PGN Caplok 4 Anak Usaha Pertagas

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) ‎akan mengakuisisi empat anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas), selain mencaplok 51 persen saham perusahaan tersebut dari PT Pertamina (Persero).

‎Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Utama, mengatakan dalam proses akuisisi 51 persen saham Pertagas, muncul pilihan memiliki empat anak usahanya, yaitu Perta Arun, Perta Samtan Gas, Perta Daya, ‎dan Perta Kalimantan Gas.

“Jadi opsi itu terbuka, kemungkinan besar anak diserahin juga ke subholding,” kata Rachmat, di Gedung DPR, Jakarta , Rabu 17 Oktober 2018.

Rachmat mengatakan, empat anak usaha Pertagas tersebut menjadi incaran PGN kerena memiliki lini bisnis yang sama dengan PGN. Namun, saat ini keputusan pelepasan empat anak usaha masih menunggu keputusan Pertamina dan pemerintah.

“Tapi dari PGN ibaratnya nunggu dari Kementerian BUMN dan Pertamina. Kalau memang itu opsinya dibuka untuk kita ambil, ya kita ambil,” ‎ujar dia.

Rachmat melanjutkan, saat ini PGN melakukan valuasi empat anak usaha Pertagas dan melakukan evaluasi rencana tersebut. Jika empat anak usaha Pertagas jadi diakuisisi PGN‎ kemungkinan empat anak usaha tersebut akan dilebur.

“Nanti ke depannya bisa jadi. Enggak menutup kemungkinan. Setelah dilakukan valuasi lagi, dibuatkan regulasinya per sektor dan lain-lain, itu ya bisa jadi (dilebur),” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemerintah telah menetapkan PT Pertamina (Persero) sebagai pengelola blok minyak dan gas (migas) Rokan‎ setelah 2021. Keputusan ini merupakan kado pemerintah untuk rakyat Indonesia menjelang hari kemerdekaan ke-73.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *