dibilang ia masuk dalam salah satu jenis burung hantu yang besar. Ia juga memiliki wajah berbentuk seperti hati berwarna putih dengan tepi cokelat.

Habitat alaminya adalah di wilayah berpohon, tepi hutan, perkebunan, pekarangan, hingga taman-taman di kota besar. Setidaknya jenis burung hantu ini bisa ditemukan di daerah dengan ketinggian hingga 1.600 m di atas permukaan laut.

Jenis burung hantu ini sering sekali bertengger rendah di tajuk pohon atau perdu. Kemudian ia akan mengeluarkan suara yang terkadang terdengar memilukan atau bersahutan dengan pasangannya.

2. Serak Bukit

Dikenal juga dengan nama Oriental Bay Owl atau wowo-wiwi, Jenis burung hantu yang satu ini sering kali dibilang memiliki wajah khas yang mirip ular sendok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan bintik-bintik hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerah-jambuan dengan bintik hitam.

Burung ini termasuk salah satu dari jenis burung hantu malam yang pemalu. Di mana ia akan menghabiskan waktu siangnya untuk duduk merebah seperti burung paruh-kodok.

Biasanya, ia akan memakan jenis mamalia kecil, burung, kadal, ular, katak, dan serangga besar. Jenis burung hantu ini juga akan berburu dari tempatnya bertengger dan biasanya akan menangkap mangsanya di udara.

3. Celepuk Merah

Jenis burung hantu ini berukuran kecil. Jenis burung hantu ini dikenal juga dengan nama Reddish Scops Owl dan memiliki nama latin Otus rufescens. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 15-18 cm dan ia banyak ditemukan di daerah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Secara umum, habitat alaminya berada di dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di daerah dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut.

Warna tubuhnya kemerahan dengan bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan coret hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerahan dengan coret hitam.

4. Hingkik

Jenis burung hantu yang sering dipelihara berikutnya adalah hingkik, atau yang memiliki nama lain beluk jampuk. Di dunia internasional, Jenis burung hantu ini dikenal sebagai Barred Eagle Owl atau Malay Eagle Owl. Hingkik memiliki tubuh yang tergolong besar dengan panjang sekitar 45 cm.

Ciri khasnya adalah memiliki bulu berwarna abu-abu tua dengan bercak telinga horizontal mencolok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kehitaman, sementara bagian bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Habitat aslinya adalah hutan tropis dan subtropis dataran rendah dengan ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Sementara makanan utamanya adalah serangga besar, mamalia kecil, reptil, ikan-ikan kecil, dan burung-burung kecil.

Hingkik termasuk jenis burung hantu yang setia dan hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Ketika musim kawin tiba, mereka akan kembali ke sarang yang sama dari tahun ke tahun. Dalam satu musim kawin itu, mereka hanya akan menghasilkan satu telur sebelum dierami.

3 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Dunia

5. Burung Hantu Salju

Sesuai dengan namanya, hewan bernama latin Bubo Scandiacus ini tinggal di tempat dingin yang penuh salju. Warna bulu burung hantu salju jantan lebih putih dibanding betina. Makin dewasa burung hantu salju jantan, makin putih warna bulunya.

Bahkan, ada juga yang warnanya putih bersih. Ukuran tubuh sang jantan juga lebih kecil dibanding bentina. Uniknya, burung hantu salju yang masih kecil justru warnanya coklat kehitaman.

6. Burung Hantu Elang

Burung hantu elang (Bubo bubo) adalah salah satu jenis burung hantu terbesar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 70 sentimeter. Burung hantu elang biasanya memangsa hewan kecil, seperti kelinci.

7. Burung Hantu Cokelat

Burung hantu cokelat (Strix aluco) termasuk ke dalam jenis burung hantu ukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 37-46 sentimeter. Sama dengan kebanyakan burung hantu lainnya, burung hantu cokelat juga punya pendengaran yang tajam. Burung hantu ini biasanya memangsa rondent, bahkan burung hantu yang ukurannya lebih kecil.

8. Burung Hantu Abu-Abu Besar

Burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa) adalah jenis terbesar di dunia. Berbeda dari burung hantu kebanyakan, burung hantu abu-abu besar berburu di siang hari.

Jenis-Jenis Fotografi Paling Populer yang Wajib Diketahui Pemula

1. Food Photography

Jenis-jenis fotografi makanan ini dalam pengertian sederhana adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Karena itu pelaku food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

2. Landscape Photography

Jenis-jenis fotografi ini sangat cocok untuk kamu yang suka traveling dan mengabadikan pemandangan indah di sekitar kamu. Landscape Photography menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luasa dan tak berujung,tapi kadang mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Tipe foto ini biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

3. Potrait Photography

Fotografi potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuan dari jenis-jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam posisi masih. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.

Tidak seperti banyak gaya fotografi lain, subjek fotografi potret seringkali model non-profesional. Contohnya seperti potret keluarga memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, mungkin secara profesional diproduksi atau mungkin vernakular dan yang paling sering dimaksudkan untuk melihat pribadi bukan untuk pameran.

4. Fashion Photography

Fashion Photography adalah jenis-jenis fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

Fashion fotografi bisa dibilang salah satu jenis-jenis fotografi yang paling menguntungkan dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dalam dunia fashion. Di sini, fotografi fashion sendiri digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris.

Tempat Wisata di Kediri Paling Populer, Tujuan Berlibur Bareng Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Berlibur mengunjungi tempat wisata adalah salah satu hal yang paling menyenangkan bagi siapapun. Berlibur bisa untuk mengisi waktu luang bersama keluarga. Berlibur juga bisa menjadi obat menyembuhkan tenaga dan pikiran di tengah padatnya aktivitas. 

Di Indonesia banyak tempat wisata indah yang bisa jadi daftar kunjunganmu di hari libur. Salah satu tempat di Indonesia yang memiliki tempat wisata patut dikunjungi adalah Kediri.

Berada di provinsi Jawa Timur, Kediri adalah kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang. Tempat wisata di Kediri tak kalah indah dengan tempat-tempat lainnya.

Tak hanya terkenal dengan kisah Kerajaan Kediri saja, kota Kediri kini telah mengalami pembangunan sehingga memiliki tempat wisata yang menarik dan memesona.

Tempat wisata di Kediri ada banyak yang bisa kamu temui seperti keindahan goa yang menakjubkan, situs bersejarah, spot foto menarik hingga keindahan alam air terjun yang memesona. Tempat wisata di Kediri ini bisa kamu dapatkan dengan berbagai nuansa. Baik nuansa alam, pantai, religi dan wisata kuliner.

Tak hanya mendapatkan julukan Kota Tahu, Kediri juga memiliki julukan sebagai Kota Santri, Kota Industri, Kota Pariwisata, Kota Sejarah, Kota Sastra dan Kota Budaya. Tak heran jika tempat wisata di Kediri kini cukup banyak dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Dilansir Liputan6.com, Minggu (10/3/2019) dari berbagai sumber, berikut tempat wisata di Kediri yang bisa kamu jadikan daftar tempat wisata yang perlu kamu kunjungi jika sedang berada di Jawa Timur.

7 Makanan Khas Jepang yang Populer, Cocok di Lidah Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Negara yang dikenal dengan nama Negeri Sakura ini memang memiliki kebudayaan yang cukup kental. Sama seperti Indonesia, Negara Jepang pun memiliki beragam seni budaya dan juga kuliner.

Beberapa makanan khas Jepang pun sangat terkenal di Indonesia bahkan dunia. Tak ayal jika Jepang pun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari.

Bahkan makanan khas Jepang pun kini dapat ditemui di berbagai lokasi di Indonesia. Makanan khas Jepang terutama makanan tradisionalnya memiliki cita rasa yang khas. Meski seiring dengan perubahan zaman, Jepang pun masih mempertahankan resep-resep tradisional yang otentik.

Beberapa makanan khas Jepang pun nampak akrab di telinga Indonesia. Bukan hanya akrab di telinga saja, akan tetapi banyak pula makanan khas Jepang yang cocok bagi lidah orang Indonesia.

Berikut ini telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/3/2019) mengenai makanan khas Jepang yang populer dan juga cocok untuk Lidah Indonesia.

2 dari 8 halaman

1. Sushi

Siapa yang tak tahu dengan makanan khas Jepang satu ini? Sushi sendiri cukup populer bukan hanya di Indonesia saja. Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Sushi adalah makanan dengan bahan dasar nasi.

Selain menggunakan nasi, membuat makanan khas Jepang satu ini pun cukup simple. Kamu hanya memerlukan nasi, telur, sayuran seperti mentimun, belut ataupun daging salmon.

Bahan tersebut kemudian digulung dengan nori atau rumput laut panggang di atas anyaman bambu persegi panjang. Setelah berbentuk gulungan potong sushi dengan ukuran yang bisa langsung dimakan.

Jenis sushi pun bermacam-macam, bukan hanya sushi yang digulung dengan nori saja yang terkenal. Ada pula sushi yang tidak menggunakan nori loh. Biasanya sushi ini hanya menggunakan nasi, wasabi dan juga salmon ataupun udang.

3 dari 8 halaman

2. Ramen

Bagi kamu yang sering menonton animasi Jepang pastinya paham dan tahu apa itu ramen. Mie ramen juga termasuk makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Mie ini biasnya disajikan dengan kuah kaldu serta berisi daging, ikan dan juga irisan daun bawang.

Selain itu, menyajikan mie ramen ini tak lepas pula dengan sup miso. Kaldu pada ramen sendiri ada 4 varian, yaitu shoyu atau kecap, shio atau garam, miso berupa pasta kacang yang telah difermentasi serta tonkotsu atau kuah daging babi. Jika ramen yang halal menggunakam daging sapi.

Mie ramen sendiri sangat populer bagi para wisatawan yang mengunjungi Jepang. Hal ini dikarenakan ramen termasuk makanan khas Jepang yang memiliki harga cukup terjangkau. Selain rasanya yang khas, saat ini pun banyak ramen yang dijual secara instan di minimarket setempat.

4 dari 8 halaman

3. Onigiri

Makanan khas Jepang selanjutnya ialah onigiri atau nasi kepal. Onigiri ini merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan bekal. Hal ini karena cara makan onigiri dirasa cukup praktis dan bisa langsung dimakan.

Seperti namanya nasi kepal, onigiri memang dibuat dengan cara dikepal dengan isian sesuai selera. Kamu bisa mengisi onigiri dengan isian salmon, ayam, telur ikan, tuna mayo. Setelah dikepal onigiri ini dibungkus dengan nori atau rumput laut kering. Di Jepang sendiri onigiri sering disebut dengan nama omusabi.

5 dari 8 halaman

4. Takoyaki

Takoyaki sendiri tergolong dalam jajanan khas Jepang. Di Indonesia sendiri kamu pun bisa menemui makanan dengan bentuk bulat ini di mana saja. Takoyaki merupakan makanan dengan bahan dasar tepung yang memiliki isian potongan cumi-cumi atau gurita.

Makanan ini cukup populer dan digemari karena rasanya yang lembut namun bisa memanjakan lidah. Bila sedang berkunjung ke Jepang, kamu bisa menemui makanan ini di pinggir jalan, festival ataupun pasar malam.

6 dari 8 halaman

5. Tempura

Tempura merupakan makanan yang sangat terkenal baik di Jepang ataupun Indonesia. Tempura meruapakan makanan dari aneka seafood yang kemudian dibaluri dengan adonan yang terbuat dari campuran tepung, air dan juga telur.

Setelah dibaluri dengan adonan, kamu bisa langsung memasukannya ke dalam minyak panas. Meskipun begitu kamu sebaiknya memasaknya menggunakan api sedang.

7 dari 8 halaman

6. Udon

Udon sebenarnya bukan makanan khas Jepang. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Udon sendiri memiliki penyajian yang mirip dengan ramen, tetapi yang membedakan ialah ukuran mie. Jika mie ramen berukuran kecil dan tipis, mie udon memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya dan juga tekstur yang lebih kenyal.

8 dari 8 halaman

7. Sashimi

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang mudah ditemui. Makanan ini merupakan hidangan dari ikan segar yang diiris tipis. Meskipun di Indonesia sendiri memakan ikan segar bukan hal yang wajar, akan tetapi beberapa restoran Jepang yang ada di Indonesia pun memiliki menu sashimi.

Orang Jepang sangat menyukai hidangan ikan segar karena mengandung Omega 3 yang cukup tinggi. Jenis ikan yang sering digunakan untuk hidangan ini ialah tuna dan juga Salmon. Meski begitu, beberapa ikan lainnya pun bisa disajikan sebagai bahan membuat sashimi.

Bom Bunuh Diri di Ibu Kota Somalia, 5 Orang Tewas

Liputan6.com, Mogadishu – Bom bunuh diri terjadi di Ibu Kota Somalia, Mogadishu pada Kamis, 28 Februari 2019 waktu setempat. Setidaknya lima orang dinyatakan tewas dalam kejadian tersebut.

Bom bunuh diri yang terjadi di pusat kota tersebut juga menghancurkan beberapa gedung di Maka Al Mukaram, jalan tersibuk di Ibu Kota Somalia. Hal ini disampaikan oleh Mayor Mohamed Hussein, salah seorang pejabat kepolisian seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (1/3/2019).

“Ledakan terjadi di sentra bisnis yang penuh dengan hotel, pameran, pusat perbelanjaan, dan restoran,” kata Hussein.

“Banyak mobil terbakar,” lanjut Hussein. “Kami mengetahui setidaknya lima orang tewas dan jumlah korban diprediksi akan meningkat.”

Menurut saksi mata, ledakan terjadi menyusul sebuah tembakan yang diperkirakan bersumber dari rumah seorang pimpinan hakim pengadilan banding Somalia.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah mobil terbakar, tiga gedung –termasuk sebuah hotel– rusak berat. Selain korban tewas, saksi mata mengatakan bahwa terdapat belasan korban luka-luka.

Sejauh ini belum ada entitas yang mengaku bertanggung jawab terhadap serangan ini. Meskipun demikian, kelompok militan bernama Al-Shahab telah melancarkan beberapa kali serangan serupa di masa lalu.

Kelompok Al-Shahab sendiri memiliki motif serangan dalam rangka menghilangkan pemerintahan ala Barat, dan menggantikannya dengan “syariat Islam” yang diinterpretasi dengan ketat.


Simak pula video pilihan berikut

2 dari 2 halaman

Bom Mobil Meledak Bulan Lalu di Somalia

Sementara itu, sebuah bom meledak di tengah pusat perbelanjaan yang ramai di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada pekan pertama Februari 2019.  Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya sepuluh orang, dan melukai puluhan lainnya, lapor polisi dan saksi mata.

Kapten Farah Osman, seorang perwira polisi Somalia di tempat kejadian, mengonfirmasi bahwa ledakan itu merusak sebuah mal yang berlokasi di distrik Hamarweyne, yang merupakan pusat bisnis di Mogadishu.

Dikutip dari CNN pada Selasa 5 Februari 2019, korban tewas kemungkinan bertambah, mengingat polisi masih melakukan pencarian, dan beberapa korban luka dalam kondisi kritis.

Ibrahim Jama, seorang saksi mata, mengatakan ledakan bom mobil itu mengguncang jendela beberapa bangunan bisnis di dekatnya.

Di tempat terpisah, kelompok teroris Al-Shabaab mengaku bertanggungjawab atas serangan di ibu kota Somalia itu.

Kelompok teror yang berafiliasi dengan Al-Qaeda itu juga bertanggung jawab atas tiga bom mobil pada November lalu, yang menewaskan sedikitnya 52 orang dan sekitar 100 lainnya terluka.

Bom-bom itu diledakkan di dekat sebuah hotel yang populer di kalangan warga asing di Mogadishu.