Pengacara Bowo Sidik Sebut Amplop Serangan Fajar Atas Perintah Nusron Wahid

Liputan6.com, Jakarta – Amplop serangan fajar calon anggota legislatif Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso rencananya akan dibagikan di daerah Jawa Tengah terkait dengan pencalonannya.

Hal itu disebut atas perintah Nusron Wahid selaku Ketua Pemenangan Pemilu Jawa dan Kalimantan.

“Ini langsung disampaikan Bowo ke penyidik. Ya karena dia diperintah ya dia bilang diperintah,” tutur Pengacara Bowo Sidik Pangarso, Saut Edward di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Menurut Saut, arahan tersebut bertujuan sama, yakni untuk membawa Nusron Wahid lolos dalam pencalonannya sebagai caleg.

“Supaya banyak yang memilih mereka berdua. Karena di dapil yang sama,” jelas dia.

Saut menyatakan, amplop serangan fajar tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019. Sejauh ini, Bowo mengaku menyiapkan sebanyak 400 amplop.

“Bahkan katanya yang 600 ribu yang menyiapkan Nusron Wahid. Dia 400 ribu amplopnya. Pak Wahid 600 ribu. Pak Bowo 400 ribu amplop,” kata Saut.

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso sebagai tersangka kasus dugaan suap distribusi pupuk. Selain Bowo, KPK juga menjerat dua orang lainnya yakni Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasti, dan pegawai PT Inersia bernama Indung.

Bersumpah, Kapolres Garut Bantah AKP Sulman Soal Perintah Dukung Jokowi

Bandung – Mantan Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz mengungkap apa yang disebutnya sebagai perintah dari Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengenai adanya perintah untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Budi bersumpah, membantah kesaksian Sulman.

“Demi Allah. Sumpah saya nggak bisa berdiri kalau saya ngomong gitu,” tutur Budi saat dimintai konfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (31/3/2019).

Sedangkan mengenai mutasi Sulman, menurut Budi, itu merupakan mutasi biasa. Budi menyatakan mutasi Sulman sama sekali tidak berkaitan dengan foto-foto antara Sulman dengan tokoh pendukung Prabowo.

“Kalau mutasi, mutasi dia itu mutasi yang wajar. Nggak ada mutasi yang aneh,” tutur Budi.

Siang tadi, AKP Sulman mendatangi lembaga bantuan hukum Lokataru. Kepada media massa di Lokataru, Sulman mengaku pernah mendapatkan perintah dari atasannya untuk memenangkan pasangan calon 01 di Pilpres.

Sebelum berbicara mengenai perintah itu, Sulman lebih dulu membahas mengenai mutasi dirinya dari pos orang nomor satu di Polsek Pasirwangi. Menurut Sulman, dia dipindahkan karena pernah berfoto dengan tokoh pemenangan pasangan calon 02.

Sulman juga mengaku pernah diperintahkan AKBP Budi selaku Kapolres Garut untuk mendukung paslon 01 melalui forum rapat dan diancam mutasi bila paslon 01 kalah di wilayahnya.

“Dari saya kepada kami adalah Pak Kapolres. Saya nggak tahu apakah perintah itu secara estafet dari atas atau tidak. Yang jelas saya diperintahkan oleh beliau. Agar kita diperintahkan mendukung paslon 01, dan ada ancaman juga kalau seandainya paslon 01 di wilayah masing-masing,” kata Sulman.
(fjp/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

[Cek Fakta] Hoaks Perintah Bupati Sampang Rampok Suara Prabowo

Dari penelusuran, kabar tentang Bupati Sampang Slamet Junaidi yang meminta jajarannya merampok suara Prabowo pada hari pencoblosan ternyata tidak benar.

Menurut Slamet Junaidi, kabar tersebut adalah hoaks. Ia mengaku tidak pernah memberikan pernyataan itu.

Klarifikasi ini bisa dilihat dalam sebuah artikel di beritajatim.com dengan judul ‘Sebar Hoax Tentang Bupati Sampang, Honorer Kemenag Berurusan Dengan Polisi‘.

Sampang (beritajatim.com) – Untuk memerangi berita bohong atau hoax, Bupati Sampang H.Slamet Junaidi sepertinya tidak main-main. Terbukti baru-baru ini, satu orang penyebar hoax melalui facebook yang diketahui sebagai tenaga honorer di salah satu madarasyh di bawah Kementrian Agama (Kemenag) wilayah Kecamatan Robatal, dipolisikan.

Hal itu, disampaikan Bupati Sampang saat memberikan sambutan dalam acara Pers Gathering di pendopo Sampang, Selasa (26/3/2019) malam. “Jabatan Bupati merupakan jabatan politik dan boleh saja memiliki afiliasi politik pada salah satu calon, kalau ASN itu harus netral, namun yang parah ada tuduhan hoax satu akun di media sosial yang menuduh Bupati mengkondisikan kepala desa untuk pemenangan calon presiden tertentu, saya sebagai Bupati Sampang sangat dirugikan dan saat ini pemilik akun tersebut sudah diproses secara hukum di Kepolisian Polres Sampang,” kata Bupati Sampang, yang akrab disapa H.Idi atau Ba Idi.

Lebih lanjut Bupati Sampang menceritakan, setelah ditelusuri aparat kepolisian pemilik akun itu ternyata tenaga honorer di salah satu Madrasah di Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang. “Saat pemilik akun dipanggil polisi nangis-nangis ke saya, karena berita hoax tersebut sudah menyebar kemana-mana, tetap proses hukum sesuai aturan yang berlaku,” imbuhnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Sampang, Ipda Eko Puji Waluyo belum bisa memberikan informasi apapun terkait penanganan kasus tersebut, karena masih menunggu instruksi pimpinan untuk memberikan pernyataan resmi. “Saat ini pimpinan ada agenda rapat di Polda Jatim,” ujarnya.

Ditempat terpisah Faisol Ramdhani Humas Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Sampang, membenarkan, bahwa ada salah satu pegawai tenaga honorer Kemenag setempat inisial AR tiga hari lalu berada di kantor polisi. “Terkait penanganaan kasus hukumnya yang saat ini berjalan, kami dari Kemenag Sampang menyerahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian,” pungkasnya.

Sementara Slamet Junaidi merasa kesal dengan fitnah yang dialamatkan ke dirinya. Junaidi pun sudah mengambil langkah hukum atas peristiwa itu.

Seperti yang diberitakan koranmadura.com dengan judul ‘Merasa Dirugikan Konten Hoaks, Bupati Sampang Polisikan Guru Sukwan Kemenag‘.

SAMPANG, koranmadura.com – Kesal karena jadi korban penyebaran konten hoaks di media sosial Facebook, Bupati Sampang H Slamet Junaidi melaporkan warganya sendiri ke polisi.

H Slamet Junaidi menyatakan, setelah dilakukan penelusuran oleh pihak polisi akun FB tersebut diketahui milik salah seorang guru sukwan di bawah naungan Kemenag Sampang. Bahkan pihaknya membeberkan ciri-ciri penyebar hoaks tersebut.

“Pemilik akun FB itu orang Robatal, D3 ITS dan tenaga honorer di salah satu Madrasah di wilayah Robatal. Saat pemilik akun dipanggil polisi, orangnya nangis-nangis ke saya, karena berita hoaks tersebut sudah menyebar kemana-mana, maka tetap proses hukum sesuai aturan yang berlaku,” tutur Bupati Sampang, Slamet Junaidi kepada puluhan awak media saat acara Pers Gathering di pendapa, Selasa malam, 26 Maret 2019.

Pihaknya mengaku jabatan Bupati merupakan jabatan politik, sehingga menurutnya tidak ada persoalan manakala berafiliasi politik dengan salah satu calon.

“Saya berangkatnya dari politik. Berbeda dengan ASN, kalau ASN harus netral. Namun yang parah ada tuduhan hoaks satu akun di media sosial yang menuduh Bupati mengkondisikan kepala desa untuk pemenangan calon presiden tertentu. Saya sebagai Bupati Sampang sangat dirugikan dan saat ini pemilik akun tersebut sudah diproses secara hukum di Kepolisian Polres Sampang,” terangnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Sampang, Ipda Eko Puji Waluyo belum bisa memberikan informasi apapun terkait penanganan kasus tersebut, karena masih menunggu instruksi pimpinan untuk memberikan pernyataan resmi. “Saat ini pimpinan ada agenda rapat di Polda Jatim,” ujarnya.

Perbaikan Jalan TKP Model Mandi Lumpur Atas Perintah Presiden

Ogan – Aksi model mandi lumpur di jalan rusak mengusik hati Presiden Jokowi. Presiden menurunkan Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jenderal Bina, Marga Atianto bersama Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V, Ki Agus Syaiful Anwar langsung meninjau lokasi Jalan Batumarta-Baturaja yang rusak parah.

“Kami ingin membantu. Paling tidak ini bisa fungsional, karena sudah viral dan Pak Presiden konsen perbaikan di jalan rusak ini,” kata Atianto kepada detikcom, Selasa (5/3/2019).

Untuk perbaikan dilakukan mulai dari beberapa titik yang rusak parah dan viral di media sosial. Pebaikan dilakukan secara fungsional untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan jalan semakin rusak parah.

“Kita akan perbaiki yang viral-viral, yang penting fungsional, kubangan kita akan agregat sama lapis aspal. Yang penting masyarakat tidak celaka dan jalan tidak tambah rusak,” katanya.

“Langsung dikerjakan fungsional, tetapi nanti selesai satu bulan dan akan kami kerjakan yang ada kubangan. Setelah itu baru dilanjutkan oleh Pemkab,” katanya lagi.

Terkait kerusakan dan kubangan yang di sepanjang akses jalan Soeharto, Atianto menilai karena adanya genangan air dan tidak adanya drainase. Dengan begitu air akan tergenang dan menyebabkan jalan cepat rusak.

“Ya karena genangan air tadi, ada banyak kendaraan berat melewat jalan ini. Tetapi sebenarnya perbaikan jalan wewenang di kabupaten, tapi semua pembinaan jalan adalah Kementerian PU PR,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, jalan rusak itu berada tepat di daerah Lubuk Raja dan menjadi akses penghubung masyarakat menuju pusat pemerintahan di Baturaja. Bahkan jalan itu setiap hari dilalui anak sekolah, petani, dan masyarakat sekitar.

Para anak muda yang kesal memprotes jalan rusak dengan cara-cara yang unik. Mereka berpose layaknya model di jalan rusak digenangi air. Ada yang berpose memancing, ada yang berpose romantis seolah duduk di tepi danau, ada pula yang mandi lumpur.

Perbaikan Jalan TKP Model Mandi Lumpur Atas Perintah PresidenFoto: Putri, model jalan rusak di Sumsel (Robby/Putri)

Aksi mereka cukup berhasil karena jepretannya mendapat banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi foto itu, yang di-posting di media sosial. Kini jalan itu pun mulai diperbaiki.

(ras/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Bersyukur Kepada Tuhan, Bisa Bahagia dan Merasa Hidup Cukup

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan sehari-hari, terdapat dua hal yang datang silih berganti sebagi pelengkap hidup yaitu kesenangan dan kesusahan. Karena tak ada orang yang selamanya senang atau susah terus menerus.   

Di saat Anda merasakan kesenangan, diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat di mana dulu pernah merasakan susah. Begitu juga saat merasakan kesusahan. Maka ingatlah bahwa akan datang kesenangan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” – (QS Alam Nasyrah : 5 – 6).

Saat Anda sedang di masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Allah berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Banyak nikmat yang dianugerahkan Tuhan kepada umat-Nya yang merupakan pemberian yang terus menerus dan bermacam-macam bentuknya, baik lahir maupun batin.

2 dari 5 halaman

Pengertian Beryukur

Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan.

Istilah syukur sendiri menurut agama, sebagaimana yang telah diajabarkan oleh Ibnul Qayyim:

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, 2/244).

Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, selalu bersyukur saat Anda sedang diberi nikmat oleh Allah SWT, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang selalu bersyukur niscaya Tuhan akan menambah kenikmatan tersebut.

Hal ini sebagaimana firman Tuhan di dalam QS Ibrahim ayat 7 yang memiliki arti:

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.”

3 dari 5 halaman

Beryukur adalah salah satu dari ibadah

Tuhan dalam banyak ayat di Al-Quran memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah SWT. Allah SWAT pun berfirman:

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku janganlah ingkar.” (QS. Al Baqarah:152).

Tuhan juga berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah:172).

4 dari 5 halaman

Cara Agar Bisa Bersyukur

1. Senantiasa berterima kasih kepada orang lain

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.

2.  Merenungkan nikmat-nikmat Tuhan

Di dalam Al Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan pun berfirman:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-NAhl:78).

3. Qana’ah

Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun, maka begini Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“JAdilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur”. (HR. Ibnu Majah no.3417, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

4. Sujud Syukur

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur.

5.  Berdzikir

Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah Swt.

5 dari 5 halaman

Cara Bersyukur Kepada Tuhan

Bersyukur kepada Tuhan dapat dilakukan dengan empat cara. 

1. Bersyukur dengan Lisan

Cara bersyukur kepada Tuhan pertama yaitu dengan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ adalah hal minimal yang bisa dilakukan. Bila hati seseorang telah sangat yakin bahwa segala nikmat berasal dari Allah SWT. Anda akan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Oleh karena itu, saat Anda mendapatkan nikmat dari seseorang, maka lisan tetap harus memuji Tuhan. Karena tanpa disadari, orang tersebut merupakan perantara Tuhan yang sengaja didatangkan untuk Anda.

2. Bersyukur dengan Hati

Cara bersyukur kepada Tuhan yang kedua adalah Anda perlu menyadari bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan dari Tuhan.

Cara bersyukur kepada Tuhan dengan hati bisa membawa seseorang kepada sikap untuk menerima karunia-Nya.

3. Bersyukur dengan Tindakan

Aktivitas fisik atau perbuatan nyata terkait bersyukur bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Baik melibatkan orang lain atau hanya melibatkan diri sendiri.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Tuhan sangat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya Allah SWT senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-Nya pada hamba-Nya,” sabda Rasulullah.

4. Merawat Kenikmatan

Saat Anda mendapatkan nikmat dari tuhan, usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini seperti menjaga amanah dari Allah SWT. Misalnya saja Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Merawat kenikmatan ini merupakan bentuk rasa syukur karena telah diberikan tubuh yang sehat oleh tuhan.

Striker Chelsea Klaim Sarri Tetap Didukung Pemain

London – Posisi Maurizio Sarri di mata pemain Chelsea diyakini aman. Hal ini disampaikan oleh striker The Blues, Pedro.

Para pemain Chelsea dalam beberapa tahun terakhir disebut memiliki pengaruh besar pada masa depan manajer di Stamford Bridge. Terbukti beberapa manajer tak bisa bertahan lama karena disebut berseteru dengan beberapa pemain The Blues.

Sebut saja Jose Mourinho, kemudian ada juga suksesornya yakni Antonio Conte.

Sarri disebut menghadapi masalah serupa. Indikasi akan adanya masalah makin menguat setelah Kepa Arrizabalaga dengan berani membangkang perintah Sarri di laga final Piala Liga Inggris lawan Manchester City.

 Namun Pedro dengan tegas membantah kabar itu. Ia mengatakan semua pemain kompak berada di belakang manajer asal Italia itu.

“Kami selalu bersamanya. Kami selalu berbicara tentang semua masalah yang kami miliki,” kata Pedro, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/2/2019). 

“(Sarri) harus membuat keputusan (dengan Kepa). Ia telah melakukan itu dan kami hanya menghormatinya karena kami selalu menghormati semua manajer,” tegas pemain Chelsea itu.

2 dari 2 halaman

Harus Bersatu

Sebelumnya bintang Chelsea yakni Eden Hazard juga telah menyuarakan dukungan kepada Sarri.

“Kami semua bersama dengan pelatih. Saya tahu bulan ini sedikit berat, tapi kami harus bersatu, tetap bersama, jika kami inign melakukan sesuatu pada akhir musim,” ujar Hazard dalam situs resmi klub.

“Pada saat ini, kami sedikit mengalami tekanan karena para fans ingin kami berada di empat besar, tapi kami adalah Chelsea dan mampu mengatasi tekanan itu. Kami akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

11 Anggotanya Jadi Tersangka Ricuh Harlah NU, Ini Kata FPI

11 Anggotanya Jadi Tersangka Ricuh Harlah NU, Ini Kata FPI Munarman (Foto: dok. detikcom)

Jakarta – Sebelas anggota Front Pembela Islam (FPI) ditetapkan sebagai tersangka terkait kerusuhan saat tablig akbar dan peringatan Harlah NU ke-93 di Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut). Kuasa hukum FPI, Munarman, mengatakan ada beberapa hal yang memicu kerusuhan tersebut.

“Berdasarkan informasi dari lapangan, peristiwa tersebut bermula dari, satu, ada kegiatan kampanye terselubung dengan pembagian sembako dan pesan mengajak memilih pasangan tertentu,” kata Munarman lewat keterangannya, Kamis (28/2/2019).

“Dua, isi ceramah dari salah satu penceramah yang mengkampanyekan paslon petahana memfitnah kelompok lain sebagai radikal intoleran dan berbahaya, meng-ghibah orang, mendukung pembakaran bendera tauhid, berselawat dengan nada dangdut, dan lain sebagainya,” sambungnya.


Munarman mengatakan hal itu membuat masyarakat gerah atas kegiatan kampanye terselubung yang disampaikan salah satu penceramah. Hingga akhirnya datang sejumlah orang ke acara NU tersebut.

Kerusuhan pun pecah dan polisi mengamankan beberapa orang dari lokasi. Munarman menganggap lucu saat orang yang ditangkap langsung dikaitkan dengan FPI.

“Kegerahan dan protes dari masyarakat justru direspons oleh aparat keamanan dengan melakukan tindakan penangkapan. Yang paling lucu, penangkapan tersebut langsung dikaitkan dengan FPI dan dipropagandakan serta di-labeling ke organisasi FPI. Padahal kehadiran mereka yang ditangkap tersebut adalah murni sebagai masyarakat dan umat Islam. Bukan kegiatan organisasi,” ujar dia.

Munarman mengatakan tim advokasi FPI Sumut sedang menginvestigasi lebih lengkap peristiwa tersebut. Munarman meminta FPI tak dikaitkan dengan peristiwa tersebut. Dia berharap hukum dijalankan secara berkeadilan.

“Kami ingatkan kepada seluruh pihak, agar jangan terus-terusan melakukan labeling dan framing terhadap FPI. Perbuatan pidana adalah perbuatan yang bersifat individual, bukan perbuatan organize crime. Dan kami serukan agar aparat hukum bersikap profesional dalam menegakkan hukum yang berkeadilan. Bukan sekadar law enforcement but without justice and without equity,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, tablig akbar, doa bersama, dan peringatan Harlah NU ke-93 digelar di Lapangan Sri Mersing, Tebing Tinggi, pada Rabu (27/2) pukul 09.00 WIB. Sekitar pukul 11.44 WIB, sejumlah orang masuk ke dalam lokasi dan meminta acara dibubarkan karena dianggap sesat.

Massa FPI datang mengenakan baju bertuliskan tagar 2019 ganti presiden. Mereka juga meneriakkan ‘2019 ganti presiden’. Aparat yang bertugas di lokasi sempat mengingatkan bahwa acara itu merupakan tablig akbar dan HUT NU. Massa juga diminta tidak membuat gaduh dan keributan.

Polisi awalnya menangkap delapan orang yang diduga terlibat dalam keributan. Kasus ini dikembangkan dan tiga orang lain ditangkap.

“Jadi seluruhnya 11 orang, dari hasil gelar perkara terpenuhi unsur pidananya, kemudian ditingkatkan menjadi tersangka. Hari ini dikeluarkan sprin (surat perintah) penahanan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja saat dihubungi detikcom, Kamis (28/2).
(jbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gara-Gara Kampanye di Sekolah, Menteri Pendidikan Brasil Dikecam

Liputan6.com, Rio de Janeiro – Menteri Pendidikan baru Brasil, Ricardo Velez Rodriguez, dipaksa mundur secara tak terhormat setelah ia meminta semua sekolah di negara itu untuk memfilmkan para siswanya menyanyikan lagu kebangsaan di depan bendera nasional dan membaca slogan kampanye presiden terpilih, Jair Bolsonaro.

“Namun saya memahami kealpaan itu,” kata Rodriguez pada hari Selasa, sehari setelah kementerian pendidikan mengirimkan email instruksi, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (27/2/2019).

“Warga Brasil! Mari kita sambut wajah baru dan menerapkan pendidikan berkualitas untuk dikembangkan di sekolah kita,” tulis surat elektronik tersebut, yang berakhir dengan slogan kampanye Bolsonaro: “Brasil di atas segalanya, Tuhan di atas semua orang.”

Surel tersebut meminta seluruh siswa sekolah untuk membaca surat tersebut dan menyanyikan lagu kebangsaan pada hari pertama masuk sekolah, setelah liburan musim panas usai pada akhir Januari. Hasil rekaman pun kemudian dikirimkan ke pihak kementerian.

Kepala sekolah dan pakar pendidikan mempertanyakan logika dan legalitas mandat tersebut, mengingat sistem pendidikan Brasil sedang menghadapi masalah besar, termasuk infrastruktur yang hancur, kekurangan guru, dan tingkat buta huruf yang tinggi.

“Ini tidak benar. Sekolah-sekolah dibebani dengan banyak pekerjaan, ribuan masalah, lalu kita diminta setopa dan melakukan ini?” kata Rosana Lima, seorang asisten kepala sekolah di sekolah menengah Amaro Cavalcanti di Rio de Janeiro. “Kamu (menteri pendidikan) melakukan propaganda pemerintah.”

Namun, departemen pendidikan negara bagian Pernambuco menolak untuk mematuhi permintaan Rodriguez. “Apa yang dibutuhkan Brasil … adalah pakta sejati dalam mencari pembelajaran untuk anak-anak dan remaja.”

“Banyak sekolah yang bangunannya tak layak dan hancur berkeping-keping,” seru Pedro Mara, seorang kepala sekolah menengah di kota Belford Roxo di negara bagian Rio de Janeiro. “Kami tidak punya banyak guru.”

Namun menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan, Keluarga dan Hak Asasi Manusia Brasil, Damares Alves, menyebut bahwa langkah Rodriguez adalah bagian dari gerakan untuk memulihkan patriotisme, cinta lagu kebangsaan dan bendera negara.

Olavo Nogueira Filho, direktur kebijakan pendidikan untuk organisasi nirlaba Everyone For Education (Todos Pela Educação) mengatakan, adalah sebuah tindakan ilegal untuk memfilmkan anak-anak tanpa izin dari orangtua atau wali mereka.

“Fokus menteri pendidikan harus pada masalah pendidikan Brasil yang perlu ditangani segera. Kami tidak bisa membuang energi untuk masalah sepele seperti ini,” pungkas Filho.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bikin Kebijakan Pertama, Presiden Baru Brasil Menekan Kelompok Minoritas

Di hari pertama memerintah, presiden baru Brasil yang berasal dari sayap kanan, Jair Bolsonaro, mengeluarkan perintah eksekutif untuk menargetkan kelompok-kelompok minoritas negara itu, termasuk di dalamnya pribumi yang merupakan keturunan budak. 

Bolsonaro bertindak cepat mewujudkan janji kampanyenya yang akan merombak banyak aspek kehidupan di negara demokrasi terbesar di Amerika Latin itu. demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis, 3 Januari 2019.

Salah satu kebijakan yang dirilis pada Selasa malam itu disebut akan menguntungkan para sekutunya di sektor agribisnis, yang telah lebih dulu mengkritik pemberian petak besar tanah kepada kelompok-kelompok masyarakat adat setempat.

Bolsonaro diketahui telah mengalihkan tanggung jawab untuk mengurus wilayah adat dari Kementerian Kehakiman ke Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian yang baru, Tereza Cristina, adalah bagian dari kaukus agribisnis di majelis rendah Brasil, yang telah menentang tuntutan hak tanah dari masyarakat pribumi.

Keputusan sementara, yang akan berakhir kecuali diratifikasi dalam waktu 120 hari oleh Kongres Brasil, menanggalkan kekuasaan atas keputusan klaim tanah dari badan urusan adat FUNAI, sebelumnya di bawah Kementerian Kehakiman.

FUNAI, yang juga mengawasi inisiatif lain untuk masyarakat adat, seperti perawatan kesehatan, perumahan dan pelestarian bahasa, akan dipindahkan ke kementerian baru untuk keluarga, wanita dan hak asasi manusia.

Rencana tersebut juga menggerakkan Dinas Kehutanan Brasil, yang mempromosikan pemanfaatan hutan lestari yang saat ini terkait dengan Kementerian Lingkungan Hidup, untuk kemudian berada di bawah kendali Kementerian Pertanian.

Selain itu, keputusan tersebut menyatakan bahwa Kementerian Pertanian akan bertanggung jawab atas pengelolaan hutan publik.

Spanduk Jokowi Picu Ricuh di Acara Prabowo, Ini Respons TKD DIY

Spanduk Jokowi Picu Ricuh di Acara Prabowo, Ini Respons TKD DIY Ricuh di Yogya (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Polisi melepas tembakan peringatan saat terjadi kericuhan di dekat kegiatan kampanye Prabowo di Grand Pacific Hall Sleman, siang tadi. Pemantiknya karena ada dua orang tak dikenal membawa spanduk Jokowi-Ma’ruf di tengah pendukung Prabowo.

Terkait insiden ini, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Bambang Praswanto, menegaskan pihaknya tak tahu menahu atas insiden tersebut.

“Saya enggak tahu. Enggak ada perintah apapun (untuk membawa spanduk Jokowi-Ma’ruf), enggak ada perintah, juga enggak ada laporan,” jelas Bambang saat dihubungi detikcom, Rabu (27/2/2019).


“Ya jelas (pembawa spanduk) bukan (dari TKD KIK DIY), karena enggak ada perintah. Kalau ada ya semestinya mereka ada laporan, sampai sekarang enggak ada laporan,” sebutnya.

Disinggung mengenai dua orang pembawa spanduk Jokowi-Ma’ruf, Bambang menegaskan pihaknya tak mengenal. Dia kembali menegaskan bahwa bukan dari Timses Jokowi yang membawa spanduk tersebut.

“Itu membawa poster (spanduk Jokowi-Ma’ruf) kan enggak teridentifikasi. Terus terang saya enggak punya laporan, enggak ada yang ngomong,” tutupnya.
(ush/mbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandi Sesalkan Ulah 3 Emak Kampanye Hitam di Karawang: Materi Kami Ekonomi

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menyesalkan ulah 3 emak-emak di Karawang, Jawa Barat, yang diduga melakukan kampanye hitam kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sandiaga menegaskan tak pernah ada perintah darinya untuk melakukan kampanye hitam terhadap rivalnya.

“Selalu kita imbaukan kalau teman-teman selalu hadir di acara saya. Kalau harus bersyukur, menjaga kesejukan politik yang santun, selalu kita sampaikan seperti itu,” ujar Sandiaga, di Kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Eks Wagub DKI Jakarta itu mengungkapkan, selama ini, dia selalu menyampaikan agar para timses, relawan, dan simpatisannya untuk fokus terhadap isu ekonomi. Sandiaga pun selalu mengingatkan agar mereka selalu menjunjung tinggi pemilu damai.
“Materi kita selalu ekonomi. Jadi kalau ada pengembangan dari masyarakat di bawah tentunya kita harus selalu mengingatkan kalau Pilpres ini harus rajut dengan kebangsaan kita, jaga keberagaman, dan kalau ada aspirasi itu sampaikan dengan baik dan tidak saling menjatuhkan dan tidak saling menyebarkan ujaran-ujaran yang bisa dianggap menyerang pihak lawan. Itu yang selalu saya sampaikan,” tuturnya.
Diberitakan sebelumnya, warga Karawang dibuat geger oleh video aksi sosialisasi berisi kampanye hitam terhadap Jokowi-Ma’ruf yang jadi viral di media sosial. Dalam video yang beredar, dua perempuan berbicara dengan warga menggunakan bahasa Sunda dan menyebut Jokowi akan melarang azan serta membolehkan pernikahan sesama jenis.

Setelah dilakukan penyelidikan, jajaran Polda Jawa Barat pun mengamankan dan menetapkan tiga wanita berinisial ES, IP, dan CV dalam video tersebut. Namun Bawaslu menyatakan aksi ketiganya tak masuk pelanggaran pemilu.

“Dari hasil investigasi dan kajian, teman-teman di Karawang juga sudah melakukan pendalaman internal data pada kesimpulan tidak memenuhi unsur formil dan materiilnya,” ucap Ketua Bawaslu Jabar Abdullah saat dihubungi wartawan, Selasa (26/2).
(mae/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>