Solskjaer Bakal Permanen di MU?

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Interim Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer memberikan sedikit bocoran mengenai masa depannya. Pelatih 46 tahun itu mengindikasikan akan tetap melatih MU musim depan.

Solskjaer sendiri memang tengah mendapatkan banyak dukungan untuk menjadi manajer permanen Manchester United. Ia dinilai melakukan pekerjaan yang bagus setelah menggantikan Jose Mourinho di bulan Desember 2018 kemarin. 

Namun belakangan ini MU mendapatkan dua kekalahan beruntun dari Arsenal dan Wolverhampton. Alhasil ada pendapat yang mengatakan United masih belum berani mempermanenkan Solskjaer dan masih melirik alternatif lain.

Namun Solskjaer sendiri memberikan kode bahwa ia kemungkinan besar akan bertahan lebih lama di Old Trafford. “Sebagai seorang manajer, ketika saya tahu kontrak saya akan habis di musim panas nanti, saya belum menghabiskan banyak waktu di akademi seperti yang seharusnya saya lakukan,” ujar Solskjaer kepada Verdens Gang.

Dalam kesempatan ini, Solskajer membeberkan bahwa ia sudah memikirkan rencana jangka panjang untuk MU.

Ia menyebut ada kemungkinan yang besar bahwa ia akan bertahan di Old Trafford lebih lama, karena ia sudah diminta untuk mempersiapkan kerangka tim untuk jangka yang panjang.

“Saat ini cukup jelas bahwa saya bekerja seakan-akan bahwa saya akan bertahan. Saya sudah memikirkan rencana untuk klub ini di lima sampai 10 tahun ke depan, dan saya selalu berpikir bahwa saya akan menjalani wawancara kerja terbaik yang bisa saya dapatkan dalam karir saya.”

Dukungan Agar Solskjaer Jadi Manajer Permanen MU Terus Mengalir

Di luar dugaan, MU keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1. Walau agregat menunjukkan skor imbang 3-3, Setan Merah tetap dinyatakan lolos ke babak perempat final lantaran unggul dari segi agresifitas gol tandang.

Comeback luar biasa itu lalu mengundang decak kagum dari banyak kalangan, termasuk juga Giggs. Pria yang kini sedang menukangi Timnas Wales tersebut sampai mendukung Solskjaer bertahan karena telah membawa hasil-hasil positif kembali ke bekas klubnya itu.

“Ini fantastis,” tutur Giggs di Johannesburg, Afrika Selatan, dikutip dari Goal. “Tak ada yang memimpikan cara bemain tim seperti ini sejak dia mengambil alih,” sambungnya.

“Hasilnya, hanya ada kekalahan atas PSG, yang bisa saja terjadi. Sejauh ini, dia telah melawan Liverpool, Chelsea, Tottenham, dan Arsenal dan dia tak terkalahkan di laga-laga tersebut. Jadi, apa yang ia lakukan pada rentang waktu yang pendek ini luar biasa,” lanjutnya.

Singkirkan PSG, Solskjaer Tak Otomatis Jadi Manajer Permanen MU

Liputan6.com, Manchester – MU mampu membuat kejutan dengan lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. Namun Gary Neville menyebut prestasi itu tak membuat Ole Gunnar Solskjaer otomatis menjadi manajer permanen MU musim depan.

MU mampu lolos setelah menang 3-1 di markas PSG, Rabu (6/3/2019) atau Kamis dinihari WIB. Padahal pada leg pertama, MU kalah 0-2 di Old Trafford.

Tiga gol kemenangan MU dilesakkan oleh Romelu Lukaku (dua gol) dan Marcus Rashford. Sementara PSG membuat gol melalui Juan Bernat.

“Saya pikir hal itu tidak akan berdampak soal peluang Solskjaer jadi manajer. Lagipula dia tidak dalam tekanan dari fans atau direksi terkait performa di Liga Champions,” kata Neville seperti dilansir Manchester Evening News.

“Finis empat besar adalah prioritas MU saat ini. Jadi hasil di Liga Inggrislah yang menentukan masa depan Solskjaer di MU,” katanya menambahkan.


2 dari 3 halaman

Performa MU

Sejak ditangani Solskjaer penampilan MU cukup menawan. Dari 17 laga, MU meraih 14 kemenangan dan hanya sekali kalah.

Khusus di Liga Inggris, MU belum terkalahkan selama 11 laga di bawah Solskjaer.

“Tidak ada yang menyangka MU bisa singkirkan PSG. Namun saya pikir pertandingan melawan Arsenal akhir pekan nanti lebih penting.”

3 dari 3 halaman

Hasil

Hasil Liga Champions tadi malam:

PSG 1-3 MU

Porto 3-1 AS Roma

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Skuat MU Satu Suara Dukung Solskjaer Jadi Manajer Permanen

Liputan6.com, Jakarta Peluang Ole Gunnar Solskjaer menjadi manajer permanen Manchester United (MU) semakin terbuka lebar. Selain sukses mendongkrak performa MU, pelatih asal Norwegia itu belakangan dikabarkan telah mendapat dukungan dari seluruh skuat Setan Merah. 

MUsendiri memang belum memiliki manajer permanen hingga saat ini. Mereka belum menemukan pengganti Jose Mourinho yang mereka pecat di bulan Desember yang lalu.

Saat ini kandidat terkuat manajer permanen MU adalah Solskjaer. Pelatih yang saat ini menjadi pelatih interim Manchester United dinilai sudah menjalankan tugasnya dengan baik dalam tiga bulan terakhir.

Dilansir The Telegraph, dukungan untuk Solskjaer terus mengalir dari berbagai sisi. Kali ini seluruh pemain Manchester United kabarnya satu suara mendukung Solskjaer menjadi manajer permanen MU.

Alasan pertama mengapa para pemain MU mendukung Solskjaer menjadi manajer permanen MU karena taktik yang ia terapkan sejauh ini tergolong ampuh.

Dalam tiga bulan terakhir, United mendapatkan rentetan hasil yang positif. Mereka hanya kalah satu kali dan imbang dua kali di mana sekitar 12 pertandingan sisanya berakhir dengan kemenangan.

Selain itu United juga dipuji karena permainan mereka yang ofensif dan atraktif, di mana mayoritas pemain MU menikmati gaya bermain seperti ini.


2 dari 2 halaman

Pendekatan Personal

Selain karena masalah taktik, para pemain MU mendukung Solskjaer karena sang pelatih memiliki pendekatan personal yang baik.

Semenjak Solskjaer mengambil alih tugas sebagai manajer MU, ia telah membuat peningkatan performa pada beberapa pemain MU. Sebut saja Paul Pogba, Anthony Martial, Marcus Rashford tampil semakin mentereng semenjak kedatangan sang pelatih.

Para pemain MU kabarnya nyaman dengan pendekatan personal yang dilakukan Solskjaer dan mereka antusias untuk dilatih oleh manajer asal Norwegia itu musim depan.

Manchester United saat ini menempati peringkat 4 klasemen sementara EPL, unggul satu poin dari Arsenal di peringkat 5.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Mengenal Dolby Theater, Tempat Perhelatan Oscar 2019

Liputan6.com, Jakarta – Dolby Theater jadi tempat paling bersejarah dalam ajang penghargaan film paling bergengsi,The Academy Awards atau Oscar yang digelar di tempat itu Minggu (24/2/2019).

Dolby Theater berlokasi di Hollywood Boulevard, Los Angeles, Amerika Serikat. Sebelumnya, tempat ini lebih dikenal sebagai Kodak Theater, sebuah teater yang mewah di pusat perbelanjaan yang merupakan kompleks hiburan Hollywood.

Gedung tersebut mulai dibangun pada 1997. Gedung tersebuk dibuka pada 9 November 2001. Dilansir dari dolbytheater.com, Senin (24/2/2019), teater ini memiliki tempat duduk lebih dari 3 ribu orang.

Tempat ini memiliki lobi yang tersusun dengan apik oleh lima tingkatan yang dengan tangga besar berbentuk lingkaran dengan langkan kayu ceri. Kubahnya yang oval berwarna perak.

Desain lobi terinspirasi oleh Campidoglio dari Michelangelo di Roma, Italia, dan koreografi Busby Berkeley. Sebanyak 26 gambar spektakuler dari pemenang Oscar terkenal termasuk Grace Kelly, Jack Nicholson, Marlon Brando, Halle Berry dan Julia Roberts, secara permanen ditampilkan di empat tingkat lobi.

Sementara itu, ruang audiens dirancang agar menarik perhatian pada aksi di atas panggung, serta untuk mendapatkan keintiman maksimal antara penonton dan pemain.

Dilengkapi dengan detail mewah yang memberikan kehangatan ruang termasuk sentuhan akhir kayu ceri dan pelapis prem dalam, serta cahaya berkilauan yang disediakan oleh gorden dari dua warna kain warna-warni dan jaring perunggu halus yang membentang ke atas proscenium, dengan ukuran lebar 64 kaki dan tinggi 35 kaki. Area panggung utama adalah salah satu yang terbesar di negara ini, dengan lebar 120 kaki dan kedalaman 75 kaki.

Dolby Theater terbuka untuk umum. Biaya tiket sebesar 25 dolar bagi dewasa, sedangkan anak-anak di bawah usia tiga tahun gratis. Untuk remaja dan pengunjung berusia 65 ke atas dikenakan biaya sebesar 19 dolar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aneh Jika MU Tak Permanenkan Solskjaer

Liputan6.com, Manchester – Striker Manchester United (MU), Marcus Rashford, menilai Ole Gunnar Solskjaer telah bekerja dengan sangat baik. Ia pun mendukung pria asal Norwegia itu jadi manajer permanen Setan Merah.

Solskjaer menggantikan Jose Mourinho sebagai caretaker pada Desember lalu. Di bawah asuhannya, MU meraih 11 kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah dalam 13 laga.

Banyak yang menilai Solskjaer layak dipertahankan MU. Kinerja pria 45tahun itu dinilai memuaskan. Hal ini pun mendapat dukungan dari Rashford.

“Bagiku, bimbingan Solskjaer sudah sangat membantuku,” kata Rashford kepada Sky Sports.

“Tapi dia telah bekerja dengan semua pemain yang dia miliki. Anda dapat melihat bahkan para bek semakin membaik, lini tengah membaik, dan tim secara keseluruhan membaik. Tetapi kami memahami kami masih bisa mengambil langkah lebih maju.”


2 dari 3 halaman

Perubahan Besar

 (Dok MU)

Menurut Rashford, Solskjaer memiliki apa yang dibutuhkan untuk jadi manajer hebat.

“Solskjaer memiliki pengetahuan, pemahaman, dan itu hal yang Anda dapatkan dari orang-orang seperti ini. Kedatangannya merupakan perubahan besar. Selama kami terus membaik, aku tidak melihat alasan kenapa dia tidak bisa jadi manajer permanen,” Rashford menambahkan.

3 dari 3 halaman

Posisi 4

MU sendiri kini berada di posisi empat klasemen. Setan Merah tertinggal sembilan angka dari Tottenham Hotspur di posisi tiga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cantona Dukung Solskjaer Jadi Manajer Tetap MU

Liputan6.com, Manchester – Eric Cantona menilai Ole Gunnar Solskjaer layak menjadi manajer permanen MU musim depan. Legenda Setan Merah itu yakin Solskjaer punya poin plus yang tak dimiliki calon manajer lain.

Sejak dipegang Solskjaer permainan MU memang meningkat. Mereka hanya menelan sekali kekalahan dalam 13 laga.

Tak heran MU pun kembali untuk berpeluang finis di posisi empat besar klasemen musim ini. Mereka hanya tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen, Manchester City dengan unggul satu laga di tangan.

Meski demikian manajemen MU sendiri belum mau memberikan kontrak permanen bagi Solskjaer. Mereka masih menunggu performa tim hingga akhir musim.

Selain itu manajemen Setan Merah juga masih memantau Mauricio Pochettino. Manajer Tottenham Hotspur itu memang menjadi buruan utama MU dalam beberapa musim terakhir.


2 dari 3 halaman

Komentar Cantona

“Solskjaer adalah anak spiritual dari Alex Ferguson. Sama seperti Pep Guardiola yang merupakan anak spiritual Johan Cruyff di Barcelona,” kata Cantona seperti dilansir Evening Standard.

“Penting bagi klub sebesar MU punya seseorang dengan jiwa klub. Seseorang yang mengerti klub ini luar dalam,” katanya menambahkan.

“Jadi saya pikir Solskjaer orang yang tepat. Dia bisa membawa klub ini menang dan juga mengembalikan kebahagiaan ke semua orang,” kata Cantona.

3 dari 3 halaman

Jadwal

Berikut jadwal Liga Inggris Pekan ke-27:

Sabtu, 23 Februari

19:30 WIB, Burnley vs Tottenham Hotspur

22:00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22:00 WIB, Newcastle United vs Huddersfield

Minggu, 24 Februari

00:30 WIB, Leicester City vs Crystal Palace

21:05 WIB, Arsenal vs Southampton

21:05 WIB, Manchester United vs Liverpool

Saksikan video pilihan di bawah ini

3 Cara Memblokir FB Sendiri Permanen atau Semetara, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Facebook (FB) adalah salah satu media sosial paling populer. Tak bisa dipungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep-in-touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita. 

Namun, sejak munculnya soal kebocoran data di Facebook. Di AS, data privasi pengguna Facebook dibocorkan dan disalahgunakan untuk mempengaruhi suara politik dari masyarakat, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara di Pemilu Presiden 2016 lalu. Tentu ini adalah sesuatu yang mencoreng nilai demokrasi.

Parahnya, Facebook menyatakan ada 10 negara yang disinyalir datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, dan di antara daftar tersebut ada Indonesia. Namun kini Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Banyak hal yang membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook, senada dengan tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak sekali pengguna di seluruh belahan dunia.

Setelah melihat perkembangan Facebook saat ini apakah kamu masih ingin menggunakan Facebook?

Apakah kamu ingin tahu cara memblokir akunmu Facebook sendiri baik sementara atau permanen? Berikut liputan6.com rangkum cara memblokir FB sendiri baik secara permanen atau sementara.

2 dari 4 halaman

A. Cara memblokir FB sendiri ‘permanen’ lewat PC atau Laptop

Umumnya cara memblokir akun Facebook secara permanen ini akan memakan waktu selama 14 hari hingga 90 hari, tergantung banyaknya pos yang kamu kirim di Facebook selama kamu jadi pengguna.

Untuk lebih aman, kamu juga disarankan untuk ‘download copy’ atau unduh salinan berbagai pos di Facebook kamu mulai dari kiriman Wall personal, foto, dan profil. Caranya, tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih “unduh salinan” yang berada di paling bawah, lalu klik “unduh arsip”.

Ini cara memblokir FB sendiri permanen lewat PC atau Laptop.

1. Buka browser kamu dan login pada halaman Facebook seperti biasa. Lanjut dengan mengunjungi halaman berikut ini https://www.facebook.com/help/delete_account.

2. Di sini kamu bisa melihat halaman yang terbuka berdasarkan link yang telah disebutkan sebelumnya. Klik tombol Hapus Akun Saya.

3. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk mengisi password dan kode yang disediakan. Setelah kamu mengisi keduanya, klik tombol OK. Bagian ini akan mengonfirmasi jika kamu benar-benar ingin memblokir FB sendiri secara permanen.

4.  Jika kamu sudah yakin, klik OK. Akun kamu sudah berhasil diatur dalam perintah pemblokiran.

5.  Kemudian, akan terdapat informasi yang diberikan oleh Facebook atau pemberitahuan bahwa kamu masih dapat membatalkan tindakan pemblokiran akun Facebook kamu.

6.  Caranya dengan login ke Facebook seperti biasa dalam kurun waktu 14 hari ke depan. Jika kamu tidak login sama sekali selama 14 hari tersebut maka akun Facebook kamu akan diblokir  secara permanen atau selamanya.

7.  Setelah melakukan langkah di atas, Facebook otomatis mengembalikan ke halaman awal sebelum login.

3 dari 4 halaman

B. Cara memblokir FB sendiri ‘sementara’ lewat PC atau Laptop

Bagi kamu yang berencana untuk memblokir akun FB hanya untuk sementara waktu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1.  Buka browser pada PC atau Laptop. Lalu login akun Facebook yang akan kamu blokir.

2.  Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu dan kemudian pilih pengaturan.

3.  Kemudian kamu akan mendapati halaman Pengaturan Umum Akun dan Klik Edit pada bagian Kelola Akun.

4.  Setelah itu akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun kamu, klik tulisan Nonaktifkan akun kamu yang berwarna biru.

5.  Langkah selanjutnya adalah kamu kamu harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook. Kamu bisa memiliih bermacam alasan dan setiap alasan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolom yang ada tulisan harap jelaskan lebih lanjut.

6. Kamu juga dapat mencentang bagian tolak email, jika kamu tidak ingin ada inbox yang masuk ke email kamu dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombol Tutup.

7. Kemudian akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi kamu kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook kamu, klik tombol nonaktifkan Sekarang.

8. Selanjutnya ini akan terlihat info bahwa akun Facebook kamu telah berhasil dinonaktifkan sementara.  Namun, untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa login seperti biasa.

4 dari 4 halaman

C. Cara memblokir FB sendiri lewat Hp Android

Nggak jauh berbeda dengan PC/laptop, cara memblokir facebook sendiri melalui aplikasi dan browser di Android juga bisa kamu dilakukan.

1. Buka aplikasi Facebook pada Android kamu, dan login. Klik pada menu tiga garis horizontal.

2. Lakukan scrolling ke bawah, pilih Settings & Privacy.

3. Pilih Account Settings.

4. Klik opsi General.

5. Klik Manage Account.

6. Klik Deactivate untuk menonaktifkan akun.

7. Pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.

8. Centang untuk menolak email dari Facebook dan klik tombol Deactivate.

9. Akun kamu sudah berhasil dinonaktifkan sementara.

10. Klik OK untuk keluar dari akun.

Pertamina Tambah Dua SPBU Baru di Tol Trans Jawa

Liputan6.com, Sragen – PT Pertamina (Persero) mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan Tol Trans Jawa ruas tol Solo-Ngawi. Keberadaan SPBU yang dikelola Pertamina itu diharapkan dapat memanjakan para pengendara yang melintasi jalan tol tersebut.

Branch Manager Pertamina Yogyakarta-Surakarta, Teuku Johan Miftah mengatakan Pertamina mengoperasikan dua SPBU baru di Tol Trans Jawa khususnya di ruas jalan tol Solo-Ngawi. Dua SPBU tersebut terletak di rest area KM 519 di daerah Sragen.

“Dua SPBU reguler milik Pertamina itu ada di KM 519 ruas A di jalur Solo-Ngawi dan SPBU KM 519 ruas B di jalur tol Ngawi-Solo. SPBU itu mulai beroperasi pada Minggu dan Rabu,” kata dia di SPBU KM 519 ruas A, Masaran, Sragen, Rabu, 20 Februari 2019.

Dengan beroperasinya dua SPBU baru itu, Johan menyebutkan kini Pertamina telah memiliki tiga SPBU di jalan Tol Trans Jawa khususnya di ruas jalan tol yang melintasi Jawa Tengah. Sebelumnya, Pertamina telah membuka SPBU permanen di KM 429 ruas A di jalur Semarang-Kartasura di Ungaran.

“SPBU itu terletak di rest area. Kita melengkapi rest area yang merupakan bagian terintegrasi dari tol yang dikelola pemerintah,” dia menyebutkan.

2 dari 2 halaman

Pertamina Siapkan Stok BBM di Tol Jawa Tengah

SPBU yang dikelola langsung Pertamina atau yang lebih dikenal dengan sistem Company Owned Company Operated (COCO) itu memiliki kapasitas tampung masing-masing 60 KL. Untuk pelayanan BBM, kita sediakan produk pertalite, pertamax, bio solar, dan dexlite.

 “Dengan SPBU baru itu bisa membantu kenyamanan pengguna jalan tol pada saat berhenti di rest area. Jadi mereka tidak hanya menikmati istirahat tapi juga sekaligus mengisi BBM dengan varian pilihan yang cukup,” jelasnya.

Menurut Johan, saat ini Pertamina baru memiliki tiga SPBU yang terletak di ruas jalan tol Semarang-Sragen. Sedangkan, untuk ruas jalan tol Semarang-Brebes belum dilengkapi SPBU permanen.

“Kalau untuk Semarang ke barat belum ada. Nanti lihat kebutuhannya ya jika dimungkinkan area dan segala macamnya nanti akan dibangun juga,” ucapnya.

Meski demikian, Johan mengungkapkan para pengguna jalan tol di ruas Semarang-Brebes tidak perlu khawatir kehabisan BBM. Pasalnya, Pertamina mengoperasikan SPBU modular dan mobile dispenser di ruas jalan tol tersebut.

“Kita sediakan SPBU dalam bentuk modular, mobile dispenser, dan kios pertamax. Total jumlahnya ada 5 titik layanan di ruas tol Semarang-Brebes,” sebutnya.



Simak video pilihan berikut ini:

Terbukti, 4 Hari Kerja dalam Seminggu Bikin Karyawan Lebih Produktif

Liputan6.com, Jakarta Bekerja menjadi sebuah kewajiban untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan seseorang. Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan, kultur ataupun jam kerja yang berbeda.

Ada perusahaan yang menerapkan lima hari bekerja ataupun enam hari bekerja. Tetapi rupanya bekerja selama empat hari dalam seminggu mampu membuat karyawan lebih produktif lho. Mungkin bagi perusahaan bekerja empat hari dalam seminggu adalah waktu yang sedikit yang dikhawatirkan akan menghambat kinerja perusahaan.

Dilansir Liputan6.com dari laman Big Think, Kamis (21/2/2019) seorang Psikolog Adam Gran dan penulis Rutger Bregman mengungkapkan bekerja empat hari dalam seminggu mampu membuat karyawan lebih produktif.

Adam Grant seorang psikolog dari Wharton School di Pennsylvania melakukan eksperiman untuk mengurangi jam kerja pada sejumlah karyawan, dan hasilnya memuaskan.

2 dari 3 halaman

4 Hari Kerja Membuat Lebih Fokus

Seseorang yang bekerja empat hari kerja dalam seminggu nampak lebih fokus dan kreativitas yang dihasilkan pun lebih tinggi. Dengan mengurangi jari kerja, para pekerja memiliki waktu lebih untuk kehidupan mereka di luar pekerjaan, mereka pun juga lebih loyal pada perusahaan.

Adam Grant mengatakan, “Saya pikir kami memiliki beberapa eksperimen bagus yang menunjukkan bahwa jika Anda mengurangi jam kerja, orang-orang dapat memusatkan perhatian mereka secara lebih efektif. Mereka tetap memproduksi dengan jumlah yang sama dengan kualitas dan kreativitas yang lebih tinggi. Dan mereka juga lebih loyal kepada organisasi karena bersedia memberi mereka fleksibilitas untuk peduli dengan kehidupan mereka di luar pekerjaan.”

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ekonom dan sejarawan Rutger Bregman, penulis Utopia for Realists.

Ia setuju, dan menjelaskan bahwa jumlah hari kerja yang lebih singkat sebenarnya sudah dicoba pada beberapa pengusaha kapitalis besar pada zaman dulu dan terbukti hasilnya para pekerja lebih produktif.

Rutger mengatakan “Selama beberapa dekade, semua ekonom utama, filsuf, sosiolog, hingga pada tahun 1970-an, mereka semua percaya bahwa kita akan bekerja semakin sedikit,” katanya.

“Pada 1920-an dan 1930-an, sebenarnya ada pengusaha kapitalis besar menemukan bahwa jika Anda mempersingkat minggu kerja, karyawan menjadi lebih produktif. Henry Ford, misalnya, menemukan bahwa ia mengubah jam kerja dalam sepekan dari 60 jam menjadi 40 jam, karyawan akan menjadi lebih produktif, karena mereka tidak terlalu lelah di waktu luang mereka. ” imbuh Rutger.

3 dari 3 halaman

Berdasarkan hasil penelitian

Hal ini juga didukung oleh penelitian akademik. Berbagai studi menemukan bahwa hari kerja yang lebih pendek akan membuat orang lebih bahagia dan lebih produktif.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) juga menunjukkan bahwa negara-negara dengan budaya jam kerja yang panjang sering mendapat skor buruk untuk produktivitas dan PDB per jam bekerja.

Sementara itu, salah satu perusahaan di Selandia Baru melakukan uji coba bekerja selama empat hari per minggu. Tahun lalu mereka mengonfirmasi akan menerapkannya secara permanen.

Para akademisi yang melakukan uji coba juga melaporkan seorang pekerja memiliki tingkat stres yang lebih rendah, tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan mengalami peningkatan keseimbangan kehidupan kerja. Secara kritis, mereka juga mengatakan pekerja 20% lebih produktif.