Megawati Harapkan Jokowi Bisa Jadi Presiden Dua Periode

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berharap capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi bisa menjabat sebagai Presiden selama dua periode. Hal itu, ia katakan usai menyaksikan penghitungan suara cepat atau quick count di Djakarta Theater bersama Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Mudah-mudahan saya berharap saya mendukung beliau terus Pak Jokowi, mudah-mudahan hasilnya KPU itu yang digelar itu tentunya dapat Pak Jokowi meneruskan tugasnya sebagai Presiden RI,” kata Mega di Kebagusan IV, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Meski begitu, Mega meminta semua pihak untuk menunggu keputusan resmi KPU terkait hasil penghitungan suara. Serta tidak mengeluarkan hasil apapun sebelum KPU merilis hasil akhirnya.

“Jadi yang kita perlu jaga dan saya telah mengeluarkan perintah harian, kita jangan mengeluarkan dulu hasil-hasil seperti yang belum fix kecuali yang akan dilakukan dibuat oleh KPU,” ungkapnya.

Tambah Mega, perintahnya juga sesuai dengan permintaan Jokowi yang meminta semua pihak untuk menunggu pengumuman resmi KPU soal penghitungan suara.

“Jadi yang kita perlu jaga dan saya telah mengeluarkan perintah harian, kita jangan mengeluarkan dulu hasil-hasil seperti yang belum fix kecuali yang akan dilakukan dibuat oleh KPU,” ucap Mega.

Reporter: Sania Mashabi

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Daftar Pengurus IESPA Periode 2019-2024

Berikut ini susunan Pengurus Nasional IESPA 2019-2024

A. Dewan Pembina :

1. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia

2. Ketua Umum FORMI Nasional

B. Dewan Penasihat :

1. Hellen Sarita de Lima

2. Bambang R.E

3. Iskandar Z.A

C. Pengurus Harian

1. Ketua Umum : Eddy Lim

2. Sekretaris Jenderal : Prananda.I.A

3. Bendahara : Erwin

4. Wakil Sekretaris Jenderal : Willy Tjahyadi

5. Wakil Ketua Umum Bidang Bina Prestasi & Peningkatan Kapasitas : Erick Herlangga.

-Anggota Bidang Bina Prestasi & Peningkatan Kapasitas : Yuri Kurniawan, Richard Permana.

6. Wakil Ketua Umum Bidang Humas & Media: Bimo Setiawan

-Anggota Bidang Humas & Media : Steven Tjia

7. Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi : Romanus Sumaryo

-Anggota Bidang Organisasi : Bobby Christopher

8. Kepala Komite Wasit Nasional / Technical Delegate : Stanley Tjia.

9. Divisi Registrasi Keanggotaan : Widiarto

Sumber: IESPA

Game-Game E-Sports di Asian Games Belum Ditentukan

Jadi Penyelenggara Konser Putih, Abdee ‘Slank’ Serukan Jokowi 2 Periode

Jakarta – Abdee Negara atau lebih dikenal dengan sapaan Abdee Slank akan mengadakan Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju Bersama Gerakan #BarengJokowi. Abdee selaku penyelenggara mengatakan, konser ini juga bertujuan untuk mengajak segenap warga memilih Jokowi untuk 2 periode bersama cawapresnya Ma’ruf Amin.

“Konser ini lebih dari sekadar dukungan pemenangan. Ini merupakan sebuah perayaan atas hasil usaha dan kerja nyata dari kepemimpinan Pak Jokowi bersama semua masyarakat dalam membangun Indonesia menuju negara maju dan makmur. Konser ini juga menegaskan kalau Jokowi-Amin yang paling baik dan paling menjamin Indonesia tetap asik. Mari kita lanjutkan lagi sejarah ini untuk 5 tahun ke depan,” kata Abdee dalam keterangan tertulis Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Jumat (5/4/2019).

Konser ini akan diselenggarakan pada Sabtu (13/4) mendatang di Gelora Bung Karno (GBK). Abdee menjelaskan, para penggiat seni, ormas, hingga komunitas pendukung Jokowi-Amin akan kumpul menyerukan dukungan untuk 01.

Konser Putih akan dimulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jokowi-Ma’ruf Amin diagendakan hadir di Konser Putih, sebelum debat capres cawapres putaran ke lima di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat.

Abdee menjelaskan, gerakan mendukung paslon 01 juga didasari lantaran pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dianggap sudah menepati janji untuk membawa RI menjadi bangsa yang bermartabat. Sehingga gerakan #BarengJokowi dirasa harus dilanjutkan 2 periode.

“Inilah yang mendasari semangat, antusiasme dan dukungan masyarakat terhadap Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin terlihat semakin hari semakin membesar dengan banyaknya dukungan baru dari berbagai kelompok, kreasi konten dan aktivitas sosial secara suka rela dalam memberi dukungan untuk pasangan nomor urut 01 ini. Mulai dari membuat lagu dan videoklip sampai melakukan aktivitas ketuk pintu dari rumah ke rumah warga,” paparnya.

Sementara itu, Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, menyambut baik diselenggarakannya Konser Putih ini. Menurutnya, konser ini jadi wadah dari keinginan masyarakat dari berbagai kalangan dan komunitas yang ingin membantu dan memberikan dukungannya secara sukarela dalam bentuk Konser.

“TKN memfasilitasi penggunaan GBK untuk kebutuhan perhelatan akbar tersebut. Ini adalah bentuk dukungan TKN menyambut baik serta merespon inisiatif masyarakat bernama Gerakan #BarengJokowi yang ingin ikut berpartisipasi mendukung pemenangan Jokowi-Amin,” ujar Erick Thohir.

Kontribusi Abdee Slank dalam pemenangan Jokowi juga pernah terjadi dalam Konser Akbar ‘Salam 2 Jari’ di GBK pada 5 Juli 2014 silam. Konser tersebut merupakan momen penting bagi kemenangan pasangan Jokowi-JK.

“Saudara-saudara semua adalah pembuat sejarah, dan sejarah baru sedang kita buat. Itulah yang menjadi alasan mengapa saya berdiri di sini,” papar Jokowi pada konser Salam 2 Jari 2014 lalu.
(idn/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Resmi Berakhir, Periode Bulan Madu Solskjaer di MU

Solskjaer memulai karier kepelatihannya di Old Trafford dengan sempurna. Menggantikan Jose Mourinho pada 19 Desember, dia menorehkan delapan kemenangan beruntun di seluruh kompetisi, termasuk hasil positif atas Tottenham (Liga Inggris) dan Arsenal (Piala FA).

Dia menjaga rekor tidak terkalahkan menjadi 12 pertandingan. MU kemudian tumbang di hadapan Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Namun, Solskjaer menunjukkan sentuhan emasnya dengan memutar ketertinggalan 0-2 untuk mencapai perempat final kompetisi paling bergengsi antarklub itu.

Dia juga membawa The Red Devils meraih kemenangan pertama di Stamford Bridge, kandang Chelsea, sejak 2012 pada pertarungan Piala FA.

Catatan tersebut meyakinkan manajemen MU untuk memberinya jabatan permanen, Kamis (28/3/2019). Hasil negatif berturut-turut dari Arsenal (Liga Inggris) dan Wolverhampton (Piala FA) tidak menyurutkan keputusan tersebut.

“Mereka kini tidak boleh melakukan kesalahan lagi dalam perburuan tiket Liga Champions,” kata eks gelandang MU, Darren Fletcher.

Survei Terbaru Jokowi Vs Prabowo Versi 4 Lembaga Periode Februari-Maret 2019

Berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas elektabilitas Jokowidan Prabowo saat ini lebih tipis dibandingkan survei Litbang Kompas Oktober 2018. Elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini hanya selisih 11,8 persen. Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat perolehan suara 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Pada Oktober 2018 lalu, Litbang Kompas juga telah merilis elektabilitas dua pasangan capres. Saat itu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebanyak 52,6 persen sedangkan Prabowo- Sandiaga Uno 32,7 persen. Sebanyak 14,7 persen masih merahasiakan pilihannya. Saat itu, selisih suara keduanya masih 19,9 persen.

Disebutkan pula, penyebab menurunnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf karena sejumlah hal. Seperti perubahan pandangan atas kinerja pemerintah, berubahnya arah dukungan kalangan menengah atas, membesarnya pemilih ragu pada kelompok bawah dan persoalan militansi pendukung yang berpengaruh pada penguasaan wilayah.

Dengan mengasumsikan kelompok yang belum memutuskan dukungan pilihan (undecided voters) akan terbagi proporsional menurut perolehan survei, potensi kemenangan Jokowi-Ma’ruf 56,8 persen dan Prabowo-Sandi 43,2 persen. Disebutkan pula, penurunan suara Jokowi-Ma’ruf masih akan terjadi sebulan ke depan.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari-5 Maret 2019. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

Real Madrid vs Celta Vigo: Ujian Pertama Zidane di Periode Kedua

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid akan menjamu Celta Vigo di Estadio Santiago Bernabeu Stadium dalam lanjutan Liga Spanyol, Sabtu (16/3/2019). Ini merupakan pertandingan pertama Real Madrid bersama Zidane di periode kedua.

Setelah sembilan bulan ‘tidur’ dari persembunyian, Zidane memutuskan untuk kembali melatih Real Madrid. Dia merasa bersalah atas kegagalan yang dialami Los Blancos, sebutan Real Madrid, pada musim ini.

Zidane pun membidik 11 pertandingan terakhir di La Liga, yang disiarkan oleh SCTV, dengan kemenangan. Celta Vigo akan menjadi langkah pertama Zidane di periode keduanya bersama Isco Alcaron dan kawan-kawan.

“Setelah tiga hari saya melihat mereka baik-baik saja, dengan semangat tinggi. Masih ada 11 laga lagi untuk dapat mengakhiri musim kompetisi dengan baik dan para pemain merasa gembira,” kata Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

“Kami latihan dengan sangat bagus, ini dilihat dari segi intensitas dan semangat, dan itulah yang paling penting. Merupakan satu tahun yang sangat sulit, tapi ada beberapa hal bagus yang telah dilakukan. Kami ingin memulai dengan baik saat menghadapi Celta dengan memenangkan laga itu,” ujar pelatih Real Madrid asal Prancis tersebut.

Bank Mandiri Guyur Promo Menarik di Japan Travel Fair 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, sebagai mitra resmi pendukung jalannya Japan Travel Fair 2019, persiapkan penawaran menarik bagi nasabah yang akan berlibur ke Jepang.

Hal ini dilakukan karena Jepang masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri mengatakan, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran menarik bagi nasabah yang bermimpi jalan-jalan ke Jepang.

“Jumlah transaksi kartu Mandiri di Jepang itu capai 37 persen pada tahun 2018. Karena banyak penggunanya, kami memutuskan untuk memberikan promo dan diskon kepada nasabah yang bermimpi berlibur ke Jepang,” ungkapnya di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Ada banyak keuntungan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit Bank Mandiri di pameran Japan Travel Fair 2019, di antaranya tiket dengan harga spesial dengan cashback hingga Rp 5 juta, program #spend&get hingga Rp 2 juta dan tiket Ed Sheeran.

Selain itu, cicilan 0 persen hingga 20 bulan, diskon hingga 50 persen dengan fiestapoin, Lelang Fiestapoin dengan Tiket PP ke Jepang dan masih banyak yang lainnya.

Japan Travel Fair 2019 ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka dan mulai dibuka hari ini dan berakhir pada 3 Maret 2019.

2 dari 2 halaman

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 820 Triliun

Sebelumnya, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyalurkan kredit sebesar Rp 820,1 triliun sepanjang 2018. Jumlah tersebut tumbuh 12,4 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, dari capaian itu, pembiayaan produktif perseroan tercatat sebesar Rp 558,7 triliun atau 77,71 persen dari portofolio.

“Kinerja ini pun kemudian berdampak pada kenaikan nilai aset konsolidasi perseroan menjadi Rp 1.202,3 triliun pada akhir tahun lalu,” kata Panji dalam acara paparan publik laporan keuangan, di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Senin 28 Januari 2019.

Panji menambahkan, peningkatan kredit produktif tercermin dari penyaluran kredit modal kerja (bank only) yang tumbuh 9,58 persen yoy menjadi Rp 334,12 triliun dan kredit investasi  yang mencapai Rp 224,6 triliun, naik 11,69 persen yoy.

“Pertumbuhan kredit tersebut terutama didorong oleh dua segmen utama, yakni Corporate dan Retail, terutama kredit micro dan consumer,” ujar dia.

Dia mengungkapkan pada 2018, pembiayaan segmen korporasi Bank Mandiri mencapai Rp 325,8 triliun, naik 23,3 persen yoy. 

“Khusus ke sektor infrastruktur, Bank Mandiri membukukan kenaikan pembiayaan (baki debet) yang signifikan sebesar 29,3 persen secara yoy menjadi Rp 182,3 triliun, atau 63,9 persen dari total komitmen Rp 285,4 triliun yang telah diberikan,” ungkapnya.

Dari realisasi itu, penyaluran sektor transportasi tercatat sebesar Rp 39,5 triliun, migas dan energi terbarukan Rp 36,6 triliun, tenaga listrik Rp 34,0 triliun, konstruksi Rp 20,9 triliun, jalan Rp 15,9 triliun, telematika Rp 14,7 triliun, perumahan rakyat & fasilitas kota Rp 10,0 triliun, dan infrastruktur lainnya sebesar Rp 10,8 triliun. 

Sementara itu, kredit segmen retail perseroan tumbuh 10,52 persen yoy menjadi Rp 246,6 triliun. Khusus segmen mikro, perseroan telah memberikan kredit senilai Rp102,4 triliun, tumbuh 23,0 persen dari tahun sebelumnya.

“Adapun kredit konsumer yang disalurkan Bank Mandiri pada tahun lalu mencapai Rp 87,4 triliun, atau tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar dia.  

Sebagai realisasi komitmen pada tujuan pemerataan pembangunan, sepanjang 2018 Bank Mandiri telah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 17,58 triliun, atau mencapai 100,11 persen dari target. 

“Secara kumulatif, hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 65,91 triliun kepada lebih dari 1,25 juta debitur yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank Mandiri berkeinginan untuk menumbuhkan bisnis perseroan secara berkesinambungan dengan memperkuat struktur pendanaan melalui peningkatan dana murah, menjaga pertumbuhan biaya operasional serta penyaluran kredit yang lebih prudent baik di segmen Wholesale dan Retail,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Keluarga Uno di Gorontalo Dukung Jokowi, BPN Prabowo: Acting Saja

Jakarta – Capres petahaha Joko Widodo mendapat dukungan dari keluarga Uno, yang merupakan keluarga dari cawapres saingannya, Sandiaga Uno. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga pun mengaku tak masalah.

“Uno itu kan nama family name. Besar sekali. Sangat besar sekali. Seperti Luhut Binsar Pandjaitan. Apa semua marga Pandjaitan mendukung Pak Luhut? Kan nggak harus. Jadi biasa, kita kan nggak bisa mengontrol pilihan politik keluarga,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dian Fatwa kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

“Ini uno yang mana? bagian tengah, depan belakang?” imbuhnya.


Dian mengatakan perbedaan pilihan politik merupakan hal yang biasa. Hal itu menunjukkan warna demokrasi yang dewasa di Indonesia. Namun, menurutnya, hal itu tak menutupi banjirnya dukungan masyarakat kepada Sandiaga.

“Ini warna demokrasi. Kita nggak harus sama. Ini bagaimana berdemokrasi secara dewasa. Tapi pendukung Mas Sandi ini lebih besar dari yang nggak (dukung). Mas Sandi ini luar biasa, dari pengusaha yang tidak dikenal, jadi cawagub, hingga cawapres,” katanya.

“Kalau mas Sandi muncul, (pendukung) histeris. Saya nggak kecil hati. Ini dinamika dalam keluarga, bukti demokrasi dalam keluarga dan Indonesia,” imbuh Dian.

Selain itu, menurut Politikus PAN itu, dukungan keluarga Uno di Gorontalo itu tak mewakili keluarga Uno seluruhnya. Lagipula, dia meyakini, dukungan keluarga Uno ke Jokowi hanyalah sandiwara semata.

“Kalau misalnya ada yang mendeklarasikan ya bagus, tapi saya tahu keluarga Uno yang di partai Koalisi Indonesia Maju, punya hubungan keluarga dan ‘masa ponakan sendiri nggak dicoblos, masa sepupu sendiri nggak dicoblos’ gitu lho. Kalaupun ada yang mendukung, itu cuma make up aja,” katanya.

“Saya tahu mereka terikat dengan acting bahwa karena partainya berkoalisi dengan itu, jadi tentu saja harus tampak di publik mendukung pasangan Jokowi. Saya tahu itu. Tapi kami biasa saja, ini sebuah realita, kalau tidak, kita tahu lah, kalau nggak dosa-dosa politik akan dibuka, atau diproses secara hukum, karena hukum sekarang kan tumpul ke atas tajam ke bawah,” imbuh Dian.

Seperti diketahui, keluarga Uno di Gorontalo mendeklarasikan mendukung Jokowi untuk menjadi presiden sekali lagi. Jokowi pun hadir dalam deklarasi dukungan itu.

Perwakilan keluarga Uno, Rudi Hartono Uno mengungkap mengapa tak mendukung saudaranya di Pilpres. Sepanjang pembacaan deklarasi yang digelar di Hotel Maqna, Gorontalo, Kamis (28/2) malam itu, teriakan Jokowi menggema ke seluruh ruangan.

“Mencermati kinerja pemerintah Bapak Presiden Joko Widodo selama hampir satu periode ini, terutama perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo, yang sungguh-sungguh telah kami rasakan selama ini, maka kami keluarga Uno telah bersepakat untuk mendukung sekali lagi Bapak Jokowi sebagai Presiden RI,” ungkap Rudi Uno.

“Memang kami menyadari ada salah satu bagian dari keluarga besar kami yang juga ikut dalam kontestasi pemilihan presiden/wakil presiden saat ini. Namun dengan besar hati, kami harus menyampaikan bahwa kepentingan bangsa dan negara sungguh jauh lebih penting dari sekadar kepentingan keluarga,” sambungnya.
(mae/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Solskjaer Akan Kembali Mainkan Wonderkid MU

Jakarta Manajer interim Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, mengisyaratkan bakal kembali memainkan wonderkid James Garner. Sebab, Setan Merah sedang mengalami krisis gelandang. 

Garner menjadi debut sebagai pemain profesional saat MU menang 3-1 atas Crystal Palace, Rabu (27/2/2019). Pemain berusia 17 tahun itu masuk menggantikan Fred pada menit ke-89.

“Kami telah menantikan kesempatan memainkan Garner. Tentu saja, cedera Nemanja Matic dan Ander Herrera membuat peluang Garner bermain lebih besar,” kata Solskjaer.

“Akan tetapi, dia berpotensi menjadi gelandang tengah hebat. Kita akan melihatnya kembali bermain. Kami mungkin akan memainkannya saat melawan Southampton pada akhir pekan ini,” lanjut Solskjaer.

Sejak ditangani Solskjaer, MU telah memberikan debut profesional kepada dua pemain. Selain Garner, sebelumnya Tahith Chong juga menjalani debut ketika melawan Reading di Piala FA, awal Januari 2019.

“Kami adalah Manchester United. Kami memiliki skuad berkualitas dan akan terus memunculkan pemain. Setiap tim di liga pasti akan menghadapi masalah cedera pada periode krusial seperti sekarang,” ujar Solskjaer.

Sumber: manutd.com

Jokowi vs Prabowo di 5 Survei Terakhir

Jakarta – Hari pencoblosan pemilu presiden 2019 tinggal menghitung hari, alias kurang dari 50 hari lagi. Mengacu pada survei, diketahui sejumlah orang telah menentukan pilihannya, sedangkan sejumlah orang lain masih berstatus ‘swing voters’.

Dalam lima survei terakhir, calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, unggul dari rivalnya yakni capres Prabowo Subianto. Survei-survei tersebut digelar pada periode Januari-Februari 2019.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, Kamis (28/2/2019), lima survei terakhir yang mengukur elektabilitas Jokowi dan Prabowo antara lain Survei Cyrus Network, Indomatrik, Celebes Research Center (CRC), Median, dan Charta Politika.
Di hasil survei Cyrus Network, CRC, dan Charta Politika, Jokowi meraih elektabilitas di atas 50 persen. Sedangkan di survei Indomatrik dan Median, elektabilitas Prabowo dan Jokowi terpaut lebih tipis dibanding tiga survei lain.
Berikut hasil lima survei tersebut selengkapnya:

1. Survei Cyrus Network

Waktu: 18-23 Januari 2019
Jumlah responden: 1.230
Hasil:
– Joko Widodo-Maruf Amin: 57,5 persen.
– Prabowo Subianto-Sandiaga: 37,2 persen
– Belum memutuskan dan tidak menjawab: 5,3 persen.

2. Survei Indomatrik

Waktu: 21-26 Januari 2019
Jumlah responden: 1.800
Hasil:
– Joko Widodo-Ma’ruf Amin 47,97%
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 44,04%
– Swing voters 7,99%

3. Survei Celebes Research Center (CRC)

Waktu: 23-31 Januari 2019
Jumlah responden: 1.200
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin 56,1%
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 31,7%
– Tidak tahu atau tidak menjawab 12,2%

4. Lembaga Survei Median

Waktu: 6-15 Januari 2019
Jumlah responden: 1.500
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin: 47,9%
– Prabowo-Sandiaga: 38,7%
– Undecided voters: 13,4%

5. Survei Charta Politika

Waktu: 22 Desember 2018-8 Januari 2019
Jumlah responden: 2.000
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin: 53,2%
– Prabowo-Sandiaga: 34,1%
– Belum memutuskan/tidak menjawab: 12,7%
(rna/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>