Pertimbangkan Hal Ini Jika Ingin Kredit Mobil untuk Taksi Online

Jika Anda sudah memiliki mobil pribadi, maka Anda bisa menjalankan pekerjaan ini dengan segera. Namun jika Anda belum memiliki mobil dan hanya memiliki dana terbatas saat ini, maka mengajukan kredit mobil terlebih dahulu mungkin terbersit di pikiran Anda.

Hal ini tetap membutuhkan pertimbangan dan perhitungan yang matang, sebab pembelian secara kredit seperti ini akan menimbulkan sejumlah cicilan setiap bulannya.

Selain itu, Anda juga perlu mamahami skema subsidi yang diterapkan oleh perusahaan taksi online, di mana pada umumnya total penghasilan pengendara akan dipotong sekitar 20 persen untuk memenuhi subsidi tersebut.

Penghasilan pengendara taksi online juga tidak akan stabil sepanjang waktu, sementara Anda akan memiliki cicilan tetap yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Berbagai hal tersebut tentu patut Anda perhitungkan dengan baik, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan kredit mobil untuk taksi online.

Berikut ini adalah simulasi penghasilan dan pengeluaran rata-rata seorang pengendara taksi online yang memiliki cicilan mobil:

Penghasilan                                        = Rp9.000.000

Potongan subsidi 20 persen              = (Rp1.800.000)

Penghasilan setelah potongan           = Rp7.200.000

Pengeluaran:

Biaya BBM                  = Rp2.000.000

Biaya tol                      = Rp500.000

Perawatan mobil         = Rp1.000.000

Biaya penyusutan       = Rp500.000

Total pengeluaran per bulan                       = (Rp4.000.000)

Total penghasilan per bulan                        = Rp3.200.000

Berdasarkan simulasi di atas, Anda akan memiliki penghasilan bersih rata-rata sebesar Rp3,2 jutaan per bulannya, meskipun pada awalnya Anda mendapatkan penghasilan sebesar Rp9 jutaan.

Jumlah ini bahkan belum termasuk cicilan mobil yang biasanya sekitar Rp3 jutaan per bulannya. Artinya, Anda mungkin saja bisa membayar cicilan, namun tidak mendapatkan sejumlah uang untuk biaya hidup.

Atau, sesekali Anda bahkan bisa saja mendapatkan penghasilan yang lebih rendah dan tidak mampu membayar cicilan mobil. Hal ini tentu akan sangat berisiko menimbulkan kredit macet dan masalah keuangan lainnya.

Hitung dan Pertimbangkan dengan Matang

Mengajukan kredit mobil untuk dijadikan sebagai taksi online banyak dilakukan oleh para pengemudi taksi online. Hal ini tidak salah, namun sangat berisiko menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari. Jumlah cicilan yang berat dan juga pendapatan yang tidak stabil merupakan dua hal yang patut Anda jadikan sebagai pertimbangan. Hitung dan pertimbangkan hal ini dengan matang, sehingga keputusan yang Anda ambil benar-benar tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *