Ponakan Prabowo Telusuri Dugaan Pencurian Suara di Dapil III

Jakarta – Ponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo tengah menelusuri dugaan pencurian suara di dapil tempat dirinya maju sebagai caleg, yakni Dapil III DKI Jakarta. Penelusuran itu dilakukan lantaran diduga suara yang diperolehnya beralih ke caleg lain alias dicuri.

“Masih ditelusuri. Makanya saya belum bisa konfirmasi (apakah suaranya dicuri),” ujar perempuan yang akrab disapa Sara itu kepada detikcom, Senin (20/5/2019).

Politikus Gerindra itu mengatakan, pihaknya akan semaksimal mungkin memastikan ada tidaknya perihal dugaan kecurangan di dapilnya tersebut. Menurut Sara, dugaan kecurangan ini bukan hanya persoalan pribadinya saja.

“Karena ini bukan suara saya saja yang terkait, tapi suara partai juga,” katanya.

Namun, Sara mengaku belum berpikir untuk nantinya menindaklanjuti persoalan ini ke Mahkamah Konstitusi. “Saat ini belum ada pemikiran ke MK karena toh belum pleno di level tertinggi apalagi partai belum menandatangani hasil pleno provinsi,” ujar Sara.

Sementara, saat ditanya apakah dirinya lolos atau tidak sebagai anggota DPR RI di Pileg 2019, Sara mengaku belum tahu dan belum bisa memberi jawaban. Sebab, kata dia, proses rekapitulasi belum berakhir. Selain itu, pihaknya juga belum bersedia menandatangani hasil pleno rekapitulasi yang digelar KPU.

“Belum tahu karena belum selesai dan kita masih belum menandatangani hasil pleno. Jadi kita lihat saja dulu,” kata Sara.

Sara sebelumnya dikabarkan gagal melenggang ke Senayan. Berdasarkan hasil penghitungan KPU, Sara memperoleh 79.801 suara. Perolehan itu tak mampu mengungguli rekan separtainya, Kamrussamad yang memperoleh suara terbanyak sebesar 83.562 suara. Padahal, di Dapil III DKI Jakarta yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kepulauan Seribu ini Gerindra hanya mendapatkan 1 kursi.

Perolehan tersebut berdasarkan metode penghitungan Sainte Lague dimana ada 6 parpol yang terpilih yang lolos parliamentary threshold dari Dapil DKI Jakarta III. Hasilnya, PDIP memperoleh 3 kursi, sedangkan Gerindra, PKS, NasDem, Demokrat, dan PAN masing-masing mendapatkan 1 kursi.
(mae/azr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *