Pembahasan RUU Pertembakauan Berlanjut Usai Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan IV Tahun 2018-2019, di kompleks Parlemen, Selasa (19/3/2019).

Rapat ini membahas beberapa agenda. Di antaranya, pengesahan perpanjangan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertembakauan dan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol.

Anggota Pansus RUU Pertembakauan, Mukhamad Misbakhun, mengatakan bahwa perpanjangan pendaftaran RUU dikarenakan adanya agenda Pemilu. Pembahasan akan kembali dilanjutkan setelah pemilu usai.

“Karena belum selesai dan akan diselesaikan setelah agenda pemilu,” kata dia, kepada Merdeka.com, Selasa (19/3/2019).

Anggota Komisi XI Fraksi Golkar ini mengatakan, saat ini pihaknya menunggu Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dari Pemerintah. Sebab RUU Pertembakauan merupakan RUU atas inisiatif DPR RI, sehingga DIM harus berasal dari pemerintah.

Sejauh ini, lanjut Misbakhun, DPR baru menerima melalui Surat Presiden (Surpres) yang dikirimkan ke DPR. “Dari pemerintah belum menyerahkan DIM, Daftar inventarisasi masalah,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa inisiatif RUU Pertembakauan mempertimbangkan kepentingan para petani tembakau. Bila UU Pertembakauan disahkan, Misbakhun, berkeyakinan akan memberikan titik cerah bagi nasib petani.

“Di sini kita bicara soal petani tembakau,” tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Timses Jokowi Sebut Pentingnya Penguasaan Jawa untuk Kemenangan Pilpres

Liputan6.com, Jombang – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menilai, pentingnya penguasaan wilayah di Pulau Jawa untuk kemenangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Menurutnya, dengan menguasai Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, kemenangan Pilpres di depan mata.

“(Jawa Timur) Sangat penting. Pokoknya kalau menang Jatim, Jateng, Jabar, selesai. Tambah dikit misal Lampung, Kalimantan,” ucap Muhaimin di Jombang, Jawa Timur, Senin (18/3/2019).

Pria yang kerap disapa Cak Imin ini memastikan, mesin pemenangan PKB di Jawa Timur berjalan solid. Apalagi Jatim merupakan basis partai hijau itu.

Dia optimistis, pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin mengantongi 70 persen suara di sana.

“Jombang ini bisa sampai 80 persen solid. Jatim bisa sampai 70 persen. Target kita Jatim 70 persen,” ucapnya.

Kepercayaan Cak Imin bukan tanpa sebab, Jatim adalah markas Nahdlatul Ulama (NU). Ormas Islam besar itu, bakal mendukung Jokowi.

Sambangi Malang, Sandiaga Didukung Ansor Sakera Menangi Pilpres

Malang – Ansor Sakera mendeklarasikan pilihannya untuk Cawapres urut 02 Sandiaga Uno. Dukungan ini diberikan ketika Sandiaga kampanye di Jalan Muharto, Kedungkandang, Kota Malang. Ganti presiden terus diteriakan simpatisan di lokasi acara.

Kehadiran Sandi langsung diserbu warga yang tinggal di perkampungan padat penduduk itu, Selasa (18/3/2019), petang. Sandiaga langsung menyinggung soal ganti presiden yang diteriakkan. Sandi bertanya, lebih enak mana ganti presiden atau lunas hutangnya?

“Ayo pilih mana, ganti presiden atau hutangnya lunas?” tanya Sandi.
Sontak warga menjawab ganti presiden dan lunas hutang.

“Kalau pilih dua-duanya, maka pilih Prabowo-Sandi. Karena sudah berkomitmen membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, semua harga terjangkau, biaya listrik, dan pendidikan juga terjangkau,” ucap Sandi disambut sukacita warga.

Ansor Sakera kemudian mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo-Sandiaga di pencoblosan 17 April mendatang. Ini diumumkan setelah semua mendengarkan janji-janji Sandiaga yang maju sebagai Cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Kepada wartawan Sandiaga bersyukur, semangat warga tak surut meskipun hujan mengguyur lokasi.

“Hari ini saya bersama dokter Gamal, ada juga Moreno Soeprapto untuk hadir menjawab segala permasalahan di masyarakat saat ini. Sekaligus sosialisasi Prabowo-Sandiaga Uno komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sandi sebelum meninggalkan lokasi.

Dari Muharto, Sandiaga Uno bertolak ke Taman Krida Budaya Jawa Timur di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang, untuk menggelar silaturahmi dengan kyai, habaib, dan masyayikh se-Malang Raya.
(iwd/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Matangkan Strategi Pilpres, Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Kader Partai Koalisi

Selain dihadiri kepala daerah dari PDIP, pertemuan ini juga turut mengundang kepala daerah dari partai koalisi lainnya.

“Jadi ini termasuk kepala daerah dari semua parpol koalisi. Ya dari PDI Perjuangan, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PKPI, Perindo, PSI. Se-Indonesia,” lanjutnya.

Hasto menambahkan, prinsipnya adalah semuanya saling bergotong-royong. Posisi Jokowi-Ma’ruf Amin saat ini sangat strategis karena parpo koalisinya memegang kekuatan mayoritas di pemerintahan daerah maupun parlemen.

Polri Siaga Antisipasi Teror Serupa Selandia Baru Jelang Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta Teror penembakan jemaah dua masjid di Selandia Baru menjadi sorotan dunia. Di Indonesia sendiri, Polri siaga mengantisipasi teror serupa. Terlebih jelang pesta demokrasi Pilpres 2019.

“Prinsipnya tidak ada celah mereka, maksimal tidak ada kejadian Selandia Baru saja maksimal, apalagi ini menjelang hari H pemilu. Jangan sampai ada kelompok-kelompok yang ingin menggagalkan pemilu dengan modus menakut-nakuti itu timbul,” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Plaza Timur Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menurut Iqbal, seluruh jajaran Polda telah proaktif melakukan pencegahan dini lewat kerjasama pengamanan dengan terjun langsung ke masyarakat hingga lapisan RT RW.

“Ingat bahwa deteksi itu adalah hal yang paling pokok. Ketika kita mendeteksi melibatkan seluruh masyarakat, Insyaallah tertutup celahnya. Depan, kiri, belakang, dan tetangga, dan lain-lain harus menyapa. Jadi masyarakat adalah kekuatan yang luar biasa untuk Polri,” jelas dia.

Selain itu, Tim Densus 88 Antiteror juga melakukan upaya deteksi sel tidur kelompok radikal hingga terorisme.

“Densus 88 sudah berpengalaman, mereka sudah tau jaringan yang bangkit, dan lain-lain. Itu kami lakukan bersama-sama dengan BNPT. Seluruh stakeholder bergerak, untuk mengatisipasi kejadian Selandia Baru, kejadian juga yang debat kemarin (ledakan), sampai kapan pun,” Iqbal menandaskan.

Jokowi Naikkan Gaji PNS Jelang Pilpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi meneken aturan tentang kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2019. Ketentuan tersebut mulai berlaku sejak 1 Januari 2019.

Kenaikan gaji PNS ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Mengutip dari salinan PP tersebut, Sabtu (16/3/2019), aturan ini ditandatangani Jokowi pada 13 Maret 2019 lalu. Dengan pertimbangan meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS, maka pemerintah menaikkan gaji pokok PNS.

Selanjutnya, tidak lama lagi atau dalam hitungan hari Kementerian Keuangan akan mengeluarkan peraturan atau petunjuk teknis berupa PMK beserta surat edaran (SE) dari Ditjen Perbendaharaan sebagai dasar pembayaran rapel atau kenaikan gaji PNS Tahun 2019. (fdl/zlf)

Istimewanya Botol Minum Moderator Debat Pilpres Putri Ayuningtyas

Jakarta – Jika Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno selalu bawa botol minum, moderator debat cawapres Putri Ayuningtyas juga punya kebiasaan yang sama. Bedanya, bukan infused water yang membuatnya istimewa.

Dibanding botol minum biasa, Putri lebih memilih botol minum yang ada garis ukurnya. Walau simpel, hal itu dinilainya bisa membantu menjaga kebutuhan hidrasi sehari-hari.

“Dari situ saya bisa tahu jumlah cairan yang masuk. Saya juga terbiasa bawa bekal makanan dari rumah selama 4 tahun terakhir minimal buah,” kata Putri yang akan memandu debat bertema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan malam nanti, saat berbincang dengan detikHealth.

Putri memilih botol minum yang ada garis ukurnya.Putri memilih botol minum yang ada garis ukurnya. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth

Menurut Putri, untuk sehat di zaman sekarang memang banyak tantangannya. Harus ada usaha lebih supaya tetap sehat di lingkungan yang udaranya kotor, makanan banyak yang instan dan murah, serta jarang gerak dengan banyaknya kemudahan.

“Memang tidak mungkin selalu terjaga tapi setidaknya ada usaha. Dan mau sehat tuh nggak harus mahal,” kata Putri.

Tips sehat lain dari Putri adalah rutin cek kesehatan. Medical check up memungkinkan untuk mengukur dan mengetahui manfaat usaha menjaga kesehatan.

Hidrasi yang cukup memungkinkan sel-sel tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik.Hidrasi yang cukup memungkinkan sel-sel tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth

(up/up)

Viral Meme Khofifah Tampar Warga yang Ribut Karena Pilpres, ‘Tuman’

Tak ayal meme-meme tersebut viral dan dibanjiri banyak komentar netizen. Mayoritas menganggap Mantan Menteri Sosial tersebut gaul dan mengikuti perkembangan kekinian media sosial. Selain lucu, meme yang diunggah Khofifah juga dinilai memiliki pesan dan nilai edukasi yang kuat.

“Masya Allah mengena di hati wkwkw, sugeng dalu bu @khofifah.ip,” tulis akun @abdul_kaff

“kereeen ibuk…. cara penyampaian yg mudah di fahami di semua kalangan,” imbuh pemilik akun @zeinsusan

“Mantap bu, pesannya sangat bagus dan milenial sekali,” ujar akun @nur_alim_ma

“wkwkwkwkwkwkwkw… bugub yang gokil banget, humor tapi pesannya dalam bangt bu, mksh bu @khofifah.ip,” tambah akun @pioner_hutahaean

Tidak sedikit pula netizen yang mengungkapkan rasa syukurnya karena dipimpin oleh Khofifah sebagai Gubernur.

Seperti yang dikatakan pemilik akun @deewanda_ana yang berkomentar “Ibu Gubernur ku yang kekinian,”. Senada akun @khanzafatimah menulis komentar “ya ampun ibu lucu banget sih ?!! Ahh makin sayaaang deh sama ibu…,”. “Bu gub ter kece ter ter ter ter lah pkok e, i lop bu khofifah,” timpal akun @chamidah___

Khofifah sendiri dikenal cukup aktif di media sosial, khususnya Instagram. Selain mengunggah hasil kerjanya sebagai pejabat publik, ibu empat orang anak ini juga sering mempromosikan kekayaan kuliner nusantara, tradisi budaya dan juga berbagai objek wisata di Indonesia.

Tidak jarang caption yang dibuatnya pun membuat netizen terpingkal-pingkal dan baper (bawa perasaan-red). Hingga saat ini akun milik Khofifah telah memiliki 138 ribu pengikut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Debat Capres 2019 kedua antara Joko Widodo dan Prabowo telah usai. Beredar sejumlah meme kocak di media sosial yang undang gelak tawa. Apa Saja?

Tiga Langkah Persiapan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Pilpres 2019

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membeberkan 3 langkah sang capres-cawapres dalam menghadapi debat Pilpres 2019. Tiga langkah tersebut selalu diterapkan sebelum pelaksanaan debat.

“Dalam persiapan debat, Pak Prabowo dan Pak Sandi punya 3 langkah,” kata Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di BPN Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Dahnil menjabarkan, langkah pertama yang dilakukan yakni menyimak aspirasi masyarakat, menyimak kendala-kendala yang ada menurut pemerintah. Karena itu, sebut Dahnil, sebelum debat Prabowo-Sandiaga bertemu dengan rakyat terlebih dulu.

“Misalnya petani, buruh, turun ke bawah, menyimak masukan-masukan, keluhan, aspirasi dari masyarakat, rakyat biasa,” jelasnya.

Langkah persiapan kedua disebut sebagai langkah berpikir. Yang dimaksud dengan langkah berpikir ini yakni berdiskusi dengan pakar untuk mencari solusi atas masukan dan keluhan rakyat.

“Kedua kami sebut langkah berpikir, skemanya mendengar para ahli dalam bidangnya masing-masing. Masukkan dari mereka, solusi yang ditawarkan kami formulasikan dalam bentuk program aksi. Ketiga yaitu skema kerja, yaitu program visi-misi yang ditawarkan oleh Prabowo-Sandi,” papar Dahnil.

Seperti diketahui, pada Minggu (17/3) Sandiaga akan berhadapan dengan cawapres Ma’ruf Amin dalam debat pilpres ketiga. Dalam debat yang mengangkat tema di antaranya tentang kesehatan, ketenagakerjaan dan pendidikan, Sandiaga akan membahas soal BPJS, OK OCE dan guru honorer.

“Bahwa nanti di sesi ketenagakerjaan juga kita akan sampaikan program OK OCE ini sudah bisa di-pilot project-kan di tingkat nasional dan sudah beberapa kabupaten/kota maupun provinsi yang mengadopsi pendekatan mirip gerakan OK OCE kita. Dan kita harapkan tereplikasi terus nanti,” kata Sandiaga saat ditemui di Kinanti Building, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/3).
(zak/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pascaledakan Bom di Sibolga, JK Yakin Pilpres Tetap Aman

Badung – Wapres Jusuf Kalla (JK) optimistis Pilpres pada 17 April mendatang tetap aman. Dia tak khawatir meski sempat ada peristiwa ledakan bom di Sibolga, Sumatera Utara.

“Amanlah kita kan sudah empat kali pemilihan langsung, itukan aman-aman aja,” tutur JK di sela acara International Reform Symposium and Regional Workshop 2019 di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/3/2019).

JK juga mengapresiasi kerja Polri terkait penanganan bom di Sibolga, Sumatera Utara. Sebab, selama ini masyarakat tidak pernah terbayang ada kasus teror bom lagi setelah bom Thamrin, maupun teror bom di Surabaya.

“Pertama kita apresiasi polisi, Densus. Selama ini kan orang berpikir di Jakarta, Surabaya, dan ternyata juga ada di Sibolga, tidak pernah ada suara masuk di sini. Jadi itu bagaimana kekuatan atau kemampuan Densus untuk dapat mengatasi hal seperti itu,” puji JK.

Sebelumnya diberitakan, warga dikagetkan insiden ledakan bom di permukiman padat penduduk di Sibolga. Bom meledak saat tim Densus 88 Antiteror hendak menggeledah rumah perakit puluhan bom, Husain alias Abu Hamzah.

Polisi menyebut istri Abu Hamzah, Solimah, melemparkan bom lontong rakitan saat tahu suaminya ditangkap Densus 88 di luar rumah. Saat itu aparat memang hendak menggeledah rumah Abu Hamzah di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum.

Seusai pelemparan bom–yang menyebabkan polisi terluka–kepolisian memilih jalan negosiasi dengan meminta istri Abu Hamzah menyerahkan diri. Tapi, pada Rabu (13/3) dini hari, Solimah memilih meledakkan diri bersama anaknya dengan bom rakitan.

Dari pengembangan itu Tim Densus 88 Antiteror juga menangkap dua terduga teroris selain Husain alias alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumut. Polisi juga menyita empat bom aktif dan juga puluhan kilogram bahan peledak jenis potasium.

“Kejadian di Sibolga merupakan pengembangan penangkapan Densus 88 jaringan ISIS di Sumatera. Densus bergerak dan ditangkap satu terduga di Lampung dengan pengembangan di Sibolga. Tim bergerak di Sibolga, ada 3 orang ditangkap, selain Abu Hamzah, ada AHH dan AR alias D,” ujar Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto saat dimintai konfirmasi, Rabu (13/3).

(ams/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>