Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, memulai bisnis sendiri sangatlah mudah. Ingin memiliki penghasilan, namun tidak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk jualan merupakan salah satu hal yang diinginkan bagi penjual. Saat ini jualan online sedang eksis-eksisnya, dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jualan online, semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga menimbulkan persaingan dalam media sosial.

Dengan berjualan online, Anda tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, kemungkinan akan mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Jadi nggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong pindah dari seorang pegawai menjadi penjual online.

Namun perlu diingat, kalau jualan tentunya memiliki hambatannya masing-masing. Sebagai pemula, Anda nggak perlu takut buat memulai berjualan online. Sebagai langkah awal, yuk simal ulasan Liputan6.com mengenai beberapa cara jualan online tanpa modal buat pemula yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Jualan Online

1. Menentukan Mau Apa yang Dijual

Bisnis memiliki 2 macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Sebelum Anda memulai untuk jualan online, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan barang secara online.

Cara jualan online produk ini, dapat Anda lakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan Anda atau bisa juga menggunakan sistem dropship. Nggak hanya berjualan produk fisik, Anda juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

Nah, kalau Anda mau menawarkan jasa dalam jualan secara online, ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa Anda coba. Misalnya, jasa pengetikan, jasa penerjemah atau jasa pembuatan website.

Apapun pilihan jualannya, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut. Hal ini sangat penting, agar jualan online Anda dapat bertahan dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

2. Membangun Pondasi Media Sosial

Memilih untuk jualan online, berarti Anda harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Soalnya nih, salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak luas, adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Di media sosial, Anda dapat membuat akun jualan online di Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan aplikasi e-commerce.

3. Membuat Website Pribadi

Cara jualan online selanjutnya adalah dengan membuat website khusus jualan Anda. Pada tahap awal, Anda dapat menggunakan media sosial untuk perkenalan bisnisnya. Namun, untuk mengembangkan bisnis Anda, sebaiknya Anda memiliki website pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai ‘tempat jualan’ Anda.

Namun, pembuatan sebuah website membutuhkan biaya hosting yang per bulannya sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 dan biaya domain sekitar Rp 100.000 per tahun. Jadi per bulannya Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 40.000.

Jika Anda mampu mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka Anda sudah ‘balik modal’, dan bisa mencoba memanfaatkan website sebagai tempat jualan Anda.

3 dari 5 halaman

Pemasaran yang tepat sasaran

4. Melakukan Pemasaran yang Tepat

Terdapat tiga komunitas orang yang menggunakan internet. Pertama, untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan, dan yang terakhir untuk membeli produk atau jasa.

Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

5. Berikan Nilai Tambah

Cara jualan online terakhir yang bisa Anda lakukan, untuk meningkatkan konsumen, adalah dengan memberikan nilai tambah. Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang bisa Anda berikan seperti layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Media Online untuk Jualan

1. Dapat dijalankan kapan saja

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu khawatir waktu Anda akan habis untuk berjualan saja. Berjualan online, Andalah yang menentukan waktu bekerjanya.

2. Modal yang rendah

Jumlah modal menjadi hal yang sensitif bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya. Namun, dengan jualan online, Anda tidak perlu merogoh kocek besar-besaran. Anda hanya memerlukan perangkat seluler atau computer dan sejenisnya serta koneksi internet yang lancar.

3. Dapat dijalankan di mana saja

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus pergi ke warung atau ke tempat yang jauh. Anda cukup membawa perangkat seluler Anda dan memantau website tempat Anda menjual produk Anda.

4. Dapat menjangkau masyarakat luas

Cakupan jangkauan jualan online juga sangat luas. Hal ini disebabkan karena saat ini setiap orang memakai koneksi internet dan dapat saling terhubung. Dengan syarat salah satu dari mereka mengetahui mengenai seseorang tersebut, maupun informasi yang didapatkannya.

5. Biaya operasional murah

Biaya operasional murah terdengar logis dalam menjalankan jualan online. Hal ini diakibatkan karena Anda hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena konsumen yang akan menanggungnya.

5 dari 5 halaman

Menjadi bos dan membuka lowongan pekerjaan

6. Berpeluang besar

Sebagian masyarakat percaya bahwa membeli produk secara online lebih baik. Hal ini terjadi karena sering sekali harga produk yang sama, lebih murah di toko online daripada di toko offline.  

Inilah yang membuat peluang Anda lebih besar dalam menjalankan jualan online, karena banyak masyarakat yang memiliki pendapat seperti itu.

7. Anda dapat menjadi bos bagi diri sendiri

Saat menjalankan jualan online, Anda dapat membuat peraturan atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri Anda sendiri. Hal ini terjadi karena Andalah atasan untuk diri Anda sendiri sehingga tidak ada yang akan mengatur Anda selain konsumen.

8. Tidak membutuhkan tempat tertentu

Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda harus membangun gedung untuk berjualan. Pembangunan gedung untuk jualan, belum memastikan bahwa jualan Anda akan lancar. Oleh karena itu, jualan online sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengais rezeki.

9. Membuka lowongan pekerjaan

Di luar sana memang banyak lowongan pekerjaan, akan tetapi tidak memiliki persyaratan kerja sesimpel dan sesederhana di jualan online.

10. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Anda dapat memilih untuk berjualan atau berbisnis online di salah satu website yang memang menjamin keamanan transaksi dengan pembeli. Sehingga, pembeli tidak takut lagi dan tidak berpikir bahwa Anda sedang berusaha melakukan penipuan terhadapnya.


Reporter: Nisa Mutia sari

Tanpa Higuain, AC Milan Bungkam Genoa

Liputan6.com, Genoa – AC Milan menaklukkan Genoa 2-0 pada lanjutan Serie A di Stadio Luigi Ferarris, Senin (21/1/2019). Tampil tanpa Gonzalo Higuain, yang hendak pindah ke Chelsea, I Rossoneri mencetak gol lewat Fabio Borini dan Suso. 

Borini membuka kemenangan AC Milan pada menit ke-72. Suso lalu menggandakan keungggulan tim tamu sepuluh meniit berselang.

AC Milan tertekan sepanjang babak pertama. Genoa memiliki peluang melalui Christian Kouame, Davide Biraschi, Darko Lazovic, dan Daniel Bessa. Namun, tidak ada yang berbuah gol.

I Rossoneri juga hampir tertinggal karena bunuh diri Tiemoue Bakayoko. Beruntung kiper Gianluigi Donnarumma bisa menghalau bola.

Di sisi lain, Lucas Paqueta hampir membuat gol pertama bagi AC Milan jika tendangan volinya tidak mengenai gawang.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Kedua tim tetap saling jual beli serangan pada babak kedua. AC Milan mendapat kesempatan dua kali lewat Borini.

Sementara tuan rumah hampir unggul kalau sepakan Domenico Criscito tidak melebar. Donnarumma lalu melakukan penyelamatan ganda untuk mementahkan usaha beruntun Veloso dan Bessa.

AC Milan akhirnya unggul setelah Borini meneruskan umpan silang Andrea Conti. Namun, tidak lama berselang, Veloso menyaksikan tendangannya dimentahkan Donnarumma dan mengenai mistar.

Aksi heroik sang kiper akhirnya berbuah manis lewat gol Suso. Dia menjebol gawang Genoa lewat serangan balik memaksimalkan umpan Patrick Cutrone. Skor lalu tidak berubah. 

Kemenangan ini mengangkat I Rossoneri ke posisi empat klasemen sementara. Mereka memiliki 34 poin dari 20 laga, unggul satu nilai atas pesaing terdekat AS Roma. 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Genoa: Radu; Biraschi (Pereira 76), Romero, Zukanovic, Criscito; Lazovic, Rolon, Veloso (Dalmonte 84), Bessa; Kouame, Pandev (Favilli 58)

AC Milan: G Donnarumma; Abate, Musacchio, Zapata (Conti 14), Rodriguez; Paqueta, Bakayoko, Calhanoglu (Mauri 78); Suso (Castillejo 88), Cutrone, Borini

Pesaing Yamaha XMax dan Honda Forza Siap Mengaspal

Liputan6.com, Jakarta – Persaingan sepeda motor dikelas skuter matik semakin sengit. Pabrikan motor secara global berlomba-lomba menyajikan model menarik yang dibekali fitur-fitur canggih, salah satunya skutik premium.

Untuk Indonesia, Honda dan Yamaha berusaha memikat konsumen dengan menghadirkan skutik premium dengan pilihan mesin 150cc dan 250cc seperti PCX, NMax, Forza dan XMax.

Tren skutik premium ternyata tak hanya terjadi di Tanah Air, negara yang terkenal dengan film Bollywood, India, juga memiliki beberapa pilihan motor di segmen tersebut.

Setelah Suzuki meramaikan pasar dengan menghadirkan Brugman, produsen motor asal Italia Aprilia juga akan meluncurkan skutik premium di kelas 300cc, SR Max 300.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seperti dilansir Motorbeam, Senin (21/01/2019), Aprilia SR Max 300 memiliki ukuran cukup besar karena meniru gaya sepeda motor sporty mereka. Terdapat windshield besar dan roda depan 15 inci yang dipadukan dengan garpu teleskopik 35 mm.

Untuk dapur pacunya, mengandalkan mesin 278cc, berpendingin cair yang dikawinkan dengan gearbox CVT sehingga mampu menyeburkan tenaga hingga 22,3 Tk pada 7500 RPM dan 23 Nm pada 6.000 RPM.

Sistem pengereman, Aprillia SR Max 300 menyematkan rem cakram berukuran 260 mm di bagian depan dan 240 mm di belakang. Selain tangki bahan bakar, di bawah kursi juga terdapat bagasi cukup luas.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi kapan Aprilia akan meluncurkan skuter terbarunya itu di pasar India, termasuk harga yang akan ditawarkan.

Klasemen Liga Italia: Napoli Terus Kuntit Juventus

Liputan6.com, Naples – Napoli terus menguntit Juventus, yang memuncaki klasemen sementara Liga Italia setelah mengalahkan Lazio 2-1 dalam pekan ke-20 di San Paolo, Senin (21/1/2019) dini hari WIB.

Saat ini, Napoli berada di peringkat kedua klasemen dengan mengoleksi 47 poin dari 20 laga. Juventus masih di posisi teratas dengan 53 poin dari 19 pertandingan.

I Bianconeri baru memainkan laga pekan ke-20 pada dini hari nanti WIB. Juventus ditantang juru kunci Liga Italia, Chievo Verona di Allianz Stadium.

Jika menang, Juventus akan semakin kokoh di puncak klasemen Liga Italia. Pesaing terdekat Juventus lainnya, Inter Milan, harus puas berbagi angka dengan Sassuolo.

Sekarang, I Nerazzurri tetap berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 40 poin dari 20 pertandingan. AS Roma menempati urutan keempat setelah meraih 33 poin dari 20 laga.

2 dari 3 halaman

Ujian Berat

Ujian berat bagi Chievo, karena mereka harus mengalahkan Juventus untuk lepas dari status juru kunci. Frosinone dan Bologna tepat berada di atas Chievo di klasemen Liga Italia.

Lazio dan AC Milan masing-masing menduduki posisi kelima dan keenam. Sampdoria, Parma, dan Fiorentina berurutan menempati peringkat kedelapan, kesembilan, dan ke-10.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia


FcTables.com

Hasil Lengkap Liga Inggris Pekan ke-23

Liputan6.com, London – Liga Inggris telah menyelesaikan pekan ke-23. Klub-klub papan atas meraih hasil positif pada pekan ini.

Liverpool mampu menang 4-3 atas Crystal Palace dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (19/1/2019). Kemenangan ini membuat Liverpool tetap memuncaki klasemen sementara.

Manchester City sebagai pesaing terberat juga meraih kemenangan meyakinkan pada Liga Inggris pekan ke-23. Bermain di kandang Huddersfield, City menang tiga gol tanpa balas.

Hasil itu membuat City tetap menjaga persaingan di papan atas. The Citizens mengoleksi 56 poin atau berselisih empat poin dengan Liverpool.

Tottenham Hotspur yang berada di posisi ketiga juga meraih hasil positif. Menjalani derby London melawan Fulham, Spurs menang dengan skor tipis 2-1.


2 dari 3 halaman

Hasil Lain

Big match Liga Inggris pekan ke-23 mempertemukan Arsenal dengan London. Hasilnya, The Gunners menang dengan skor 2-0.

MU juga terus menunjukkan kualitasnya. Setan Merah menang 2-1 melawan Brighton di Old Trafford.

Berikut hasil lengkap Liga Inggris pekan ke-23:

3 dari 3 halaman

Hasil Liga Inggris

Wolverhampton 4 – 3 Leicester City

AFC Bournemouth 2 – 0 West Ham United

Liverpool 4 – 3 Crystal Palace

MU 2 – 1 Brighton

Newcastle 3 – 0 Cardiff City

Southampton 2 – 1 Everton

Watford 0 – 0 Burnley

Arsenal 2 – 0 Chelsea

Huddersfield 0 – 3 Manchester City

Fulham 1 – 2 Tottenham

Saksikan video pilihan di bawah ini

Coutinho Masuk Radar Chelsea

Liputan6.com, London – Rencana Manchester United untuk mendatangkan Philippe Coutinho mendapat saingan. Setan Merah harus berkompetisi dengan klub Premier League lainnya, Chelsea untuk merekrut playmaker Barcelona tersebut.

Selama beberapa pekan terakhir, Coutinho dirumorkan akan angkat kaki dari Camp Nou. Hal ini dikarenakan sang pemain mulai tersingkir dari tim utama Barcelona usai tampil kurang konsisten musim ini.

Belakangan beredar rumor bahwa Manchester United tertarik pada playmaker Brasil ini. Mereka bahkan disebut sudah mengajukan tawaran untuk Coutinho beberapa hari yang lalu.

Namun dilansir Marca, United mendapatkan pesaing berat untuk Coutinho. Mereka disebut akan bersaing dengan Chelsea untuk mendaratkan eks Liverpool tersebut.

Chelsea punya alasan mengapa mereka ingin mengincar Coutinho. Mereka disebut memproyeksikan pemain asal Brasil itu sebagai pengganti Eden Hazard.

Hazard sendiri memang ramai diberitakan tidak akan bertahan di Chelsea musim depan. Ia disebut sudah memantapkan hati untuk bergabung dengan Real Madrid di akhir musim nanti.

Chelsea kabarnya mulai bergerak untuk mencari pengganti Hazard, di mana mereka menilai Coutinho akan menjadi opsi yang bagus untuk lini serang mereka.


2 dari 2 halaman

Mulai Bergerak

Laporan Marca itu mengklaim bahwa Chelsea sudah menghubungi pihak Barcelona. Mereka bahkan sudah menanyakan apakah sang pemain bisa didatangkan di musim panas nanti.

The Blues kabarnya sudah diberitahu bahwa Coutinho masuk dalam daftar jual mereka. Untuk itu mereka menunggu tawaran dari tim asal London Barat tersebut.

Laporan itu mengklaim bahwa Chelsea harus menyiapkan dana sebesar 100 juta pounds untuk memboyong Coutinho ke Stamford Bridge.

Coutinho tercatat hanya mampu membuat enam gol dan lima assist bagi Barca di total 26 penampilan bagi Las Azulgrana.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekam Jejak Edy Rahmayadi di PSSI

Jakarta Edy Rahmayadi akhirnya memilih mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum PSSI pada Kongres di Bali, Minggu (20/1/2019).Sejatinya, Edy masih bisa memimpin PSSI hingga 2020, tapi dia memilih keputusan lain.

Nama Edy Rahmayadi dikenal publik sepak bola Indonesia setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam kepengurusan periode 2016-2020 pada 10 November 2016.

Edy, yang ketika itu masih menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), terpilih menggantikan La Nyalla Mattalitti.

Pemilihan Ketua Umum PSSI diikuti 107 voter yang hadir pada Kongres PSSI 2016 di Jakarta. Edy ketika itu meraup 76 suara dan mengalahkan pesaing terberatnya, yakni mantan Panglima TNI, Moeldoko, dengan 23 suara.

Terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, Edy kemudian langsung menggulirkan Liga 1 2017. Namun, harapan publik akan sepak bola Indonesia yang baru, mendadak sirna ketika Edy memutuskan pensiun dari karier militernya demi mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatra Utara pada 5 Desember 2017.

Pada awal 2018, Edy pun resmi mendeklarasikan diri sebagai calon Gubernur Sumatra Utara bersama pasangannya, Musa Rajekshah. Kesibukannya dalam kampanye Gubernur Sumut membuat fokus Edy terbelah.

Pria kelahiran 10 Maret 1961 itu makin sering menghabiskan waktu bersosialisasi keliling Sumut yang membuatnya seolah melupakan jabatan Ketua Umum PSSI. Edy akhirnya terpilih sebagai Gubernur Sumut melalui pemilukada yang digelar pada 27 Juni 2018.

Diusung 11 partai politik kemudian berhasil mengantarkan Edy Rahmayadi menuju jabatan Sumatra Utara 1 dengan jumlah suara mencapai 57,67 persen. Ini menjadi awal pertama gaung “Edy Out” bergema dengan alasan rangkap jabatan.

2 dari 2 halaman

Kasus Kematian Suporter dan Kegagalan Timnas

Desakan agar Edy Rahmayadi mundur kembali bergema ketika seorang suporter Persija Jakarta bernama Haringga Sirla tewas akibat dikeroyok oknum suporter Persib Bandung di Kompleks Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage (23/9/2018).

Insiden Haringga ibarat puncak mengingat kasus kematian suporter di Indonesia selama PSSI dipimpin Edy, sudah terjadi sebelumnya. Edy dianggap tidak becus mengurus sepak bola Indonesia karena konsentrasinya terpecah sebagai Gubernur Sumut.

Namun, ketika ditanya perihal rangkap jabatan antara Ketua Umum PSSI dan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi justru mengeluarkan pernyataan kontroversial.

“Apa urusan Anda menanyakan itu? Bukan hak Anda juga untuk bertanya kepada saya,” kata Edy Rahmayadi ketika wawancara dengan Kompas TV.

Belum cukup sampai disitu, Edy Rahmayadi kembali dimintai pertanggungjawabannya atas kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Seperti diketahui, Pasukan Bima Sakti itu hanya mampu melaju sampai babak penyisihan grup.

Namun, Edy lagi-lagi mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan reaksi beragam dari berbagai kalangan.

“Wartawannya yang harus baik, jika wartawannya baik maka timnasnya baik,” jawab Edy.

Edy Rahmayadi akhirnya menjawab tekanan dan desakan yang diarahkan kepadanya dengan menyatakan mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI. Saat ini, tongkat kepemimpinan induk tertinggi sepak bola Indonesia beralih ke Joko Driyono yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Jadwal Liga Italia: Juventus Tantang Chievo

Liputan6.com, Turin – Liga Italia akan memasuki pekan ke-20. Seluruh klub kembali berlaga setelah menjalani libur Natal dan tahun baru.

Juventus masih memuncaki klasemen sementara. Mereka mengoleksi 53 poin dari 19 laga Liga Italia.

Pada pekan ke-20 mendatang kesempatan untuk menjauh dari pesaing terbuka lebar. Pasalnya, Juventus akan menantang tim juru kunci Chievo.

Sementara posisi kedua Napoli justru harus bertemu lawan sulit pada pekan ke-20 nanti. Mereka akan menantang klub besar lainnya, Chievo.

Berikut jadwal Liga Italia pekan ke-20:


2 dari 3 halaman

Jadwal

Sabtu (19/1/2019)

21.00 WIB Roma Vs Torino

Minggu (20/1/2019)

00.00 WIB Udinese Vs Parma

02.30 WIB Inter Milan Vs Sassuolo

18.30 WIB Frosinone Vs Atalanta

21.00 WIB SPAL Vs Bologna

21.00 WIB Fiorentina Vs Sampdoria

3 dari 3 halaman

Jadwal Selanjutnya

Senin (21/1/2019)

00.00 WIB Cagliari Vs Empoli

21.00 WIB Genoa Vs AC Milan

02.30 WIB Napoli Vs Lazio

Selasa (22/1/2019)

01.00 WIB Juventus Vs Chievo

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Apa Kata Media Internasional tentang Debat Capres dan Cawapres?

Jakarta – Sejumlah media asing mengikuti jalannya debat televisi pertama antara pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga, dan memberikan tanggapan.

Sejumlah media asing mengamati jalannya debat televisi pertama antara pasangan calon nomor 01, petahana Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, serta pasangan nomor 02, Prabowo-Sandi. Debat televisi Kamis malam kemarin (17/01/2019) adalah debat pertama dari lima debat televisi yang direncanakan akan digelar sebelum dilangsungkannya pemberian suara tanggal 17 April 2019.

Setelah mengamati jalannya debat secara langsung, media Australia ABC berkomentar: Pasangan calon nomor 01, masih jelas unggul di atas nomor 02. Namun Jokowi menghadapi tantangan besar dari pesaing yang ia kalahkan dalam pemilu tahun 2014. Jokowi sekarang juga dinilai lebih agresif dibanding dengan lima tahun lalu. Selain itu, petahana dinilai lebih handal dalam bertanya dan memberikan jawaban dalam hal korupsi serta ketidaksetaraan gender.

The Sydney Morning Herald menganalisa debat yang berlangsung Kamis malam dan menulis: Kedua calon presiden dan calon wakil presiden tampak seperti robot dan jawaban yang diberikan sepertinya sangat diperhitungkan karena tidak mau mengambil risiko. Berkaitan dengan itu, komentator harian itu juga mengkritik sistem debat, di mana para calon sudah mendapatkan kisi-kisi semua pertanyaan seminggu sebelum debat, sehingga sudah dapat mempersiapkan diri. Namun demikian, rakyat yang menonton debat tidak mendapat informasi lebih banyak dari jawaban para calon.

Sydney Morning Herald menyimpulkan: “Debat berakhir tanpa adanya gagasan besar yang baru dari para calon, dan hanya ada sedikit informasi baru tentang kebijakan yang mungkin akan mereka tempuh, jika menang. Mungkin, oleh sebab itu juga, kedua calon presiden tidak mendapat inspirasi untuk memberikan komentar positif tentang saingannya, ketika diberi kesempatan. Harian Australia itu juga menyinggung, ini mungkin kesempatan terakhir bagi Prabowo Subianto untuk bisa meraih kursi presiden.

Media Singapura, The Straits Times terutama menilai, isu-isu yang jadi topik utama debat adalah isu-isu penting yang tepat untuk diangkat. Tetapi sayangnya kedua kubu tidak memberikan rincian lebih banyak ketika menjawab pertanyaan, sebaliknya hanya memberikan jawaban secara umum.

The Strait Times dan sejumlah media asing lainnya menyoroti performa Ma’ruf Amin yang dinilai tidak menunjukkan prestasi gemilang. Sydney Morning Heral mengomentari Ma’ruf Amin yang katanya perlu waktu hampir satu jam sebelum mulai berbicara untuk menjawab pertanyaan dari panelis.

ml/as (dari berbagai sumber)


(bag/bag) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Olivier Giroud Tak Ikhlas Jadi Pilihan Kedua di Chelsea

London – Penyerang timnas Prancis, Olivier Giroud, merasa keberatan harus menjadi pilihan kedua di lini depan Chelsea. Meski begitu, ia mencoba beradaptasi dengan situasi tersebut.

Giroud sudah bermain dalam 17 pertandingan di Premier League. Namun, bomber asal Prancis itu baru enam kali bermain sebagai starter.

Giroud harus rela duduk di bangku cadangan bersama Alvaro Morata. Keduanya kalah bersaing dengan Eden Hazard yang lebih dipercaya manajer Maurizio Sarri untuk mengisi posisi ujung tombak.

“Bukan saya yang memutuskan siapa yang bermain, namun jelas setiap pemain ingin tampil di setiap pertandingan,” ujarnya.

“Sebagai seorang pesaing saya tentu tidak senang berada di bangku cadangan, namun saya menahan rasa frustrasi itu dan mentransformasikannya menjadi sebuah energi untuk bekerja keras di latihan,” ia melanjutkan.

“Dalam 14 laga terakhir mungkin saya hanya bermain setengahnya sebagai starter. Tentu sedikit sulit untuk bisa konsisten.”

Giroud diperkirakan akan terus menjadi pilihan kedua di lini depan Chelsea. Apalagi, tim London Barat tinggal selangkah lagi mendapatkan striker AC Milan, Gonzalo Higuain.

Sumber: Independent/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.