Anjloknya Saham Perusahaan Sandiaga Setelah Quick Count

Jakarta – Hasil quick count itu sepertinya cukup mempengaruhi beberapa saham secara spesifik. Terlebih bagi saham-saham yang berkaitan bagi orang-orang penting di kedua belah kubu. Seperti saham perusahaan Sandiaga, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), perusahaan milik cawapres nomor 02 Sandiaga Uno, yang sempat anjlok, Kamis (18/4/2019).

Saham emiten berkode SRTG ini sempat turun ke level Rp 3.400 atau anjlok 11% dari penutupan sebelumnya Rp 3.840.

Setelah itu saham SRTG kembali menguat, meskipun masih berada di zona merah. Hingga berita ini diturunkan saham SRTG telah anjlok hampir 6% ke posisi Rp 3.610 dan bergerak ke 5,47% dengan posisi Rp 3.630.

Selain itu berita terpopuler lainnya masih seputar saham perusahaan Sandiaga, Saratoga, yang bergerak bak roller coaster. Berikut 5 berita terpopuler detikFinance Kamis (18/4/2019).

(hns/dna)

Kalah Hitung Cepat, Saham Perusahaan Sandiaga Anjlok

Jakarta – Pemilihan umum telah dilakukan. Meski hasil perhitungan manual KPU belum keluar, namun sudah banyak bertebaran hasil quick count yang dikeluarkan berbagai lembaga survei.

Hampir seluruh hasil quick count lembaga survei menunjukkan kemenangan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hasil quick count itu sepertinya cukup mempengaruhi beberapa saham secara spesifik. Terlebih bagi saham-saham yang berkaitan bagi orang-orang penting di kedua belah kubu.

Seperti saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) yang hari ini anjlok cukup dalam. SRTG sempat turun ke level Rp 3.400 atau anjlok 11% dari penutupan sebelumnya Rp 3.840.

Setelah itu saham SRTG kembali menguat, meskipun masih berada di zona merah. Hingga berita ini diturunkan saham SRTG telah anjlok hampir 6% ke posisi Rp 3.610 dan bergerak ke 5,47% dengan posisi Rp 3.630.

Seperti diketahui Sandiaga Uno calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto merupakan salah satu pemilik dan pendiri dari perusahaan investasi ini. Sandi sudah beberapa kali menjual kepemilikan sahamnya di SRTG dan diakuinya untuk dana kampanye.

Terakhir kali Sandi jual saham SRTG totalnya 19 juta lembar di bulan April 2019. Seluruh penjualan saham SRTG itu dilakukan di harga Rp 3.775 per lembar saham. Jika dihitung maka total dana yang didapat Sandi sebanyak Rp 71,7 miliar.

Jumlah saham SRTG yang dimiliki Sandi pun kembali berkurang. Sebelum transaksi-transaksi itu dia memiliki 605.365.429 lembar saham atau 22,3138%, kemudian berkurang menjadi 586.365.429 lembar saham atau setara 21,6134%.

Sandi sebelumnya juga sudah berkali-kali menjual saham Saratoga. Nilai saham yang dilepas dari Oktober 2018 hingga Maret 2019 mencapai Rp 561,7 miliar atau setengah triliun lebih.

(das/fdl)

Khusus untuk Donor, Perusahaan Ini Ciptakan Mesin Pemerah Sperma

Jakarta – Faktor kenyamanan kerap menjadi kendala bagi donor sperma dalam mengumpulkan donasinya. Sebuah perusahaan di China memahami hal itu dan menciptakan mesin pemerah sperma dengan berbagai keunikannya.

Alat yang dibanderol harga sekitar Rp 91 juta ini berbentuk mesin dengan sebuah corong untuk memasukkan Mr P. Ketinggian alat bisa diatur sesuai kenyamanan, demikian juga gerakannya bisa disesuaikan.

Bagi yang susah terangsang, disediakan pula layar kecil di bagian atasnya. Tidak disebutkan apa fungsinya, tapi kira-kira tahu sendiri lah ya?

Menurut penciptanya, alat ini dirancang untuk mengatasi keengganan para pria menjadi donor sperma. Salah satu alasan mereka enggan menjadi donor adalah ketidaknyamanan mengumpulkan sperma di rumah sakit.

Mesin pemerah spermaMesin pemerah sperma Foto: Reuters

“Rumah sakit umumnya menggunakan masturbasi sebagai metode pengumpulan sperma tanpa memberikan tempat maupun peralatan,” kata Din Guijiang kepada Reuters, dikutip dari The Sun.

The Jiangsu Sanwe Medical Science and Tech Center, perusahaan yang membuatnya, disebut telah menjual sekitar 10 ribu unit alat ini tiap tahun. Pertama kali diperkenalkan pada 2014, kini telah dipasarkan hingga ke Amerika Serikat, Jerman, Russia, dan Prancis.

China sendiri tengah menghadapi kelangkaan donor sperma. Pada 2015, dua klinik disebut menawarkan hadiah seharga iPhone 6s untuk calon donor yang berkenan untuk datang.

(up/up)

BRI Dukung BEI Capai Target Perusahaan yang Lakukan IPO

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) beserta perusahaan anak yang tergabung dalam BRI Group bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar Workshop Go Public Bersama BRI Group: “Akselerasi Pertumbuhan Berkelanjutan Perusahaan Melalui IPO Saham”, di Main Hall Gedung BEI, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019). Kegiatan ini bertujuan mendukung perusahaan di Indonesia untuk lebih maju dengan cara pendanaan, baik pendanaan perbankan maupun pasar modal.

Direktur Ritel dan Menengah Bank BRI, Supari, mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut juga bertujuan untuk mendukung program BEI dalam meningkatkan jumlah perusahaan tercatat di lantai bursa. Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang menargetkan jumlah perusahaan yang melakukan Penawaran Umun Perdana (Initial Public Offering/IPO) sebanyak 75 perusahaan pada 2019.

“Dengan adanya acara ini, kami harap dapat meningkatkan awareness mengenai manfaat Go Public, khususnya bagi debitur yang belum Go Public. Disamping itu, Bank BRI berupaya untuk memberikan added value terkait pelayanan pasar modal yang dapat diberikan BRI Group kepada nasabah melalui kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI),” ucapnya.

Pihak manajemen BEI pun mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Go Public Bersama BRI Group tersebut.

“Kami kemas one-on-one meeting, untuk memberikan layanan yang lebih private ke bapak ibu sekalian. Kami ada 36 Go Public workshop. Terima kasih bank BRI bersedia memfasilitasi ini,” ujar Direktur Penilaian BEI, I Nyoman Gede Yetna.

Sebagai informasi, dari tujuh perusahaan anak yang dimiliki Bank BRI, BRI Syariah telah melakukan Initial Public Offering (IPO) pada Mei 2018. Terbukti, kinerja BRI Syariah semakin meningkat setelah IPO. Berdasarkan laporan keuangan per 2018, BRI Syariah berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 106,6 miliar, naik dari laba tahun sebelumnya sebesar Rp 101 miliar. Sementara itu, untuk aset tumbuh sebesar 20,20 persen menjadi Rp 37,91 di triliun pada akhir 2018.

(*)

7 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Suatu Perusahaan

Fungsi manajemen sumber daya manusia selanjutnya adalah pemberian kompensasi. Fungsi ini berurusan dengan kompensasi atas kinerja yang telah diberikan oleh para SDM yang juga berkaitan dengan kepuasan atau keuntungan yang diterima perusahaan. Kompensasi dapat meliputi gaji pokok, bonus, insentif, asuransi kesehatan, cuti, hingga dana pensiun.

Dapartemen sumber daya manusia memiliki kewajiban membuat struktur gaji yang baik, sementara pihak manajer memiliki bertugas melakukan pemberian gaji. Keduanya harus memiliki koordinasi yang baik agar pemberian kompensasi sesuai dengan keputusan bersama dan UU yang berlaku.

Pemberian kompensasi ditujukan untuk membangun suasana yang kompetitif di antara karyawan pada perusahaan yang bersifat adil dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

10 Perusahaan Raksasa yang Terancam Brexit

Jakarta – Problematika Brexit dalam sektor bisnis tak hanya berdampak pada Inggris sendiri, namun juga terhadap bisnis di luar Inggris.

Contohnya Jepang, yang beberapa perusahaannya harus menanggung resiko akibat ini. Jepang tak henti mengingatkan Inggris untuk merundingkan kembali langkah ini.

Menurut Jepang, Brexit akan memberi dampak yang serius bagi perdagangan dan investasi. Apabila Inggris tidak mengamankan inisiasinya atas Brexit, perdagangan, investasi, dan bisnis Jepang terpaksa hengkang dari Inggris.

Selain Jepang, perusahaan raksasa dunia lainnya juga memberikan peringatan keras terhadap Inggris. Berikut adalah 10 perusahaan tersebut seperti dikutip dari CNN Business

1. Siemens

Pejabat Siemens mengatakan, reputasi Inggris sebagai lahan bisnis yang menguntungkan mengubahnya menjadi “bahan tertawaan”.

“Sudah cukup. Kesabaran kami sudah habis,” kata Juergen Maier, CEO Siemens Britania Raya.

Kepada anggota parlemen Maier mengatakan bahwa ia kesulitan dalam membuat keputusan yang seimbang dalam investasi. Hal tersebut mempengaruhi kinerja dan daya saing Siemens di Inggris.

Siemens memiliki 15.000 pekerja dan menghasilkan sekitar £ 5 miliar.

2. Easy Jet

Maskapai murah Easy Jet memperingatkan bahwa ketidakpastian Brexit memberi dampak pada berkurangnya pembelian tiket untuk penerbangan di Eropa. Masalah serius ini terancam berlanjut selama musim panas.

Easy Jet mengalami kerugian besar senilai £ 275 juta (US$ 359 juta) selama 6 bulan yang berakhir pada 31 Maret.

3. Citigroup

Pada bulan Januari, CEO Citigroup, Michael Corbat mengatakan kepada Bloomberg bahwa Citi terpaksa memindahkan asetnya ke luar dari London jika bank di Inggris ini tak lagi bisa membuka layanan di Eropa.

Berdasarkan data konsultan keuangan Ernst and Young (EY), perusahaan jasa keuangan ini telah mengumumkan rencananya untuk memindahkan aset senilai £ 1 triliun (US$ 1,3 triliun) ke Uni Eropa. Sebanyak 7.000 pekerja juga diperkirakan akan pindah.

4. Airbus

Pada bulan Januari, CEO European Planemaker Airbus menyampaikan bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa secara tidak teratur ini dapat menyebabkan Airbus memindahkan investasinya jauh dari Inggris.

Dengan jumlah pegawai sebanyak 14.000 orang di Inggris, tidak menjamin perusahaan tersebut akan bertahan.

“Sektor penerbangan di Inggris kini ada di ujung tanduk. Jika Brexit tak ada kejelasan, kami harus membuat keputusan yang sangat berbahaya untuk Inggris. Masih banyak negara lain yang dengan senang hati menciptakan kerja sama dengan kami,” jelas Enders.

5. McDonald’s (McD)

Sejumlah bisnis fast food, seperti McD, KFC, Pret a Manger, dan sejumlah supermarket di Inggris memperingatkan pada Januari bahwa kasus Brexit akan memberi dampak yang cukup signifikan terhadap rantai pasokan mereka.

Apabila Brexit terjadi tanpa ada perjanjian yang melindungi perdagangan di Eropa, mereka tak akan mampu bertahan.

“Walaupun kami dan pemasok telah bekerja sama dengan sangat baik, tak mengurangi semua risiko terhadap pasokan bahan kami,” kata McD dan perusaan fast food lainnya.

6. Sony

Perusahaan besar asal Jepang yang bergerak dalam bidang teknologi ini memutuskan akan memindahkan bisnisnya ke Amsterdam menggantikan basis legalnya yang terletak di London. Hal tersebut sepenuhnya dampak dari Brexit.

Juru bicara Sony mengatakan pada Januari lalu, keputusan mereka tersebut adalah hal yang terbaik bagi mereka jika tak ada kesepakatan baik yang tercapai.

Keputusan Sony ini mengikuti keputusan serupa Panasonic Jepang yang telah memindahkan “markas” bisnisnya dari Inggris ke Belanda.

Panasonic mengambil langkah berikut demi mengatasi pembatasan saluran tenaga kerja dan pasokan produk antara Inggris dengan negara lain.

8. Ford

Inggris sebagai negara ketiga di dunia dengan pasar yang terbesar tak membuat Ford menghentikan langkahnya untuk berhenti membuat mobil di negara tersebut.

Produsen mobil asal AS ini mengatakan pada Januari lalu bahwa Brexit menelan biaya US$ 800 juta juga di tahun 2019. Hal tersebut akan menyebabkan adanya tarif baru dan penurunan nilai terhadap pound Inggris.

Jika tak ada kesepakatan baik dalam Brexit, Ford akan mengambil langkah dalam operasinya di Inggris, demikian yang dikatakan Steven Armstrong, CEO Ford dikutip dari Sky News.

“Kita akan mengambil langkah untuk melindungi seluruh bisnis,” tambah Armstrong kepada Sky News.

9. BMW

BMW, perusahaan mobil asal Jerman yang mengandalkan sumber pasokan global khawatir Brexit akan mencegah pabriknya beroperasi. Keberlangsungan pabrik BMW di Inggris akan terancam.

“Jika kita tidak lagi memiliki perserikatan, sektor manufaktur di Inggris terancam punah,” tutur Presiden Konfederasi Industri Inggris, Paul Drechsler (06/18).

Perlu diketahui, sektor manufaktur mobil di Inggris memiliki pekerja sejumlah 186.000 orang menurut data Society of Motor Manufacters and Traders.

10. Schaeffler

Dikutip lagi dari CNN, pemasok industri otomotif dan pesawat asal Jerman, Schaeffler menutup dua pabriknya di Britania Raya (11/18).

Pabrik yang ditutup berlokasi di Llanelli, Wales dan di Plymouth, Inggris barat daya.

(zlf/zlf)

Najib Razak Jalani Sidang Tuduhan Korupsi Anak Perusahaan 1MDB Hari Ini

Liputan6.com, Kuala Lumpur – Mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak, akan menjalani sidang pertamanya sebagai terdakwa terkait bagian skandal megakorupsi badan dana investasi negara 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB hari ini, Rabu 3 April 2019 waktu lokal.

Najib didakwa dengan tujuh pelanggaran pidana kepercayaan, penyalahgunaan kekuasaan, dan pencucian uang atas dugaan transfer 42 juta ringgit (setara Rp 146 miliar) ke rekening banknya dari SRC International, salah satu anak perusahaan 1MDB.

Seperti dilaporkan oleh The Edge Market, Rabu (3/4/2019), batang hidung Najib belum tampak di meja hijau, namun dipahami bahwa dua bus yang membawa pendukungnya telah terparkir di masjid di seberang kompleks pengadilan Kuala Lumpur.

Anggota tim pengacara Najib, Sulaiman Abdullah juga dikabarkan telah tiba di kompleks persidangan sekitar pukul 12.30 waktu lokal.

Proses persidangan kemungkinan akan dibuka dengan pengacara utama Najib Razak, Tan Sri Muhammad Shafee Abdullah menunjuk pada aplikasi peninjauan kembali yang diajukan pihaknya pada 1 April 2019 kemarin lusa.

Aplikasi itu berisi banding atas keputusan pencabutan usulan penundaan sidang yang ditetapkan oleh tujuh orang panel dari Pengadilan Federal pada 27 Maret 2019.

Peninjauan kembali dan mekanisme banding pra-peradilan telah menjadi amunisi utama yang digunakan oleh tim pengacara Najib sejak Februari 2019, guna mengulur-ulur waktu kliennya dari duduk di kursi pesakitan. Awalnya direncakan berlangsung pada 12 Februari, persidangan Najib Razak ditunda karena naik banding atas masalah prosedural.

Hakim Mohd Nazlan Mohd Ghazali mungkin kemudian harus memutuskan apakah akan melanjutkan persidangan kasus ini atau menunggu pengadilan puncak besok.

Namun, jika persidangan berlangsung hari ini, Jaksa Agung Tommy Thomas diharapkan membaca pernyataan pembukaan persidangan dan kemudian memanggil saksi pertama –menandai awal sidang Najib Razak sebagai terdakwa penyelewengan transfer dana SRC International.

Sebelumnya, Jaksa Senior Gopal Sri Ram memberi tahu pengadilan bahwa Ketua Hakim Malaya Zaharah Ibrahim telah setuju untuk memprioritaskan kasus SRC International daripada kasus 1MDB.

Pengadilan memutuskan bahwa persidangan 1MDB akan dimulai pada bulan Mei, tergantung pada jadwal kasus SRC International.

Pengadilan terkait SRC International adalah yang pertama dari empat persidangan yang akan dihadapi oleh Najib Razak, di mana ia telah dijerat dengan total 42 tuduhan korupsi dan pencucian uang.

1MDB sekarang sedang ditutup setelah menimbulkan hutang yang melumpuhkan hingga 51 miliar rinnggit, dengan dugaan US$ 4,5 miliar disedot dari rekeningnya.

Simak video pilihan berikut:

Mantan perdana menteri Najib Razak, terdakwa kasus megakorupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB, mengunggah sebuah twit yang berisi permohonan maaf, pada Selasa 3 Juli 2018.

Perusahaan Ini Siap Bayar Rp 14 Juta untuk Nonton 20 Film Marvel, Tertarik?

Tidak hanya itu saja, para movie-watcher juga akan menerima setiap fil Marvel Cinematic Universe dengan kualitas Blue-Ray dan juga akan mendapatkan “Marvel Marathon Survival Kit,”.

Marvel Marathon Survival Kit ini terdiri dari semua kebutuhan menonton seperti popper popcorn Captain America, popcorn kernel dan sebuah Thanos Infinity Gauntlet mug, Iron Man snuggie, serta kartu voucher GrubHub seharga USD 100 atau Rp 1,42 juta.

Film-film Marvel ini akan ditonton secara tiga fase, dimulai dari “Iron Man” 2008 di fase 1 dan berakhir dengan “Ant-Man and the Wasp” 2018 di fase 3.

Namun untuk menjadi salah satu binge-watcher, CableTV.com memberikan beberapa persayaratan khusus yaitu harus memiliki kepribadian media sosial yang aktif dan ramah setiap menonton film Marvel Cinematic Universe. Selain itu, mereka juga harus mengupdate melalui twitter apa saja yang mereka lakukan selama menonton.

Adapun batas waktu untuk melamar posisi ini hingga 15 April 2019.

KPK: Uang Suap untuk Bowo Sidik Bukan Hanya dari Satu Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan uang Rp 8 miliar yang ditemukan dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso bukan hanya dari satu perusahaan.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, uang yang akan digunakan oleh Bowo untuk ‘serangan fajar’ Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ini diterima Bowo tak hanya dari PT. Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK).

PT HTK sendiri merupakan anak usaha dari PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS). Sekitar 99,9 persen saham PT HTK dimiliki PT HITS. Sementara PT HITS salah satu unit bisnis Humpuss Grup, perusahaan milik Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara ini (uangnya) tidak semuanya dari PT HTK. Nanti dari mana saja masih dalam pengembangan,” ujar Basaria di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Basaria meyakini ada perusahaan atau pihak lainnya yang ikut menyuap Bowo. Menurut Basaria, total uang yang diterima oleh Bowo dari PT Humpuss sekitar Rp 1,3 miliar.

“Ada penerimaan-penerimaan lain. Tapi sudah barang tentu belum bisa kami informasikan sekarang. Nanti besok atau lusa,” Basaria menambahkan.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan bahwa uang Rp 8 miliar yang dimiliki Bowo berasal dari berbagai sumber. Maka dari itu, KPK menjerat Bowo dengan pasal suap dan gratifikasi.

“Jadi ada beberapa sumber uangnya. Makanya di gunakan Pasal 12 B (Pasal gratifikasi). Jadi dikenakan dua pasal, pasal suap dan gratifikasi,” kata Febri.

Menristekdikti Ajak Perusahaan Teknologi Berkolaborasi dengan Kampus

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir turut meresmikan pusat pengembangan AI hasil kolaborasi Tokopedia dan Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di Gedung Baru Fasilkom, Kampus UI Depok.

Nasir mengatakan, dirinya sangat senang dengan kolaborasi antara perusahaan teknologi dengan perguruan tinggi. Pasalnya, tanpa adanya kolaborasi, perguruan tinggi dan industri akan mengalami kesenjangan antara lulusan dengan penggunanya, dalam hal ini adalah perusahaan.

“Perguruan tinggi ke depannya bisa berkolaborasi dengan industri, termasuk perusahaan teknologi sebagai user. Oleh karenaya saya senang sekali dengan MoU antara user yakni Tokopedia dengan Fasilkom Universitas Indonesia dalam bentuk AI Center of Excellence,” tutur Nasir di Kampus UI Depok, Kamis (28/3/2019).

Dengan pusat pengembangan AI kolaboratif ini, nantinya lulusan Fasilkom UI bisa mempelajari tentang kemampuan teknologi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Guru besar bidang akuntansi Universitas Diponegoro ini berharap agar kolaborasi antara perguruan tinggi dan perusahaan teknologi bisa dilakukan secara masif. Dengan demikian, di kemudian hari, Indonesia tidak akan mengalami kesulitan terkait sumber daya manusia.

“Sekarang masalahnya para startup itu kesulitan mencari sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada industri dalam hal ini Tokopedia bersama UI yang melakukan kolaborasi,” kata Nasir.

Nasir juga berharap agar perguruan tinggi yang berkolaborasi dengan perusahaan teknologi bukan hanya UI tetapi juga kampus lainnya.

“Kalau bisa lakukan hal yang sama, secara masif dalam skala nasional. Jika ini dilakukan bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi,” ujar dia.

Nasir juga menyebut, tugas pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) salah satunya adalah mengajukan RUU Sistem Inovasi Nasional Riset dan Teknologi kepada DPR.

Salah satu isinya adalah mengatur tentang riset yang harus berbasis pada kebutuhan industri, sehingga riset bisa tepat sasaran sesuai kebutuhan industri.