Sri Mulyani: OTT Perlu untuk Beri Shock Therapy

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan terus menjaga pertumbuhan ekonomi yang stabil sepanjang 2019. Dia juga meminta semua pihak agar tidak mengkhawatiran pemilu yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

“Saya anggap kita sudah lalui pemilu beberapa kali. Jadi saya minta agar pemilu tidak dicemaskan, tapi kita tetap harus waspada terhadap lingkungan global yang cukup nyata. Sehingga kita harus betul fokus memperkuat ekonomi kita,” ujar Sri Mulyani di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Sri Mulyani mengatakan, 2019 sudah dibuka dengan komponen pendukung ekonomi yang positif. Beberapa di antaranya inflasi dan neraca pembayaran transaksi perdagangan yang juga positif.

“Kalau dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia, kita tentu menjaga agar momentum baik pada 2018 dapat terus terjaga pada 2019, kemarin sudah diawali dengan baik,” jelasnya.

Ke depan, Sri Mulyani menambahkan, pemerintah akan terus berhati-hati mengantisipasi segala gejolak yang berasal dari global. Sementara itu, dari dalam negeri pemerintah akan meningkatkan konsumsi dalam negeri, investasi serta diversifikasi ekspor.

“Tapi kita juga harus berhati-hati melihat kemungkinan global environment melemah. Kalau lingkungan global melemah, kita harus fokus dalam negeri harus tahan dan bahkan diperkuat. Konsumsi dalam negeri harus meningkat, investasi dan belanja juga meningkat dan diversifikasi ekspor, sehingga target pertumbuhan ekonomi tercapai,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

MU Perlu Datangkan Gelandang Baru

Jakarta – Mantan kapten Manchester United (MU), Nemanja Vidic, menilai Setan Merah perlu merekrut gelandang baru daripada bek. Menuruntya, MU tak lagi butuh bek baru.

The Red Devils disebut mengincar Toby Alderweireld pada bursa transfer musim panas 2019. Pemain asal Belgia itu bisa diboyong dari Tottenham Hotspur dengan harga 25 juta pound.

Namun, Vidic memiliki penilaian berbeda. Ia menganggap kalau Manchester United tidak memiliki kedalaman di posisi gelandang, terutama pemain yang bisa bermain box-to-box.

“Saya akan senang jika Alderweireld bermain untuk Manchester United. Namun, bukan posisi itu yang seharusnya menjadi prioritas,” ujar Vidic.

“Untuk berkompetisi di Liga Champion dan Premier League, MU harus memiliki tambahan di lini tengah, terutama untuk pemain dengan karakteristik box-to-box.”

“Mereka sudah punya lima pemain di lini pertahanan. Saya rasa itu cukup untuk melakukan rotasi dan saya menilai kalau bek tengah mereka memiliki performa yang bagus,” ungkap Vidic.

Sebelumnya, MU sudah mengincar Alderweireld pada bursa transfer musim panas 2018, namun transfer urung terjadi. Saat ini, Alderweireld terikat kontrak dengan Tottenham Hotspur hingga Juni 2020.

Fungsi Nukleus dan Bagian-Bagiannya yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai pusat perintah dan juga mengontrol dari aktivitas sel merupakan fungsi nukleus yang utama. Hal ini terjadi karena adanya benang kromosom yang terdapat di dalam nukleus. Meskipun pada sel-sel biasanya hanya memiliki satu inti sel atau satu nukleus, akan tetapi ada pula yang memiliki dua inti sel bahkan lebih. Ukuran dari inti sel ini bisa dibilang cukup besar dibandingan dengan organel sel lainnya yang terdapat dalam struktur tubuh hewan dan tumbuhan.

Memiliki ukuran kurang lebih 10 hingga 20 nanometer, letak dari nukleus sendiri tidak tentu. Bisa jadi letak nukleus berada pada bagian tengah, akan tetapi bsia juga berada di tepian. Selain itu, bentuk dari nukleus ini ada yang bulat ada pula yang lonjong atau berupa cakram.

Pada inti sel selain memiliki fungsi nukleus, terdapat pula bagian-bagian yang bisa kamu ketahui. Berikut ini bagian-bagian dari nukleus yang bisa kamu pelajari.

1. Membran inti

Membran inti ini ialah membran ganda fosfolipid yang mampu menyelimuti seluruh inti sel. Selain itu, membran inti ini pun memiliki fungsi untuk pemisah antara inti sel dan juga sitoplasma sel.

Fungsi nukleus bukan hanya keseluruhan, akan tetapi pada bagian-bagian nukleus pun memiliki fungsi tersendiri. Membran sel ini pun memiliki peran untuk mengatur pertukaran zat yang ada di dalam inti sel dengan yang ada di luar inti sel. Membran inti ini pun memiliki tiga bagian, antara lain:

– Membran luarMembran luar ini biasanya berhubungan secara langsung pada organel retikulum endoplasma kasar yang bertabur dengan ribosom.

– Ruang perinuklearRuang perinuklear ini merupakan ruangan yang tercipta diantara membran luar dan juga membran dalam.

– Membran dalamBagian paling dalam pada membran inti inilah yang disebut dengna membran dalam.

Fungsi nukleus pada membran inti ini sebagai pintu keluar masuk RNA dan juga protein. Selain itu, pada membran inti dari nukleus ini terdapat pori nukleus.

Pada pori nukleus ini terdapat 4 subunit, yaitu sub-unit kolom untuk membentuk dinding pori nukleus, sub-unit anular yang bisa membentuk spoke dan mengarah pada bagian tengah pori nukleus. Selain itu, ada pula sub-unit lumenal di mana protein trensmembran ini bisa menempelkan kompleks pori dengan membran inti nukleus. Ada pula sub-unit ring yang bisa membentuk permukaan sitosolok dan juga nuklear pada pori nukleus.

7 Fungsi Rangka Manusia Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Secara keseluruhan, rangka manusia dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu:

– Rangka tengkorak

– Rangka badan yang melindungi organ-organ penting pada tubuh

– Rangka anggota gerak seperti untuk berjalan, lari, memegang benda dan lain-lain.

Pada rangka kepala tersusun tulang-tulang seperti tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, tulang tengkorak, tulang baji, tulang air mata, tulang pipi, tulang hidung, rahang atas dan bawah dan tulang lidah. Rangka badan tersusun atas 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.

Untuk rangka anggota gerak tersusun atas anggota gerak atas yang meliputi tulang pengumpil, lengan atas, hasta, pergelangan tangan, telapak tangan dan ruas jari tangan. Susunan anggota gerak bawah meliputi tulang paha, tempurung lutut, kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan ruas kaki.

Demikian penjelasan tentang berbagai macam fungsi rangka pada tubuh manusia beserta penjelasannya dan bagian-bagian rangka manusia. Fungsi rangka yang lengkap akan memberikan tubuh yang bekerja dengan baik. Jika salah satu rangka tubuh mengalami gangguan, tak jarang jika organ dalam tubuh lainnya pun akan ikut terganggu pula.

7 Hal yang Kamu Perlu Tahu Saat Miss V ‘Masuk Angin’

Jakarta – Para wanita mungkin pernah mengalmai queefing alias kentut pada Miss V. Berbeda dengan kentut yang keluar dari dubur, gas yang dikeluarkan bukan hasil dari proses pencernaan.

Para ahli menyebutnya sebagai udara yang terperangkap dalam area kewanitaan. Memang tidak berbahaya sih, tetapi benar-benar membuat canggung apalagi kalau sampai bersuara.

Ada beberapa fakta menarik yang kamu perlu tahu tentang queefing ini. Berikut di antaranya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Terjadi saat berhubungan intim

Dalam beberapa kasus, udara cenderung terjebak dalam vagina karena dorongan kuat penis yang tak dapat dihindari. Tetapi, kentut melalui vagina cenderung terjadi saat kamu dan pasangan melakukan hubungan dalam posisi doggy style. Jadi, jika kamu ingin menghindarinya, cobalah untuk tidak mencoba posisi ini.

2. Kondisi alami

Kentut melalui vagina merupakan sesuatu yang alami terjadi pada tubuh. Tak seperti kentut yang keluar melalui anus, kentut melalui vagina tak berhubungan sama sekali dengan makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu mengalami ini, maka kamu tak perlu khawatir karena ini tak terkait dengan gangguan kesehatan apapun.

3. Bisa terjadi saat olahraga

Selama melakukan latihan tertentu seperti sit-up, squat atau bahkan pose yoga tertentu, kamu bisa saja mengalami kentut vagina. Kamu tak perlu khawatir, karena ini merupakan hal yang wajar.

Kamu tak perlu khawatir, karena tak seperti kentut yang keluar melalui anus, kentut vagina tak mengeluarkan bau. Dan ini adalah kondisi yang normal terjadi.

4. Tidak berbau

Jika udara keluar dari vagina kamu atau pasangan kamu, itu tidak akan berbau busuk.

5. Terjadi pada siapa pun yang memiliki vagina

Sekarang setelah tahu bahwa tidak ada yang memalukan dari udara yang keluar dari vagina kamu, kamu bisa merasa nyaman. Ini adalah fenomena yang cukup umum bagi siapa pun yang memiliki vagina, pada usia berapa pun.

6. Tidak menjijikkan

Sekalipun suara itu membuat kamu berpikir tentang kentut, perlu disadari bahwa ada perbedaan antara fenomena udara yang dikeluarkan dari vagina dan perut kembung.

7. Bisa karena aktivitas fisik

Gerakan-gerakan aktivitas fisik juga dapat menimbulkan queef karena ada udara terperangkap di dalam vagina. Berbagai gerakan yang didominasi oleh otot perut dan bokong yang berisiko menimbulkan queef. Misal, gerakan yoga atau sit-up.

(up/up)

Alasan Mengapa Mobil Perlu Pasang Talang Air

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya sekadar aksesori untuk mempercantik tampilan, window visor atau yang akrab disebut talang air, memiliki peran cukup penting.

Komponen yang terpasang di bagaian atas kaca atau bingkai pintu mobil itu ternyata memiliki banyak fungsi penting.

Menurut laman resmi Nissan Indonesia, window visor bisa melindungi interior mobil dari hujan atau hal lain jika jendela sedikit terbuka.

Bahkan saat pintu terbuka, air hukan dari atas atap mobil tidak akan masuk ke dalam interior karena ada window visor yang menahannya.

Dengan begitu, interior mobil akan tetap aman dari percikan air hujan yang bisa meninggalkan bekas dan membuat tampilan interior kurang menarik.

Selain itu, juga bisa meredam suara bising jalanan yang cukup mengganggu. Sebab, window visor bisa mengarahkan aliran udara pada mesin sehingga mampu meredam suara berisik yang kemungkinan muncul ketika sedang berkendara pada kecepatan sedang.

Dengan demikian, berkendara akan lebih nyaman. Itulah kenapa window visor ini dianjurkan untuk dipasang pada mobil Otolovers.

Jenis-Jenis Peta dan Contohnya, Perlu Diketahui Agar Tidak Keliru

1. Peta skala kecil

Peta skala kecil biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan wilayah yang luas, seperti peta Indonesia, peta Thailand, peta Inggris dan sebagainya. Peta skala kecil yaitu peta yang memiliki ukuran skala antara 1:500.000 sampai 1:1.000.000.

2. Peta skala sedang

Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan peta dengan wilayah yang agak besar. Contohnya peta provinsi Jawa Timur, peta provinsi Bangka Belitung dan sebagainya.

3. Peta skala besar

Jenis-jenis peta selanjutnya adalah peta skala besar. Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:5.000 sampai 1:250.000. Biasanya peta ini digunakan untuk wilayah yang sempit. Misalnya peta Kelurahan Kampung Rawa, peta Kelurahan Tanjung Benoa, peta Kelurahan Muara Rapak dan sebagainya.

4. Peta kadaster

Peta kadaster pada umumnya adalah peta yang menunjukkan wilayah peta tanah ataupun peta yang ada di dalam sertifikat tanah. Peta kadaster memiliki ukuran skala antara 1:100 sampai 1:5.000.

5. Peta geografis

Skala peta ini memiliki skala antara 1:1.000.000. Peta geografis adalah salah satu jenis-jenis peta yang biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang sekumpulan negara di bumi. Misalnya peta negara-negara di Asia, peta negara-negara bagian benua Amerika, peta negara-negara di Afrika, peta negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan lain sebagainya.

Gejala Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Gejala cacingan ternyata berbeda-beda, tergantung pada jenis cacing apa yang berkembang di dalam tubuh. Berikut gejala cacingan menurut jenis cacing yang berkembang:

1. Gejala cacingan akibat cacing kremi

Cacing kremi merupakan cacing yang berukuran sangat kecil, pipih, berwarna putih yang akan menginfeksi bagian sistem pencernaan manusia. Cacing kremi termasuk dalam kelompok parasit pinworm.

Orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi cacing kremi. Biasanya jika orang dewasa mengalami infeksi cacing kremi adalah orang yang merawat anak yang terkena infeksi cacing kremi. Jika perawat anak ini terkontaminasi cacing kremi, ia berisiko juga menularkan cacing ini pada pasangannya saat berhubungan seksual.

Gejala cacingan kremi yang perlu diwaspadai antara lain adalah:

· Gejala cacingan pertama adalah sering gatal di bagian anus, gatalnya terasa sangat kuat. Apalagi saat di malam hari. Pada malam hari, spesies betina cacing ini akan menetaskan telur-telurnya di bagian anus.

· Tidur gelisah sebab bagian rektum (anus) terasa tidak nyaman.

· Nyeri, ruam, atau iritasi di kulit sekitar anus.

· Adanya cacing kremi di feses.

· Ditemukan cacing di daerah anus.

2. Gejala cacingan akibat cacing gelang

Gejala cacingan akibat cacing gelang adalah infeksi yang disebabkan oleh Ascaris lumbricodes. Ascaris termasuk parasit dalam tubuh manusia dari jenis roundworms. Cacing ini seringnya berada pada lingkungan yang tidak bersih dan tinggal di wilayah yang beriklim hangat.

Gejala cacingan awal dari cacing ini biasanya tidak ada gejalanya. Gejala cacingan akan muncul seiring pertumbuhan cacing yang semakin berkembang. Terdapat dua gejala cacingan yang dapat terjadi, tergantung ke bagian tubuh mana cacing itu menginfeksi. Organ tubuh yang biasa diserang adalah paru-paru dan usus.

Gejala cacingan yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru yaitu:

· Batuk-batuk

· Napas terasa semakin pendek

· Ada darah di dalam mukus

· Dada terasa tidak nyaman

· Demam

Gejala cacingan yang akan muncul saat cacing ini menyerang bagian usus adalah:

· Mual

· Muntah

· Diare

· Perut terasa tidak nyaman

· Penurunan berat badan

· Selera makan menurun

· Penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah

Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Buta Episode Senin 18 Maret 2019: Reyhan Merasa Tak Perlu Cemburu pada Aslan

Liputan6.com, Jakarta Akting Nikita Willy sebagai Aulia kembali bisa Anda saksikan di sinetron Cinta Buta. Malam ini dikisahkan Rama membawa Aslan ke suatu tempat buat ngobrol. Rama tanya ke Aslan kenapa dia nekad masuk kamar Aulia.

Aslan langsung minta maaf karena dia cuma ingin menghibur Aulia. Rama percaya Aslan orang baik, tapi Rama ingatkan bahwa jika Aslan punya perasaan lebih sama Aulia, Aslan harus segera padamkan, karena Aslan dan Aulia berbeda status sosial.

Di episode Cinta Buta kali ini juga diceritakan, Debby rupanya mendengar obrolan itu dari jauh. Debby langsung hampiri mereka. Setelah menyuruh Aslan pergi, Debby lalu nanya ke Rama, kayaknya Rama pengalaman sekali soal status sosial, Rama langsung mengelak dan segera pergi.

Reyhan rupanya berada di dekat rumah Aulia saat Aslan pergi dari rumah Aulia. Reyhan berpikir cepat juga Aslan mau mengambil hati Aulia. Tapi Reyhan sadar dia sekarang sudah nggak perlucemburu. Reyhan berharap kehadiran Aslan bisa menghibur Aulia.

Keseruan drama Cinta Buta berlanjut…

Pernyataan Penutup Debat Sandiaga Uno: Tak Perlu Banyak Kartu, Cukup Satu KTP

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia adalah negeri yang kaya raya dari sisi sumber daya alam. Dari sisi sumber daya manusia juga hebat-hebat. Tapi, ada masalah karena lapangan kerja sulit didapat.

“Anak muda tak dapat pekerjaan, emak-emak mengeluhkan biaya hidup sehari-hari. Prabowo-Sandi akan fokus menyelesaikan masalah rakyat,” ujar Sandiaga Uno dalam pernyataan penutupnya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

Menurut dia, Prabowo-Sandi akan menghadirkan solusi yang diharapkan rakyat agar bisa mendapatkan pekerjaan. Salah satunya dengan program yang sudah digagas.

“Dalam masalah ketenagakerjaan, OK OCE dan Rumah Siap Kerja sanggup menciptakan 2 juta lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga Uno.

Dia mengaku lahir di dunia pendidikan, karena banyak anggota keluarganya menggeluti dunia pendidikan. Karena itu, dia akan memastikan kesejahteraan guru akan ditingkatkan.

“Kita pastikan juga sistem pendidikan yang berkualitas, membangun budi pekerti berakhlakul karimah akan jadi fokus kita. Memberikan liburan bulan Ramadan, karena bulan Ramadan adalah bulan toleransi, kita tingkatkan toleransi untuk Indonesia yang adil makmur,” tegas Sandiaga.

Demikian pula di bidang kesehatan, Sandiaga berjanji di 200 hari pertama Prabowo-Sandiaga, masalah BPJS akan dituntaskan dan tenaga medis akan mendapatkan honor tepat waktu.

“Untuk semua layanan dari pemerintah, kita tak ingin merepotkan negara. Mari kita ambil dompet masing-masing, keluarkan satu kartu yang sudah kita miliki, yaitu KTP. Ini sudah canggih, semua layanan pendikan kesehatan bisa diberikan, PKH akan kita tambah jadi PKH plus, ini akan menjadi kartu kami,” pungkas Sandiaga Uno.