BBTF 2019 Targetkan 365 Peserta dari Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan pasar wisata Bali and Beyond Travel Fair (BBTF 2019) bakal digelar 25-29 Juni 2019 mendatang di Nusa Dua, Badung, Bali. BBTF yang merupakan ajang promosi pariwisata terbesar di Indonesia, menargetkan 365 peserta dari seluruh dunia.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Bali I Ketut Ardana mengatakan, BBTF yang digagas asosiasi ini telah berlangsung 5 kali sejak 2014. Menurut Ardana, hingga saat ini sebanyak 180 peserta yang merupakan industri pariwisata dari 43 negara telah mendaftar dan diharapkan terus bertambah hingga menjelang pelaksanaan kegiatan ini.

“Keberhasilan BBTF 2018 kemarin yang mampu menghadirkan 300 peserta dari seluruh dunia membuat kami optimistis dengan penyelenggaraan yang lebih besar tahun ini,” ujar I Ketut Ardana, Senin (15/4).

Ia yakin BBTF menjadi ‘international market place’ yang akan diikuti lebih banyak pembeli dan penjual di masa yang akan datang. I Ketut Ardana juga menyebut BBTF telah menjadi pintu gerbang bagi destinasi ‘beyond Bali’ bersama-sama meraih peluang dalam ajang ini untuk mengembangkan kepariwisataan negeri ini.

Pada BBTF 2018 tercatat total transaksi melewati target yakni Rp 7,71 triliun dan terjadi peningkatan 60,80% jumlah pembeli dan 28,19% penjual jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Saya berharap pemerintah terus memberikan dukungan terhadap kesuksesan kegiatan tahunan ini. Sehingga transaksi yang dihasilkan pun lebih besar untuk tahun ini,” katanya.

BBTF tetap diminati oleh pelaku industri pariwisata Bali sebagai tempat untuk mengenalkan produk-produknya kepada tour operator (TO) dari luar negeri. Pasalnya, setiap tahun penyelenggaraan event promosi pariwisata berkelas internasional tersebut mampu mendatangkan ratusan TO potensial yang berasal dari sejumlah negara. I Ketut Ardana mengungkapkan, TO yang hadir pada setiap promosi pariwisata tahunan ini merupakan travel agent luar negeri yang membawa puluhan ribu wisatawan ke Bali.

“Sehingga BBTF tempat yang tepat bagi industri pariwisata Bali dan sekitarnya untuk mempromosikan produk wisatanya. Karena yang hadir memang pembeli atau TO yang potensial,” kata I Ketut Ardana.

Per hari ini, ungkap I Ketut Ardana, baru 107 seller/penjual dari kalangan industri pariwisata baik dari Bali dan daerah lainnya di Indonesia yang registered. Para pelaku pariwisata pun masih punya kesempatan untuk register menjadi seller di ajang BBTF tahun ini.

“Itu belum termasuk dari Pemda-pemda seperti Klungkung, Gianyar, Karangasem termasuk dari Kemenpar dengan 1 pavilionnya yang akan mmbawa beberapa industri dari berbagai daerah,” terangnya. Sementara, untuk buyer/pembeli per hari ini sudah ada 241 company yang registered dari 53 negara. Disebutkannya, seller yang telah terdaftar di BBTF 2019 ini berasal dari kalangan hotel, atraksi wisata, restoran dan lainnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rixki Handayani mengungkapkan, BBTF menguraikan komitmen pemerintah untuk menempatkan Pariwisata sebagai tulang punggung ekonomi di banyak tujuan baru di Indonesia.

Bali sebagai pusat kegiatan untuk memamerkan, dan perhatian diarahkan ke-4 destinasi baru sebagai prioritas, Mandalika di Pulau Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, dan Komodo Labuan Bajo di Flores yang sudah siap dengan infrastruktur, aksesibilitas, atraksi, fasilitas, dan sumber daya manusia.

“Oleh karena itu setelah acara BBTF berakhir nanti, semua buyers dan sellers akan diajak untuk mengikuti kegiatan Post-Tour dengan beberapa pilihan destinasi,” ujar Rizki.

Dari sisi pariwisata digital, tren teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini diyakini akan memberikan pengaruh besar dalam dunia pariwisata Indonesia di masa depan. Sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan era digital saat ini, BBTF menggunakan pendaftaran, basis data, dan kehadiran dalam sistem berbasis cloud sehingga semua peserta, baik pembeli dan penjual, dapat melakukan transaksi bisnis sesuai dengan jadwal mereka.

Dari laporan akhir pada sistem ini diharapkan dapat membantu BBTF dalam menyaring dan menentukan market segmen tahun mendatang, sehingga dapat dipastikan bahwa BBTF di 2019 akan lebih terorganisir dengan sistematis dan sangat canggih.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, keberhasilan BBTF sejak diluncurkan mewakili sinergi Pentahelix yang digencarkan Kemenpar. Bali sebagai pusat kegiatan dan panggung untuk mempromosikan atau menampilkan tempat tujuan lain.

“Kementerian Pariwisata jelas mendukung BBTF, dengan rekam jejaknya yang luar biasa dan kinerja yang terbukti sebagai pameran travel terkemuka di Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

(*)

Peserta Pemilu Diimbau Tak Langgar Masa Tenang Jelang Coblosan

Liputan6.com, Jakarta – Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pemilu mengimbau agar semua pihak tidak melanggar aturan masa tenang kampanye jelang coblosan 17 April 2019.

“Partai politik dan paslon peserta pemilu agar mengingatkan caleg atau tim pemenangannya untuk tertib, tidak memaksakan kehendak atau pilihannya pada siapapun serta tidak melanggar hukum pemilu dalam bentuk apapun,” tutur Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini bersama di Gado-Gado Boplo Cikini, Jakarta, Minggu (14/4/2019). 

Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pemilu ini terdiri dari SPD, PSHK, Kode Inisiatif, ICW, PPUA Disabilitas, Netgrit, Perludem, KIPP, JPPR, PUSaKO, Unand, Puskapol UI, ESP, JaDI, dan Kemitraan.

Menurutnya, hal ini guna mewujudkan pemilu yang bebas, jujur, dan adil. Pemilih juga diharapkan bisa memaksimalkan sisa waktu menuju hari pencoblosan untuk memantapkan pengenalan pada paslon atau caleg yang akan dipilih.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta jajarannya turut diminta untuk memastikan lagi kesiapan teknis penyelengaraan pemilu. Khususnya yang berkaitan dengan ketersediaan dan kecukupan logistik seperti surat suara, formulir, bilik, dan kotak suara.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga diminta untuk memberikan perlindungan hukum yang maksimal bagi masyarakat yang melaporkan dugaan pelanggaran pemilu. Titi berharap, masyarakat tidak mengambil tindakan sepihak di luar hukum bila mendapati adanya pelanggaran.

“Bawaslu agar membuktikan komitmen menegakkan keadilan pemilu sesuai slogan yang diusung dengan menindaklanjuti laporan dan temuan pelanggaran sesuai prosedur dan dengan semangat independensi yang tinggi,” tukasnya.

BPJS Ketenagakerjaan Incar Jumlah Peserta Aktif 34 Juta pada 2019

Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan telah memfasilitasi pemberian kredit perumahan sebanyak 3.500 unit melalui program Manfaat Layanan Tambahan (MLT). Dalam program yang telah berjalan sejak 2017 ini, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan sejumlah bank sebagai penyalur kreditnya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, pihaknya memang terus mendorong peningkatan manfaat layanan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya melalui program MLT.‎

“Jadi BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan manfaat dasar, termasuk manfaat layanan tambahan. Ini diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan lebih satu tahun untuk mendapatkan kredit rumah,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Dia menjelaskan, program ini tidak hanya memberikan fasilitas KPR, tetapi juga pinjaman uang muka perumahan dan pinjaman renovasi rumah.

Bahkan BPJS Ketenagakerjaan juga membantu memfasilitas pemberian kredit konstruksi bagi pengembang. Adapun bank yang diajak kerjasama dalam program ini yaitu BTN, Bank Mandiri, BNI, BRI dan BJB.

“Tetapi saya tegaskan, bukan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan kredit, tetapi bekerja sama dengan bank. Bank yang memberikan kredit kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, sumber dananya dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

Hingga saat ini, lanjut Agus, BPJS Ketenagakerjaan dan bank mitranya telah menyalurkan kredit untuk 3.500 unit rumah.

Jumlah ini akan terus ditingkatkan agar semakin banyak para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bisa memiliki hunian sendiri.

“Kita memang belum banyak, ada sekitar 3.500 unit rumah dengan total dana sekitar Rp 700 miliar yang sudah kita salurkan. Ini memang banyak kendala. Karena yang menentukan adalah pihak bank. Kita harus bekerja keras untuk membenahi itu supaya tersalurkan dengan baik, tetapi semua proses juga sesuai dengan ketentuan,” tandas dia.

Lautan Massa Peserta Kampanye Jokowi di Solo

Selasa 09 April 2019, 18:17 WIB

Foto News

Pool – detikNews

Solo detikNews – Capres Joko Widodo (Jokowi) berkampanye di kampung halamannya, Solo. Kampanye sang petahana ramai dihadiri massa pendukung.

Jokowi tiba di titik awal arak-arakan yakni di depan Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019) pukul 15.50 WIB. (Ray Jordan/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

5 Peserta Ujian Masuk Tentara Guinea Tewas Usai Tes Lari 8 Km

Jakarta – Lima orang pemuda yang mengikuti ujian masuk tentara Guinea tewas usai tes lari 8 km. Mereka tewas di dekat garis finis.

Dilansir dari AFP, Selasa (9/4/2019), kelima orang yang tewas berusia antara 23 hingga 32 tahun. Mereka pingsan saat mendekati garis finis.

Para peserta ujian diharuskan untuk menyelesaikan tes lari dan dilanjutkan dengan press-up, abdominal crunches dan tes pengetahuan. Serangkaian tes itu harus dilewati demi masuk di antara 8.400 kandidat terpilih.

Masih menurut AFP, pengangguran dan kemiskinan di negara Afrika Barat itu kronis. Tes penerimaan angkatan bersenjata, polisi atau bea cukai, bisa 10 kali kelebihan permintaan.

Salah satu kematian terjadi di sebuah kamp militer di timur kota Mandiana, yang kedua di kota selatan N’Zerekore, dan tiga lainnya terjadi di Kankan, juga di bagian timur negara itu.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bocah 7 Tahun Kalahkan Ribuan Peserta Pemilu Run 2019 di Kediri

Liputan6.com, Kediri – Lebih dari seribu peserta ikut ambil bagian berpartisipasi dalam kegiatan Pemilu Run di Taman Wisata Tirtoyoso Park Minggu, 7 April 2019 pagi. Kegiatan ini digagas oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Kediri, Jawa Timur. Pemilu Run diikuti peserta dari berbagai kategori usia baik pria maupun wanita.

Menurut Agus Rofik, selaku Ketua KPU Kota Kediri, kegiatan ini diselanggarakan dengan maksud untuk memberikan sosialisasi sekaligus pemahaman kepada mayarakat secara luas jika sebentar lagi KPU memiliki agenda nasional Pemilihan Umum serentak yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 April 2019.

Agus menilai olahraga lari memiliki makna sehat, maka dari itu ia berharap nantinya pemilu dapat berjalan sebagaimana semestinya sesuai koridor yang berlaku.

“Mudah-mudahan ini menjadi doa agar pelaksanaan Pemilu 2019 ini benar-benar berjalan secara sehat, sehat tahapannya, sehat pesertanya, dan sehat para pemilihnya,” dia mengatakan.

Peserta Pemilu Run harus menempuh jarak lari sekitar kurang lebih empat kilo meter, dimulai di Taman Wisata Tirtoyoso berlari memutar balik kembali ke tempat semula. Semua golongan lapisan masyarakat diperbolehkan ikut serta ambil bagian dalam pelaksanaan Pemilu Run.

“Peserta dari semua pihak siapa pun kita perbolehkan, baik itu dari masyarakat umum, kecil, dewasa, tua atau dari peserta penyelenggara, penyelenggara Pemilu semuanya boleh dengan syarat harus mendaftar terlebih dahulu,” katanya.

Klaim BPN vs Hitungan TKN Soal ‘Sejuta’ Peserta Kampanye Prabowo

Jakarta – Prabowo Subianto kembali melontarkan klaim sensasional: massa yang hadir di kampanye akbarnya hari ini lebih dari sejuta orang. Kampanye akbar itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dirangkum detikcom, Minggu (7/4/2019), klaim soal sejuta orang yang hadir di GBK itu disebutkan Prabowo setelah dirinya bertanya kepada panitia dari atas panggung. “Panitia, berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar Senayan? Berapa?” tanya Prabowo.

“Satu juta lebih!” sambung Prabowo setelah mendapatkan jawaban dari panitia kampanye akbar.

Klaim Prabowo ditepis TKN Jokowi-Ma’ruf Amin. Juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily mengatakan GBK tidak mampu menampung sejuta orang.

“Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta,” ujar Ace.

Ace mengatakan kapasitas GBK setelah renovasi adalah 76.127 kursi. Jika lapangan rumput plus running track diisi manusia, Ace menghitung berarti ada tambahan ruang 105 x 68 meter persegi, atau 7.140 meter persegi.

“Kalau 1 meter persegi bisa untuk 2 orang, berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang. Artinya kapasitas full: 100.000 – 110.000 orang. Kepotong panggung, taruhlah 106.000. Melihat luar yang relatif kosong, taruhlah ada 10 ribu orang diluar. Total 116 ribu,” jelasnya.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Balapan Malam di Sentul Bikin Peserta ISSOM 2019 Meningkat

Liputan6.com, Jakarta – Memasuki tahun 2019, Kejuaraan Indonesian Sentul Sports of Motorsport (ISSOM) dipastikan kembali digelar. ISSOM 2019 ini akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 April 2019 dan masih bertempat di Sentul International Circuit.

Sebanyak 6 seri akan dihelat di ISSOM 2019 dan 12 kelas yang dipertandingkan. Demikian pemaparan General Manager Sirkuit Sentul, Lola Moenek di Kaffeine, Jakarta, Senin (1/4). 

“Semua persiapan sudah siap, hanya persiapan untuk teknis ada regulasi-regulasi yang harus kami benahi dengan ABM. Untuk masalah kelas-kelas, kami berharap pembalap bisa ikut turun di beberapa kelas walau hanya dengan satu jenis mobil,” ujar Lola.

Lola menambahkan, ia dan ABM ingin menciptakan balapan dengan banyak pilihan sehingga pembalap bisa mengikuti laga apa yang mereka inginkan. Regulasi baru yang baru dikeluarkan juga sudah akan dilaksanakan dalam ISSOM tahun ini yaitu mobil buatan Asia bisa berlaga dengan mobil buatan Eropa, tidak spesifik hanya mobil buatan tertentu yang dapat berlaga dan bisa mendaftar lebih dari satu kelas.

Untuk Night Race tetap akan dilakukan dan ini akan menjadi ikon tetap setiap tahunnya untuk balapan ISSOM. “Persiapan untuk balap malam akan kami tingkatkan terus, tahun ini jumlah lampu di sirkuit kami tambah lebih banyak sampai dengan 100 titik,” tambah Lola.

Sementara itu, Vivi Montolalu selaku CEO ABM Enterprise menjelaskan terkait balapan malam ini adalah acara yang spesial karena satu-satunya di Asia. Balap ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus-1 September, nantinya akan ada Press Conference sendiri terkait acara ini.

Ramai di Medsos, Surat ‘UGM Lepas Tangan ke Mahasiswa Peserta KKN’

Sleman – Surat persetujuan orangtua yang dikeluarkan Universitas Gadjah Mada (UGM) viral di media sosial. Surat itu berisi enam poin pernyataan berkaitan dengan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM).

Surat ini viral setelah diunggah oleh akun @askmenfess di Twitter pada tanggal 4 April kemarin. Postingan yang diunggah pada pukul 20.26 WIB tersebut langsung menjadi perbincangan hangat netizen. Setidaknya postingan itu diretweet 57 kali dan disukai 68 akun.

“[askMF] maaf blm di folbek tubie, ad yg nge up ini? jadi ini buat ngehindarin kasus kaya 4gni kalo misalnya terjadi lagi. gmn menurut kalian? *dpt dr igstrory temen,” tulis akun @askmenfess seperti dilihat detikcom, Jumat (5/4/2019).

Di dalam surat tersebut, tertera enam poin pernyataan yang harus disetujui oleh orangtua atau wali peserta KKN-PPM UGM. Pernyataan yang dianggap bermasalah ada di poin keempat dan keenam.

Berikut enam poin pernyataan yang harus ditandatangani orangtua atau wali peserta KKN-PPM:

1. Mengetahui dan menyetujui bahwa mahasiswa tersebut di atas mendaftarkan diri sebagai peserta KKN-PPM UGM
Periode:…
Lokasi:..

2. Mengetahui dan memahami segala anggaran, kejadian dan resiko yang timbul dari pelaksanaan KKN-PPM UGM pada lokasi pilihan mahasiswa tersebut di atas.

3. Sanggup menanggung biaya mahasiswa tersebut di atas yang mungkin timbul selama pelaksanaan KKN-PPM UGM.

4. Apabila terjadi sakit/musibah pada pelaksanaan kegiatan KKN-PPM merupakan bagian dari resiko kegiatan di luar kampus.

5. Mendukung pelaksanaan kegiatan KKN-PPM UGM pada mahasiswa tersebut di atas baik secara moril/materiil.

6. Segala kejadian, musibah/sakit dan resiko yang timbul dari pelaksanaan KKN-PPM UGM pada mahasiswa tersebut di atas, saya selaku orang tua/wali tidak akan menuntut kepada Universitas Gadjah Mada.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Gadjah Mada (UGM), Iva Aryani, membenarkan bahwa surat tersebut sempat dikeluarkan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM. Kini surat tersebut telah dicabut.

“(Surat persetujuan orangtua) dari Pengabdian Masyarakat, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (UGM),” ujar Iva saat dihubungi detikcom, Jumat (5/4/2019).

“Sejak kapannya (surat tersebut beredar) kurang tahu, yang pasti begitu kita tahu ada itu,” lanjutnya.
(ush/sip)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bawaslu Minta Peserta Pemilu Jaga Suasana Kampanye saat Isra Mikraj

Jakarta – Kampanye rapat umum 3 April 2019 bertepatan dengan hari peringatan Isra Mikraj. Bawaslu meminta peserta pemilu menjaga suasana dalam berkampanye.

“Sebenernya kita kembalikan ke peserta pemilu, menjaga suasananya misalnya agar tidak bertemu di satu titik yang kemungkinan gesekan, melakukan hal-hal yang sifatnya provokasi,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

Afif mengatakan kampanye pada hari Isra Mikraj telah disepakati tidak diberlakukannya sistem zonasi. Namun, tidak terdapat larangan untuk berkampanye.
“Disepakati bahwa 21 hari imbang zonasinya bagi yang 10-10, satunya karena Isra Mikraj satunya dibebaskan, bukan tidak boleh kampanye tapi opsional,” kata Afif.

Menurut Afif di berlakukannya sistem zonasi maupun tidak, diperlukan adanya kedewasaan dari masing-masing paslon dalam berkampanye. Hal ini agar tidak terjadi gesekan yang disebabkan adanya provokasi.

“Sebenarnya, dizonasi atau tidak kalau kedewasaan masing-masing calon untuk menyampaikan atau ketika bertemu dengan tim yang lain tidak ada provokasi kan tidak ada masalah,” tuturnya.

Sebelumya KPU juga mengimbau peserta pemilu tidak melakukan kampanye rapat umum di peringatan Isra Mikraj. Ini dilakukan untuk memberikan toleransi bagi yang merayakan.

“Kita mengimbau peserta pemilu bertoleransi karena itu hari peringatan Isra Mikraj hari besar umat Islam, maka kita mengimbau kampanye rapat umum ditiadakan,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

Wahyu mengatakan peserta pemilu dapat melakukan kampanye dengan metode lain. Namun, Wahyu menyebut hal ini merupakan imbauan, bukan sebagai larangan untuk kampanye terbuka.
(dwia/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>