Perjalanan Arema ke Final Piala Presiden 2019: Tersendat di Awal

Jakarta Arema FC lolos ke final Piala Presiden 2019. Mereka menyingkirkan Kalteng Putra dengan agregat 6-0 pada Jumat (5/4/2019). Sukses Arema ke final cukup mengejutkan karena di awal turnamen ini sempat tersendat-sendat.

Arema tergabung di Grup E bersama Persela Lamongan, Barito Putera, dan Persita Tangerang. Seluruh pertandingan yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, menjadi keuntungan tersendiri untuk pasukan Milomir Seslija. 

Meski begitu, Arema FC sudah dipaksa bekerja keras sejak pertandingan pertama. Bermain di hadapan pendukung sendiri, gawang Arema sempat kebobolan dua gol lebih dulu ketika melawan Barito Putera (4/3/2019).

Beruntung Arema bisa bangkit dan menutup pertandingan dengan kemenangan tipis 3-2. Pada pertandingan kedua, Arema harus menelan pil pahit yakni kekalahan 0-1 dari Persela Lamongan (9/3/2019).

Mengantongi tiga poin dari dua pertandingan membuat peluang Arema lolos ke babak selanjutnya menipis. Klub kebanggaan masyarakat Malang itu wajib menang dengan skor mencolok pada laga pamungkas, sembari berharap tim lainnya yang memperebutkan tiket peringkat dua terbaik menelan hasil minor.

Arema berhasil memetik kemenangan telak 6-1 pada pertadingan terakhir kontra Persita Tangerang (13/3/2019). Tambahan tiga poin membuat Arema finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup E.

Arema belum bisa lega karena hanya mengumpulkan poin maksimal enam. Namun, dalam perburuan satu tiket runner-up terbaik, Persipura Jayapura ketika itu secara mengejutkan kalah dari Kalteng Putra (Grup C).

Persipura, yang mengumpulkan enam poin, kalah selisih gol dari Arema dalam klasemen kecil. Arema pun berhak melaju ke babak perempat final setelah mengisi batas bawah tiket peringkat dua terbaik yang lolos.

Ketangguhan Arema semakin bertambah ketika mendepak Bhayangkara FC di babak perempat final. Dedik Setiawan dkk. berhasil lolos ke semifinal dengan kemenangan telak 4-0 atas The Guardians (30/3/2019).

Pada babak semifinal, mereka berjumpa Kalteng Putra yang mendapatkan predikat pembunuh tim raksasa di Piala Presiden 2019. Meski demikian, Arema nyatanya tak gentar.

Mereka berhasil meraih kemenangan telak 3-0 ketika bermain di Stadion Kanjuruhan (2/4/2019) dan menang dengan skor sama di markas Kalteng Putra (5/4/2019). Tiket final Piala Presiden 2019 pun diraih dengan kemenangan Arema FC dengan agregat 6-0 atas Kalteng Putra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *