Polisi Amankan 39 Orang Kelompok Komite Nasional Papua Barat

Jayapura – Polisi membubarkan kegiatan kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Sebanyak 39 orang diamankan.

Kegiatan kelompok KNPB ini terjadi pada hari Sabtu (1/12). Ada tiga titik yang dibubarkan, yakni di Abepura, Padang Bulan, dan Jayapura Utara.

“Kegiatan kelompok KNPB yang dibubarkan ada di 3 titik yaitu di Abepura, diperiksa 7 orang, di Jayapura Utara Dok 8, diperiksa 7 orang dan di Padang Bulan, kelompok KNPB melakukan longmarch dan dibubarkan. Peserta yang dibawa ke Polresta sebanyak 25 orang. Jumlah saat ini yang sedang diambil keterangannya adalah sebanyak 39 orang,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (1/12/2018).

Beberapa orang yang diamankan terkait kegiatan kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB).Beberapa orang yang diamankan terkait kegiatan kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Foto: dok. Polri

Polisi mengamankan dua barang bukti. Barang bukti tersebut antara lain spanduk bertuliskan The United Liberation Movement for West Papua dan kaim bergambar yang dicat menyerupai bintang kejora.
“Terhadap 39 orang kelompok KNPB yang diamankan karena diimbau membubarkan diri, saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Polresta Jayapura. Apabila tidak terbukti untuk kasus makar, maka akan kami pulangkan,” jelas Dedi.

Sementara itu, polisi dan TNI juga membubarkan kegiatan kelompok KNPB di kantor sekretariat Distrik Fayit, Kampung Waras. Kantor tersebut terbakar saat pembubaran.

“Tim gabungan Polri dan TNI membubarkan giat kelompok KNPB di kantor sekretariat Distrik Fayit, Kampung Waras. Pada saat pembubaran kantor sekretariat terbakar. Kami sudah perintahkan untuk dicek pelaku pembakaran karena semua melarikan diri ke hutan,” ujar Dedi.
(dkp/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *