Pemkot Bandung Masih Godok Aturan PPDB 2019 90 Persen Zonasi

Bandung – Pemkot Bandung tengah menggodok kembali perubahan aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sesuai Permendikbud No 51 Tahun 2018. Di mana, untuk tahun ini tidak ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Tahun 2019, sekolah wajib menerapkan PPDB berbasis zonasi untuk 90 persen dari siswa baru.

“Jadi memang ada beberapa hal yang berubah sesuai dengan Permendikbud itu. Maka ada beberapa hal yang harus disikapi secara objektif dan responsif,” ujar Plt Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Selasa (22/1/2019).

Terkait hal itu, Ema sudah meminta Disdik Kota Bandung untuk mendalaminya. Sebab Permendikbud tersebut berisi aturan zonasi, siswa berprestasi hingga orang tua wali yang pindah alamat dengan alasan pekerjaan.

Menurut Ema, hal-hal yang ada dalam Permendikbud tersebut harus segera disikapi sebelum merumuskannya menjadi peraturan di tingkat daerah sesuai dengan pengalaman PPDB tahun 2018 lalu.

“Kondisi eksisting di Bandung itu tidak selalu posisi ideal. Selalu sekolah favorit dipilihnya, harus antisipasi dan harus objektif. Aturan dari pusat pasti berlakukan. Namun hal yang tidak terakomodir atau tidak ideal juga harus diselesaikan,” ujarnya.

Terpisah, Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana berharap PPDB 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga perlu pembahasan Permendikbud sebelum membuat Peraturan Wali Kota (Perwal).

“Kemarin kan baru menyamakan persepsi. Kita masih kaji poin-poin yang akan direvisi dalam Perwal,” katanya.

Sementara itu ditemui terpisah, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan untuk sistem zonasi akan ada perbedaan bagi sekolah yang berada di pusat kota.

“Nanti saya akan rapatkan karena ada beberapa sekolah di pusat kota, apabila pakai zonasi bakal saeutik muridna. Jadi kebijakannya harus khusus,” katanya.

Perlu diketahui, PPDB tahun ini akan dilaksanakan tiga jalur yaitu zonasi (kuota minimal 90 persen), prestasi (kuota maksimal 5 persen) dan jalur perpindahan orang tua dengan (kuota maksimal 5 persen).

Ada beberapa peraturan baru pada PPDB 2019 sesuai Permendikbud No 51 Tahun 2018. Di antaranya penghapusan syarat SKTM. Bagi siswa tidak mampu tetap menggunakan jalur zonasi ditambah dengan program pemerintah untuk keluarga tidak mampu.

Selain itu, pengaturan domisili juga berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini, domisili berdasarkan alamat Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan minimal 1 tahun sebelumnya, bukan 6 bulan sebelumnya seperti tahun lalu.

Setiap sekolah juga wajib mengumumkan daya tampung kelas sesuai dengan data rombongan belajar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Permendikbud sebelumnya belum mengatur secara detil perihal daya tampung ini.

Terakhir, pada PPDB tahun ini sekolah wajib memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili sesuai dengan zonasi yang sama dengan sekolah asal. Hal ini untuk mengantisipasi surat domisili palsu yang dibuat jelang pelaksanaan PPDB.
(tro/ern)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf soal Ekonomi Syariah: Ibarat Bus Banyak Tapi Penumpang Sedikit

Nganjuk – Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin bicara tentang ekonomi syariah di hadapan para santri dan kiai di Nganjuk, Jawa Timur. Ma’ruf menyebut ada pelaku usaha yang tidak mengerti ekonomi syariah.

“Orang mengatakan ekonomi syariah, ibarat bus banyak tapi penumpang sedikit, lembaga banyak tapi pelaku usaha sedikit karena yang ngerti sedikit. Supaya penumpangnya banyak, perlu ditumbuhkan kewirausahaan salah satunya membangun Gus Iwan (Santri Bagus Rupawan, Seneng Ngaji, dan Wirausahawan) di mana-di mana,” ucap Ma’ruf dalam acara bertema ‘Arus Baru Ekonomi Umat, Masa Depan UMKM dan Koperasi Syariah’ di Wisma Koperasi, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Ma’ruf Amin lalu menawarkan sejumlah program untuk memberdayakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi umat. Dia menawarkan tiga program yang ingin dijalankan jika terpilih menjadi wakil presiden.

“Yang paling fundamental adalah mendorong kemauan masyarakat untuk terjun dalam wirausahawan. Kedua, pemerintah akan mengeluarkan regulasi yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi umat,” kata Ma’ruf.

Ketiga, lanjut Ma’ruf, pihaknya juga akan mendorong para konglemerat agar mau berkolaborasi dengan masyarakat ekonomi bawah. Khusus untuk program ketiga, Ma’ruf menegaskan bukan untuk membenturkan pihak ekonomi kuat dengan yang lemah.

“Perlu ada perubahan pembangunan ekonomi nasional, tidak dari atas tapi dari bawah. Pembangunan ekonomi umat, pemberdayaan ekonomi umat. Kalau ingin bangsa ini kuat, umat harus kuat. Kalau umat lemah, bangsa lemah,” ucap dia.

Ketua Dewan Bank Syariah ini mengklaim bisa menumbuhkan ekonomi syariah yang menurutnya selama ini rendah di Indonesia. Padahal, banyak masyarakat yang membutuhkan ruang ekonomi syariah namun tidak memiliki akses yang banyak.

“Maka perlu dibangunkan usahawan yang bersyariah. Santri yang membakar ekonomi syariah supaya pangsa pasarnya menjadi luas,” tandas Ma’ruf.

Dalam acara dialog ini, sejumlah kelompok masyarakat dan ormas agama mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf. Adapun yang mendeklarasikan dukungan yakni Forum Kiai dan Santri Kabupaten Nganjuk.
(fai/zak)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Fungsi Partai Politik di Indonesia sebagai Negara Demokrasi

Liputan6.com, Jakarta Partai politik merupakan sebuah organisasi yang menjalani sebuah ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan umum. Partai politik dapat juga dikatakan suatu kelompok yang telah teroganisir dengan anggota-anggotanya yang mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama.

Partai politik juga bisa didefinisikan sebagai perkumpulan yang memiliki asas yang sama, sehaluan di bidang politik, baik yang berdasarkan partai kader atau struktur kepartaian yang dimonopoli oleh sekelompok anggota partai yang terkemuka. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara konstitusional, untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka. Jadi bisa dikatakan, fungsi partai politik adalah sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas.

2 dari 4 halaman

Partai Politik di Indonesia

Partai politik di Indonesia sendiri adalah organisasi yang sifatnya nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga Indonesia secara sekarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara. Selain itu, untuk memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pengertian ini tercantum di dalam Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang No. 2 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

Nah, untuk melakukan Pemilihan Umum, partai politik sendiri wajib memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh Undang-undang. Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum akan melakukan proses verifikasi. Proses verifikasi sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Melalui definisi yang telah dijelaskan tersebut, dapat dilihat bahwa tujuan dari dibentuknya partai politik adalah untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara, serta memelihara keutuhan Negara Indonesia.

Di samping itu, fungsi partai politik sebagai pilar demokrasi juga perlu ditata dan disempurnakan dengan diarahkan pada dua hal utama, seperti yang dijelaskan di Penjelasan Umum Undang-undang 2/2011.

Indonesia sebagai Negara demokrasi selalu menyimpan berbagai masalah mulai dari perbedaan dan persaingan. Masalah seperti itu tidak dapat dipungkiri juga menyerang negara-negara di dunia yang menganut sistem demokrasi.

Oleh karena itu, partai politik dengan segala perannya, mulai dari menjadi perantara antara masyarakat dan pemerintah, sebagai sarana partisipasi politik, pengatur konflik, hingga kontrol atas kebijakan-kebijakan pemerintah, dapat melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan untuk mencapai keseimbangan dalam menjalankan segala kegiatan politik dalam berbangsa dan bernegara.

Nah, partai politik sendiri memiliki beberapa fungsi khususnya di dalam Negara demokrasi. Berikut Liputan6.com, akan mengulas fungsi partai politik di dalam Negara demokrasi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

3 dari 4 halaman

Politik sebagai sarana sosialisasi dan membangun komunitas

1. Sarana Komunitas Politik

Dalam sistem demokrasi yang dimiliki seperti Indonesia ini, fungsi partai politik adalah untuk menyalurkan berbagai macam suara maupun aspirasi masyarakat agar sampai ke pemerintah.

Selain itu, partai politik juga berfungsi untuk menyebarluaskan keputusan dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Maka dalam hal ini fungsi partai politik berperan sebagai perantara antara pemerintah dan masyarakat.

Jika partai politik tidak berfungsi demikian, maka akan terjadi ketimpangan dan penyalahgunaan partai politik untuk kepentingan kelompok maupun golongan.

2. Sarana Sosialisasi Politik

Partai politik juga berperan sebagai sarana sosialisasi politik. Di dalam ilmu politik, sosialisasi politik diartikan sebagai proses dimana seseorang memperoleh sikap dan orientasi terhadap fenomena politik, yang umumnya berlaku dalam masyarakat di mana ia berada. Sosialisasi politik dapat membentuk budaya politik suatu negara. 

3. Sarana Rekrutmen Politik

Fungsi partai politik lainnya adalah sebagai wadah untuk menampung dan penyeleksian kader-kader politik yang nantinya akan meneruskan kepemimpinan suatu pemerintahan dengan jabatan tertentu.

Partai politik memperluas perannya dalam membuka kesempatan bagi warga negara untuk turut serta berpartisipasi politik dalam suatu negara. Partai politik senantiasa melahirkan kader-kader yang potensial dalam setiap perkembangannya dalam persaingan perpolitikan. Hal itu dilakukan dengan merekrut anggota-anggota muda yang berbakat dan memberikan pembekalan kader-kader muda.

4 dari 4 halaman

Politik sebagai sarana berpartisipasi dan pengatur konflik

4. Sarana Pengatur Konflik

Dalam suatu negara demokrasi seperti Indonesia, perbedaan pendapat tentunya menjadi hal yang wajar. Ragam suku, etnis, budaya, status sosial, dan lain-lain tentunya tidak jarang menimbulkan  berbagai permasalahan yang dapat mengancam persatuan bangsa, maka dari itu partai politik dituntut untuk dapat mengatasi masalah-masalah tersebut, minimal dapat meredakan dan menjadi penengah antara pihak yang bertikai. 

Perbedaan dan persaingan ini selalu menjadi hal yang harus ditangani partai politik sebagai wujud perdamaian politik suatu negara. Fungsi partai politik harus mampu menciptakan suasana harmonis diantara kalangan masyarakat serta mencontohkan persaingan-persaingan sehat dalam mencapai tujuan.

5. Sarana Kontrol Politik

Fungsi partai politik di Negara demokrasi seperti ini adalah untuk membantu mengingatkan dan meluruskan kebijakan-kebijakan pemerintah. Karena dalam menetapkan keputusan-keputusan maupun kebijakam terkadang terjadi kesalahan maupun kekeliruan yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Disinilah fungsi partai politik sangat dibutuhkan. Kontrol kebijakan dilakukan untuk membatasi kesewenang-wenangan pemerintah yang dapat merugikan rakyat. Selain itu, partai politik juga melakukan pengawasan serta pertinjauan terhadap pelaksanaan jalannya kepemerintahan agar dapat berjalan baik sebagaimana mestinya.

6. Sarana Pertisipasi Politik

Partai politik berfungsi untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah. Hal tersebut dikarenakan partai politik menerima dan menampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan nasional. 

Negara dengan sistem demokrasi tentunya membutuhkan peran partai politik sebagai penampung suara masyarakat untuk disalurkan kepada pemerintah. Tanpa adanya partisipasi ataupun keterlibatan partai poltik, kebijakan-kebijakn yang dibuat pemerintah tentunya tidak dapat di ubah jika tidak sesuai dengan kondisi masyarakat.

Reporter: Nisa Mutia sari

Meluncur Tanpa Seremonial, Lexus LX 570 Sport Coba Peruntungan di Segmen SUV Mewah

Liputan6.com, Jakarta – Mengawali tahun baru, merek mewah Toyota di Indonesia, Lexus resmi menghadirkan LX 570 Sport. Desain terbaru dari mobil ini, semakin mencerminkan karakter yang powerfull, prestigious, dan elegant dari sebuah SUV premium.

Penyegaran dari Lexus LX 5700 Sport yang signifikan, terdapat pada bagian signature spindle grille sport yang didesain oleh para Takumi Lexus (Lexus Craftsman).

Selain itu, perubahan juga terdapat pada bumper depan dan belakang yang dilengkapi dengan diffuser untuk meningkatkan aerodinamika berkendara. Kesan elegan makin ditunjang dengan pelek dual-tone berukuran 21 inci, dan kaca spion dengan cover hitam, serta sentuhan aksen krom, dan ornamen sporty yang mewah di bagian dalam interior dengan kehadiran Aluminum Sport Pedals.

Untuk wajah LX 570 Sport juga dilengkapi lampu 3-LED untuk headlamps, dan L-Shaped Daytime Running Lights.

“Tahun ini, kami membawa perubahan lain untuk Lexus LX, dengan menghadirkan The New LX 570 Sport yang membawa tampilan kuat dan muscular. Model ini dihadirkan untuk semakin memancarkan power dan elegance, dengan sentuhan desain khas Lexus,” jelas GM lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Jantung penggerak Lexus LX 570 Sport ini masih dipersenjatai mesin V8 berkapasitas 5.700 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 362 Tk. Mesin berkapasitas besar ini, didukung oleh transmisi otomatis delapan percepatan yang didampingi fitur crawl control yang dapat mengendalikan gas, rem, dan transmisi sehingga pengemudi hanya perlu fokus pada manuver setir.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kemewahan interior LX 570 SPORT dilengkapi oleh ruang kabin yang luas, serta tempat duduk lebar yang terbalut kulit semi-aniline yang lembut. Sistem hiburannya, terdapat 19-speaker Mark Levinson Premium Audio System, dan 12,3 inch Center Screen Display, dan 11,6 inch Dual Rear Seat Entertainment.

Mendukung kenyamanan dalam berkendara, Lexus LX 570 Sport dilengkapi dengan Colored Head-Up Display terbesar di kelasnya, dan untuk menjamin konektivitas tak terhenti, Lexus LX 570 SPORT dilengkapi dengan Wireless Charger di bagian penumpang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sandiaga Nyeker Lintasi Jalan Becek saat Temui Petani di Bekasi

Bekasi – Cawapres Sandiaga Uno tak menggunakan alas kaki alias nyeker melintasi jalanan becek saat menemui petani di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dia pun berjanji bakal memperhatikan nasib para petani jika terpilih nantinya.

Peristiwa itu terjadi saat Sandiaga datang ke Desa Kedung Jaya, Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019). Lokasi pertemuan itu berada di tengah sawah dan saat itu kondisi sedang hujan.

Sandiaga pun terlihat menggulung melepas alas kaki dan menggulung celananya. Sandi terlihat berjalan sambil menyalami warga.
“Kita akan pastikan pupuk, bibit, obat-obatan cukup dan ke depan kita bangun infrastruktur irigasi, kita perhatikan dan kita tak akan mendukung kebijakan impor panen,” kata Sandiaga dalam pertemuan itu.

Dia juga berjanji untuk melakukan perubahan ekonomi. Sandiaga menyatakan bakal mempertahankan lahan pertanian di Bekasi.

“Insyaallah di bawah Prabowo-Sandi kita buka lapangan kerja untuk anak muda, kita beri pelatihan, peluang untuk maju. Anak muda, emak-emak kita dorong ekonominya ke depan. Harga murah atau mahal? Yang penting dompet dan dapur rakyat harus nomor satu. Kalau presiden nomor…?” Ucap Sandiaga.

“Dua,” sahut para warga.

Sandiaga juga berharap warga bisa memuluskan jalannya menuju kursi Wakil Presiden RI. Dia menekankan harus ada perubahan dari sektor pertanian khususnya mengurangi impor saat panen.

“Jangan sampai kita percaya pada petani dari luar negeri, insyaallah 17 April kita menangkan petani kita,” kata Sandiaga.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pakde Karwo ‘Sentil’ Wabup Trenggalek Nur Arifin karena Bolos Kerja

Surabaya – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengirimkan surat teguran kepada Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek yang dilaporkan telah meninggalkan pekerjaannya selama 10 hari tanpa ada alasan yang jelas.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengatakan, dia segera membalas surat dari Emil Elestianto Dardak Bupati Trenggalek tentang absennya Wabup Trenggalek Nur Arifin sejak 9 Januari lalu.

“Informasi dari Pak Bupati Trenggalek di suratnya nomor 94/2019 tanggal 19 Januari, Sabtu kemarin, Pak Wakil Bupati tidak ada di tempat dan tidak menjalankan tugas pejabat negara sejak 9 Januari. Kami segera membalas surat itu,” ujarnya.

Pakde Karwo membalas surat itu meminta agar Bupati melaporkan secara rinci berapa lama lagi Wabup akan absen dari tugasnya dan untuk keperluan apa. Hal ini, kata Pakde, akan menjadi bahan laporan ke Menteri Dalam Negeri.

Surat balasan itu, kata Pakde Karwo, juga bersifat teguran kepada Nur Arifin sebagai Wabup Trenggalek.

Berdasarkan Pasal 76 ayat (1) huruf c, Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, pejabat negara yang meninggalkan tugas lebih dari 7 hari harus diberikan teguran atau peringatan.

“Ini surat teguran pertama. Kami akan laporkan ke Mendagri. Nanti kami lihat, kapan bisa masuk. Kalau ternyata masih belum ada perubahan, atau belum kembali menjalankan tugasnya setelah surat teguran pertama, kami keluarkan surat teguran kedua,” ujarnya.

Berdasarkan undang-undang yang sama, surat teguran kedua itu akan disertai dengan kewajiban bagi pejabat negara yang ditegur untuk kembali menjalani sekolah pemerintahan lagi selama tiga bulan.

“Nah, nanti kalau setelah tiga bulan tidak ada perubahan maka akan dilakukan penghentian sementara, atas keputusan Mahkamah Agung,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (21/1/2019).


Baca berita menarik lainnya di Suarasurabaya.net

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan Pihak Imigrasi

Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi terkait kasus bolosnya Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek. Dia diketahui tidak menjalankan tugasnya sebagai pejabat negara selama 10 hari.

Pakde Karwo mengatakan, koordinasi ini akan dilakukan oleh Biro Pemerintahan Pemprov Jatim bila memang terbukti tidak ada izin yang disampaikan oleh yang bersangkutan.

“Kalau memang tidak ada izin, Imigrasi kan pasti tahu ke mana. Nanti akan dikoordinasikan oleh Biro Pemerintahan,” ujarnya ketika ditemui Senin (21/1/2019).

Biro Pemerintahan, kata Pakde Karwo, akan meminta secara resmi catatan Muhammad Nur Arifin yang diketahui beberapa waktu terakhir telah melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Kalau berhubungan dengan imigrasi kan pasti ke luar negeri,” ujar gubernur.

Menurutnya, ini menjadi peringatan bagi semua ASN, bahwa sejak dilantik mereka terikat sumpah menaati peraturan perundang-undangan.

“Harus ada izin,” kata Pakde Karwo. Dia menegaskan, pejabat negara harus mengutamakan atau memprioritaskan pekerjaannya di dalam negeri, di wilayah dia ditugaskan.

Sebagai contoh, Pakde Karwo menyebutkan bagaimana dia membatalkan kunjungannya ke Eropa karena ada kunjungan Presiden ke Jawa Timur.

“Beberapa hari lalu. Saya langsung balik saat itu juga, karena kunjungan presiden lebih penting,” katanya.

Kasus absennya seorang pejabat negara selama lebih dari 7 hari berturut-turut tanpa izin yang dilakukan Wakil Bupati Trenggalek, kata dia, adalah yang pertama kali di Jawa Timur.

Pakde Karwo menyebutkan, kasus yang hampir mirip di Kabupaten Sangihe, di mana pejabat negara diberhentikan sementara karena selama 20 hari menggunakan APBD tanpa izin.

Selain itu, pada Januari 2018 silam, Mendagri mencopot Sri Wahyuni Manalip Bupati Kepulauan Talaud yang melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat tanpa izin kepada Gubernur Sulawesi Utara maupun kepada Mendagri.


Simak video plihan berikut ini:

Sven Mislintat Tinggalkan Arsenal

Liputan6.com, Jakarta Arsenal memastikan Head of Recruitment Sven Mislintat akan pergi mulai 8 Februari 2019 mendatang. Mereka sedang mencari sosok yang tepat untuk menggantikannya.

Meriam London menunjuk Mislintat untuk menjadi juru transfer mereka pada November 2017. Sebelumnya, Mislintat sempat 10 tahun bekerja untuk klub papan atas Bundesliga, Borussia Dortmund. 

Mislintat merupakan salah satu scout paling terkenal di Eropa karena ia berjasa menemukan pemain seperti Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, Shinji Kagawa hingga Ousmane Dembele.

“Sven akan meninggalkan kami pada 8 Februari 2019. Sven telah bersama kami sejak 1 Desember 2017 dan telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam membantu kami merekrut pemain yang sekarang memberikan dampak besar dan akan lebih besar lagi di masa depan,” demikian bunyi pernyataan resmi Arsenal.

“Kami doakan semoga dia sukses di masa depan dan terima kasih atas kerja keras yang luar biasa atas nama Arsenal,”

“Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bisa bekerja untuk klub hebat seperti Arsenal di masa perubahan besar ini. Saya yakin masa depan klub akan cerah dan saya siap menyambut tantangan baru untuk saya,” tutur Mislintat.

2 dari 2 halaman

Calon Pengganti

Selama bekerja untuk Arsenal, Mislintat berjasa besar membantu Arsenal memboyong beberapa pemain seperti Aubameyang, Konstantinos Mavropanos, dan Sokratis Papastathopoulos.

Dua nama mantan pemain Arsenal masuk dalam daftar kandidat pengganti Mislintat. Dua pemain tersebut adalah Marc Overmars dan Edu.

4 Contoh Surat Permohonan Bantuan yang Baik dan Benar

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kamu dihadapkan dengan suatu situasi yang tidak dapat dikerjakan dengan sendiri. Sehingga harus memerlukan bantuan atau pertolongan dari orang lain. 

Agar permohonan tersebut dikabulkan, ada saatnya kamu akan meminta atau memohon bantuan kepada orang lain dan biasanya harus mengajukan surat permohonan.   

Surat permohonan berisi tentang sebuah permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak yang bersangkutan, perseorangan, badan atau lembaga, organisasi, perusahaan atau instansi dan lainnya.

Ada banyak bentuk surat permohonan diantaranya, surat permohonan dana, surat permohonan izin cuti, surat permohonan kerjasama, surat permohonan beasiswa, surat permohonan sponsor dan banyak jenis surat permohonan lainya.

Dalam pembuatan surat permohonan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya identitas serta tujuannya yang harus benar dan jelas. Dalam surat permohonan biasakan ditulis dengan ringkas, singkat, tepat dan mudah untuk dipahami serta kontak yang bisa dihubungi.

Untuk memudahkan dalam memperoleh kepastian tentang diterima atau ditolaknya permohonan anda, maka alangkah baiknya jika dicantumkan batas waktu yang ditentukan untuk menjawab permohonan tersebut.

Setelah mengetahui beberapa hal penting dalam pembuatan surat permohonan Liputan6.com telah rangkum beberapa contoh surat permohonan bantuan yang baik dan benar dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

2 dari 5 halaman

1. Contoh surat permohonan bantuan beasiswa.

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Yogyakarta, 21 Januari 2019

Perihal                : Permohonan Beasiswa

Lampiran            : 1 Berkas

 

Kepada

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Ringroad Selatan, Kasihan, Bantul

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2019/ 2020 yang diumumkan melalui website universitas pada tanggal 1 Januari 2019, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     :  Awan Setiawan

NIM                                        : xxxxxxxxx

Fakultas                                  : Ekonomi dan Bisnis

Jurusan                                   : Ilmu Ekonomi Islam

Semester                                : V (Lima)

Tempat/tanggal lahir            : Bandung, 31 Januari 1992

Alamat                                     : Jalan Melati Putih Gg. Mawar No. 10B Surabaya

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2019/ 2020 tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)3. Foto copy Transkrip nilai Semester 1 – 44. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)6. Surat Pernyataan Tidak sebagai Penerima Beasiswa7. Surat Rekomendaasi dari Dekan bidang Kemahasiswaan8. Foto copy Rekening Listrik 3 bulan terakhir9. Foto copy Rekening PDAM 3 bulan terakhir10. Foto copy Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan12. Foto copy Buku Rekening Tabungan13. Pas Foto 4 x 6 (3 Lembar)Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                                          Hormat saya

 

 

                                                                                                        Awan Setiawan

                                                                                                        NIM. xxxxxxxx

3 dari 5 halaman

2. Contoh surat permohonan bantuan biaya pendidikan

SURAT PERMOHONAN BANTUAN

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Surat Permohonan Bantuan Biaya Pendidikan

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT.PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara

 

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  Nama : PANUTURI PANGGABEAN

Tempat/Tgl.Lahir : Medan

Pendidikan Terakhir : D3 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara

Agama : Islam

Pekerjaan : Mahasiswa

Alamat : Sidomulyo I Balimbingan Pem.Tanah Jawa

Dengan ini mengajukan permohonan Bantuan Biaya Pendidikan kepada Bapak/Ibu, agar sudi kiranya memberikan bantuan. Demikianlah surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

(P.Panggabean)

4 dari 5 halaman

3. Contoh surat permohonan bantuan dana

Nomor        : 221/VI/2017

Lampiran    : 1 Lembar

Perihal        : Permohonan Bantuan Dana

 

Kepada :

Yth. Bapak/Ibu

Di Tempat

 

Assalamualaikum wr.wb.

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya. Yang telah memberikan kita rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka. Semoga kita diberi kesehatan, sehingga bisa beraktivias seperti biasanya.

Seperti yang sudah dibahas pada bulan lalu di Desa Sumber Jaya yang telah disepakati oleh semua warga, bahwa pada bulan depan akan dilaksanankan pembangunan penambahan area Masjid Baitul Mutaqien, maka kami selaku panitia ingin memohon bantuannya kepada Bapak/Ibu sekalia atau semua masyarakat yang ingin menyumbangnya dengan ikhlas.

Adapun rincian yang di butuhkan dalam pembangunan masjid ialah Rp.9.000.000; dengan perkiraan sebagai berikut:

1. Biaya pembelian semen 20 sak   Rp. 1,500,000;

2. Biaya pembelian batu bata 2000 pcs Rp. 5,500,000

3. Biaya tukang  Rp. 2,000,000

Demikian surat permohonan ini kami buat.

Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih. dan semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT, aamiin.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Desa Larangan, 10 Januari 2019

 

Panitia                                                                     Sekretaris

 

 

 

(Hj. Rojak)                                                           (Andi Suherman)

5 dari 5 halaman

4. Contoh surat permohonan bantuan sponsorship

Nomor             : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2017

Lampiran         : 1 (satu) Proposal

Perihal             : Permohonan Sponsorship


Kepada Yth.

Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk

di Tempat

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan. Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan.

Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening              : 1xxxx

Atas Nama                  : RSIxxxx

Nama Bank                 : Bank Muamalat cabang Semarang

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 83416xx (Hunting) Fax. 0251-83xxxx UP. Resty (0xxxxxxxx) atau e-mail: rsxxxxx@gmail.com. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,


dr. Supratman S.E


Direktur Utama


Reporter: Heri Setiawan

Dapat Remisi, Hukuman Pembunuh Wartawan Radar Bali Jadi 20 Tahun Bui

Denpasar – Hukuman penjara seumur hidup I Nyoman Susrama jadi 20 tahun penjara setelah dapat remisi. Susrama adalah otak pembunuh wartawan Radar Bali.

“Yang jelas bukan grasi, itu remisi perubahan hukuman dari pidana seumur hidup menjadi 20 tahun,” kata Kepala Rutan Bangli Made Suwendra ketika dihubungi detikcom, Selasa (22/1/2019).

Suwendra mengatakan pihaknya hanya meneruskan permohonan perubahan remisi hukuman yang diajukan terpidana Suasrama.

“Kita kan boleh mengusulkan. Ini yang mengajukan permohonan yang bersangkutan, kita hanya meneruskan,” tuturnya.
Salah satu pertimbangan dikabulkannya permohonan ini karena Suasrama dinilai berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya.

“Pertama dia kan selama menjalani pidana berkelakuan baik, berkontribusi, aktif dan produktif mengikuti kegiatan pembinaan. Kemanusiaan lah berdasarkan pada kewenangan presiden,” terangnya.

Suwendra mengatakan salinan Keppres putusan terhadap Susrama itu sudah dia terima. Hanya saja, ada kesalahan administratif berupa kesalahan tanggal penahanan pada dokumen tersebut.

“Sudah (dapat salinan), tapi ada kesalahan administratif. Saya harus mengajukan laporan dulu. ada kesesuaian tanggal penahanan yang beda, dengan keppres. Saya mohon petunjuk dulu dari kanwil,” jelasnya.

Untuk diketahui, kasus ini terjadi pada 2009 silam. Susrama yang merupakan adik pejabat Bangli itu membunuh terkait kasus dugaan penyimpangan proyek di Dinas Pendidikan. Mayat Prabangsa ditemukan di laut Padangbai, Klungkung, 16 Februari 2009 silam dalam kondisi mengenaskan.

Di sisi lain, remisi terhadap terpidana seumur hidup tidak dikenal dalam KUHP. Lalu dengan dasar hukum apa hukuman itu dipotong?

(ams/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Siapkan Penyambutan Ba’asyir, Ormas Islam Janji Tak Kerahkan Massa

Sukoharjo – Meski pembebasan Abu Bakar Ba’asyir masih simpang siur, pihak keluarga dan ormas Islam di Solo dan sekitarnya tetap menyiapkan penyambutan. Namun dalam penyambutan dipastikan tidak akan ada pengerahan massa.

Perwakilan ormas Islam dari Solo dan sekitarnya, Endro Sudarsono, mendapatkan informasi dari pihak keluarga Ba’asyir bahwa pembebasan akan dilaksanakan Rabu (23/1/2019) besok.

“Rabu pagi akan berangkat dari sana melalui jalur darat, naik bus melalui jalan tol. Diperkirakan sore sampai sini,” kata Endro saat ditemui detikcom di Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Senin (21/1) malam.


“Tidak ada pengerahan massa. Kita memastikan tidak ada penjemputan hingga konvoi. Kita sudah koordinasi dengan kepolisian,” kata dia.

Pihaknya hanya akan melakukan pengamanan lalu lintas mulai 2 km menuju ponpes. Kemudian barikade penyambutan akan bersiaga di sekitar ponpes.

“Besok penjagaan lalu lintas mulai dari pertigaan Sriwedari sampai ke ponpes. Kalau barikade hanya dari Pringgolayan sampai ke pondok pesantren,” ujarnya.

Mengenai kemungkinan perubahan rencana pembebasan dari pemerintah, Endro mengaku belum berkoordinasi lagi dengan pihak keluarga. Seperti diberitakan, Menko Polhukam Wiranto mengatakan akan mengkaji ulang pembebasan Ba’asyir.

“Informasi ini tentu membuat kita deg-degan. Kalau tidak jadi (bebas), ya itu pertimbangan pemerintah biarin lah nanti masing-masing di antara kita yang menilai,” tutupnya.
(bai/sip)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>