Perjuangan 11 Tahun Hanum Salsabiela Rais yang Mengharukan dan Menginspirasi

Liputan6.com, Jakarta – Nama Hanum Salsabiela Rais atau lebih dikenal dengan Hanum Rais sepertinya identik dengan film yang menceritakan kehidupan dirinya dan sang suami, Rangga Almahendra. Anda mungkin tahu kalau karakter Hanum diperankan aktris Acha Septriasa di film 99 Cahaya di Langit Eropa, Bulan Terbelah di Langit Amerika, dan yang terbaru, Hanum & Rangga: Faith and the City.

Film-film tersebut diadaptasi dari buku yang ditulis Hanum. Tercatat sudah ada enam buku yang dirilis putri pasangan Amien Rais dan Sri Rahayu ini. Usai menikah dengan Rangga pada 2005 silam, Hanum memutuskan berhenti dari dunia pertelevisian dan menyibukkan diri dengan menulis.

Yang terbaru atau buku keenamnya adalah I am Sarahza yang dirilis pada Mei lalu. Seperti dilansir dari brilo.net, Senin (12/11/2018), buku ke-6 tersebut sangat spesial dan emosional bagi Hanum. Berbeda dari buku-buku sebelumnya, I am Sarahza berisi tentang pengalaman pribadinya dan suami yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Cerita yang bisa membuat banyak orang terharu sekaligus terinspirasi ini adalah tentang penantiannya pada kehadiran buah hati selama sebelas tahun. Hanum Rais mengikuti sang suami yang menempuh pendidikan S3 di Wina, Austria sembari menjalankan program kehamilan dengan memanfaatkan uang beasiswa Rangga.

Berada di negara maju ternyata tak menjamin keberhasilan program hamil yang dijalani. Ia harus menerima kenyataan pahit ketika program bayi tabung dan tiga kali inseminasi ternyata tak membuahkan hasil. Tinggal di negara orang tanpa saudara, orangtua, dan hanya ditemani sang suami, membuat Hanum dilanda rasa sedih mendalam karena kegagalan tersebut.

Tak mau melihat sang istri larut dalam kesedihan, Rangga membawa Hanum ke sebuah perpustakaan dan memintanya untuk menulis. Dari situlah perempuan 36 tahun ini mulai menemukan formula untuk mengatasi rasa sedih atas kegagalannya menjalankan program hamil dengan menulis.

Hanum Rais pun melahirkan buku-bukunya. Menapak Jejak Amien Rais (2010), 99 Cahaya di Langit Eropa (2011), Berjalan di Atas Cahaya (2013), Bulan Terbelah di Langit Amerika (2014), dan Faith and The City (2015) adalah lima buku yang sudah ditulis Hanum melalui penemuan ide kreatif dengan pola yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *