JK: Negeri Aman Jika Pemerintah Tak Otoriter dan Nepotisme

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan suatu negara akan hancur jika memiliki ciri yang otoriter dan nepotisme. Tetapi JK bersyukur Indonesia tidak ada kedua ciri tersebut. Sebab, dia menjelaskan, semasa menjabat bersama Presiden Joko Widodo selama 4 tahun, segala sesuatu dirapatkan terlebih dahulu.

“Jadi insyallah, negeri ini akan aman apabila ini pemerintahan berlanjut tanpa dengan tadi ciri-ciri. Apabila ada ciri-ciri yang ingin nepotisme dan dengan otoriter itu awal kebangkrutan suatu negara,” kata JK di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019).

Dia menceritakan, selama bersama Jokowi tidak pernah berbicara pribadi terkait proyek. Artinya, kata JK, pemerintahannya dilakukan secara demokratis. Tidak ada kepentingan satu sama lain.

“Kita tahu semua, anaknya tidak ada yang bekerja untuk katakanlah proyek-proyek pemerintah. Yang satu bicara tentang berdagang pisang, yang satu berusaha di bidang martabak. Berbeda dengan zaman dahulu, punya proyek ini, punya proyek itu. Beliau tidak,” kata JK.

2 dari 2 halaman

Kasus Venezuela

Dia pun bersyukur Indonesia tidak seperti Venezuela yang otoriter, korupsi dan nepotisme. Sebab apa pun itu, kata JK selalu diputuskan bersama-sama.

“Kita Alhamdullilah, kita tidak selalu bicara otoriter karena segala selalu harus dirapatkan terlebih dahulu,” kata JK.

Dia menjelaskan Venezuela dulu sangat kaya tetapi memiliki pemerintahan yang otoriter dan nepotisme membuat inflasi 1,5 juta pertahun. Ingin membeli roti pun kaya JK dibutuhkan uang satu karung.

“Seperti itu, kita maksimal di waktu krisis 70 persen. Ini satu juta persen. Inilah yang menggambarkan bahwa insyallah kita akan mengalami situasi yang lebih baik. Apabila kita konsekuen untuk memilih pemimpin yang tidak otoriter dan tidak nepotisme,” ungkap JK.

Hal itu kata JK yang menjadi pegangan Indonesia. Dan tidak akan terulang seperti zaman Presiden ke-2 RI Soeharto.

“Itu yang menjadi pegangan kita semua, sebagai contoh daripada bagaimana Pak Harto jatuh. Akibat hal-hal tersebut,” ungkap JK.


Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tokoh Muda NU: Pilih Capres yang Paling Sedikit Buruknya, Jangan Golput

Liputan6.com, Jakarta – Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Taufik Damas meminta masyarakat tidak golput pada Pilpres 2019 ini. Hal itu untuk menanggapi sejumlah orang yang mengancam tidak menggunakan hak pilihnya atau golput karena menilai dua kandidat yang bertarung sama-sama negatif dan tidak sesuai harapannya.

Taufik pun meminta masyarakat lebih rajin membaca untuk mengenal lebih jauh kedua calon pemimpin Indonesia. Lihat juga sepak terjangnya serta manfaat yang telah dibuat untuk bangsa.

“Ujung-ujungnya ya silakan dipilih sesuai hati nurani. Tapi yang jelas, bagi saya orang golput itu tidak masuk akal,” ujar Taufik dalam sebuah diskusi dengan tema ‘Mengapa Harus Memilih’ yang diselenggatakan Alumni Theresia Bersatu di Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019).

Taufik menambahkan, bagaimana mungkin masyarakat Indonesia tidak terlibat langsung pilpres yang sangat menentukan masa depan bangsa.

“Karena andai ada dua pilihan yang sama-sama buruk, kita tetap harus memilih yang keburukannya itu paling sedikit. Apalagi kalau yang satu baik yang satu tidak, tentu kita pilih yang lebih baik. Jadi tidak ada alasan untuk golput,” ucapnya menegaskan.

2 dari 3 halaman

Kata Taufik Tentang Jokowi

Lebih lanjut, Taufik berpendapat, calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo telah menunjukkan kinerja terbaiknya selama memimpin Indonesia. Selama menjadi presiden, Taufik tidak pernah melihat hasrat Jokowi untuk memperkaya diri.

“Coba bayangkan, anaknya saja jualan martabak dan pisang, tidak ada anaknya yang dikasih bisnis ini bisnis itu. Itu merupakan anugerah. Sikap itu berarti Beliau menyelamatkan kekayaan negeri ini. Dan itu linier dengan cita-cita menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” turur Taufik.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wawancara Khusus Jokowi: Impian Menuju Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Di tengah kesibukannya, Jokowi meluangkan waktu untuk wawancara khusus dengan tim Liputan6.

Berikut ini petikan wawancara khusus dengan Jokowi:

Selamat sore Pak Jokowi. Pak Jokowi kalau lagi enggak memikirkan urusan negara ini, begini Pak cara menghilangkan pikiran bermain dengan cucu?

Ya untuk membuat pikiran segar kembali. Kalau pas cucu ke sini ya ini, main dengan Jan Ethes ini.

Pak, bagaimana membagi waktunya sih dengan sibuknya ini? Tiap hari, hampir setiap akhir pekan itu bapak saya perhatikan selalu blusukan?

Ya itu sudah menjadi tugas ya untuk kita selalu ke daerah, kemudian melihat proyek-proyek yang ada ya. Baik airport, pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, pembangunan pembangkit listrik, yang semuanya memang harus dicek agar selesainya tepat pada waktunya.

Kemudian juga bertemu dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan, keluhan-keluhan apa yang masih perlu kita perbaiki, perlu kita tangani. Sehingga enggak ada waktu yang namanya libur, sabtu minggu terus saja. Jadi kebetulan, ada waktu kosong, pas anak-anak pada ke sini, ya bisa ketemu anak dan cucu.

Kalau Bapak tadi bilang memantau proyek, ini pulau Jawa kan sudah hampir terhubung semua dengan jalan tol ya, tahun depan itu dari Merak sampai Banyuwangi. Bapak sudah puas?

Akhir tahun ini Jakarta-Surabaya tersambung. Tahun depan Insyaallah dari Merak sampai Banyuwangi juga, kalau saya lihat lapangannya juga Insya Allah tersambung. Kalau tanya puas atau belum puas, belum.

Karena masih banyak jalan-jalan yang perlu kita sambungkan ya. Antarprovinsi dengan provinsi, kabupaten dengan kabupaten, kota dengan kota, juga konektivitas antar pulau. Yang memerlukan pelabuhan-pelabuhan, airport-airport. Saya kira masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

Nah terus pak jokowi kalau kangen sama Jan Ethes gimana pak karena jadwalnya terlalu padat?

Ya paling dua bulan ketemu sekali. Tapi setiap hari pasti ya kalau jam sembilan jam sepuluh malam pasti kita video call dengan Ethes.

Jadi kalau misalnya anak-anak ini mereka semua punya usaha sendiri-sendiri. Bapak ingin engga sih kalau salah satu dari anak bapak ini bisa masuk ke dunia politik juga?

Engga. Saya tanya, saya melihat anak-anak saya masih konsentrasi di usahanya masing-masing. Dan saya senang mereka bisa mandiri, tanggung jawab terhadap kehidupannya. Sudah bisa menyekolahkan anaknya.

Bisa menghidupi keluarganya dengan, kayak Gibran menjual martabak, Kaesang menjual pisang goreng, Bobby juga membuka warung kopi. Ya saya sangat bersyukur.

2 dari 3 halaman

Out of The Box

Pak Jokowi ini sering banget out of the box. Ide-ide seperti membuat menara kapsul waktu, itu Pak Jokowi mengambil konsep bangunannya mirip dengan markas Avangers pak. Apasih pesannya di balik itu?

Kita ingin memberikan sebuah persepsi, bahwa Indonesia dan lebih khusus lagi Papua itu mengalami proses menuju sebuah Indonesia yang maju. Sehingga ya dibangunlah Monumen Kapsul Waktu yang intinya di sini mimpi-mimpi rakyat itu ditampung di sana. Yang nanti akan kita buka di 2085. Mimpi-mimpi anak-anak sekarang untuk 2085.

Nah ini bukan hanya ada markas Avangers, tapi pidato di IMF menggunakan Game of Thrones. Ini film-film kekinian yang dipilih. Itu Mas Gibran bukan sih yang bantuin bapak membuat ide-ide seperti itu?

Ya itu kita hanya ingin menyampaikan sesuatu dengan cara sederhana tapi pesan itu sampai. Gitu saja. Jadi sesimple itu pemikiran kita. Jadi tanpa harus langsung menghajar, tapi pesan itu sampai.

Pesan apa yang ingin bapak sampaikan? Terutama saat Bapak ada di depan anak-anak muda, para penerus bangsa Pak?

Ya bahwa kompetisi yang sehat itu perlu. Tetapi kompetisi dan rivalitas, yang merusak itu harus dihindari. Ke depan yang diperlukan, sebuah negara yang diperlukan dunia ini adalah sebuah kolaborasi. Sebuah kerja sama yang semua dibutuhkan. Ekonomi diuntungkan, politik diuntungkan, masyarakat dapat manfaatnya.

Jadi ke depan hubungan negara dengan negara harus seperti itu. Jangan rivalitas, jangan kompetisi yang saling merusak. Itu berbahaya sekali bagi hubungan antarnegara.

Nah kalau tadi bapak bicara soal ekonomi. Kalau di Indonesia sendiri menurut bapak bagaimana ekonominya pak?

Ya kalau kita lihat ya tolong dibandingkan dengan negara-negara lain ya. Di tengah kesulitan ekonomi global, yang tumbuh hanya tiga setengah persen, kita bisa tumbuh 5,1 : 5,2. Ini patut kita syukuri.

Sebuah global ekonomi yang sangat sulit mampu tumbuh 5,1 rata-rata. Kemudian juga inflasinya juga rendah 3,5. Saya kira ya kita harus bersyukur karena hal seperti itu.


Saksikan wawancara Liputan6.com dengan Jokowi selengkapnya dalam video di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Wawancara Khusus dengan Jokowi:


Reporter: Dewi Larasati

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Agar Bisa Tampil Ideal dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Baik wanita maupun pria. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal banyak cara yang dapat dilakukan. Namun tentu saja untuk mencapai keinginan tersebut hendaknya tidak melupakan aspek kesehatannya.

Mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara yang sehat tentu saja memberikan efek yang baik untuk kedepannya. Jika mengambil cara yang tidak sehat seperti diet ekstrem atau mengonsumsi obat-obatan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Bukannya mendapatkan tubuh yang ideal, kemungkinan justru mendapatkan hal sebaliknya. Tubuhmu akan kekurangan nutrisi dan mendatangkan berbagai penyakit.

Di balik gegap gempita banyak orang yang ingin menguruskan badan, banyak orang yang ingin menambah berat badan. Beberapa orang kurus yang ingin menambahkan berat badannya biasanya memiliki alasan berat badannya yang dibawah rata-rata.

Berat badan dibawah rata-rata terkadang membuat orang merasa khawatir. Selain itu, mendapatkan omongan dari orang sehingga menimbulkan rasa malu. Dari keadaan tersebut tak jarang banyak orang yang mencari cara menambah berat badan secara cepat. Alasan terakhir, karena memang susah menambah berat badan. Mereka susah untuk menaikkan berat badan padahal sudah makan banyak setiap hari.

Jika kamu memiliki berat badan dibawah rata-rata dan ingin memiliki tubuh yang ideal, ada cara menambah berat badan secara alami yang tentunya sehat sehingga bisa kamu tiru dan lakukan. Tanpa menggunakan obat-obatan untuk menambahkan berat badanmu secara cepat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) ada cara menambah berat badan secara alami yang tentu saja tak akan menyiksa tubuhmu dengan bahan-bahan kimia. Dengan cara-cara yang alami, maka tubuhmu akan terisi nutrisi dan gizi yang baik untuk menambah berat badanmu. Berikut beberapa cara menambah berat badan secara alami yang bisa membantumu mendampatkan tubuh yang ideal secara sehat.

2 dari 4 halaman

Ubah Konsumsi Makanmu

1. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

Makanan dengan nutrisi tinggi bisa kamu dapatkan dari sering mengonsumsi banyak buah, sayur dan juga kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, kamu akan menyuplai makanan berlemak dan kalori tinggi ke dalam tubuhmu.

2. Makan Lebih Sering

Jika biasanya kamu makan dalam sehari tiga kali, kamu bisa meningkatkan intensitasnya. Tips dan triknya adalah kamu bisa makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil. Lebih sering makan akan lebih baik karena orang yang kurus biasanya lebih cepat merasa kenyang.

3. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Cara menambah berat badan secara alami yang cukup banyak dilakukan orang adalah banyak konsumsi makanan berkarbohidrat. Cara ini dianggap cukup jitu tanpa harus konsumsi obat-obat. Karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum sampai tepung. Namun tetap jangan berlebihan ya.

3 dari 4 halaman

Minuman yang Sehat Untuk Menambah Berat Badan

4. Konsumsi Jus dan Smoothies

Cara menambah berat badan secara alami selanjutnya adalah kamu disarankan untuk konsumsi jus atau smoothies. Jus dan smoothies akan mudah diserap oleh tubuh karena teksturnya yang lebih halus dari makanan.

5. Konsumsi Susu dan Madu

Susu adalah salah satu cara menambah berat badan secara alami yang paling terkenal setelah karbohidrat. Selain susu kamu bisa selingi dengan yogurt, puding atau es krim. Selain susu, madu juga disarankan.

6. Jangan Minum Sebelum Makan

Walaupun terdengar sederhana, tetapi trik ini bisa kamu jadikan cara menambah berat badan secara alami, lho. Hal ini dilakukan agar kamu tidak merasa kenyang lebih dulu sebelum makan. Kamu disarankan untuk minum saat makan atau 30 menit setelahnya.

7. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang sudah tahu jika air putih memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kamu bisa membagi jam minum air outih dimulai dari bangun tidur dipagi hari, siang, sore hingga malam agar kebutuhan air putih dalam tubuh terpenuhi.

4 dari 4 halaman

Rutin Berolahraga

8. Olahraga Namun Hindari Olahraga Jenis Kardio

Olahraga secara rutin menjadi salah satu cara menambah berat badan secara alami. Olahraga tak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga menambah berat badan. Namun kamu disarankan untuk tidak oleharga jenis kardio secara sering. Kamu bisa lakukan olahraga jenis kardio dengan waktu 30 menit saja sebanyak 5 kali dalam seminggu saja. Selain itu hindari olahraga aerobik. Kamu bisa lakukan olahraga anaerobik.

9. Konsumsi Cemilan Sehat

Disela kegiatanmu, kamu bisa diselingi dengan cemilan yang sehat. Seperti makan buah atau kacang kedelai. Buah yang bagus untuk menambah berat badanmu adalah buah pisang. Kurangi untuk cemilan yang mengandung banyak minyak. Yang digoreng atau direndam dengan minyak untuk mengurangi kadar kolesterol.

10. Hindari Begadang dan Merokok

Begadang adalah musuh besar buat kamu jika kamu ingin menambah berat badan. Selain itu begadang juga beresiko mendatangkan penyakit lainnya. Tak hanya begadang, kamu juga sangat disarankan untuk tidak merokok. Karena rokok dapat memicu tubuh untuk tidak merasa laparsehingga nafsu makan menjadi turun.

Kawanan Gajah Masih Betah di Kebun Warga

Liputan6.com, Pekanbaru- Belasan Gajah Sumatera sepertinya masih betah mengitari sejumlah kebun warga di Desa Maharani, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Sejauh ini belum ada tanda-tanda satwa berbelalai dan bongsor itu meninggalkan lokasi sejak datang beberapa hari lalu.

Pemilik lahan kelapa hybrida, kelapa sawit, pisang serta tanaman lainnya belum berani menjenguk kebunnya. Mereka hanya pasrah tanaman mereka dicabut lalu dimakan oleh satwa bernama latin Elephas Maximus Sumatrensis ini.

Beberapa personel dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan pawang dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas sudah di lokasi memantau pergerakan kawanan gajah dimaksud. Kewaspadaan tinggi menjadi syarat penanganan karena sewaktu-waktu gajah bisa menyerang.

“Sudah dari malam sampai pagi tadi kami ikuti, sekarang kami masih di lokasi,” terang pawang gajah dari PLG Minas, Widodo pada Selasa petang, 19 Februari 2019.

Selama di lokasi, Widodo mengaku sudah melihat kawanan gajah yang meluluh-lantakkan puluhan batang kelapa hybrida milik Mangido Nababan. Secara perlahan, dia mengiring gajah itu untuk kembali masuk ke hutan.

Hingga kini, penggiringan masih dilakukan secara manual. Petugas mengikuti gajah dari belakang dan membuatnya supaya kembali lagi ke hutan di kawasan Minas.

Petugas di lapangan juga dibekali mercon atau alat-alat yang menimbulkan suara jika dipukul. Hanya penggunaannya tak sembarangan karena dibawa untuk jaga-jaga jika gajah mendekat. “Mercon ada, itu alat kita. Digunakan sewaktu-waktu saja, untuk jaga-jaga saja,” sebut Widodo.

2 dari 2 halaman

Kelompok 11

Sejauh ini, Widodo belum berniat mengerahkan gajah jinak dari PLG Minas. Menurutnya hal itu dilakukan jika penggiringan secara manual dan bunyi-bunyian sudah tidak ampuh lagi.

“Kalau kuwalahan baru dikerahkan gajah jinak, di PLG itu ada 17 ekor,” sebut Widodo.

Penuturan Widodo, gajah itu sudah dua hari masuk ke kebun warga. Hanya saja warga tidak melapor karena pihak RT yang sering berkomunikasi dengan PLG ataupun BBKSDA Riau tidak berada di desa tersebut.

“Malahan kami tahu dari media, makanya turun ke lokasi,” sebut Widodo.

Sementara itu, Kabid II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro menyebut kawanan gajah itu sering melintasi Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Minas, Siak. Kawanan ini merupakan satu di antara beberapa kantong gajah di kawasan tersebut.

Dia memperkirakan ada 22-24 ekor gajah liar masih mendiami kantong gajah tersebut dan terbagi dalam dua kelompok besar. Untuk gajah di kebun itu, Heru menyebut masuk dalam kelompok 11.

“Mereka terus bermigrasi untuk mencari makan dan melakukan penandaan wilayah dia,” paparnya..

Belakangan, tambah Heru, habitat gajah semakin terancam dengan semakin banyaknya perkebunan sawit serta pemukiman. Hal ini membuat intensitas kemunculan meningkat karena pemukiman dan kebun buatan manusia itu termasuk home range atau area pergerakan gajah secara periodik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki penampilan yang sempurna merupakan idaman banyak orang. Pasalnya, penampilan yang paripurna bisa menunjang percaya diri. Salah satu yang utama adalah penampilan wajah.

Banyak orang yang mengira, bahwa hanya jerawat dan bekasnya saja yang bisa menganggu penampilan wajah. Padahal, sebenarnya ada beberapa masalah lainnya yang bisa muncul pada wajah yakni pori-pori wajah yang besar.

Pori-pori kulit yang besar membuat wajah jadi mudah terlihat berminyak dan tampilan makeup jadi terlihat tidak mulus. Tentu saja hal ini bisa merusak penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Tak heran, berbagai cara pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajahnya. Termasuk perawatan di salon. Tapi, mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami lho.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara ampuh mengecilkan pori-pori dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

2 dari 4 halaman

Bahan alami untuk mengecilkan pori-pori

1. Es Batu

Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya cukup mudah:

– Ambil es batu dari freezer,

– Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah,

– Oleskan pada wajah Anda,

– Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

2. Madu

Madu mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Madu merupakan pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit. Caranya:

– Siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Air Rendaman Beras

Saat anda mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

– Rendam beras dalam wadah,

– Biarkan air beras agar mengendap,

– Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

4. Kopi dan Gula

Kedua bahan ini bisa digunakan sebagai scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah terangkat dengan sempurna. Sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati, maka pori-pori wajah mengecil. Caranya:

– Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta,

– Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

5. Jeruk Nipis

Mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C, jeruk nipis berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis diyakini dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya:

– Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya,

– Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah,

– Diamkan selama 15 menit,

– Bilas wajah Anda dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah

6. Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

– Potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya,

– Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda,

– Biarkan selama 15 menit (hal ini akan membuat pori-pori menjadi menutup).

7. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C bila dibandingkan dengan buahnya. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

– Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering,

– Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus,

– Campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta,

– Setelah itu oleskan pada wajah Anda (yang sebelumnya telah dibersihkan),

– Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan menggunakan buah pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Caranya:

– Kupas dan potong buah pepaya,

– Tumbuk halus papaya,

– Lalu gunakan sebagai masker,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas wajah Anda dengan air bersih.

9. Alpukat

Manfaat buah alpukat dapat melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini, karena alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Guna vitamin E untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal. Dengan memanfatkan buah alpukat, akan mengatasi penyebab pori-pori membesar sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Caranya:

– Belah buah alpukat dan keruk isinya,

– Haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah,

– Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

10. Pisang

Pisang mengandung banyak vitamin C, yang efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya:

– Kupas 1 buah pisang, lalu tumbuk halus,

– Tambahkan 1 sdm madu, campur hingga merata,

– Lalu oleskan masker ini pada wajah,

– Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami

11. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil. Tomat juga bisa dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Caranya:

– Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur,

– Lalu oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas wajah dengan air bersih.

12. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami yang memperlambat penuaan pada wajah. Selain itu kentang dapat membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori akan mengecil. Anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan noda atau flek pada wajah secara sempurna. Caranya:

– Tumbuk halus kentang yang telah direbus,

– Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta,

– Kemudian oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas wajah Anda dengan air bersih.

13. Timun

Timun kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah. Timun juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara pertama:

– Iris mentimun Tipis-tipis,

– Tempelkan pada seluruh wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Basuh dengan menggunakan air bersih.

Cara kedua:

– Parut mentimun dan ambil airnya,

– Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Basuh dengan menggunakan air bersih.

14. Bengkoang

Buah bengkoang banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan untuk dijadikan pemutih. Tapi selain berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Sebab buah bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah yang akan mengakibatkan pori-pori wajah membesar.

Caranya:

– Parut buah bengkoang lalu peras dengan menambahkan air,

– Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami,

– Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

15. Lobak Putih

Selain digunakan sebagai sebagai bahan dapur, ternyata lobak putih bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan pada lobak putih seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lobak putih yang mengandung banyak air di dalamnya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan sehat.

Derita Anak Gajah Hidup dengan Belalai Terpotong

Liputan6.com, Lampung – Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim kembali mengajak peduli pada nasib gajah betina bernama Erin yang berumur sekitar lima tahun. Erin mengalami cacat akibat jeratan pemburu liar separuh belalainya terputus.

Setelah sebelumnya sejumlah pihak menunjukkan kepedulian pada nasib gajah Erin itu, kini perhatian kembali datang dari Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

Prihatin dengan kondisi Erin, Cusnunia Chalim, melalui akun instagramnya Noenia_ch mengunggah video pendek Erin disertai keterangan ajakan peduli kembali terhadap satwa berbadan besar, berbelalai, dan termasuk salah satu spesies satwa langka yang dilindungi di dunia tersebut.

Dilansir Antara, pada akun instagramnya, Chusnunia menulis Erin adalah gajah kesayangannya. Dia menulis ajakan menengok Erin di Taman Nasional Way Kambas dan berpesan tidak lupa membawa makanan kesukaannya.

2 dari 2 halaman

Harus Menunduk Ketika Makan

Makanan yang disukai Erin, kata Chusnunia, adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Ini Erin, kesayanganku, yang belalainya terkena jerat hingga putus. Alhamdulillah mahot-mahot sayang pada Erin, ayo berkunjung ke Way Kambas, tengok Erin kecil, jangan lupa bawa makanan ya, bisa pisang, sayur-sayuran, kacang panjang, jagung, Erin suka macam-macam sayuran, bantu rawat Erin ya,” tulis Chusnunia Chalim di akun IG-nya itu pula.

Erin berada di Pusat Konservasi Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Gajah betina Erin yang berumur sekitar lima tahun itu, belalainya telah terpotong akibat jerat, dan diselamatkan Tim Elephant Response Unit (ERU) Way Kambas pada tahun 2016.

Namun, sampai dengan saat ini untuk makan Erin harus menunduk, bahkan terkadang disuapi oleh pengasuhnya (mahot/pawang).

Tahun 2018 lalu, Erin telah mendapat perhatian banyak pihak, termasuk dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Simak video pilihan berikut ini:

Malam Mencekam Saat Belasan Gajah Cabut Puluhan Pohon Kelapa di Pekanbaru

Liputan6.com, Pekanbaru- Belasan Gajah Sumatera memakan puluhan batang kelapa hybrida milik warga bernama Mangido Nababan di Jalan Maharani, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Pria 59 tahun ini tak bisa berbuat dan hanya pasrah melihat tanamannya porak-poranda oleh satwa berbelalai dan berbadan bongsor itu.

Mangido dihubungi wartawan pada  menjelaskan, kedatangan satwa bernama latin Elephas Maximus Sumatrensis itu dikabarkan penjaga kebunnnya, Nono. Kala itu, dia sedang tidur dan terbangun oleh dering telepon selulernya.

”Pak Nababan cepat ke kebun, tanaman bapak habis dimakan gajah,” kata Mangido menirukan perkataan Nono di ujung telepon, Senin (18/2/2019) petang.

Mangido memang tak bergegas ke kebun karena sadar takkan bisa mengusir belasan gajah itu. Dia baru ke kebunya pukul 9.00 WIB, lalu mendatangi Nono untuk mencari tahu kronologis masuknya gajah itu ke kebun.

Saat gajah datang, Nono engah tidur di pondok. Patahan demi patahan pelepah kelapa dan bunyi ringsek pohon membangunkannya lalu mengintip ke luar yang masih gelap.

“Nono ini tak berani keluar, dia hanya melihat dari kejauhan karena takut menjadi sasaran,” cerita Mangido.

Pengakuan Nono, gajah itu berjumlah 13 ekor dan terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari besar hingga kecil. Gajah itu bergerak meninggalkan kebun beberapa jam kemudian karena sudah kenyang.

“Barulah Nono ini keluar paginya untuk melihat, ternyata puluhan kelapa sudah tumbang,” kata Mangido.

2 dari 2 halaman

Bukan Pertama Kali

Mangido menyebutkan, bukan kali ini saja kawanan gajah datang ke kebunnya. Hampir tiap tahun sejak tahun 2017, kawanan itu menghampiri kebun kepala dan memakan isinya.

“Kalau kebun sebelah untuk tahun ini saja sudah lima kali gajah datang ke sana,” jelasnya.

Mangido menyebut, kedatangan pertama kali terjadi pada 31 juli 2017. Kala itu gajah liar merusakan sekitar 90 batang sawitnya. Selanjutnya pada 10 Agustus 2018, di mana ada 40 batang kelapa dirusak.

”Ada juga tanaman pisang yang dimakan dan tanaman lainnya selain kelapa hybrida,” sebut Mangido.

Mangido sadar bahwa kebunnya saat ini merupakan perlintasan gajah. Diapun berharap ada solusi dari pihak terkait agar masalah ini tidak terulang tiap tahunnya.

“Harapannya gajah ini dipindah, kalau tidak bisa tak makan saya dan keluarga,” ucapnya.

Kisah 4 Bocah yang Berjualan Sambil Sekolah Ini Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Adanya jargon wajib belajar 9 tahun nampaknya tidak menjamin semua lapisan masyarakat mendapat haknya untuk mengenyam pendidikan. Pasalnya, tidak sedikit anak yang justru mengemis di pinggir jalan karena orangtuanya memiliki keterbatasan ekonomi.

Beberapa anak kurang beruntung yang tidak punya orangtua terpaksa harus menghidupi dirinya sendiri. Bahkan, ada pula seorang murid sekolah yang membayar biaya pendidikan dengan peluh keringatnya sendiri.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak kasus anak sekolah yang nyambi berjualan demi bisa tetap duduk di bangku sekolah dan mengenyam pendidikan. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/2/2019), berikut kisah 5 bocah yang berjuang mengumpulkan uang untuk dapat terus melanjutkan sekolah.

2 dari 4 halaman

Jualan Cilok dan Kerupuk

Berjualan Cilok untuk Bayar Biaya Sekolah

Jika biasanya anak seusia 12 tahun menghabiskan waktu bermain di komplek bersama teman-teman, lain ceritanya dengan hidup yang dijalani Putra. Meski di usianya yang sangat belia, bocah asal Tangerang Selatan ini setiap harinya harus mengadu nasib di daerah seputaran jalan Bintaro, Pondok Aren.

Putra berjualan cilok agar tetap bisa sekolah karena tidak ada yang sanggup membiayainya, setelah kedua orangtuanya meninggal dunia. Kisahnya menjadi bahan perbincangan warganet setelah tersebar di media sosial baik Instagram maupun Twitter. Perjuangan bocah usia 12 tahun itu awalnya dibagikan oleh akun Twitter @MSApunya.

Putra yang diketahui tengah duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri Sarmili, harus berjualan cilok demi bisa membayar uang sekolah dan juga biaya hidup bersama kedua adiknya. Dalam unggahan tersebut, akun @MSApunya menuliskan bahwa Putra juga menjadi ayah sekaligus ibu untuk adiknya.

Sekarang, Putra sendiri tinggal bersama kakak perempuannya yang selama ini selalu membantu untuk membuat cilok yang hendak dijual dan juga merawat adiknya. Putra terbiasa menjajakan dagangannya dengan sepedanya hingga malam hari.

Berjualan kerupuk sepulang sekolah

Baru-baru ini seorang bocah berseragam Pramuka tertangkap kamera sedang berjualan di tengah jalan raya. Potret dirinya yang tengah menjajakan dagangannya di lampu merah beredar hingga menjadi perbincangan viral warganet.

Foto yang diunggah akun Instagram @dramaojol.id tersebut menunjukkan seorang bocah laki-laki yang mengenakan atribut sekolah lengkap sibuk menawarkan kerupuk kepada pengguna jalan di perempatan flyover Summarecon, Bekasi.

Saat berjualan, bocah yang tak diketahui namanya itu terlihat masih mengenakan seragam pramuka, lengkap dengan sepatu dan tas sekolahnya. Bocah itu juga membawa beberapa plastik kerupuk untuk ditawarkan ke pengendara yang tengah berhenti saat lampu lalu lintas merah.

3 dari 4 halaman

Berjualan kartu pos

Pada tahun 2017, media sosial ramai membincangkan seorang gadis cilik bernama Ni Putu Rista. Dia adalah seorang murid sekolah dasar yang berjualan kartu pos kepada wisatawan asing di Bali. Berbeda dengan kisah anak kurang beruntung yang harus mencari uang untuk membayar biaya sekolah, Ni Putu Rista memiliki perjuangan yang cukup unik.

Gadis cilik itu telah menguasai 21 bahasa asing sejak dirinya mulai berjualan kartu pos. Meski usianya baru menginjak 10 tahun, namun Ni Putu Rista telah bercita-cita sebagai seorang pemandu wisata. Dari impiannya itu, Ni Putu Rista meyakinkan diri untuk mahir berbicara dalam berbagai bahasa asing.

Sepulang sekolah, Rista akan berkeliling menghampiri para wisatawan asing untuk menawarkan kartu pos yang ia jual. Tak lupa juga ia praktikkan kemampuannya dalam berbahasa asing hingga tak heran membuat banyak wisatawan asing terkagum-kagum dengan kecerdasan gadis cilik itu. Berkat kemampuannya, Ni Putu Rista diangkat menjadi ikon anak Karangasem, tempat tinggal Rista.

4 dari 4 halaman

Jualan Pisang Goreng

Seorang bocah berpakaian lusuh berkeliling komplek menggendong keranjang berisi pisang goreng menjadi pemandangan yang sangat menyayat hati. I Putu Kompyang Swastika, itulah nama bocah yang hidup dengan penuh perjuangan tersebut.

Dirinya baru saja lulus sekolah dasar namun tidak bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Pasalnya, nenek yang merawatnya tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya sekolah. Alhasil, dia memutuskan untuk berjualan pisang goreng agar tidak putus sekolah.

Dia mengaku bahwa dirinya lebih baik berjualan daripada harus mengemis. Kisahnya yang membuat trenyuh itu awalnya dibagikan oleh seorang pengguna Instagram, @chandra_wisnawa. Saat menghampirinya, I Putu Kompyang Swastika menangis meluapkan kesedihannya karena harus berjualan supaya bisa lanjut sekolah.

Untungnya, tak lama setelah postingan itu viral, keberadaan sang penjual pisang goreng ini diendus oleh Dinas Sosial Kota Denpasar. Kabarnya, I Putu saat itu tengah diupayakan agar sesegera mungkin dapat melanjutkan sekolah.

Guyonan Kaesang Mengubah Sang Pisang Jadi Startup Unicorn

Liputan6.com, Jakarta – Pembahasan seputar startup unicorn yang sempat menjadi bahan dalam debat capres 2019 memang ramai dibicarakan di media sosial. Salah satu yang ikut membicarakan soal hal itu adalah putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Dalam kicauannya, Kaesang memiliki rencana untuk menjadikan Sang Pisang, bisnis pisang nugget miliknya, menjadi startup pisang unicorn. Kaesang menulis rencana itu akan dilakukan dalam waktu lima tahun ke depan.

“Dalam 5 taun kedepan. Sang Pisang akan jadi startup pisang unicorn,” tulisnya seperti dikutip dari akun @kaesangp, Senin (18/2/2019). Kicauan bernada guyonan itu pun dengan cepat direspon oleh para warganet lain.

Tweet itu sudah mendapat 7.400 likes, 5.000 retweet, dan 800an komentar. Uniknya, kebanyakan warganet juga merespon kicauan tersebut dengan guyonan.

Beberapa di antaranya ada yang mempertanyakan apakah pisang unicorn merupakan menu baru. Namun, tidak sedikit pula yang memberikan dukungan terhadap rencana Kaesang tersebut.

Sekadar informasi, topik soal unicorn sempat mencuat ketika calon presiden nomor satu Joko Widodo menanyakannya pada calon presiden nomor dua Prabowo Subianto.

Ketika itu, Jokowi menanyakan rencana Prabowo mengenai infrastruktur apa yang akan dibangun untuk mendukung (startup) unicorn.

Sebelum menjawab pertanyaan itu, Prabowo sempat terlihat kebingungan dan memastikan kembali pertanyaan tentang unicorn tersebut. Gestur Prabowo itu yang kemudian banyak direspon oleh warganet di Twitter.

2 dari 3 halaman

Warganet Kompak Menjawab Arti Unicorn

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat bertema energi, pangan, infrastruktur, SDA, dan lingkungan hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saat sesi terakhir debat capres 2019, calon presiden nomor satu Joko Widodo (Jokowi) diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada calon presiden nomor dua Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menanyakan soal rencana infrastruktur yang bakal dibangun Prabowo untuk mendukung (startup) unicorn.

Saat diberi pertanyaan itu, Prabowo sempat sesaat terdiam terlihat bingung dan memastikan lagi pertanyaan tersebut sebelum akhirnya menjawab. “Unicorn, apa yang dimaksud unicorn? Maksud bapak yang onlineonline itu?” tanya Prabowo.

Setelah memastikan pertanyaan tersebut, Prabowo pun langsung menjawab dengan rencananya terhadap perkembangan startup unicorn di Indonesia.

Meski sudah menjawab, ternyata gestur Prabowo yang terlihat kebingungan sebelum menjawab pertanyaan tersebut mencuri perhatian sejumlah warganet.

Sejumlah warganet di Twitter pun merespon hal tersebut dengan memberikan beragam tanggapan. Salah satunya adalah guyonan mengenai apa yang dimaksud sebagai unicorn.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (17/2/2019), topik seputar unicorn ini banyak dibicarakan warganet. Perlu diketahui, unicorn sebenarnya adalah predikat yang diberikan pada startup dengan nilai valuasi di atas US$ 1 miliar.

Nah, untuk mengetahui seperti apa kicauan para warganet mengenai unicorn saat berjalannya debat capres malam ini, berikut ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari situs microblogging tersebut.

3 dari 3 halaman

Prabowo: Apa Itu Unicorn?

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam debat kedua capres yang dilaksanakan malam ini, Joko Widodo (Jokowi) mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan kepada Prabowo Subianto.

Pertanyaan yang disampaikan adalah rencana Prabowo apabila memimpin nantinya mengenai strategi dalam peningkatan startup unicorn. 

Namun usai menanyakan hal itu, nampaknya kurang dipahami oleh Prabowo mengenai maksud Jokowi.

“Unicorn, apa yang dimaksud unicorn?,” tanya balik Prabowo. “Apa itu unicorn, yang online-online itu?”

Seperti diketahui, unicorn adalah perusahaan startup yang memiliki valuasi antara USD 1 miliar hingga USD 10 miliar.

Meski tak begitu paham, Prabowo tetap menaggapi pertanyaan Jokowi tersebut. 

“Hal mendasar dengan ekonomi Indonesia adalah terjadi dispatritas segelintir orang kurang dari 2 persen kuasai ekonomi kita, kalau ada unicorn ini akan mempercepat uang kita lari ke luar negeri,” tanggapan Prabowo.

“Kerja mereka lagi pesatnya berkembang, jadi saya akan dukung. Mereka juga alami kesulitan sekarang ada tambahan regulasi. Ini yang mereka ngeluh,” tuturnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: