7 Gaun Low Budget ala Mimi Peri, Ada Barang Dapur Hingga Daun Pisang

Lewat endorsement, Mimi pun bisa membantu perekonomian keluarganya. Kini dia pun sudah bisa merenovasi rumah dan membantu pengobatan ibunya yang biasa dipanggilnya Emak Ratu Clarion.

Pria kelahiran 13 Juni 1988 ini terkenal dengan tingkah gilanya di Instagram. Mulai dari mengaku peri kayangan hingga menjadi istri Sehun EXO yang tak jarang menggelitik pengikutnya.

Meski terkadang mengumbar konten vulgar, namun ada sisi kreatif dalam diri Mimi Peri yang patut untuk diapresiasi. Dengan modal barang sehari-hari yang mudah ditemui, Mimi Peri mampu menciptakan desain gaun unik yang tak sembarang orang bisa lakukan.

Mulai dari daun pisang, kantung kresek plastik, kain terpal, bahkan koran bekas dan sandal pun bisa Ia kreasikan menjadi gaun unik dan terlihat indah. Mimi Peri mengaku bahwa semua gaun yang ia kenakan murni dari buah hasil jari jemari lentiknya.

Tak heran banyak orang yang memuji kreatifitas Mimi Peri yang mengolah barang-barang sederhana menjadi gaun cantik. Tak sedikit orang yang terinspirasi untuk mengadaptasi gaun buatan Mimi Peri saat festival karnaval.

Bahkan, banyak komentar yang menyebutkan bahwa desainer kelas dunia kemungkinan sesekali mengintip akun Instagram mimi. Lantas, sebagus apa sih desain gaun unik hasil kreatifitas Mimi Peri? Yuk simak deretan fotonya seperti dihimpun Liputan6.com dari akun Instagram @mimi.peri, Kamis (11/4/2019).

Top 3 Berita Hari Ini: Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang cara menyimpan pisang. Buah yang satu ini termasuk banyak disukai dan mudah dijumpai. Pisang juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus atau dibuat dengan kreasi lain.

Namun proses penyimpanan pisang harus diperhatikan agar bisa tahan lebih lama. Salah satunya adalah hindari dari cahaya. Kalau Anda sudah membeli tapi belum ingin mengonsumsi pisang yang sudah matang, coba tutupi pisang dengan lap.

Cara tersebut dapat memperlambat pisang agar tidak membusuk. Berita kedua yang menarik perhatian adalah tentang orang yang takut berciuman. Philemaphobia adalah rasa takut berciuman. Hal ini kerap dialami mereka yang masih awam atau orang yang takut melakukan kesalahan.

Mereka yang takut berciuman juga bisa memiliki ketakutan berhubungan intim. Lalu apa penyebab seseorang mengalami philemaphobia? Ada beragam alasannya. Salah satunya adalah takut bersentuhan.

Mereka yang merasa takut terhadap sentuhan, ciuman bisa menjadi hal yang terasa “kejam” dan bukan membahagiakan. Berita ketiga yang banyak diminati adalah cara mengusir bad mood. Suasana hati yang buruk memang sulit dihindari karena bisa terjadi kapan saja. Itu adalah hal yang wajar.

Namun kalau berlebihan, tentu dapat memengaruhi kesehatan. Ada sejumlah cara untuk mengatasi bad mood atau suasana hati yang buruk. Misalnya dengan mencari penyebabnya. 

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya berikut ini.

Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

Pisang merupakan jenis buah yang mudah ditemukan di toko buah, pasar, maupun supermarket. Kandungan vitamin B dan B6 serta potasium membuat buah yang dagingnya berwarna putih itu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Tekstur pisang yang lembut dan rasa yang enak membuat banyak orang menyukainya. Apalagi, pisang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.

Selanjutnya…

4 Alasan dan Penyebab Takut Berciuman, Apa Saja?

Anda pernah dengar istilah philemaphobia? Ini adalah semacam fobia. Philemaphobia adalah rasa takut berciuman. Hal ini kerap dialami mereka yang masih awam atau orang yang takut melakukan kesalahan.

Philemaphobia bisa terjadi pada usia berapapun, baik tua muda maupun pria atau perempuan. Kalau seseorang mempunya ketakutan ini, ke depannya bisa mengalami masalah dalam membangun kedekatan dan keintiman dengan pasangan.

Selanjutnya…

5 Cara Usir Bad Mood Jauh-Jauh

Suasana hati yang buruk atau biasa disebut bad mood seringkali tidak bisa dihindari. Ada saja waktu di mana hasil tak sesuai dengan ekspektasi.

Akibatnya, suasana hati akan memburuk. Bila dibiarkan, hal itu bisa menimbulkan stres. Bila berlebihan, tentu dapat memengaruhi kesehatan Anda. Liputan6.com merangkum cara mengatasi suasana hati yang buruk dilansir dari beragam sumber.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ternyata JK Lebih Suka Sang Pisang Dibanding Markobar

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan lebih suka Sang Pisang dibandingkan Markobar, nama usaha martabak milik anak sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming. Hal itu dikatakan JK saat menjawab pertanyaan dalam acara Jokowi di Mata Sahabat yang digelar relawan #PejuangkerjaJokowi.

“Sang Pisang atau Markobar?” tanya pembawa acara di Kantor Hub 86, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019) malam.

“Pisang. Karena saya tidak tahu apa itu Markobar, ha..ha..ha..,” jawab JK sambil berkelakar.

Tidak hanya suka pisang, JK pun lebih suka coto Makassar dibanding palu basa. Soal berwisata, Kalla juga memilih pergi ke gunung dibanding ke pantai.

“Karena saya tidak pintar berenang, jadi pilih gunung,” kata JK memberi alasan.

Dia juga memilih untuk menjadi politisi saat ini dibandingkan menjadi seorang pengusaha. Dan lebih memilih Istana Negara dibandingkan Istana Bogor, alasannya karena letak Bogor terlalu jauh.

Lalu, JK pun lebih memilih Jakarta daripada Makassar tempat kelahirannya. Lalu pertanyaan pun berlanjut, lebih memilih keluarga atau negara. Kalla pun lebih memilih negara.

“Negara. Karena keluarga juga bagian dari warga negara,” ungkap JK sambil tersenyum.

JK juga mengatakan telah memutuskan rencana setelah masa jabatannya berakhir. Dia mengaku ingin menghabiskan waktunya untuk menikmati hidup dengan berwisata bersama keluarga.

“Pensiun, ingin jalan-jalan nikmati hidup,” jawab JK sambil tertawa.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat untuk Tubuh Ideal

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang indah memang menjadi idaman setiap orang. Namun, tubuh yang indah belum tentu masuk kategori tubuh ideal. Pasalnya, banyak orang yang terlihat langsing dan indah dipandang, namun ternyata berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan kategori tubuh ideal. 

Jika biasanya bertebaran cara menguruskan badan, kali ini cara menggemukkan badan nampaknya akan sesuai untuk Anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Anda yang memiliki postur tubuh yang kurus biasanya akan kurang nyaman dalam berpakaian. 

Tak hanya itu, tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh dengan tubuh yang kurus. Kurus sering ididentikkan dengan tubuh lemah dan akan mudah terserang penyakit. Meski hal itu tak sepenuhnya benar.  Misalnya yang terjadi pada wanita yang siklus menstruasinya terganggu karena berat badan yang turun drastis. Maka dari itu, kesehatan memang menjadi tujuan utama semua orang agar bisa hidup dengan bahagia.

Layaknya perjuangan menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga dapat dilakukan Anda yang memiliki badan yang kurang ideal. Untuk itu, Liputan6.com paparkan cara menggemukkan badan secara alami tanpa konsumsi obat-obatan tertentu, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 7 halaman

1. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Menggemukkan badan bukan berarti Anda harus makan segala jenis makanan agar berat badan bisa naik. Pasalnya, makanan yang asal pilih mengandung berbagai macam kandungan yang justru malah membahayakan tubuh. Untuk itu, pilih makanan yang mengandung kalori, protein serta karbohidrat untuk menyeimbangkan berat badan dan kesehatan tubuh.

Kalori

Perbandingan asupan kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Setidaknya dalam sehari Anda harus mengonsumsi kalori kurang lebih 7.000-10.000 kalori.

Buah-buahan seperti kurma dan alpukat memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, yaitu masing-masing 282 Kkal dan 160 Kkal. Selain kedua buah tersebut, buah seperti pisang, anggur, mangga, pir, apel juga mengandung tinggi kalori.

Anda juga bisa tambahkan keju parut ke atas roti, atau menyandingkan telur dadar dengan sup ayam. Namun, perlu waspada juga untuk takarannya, karena kalori yang berlebih bisa menyebabkan diabetes.

Protein

Untuk menggemukkan badan dan memperkuat otot, pilihan makanan bersumber protein harus diperhatikan. Anda bisa mulai mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Karenanya, jika Anda konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Karbohidrat

Cara menggemukkan badan secara alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi berupa nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung. Namun, seperti makanan lainnya, hindari konsumsi secara berlebihan, demi menjaga kesehatan organ tubuh lain.

3 dari 7 halaman

2.  Makan Porsi Kecil, Tapi Sering

Kebanyakan orang berpikir bahwa banyak makan akan meningkatkan berat badan. Padahal, banyak makan secara berlebihan justru dapat menyebabkan sakit perut. Sakit perut bisa berupa masalah pencernaan atau rusaknya organ tubuh karena tidak mampu menampung makanan yang terlalu banyak jumlahnya.

Apalagi, kebiasaan makan sebelumnya tidak pernah sebanyak itu. Alhasil, alih-alih menggemukkan badan, Anda justru harus dirawat di rumah sakit dan meminum obat karena tubuh mengalami eror.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengubah pola pikir banyak makan menjadi makan porsi kecil, namun sering. Cara menggemukan badan yang kedua ini dilakukan dengan makan berkali-kali dengan porsi yang sedikit. Dengan cara ini, diharapkan organ pencernaan dapat beroperasi secara teratur hingga akhirnya meningkatkan berat badan Anda.

4 dari 7 halaman

3.  Konsumsi Jus atau Smoothies

Tak hanya makanan saja yang bisa berpengaruh pada berat badan. Pasalnya, minum jus juga bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan secara alami dan sudah pasti sehat.

Selain jus buah-buahan, Anda juga bisa konsumsi smoothies untuk sarapan setiap pagi. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus.

5 dari 7 halaman

4.  Konsumsi Camilan Sehat

Makan lebih sering tidak berarti harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Anda bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatan. Di kantor, Anda bisa menyediakan buah-buahan di meja agar mudah dijangkau sebagai alternatif cara menggemukkan badan.

Misalnya, Anda bisa mencoba camilan sehat seperti roti tawar yang diolesi selai kacang atau irisan pisang yang ditemani segelas susu. Susu yang dimaksud tidak harus susu murni.

Anda juga bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Selain sebagai camilan, Anda bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lebih tepatnya, olahraga ini dilakukan untuk menuju hidup yang lebih sehat.

Olahraga secara rutin justru merupakan salah satu cara ampuh menggemukkan badan yang patut Anda coba. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

7 dari 7 halaman

6. Kunyah Makanan Sampai Halus

Layaknya smoothies ataupun jus buah, mengunyah makanan sampai halus bisa masuk ke dalam salah satu cara menggemukkan badan secara alami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang memiliki tekstur lebih halus akan diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga bisa menaikkan berat badan.

Kerap Disalahkan, Istri Tikam Suami Saat Tidur Pulas di Ranjang

Liputan6.com, Pelalawan – Ketidakharmonisan rumah tangga Naatulo Laia dengan istrinya Rosmawati Nduru berujung pembunuhan. Sang suami yang berusia 36 tahun itu ditemukan tak bernyawa dengan kondisi mengenaskan pada Jumat, 22 Februari 2019.

Kejadian di Desa Pangkalan Panduk, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau, itu sontak membuat warga sekitar heboh. Apalagi pelakunya adalah istri korban.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan mengatakan, pelaku ditangkap tidak lama setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat. Pelaku sempat menyatakan tak sengaja dengan alasan membela diri.

“Sebelum kejadian bertengkar dengan suaminya. Korban marah dan pelaku menyerangnya pakai pisau dan menangkis hingga kena leher suaminya itu,” kata Kaswandi, Minggu petang, 24 Februari 2019.

Kecurigaan petugas timbul setelah melakukan olah tempat kejadian perkara. Petugas menduga, dua luka di leher bagian kiri korban bukanlah akibat tangkisan melainkan pembunuhan. Hal ini diperkuat dengan dalamnya luka leher yang hampir tembus ke pundak.

Polisi juga menemukan satu pembalut bantal di pohon pisang belakang rumah. Kemudian ditemukan pula kain bantal basah di kamar mandi dan masih ada bercak darah.

“Patut diduga korban berusaha menghilangkan barang bukti. Anggota lalu memeriksa intensif hingga akhirnya pelaku mengaku telah sengaja membunuh suaminya,” terang Kaswandi.

Kepada petugas, pelaku mengaku beraksi ketika korban tertidur lelap. Pelaku diam-diam keluar dari kamar mengambil pisau dapur lalu mengarahkan ke leher korban.

Dalam kasus ini, pisau yang masih ada bercak darah dan dua sarung bantal dijadikan barang bukti. Berkas tindak pidana tersangka juga dilengkapi dengan memeriksa sejumlah saksi di desa itu.

“Motifnya karena dendam, sakit hati sering dimarahi dan apapun yang diperbuat tidak membuat korban senang. Sering disalahkan pelaku ini oleh korban,” jelas mantan Kasubdit I Reserse Kriminal Khusus Polda Riau ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Cara Wali Kota Tangerang Budayakan Olahraga untuk Warganya

Liputan6.com, Tangerang – Ajak seluruh warganya untuk gemar berolahraga, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, pimpin ‘Fun Tang Run 3K’ di Pusat Pemerintahan setempat.

Sekitar seribu lebih warga dari berbagai kalangan, mulai dari usia anak hingga orang tua, mengikuti kegiatan tersebut.

“Ayo sama-sama kita hidup sehat, dimulai dulu dengan lari sejauh yang bisa. Seperti hari ini sejauh 3 kilometer,” tutur Wali Kota Tangerang Arief dihadapan ribuan warganya, Minggu (24/2/2019).

Bukan siapa yang paling unggul atau juara 1, melainkan bisa sama-sama mencapai garis finish. Kemudian, bisa menerapkannya di lain hari. Sehingga kebudayaan berolahraga yang paling murah tanpa modal ini, bisa dinikmati dan jadi gaya hidup warga Kota Tangerang.

“Harus jadi gaya hidup sehat. Kita kan punya banyak sarana dan prasarana olahraga, seperti Alun-alun Ahmad Yani, itu pasti ramai setiap pagi atau sore dipakai warga untuk berolahraga,” ujar Wali Kota Tangerang Arif.

Selain itu, juga banyak taman kota tematik lainnya yang bisa dijadikan sarana olahraga warga, sekaligus kumpul rekreasi keluarga. Seperti Taman Kreasi, Taman Kunang-kunang, dan Taman Pisang di Karawaci, serta bantaran Sungai Cisadane yang dilengkapi dengan jogging track.

Selain itu, Fun Tang Run 3 kilometer kali ini diselenggarakan dalam rangka Hut Kota Tangerang ke 26 tahun. Menurut Kadis Pemuda dan Olahraga setempat, Dedi Suhada ada lebih dari seribu peserta yang ikut serta.

“Target kita kan seribu, ini sepertinya lebih. Dari semua kalangan usia dan profesi, mulai dari anak-anak sampai orang tua,” ujar Dedi.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

23 Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah, Mudah dan Aman Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang bersih dan segar menjadi dambaan bagi setiap orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Karena kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat performa penampilan menjadi kurang. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu.

Sayangnya tak semua orang lahir dengan memiliki kondisi kulit wajah yang bersih dan merona. Bagi sebagian orang, untuk mendapatkan kulit seperti itu harus dicapai dengan upaya yang ekstra. Berbagai cara pun dilakukan misalnya dengan memakai serangkaian produk kecantikan atau perawatan di salon yang menguras kantong.

Namun apakah kamu benar-benar yakin produk kecantikan tersebut benar-benar aman untuk kulit wajahmu? Selain itu produk kecantikan ini tidak ramah juga bagi dompet. Memang ada yang bisa dijangkau dengan harga yang murah. Namun, harga suatu produk disesuaikan dengan kualitasnya. Kalau saja harga tersebut murah, siapa yang menjamin kualitas produk tersebut aman-aman saja bagi kulit wajah.

Daripada kamu bingung memilih untuk membeli produk kecantikan pencerah wajah yang murah tapi tidak aman atau membeli pencerah wajah berkualitas tapi mahal, kamu bisa coba cara lain. Kamu bisa membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tak perlu khawatir, bahan-bahan alami ini tentunya sangat mudah kamu temukan di sekelilingmu. Tentunya bahan-bahan alami ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Selain mudah dan murah, dengan menggunakan bahan alami, kamu tidak perlu takut akan efek sampingnya.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/2/2019) cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah ini telah dirangkum dari berbagai sumber. Bersiaplah untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Aneka Jeruk

1. Jeruk Nipis

Kaya akan anti-oksidan vitamin C, jeruk nipis akan membantu kamu untuk mendapatkan kulit agar terhindar dari jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membantu untuk mecerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas. Begini cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan jeruk nipis:

– Belah jeruk nipis menjadi dua bagian,

– Oleskan pada wajah secara merata,

– Diamkan selama 30 menit samapi mongering,

– Bilas dengan air bersih,

– Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu.

Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif harap berhati-hati dalam menggunakan bahan alami ini karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

2. Lemon

Sama dengan jeruk nipis, selain memiliki anti-oksidan dan vitamin C, di dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Berikut cara membuatnya:

– Oleskan perasan air lemon ke wajah,

– Diamkan selama 15 menit,

– Bilas dengan air hangat,

– Wajah akan segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

3. Jeruk

Tak hanya dagingnya yang dapat langsung dikonsumsi, jeruk juga bisa dijadikan salah satu alternatif cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah. Begini caranya:

– Peras air jeruk,

– Oleskan pada wajah,

– Lakukan secara rutin setiap hari,

– Wajah kamu akan segera memutih, bersih, dan segar.

4. Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi kamu yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat kamu pakai sebagai masker wajah yang berguna untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda di wajah. Begini cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah:

– Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering,

– Tumbuk kulit jeruk hingga halus,

– Campur dengan air hingga berbentuk pasta,

– Oleskan pada wajah kamu yang sebelumnya telah dibersihkan,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Aneka Umbi-umbian

1. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna. Ini caranya:

– Tumbuk halus kentang yang sudah direbus,

– Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih.

Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin, yaitu pada waktu malam sebelum tidur. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang normal, penggunaan bahan ini cocok buat anda.

2. Lobak Putih

Memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Caranya:

– Haluskan 1 buah lobak putih,

– Campurkan 2 sdm minyak zaitu,

– Gunakan sebagai masker wajah,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas wajah dengan air bersih.

3. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. Cara membuat maskernya:

– Parut bengkoang hingga lembut,

– Peras dengan menggunakan air,

– Gunakan sarinya sebagai masker,

– Diamkan selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih,

– Lakukan secara rutin.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Buah-buahan

1. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah. Cara membuatnya:

– Haluskan papaya,

– Setelah lembut, gunakan sebagai masker,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air hangat.

Melakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah memutih dengan cara yang alami.

2. Alpukat

Mampu melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini, karena alpukat mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Cara membuat maskernya:

– Haluskan daging alpukat sampai lembut,

– Oleskan pada wajah secara merata,

– Diamkan selama 25 menit,

– Bilas dengan air bersih.

3. Strawberry

Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan dapat mencerahkan wajah secara alami. Caranya:

– Haluskan buah strawberry hingga lembut,

– Campur dengan susu hingga mengental,

– Gunakan sebagai masker wajah.

4. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara membuatnya:

– Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih,

– Lakukan ini secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

5. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan buah ini, begitu mudah:

– Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut,

– Tambahkan 1 sdm madu,

– Campur hingga rata,

– Oleskan pada wajah,

– Biarkan mongering selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih.

6. Timun

Timun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam. Ini caranya:

– Iris timun tipis-tipis,

– Tempelkan pada seluruh wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Basuh dengan menggunakan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Bahan Lainnya

1. Putih Telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah, serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, kamu bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

2. Susu

Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Karena itulah, cara ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

– Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu,

– Jadikan masker wajah,

– Biarkan selama 30 menit,

– Setelahnya, bilas dengan air bersih.

3. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah kamu dan membuatnya bersinar alami. Cara membuatnya:

– Siapkan yogurt segar tanpa rasa,

– Gunakan sebagai masker wajah,

– Oleskan pada wajah,

– Pijit-pijit dengan lembut,

– Diamkan selama 5 menit,

– Bilas dengan air hangat.

4. Teh Hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat. Selain itu, teh hijau juga dapat mengangkat sel kulit mati. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah adalah dengan memakai daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

Ini caranya kalau kamu menggunakan daun teh hijau:

– Rendam dalam air panas selama 15 menit,

– Tunggu sampai agak dingin,

– Oleskan airnya pada wajah.

Ini caranya kalau kamu menggunakan bubuk teh hijau:

– Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta,

– Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah.

5. Kopi dan Gula

Cara membuat masker untuk memutihkan kulit wajah menggunakan bahan ini, yaitu kopi dan gula digunakan sebagai scrub wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Caranya:

– Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula,

– Beri sedikit air hingga berbentuk pasta,

– Gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

6 dari 6 halaman

Bahan alami untuk mencerahkan wajah

6. Air Rendaman Beras

Jangan membuang air bekas cucian beras. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan memutihkannya. Caranya:

– Biarkan air beras agar mengendap,

– Gunakan endapan air beras sebagai masker wajah,

– Diamkan selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih.

7. Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Cara membuatnya:

– Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu,

– Gunakan sebagai masker,

– Diamkan selama 10 menit,

– Bilas dengan air bersih.

8. Cuka Apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah, selain itu juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan dan mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakannya:

– Campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air,

– Celuokan kapas pada cairan tersebut,

– Oleskan pada wajah.

9. Madu

Pelembab alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Caranya:

– Ambil 1 sdm madu,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih.

10. Lidah Buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya.

Lidah buaya mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah. Cara membuatnya:

– Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah,

– Oleskan secara merata pada kulit wajah,

– Diamkan selama 15 menit,

– Bilas dengan air bersih.

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir, Tampak Merah Merona Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan kesehatan. Sejak dulu hingga sekarang pun masih banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk perawatan yang aman dan ampuh.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea) yang berasal dari pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lebat, memiliki batang keriput berwarna abu-abu ramping dengan banyak cabang.

Buah zaitun memiliki bentuk bulat berwarna hijau ketika mentah dan berwarna kekuning-kuningan ketika sudah matang. Pada umumnya minyak dari buah zaitun dapat digunakan untuk memasak, bahan kosmetik, obat herbal, sabun dan bahan bakar untuk lampu minyak.

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk merawat tubuh karena dalam minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, utamanya asam oleik dan polifenol. Kini banyak produk minyak zaitun yang mudah didapatkan. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah minyak zaitun yang banyak dijual di toko-toko obat herbal di seluruh Indonesia.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/2/2019) minyak zaitun sangat baik digunakan sebagai bahan merawat tubuh. Salah satunya adalah manfaat minyak zaitun untuk bibir.

Dengan cara yang alami, manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa menjadi salah satu cara jika kamu memiliki masalah pada bibirmu. Manfaat minyak zaitun untuk bibir sudah dibuktikan oleh banyak orang karena mengandung nutrisi. Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah sebagai berikut:

2 dari 5 halaman

1. Menjaga kelembaban bibir

Minyak zaitun yang kaya akan nutrisi membuat manfaat minyak zaitun untuk bibir ini banyak digunakan oleh banyak orang khususnya wanita. Minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada bibir, membuat bibir lembab dan segar. Agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk bibir, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

· Gunakan air hangat untuk membersihakn bibir

· Kemudian gunakan handuk bersih dan lembut untuk mengeringkannya

· Oleskan secara merata minyak zaitun pada permukaan bibir

· Kemudian pijat secara perlahan bibirmu dengan lembut agar minyak zaitun dpat meresap dengan baik

· Diamkan sampai keesokan harinya

· Lalu bersihkan minya zaitun dari bibir.

Untuk dapat melembabkan bibirmu, kamu harus gunakan minyak zaitun dengan cara tersebut secara teratur namun tetap jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan ada kemungkinan justru kulitmu akan berminyak.

3 dari 5 halaman

2. Meremajakan bibir

Manfaat minyak zaitun untuk bibir selanjutnya dalah minyak zaitun mampu meremajakan bibirmu. Caranya sebagai berikut,

· Campurkan sedikit minyak zaitun dengan pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya

· Aduk minyak zaitun dengan pisang tersebut hingga menyatu

· Oleskan dan pijat bibirmu agar camouran minyak zaitun dan pisang dapat menyerap dengan baik

· Tunggu sampai 20 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat

4 dari 5 halaman

3. Menghilangkan warna hitam pada bibir

Warna bibir yang hitam tentu membuatmu menjadi tak percaya diri. Setiap orang menginginkan bibir yang berwarna merah merona dan tampak segar. Manfaat minyak zaitun untuk bibir tentunya bisa membantumu dalam mengatasi masalahmu tersebut. Langkah untuk mendapatkan bibir yang tampak lebih merah alami sebagai berikut.

· Campur minyak zaitun dengan madu sebanyak satu sendok teh dan tuang pada gelas

· Oleskan campuran minyak zaitun dan madu pada bibirmu yang sudah bersih

· Pijat perlahan agar minyak zaitun dan madu dapat meresap

· Diamkan beberapa menit

· Lalu cuci dengan air hingga bersih.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir yang hitam ini cukup ampuh digunakan karena dalam minyak zaitun terdapat kandunan vitamin E dan vitamin K yang bisa memberikan warna alami pada bibir. Kmau bisa melakukan cara tersebut setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

4. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Bibir juga memiliki sel kulit mati yang perlu dibersihkan. Cara membersihkannya kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun pada bibir tak hanya memberikan efek lembab dan memberikan warna bibir secara alami tetapi juga mampu mengangkat selsel kulit mati pada bibir. Langkanya sebagai berikut.

· Campurkan satu sendok teh minyak zaitun dan gula

· Oles menggunakan sikat gigi yang lembut pada bibir

· Gunakan pada bibir selama tiga menit

· Kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat dan handuk yang bersih.

Untuk mendapatkan bibir yang cantik tentunya kamu juga tidak boleh melupakan aspek kesehatannya. Kamu bisa memperoleh bibir yang cantik sekaligus sehat dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk merawat tubuh.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk bibir yang bisa kamu coba untuk mempercantik bibirmu agar tampak merah merona secara alami dan sehat. Dengan cara yang alami ini, kamu tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik yang belum tentu menyehatkan bagi bibirmu.

JK: Hampir 4,5 Tahun Bersama, Jokowi Tidak Pernah Bicara Proyek Pribadi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memuji sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi. JK mengatakan, bahwa Jokowi tak penah membicarakan soal proyek atau hal hal yang menguntungkan pribadi kepadanya.

Hal itu disampaikan JK dalam acara Silaturahmi Nasional Institut Lembang Sembilan Sembilan Tahun 2019 di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019) malam.

“Saya ingin menyampaikan pada Anda semua seperti contoh, saya sudah hampir 4,5 tahun dengan Pak Jokowi. Dan 4,5 tahun tidak pernah sekalipun kita berbicara tentang proyek pribadi. Tidak ada. Tidak pernah. Dan setahu saya juga dia tidak pernah berbicara pada saya tentang hal-hal tersebut,” kata JK.

Menurut JK, suatu negara akan rusak bila presiden dan keluarga melakukan nepotisme. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh Jokowi. Padahal, Jokowi sangat mudah bila ingin memberikan proyek kepada keluarganya.

“Anda tentu tahu putra beliau 2, satu jual martabak dan katering, cukup baik, satu jual pisang. Tidak ada yang proyek jalan atau proyek industri, ndak ada. Artinya tidak akan terjadi nepotisme. Apa susahnya sebenarnya beliau menunjuk suatu proyek, tapi tidak,” terangnya.

Selain itu, kata JK, Jokowi adalah sosok yang demokratis. JK bercerita bahwa Jokowi selalu memutuskan semua hal lewat mekanisme rapat. Kata dia, Jokowi sering menggelar rapat kabinet hampir tiap hari. Terkadang, sehari bisa sampai 2-3 kali. Menurutnya, hal tersebut untuk mencerminkan bila Jokowi selalu berusaha untuk adanya kebersamaan.

“Sehingga tiap tahun lebih dari 200x rapat tiap tahun. Jadi bayangkan kenapa saya harus pindah kantor dekat presiden, supaya mudah keluar rapat saya datang. Kalau di Merdeka Selatan itu mesti naik mobil lagi ke seberang,” ungkap JK.

“Itu artinya beliau sangat demokratis. Ingin demokratis, menjalankan demokrasi. Tanpa ingin memaksakan kehendak. Jadi, kemungkinan untuk otoriter tidak akan terjadi,” sambungnya.


2 dari 2 halaman

Tak Jerumuskan Bangsa

Politikus senior Partai Golkar itu menambahkan, dalam menjalankan kenegaraan wajib diusahakan secara demokratis dan tidak melanggar aturan. Hal itu pun tercermin dari sikap Jokowi yang ingin memajukan bangsa.

“Maka, kenapa saya di mana-mana juga berbicara saya memilih pasangan 01, karena itu bahwa itu tidak akan menjerumuskan bangsa,” ucap JK.

Menurut JK, pemimpin otoriter dan nepotisme bisa membuat negara hancur. Dia mencontohkan negara Venezuela yang dikenal mempunyai cadangan minyak terbesar di dunia kini menjadi negara miskin karena pemimpinnya nepotisme dan otoriter. Hal itu pun juga terjadi di negara-negara Timur Tengah. Terlebih, Indonesia pernah mengalami masa kepemimpinan yang otoriter.

“Karena itulah mengapa kita mempunyai dasar kita mendukung siapa. Bukan untuk kepentingan kita, tapi kepentingan secara keseluruhan dan pilihan pilihan itu harus objektif. Tidak hanya sekadar baik sehingga tidak mau mendukung sesuatu,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra


Saksikan video pilihan berikut ini:

JK: Negeri Aman Jika Pemerintah Tak Otoriter dan Nepotisme

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan suatu negara akan hancur jika memiliki ciri yang otoriter dan nepotisme. Tetapi JK bersyukur Indonesia tidak ada kedua ciri tersebut. Sebab, dia menjelaskan, semasa menjabat bersama Presiden Joko Widodo selama 4 tahun, segala sesuatu dirapatkan terlebih dahulu.

“Jadi insyallah, negeri ini akan aman apabila ini pemerintahan berlanjut tanpa dengan tadi ciri-ciri. Apabila ada ciri-ciri yang ingin nepotisme dan dengan otoriter itu awal kebangkrutan suatu negara,” kata JK di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019).

Dia menceritakan, selama bersama Jokowi tidak pernah berbicara pribadi terkait proyek. Artinya, kata JK, pemerintahannya dilakukan secara demokratis. Tidak ada kepentingan satu sama lain.

“Kita tahu semua, anaknya tidak ada yang bekerja untuk katakanlah proyek-proyek pemerintah. Yang satu bicara tentang berdagang pisang, yang satu berusaha di bidang martabak. Berbeda dengan zaman dahulu, punya proyek ini, punya proyek itu. Beliau tidak,” kata JK.

2 dari 2 halaman

Kasus Venezuela

Dia pun bersyukur Indonesia tidak seperti Venezuela yang otoriter, korupsi dan nepotisme. Sebab apa pun itu, kata JK selalu diputuskan bersama-sama.

“Kita Alhamdullilah, kita tidak selalu bicara otoriter karena segala selalu harus dirapatkan terlebih dahulu,” kata JK.

Dia menjelaskan Venezuela dulu sangat kaya tetapi memiliki pemerintahan yang otoriter dan nepotisme membuat inflasi 1,5 juta pertahun. Ingin membeli roti pun kaya JK dibutuhkan uang satu karung.

“Seperti itu, kita maksimal di waktu krisis 70 persen. Ini satu juta persen. Inilah yang menggambarkan bahwa insyallah kita akan mengalami situasi yang lebih baik. Apabila kita konsekuen untuk memilih pemimpin yang tidak otoriter dan tidak nepotisme,” ungkap JK.

Hal itu kata JK yang menjadi pegangan Indonesia. Dan tidak akan terulang seperti zaman Presiden ke-2 RI Soeharto.

“Itu yang menjadi pegangan kita semua, sebagai contoh daripada bagaimana Pak Harto jatuh. Akibat hal-hal tersebut,” ungkap JK.


Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini: