Pertama Kali Membeli Mobil, Pilih Transmisi Manual atau Otomatis?

Liputan6.com, Jakarta – Jika Anda baru akan┬ámembeli mobil, selain memilih model mobil, memilih transmisi pun menjadi salah satu pertimbangan. Namun. di antara kebutuhan dan selera itu tentu ada yang paling tepat. Apakah mobil manual ataukah matik yang lebih cocok untuk Anda.

Kedua transmisi itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja, mari simak ulasannya.

Seperti melansir laman resmi Daihatsu Indonesia, mobil matik memang lebih mudah dikendarai ketimbang mobil manual. Anda tak perlu repot mengoper persneling, karena sistem matik bakal menerapkannya secara otomatis.

Maka, mobil bertransmisi otomatis ini bisa menghemat energi Kamu. Terlebih lagi soal kopling, mobil matik tak pakai kopling. Jadi tak perlu khawatir tak bisa menyeimbangkan melepas kopling dan menginjak pedal gas. Tak adanya kopling ini juga menguntungkan saat jalan macet, kaki kirimu bisa bersantai sejenak.

Tapi soal perawatan, mobil matik lebih mahal daripada mobil manual. Sebab, minimnya bengkel atau teknisi yang mahir dalam menangani komponen yang ada pada mobil matik.

Berbeda dengan mobil manual yang mana olinya berputar secara mandiri, oli mobil matik perlu sering-sering diganti karena perputarannya terjadi secara otomatis. Perputaran otomatis ini juga mengakibatkan borosnya bahan bakar mobil. Selain itu, onderdil motor matik juga lebih mahal dibanding mobil manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *