Kembar Siam, Nissan Livina Bisa Servis di Bengkel Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Nissan Livina 2019 yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander merupakan bukti dari aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru, apakah Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander bisa bertukar tempat servis.


Pasalnya, hal itu yang selama ini terjadi pada Avanza dan Xenia. Tempat servis mereka bisa bersama mengingat keduanya berada di bawah payung Astra.

Lantas bagaimana dengan Livina dan Xpander? Kehadiran Livina sendiri sampai saat ini sejatinya masih berada di dua sisi, antara menjadi pilihan sejajar dan pesaing Xpander.

Direktur Sales and Marketing Division MMKSI Iwan Kuncoro memberikan jawaban.

“Secara umum kami mengucapkan selamat atas diluncurkannya Livina. Kami melihat positif. Dengan masuknya produk baru di pasar small MPV ini, pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat Mitsubishi. Memang ini Nissan-Mitsubishi aliansi ya. Namun kami tidak bisa mengomentari merek lain,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa secara umum pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat mereka karena konsumen kemudian memiliki banyak pilihan. Walau demikian, isu satu rumah termasuk pemasaran dan jaringan sampai saat ini dibantah.

“Kami memang aliansi. Tetapi jika bicara marketing, kami sendiri-sendiri. Jadi kami punya network, mereka punya network. Kami manage sendiri, mereka manage sendiri,” kata dia.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.






Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.


Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

AC Milan Terima Kabar Baik Jelang Hadapi Sassuolo

Liputan6.com, Turin – AC Milan mendapat kabar gembira terkait kondisi Franck Kessie. Cedera gelandang asal Pantai Gading tersebut tidak terlalu serius.

Kessie gagal menyelesaikan pertandingan saat AC Milan ditahan Lazio pada leg pertama semifinal Coppa Italia, Selasa (26/2/2019).

Pemain berusia 22 tahun itu mengalami nyeri di lutut. Partisipasinya pada duel melawan Sassuolo di Serie A, Sabtu (2/3/2019), pun diragukan.

“Dia tidak bisa berlari dan minta diganti,” kata pelatih AC Milan Gennaro Gattuso, dilansir situs resmi AC Milan.

Namun, perkembangan lain menunjukkan kondisi Kessie tidak serius. Dia diganti pada pertandingan versus Lazio sebagai langkah pencegahan.

2 dari 3 halaman

Siap Tampil

Lutut Kessie dilaporkan hanya bengkak dan tidak mengalami masalah otot. Mantan pemain Atalanta tersebut siap membantu I Rossoneri mengalahkan Sassuolo.

Kontribusinya dibutuhkan karena AC Milan tengah berusaha mengamankan posisi di zona Liga Champions. Saat ini mereka menempati peringkat empat klasemen dengan perolehan 45 poin, unggul satu nilai atas pesaing terdekat AS Roma.

3 dari 3 halaman

Peran Kessie

Kessie merupakan pilihan pertama Gattuso pada musim ini. Dia tampil di 23 laga Serie A dan hanya melewatkan dua pertandingan akibat sanksi disiplin.

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-29: Derby London, Tottenham Hotspur vs Arsenal

Liputan6.com, Jakarta – Setelah disibukkan dengan pertarungan tengah pekan ini dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris pekan ke-28, tim-tim Liga Inggris sudah langsung dihadapkan kepadapekan ke-29 akhir pekan ini. Laga panas Tottenham Hotspur melawan Arsenal akan menjadi pertandingan pembuka.

Dalam Jadwal Liga Inggris, Tottenham akan menjamu Arsenal di Stadion Wembley, Sabtu (2/3/2019). Pertandingan sengit yang bertajuk derbi London ini akan memanaskan persaingan dalam perebutan posisi ketiga.

Kondisi Tottenham berbeda dengan lawannya, Arsenal. The Lily White harus menerima keunggulan tuan rumah, Chelsea dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris pekan ke-28. Anak asuh Mauricio Pochettino harus menelan kekalahan 2-0 dari The Blues. Dua gol Chelsea dicetak oleh Pedro dimenit 57 dan gol bunuh diri Kierran Tripier dimenit ke-84.

Di laga lainnya, dalam jadwal Liga Inggris pekan ke-29, pemimpin klasemen sementara Liga Inggris, Liverpool akan menjalani laga yang juga cukup sengit. Pasalnya, The Anfield Gank akan bertandang ke Godison Park, markas Everton.

Sementara, pesaing terdekat Liverpool, Manchester City harus menyambangi markas Bournemouth. Saat ini The Citizen memilik poin 68, hanya berselisih satu poin dengan Liverpool di posisi pertama.

Berikut Jadwal Liga Inggris Pekan ke-29:

2 dari 3 halaman

Sabtu, 2 Maret

19.30 WIB Tottenham Hotspurs vs Arsenal

22.00 WIB Birghton and Hove vs Huddersfield Town

22.00 WIB Bournemouth vs Manchester City

22.00 WIB Burnley FC vs Crystal Palace

22.00 WIB Manchester United vs Southampton

22.00 WIB Wolverhampton Wanderers vs Cardiff City



3 dari 3 halaman

Minggu, 3 Maret 2019

00.30 WIB West Ham vs Newcastle United

19.00 WIB Watford vs Leicester City

21.05 WIB Fulham vs Chelsea

23.15 WIB Everton vs Liverpool

Saksikan video pilihan di bawah ini

Ketika Putra Mahkota Arab Saudi Tebar Pesona di Kawasan Asia

Jakarta – Arab Saudi tengah menggencarkan aksi tebar pesona.

Selama beberapa hari terakhir, khalayak dunia mendapat kabar bahwa kerajaan tersebut menunjuk duta besar perempuan pertama di negara sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Adapun putra mahkota Mohammed bin Salman baru saja merampungkan kunjungan ke Cina, Pakistan, dan India guna merundingkan kesepakatan dagang dan investasi bernilai miliaran dolar AS.

Rangkaian kejadian ini hanya berselang lima bulan setelah negara-negara Barat dikejutkan oleh pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Badan intelijen AS, CIA, dan lembaga spionase Barat lainnya menyimpulkan bahwa sang putra mahkotayang kerap disebut dengan inisial MBSamat mungkin mendalangi pembunuhan tersebut, yang dibantah keras oleh sejumlah pejabat Saudi.

Akibat kasus itu, MBS yang tadinya mendapat sambutan hangat di berbagai tempat, dijauhi oleh negara-negara Barat di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Oleh media Barat, MBS dikritik habis-habisan, tidak hanya terkait kasus pembunuhan Khashoggi, tapi juga terkait pemenjaraan demonstran damai, termasuk perempuan, dan melancarkan perang di Yaman.

Dihadapkan pada situasi ini, apa yang MBS lakukan? Dia beralih ke arah timur, persis seperti yang dilakukan para pemimpin negara-negara Teluk pada 2011 setelah dihujani kritik dari Eropa mengenai praktik sewenang-wenang di negara mereka.

Di negara-negara Asia, kedatangan MBS disambut karpet merah.

Di Pakistan, negara bersenjata nuklir yang sedang kesulitan keuangan, MBS dihormati dengan tembakan salvo 21 kali, kawalan pesawat jet tempur, dan hadiah senjata api berlapis emas.

Kemudian di India, MBS diterima dengan hangat oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Mereka lalu mendiskusikan rencana Saudi dalam berinvestasi besar-besaran, terutama pada sektor energi.

Dan di Cina, sang putra mahkota berbincang bersama Presiden Xi Jinping kemudian meneken kesepakatan penyulingan minyak senilai US$10 miliar (Rp139,9 triliun).

Kaum bangsawan Saudi tidak pergi sendirian. Jika Anda adalah putra mahkota dan penguasa de facto, Anda akan disertai rombongan 1.100 orang yang menumpang sejumlah pesawat, menginap di ratusan kamar hotel, serta membawa alat fitness pribadi.

Rombongan itu mencakup wartawan-wartawan dari media yang dikendalikan pemerintah sehingga mereka dapat melaporkan kepada rakyat bagaimana pemimpin mereka disambut oleh negara tujuan.

Posisi MBS di Arab Saudi sudah dianggap aman sebelum melakoni perjalanan mengingat tiada pesaing kuat yang mengincar takhta.

Pun dengan sambutan hangat yang diterima MBS di negara-negara Asia tambah menguatkan posisinya di mata rakyat Saudi sekaligus menyingkirkan anggapan bahwa sosoknya dikucilkan sejak pembunuhan Khashoggi.

Namun, Amerika Serikat sulit diyakinkan. Bukan kebetulan bahwa duta besar Saudi untuk Washington yang baru diangkat adalah perempuan.

Putri Reema binti Bandar Al Saud adalah pebisnis mandiri yang sukses. Dia juga dikenal gencar memperjuangkan peranan perempuan Saudi yang lebih luas dalam masyarakat di kerajaan itu.

Theresa May, putri Reema Bint Bandar al-SaudPutri Reema (kanan) bertemu dengan PM Inggris Theresa May di Riyadh pada 2017. (AFP/Getty)

Bagaimanapun, Putri Reema harus menghadapi Kongres AS yang kritis dan media yang melaporkan secara panjang lebar mengenai kekurangan Arab Saudi dalam hal hak asasi manusia.

Pendahulunya, Pangeran Khalid bin Salman Al Saud, buru-buru meninggalkan Washington setelah kasus Khashoggi. Dia dituduh ikut terlibat dalam pembunuhan sang wartawan, yang dia bantah. Belakangan dia tidak menempati jabatan Dubes Saudi untuk AS tanpa penjelasan rinci.

Lalu bagaimana posisi Eropa dalam situasi ini? Singkat kata, kebingungan.

Bagi Inggris, Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar di Timur Tengah dan sekitar 50.000 pekerjaan di Inggris tergantung pada hubungan kedua negara.

Dengan kekayaan minyaknya yang melimpah, Arab Saudi adalah pasar besar bagi para eksportir. Apalagi, Saudi merupakan salah satu pembeli utama persenjataan Inggris, sesuatu yang dijanjikan pemimpin oposisi Jeremy Corbyn akan diakhiri.

Hubungan Inggris dan Prancis lebih sejuk, tapi kedua negara tidak ada yang menerapkan sanksi signifikan terhadap Riyadh.

Jerman, di sisi lain, menanggapi kasus pembunuhan Khashoggi dengan membekukan ekspor senjata ke Saudi. Tapi, aksi ini justru mengancam hubungan Inggris-Saudi lantaran beberapa onderdil pesawat tempur Typhoon pesanan Saudi diproduksi di Jerman.

Pesan Saudi ke negara-negara Barat tampaknya ada dua.

Dengan beralih ke negara-negara besar nan penting di Asia, Saudi seperti ingin mengatakan: “Kami punya teman-teman lain di sekeliling dunia dan mereka gembira berbisnis dengan kami”.

Kemudian dengan menunjuk duta besar perempuan ke Washington, Saudi tampak ingin mengatakan, “Kami tahu kami punya kekurangan yang harus diperbaiki, jadi kami dengan senang hati ingin mendengar apa yang Anda katakan.”

Yang perlu dicermati para pengritik Saudi, apakah semua langkah yang baru dilakukan MBS berpengaruh terhadap semua pembangkang politik yang ditekan di Saudi, suatu hal yang membuat negara-negara Barat malu dalam berbisnis dengan Riyadh.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Perang Dagang Bikin Ekspor RI Sulit Meningkat

Liputan6.com, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, turunnya ekspor Indonesia pada awal 2019  merupakan dampak dari perang dagang yang belum usai hingga saat ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno mengatakan, di tengah kondisi global seperti saat ini, industri mengalami kesulitan dalam meningkatkan ekspornya ke negara lain.

“Menurunnya ekspor di Januari 2019 diakibatkan meningkatkan impor bahan bakar. Ekspor industri juga turun karena ada perang dagang Amerika Serikat dan China yang saat ini sedang dilakukan perundingan, yang belum tahu kapan akan selesai,” ujar dia dalam Seminar Perdagangan Nasional di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Dalam urusan ekspor, lanjut dia, Indonesia saat ini juga harus bersaing keras dengan negara lain yang sudah lebih unggul seperti China bahkan Vietnam.

“Pesaing kita makin banyak. China dulu tidak ada apa-apanya, sekarang hebat sekali. Vietnam juga ekspornya tinggi, Kamboja juga. V‎ietnam bisa masuk ke AS dan Eropa karena mereka punya perjanjian dagang,” kata dia.

Oleh sebab itu, kata Benny, Kadin mendorong pemerintah untuk segera menyelesaikan perundingan perjanjian perdagangan Indonesia dengan negara lain. Dengan demikian, Indonesia akan mendapatkan kemudahan ekspor ke negara tersebut. ‎

“Masalah tarif juga, seperti untuk Pakistan dan India, Inggris memberikan previlage bagi mereka‎. Jadi hubungan multilateral dan bilateral ini menentukan bagi kita supaya bisa menembus pasar-pasar itu,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Ungkap Sulitnya Genjot Ekspor Indonesia

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani blak-blakan mengenai sulitnya mendongkrak ekspor Indonesia. Saat ini, pertumbuhan ekspor berada di bawah 7 persen. Banyak masalah yang berbeda menjadi penghambat ekspor. Salah satunya kebijakan, struktural dan daya saing.

“Masalah ekspor Indonesia sangat detail dan pelik. Sekarang pertumbuhannya di bawah 7 persen, saya ingin besok 15 persen, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dinamika butuh kebutuhan mengelolanya, dari ujung ke ujung,” kata Menkeu Sri Mulyani di Kantor Exim Bank, Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Selain itu, dia menyebutkan populasi manusia di dunia teramat banyak. Sehingga cukup sulit mengidentifikasi apa saja yang mereka butuhkan dari Indonesia. Bahkan untuk memahami kebutuhan antar daerah di Indonesia saja masih sulit dilakukan.

“Saya ingin sampaikan, potensi market itu unlimited kalau kita memahami geografi global. Jangan kan seluruh global, kenal Indonesia seluruhnya saja enggak. Banyak yang lahir, sekolah, meninggal di satu kabupaten yang sama. Kalau gak ngerti, gimana punya pemahaman orang-orang butuh apa,” ujarnya.

Oleh sebab itu dia menegaskan harus pandai memahami apa saja yang tengah dibutuhkan oleh pasar. “Kalau kita gak pernah memahami, kita enggak tahu what kind of commodity yang bisa masuk. You should know the market,” ujarnya.

Dia berharap kemampuan memetakan market atau pasar bisa lebih ditingkatkan. Supaya ekspor Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam dengan tentunya diimbangi dengan kemampuan meningkatkan produksi di dalam negeri.

“Dan tidak hanya tradisional market yang rising star tapi juga falling star. Kalau kita bisa memetakan berarti kita makin mampu mengetahui positioning di setiap komoditas kita secara detail di masing-masing destinasi market baik yang sudah eksis, solid maupun yang masih baru. Dan juga yang masih belum kita identifikasi,” ujarnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Wanita Anggota Kongres, Termasuk 2 Muslimah Ini Ubah Wajah Politik AS

Washington – Trio perempuan yang baru terpilih menjadi anggota Kongres telah mengguncang politik Amerika Serikat.

Ketiga perempuan kulit berwarna ini memenangkan kursi sebagai wakil Partai Demokrat lewat pemilihan umum sela AS bulan November lalu.

Meskipun pendatang baru, mereka secara terbuka mempertanyakan konvensi lama kelompok mapan Amerika, baik dalam hal domestik maupun luar negeri, sehingga mendapatkan pendukung antusias, di samping pengecam keras, termasuk dari dalam partainya sendiri.

Jadi apakah perempuan ini wakil banyak suara yang radikal atau revolusioner yang sudah lama dinantikan politik AS?

Bersejarah Alexandria Ocasio-Cortez Alexandria Ocasio-Cortez memasuki Kongres sebagai bagian dari jumlah terbanyak wakil perempuan di DPR dalam sejarah AS. (iStock)

Di usia 29 tahun, Alexandria Ocasio-Cortez, mantan bartender dan pelayan dari New York menjadi perempuan termuda yang masuk ke Kongres. Keluarganya berasal dari Puerto Rico.

Ihan Omar dari Minnesota adalah warga Amerika keturunan Somalia berumur 38 tahun yang memakai hijab. Dia tiba di AS pada tahun 1995 sebagai pengungsi.

Pada pemilu sela November, dia dan rekannya Rashida Tlaib menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres.

Rashida Tlaib, 42 tahun, wakil dari Michigan, adalah seorang pengacara dari generasi pertama Amerika-Palestina. Nenek dan kerabatnya masih tinggal di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Bisa dikatakan bahwa ketiganya mewakili politik progresif Demokrat AS.

Mereka mendukung hak LGBT, aborsi sebagai hak perempuan dan membela hak imigran.

Rashida Tlaib dan Ilhan Omar. Rashida Tlaib dan Ilhan Omar mencatat sejarah sebagai perempuan Muslim pertama di Kongres. (Getty Images)

Bintang media sosial

Dalam kaitannya dengan masalah luar negeri, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib sangat berbeda dengan warga AS pada umumnya terkait dengan Israel, sekutu Amerika sejak lama dan penerima bantuan.

Sementara dalam hal politik dalam negeri, Alexandria Ocasio-Cortez atau AOC nama yang dipakai penggemarnya di Twitter, telah mengguncang dan mendapatkan banyak perhatian karena pandangannya yang sangat kiri, suatu hal yang langka di politik AS.

Tidak diragukan lagi bahwa perempuan-perempuan Demokrat ini sangat menentang Presiden Donald Trump.

Tetapi kadang-kadang pesaing serius pun memiliki kesamaan.

Misalnya dalam hal penggunaan 280 karakter sebuah Tweet.

Jika Donald Trump telah membuat terobosan dengan membuat Twitter sebagai saluran utama untuk berbicara langsung dengan masyarakat Amerika, politikus perempuan ini mengikuti jejaknya dengan mengedepankan pesan politik lewat kehadiran kuat di media sosial.

Akun Twitter Alexandria Ocasio-Cortez Twitter telah menjadi ‘medan pertempuran’ para politikus Amerika. (Twitter)

Perlombaan interaksi

Ini adalah strategi yang terutama berhasil bagi Alexandria Ocasio-Cortez.

Menurut sebuah kajian yang dilakukan situs internet berita Axios, selama sebulan anggota Kongres ini menciptakan lebih banyak interaksi di Twitter (retweets dan likes) dibandingkan enam situs berita paling berhasil AS di Twitter, termasuk organisasi besar seperti CNN dan New York Times.

Saat penelitian dilakukan, Donald Trump masih di atasnya dengan jumlah sekitar tiga kalinya, tetapi data ini – mengalahkan anggota Demokrat lainnya – tetap saja mewakili keberhasilan besar bagi Alexandria Ocasio-Cortez mengingat dirinya baru saja menjadi anggota DPR.

Melakukan streaming video-nya di Instagram saat membuat sup di dapur sambil membicarakan usulan peningkatan pajak bagi orang kaya kemungkinan tidak sukai semua orang, tetapi bagi generasi baru yang tumbuh dengan media sosial, dia sangatlah menarik.

Alexandria Ocasio-Cortez di Instagram.
AOC juga aktif di Instagram dan video memasaknya terbukti sangat populer. (Instagram)

Di samping peningkatan pajak sampai 70% bagi orang berpemasukan tinggi, dia juga mempromosikan rencana Green New Deal untuk menjadikan Amerika sama sekali bebas dari bahan bakar fosil dengan berinvestasi pada energi bersih, asuransi kesehatan bagi semua warga dan universitas gratis.

Masalah Amazon

Dia juga menentang bisnis besar pada sejumlah masalah, termasuk tentang pendanaan kampanye politik, keuntungan perusahaan obat besar yang dituduh “menggunakan penelitian yang dibiayai masyarakat untuk mendapatkan obat swasta yang mahal” dan perdebatan terbuka dengan pengecer terbesar dunia, Amazon, terkait rencana mendirikan markas di New York City.

Donald Trump mengatakan dia seorang sosialis, menekankan bahwa ‘Amerika tidak akan pernah menjadi negara sosialis’.

Jadi apakah itu memang benar? Ocasio-Cortez menjawab dengan mengatakan dirinya adalah Sosialis-Demokrat, dengan penekanan pada kata Demokrat.

Dia tentu saja memiliki sejumlah pengecam, salah satunya adalah mantan Senator Joe Lieberman dari partainya sendiri, yang mengatakan Alexandria Cortez-Ocasio tidak boleh menjadi masa depan Demokrat.

Kantor Ocasio-Cortez Pengunjung Kongres mulai meninggalkan pesan cinta dan dukungan di pintu kantor Alexandria Ocasio-Cortez. (Reuters)

Dalam beberapa bulan ke depan, memang meloloskan rancangan undang-undang kemungkinan akan lebih sulit bagi Alexandria Ocasio-Cortez dibandingkan mendapatkan 3,2 juta pengikut di Twitter, tetapi hampir semua orang sepakat dia adalah kekuatan besar yang mendominasi wacana politik.

Lain dari biasa

Jika kemenangan Trump pada pemilu sebagai petunjuk, usahanya yang sering terdengar mengingatkan bahwa Amerika bosan dengan politik pada umumnya, sepertinya juga terjadi di sebagian besar masyarakat AS.

Anggota Kongres perempuan yang baru terpilih menyerang Trump dengan semangat yang sama: dia tidak bisa mengharapkan dirinya dapat bekerja seperti biasa.

Ketika Ilhan Omar, wakil masa jabatan pertama kelahiran Somalia mempertanyakan utusan yang baru ditunjuk Trump untuk Venezuela, diplomat veteran Elliott Abrams pada sebuah sidang Kongres, videonya langsung menjadi viral.

Ilhan Omar Ilhan Omar terpilih menjadi bagian dari Foreign Affairs Committee DPR. (Getty Images)

“Apakah Anda akan mendukung kelompok bersenjata di dalam Venezuela yang terlibat kejahatan perang, kemanusiaan atau genosida jika Anda percaya mereka melakukannya untuk kepentingan AS, seperti yang Anda lakukan di Guatemala, El Salvador, dan Nikaragua?” Ilhan Omar menanyakannya, sehingga memicu perdebatan menegangkan di antara keduanya.

Dia mengacu kepada peran Elliott Abrams dalam skandal yang dikenal sebagai Iran-Contra.

Ketika diketahui bahwa Amerika secara diam-diam menjual senjata ke Iran pada tahun 1980-an dan menyalurkan dananya untuk kelompok anti-komunis Nikaragua.

“Sepertinya adil”

Selama masa jabatannya, milisi yang dilatih AS melakukan pembantaian di El Salvador, membunuh lebih dari 800 warga sipil.

Elliott Abrams mengatakan interogasinya ‘konyol’ dan ‘sebuah serangan pribadi’.

Tetapi Alexandria Ocasio-Cortez yang bereaksi lewat Twitter, mendapatkan 62.000 likes. “Menyaksikannya menanyai utusan Trump … sepertinya keadilan ditegakkan,” tulisnya.

Ilhan Omar Ilhan Omar adalah pengungsi Somalia yang tiba di AS saat berumur 12 tahun. (Getty Images)

Pihak-pihak yang membela Ilhan Omar mengatakan dia mengangkat masalah kelompok elite Washington yang sejak lama tidak diperhatikan.

Meskipun demikian, perbedaan pandangan terkait posisi Ilhan Omar terhadap Israel memicu kontroversi yang lebih tajam.

Kontroversi Israel

Wakil Minnesota ini mendukung gerakan BDS, kampanye pimpinan Palestina yang terinspirasi gerakan anti-apartheid Afrika Selatan, untuk menerapkan boikot, divestasi dan sanksi terhadap Israel terkait dengan kebijakan Palestinanya.

Israel menuduh gerakan tersebut mengancam keberadaan mereka, sebuah pandangan yang juga didukung sebagian besar politikus kedua partai di Kongres.

Ilhan Omar Wakil Minnesota terlibat dalam sengketa anti-Yahudi. (Getty Images)

Ketika diketahui bahwa anggota paling senior Republik di House of Representatives, Kevin McCarthy, menegaskan akan menindak Ilhan Omar terkait dugaan anti-Yahudi, dia mengirim tweet, mengisyaratkan bahwa kelompok lobi pro-Israel, Aipac (The American Israel Public Affairs Committee) menggunakan insentif keuangan untuk mendukung agenda pro-Israel.

Komentarnya membuka berbagai masalah dengan pendukung dan pengecamnya, memulai perang Twitter terkait peran Aipac dalam politik AS dan mempertanyakan apakah Ilham rasis terhadap Yahudi.

Permintaan maaf Aipac

Jumlah orang yang tersinggung cukup berarti, mereka menekankan bahwa dia mendukung stereotip bahwa “Yahudi kaya mengendalikan dunia”.

Presiden Trump menuntutnya mundur, Chelsea Clinton menyerangnya karena menggunakan masalah anti-Yahudi dan senator senior Demokrat Chuck Schumer menuduhnya tidak toleran dan menggunakan kiasan anti-Yahudi.

Sebagai jawabannya, pembela Ilhan di Tiwtter menyebarkan video pidato Schumer di konferensi Aipac hampir setahun lalu.

Mereka memintanya untuk meminta maaf terkait dengan apa yang mereka pandang sebagai kefanatikan keagamaan dan anti-Palestina.

Senator Chuck Schumer Salah satu Demokrat senior di Kongres, Senator Chuck Schumer, berbicara di Aipac Policy Conference bulan Maret 2018. (Getty Images)

Pada di video tersebut, Senator Schumer, seorang Yahudi, mengatakan kepada anggota Aipac, “Tentu saja, kita mengatakannya tanah kita, Taurat mengatakan itu, tetapi mereka (Palestina) tidak mempercayai Taurat. Jadi itulah alasannya mengapa tidak tercipta perdamaian.”

Tweets masa lalu

Ini bukanlah untuk pertama kalinya pengaruh lobby Aipac pada politik Amerika diperhatikan.

Pada tahun 2005, Steven Rosen, saat itu pejabat senior Aipac, mengatakan kepada seorang wartawan New Yorker lewat sebuah wawancara makan malam bahwa “Dalam 24 jam, Aipac kemungkinan mendapatkan tanda tangan 70 senator di serbet ini.”

Ketika Twitter membicarakan apakah Ilhan khusus dijadikan sasaran karena dirinya adalah Muslim perempuan pendukung BDS, dia mengirim tweet tentang ‘permintaan maaf tegas’, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan yang “mendidiknya terkait dengan sejarah menyakitkan kiasan anti-Yahudi.’

Ini adalah untuk kedua kalinya politikus Amerika Somalia ini menyampaikan permintaan maaf setelah dikecam karena tweet anti-Yahudi.

Palestina. Dua Muslim perempuan di Kongres AS juga menjadi yang pertama sebagai pendukung gerakan BDS. (Getty Images)

Setelah memasuki Kongres, posting tahun 2012-nya muncul kembali, di mana dia menulis “Israel telah menghipnotis dunia, semoga Allah membangunkan orang dan membantu mereka melihat kejahatan yang dilakukan Israel”.

Tweet dipasang bersamaan dengan Operation Pillar of Defense melawan Gaza yang dilakukan Israel, menewaskan enam warganya dan 158 orang Palestina termasuk paling tidak 30 anak-anak dan 13 perempuan, menurut data PBB.

Menyumpah

Rashida Tlaib, anak perempuan pengungsi Palestina, adalah anggota perempuan Kongres lainnya yang secara terbuka mendukung gerakan BDS melawan Israel.

Tetapi setelah kemenangannya di pemilu, dia memicu kemarahan karena alasan yang sangat berbeda.

Beberapa jam setelah diambil sumpahnya, wakil Michigan mengundang kontroversi karena menyumpahi Trump, mendesak pemakzulannya di depan kerumunan pendukungnya.

“Kita akan memakzulkan the mother****r”(si keparat)”, kata-kata Tlaib yang segera membuat viral videonya.

Rashida Tlaib Sebagai perempuan anggota Kongres pertama dari keturunan Palestina, Rashida Tlaib mengenakan thobe. (Getty Images)

#UnapologeticallyMe

Presiden membalas dengan mengatakan komentarnya memalukan dan dia telah mencemari dirinya dan keluarganya.

Demokrat Michigan yang diambil sumpahnya dengan mengenakan pakaian tradisional Palestina, thobe dan menggunakan Quran keluarga tersebut tidak merasa perlu meminta maaf, lewat tweet-nya dia mengatakan dirinya akan selalu menyuarakan kebenaran bukannya kekuasaan, lewat hashtag #UnapologeticallyMe.

Dia menerima banyak kecaman, termasuk dari sejumlah Demokrat, tetapi pengadilan terbukanya di Twitter menunjukkan Tlaib memiliki banyak pendukung, sebagian bahkan memujinya sebagai ikon feminis karena menjawab presiden dengan menggunakan ‘bahasanya (yang dipakai Trump) sendiri’.

Kolumnis New York Times. Michelle Goldberg, membela Rashida Tlaib dengan mengingatkan pembacanya bahwa bahasa Trump sampai sejauh ini termasuk – yang sama sekai tidak sopan – meremas alat kelamin perempuan dan mengatakan negara Afrika penuh kotoran manusia.

Foto Rashida Tlaib Paman Rashida Tlaib yang tinggal di desa Beit Ur al Foqa, Tepi Barat. (Getty Images)

“Wajah baru kekuasaan politik Amerika ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman,” tulisnya.

Alternatif Tepi Barat

Rashida Tlaib, yang kemudian membicarakan kejadian tersebut dengan situs internet berita Politico mengatakan,”Saya tidak menginginkan apa pun yang saya lakukan atau katakan membuat kita terkecoh. Dan hanya karena itulah saya akan meminta maaf, bahwa ini mengalihkan perhatian.”

Warga Amerika keturunan Palestina ini kemungkinan akan menjadi perhatian kembali jika rencananya untuk melakukan kunjungan ke Tepi Barat sebagai anggota Kongres, bukannya lawatan ke Israel yang biasa dilakukan, akan terjadi.

Anggota baru Kongres AS yang baru terpilih setiap tahun diundang ke Israel secara gratis, disponsori bagian pendidikan Aipac.

Kebanyakan dari mereka menerima undangan tersebut, tetapi tahun ini mereka kemudian akan mendapatkan pilihan lain.

Rashida Tlaib Warga Amerika keturunan Palestina yang dibesarkan di Detroit ini adalah anak tertua dari 14 saudara. (Getty Images)

Rashida Tlaib berencana mengundang anggota baru untuk bergabung dengan dirinya, mengunjungi Tepi Barat, memusatkan perhatian kepada segregasi dan pengaruh pendudukan militer Israel selama 52 tahun.

“Saya pikir Aipac tidak memberikan lensa yang nyata dan adil terkait masalah ini,” katanya dalam wawancara dengan situs Intercept.

“Mereka tidak memperlihatkan sisi yang saya ketahui nyata, yaitu apa yang dialami nenek saya dan apa yang terjadi kepada keluarga saya disana.”

Dia dituduh sejumlah pengecamnya bersimpati kepada teroris.

“Saya Muslim dan Palestina,” tulisnya pada sebuah posting Twitter, “Hadapilah itu.”

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Klasemen Liga Inggris: City Rawan Tergusur

Liputan6.com, London – Manchester City masih menjadi pemuncak klasemen Liga Inggris untuk sementara. Namun posisi The Citizens rawan tergusur Liverpool pekan ini.

Maklum, City tidak akan bertanding di Liga Inggris akhir pekan ini. Pasalnya, mereka akan menantang Chelsea di final Piala Liga Inggris, Minggu (24/2/2019).

Sementara pesaing terdekat City, Liverpool bakal menantang MU. The Reds kini mengoleksi poin yang sama dengan City yakni 65 poin namun kalah selisih gol.

Meski demikian usaha Liverpool untuk mengkudeta posisi City tentu tak mudah. Mengingat MU sendiri dalam performa bagus dan ingin mengamankan posisi empat besar klasemen.

Satu hal lagi, duel ini bakal digelar di Old Trafford. Sehingga MU mendapat keuntungan dengan dukungan penuh fans.

Berikut klasemen Liga Inggris pekan ke-27.

2 dari 3 halaman

Klasemen

3 dari 3 halaman

Jadwal Liga Inggris

Sabtu (23/2/2019)


19.30 WIB Burnley Vs Tottenham

22.00 WIB Bournemouth Vs Wolverhampton

22.00 WIB Newcastle Vs Huddersfield

Minggu (24/2/2019)

00.30 WIB Leicester Vs Crystal Palace

21.05 WIB Arsenal Vs Southampton

21.05 WIB MU Vs Liverpool

Saksikan video pilihan di bawah ini

Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Kamboja U-22: Laga Penentu Garuda Muda

Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga pamungkas penyisihan Grup B Piala AFF U-22 2019 melawan Kamboja U-22 di Olympic Stadium, Jumat (22/2/2019) malam waktu setempat. Tak ada alasan lain, pasukan Indra Sjafri wajib memetik kemenangan untuk lolos ke babak selanjutnya.

Berkaca pada tabel klasemen sementara, laga ini sebenarnya sudah tak menentukan apapun buat Kamboja U-22. Pasukan Felix Dalmas sudah mengunci status juara Grup B Piala AFF U-22 2019 berkat koleksi enam angka hasil dua kemenangan.

Adapun buat Timnas Indonesia U-22, laga ini sangat penting karena wajib dimenangi untuk lolos ke semifinal. Pasukan Garuda Muda belum pernah menang dan hanya meraih dua kali hasil imbang. Hal itu membuat Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara.

Pesaing lainnya yakni Malaysia U-22 dan Myanmar U-22 yang sama-sama mengemas 1 poin pun tidak boleh dicoret dari perebutan status runner-up Grup B. Jika hanya bermain imbang melawan Kamboja, sedangkan laga lainnya menghasilkan pemenang, maka dipastikan Timnas Indonesia U-22 tersingkir.

Sebaliknya, jika mampu meraih kemenangan atas Kamboja U-22 dan laga lainnya berakhir imbang, maka Timnas Indonesia U-22 yang akan lolos. Pelatih Indra Sjafri mengaku siap melakukan segala cara untuk mempermalukan tuan rumah pada laga terakhir fase grup itu.

Meski sudah lolos, Indra Sjafri yakin Kamboja U-22 bakal tampil dengan semangat juang tinggi. Hal itulah yang membuat timnya memprediksi laga tak akan berlangsung mudah.


“Mungkin saja mereka akan bermain dengan lebih nyaman. Itu jadi keuntungan buat mereka dan bisa saja dengan kenyamanan itu mereka malah bermain dengan lebih termotivasi,” ucap pelatih berusia 56 tahun tersebut.


2 dari 3 halaman

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho (kiper), Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Andy Setyo Nugroho, Samuel Christianson (belakang); Hanif Sjahbandi, M. Luthfi, Gian. Zola (tengah), Witan Sulaiman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay (depan).

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Kamboja U-22 (4-3-3): Phone Thitsor Min (kiper), Hein Phyo Win, Win Moe Kyow, Ye Yint Aung, Soe Moe Kyaw (belakang), Non Htike Zaw, Lwin Moe Aung, Zeyor Noing (tengah), Myat Kaung Khant, Hein Htet Aung, Win Noing Tun (depan)

Pelatih: Felix Dalmas (Argentina)


3 dari 3 halaman

Kekuatan Kamboja

Sementara itu, Kamboja U-22 bertekad menyegel poin sempura pada laga tersebut. Pelatih Felix Dalmas mengakui pihaknya memang akan melakukan rotasi pemain, namun tak akan mengubah kualitas permainan.

“Kami ingin melakukan rotasi pada beberapa posisi, tanpa mengurangi rasa hormat pada lawan. Jadi, kami akan terus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik,” tegas pelatih berpaspor Argentina itu.

Timnas Indonesia U-22 didukung catatan apik jelang laga melawan Kamboja U-22. Pasukan Garuda tercatat belum pernah kalah dalam empat pertemuan terakhir melawan tim berjuluk The Royal Khmer Angkor Warriors itu.

MotoGP: Punya Banyak Pesaing, Siapa Rival Favorit Valentino Rossi?

Liputan6.com, Bologna – Loris Capirossi, Max Biaggi, Sete Gibernau, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez dikenal sebagai enam pebalap yang menjadi rival sengit Valentino Rossi sepanjang kariernya di MotoGP. Namun, hanya satu pembalap yang menjadi rival favorit Rossi. 

Dalam wawancaranya bersama Sky Sport untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada Sabtu (16/2), The Doctor pun mengungkapkan siapa yang terkuat dan rivalitas mana yang menjadi ‘favorit’-nya. Dalam kesempatan itu, dia menyebut nama Max Biaggi.

Tahun 2019 akan menjadi tahun ke-24 Rossi berkarier di ajang Grand Prix, sekaligus merupakan yang ke-20 di kelas tertinggi. Sembilan gelar, 115 kemenangan dan 232 podium sudah ia koleksi, dan prestasi mentereng ini pun ia raih berkat kesuksesannya mengalahkan para rival berat. Rider Italia ini pun mengungkap siapa saja pebalap yang paling membuatnya kewalahan.

“Saya punya dua kelompok rival di sepanjang karier saya, terbagi menjadi dua generasi. Pertama adalah Capirossi, Biaggi dan Gibernau. Kedua adalah Stoner, Lorenzo dan Marquez,” terang Valentino Rossi seperti dilansir Sky Sport.

“Tiga pertama saya lawan saat saya masih muda dan saya coba mengalahkan mereka. Tiga kedua justru berusaha mengalahkan saya. Generasi kedualah yang terberat, tapi saya tak bisa mengatakan urutan siapa yang terkuat,” ujarnya.

Meski belakangan ini kerap cekcok dengan Marquez, Valentino Rossi mengaku rivalitas dengan Biaggi merupakan rivalitas ‘favorit’-nya. Uniknya, rivalitas ini sudah terbentuk bahkan saat keduanya belum turun di kelas balap yang sama. Saat sama-sama turun di GP500 dan MotoGP, rivalitas semakin memanas dan keduanya bahkan sempat baku hantam.

2 dari 3 halaman

Sulit Dikendalikan

“Pada masa sekarang, rivalitas semacam saya dan Biaggi bakal sangat sulit dikendalikan. Tapi saya justru lebih suka rivalitas macam itu. Waktu itu segalanya terasa lebih menyenangkan, kami tak perlu memikirkan segala kewajiban (menjaga citra). Kami tak perlu akrab dengan semua orang!” ungkap Rossi.

Di lain sisi, Rossi pun tak memungkiri bahwa rivalitasnya dengan The Roman Emperor menjadi ‘bersejarah’ karena terjadi di era yang sangat berbeda. Menurutnya, rivalitas di era sekarang justru lebih baik tak dibahas sampai berlarut-larut demi menghindari polemik lebih jauh.

3 dari 3 halaman

Sangat Berbeda

“Saya memang punya rivalitas yang sengit dengan Biaggi. Tapi masa, era dan keadaan dunia saat itu sangat berbeda. Anda bisa saja punya rivalitas dengan siapa pun yang ada di MotoGP. Tapi kini kecerdasan adalah yang terpenting. Kini berpura-pura akrab dengan semua orang jadi menghemat waktu,” tutur Rossi.

Sumber: Bola.net 

Saksikan video pilihan di bawah ini