Moeldoko: Pertimbangan Politik Luar Negeri untuk KKB Jangan Korbankan TNI

Jakarta – Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan ada pertimbangan implikasi politik luar negeri dalam menaikkan status penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Namun Moeldoko mengingatkan, jangan sampai pertimbangan itu membuat prajurit TNI menjadi korban KKB.

“Ya memang ada mempertimbangkan implikasi politik luar negeri, tapi jangan sampai pembatasan itu mengobankan prajurit (TNI),” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha KSP, Jumat (8/3/2019).

Moeldoko pun mengingatkan banyaknya prajurit TNI yang gugur akibat serangan KKB Papua. Terbaru, 3 prajurit TNI gugur dalam serangan KKB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi, Nduga, Papua pada Jumat (7/3) lalu.

“Berapa prajurit jadi korban, beberapa waktu lalu korban, sekarang korban lagi. Nah ini perlu ada sikap baru yang perlu dikonsultasikan, pasti melibatkan Menteri Dalam Negeri, Menlu, (Menteri) Pertanahanan, Menkopolhukam dan seterusnya,” ujarnya.
Sebelumnya, Moeldoko ingin agar nama kelompok kriminal bersenjata dipertegas menjadi kelompok separatis. Menurutnya, pemberian nama kelompok separatis dapat menaikkan status operasi penumpasan KKB di Papua.

“Saya dulu sudah pernah menyampaikan perlunya mengevaluasi lagi nama itu, kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pertanyaannya, benar nggak mereka kelompok kriminal? Kalau saya mengatakan tegas saja, kalau kelompok separatis ya kelompok separatis sehingga status operasinya ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kodam XVII/Cenderawasih meminta Egianus Kogoya cs segera menyerah atau ditangkap hidup atau mati.

“Tidak ada batas waktu pengejaran, batas waktunya adalah tertangkap hidup atau mati. Atau dia dengan sukarela menyerahkan diri, menyatakan setia kepada NKRI, kita ampuni. Kalau melakukan perlawanan, risiko tentunya kita hadapi sama-sama. Target kita mereka tertangkap hidup atau mati,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dihubungi, Jumat (8/3).

Pada awal Desember 2018, kelompok Egianus jadi dalang penyerangan pekerja proyek Trans Papua. Mulanya disebut ada 31 pekerja yang tewas. Namun Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut korban tewas sebanyak 20 orang. Sebanyak 19 orang merupakan pekerja proyek dan 1 orang adalah prajurit TNI.

Kolonel Aidi menegaskan saat ini sudah ada 600 personel TNI yang diterjunkan untuk pengamanan dan melanjutkan pembangunan jembatan. TNI akan bertindak tegas jika ada pihak mana pun yang mengganggu pembangunan.

“Mereka (Egianus Kogoya cs, red) sudah mengultimatum tidak menerima pembangunan karena menurut mereka pembangunan akan mempersempit ruang gerak mereka. Sementara kalau kita berpikir ini untuk menjaga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai ke pedalaman tersentuh pembangunan,” ujar Kolonel Aidi.
(nvl/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A7000 Plus, Jadi Pertimbangan Sebelum Beli

Liputan6.com, Jakarta Lenovo A7000 Plus ini adalah produk smartphone Lenovo yang dirilis pada Oktober 2015 lalu. Vendor asal Tiongkok ini pun selalu mengeluarkan produk terbaru demi membuat para penggunanya bebas memilih.

Sebelum terkenal dengan ponsel pintarnya, Lenovo sendiri lebih dikenal sebagai produsen PC yang cukup besar di dunia. Akan tetapi saat mengeluarkan sebuah ponsel, Lenovo pun mampu menunjukan bahwa mereka bisa bersaing di dunia smartphone.

Target kelas dari Lenovo sendiri kebanyakan ialah kelas menengah. Sehingga harga yang ditawarkan pun tidak terlalu menguras kantong. Meski memiliki target kelas menengah, akan tetapi spesifikasi yang dimiliki pun cukup baik termasuk dengan Lenovo A7000 Plus.

Meski begitu tetap saja ada kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus. Smartphone Lenovo A7000 Plus saat ini pun sudah tak lagi tersedia pada situs resmi milik Lenovo. Namun jika kamu ingin mencari ponsel ini ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan kamu dalam memilih ponsel.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/3/2019) inilah kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus beserta spesifikasi dan harganya.

2 dari 6 halaman

Dapur Pacu

Untuk sektor dapur pacu dari Lenovo A7000 Plus memang sangat bagus. Smartphone ini telah dilengkapi dengan chipset MediaTek MT6572. Selain itu, CPU yang ada pada ponsel ini ialah Octa Core 1.7 GHz Cortex-A53.

Ponsel ini diimbangi pula dengan GPU Mali-T760 MP2 untuk menampilkan grafis yang berkualitas. Sehingga kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus pada dapur pacu ponsel ini bisa kamu lihat dengan sendirinya.

Dengan prosesor yang dimiliki, tentu saja Lenovo A7000 Plus ini disokong dengan RAM sebesar 2GB. Selain itu, untuk penyimpanan internal kamu tak perlu khawatir. Karena penyimpanan internal yang dimiliki Lenovo A7000 Plus ini cukup besar, yaitu 16 GB. Kamu juga bisa memasang microSD pada ponsel ini hingga 32 GB. Tentunya memori yang ada pada smartphone ini tak kalah dari vendor lainnya.

3 dari 6 halaman

Kamera

Pada bagian kamera, Lenovo A7000 Plus memiliki kamera yang cukup besar bagi kelasnya. Kamera utama yang dimiliki oleh ponsel ini ialah sebesar 13 MP dengan aperture F/2.0.

Pada kamera belakang pun dilengkapi dengan berbagai fitur antara lain Dual LED Flash yang bisa membantu saat berfoto pada tempat yang minim cahaya.

Fitur lain yang dimiliki oleh ponsel ini ialah CMOS Sensor, Face detection, digital zoom, HDR, ISO Setting, Autofocus, Touch Focus, Panorama, serta digital image stabilization.

Selain mampu untuk menangkap gambar dengan kualitas apik, video yang dihasilkan melalui ponsel ini pun memiliki resolusi 1080p pada 30fps. Kualitas kamera depan yang ditawarkan pun tidak kalah bagusnya.

Pada kamera depan, A7000 plus ini memiliki resolusi 5MP. Jadi jika berbicara mengenai kamera pada ponsel pintar ini, maka kamu akan mendapatkan kualitas yang bagus untuk hasil foto kamu.

4 dari 6 halaman

Desain dan layar

Tampilan desain dari sebuah ponsel pun bisa menjadi faktor kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus jika kamu akan membelinya. Untuk tampilan desain Lenovo A7000 Plus ini bisa dibilang mirip dengan Lenovo A7000.

Tentu saja karena A7000 Plus adalah versi upgradenya A7000 maka untuk tampilan setidaknya ada perubahan pada ponsel ini. Dimensi yang dimiliki oleh Lenovo A7000 Plus ini pun sebesar 152.6 x 76.2 x 7.9 mm dengan berat ponsel sebanyak 140 gram. Selain itu warna yang disediakan pun hanya ada 2 macam saja, yaitu hitam dan putih.

Kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 plus terletak pula pada layarnya. Smartphone ini menggunakan layar dengan ukuran 5.5 inchi dengan teknologi IPS LCD dengan 16 juta warna. Tentu saja hal ini disambut baik oleh para penggunanya.

Pasalnya dengan layar 5.5 inchi ini mampu untuk memanjakan penggunanya untuk menonton atau bermain game. Selain itu layar ponsel pintar ini memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 dengan kepadatan layar 401 ppi.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Konektivitas

Daya baterai yang disediakan oleh smartphone Lenovo A7000 Plus ini memang tak terlalu besar. Ponsel ini hanya menyediakan daya sebesar Li-Polimer 3000 mAh saja. Akan tetapi meski daya baterai yang disediakan tidak besar, ponsel ini bisa bertahan dalam waktu untuk berbicara hingga 36 jam.

Konektivitas pada ponsel pun jadi faktor kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus. Ingin bersaing dengan vendor lain, ponsel ini pun telah memiliki jaringan 4G LTE. Selain itu, ponsel ini pun memiliki Dual-SIM dimana ponsel ini masih bisa menangkap sinyal 2G dan 3G.

6 dari 6 halaman

Kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus

Dari spesifikasi yang telah disebutkan sebelumya, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus yang kamu ketahui. Hal ini karena setiap ponsel pasti memiliki sisi baik dan buruknya. Nah berikut kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 Plus.

1. Kelebihan Lenovo A7000 Plus

– Memori Internal cukup besar

– Kualitas kamera dan fitur pendukung yang mumpuni

– Performa dapur pacu memuaskan

2. Kekurangan Lenovo A7000 Plus

– Desain tampilan masih monoton

– Pilihan warna tidak banyak

– Tidak memiliki pelindung layar

– Jaringan 3G dan 4G hanya di SIM 1

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Komnas Perempuan Minta Polda Jatim Kabulkan Penangguhan Penahanan Artis VA

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA. Usai menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Komnas Perempuan meminta penyidik Polda Jatim untuk mengabulkan penangguhan Penahanan terhadap artis VA.

“Yang harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan Polda Jatim yakni bisa mengabulkan penangguhan penahanan. Karena sebagai pertimbangan pemulihan kondisi psikis korban kasus prostitusi,” tuturnya di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, dalam paripurna Komnas Perempuan, terakhir melihat bahwa perempuan yang ada di dalam kasus prostitusi merupakan korban yang dilacurkan. Sehingga apapun status hukumnya penyidik tetap memberikan haknya sebagai korban.

“Mempertimbangkan dan mengabulkan dengan melihat kapasitasnya sebagai korban yang dilacurkan,” katanya.

Dia mengatakan, seharusnya yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan user atau pelanggan artis VA. Alasannya, mereka lah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi.

“Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Polda Jatim, ia sempat bertemu dengan artis VA dan bincang bincang dengan penyidik berkaitan dengan modus yang kerap dilakukan muncikari dalam menjerat korbannya kedalam pusaran prostitusi.

“Komnas Perempuan akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” ujarnya.

Komnas perempuan juga mendorong pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual. Sehingga kasus seperti ini tidak lagi terjadi di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Polisi

Menanggapi permintaan Komnas Perempuan mengenai penangguhan penahanan artis VA, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan apa yang menjadi masukan dari Komnas perempuan.

“Kita akan maksimalkan sesuai dengan harapan Komnas maupun pemerhati, selama tidak menganggu kepentingan penyidikan,” ujar polisi pelopor E-Tilang tersebut.


Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES. “Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu 16 Januari 2019.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

Luki menyatakan akan membuat surat panggilan kepada VA terkait status barunya yang kini naik menjadi tersangka. “Kami layangkan untuk Senin. kami undang yang bersangkutan untuk hadir ke Polda Jatim,” sambungnya.

Dari hasil penyidikan, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menemukan foto dan video mesum artis VA. Gambar tak senonoh itu ditemukan dalam ponsel milik mucikari ES. Fakta baru ini terungkap dari hasil penyelidikan digital forensik beberapa hari terakhir.

Selain foto pose telanjang, ada pula video tak pantas dan melanggar norma susila. Foto dan video itu dikirim ke mucikari agar user tertarik dan menggunakan jasa seks VA.

“Ini mungkin sesuatu yang baru dimana yang sebelumnya jadi saksi korban (dalam kasus prostitusi), bisa menjadi tersangka. Ini akan jadi yurisprudensi,” ujar Luki.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Anies Baswedan Akan Copot Pejabat DKI yang Terlibat Jual Beli Jabatan

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Sebab, dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut ada pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

Karena hal itu, Anies meninta pejabat tersebut melaporkannya, sehingga dapat diusut tuntas.

“Kalau dia lapor, berarti dia korban pemerasan. Kalau korban pemerasan, maka kita akan usut,” jelas Anies Baswedan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah memastikan tidak ada jual beli jabatan di Pemprov DKI. Sebab, Saefullah merupakan Ketua Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjab) yang memproses pengangkatan, mutasi ataupun demosi pejabat DKI.

“Saya jamin sama sekali tidak ada permainan uang,” kata Saefullah di Senayan, Jakarta Pusat.

2 dari 3 halaman

Tarif untuk Rombak Jabatan

Sebelumnya, penasihat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengaku pihaknya menerima keluhan adanya tarif untuk perombakan jabatan lurah dan camat di Pemprov DKI Jakarta.

Rotasi 1.125 pejabat eselon II, III dan IV Pemprov DKI dilaksanakan di lapangan Balai Kota, Jakarta Pusat pada Senin, 25 Februari 2019.

“Info di bawah begitu, banyak keluhan dari lurah (soal tarif),” kata Hasbiallah saat dihubungi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jerat Pidana Hoaks Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta – Aktivis perempuan Ratna Sarumpaet akhirnya duduk di kursi pesakitan. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk kali pertama menggelar sidang dugaan hoaks yang dilakukan ibunda artis Atiqah Hasiholan tersebut, Kamis 28 Februari 2019.

Jaksa mendakwa Ratna Sarumpaet telah menyebarkan berita bohong kepada banyak orang yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Apalagi, berita bohong yang disebarkannya itu dinilai telah menimbulkan pro dan kontra.

Jaksa penuntut umum mendakwa Ratna Sarumpaet dengan dakwaan alternatif.

“Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” ujar jaksa. 

Sementara pada dakwaan kedua, jaksa menduga Ratna Sarumpaet, dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras atau antar golongan (SARA).

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” tutur jaksa.

Dalam dakwaan, terungkap bahwa Ratna menangis mengaku dipukuli sehingga mukanya lebam dan bengkak. Jaksa menyatakan, pada Jumat 21 September 2018 sekira pukul 16.00 WIB, Ratna Sarumpaet memberitahukan kepada saksi Ahmad Rubangi, Saharudin, dan Makmur Julianto alias Pele akan pergi ke Bandung.

“Namun ternyata, terdakwa tidak pergi ke Bandung melainkan pergi ke Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat untuk melakukan tindakan medis operasi perbaikan muka (facelift) atau tarik muka (pengencangan kulit muka),” kata jaksa.

Bedah medis tersebut, sudah dijadwalkan dengan dr Sidik Setiamihardja. Kemudian Ratna Sarumpaet ditempatkan di ruang perawatan kamar B1 lantai 3 untuk menjalani rawat inap sejak Jumat, 21 September 2018 sampai dengan Senin 24 September 2018.

“Bahwa selama menjalani rawat inap tersebut, terdakwa beberapa kali mengambil foto wajahnya dalam kondisl lebam dan bengkak akibat tindakan medis dengan menggunakan handphone merk Iphone. Setelah selesai menjalani rawat inap. Pada hari Senin tanggal 24 September 2018, terdakwa pulang ke rumah,” kata jaksa.

Di dalam perjalanan, Ratna mengirim beberapa foto wajah dalam kondisi lebam dan bengkak tersebut melalui whatsappnya kepada saksi Ahmad Rubangi. Saksi Ahmad kemudian menanggapi foto tersebut dengan membalas pesan Ya Allah, Kak sampai begitu.

Ratna pun membalas. “Dipukulin 2 laki-laki,” kata Jaksa.

Jaksa mengatakan, sesampainya di rumah, Ratna meminta Ahmad Rubangi untuk memanggil saksi Saharudin dan saksi Makmur Julianto alias Pele masuk ke kamar.

Ratna Sarumpaet lalu bercerita sambil menangis bahwa dipukuli orang dengan menunjukkan wajah lebam dan bangkak.

“Kemudian terdakwa mengatakan ingin istirahat. Selelah itu saksi Ahmad Rubangi dan saksi Makmur Julianto alias Pele dan saksi Saharudin keluar dari kamar terdakwa,” kata jaksa.

Keesokan harinya pukul 20.43 WIB, terdakwa mengirimkan foto yang sama ke Rocky Gerung dengan pesan, “21 September jam 18.50 WIB, area bandara Bandung”. Pukul 20.44 WIB, dia mengirim pesan lagi, “Not For Public”.

Rabu 26 September 2018 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, terdakwa bertemu dengan Deden Syarifuddin dan bercerita habis dipukuli. Dia pun kembali sambil menangis.

Pukul 16.30 WIB, Kamis 27 September 2018, saksi mengirim pesan lagi ke Rocky Gerung dengan pesan, “Hei Rocky negrinya makin gila n hancur – need badly :)”, dan pukul 16.33 WIB dengan pesan, “Need you badly”, pukul 16.36 WIB dengan pesan “Pasti kamu bahagia sekali disana ya, Penghormatan pada alam, bless you”.

Pada Jumat 28 September pukul 19.22 WIB, terdakwa kembali mengirim foto wajahnya ke Rocky Gerung dengan pesan “Day 7th”.

Pukul 23.00 WIB, Ratna Sarumpaet meminta Saharudin menelepon Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Setelah terhubung, dia curhat telah dianiaya sembari menangis. Dia meminta Said Iqbal ke rumahnya.

Ketika Said Iqbal datang, terdakwa berkata, “Kakak dianiaya” dan menceritakan kronologi penganiayaannya. Dia juga menunjukkan foto wajahnya yang lebam.

Dia lalu minta dipertemukan dengan Prabowo Subianto. Ratna mengaku sudah berbicara dengan Fadli Zon dan mendapat informasi tengah diatur waktu untuk bertemu Prabowo.

Dia kemudian mengirimkan foto wajah lebamnya ke Saiq Iqbal untuk diteruskan ke ajudan Prabowo atas nama Dani.

Pukul 23.01 WIB, Sabtu 29 September 2018, Ratna Sarumpaet mengirim foto wajahnya ke Rocky Gerung dengan pesan, “Mungkin aku tidak harus ngotot membantu memperbaiki bangsa yang sudah terlanjur rusak ini. It’s painful.”

Pukul 23.42 WIB dia juga kembali mengirimkan 3 foto wajahnya ke Basariaja alias Basari dan 3 menit kemudian dia mengirim pesan, “KK sedang sangat kesakitan/menderita saat KK minta tolong ingin bicara dengan Pak Joksan.”

Tak berhenti di situ, dia mengirim 3 foto wajahnya ke Simon Aloysius Mantiri dengan pesan, “Ini terjadi di area parkir Bandara Bandung 21 sept 2018, Saya harus bertemu 08 segera Pak Simon, Saya mohon …..” dan mendapat jawaban, “Kurang ajar sekali Bu itu pelakunya.”





2 dari 3 halaman

Akui Salah dan Ajukan Penangguhan Penahanan

Ratna Sarumpaet mengakui kesalahan di hadapan majelis hakim saat sidang perdana kasusnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Saya ingin menyampaikan sebagai warga negara yang harus berhadapan dengan pengadilan. Pengalaman dari saya ditangkap dan apa yang saya ketahui baik melalui bacaan saya betul melakukan kesalahan,” ucap Ratna, Kamis 28 Februari 2019.

Meski begitu, Ratna merasa ada beberapa poin yang tidak sesuai fakta. Dia melihat kasusnya bernuasa politik.

“Yang terjadi di lapangan dan terjadi peristiwa penyidikan ada ketegangan bahwa memang ini politik,” ucap dia.

Karenanya Ratna berharap majelis hakim mengutamakan keadilan dibandingkan kekuasaan.

“Dengan semua unsur yang ada di sini, marilah menjadi hero untuk bangsa ini. Bukan untuk saya. Tapi di atas segalanya hukum bukan untuk kekuasaan,” tutup dia.

Namun, tudingan nuansa politis ini dibantah kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Desmihardi. Dia menyanggah adanya muatan politis yang disebut disebut kliennya.

“Tidak ada motif politik sama sekali. Dakwaan kedua kita lihat kebohongan itu diproduksi untuk meyakinkan masyarakat saja, dan bahkan untuk meyakinkan BPN Prabowo-Sandi,” katanya usai persidangan.

Desmihardi mengatakan, lontaran kebohongan yang disebut Ratna murni karena malu dengan keluarga. Dia menegaskan, kebohongan itu hanya dibuat untuk keluarga, tidak ada tujuan menyebarkannya kepada publik.

“Ini murni karena beliau malu lebamnya diketahui oleh keluarga, sehingga harus mengarang cerita bahwa beliau dipukuli. Ini kebohongannya hanya untuk keluarga, karena beliau ingin keluarga tidak tahu beliau operasi plastik,” katanya menandasi.

Pada sidang tersebut, pengacara juga mengajukan permohonan kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mengalihkan status penahanan kliennya dari tahanan Polda Metro Jaya menjadi tahanan rumah atau kota.

Desmihardi membacakan pertimbangan mengajukan permohonan tersebut. Dia menyebutkan dua pertimbangan pengajuan penangguhan tahanan bagi kliennya, yakni berdasarkan hukum dan sisi kemanusian.

Ia menyatakan, Ratna Sarumpaet tidak ada niat melarikan diri. Kemudian, terdakwa tidak pernah melakukan hal-hal yang dapat dianggap mempersulit jalannya proses hukum.

“Bahwa selama proses pemeriksaan di tingkat kepolisian dan tingkat Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan terdakwa Ratna Sarumpaet sangat kooperatif dan tidak mempersulit jalannya pemeriksaan. Selanjutnya terdakwa maupun keluarga dalam hal ini anak-anak menjamin bahwa terdakwa akan selalu menghadiri persidangan dengan tidak sulit jalannya sidang pengadilan ini,” ucap Desmihardi.

Sementara itu, dari sisi kemanusiaan, terdakwa adalah seorang perempuan lemah yang telah berusia senja. Pada usia 69 tahun, dia sangat rentan dalam penyakit terbukti selama penahanan dilakukan terdakwa sering sakit-sakitan dan selama penahanan beberapa kali terdakwa harus diperiksa di Bidokkes Polda Metro Jaya.

Apabila terus-menerus ditahan, lanjut dia, akan memperburuk kesehatan Ratna Sarumpaet baik secara fisik maupun secara mentalnya.

“Tidak berlebihan melalui permohonan ini kami minta kemudian lagi sakit yang teramat agar terdakwa dapat dialihkan status,” ucap Desmihardi.

Desmihardi mengatakan, anak kandung terdakwa yakni Atiqah Hasiholan dan Fathom Saulina akan menjadi penjamin penangguhan penahanan Ratna Sarumpaet.

Oleh karena itu, pengacara memohon kearifan dan kebijaksanaan ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mengalihkan jenis penahanan rutan menjadi penahanan rumah atau kota atas terdakwa Ratna Sarumpaet.

“Tujuan permohonan kami bukan untuk ditangguhkan akan tetapi hanya sebatas pada pengalihan jenis penahanan yang semula penahanan rumah tahanan negara menjadi penahanan rumah tahanan kota sebagaimana yang diatur dalam KUHP,” kata Desmihardi.

3 dari 3 halaman

Siapkan 20 Saksi Ahli

Jaksa Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan berencana menghadirkan 20 saksi untuk sidang kasus penyebaran berita bohong yang menjerat Ratna Sarumpaet. Hanya, jaksa enggan membeber siapa 20 saksi tersebut.

“20 saksi fakta, 5 saksi ahli, dan saksi meringankan,” kata Jaksa kasus Ratna Sarumpaet, Panyaman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 28 Februari 2019.

Panyaman menegaskan nama Prabowo dan Fadli Zon tidak masuk dalam daftar itu. Hanya Wakil Ketua Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang disebut akan dihadirkan senagai saksi di persidangan.

“Dalam bacaan saya tidak ada nama Prabowo dan Fadli Zon,” imbuhnya.

Harga Oppo F1s Selfie Expert, Kamera Depan 16 MP Buat Pecinta Selfie

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan vendor smartphone Oppo? Smartphone yang berbasis di Dongguan, Guangdong, China ini pertama kali didirikan pada tahun 2004. Saat ini pun, di Indonesia Oppo menjadi salah satu ponsel yang diminati.

Pemasaran Oppo di Indonesia pun tak tanggung-tanggung. Berbagai baliho dan juga iklan yang kerap muncul, tentu saja akan mudah diingat oleh siapa pun yang melihatnya.

Selain itu, pihak Oppo pun selalu menggandeng para selebritis terkenal untuk menjadi brand ambassador mereka. Untuk Indonesia saja, Oppo menggandeng beberapa penyanyi papan atas seperti Raisa dan Isyana Sarasvati.

Bukan hanya di Indonesia saja, Oppo juga menggandeng boyband Korea Selatan 2PM dan juga mantan anggota EXO Luhan. Bahkan anggota klub FC Barcelona pun turut menjadi brand ambassador Oppo.

2 dari 6 halaman

Oppo Menawarkan Fitur Kamera Terbaik

Oppo sendiri termasuk salah satu vendor smartphone baru di Indonesia. Meskipun baru, akan tetapi Oppo pun sudah banyak mengeluarkan varian series.

Salah satu varian yang cukup terkenal ialah Oppo seri F. Tipe dari seri F yang banyak peminatnya ternyata Oppo F1s. Harga Oppo F1s Selfie Expert ini memang dipasarkan bagi kelas menengah. Akan tetapi, meskipun harga Oppo F1s Selfie Expert ditujukan untuk kalangan menengah, namun kualitas yang disajikan tidak main-main.

Oppo sendiri memang smartphone yang selalu mengandalkan kualitas kamera yang dimiliki olehnya. Selaras dengan tagline serta harga Oppo F1s Selfie Expert, tentu saja sudah dapat dipastikan kualitas kamera yang mumpuni bagi kamu yang suka berselfie.

Saat ini pun sepertinya mencari sebuah smartphone kualitas kamera depan menjadi salah satu pertimbangan bagi para penggunanya. Maka tak salah jika harga Oppo F1s Selfie Expert ini cukup tinggi.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut harga Oppo F1s Selfie Expert yang memiliki kualitas kamera depan 16 MP, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Desain dan Tampilan

Ponsel pintar Oppo F1s ini telah menggunakan material aluminum pada bagian belakang serta kaca di bagian depan. Tentu saja hal ini membuat Oppo F1s memiliki tampilan yang cukup elegan. Bukan hanya memiliki tampilan yang elegan, akan tetapi ponsel ini pun akan sangat nyaman saat sedang dipegang.

Selain itu, bezel pada ponsel ini pun cukup tipis, dengan lebar layar sebesar 5,5 inchi dengan rasio 70% pada screen. Tentu saja layar yang dimiliki oleh Oppo F1s ini bisa dibilang cukup luas dan nyaman untuk menonton ataupun bermain game.

Dimensi yang dimiliki oleh Oppo F1s Selfie Expert ini pun sebesar 154.5 x 76 x 7.4 mm dengan berat sebesar 160 gram. Harga Oppo F1s Selfie Expert yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Hal itu karena layar pada smartphone ini telah menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen.

Oppo F1s ini pun telah dilengkapi dengan pelindung layar corning gorilla glass, sehingga kamu tak perlu khawatir bila mengalami goresan. Resolusi pada layar yang dimiliki oleh Oppo F1s ini ialah HD 720 x 1280 pixel dengan kepadatan mencapai 267 ppi.

4 dari 6 halaman

Dapur Pacu

Dengan harga Oppo F1s Selfie Expert yang ditawarkan, dapur pacu dari smartphone ini pun patut diperhitungkan. Pasalnya, Oppo F1s ini dibekali dengan chipset Mediatek MTk7650.

Selain itu untuk membantu sistem kerjanya, ponsel ini pun dilengkapi dengan CPU dengan Octa core 1.5 Ghz Cortex-A53. Untuk membantu tampilan grafis pada layar agar tampak lebih apik, ponsel ini pun memiliki GPU Mali-T860 MP2. Sistem operasi yang dimiliki oleh Oppo F1s ini pun telah menggunakan sistem android OS, v5.1 (Lollipop).

Untuk membantu kinerjanya, smartphone ini pun dilengkapi dengan ukuran RAM sebesar 3 GB. Kapasitas penyimpanan internal pada Oppo F1s pun cukup banyak, yaitu sebesar 32 GB. Namun jika menurutmu kapasitas pada memori internal masih dirasa kurang, kamu pun bisa menambahkan dengan memori eksternal hingga 128 GB.

5 dari 6 halaman

Kamera dan Fitur Tambahan

Harga Oppo F1s Selfie Expert ini pun sebanding dengan tagline serta keunggulannya. Ponsel ini memang memiliki keunggulan pada kamera depan, yaitu sebesar 16 MP.

Bukan hanya kualitas kameranya saja yang mumpuni, akan tetapi fitur yang ada pada kamera depan ini cukup mengesankan. Kamera depan Oppo F1s ini dilengkapi fitur beautify dengan sensor 1/3.1 inchi dan juga aperture F/2.0 Sehingga mampu untuk menangkap cahaya lebih meski kamu berada pada kondisi cahaya yang minim.

Pada kamera belakang pun kualitas yang dimiliki tak kalah dari kamera depan. Kamera utama Oppo F1s ini memiliki kualitas sebesar 13 MP dengan aperture F/2.2 dan detection autofocus serta LED Flash. Selain itu pada kamera belakang juga memiliki sensor 1/3.06 inchi yang mampu memaksimalkan sensivitas cahaya yang ada.

Fitur lain yang dimiliki oleh Oppo F1s ini ialah sensor fingerprint atau sidik jari. Sensor pada tombol dibuat dengan teknologi self-learning arithmetic dari Oppo. Jadi bila kamu sering menggunakan sensor sidik jari, maka tingkat sensitif dan akurasi pun akan meningkat. Smartphone ini pun dilengkapi dengan Accelerometer, proximity serta kompas.

6 dari 6 halaman

Baterai, Konektivitas dan Harga Oppo F1s Selfie Expert

Ponsel yang memiliki Dual SIM card ini memiliki jenis baterai non-removable Li-Po 3075 mAh. Dengan kata lain kamu tidak bisa untuk melepas pasang baterai ini. Smartphone ini pun telah didukung dengan jaringan 4GLTE.

Dengan segala spesifikasi yang cukup meyakinkan, harga Oppo F1s Selfie Expert ini bisa dibilang ramah di kantong. Karena harga Oppo F1s Selfie Expert ini dibandrol sekitar Rp 2,6 juta. Akan tetapi harga ini bisa berbeda ditiap daerahnya.

Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Safari ke Jawa Timur, Ketua Majelis Syuro PKS Napak Tilas Perjuangan Wali Songo

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri melakukan safari sejarah dakwah dengan berziarah ke makam-makam wali songo. Antara lain berziarah ke makam Sunan Gresik, Sunan Drajat, dan Sunan Bonang, kemudian Syaikh Jumadil Kubro di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Syaikh Jumadil Kubro dikenal sebagai penghulu para waliyullah.

Putranya adalah Sunan Gresik, cucunya adalah Sunan Ampel. Cicitnya adalah Sunan Bonang dan Sunan Drajat. Serta Sunan Giri, dan Sunan Gunung Jati. Sedangkan Sunan Muria dan ayahnya, Sunan Kalijaga, adalah keturunan dari adik Syaikh Jumadil Kubro yang juga berdakwah bersama beliau.

“Ini waliyullah yang sangat berjasa menyebarkan agama kita di Nusantara. Islam yang rahmatan lil’alamin. Anak keturunannya pun menjadi para wali dan raja-raja di Nusantara. Penuh barokah. Semangat perjuangannya harus kita lanjutkan,” tutur Habib Salim kepada wartawan, Rabu (27/2/2019).

Syaikh Jumadil Kubro mulai menyebarkan Islam di Nusantara pada masa Majapahit. Mulai Malaka, Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi telah tersentuh oleh dakwahnya.

Habib Salim juga mengajak umat Islam untuk meneladani perjuangan para waliyullah dalam mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin di Bumi Nusantara.


Reporter : Randy Ferdi Firdaus

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ahok Pasang Badan untuk Puput yang Kena Tuduhan

JakartaBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok buka suara soal hubungannya dengan Puput Nastiti Devi (PND). Namun, bukan kabar baik yang disampaikan Ahok. Eks Gubernur DKI Jakarta itu bicara soal tuduhan miring terhadap puput yang berkaitan dengan pernikahannya.

Ahok meminta spekulasi berkaitan pernikahannya dengan Puput dihentikan. Sebab, langkah yang diambil merupakan keputusannya yang sudah dipertimbangkan matang.

“Mengenai hubungan saya dengan PND, tuduhan-tuduhan negatif dari Saudara-saudara itu, saya harap jangan berspekulasi dengan kehidupan pribadi saya. Dan saudara telah melakukan fitnah,” ujar Ahok dalam vlog, Selasa (26/2/2019).

Ahok menegaskan, setiap tindakannya sudah dikonfirmasikan dengan Yang di Atas. Lalu juga dengan ibunda dan keluarga lainnya. Maka dari itu, Ahok meminta tak ada yang menyalahkan Puput.

“Nah, itu sekali lagi, saya minta Saudara-saudara hentikan spekulasi kehidupan saya, hentikan menuduh PND macam-macam karena saya yang memutuskan. Kalau mau salahkan semua, salahkan pada saya, bukan salah PND,” tutur Ahok.

“Dan kalau saya mau disalahkan, saya tidak perlu memberikan bukti-bukti kepada Saudara mengapa saya melakukan suatu perceraian atau suatu pernikahan. Itu kehidupan pribadi saya. Yang paling penting dalam ilmu, etika,” lanjut dia.

Ahok juga mengklarifikasi soal tuduhan-tuduhan terkait keluarganya. Dia menegaskan setiap tindakannya mempunyai dasar pertimbangan yang kuat.

“Saya mengerti tindakan saya dengan baik. Saya sudah umur 52 tahun, saya bukan anak kecil kemarin. Saya berbuat apa pun saya berani selama saya mempunyai dasar Firman Tuhan. Saya mempunyai dasar kebenaran, taat kepada konstitusi dan Firman Tuhan, dan tentu pada ibu saya,” tuturnya.

Pria yang baru bergabung dengan PDI Perjuangan ini juga mengatakan hubungannya dengan ketiga anaknya baik. Komunikasi dengan anaknya, khususnya Daud Albeenner Purnama dan putrinya Nathania Purnama, dilakukan lewat WhatsApp dan video call.

“Dan saya walaupun mempunyai hak asuh tentu ketika anak-anak memilih tentu saya memberikan kebebasan,” tegasnya.
(idn/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>