Sektor Perawatan Kesehatan Merosot, Wall Street Turun Terbatas

Liputan6.com, New York – Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street melemah didorong penurunan saham perawatan kesehatan membayangi serangkaian pendapatan perusahaan yang positif. Di sisi lain juga dibayangi data ekonomi yang menguat dari AS dan China.

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu (Kamis pagi WIB), indeks saham Dow Jones turun 2,51 poin atau 0,01 persen menjadi 26.450,15. Indeks saham S&P 500 susut 6,6 poin atau 0,23 persen menjadi 2.900,46. Indeks saham Nasdaq tergelincir 4,15 poin atau 0,05 persen menjadi 7.996,08.

Tiga indeks saham acuan AS berakhir  di zona negatif. Indeks saham S&P 500 di bawah level rekor tertinggi yang diraih pada September. Penurunan indeks saham acuan di wall street itu juga dipicu tekanan terhadap saham perawatan kesehatan.

Sektor saham ini alami penurunan terbesar secara persentase dalam empat bulan dengan susut 2,9 persen. Saham UnitedHealth Group Inc, Pfizer Inc, Merck and Co Inc, Abbott Laboratories melemah antara 1,9 persen-4,7 persen. Penurunan itu terbesar di indeks saham S&P 500.

“Perusahaan khawatir tentang perhatian ‘medicare for all’ semakin meningkat. Cara CEO perusahaan-perusahaan ini melakukan pelanggaran terhadap diskusi di Kongres itu memulai momentumnya sendiri,” tutur Chief Investment Officer Bell Invesment Advisors, Jim Bell, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (18/4/2019).

Penurunan sektor saham ini mengurangi sentimen laporan keuangan perusahaan yang mendorong laju indeks saham acuan. Saham Morgan Stanley naik 2,6 persen setelah mengalahkan perkiraan analis karena pemotongan biaya dan pertumbuhan di segmen wealth management.

Saham United Continental Holdings Inc melonjak 4,7 persen setelah laporan pendapatan. Maskapai ini mengalahkan estimasi konsensus dan menahan target laba perusahaan 2019 bahkan ketika 737 Max Boeing Co tetap mendarat. Permintaan jet bisnis yang kuat mendorong saham Textron Inc menguat.

SBY Nyoblos di KBRI Singapura, Bu Ani di Ruang Perawatan

Jakarta – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istri, Ani Yudhoyono, akan menggunakan hak pilih mereka di Pilpres 2019 hari ini. Keduanya akan mencoblos di Singapura di tempat yang berbeda.

Politikus Andi Arief mengatakan SBY akan mencoblos di KBRI Singapura. SBY mencoblos pada sore harinya waktu setempat

“Pukul 16.00 SBY akan mencoblos di KBRI,” ujar Andi Arief.

Sementara itu, Ani Yudhoyono, karena masih dirawat di NUH Singapura, akan mencoblos di ruang perawatan. Seperti diketahui, Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan kanker darah.

“Ibu Ani akan mencoblos di ruangan perawatan. Petugas TPS PPLN Singapura akan hadir pukul 14.30 waktu Singapura,” sebut Andi.

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini

(gbr/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Viral Mamah Muda di Tulungagung Jual Ginjal Demi Perawatan Bayinya

Liputan6.com, Tulungagung – Seorang ibu muda di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mendadak viral di media sosial karena mengumumkan niatnya menjual ginjal demi membiayai perawatan anaknya yang kini menjalani rawat inap di RSUD dr Iskak, Tulungagung.

Keinginan untuk menjual ginjal itu diunggah di akun media sosial facebook atas nama pribadinya, fikasogadweariyanto pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.22 WIB.

“Saya spontan saja mengunggah niat saya menjual ginjal, karena memang sudah mentok tidak memiliki uang untuk menebus biaya perawatan anak saya di rumah sakit,” kata Rafika Dewi (25), ibu asal Kota Bumi, Lampung Utara, pemilik akun facebook fikasogadweariyanto ditemui di ruang perawatan IRNA Wijaya Kusuma.

Namun hanya selang beberapa menit status dia unggah, postingan istri dari Bagus Dwi Ariyanto warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Gondang, Tulungagung ini telah dikirim ulang oleh warganet di grup Facebook “Wong Tulungagung”. Sejak itulah postingan status Rafika viral.

“Saya ikhlas, demi anak saya,” ujarnya sembari terus menunggui putra semata wayangnya, Bagas Satria yang baru berusia 45 hari.

Saat ini, kondisi Bagas masih dalam perawatan intensif tim dokter RSUD dr Iskak dilansir Antara.

Balita itu mengalami infeksi di bagian tali pusat, diduga akibat kurang dibersihkan dan diobati sejak prosesi kelahiran. Daging sisa tali pusat pada pusar Bagas terlihat menonjol dan terus tumbuh. Pada ujungnya juga terlihat keluar nanah.

Kondisi itu menyebabkan balita mungil itu infeksi dan merembet pada ketahanan tubuh lain. Bagas dikabarkan sempat demam tinggi, batuk, dan pilek. Bagas bahkan sempat tak sadarkan diri akibat infeksi tali pusat yang dialaminya sehingga memaksa Rafika dan Bagus melarikannya ke Puskesmas Gondang.

Namun karena kondisi yang buruk, Bagas akhirnya dirujuk ke RSUD dr Iskak pada Rabu (3/4) dan menjalani rawat inap hingga sekarang.

Sayangnya, kedua orang tuanya yang sudah tidak lagi bekerja tidak memiliki biaya lagi untuk pengobatan dan perawatan Bagas yang konon mencaoai jutaan rupiah.

“Masalahnya kami tidak memiliki BPJS (kesehatan). Suami sempat mengurus ke (pemerintah) desa (Sidomulyo, Kec Gondang) namun tidak dilayani pak lurah karena kami dulu nikahnya siri, sehingga tidak diakui,” kata Rafika yang masih didampingi suaminya, Bagus Dwi Ariyadi.

Kini, Rafika dan Dwi Ariyadi merasa buntu. Sedang Dwi Ariyadi mengaku tak lagi memegang uang sepeserpun.

Pria muda yang bekerja serabutan di desanya ini hanya terdiam dan pasrah dengan keadaan yang mereka alami.

Dia juga tak tahu jika akhirnya sang istri berniat nekat menjual organ ginjalnya untuk biaya perawatan sang anak.

“Entah, saya juga masih bingung,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr Iskak Mochammad Rifai menyatakan ada dasarnya manajemen rumah sakit siap membantu jika ada pasien dari keluarga miskin yang kesulitan menebus biaya perawatan rumah sakit.

Syaratnya, jika memang tidak memiliki BPJS Kesehatan, maka yang bersangkutan diharuskan melampirkan SKTM (surat keterangan tidak mampu) dari desa.

Kebijakan sosial manajemen RSUD itu tidak hanya berlaku bagi warga Tulungagung yang berasal dari keluarga kurang/tidak mampu. Tapi juga bisa diterapkan untuk pasien yang rumah dan domisilinya di kabupaten/kota sekitar Tulungagung.

“Kalau warga Tulungagung pasti akan kami bantu. Atau orang tanpa identitas (Mr x) juga akan kami bantu,” katanya.

Khusus untuk kasus Rafika yang dirawat di ruang IRNA Wijaya Kusuma RSUD dr Iskak, Rifai menegaskan bahwa keluarga bersangkutan telah diberi penjelasan bahwa bantuan keringanan akan diberikan namun syarat SKTM dari desa harus dipenuhi terlebih dulu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Seorang wanita rela menjual ginjal demi mencari uang untuk pengobatan suaminya yang alami komplikasi beberapa penyakit.

Mesin Berturbo Butuh Perawatan Khusus, Benarkah?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali membuat eksperimen terkait rancang bangun kendaraan di Indonesia. Untuk kali ini, jenama asal Jepang ini membuat modifikasi Daihatsu Ayla turbo, yang merupakan 100 persen hasil pengembangan dari tim research and development (R&D).

Dijelaskan Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, memang jika dilihat dari pasar Negeri Matahari Terbit, Daihatsu telah memiliki banyak model bermesin turbo. Bahkan, teknologi yang mampu menaikan tenaga secara signifikan ini, dipasang di mobil bermesin kecil, seperti Copen.

“Jadi, teknologi turbo bukan suatu teknologi yang baru buat Daihatsu. Tapi itu kan di Jepang, di sini belum ada turbo (produksi di Indonesia),” jelas wanita yang akrab disapa Amel ini, saat berbincang dengan wartawan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/3).

Lanjutnya, perkenalan Daihatus Ayla turbo ini, juga digunakan untuk mengetes pasar. Selain itu, saat ini untuk modifikasi turbo memang sudah banyak dilakukan pecinta roda empat di Tanah Air, namun bagaimana jika turbo ini dikembangkan langsung oleh pabrikan.

“Kalau kami bikin ini, responnya seperti apa. Makanya, nanti kalau yang baca banyak (berita Daihatsu Ayla) dan responnya positif, tidak menutup kemungkinan kami akan jadikan ini sebagai portfolio,” tegas Amel.

Sementara itu, saat ditanyakan, jika teknologi turbo ini memang sudah sempurna, dan siap dicetak massal, apakah bisa diadopsi model selain Daihatsu Ayla?

“Daihatsu selalu membuat model yang sesuai dengan permintaan masyarakat. Kita tidak mau bikin mobil yang asal ada aja, tapi tidak laku. Dan untuk laku, perlu dilakukan survei dan riset. seperti ini adalah bagian dari survei market kita, kalian tulis, terus banyak yang respon, positif, nah itu jadi masukan. Pada waktunya saat indonesia siap kita mau, dan Jepang sudah siap makanya laku (mobil turbo),” tambah Amel.

GMF Gandeng Airbus untuk Perawatan Pesawat, Apa Saja Untungnya?

Sebelumnya, GMF AeroAsia teken perjanjian dengan Airbus dalam hal perawatan pesawat melalui penyediaan komponen pesawat pada Selasa 2 April 2019.

Melalui kerja sama ini, GMF kini menangani layanan perawatan, perbaikan dan overhaul pesawat dapat membantu maskapai operator A320 dan A330 di Indonesia dan Asia Tenggara langsung dari fasilitas perawatan GMF.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Airbus Head of Customer Service, Asia Pasific Bruno Bousquet dan Direktur Bisnis dan Base Operation GMF Tazar Marta Kurniawan di hanggar GMF, Cengkareng.

“Kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF untuk meningkatkan kemampuan dan mendukung lebih banyak operator di Indonesia dan wilayah sekitarnya,” kata Tazar di Hanggar GMF, Cengkareng, Selasa pekan ini.

Tazar menambahkan, dengan ketersediaan komponen Airbus di GMF, para maskapai yang mengoperasikan A320 dan A330 akan lebih efisien dalam hal perawatan pesawatnya.

Sementara itu, Head of Customer Service, Asia Pasific, Bruno Bousquet mengatakan. Kerja sama dengan GMF ini menjadi bagian dari rencana bisnis jangka panjang perusahaan terutama dalam memperluas pasarnya di kawasan Asia Pasifik.

“Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Services untuk memberikan komponen secara tepat waktu dimanapun dibutuhkan. Hal ini juga memperkuat kemitraan jangka panjang antara Airbus dengan GMF AeroAsia dan Garuda Indonesia terhadap perkembangan sektor aviasi di Indonesia,” ucap dia.

GMF dan Airbus sudah menjalin kerja sama sejak 2013. Saat itu GMF dipercaya sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat keluaran Airbus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden Jokowi sahkan terminal baru di Bandara Raden Inten II Lampung. Apa saja keistimewaan bandara ini? Simak video berikut.

Perawatan Mobil Diesel, Ribet atau Tidak?

Filter

Laiknya kendaraan pada umumnya, mobil Diesel perlu mengganti oli, dan komponen saringan secara rutin sebagaimana yang ditetapkan pabrikan. Namun, satu komponen yang perlu diperhatikan lebih adalah filter solar.

Mesin Diesel berbahan bakar solar yang punya kandungan air. Dalam hal ini, tiap mobil Diesel pasti di filternya punya pemisah antara air dan solar. Takaran air tidak boleh terlalu banyak. Jika sudah melebihi takaran, akan ada indikator menyala.

Meski tidak ada waktu penggantian secara periodik, baiknya filter solar juga diganti berbarengan dengan ganti oli, yaitu tiap 10 ribu km.

Beberapa komponen lain yang patut diperhatikan adalah filter udara, yang harus diganti setelah semakin banyak kotoran menempel, oli mesin, dan tune up. Persis sama dengan mobil bermesin bensin lain, bahkan sama juga dengan sepeda motor.

Sementara itu, untuk harga filter solar tergantung merek dan jenis kendaraan. Biasanya, harga filter ini mulai Rp45 ribuan sampai Rp100 ribuan.

Tips Perawatan Wajah dari Bubah Alfian untuk Menghadapi Bulan Puasa

Liputan6.com, Jakarta – Bulan puasa tak terasa akan datang sebentar lagi. Di saat yang bersamaan, musim kemarau pun sudah di depan mata. Cuaca di luar pun akan terasa lebih panas.

Saat bulan puasa, kaum Muslim akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Asupan air bermanfaat untuk melembabkan kulit banyak berkurang ketika melakukan banyak kegiatan.

Bagi perempuan, dibutuhkan perawatan lebih saat berpuasa. Bubah Alfian, make up artist langganan selebriti ternama tanah air membagikan tips untuk perawatan dan make up untuk bulan puasa.

1. Pakai Pelembab

Saat kekurangan cairan, kulit menjadi lebih kering. Bubah menyarankan agar mereka yang akan berpuasa rajin memberikan pelembap.

“Untuk lebih menyegarkan jangan lupa untuk pakai moisturizer di kulit. Jadi walaupun kita kekurangan minum, kita tetep moist,” ujarnya kepada Liputan6.com di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Maret 2019.

2. Lip Balm

Perawatan bibir pun tak boleh ketinggalan. Bubah menyarankan agar memakai lip balm agar bibir tak terlihat kering dan pecah-pecah.

“Lip butter untuk di bibir. Mungkin bisa ditambahkan lipgloss sedikit aja. jadi nggak kering banget.” kata pria yang banyak dipercaya mendandani selebriti ini.

3. Sunblock

Sunblock berguna untuk menangkal paparan sinar matahari dan bahayanya. Bubah mengharuskan untuk memakai sunblock memasuki musim kemarau yang panas ini. 

“Jangan lupa untuk selalu menggunakan moisturaizer, sunblock,” katanya.

4. Makeup Soft

Menurut Bubah, biasanya di bulan puasa banyak perempuan yang memakai makeup tipis. Mereka ingin penampilannya terlihat lebih natural. “Kalau untuk trend makeup biasanya lebih soft bukan yang berlebihan.” pungkasnya.(Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Undangan buka puasa bersama tentu bakal banyak dateng nih. Kita punya cara gimana supaya tetap tampil kece saat diundang buka bersama.

Tips Perawatan Miss V Setelah Waxing Agar Tidak Iritasi

Jakarta – Salah satu hal yang mengganggu penampilan perempuan adalah rambut pubis atau rambut kemaluan. Ada banya cara untuk merawatnya, salah satunya adalah waxing.

Sayangnya setelah waxing kerap kali muncul keluhan. Ada yang mengalami gatal-gatal, bahkan ada yang keputihan.

Berikut ini detikHealth merangkum tips-tips merawat Miss V usai waxing agar senantiasa sehat.

1. Kompres dengan es batu

Perawatan setelah waxing yang pertama adalah mengompresnya dengan es batu. Kamu bisa mulai mengompres area yang baru saja di wax dengan es untuk mengurangi bengkak yang muncul sekaligus untuk menutup pori-pori yang terbuka karena di wax. Namun, kamu jangan langsung menempelkan es yang baru saja diambil. Tunggu beberapa saat, kemudian aplikasikanlah kebagian yang sudah di wax.

2. Oleskan aloe vera

Kamu juga bisa mengoleskan gel yang mengandung aloe vera pada area tersebut. Oleskan secara lembut dan perlahan. Dan lakukan beberapa kali dalam satu hari.
Gel tersebut akan melembutkan area yang telah dicukur dan mengurangi efek kemerahan yang biasanya muncul.

3. Gunakan pakaian loose

Kulit kamu membutuhkan ruang untuk bernapas setelah waxing. Penggunaan pakaian ketat hanya akan membuat kulit mudah teriritasi dan infeksi. Hindari untuk memegang terlalu sering pada area yang baru saja waxing. Karena, hal ini bisa membawa dan menyebarkan bakteri yang bisa masuk karena pori-pori kulit sedang terbuka.

4. Hindari suhu panas

Sauna atau bahkan sun bathing perlu kamu hindari setelah melakukan waxing. Panas yang berkepanjangan bisa memperburuk ruam yang ada di kulit kamu lho.

(up/up)

Super Simple, Ayla Dimitri Ungkap Perawatan Rambutnya

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki peran esensial dalam berpenampilan, kesehatan rambut begitu dijaga oleh Ayla Dimitri. Perempuan yang dikenal sangat menyukai dunia fashion ini bahkan bertekad selalu memiliki runway ready hair.

Walau demikian, Ayla tak pernah menerapkan hair care routine yang ribet nan menyusahkan. “Aku biasanya cuma pakai TRESemme Keratin Smooth shampoo, conditioner, dan spray-nya,” kata Ayla saat ditemui usai konferensi pers TRESemme The Runway 2019 di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.

Ayla Dimitri menilai, rangkaian produk itu sudah sangat cukup menjaga kesehatan rambutnya. Varian itu dipilih Ayla, lantaran dalam keseharian, travel enthusiast ini sering memakai hitting tools macam catokan dan hair dryer.

Ditambah lagi, Ayla sudah mengetahui benar kondisi rambutnya yang cenderung kering dan diwarnai. Kandungan natural oils di varian TRESemme ini dinilai Ayla sangat sesuai dalam menjaga kesehatan rambutnya.

“Aku keramas duahari sekali. Sama aku pakai hair spray yang salon finish nomor empat. Itu favorit banget,” ujar Ayla Dimitri. Ia menambahkan, perawatan yang diberi harus tepat. Karenanya, mengetahui kondisi rambut adalah langkah pertama sebelum menentukan perawatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Debut kolaborasi brand fashion lokal Duma Official bersama Influencer Ayla Dimitri menjadi bukti jika keduanya sama-sama punya kekuatan dan penggemar loyal.

Milisi Bersenjata Serang Pusat Perawatan Ebola di Kongo

Goma – Sejumlah anggota milisi Mai Mai yang bersenjata menyerang satu pusat perawatan Ebola di bagian timur Kongo. Serangan itu menewaskan seorang personel polisi, sebelum aksi mereka dibalas oleh pasukan keamanan.

Walikota Butembo Sylvain Kanyamanda Mbusa mengatakan para militan Mai Mai berhasil dipukul mundur.

“Karena serangan-serangan sebelumnya, sistem keamanan sudah berlaku dan para penyerang segera dibalas oleh personel polisi yang menjaga ….pusat itu,” kata dia kepada Reuters, sepertid dikutip Antara, Minggu (10/3/2019).

Pusat perawatan yang terletak di Butembo sama dengan fasilitas yang dibakar oleh para penyerang tak dikenal pekan lalu. Serangan tersebut menyebabkan Medecins Sans Frontieres (Dokter Tanpa Perbatasan) menangguhkan kegiatan-kegiatan di kawasan itu.

Para pekerja bantuan telah menghadapi rasa tak percaya yang dalam dari para warga setempat di beberapa kawasan ketika mereka bekerja untuk mengatasi wabah terburuk dalam sejarah Republik Demokratik Kongo. Sejauh ini, wabah Ebola sudah menewaskan hampir 600 orang.

Usaha-usaha untuk mengatasi virus itu telah terkendala oleh kebanyakan kelompok-kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah timur yang tingkat ketaatannya kepada hukum rendah. Presiden Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dijadwalkan mengunjungi pusat Butembo itu pada Sabtu (9/3).

Fasilitas perawatan khusus Ebola sudah beroperasi kembali hanya seminggu lalu dan telah dikelola oleh kementerian kesehatan bekerja sama dengan WHO dan Dana Anak-anak PBB.
(idn/aik)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>