Pesawat Ditembak Pasukan Jepang Saat PD II, George HW Bush Lolos dari Maut

Liputan6.com, Amerika Serikat Sebelum menduduki kursi kepresidenan, George HW Bush muda bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sebagai pilot. Ia terbang dalam misi pengeboman terhadap pasukan Jepang selama Perang Dunia II.

George HW Bush belajar tentang serangan Jepang di Pearl Harbor saat remaja. Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-18 (tahun 1942), ia terdaftar di US Naval Reserve.

Sebuah prestasi gemilang, Bush remaja menjadi salah satu penerbang termuda di Angkatan Laut AS. Ia juga ditugaskan sebagai seorang petugas fotografi yang menggunakan skuadron torpedo.

Pada waktu itu, serangan berlangsung di Chichi Jima, pulau yang dijaga ketat dan digunakan pasukan Jepang untuk komunikasi dan pasokan persenjataan, Pesawat Bush berjenis Avenger TBM dihantam tembakan dari pasukan Jepang.

Sebagaimana dilansir dari Business Insider, Minggu (2/12/2018), dua awak Bush tewas dalam serangan tersebut. Situasi menegangkan terjadi, mesin pesawat terbakar hebat. Bush muda berupaya menyelamatkan diri.

Ia keluar dari pesawat dengan perlengkapan penyelamatan darurat. Terjun ke laut dan menunggu rakit karet selama empat jam. Bush akhirnya diselamatkan oleh USS Finback, kapal selam penyelamat (lifeguard).

Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, Bush diberhentikan dengan hormat dari tugas aktif. George HW Bush melanjutkan pendidikan ke Universitas Yale.

Saksikan video menarik berikut ini:

Mantan Presiden AS George HW Bush meninggal hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *