Satgas Antimafia Bola Kejar Pengakuan Tersangka dan Saksi di Mata Najwa

Liputan6.com, Jakarta – Satgas Antimafia Bola Polri akan menindaklanjuti keterangan tersangka dan saksi yang diungkap di acara Mata Najwa yang disiarkan pada Rabu 20 Februari 2019 malam. Keterangan dari para narasumber akan dijadikan sebagai bukti petunjuk dalam mengusut skandal pengaturan skor sepakbola Indonesia.

“Itu petunjuk-petunjuk yang nantinya bisa didalami dan diselidiki oleh Satgas Antimafia Bola,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Dalam acara bertajuk ‘PSSI Bisa Apa Jilid 4’ yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta itu, sopir Jokdri, Dani buka-bukaan soal perintah bosnya. Dani mengaku beberapa kali diperintah mentransfer sejumlah uang oleh Jokdri, paling besar mencapai nominal Rp 5 miliar.

Tersangka pengaturan skor, Dwi Irianto alias Mbah Putih juga buka-bukaan dengan jurnalis senior Najwa Shihab dalam sebuah wawancara eksklusif. Menurutnya, semua manajer klub pasti menjalin komunikasi dengan wasit.

Bukan hanya tersangka, Najwa juga menghadirkan keterangan saksi dari perangkat pertandingan yang identitasnya dirahasiakan. Menurut saksi, hampir semua pertandingan sepakbola sudah diatur. PSSI juga memiliki peran penting dalam skandal match fixing.

“Semua itu petunjuk. Itu nilainya satu kalau pengakuan saja. Kita butuh bukti dokumen yang menguatkan petunjuk itu,” tutur Dedi.

2 dari 2 halaman

Dibutuhkan Penyidik

Tidak menutup kemungkinan, informasi di Mata Najwa akan ditindaklanjuti oleh penyidik dan dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Sehingga keterangan tersebut memiliki pertanggungjawaban hukum.

“Tentunya sangat terkait kalau itu nanti dibutuhkan penyidik dalam rangka untuk mengungkap match fixing di beberapa liga, tentu arahnya ke sana (di-BAP),” ucap Dedi.


Saksikan video pilihan di rumah ini:

Kapan Samsung Galaxy Fold Hadir di Indonesia?

Liputan6.com, San Francisco – Smartphone layar lipat pertama Samsung, Galaxy Fold, mencuri banyak perhatian saat diumumkan di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/2/2019) waktu setempat.

Dengan pengumuman tersebut, Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang mengumumkan perangkat layar lipat pada tahun ini.

Samsung akan mulai menjual Galaxy Fold pada 26 April 2019 dengan harga jual US$ 1.980 atau berkisar Rp 27,7 juta. Sayangnya, sampai saat ini belum bisa dipastikan tentang kehadiran smartphone tersebut di Indonesia.

“Untuk Galaxy Fold, terus terang kami di Samsung Indonesia belum mendapatkan konfirmasi kapan itu akan hadir di Indonesia. Namun kami berharap setelah kita melihat input dan respons positif terhadap pengumuman Galaxy Fold, berharap bisa segera menghadirkannya di Indonesia,” ungkap Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, saat ditemui usai acara pengumuman Galaxy S10 di San Francisco, Amerika Serikat (AS), 20 Februari 2019.

“Tapi waktunya kapan (peluncuran Galaxy Fold di Indonesia), terus terang kami belum tahu sih, karena sedang diupayakan dan tidak bisa janji juga bisa datang tahun ini. Namun, mudah-mudahan bisa segera kami hadirkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Galaxy Fold saat ini kompatibel dengan dua jaringan seluler yakni 4G dan 5G. Namun, jika merujuk pada jaringan 5G, Indonesia sampai saat ini belum juga memiliki layanan tersebut secara komersial. Pemerintah Indonesia memperkirakan jaringan 5G baru bisa hadir di Indonesia pada 2022.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Galaxy Foldable

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Adapun mengenai spesfikasinya, Galaxy Fold dibekali dengan prosesor 7nm dan RAM 12GB. Spesifikasi ini membuat Samsung mengklaim performanya menyerupai PC. Perangkat ini juga dilengkapi memori internal 512GB dan kapasitas baterai 4.380mAh.

Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci saat dilipat. Namun ketika layar dibuka, bentuknya menjadi serupa tablet dengan luas 7,3 inci.

Galaxy Fold hadir dengan enam kamera, yakni tiga kamera utama dan dua di depan, serta satu kamera di bagian kover.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4, serta dilengkapi OIS. Kemudian terdapat kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.

Sementara dua kamera depan memiliki lensa telephoto 10MP dengan F2.2, dan RGB Depth 8MP dengan F1.9. Satu kamera di bagian kover memiliki lensa 10MP dengan aperture F2.2.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Harga Xiaomi Note 3 Pro dan Spesifikasi, Smartphone Murah dengan RAM 3 GB

Liputan6.com, Jakarta Salah satu vendor asal Tiongkok yakni Xiaomi kini memang sedang menjadi vendor yang diburu oleh banyak peminatnya di berbagai negara. Hal tersebut karena Xiaomi selalu menawarkan produk-produk dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Dan hal tersebut tentu menjadi daya tarik yang tidak dimiliki oleh vendor lain.

Pabrikan smartphone ini memang tergolong vendor baru yang mulai ikut serta meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Vendor asal China ini didirikan pada tahun 2010 oleh Lei Jun, orang terkaya ke 23 di China menurut Forbes. Menariknya, meski terbilang baru di kancah industri smartphone, menurut IDC Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

Salah satu ponsel besutan Xiaomi yang masih diincar banyak orang adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Walaupun telah rilis 2016 lalu seri ini masih ramai diburu karena fitur dan juga karena harga Xiaomi Note 3 sangat terjangkau. Berikut harga Xiaomi Note 3 Pro dan spesifikasi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 8 halaman

Desain dan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali bentang layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) sehingga mampu menampilkan warna yang jernih. Dengan bentang layar yang lebar menjadikan ponsel ini cocok untuk digunakan main game dan nonton video.

Untuk kejernihan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors menjadikan warna yang dihasilkan layar semakin cerah dan padat. Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali juga fitur tambahan Multitouch, MIUI 7.0, Scratch resistant yang akan menjadikan ponsel ini tampak elegan.

Ponsel ini hadir dengan tipe Candy Bar memiliki dimensi 150 x 76 x 8.7 mm sehingga memiliki berat 164 gram dan cukup ringan karena bentang layar yang ditawarkan pun tergolong lebar. Dengan berat yang ringan menjadikan pengguna nyaman untuk menggenggam Smartphone dan nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku.

Dari segi model yang diusungnya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro hadir dengan desain yang lebih mewah dan juga berkualitas. Jika pada seri sebelumnya bahan yang digunakan terbuat dari plastik. Namun, pada Xiaomi Redmi Note 3 ini sebagian besar bodinya terbuat dari aluminium sehingga memberikan kesan premium dan menganut desain unibody.

Material plastik terdapat pada sisi atas dan bawah bagian belakang, dan panel kaca pada bagian depan. Seperti smartphone Android pada umumnya, kontrol navigasi dapat ditemukan di bawah layar.

Kontrol tersebut dilengkapi fitur backlit yang memudahkan penggunaan dalam kondisi gelap. Tombol power terletak pada sisi kiri perangkat, bersebelahan dengan tombol volume yang berfungsi ganda sebagai shutter kamera.

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dirilis dengan beberapa warna yaitu Silver, Gray, Gold. Dengan harga Xiaomi Note 3 yang terjangkau, ponsel ini cocok buat bergaya namun budget terbatas.

3 dari 8 halaman

Dapur pacu

Selain tampilan yang menarik dan lebar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga memiliki performa yang tangguh dengan dukungan system operasional Android OS, v5.0.2 (Lollipop) dan bisa upgrade ke OS v6.0.1 Marshmallow.

Dari segi prosesornya, ponsel ini dibekali chipset dari Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Di dalamnya terdapat prosesor dengan kecepatan tinggi bertipe Quad-Core 1,4 GHz Cortex-A53 & Dual-Core 1,8 GHz Cortex-A72. Saat baru dirilis pada 2016, Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini diklaim sebagai smartphone pertama di dunia dengan prosesor Snapdragon 650.

Sementara itu, sistem pengolah grafis yang dipergunakan oleh Xiaomi Redmi Note 3 adalah menggunakan GPU dengan tipe PowerVR G6200. GPU ini juga dapat menjalankan game dengan kualitas grafis yang cukup memukau. Teknologi pada dapur pacu ini tentu sesuai dengan harga Xiaomi Note 3 yang terjangkau.

Untuk kegiatan multitasking, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali RAM berkapasitas 3 GB sehingga ponsel pintar ini mampu untuk menjalankan beberapa aplikasi berkapasitas besar secara bersamaan. Sementara untuk ruang penyimpanan terdapat memory internal berkapasitas 16 GB.

4 dari 8 halaman

Kamera

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang ditujukan untuk kelas menengah sangat pantas apabila smartphone ini dibekali kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 serta dilengkpai berbagai fitur pendukung seperti phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama, Video 1080p@30fps.

Sedangkan kamera depannya beresolusi 5MP dengan aperture f/2.0, 1080p menjadikan pengguna mampu menjalankan kegiatan sehari-hari seperti video call dan selfie dengan resolusi yang cukup tinggi.

5 dari 8 halaman

Baterai

Melengkapi performanya yang gahar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali baterai berdaya yang sangat besar yakni 400 mAh. Baterai di ponsel ini bertipe Non-removable. Baterai sebesar ini menjadikan harga xiaomi note 3 akan terlihat lebih murah.

Kapasitas baterai sebesar itu diklaim dapat bertahan 264 jam dalam posisi standby serta 60 jam saat digunakan untuk memainkan musik. Selain baterai berkapasitas jumbo, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga dilengkapi fitur Fast battery charging yang dapat mengisi baterai dengan lebih cepat.

6 dari 8 halaman

Konektivitas

Meski harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dikenal murah, namun teknologi yang disematkan didalamnya tak murahan. Pada sektor konektivitas, ponsel ini dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE berkecepatan LTE Cat7 (102/301.5 Mbps), LTE 1800 / 1900 / 2100 / 2300 / 2500 / 2600.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga dibekali teknologi jaringan tambahan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Untuk memudahkan pengguna, terdapat fitur Dual SIM SIM 1 & SIM 2. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot.

Sedangkan untuk pengiriman dan penerimaan file serta aplikasi dibekali fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, Infra Red USB microUSB v2.0, USB On-The-Go.

7 dari 8 halaman

Fitur pendukung

Pada sektor keamanan, ponsel ini dilengkapi sensor sidik jari. Menurut Xiaomi, sensor tersebut mampu merespons dengan kecepatan 0,3 detik.

Selain itu Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga memiliki fitur Mi Remote, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV, AC dan beberapa alat elektronik lainnya via sensor infra merah. Dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang nggak menguras kantong kehadiran fitur ini tentu sangat memanjakan pengguna.

8 dari 8 halaman

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro bekas: Rp 800.000

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro baru: Rp 1.150.000

Gaji DPRD Rp 70 Juta, Gubernur Se-Indonesia Minta Naik Gaji

Padang – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Longki Djanggola curhat soal gaji gubernur. Mewakili gubernur se-Indonesia, ia meminta pemerintah menaikkan gaji gubernur karena kalah jauh dibanding gaji anggota DPRD.

“Salah satu materi bahasan kami di APPSI adalah perlunya kenaikan gaji untuk gubernur. Saya dan provinsi dengan APBD yang tidak terlalu besar, gaji anggota DPRD-nya bisa mencapai Rp 70 juta. Itu masih ditambah dengan berbagai tunjangan,” jelas Longki dalam Rakernas APPSI di Padang, Sumatera Barat, Kamis (21/2/2019).

Longki curhat masalah gaji para gubernur di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Longki berharap curhatnya langsung didengarkan pemerintah pusat.

“Sebagai gubernur, kapan saya akan mendapatkan hal seperti itu?” ujar Longki melanjutkan curhatnya.

Menurut pria yang menjabat Gubernur Sulawesi Tengah ini, menjadi gubernur saat ini bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi sudah ada sejumlah gubernur yang kena OTT.

“Jangan anggap jadi gubernur gampang. Banyak yang OTT. Sekarang tanpa uang pun bisa jadi OTT,” kata Longki.

“Gaji kami sangat kecil. Memang ada tambahan Rp 8 juta, tapi harus dilengkapi dengan kuitansi. Bukan untuk satu orang, tapi untuk banyak orang,” tuturnya.

Rakernas APPSI berlangsung sejak Rabu (20/2/2019) dan akan membahas berbagai program kerja. Longki baru saja menggantikan Soekarwo, yang sudah tidak lagi menjabat Gubernur Jawa Timur.

Simak Juga “Gaji Perangkat Desa Setara PNS Batal, PAN: Jokowi Tukang Janji”

[Gambas:Video 20detik]



(rvk/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gaji Kades Bakal Naik Hingga Rp 3,8 Juta di Januari 2020

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan bahwa penyesuaian gaji kepala desa (kades) serta perangkat desa mulai berlaku efektif pada Januari 2020.

Para perangkat desa ini pun akan mendapatkan gaji yang lebih besar atau sama dengan aparatur sipil negara (ASN).

Penerapan penyesuaian itu semula ditargetkan pada Maret 2019, namun setelah beberapa kali dibahas pada rakor di Kemenko PMK, hasil yang terakhir adalah berlaku efektif Januari tahun depan.

Bagaimana cerita selengkapnya? Simak di sini: (hek/ang)

Menyapa Pagi Yogyakarta dengan Bersepeda ala Orang London

Liputan6.com, Yogyakarta Bersepeda di Yogyakarta kini tidak lagi konvensional. Masyarakat bisa menikmati layanan digital saat ingin bersepeda keliling kota. Penggabungan budaya dan teknologi ini diberi nama JogjaBike. Sejak diluncurkan pada akhir Oktober 2018, belasan ribu pengguna sudah memanfaatkan aplikasi ini.

JogjaBike merupakan layanan sepeda publik berbasis aplikasi android dan iOS yang dapat menjadi sarana dan destinasi wisata baru bagi masyarakat. Hasilnya, JogjaBike menjadi atraksi baru yang memberikan pengalaman unik bagi wisatawan maupun masyarakat untuk menjelajahi sudut-sudut kota di Yogyakarta. Keberadaannya juga memudahkan wisatawan untuk mengakses berbagai spot wisata dan mengambil swafoto.

“Aplikasi JogjaBike dapat diunduh di android dan iOs dengan keyword inabikedan harapannya JogjaBike dapat menjadi atraksi wisata baru di Yogyakarta,” ujar Ridha Basuki, Deputy CEO InaBike, beberapa waktu lalu.

JogjaBike dilengkapi perangkat yang memiliki GPS sehingga dapat mendeteksi keberadaan sepeda yang sedang digunakan.

Menurut Ridha, selain dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan kendaraan pribadi. Sarana transportasi ini juga ramah lingkungan dan menyehatkan, mengingat tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menimbulkan emisi karbon.

“Bersepeda juga bisa menempuh akses rute yang tidak biasa, jadi bisa memberikan pengalaman unik ketika menjelajahi kota,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

150 Orang per Hari

Terdapat 12 shelter JogjaBike di Yogyakarta, yakni lima titik di Malioboro dan tujuh titik di Kotabaru. Sepeda yang disediakan sebanyak 200 unit dan diakses 150 sampai 200 orang per hari.

Pengguna bebas menggunakan sepeda sepanjang hari selama dalam batas jam operasional, mulai dari pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

Fasilitas sepeda InaBike dilengkapi dengan smartlock yang dapat dibuka dengan aplikasi mobile. Hal ini  memudahkan penggunaan di sisi masyarakat karena bersifat self service.

“Dengan demikian budaya naik sepeda dapat lebih didorong kembali untuk masyarakat,” ujar Ridha.

Pengguna InaBike dapat memilih dan menentukan rute yang ingin dituju dengan bantuan peta dan informasi yang tertera pada aplikasi. Penggunaan layanan InaBike memberikan informasi demograsi pengguna, pola perjalanan masyarakat, serta titik-titik keramaian yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Dapat menjadi bahan pengambilan keputusan untuk pengembangan tata ruang kota, serta media promosi yang lebih tepat sasaran,” tuturnya.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Samsung Umumkan Galaxy S10e, Varian Paling Murah dari Seri S10

Liputan6.com, San Francisco – Samsung akhirnya resmi memperkenalkan flagship smartphone terbarunya, yakni Galaxy S10 series, Kamis (21/2/2019) dini hari.

Untuk kali pertama, ada tiga produk Galaxy S10 yang diperkenalkan Samsung dalam event bertajuk Galaxy Unpacked 2019 di San Francisco, California, AS.

Ketiga model smartphone tersebut antara lain adalah Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10e sebagai varian paling terjangkau di antara ketiganya.

Namun untuk kali ini, Tekno Liputan6.com akan membahas mengenai spesifikasi Galaxy S10e. Smartphone ini menjadi yang paling kecil dengan layar Full HD+ Flat Dynamic AMOLED berukuran 5,8 inci dan aspek rasio 19:9.

Sebagai bagian dari keluarga flagship, Samsung mengklaim Galaxy S10e dilengkapi serangkaian fitur premium, tapi dengan bodi yang lebih compact.

Galaxy S10e memiliki dua kamera belakang dengan OIS. Kamera pertama memiliki resolusi 12MP untuk Wide-angle dengan F1,5 (77°) dan 16MP untuk Ultra Wide (123°). Sementara, bagian depan hanya memiliki satu kamera dengan resolusi 10MP, F2,2 (80°).

Smartphone dengan baterai 3.100mAh ini memiliki dua opsi penyimpanan dengan RAM dan memori internal 6/128GB, serta 8/256GB. Dimensi Galaxy S10e adalah 69,9 x 142,2 x 7,9mm dengan berat 150 gram.

2 dari 2 halaman

Kejutan, Samsung Ungkap Smartphone Layar Lipat Galaxy Fold

Mengawali ajang Unpacked 2019, Samsung ternyata membuat kejutan bagi para pengunjung.

Alih-alih memperkenalkan Galaxy S10 terlebih dahulu, perusahaan asal Korea Selatan itu mengawali acara dengan mengumumkan kehadiran Galaxy Fold. Galaxy Fold merupakan smartphone layar lipat perdana milik Samsung.

SVP of Product Marketing Samsung Justin Denilson menuturkan, Galaxy Fold merupakan sebuah perangkat yang tidak pernah ada sebelumnya.

Menurutnya, Galaxy Fold menciptakan dimensi baru sebuah smartphone.

“Galaxy Fold memiliki layar berukuran 4,6 inci dan dapat diubah menjadi tablet berukuran 7,3 inci saat dibuka,” kata Denilsen dalam acara Samsung Unpacked 2019 di San Francisco, California, Amerika Serikat, yang dihadiri tim Tekno Liputan6.com.

Samsung, kata Denilsen, melakukan inovasi untuk mengembangkan Galaxy Fold, desain layarnya, bingkainya, serta berbagai elemen di dalamnya. Dengan demikian, perusahaan bisa menghadirkan sebuah smartphone yang canggih.

Belum lagi, tutur Denilsen, perangkat ini tetap terlihat elegan dan seamless dengan balutan warna Cosmos Black, Space Silver, Astro Blue, dan Martian Green.

Denilsen mengungkap, warna engsel pada smartphone layar lipat ini bisa dipersonalisasi.

“Galaxy Fold hadir menawarkan pengalaman multimedia yang lebih kaya, luas, belum pernah ada di smartphone, termasuk soal multitaksing,” tutur Denilsen.

Dia juga menjelaskan, salah satu kunci membuat Galaxy Fold bisa multitasking adalah adanya kontinuitas dalam aplikasi. Dalam hal ini, Samsung dan Google melakukan optimasi dalam antarmukanya. 

(Din/Dam)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Spesifikasi Samsung Galaxy S10 yang Punya Fingerprint di Layar

Liputan6.com, San Francisco – Samsung memperkenalkan flagship smartphone terbarunya, yakni Galaxy S10 series, Kamis (21/2/2019) dini hari.

Tak tanggung-tanggung ada tiga produk Galaxy S10 yang diperkenalkan Samsung dalam event bertajuk Galaxy Unpacked 2019 di San Francisco, California, AS.

Ketiga model smartphone tersebut antara lain adalah Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10e sebagai varian paling terjangkau di antara ketiganya.

Lantas, bagaimana spesifikasi Galaxy S10? Berikut adalah informasi lengkapnya, dilaporkan tim Tekno Liputan6.com di lokasi.

Galaxy S10 dibekali layar berukuran 6,1 inci. Jenis layar yang dipakai pada perangkat ini adalah Quad HD+ Curved Dynamic AMOLED dengan aspek rasio 19:9.

Perbedaan utama layar Galaxy S10 dengan Galaxy S9 adalah Samsung menghadirkan notch yang disebut dengan Infinity O di Galaxy S10. Dengan desain ini, ukuran layar Galaxy S10 jadi lebih luas.

Galaxy S10 memiliki dimensi bodi 70,4mm x 149,9 x 7,8 mm dengan berat 157 gram.

Kinerja Samsung Galaxy S10 ditunjang oleh prosesor Snapdragon 855, sedangkan sebagian market Galaxy S10 menggunakan prosesor Exynos 9820.

Selain dengan prosesor flagship, kinerja Galaxy S10 ditopang RAM seluas 8GB dengan memori internal 128GB serta opsi RAM 8GB dengan memori internal 512GB.

Perangkat ini juga dibekali baterai sebesar 3.400mAh dan dukungan teknologi pengisian daya cepat. Tidak hanya itu, Galaxy S10 juga bisa dipakai mengisi daya perangkat lain berkat adanya teknologi wireless power share.

2 dari 3 halaman

Tiga Kamera Utama

Ada peningkatan besar pada kamera Galaxy S10. Perangkat ini memiliki tiga kamera utama di bodi belakang dengan teknologi Dual OIS.

Untuk spesifikasinya, satu lensa kamera beresolusi 12MP dengan F2.4 untuk Telephoto (45 derajat), kemudian Wide-angle 12MP aperture F1.5 (77 derajat), dan terakhir lensa Ultra Wide dengan resolusi 16MP, aperture F2.2 (123 derajat).

Kamera belakang ini bisa melakukan 0,5/2x hingga 10x optical zoom.

Beralih ke kamera selfie, Galaxy S10 hanya dilengkapi satu kamera depan. Samsung melengkapi kamera depan smartphone ini dengan resolusi 10MP dengan F1.9 (80 derajat).

Berbeda dengan Galaxy S10+ yang memiliki dual kamera depan, Galaxy S10 hanya dilengkapi satu kamera depan. Samsung melengkapi kamera depan smartphone ini dengan resolusi 10MP dengan F1,9 (80 derajat).

3 dari 3 halaman

Fingerprint Ultrasonik di Layar

Galaxy S10 hadir dengan keamanan tinggi melalui fitur pemindai sidik jarinya. Namun pada perangkatnya kali ini, Samsung memboyong sidik jari di layar.

Fitur keamanan baru ini menggunakan sensor sidik jari ultrasonic.

Samsung mengklaim teknologi baru ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Spesifikasi Galaxy S10 Plus, Smartphone Lima Kamera dan RAM 12GB

Liputan6.com, San Francisco – Samsung akhirnya mengumumkan seri flagship Galaxy S10 di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/2/2019) atau Kamis (21/2/2019) dini hari, waktu Indonesia.

Perusahaan memyuguhkan serangkaian peningkatan performa untuk lini Galaxy S10, yang kehadirannya sekaligus menandai 10 tahun seri flagship tersebut.

Samsung untuk pertama kalinya, menghadirkan tiga varian dari seri flagship Galaxy. Ketiganya adalah Galaxy S10 Plus, Galaxy S10, dan Galaxy S10e.

Dari ketiganya, hanya Galaxy S10 Plus dan S10 yang memiliki fitur pemindai sidik jari di dalam layar. Fitur keamanan baru ini menggunakan sensor sidik jari ultrasonic. Samsung mengklaim teknologi baru ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Lebih lanjut, ada sejumlah perbedaan spesifikasi lain di antara Galaxy S10 Plus, S10, dan S10e, termasuk dari ukuran layar dan spesifikasi kamera.

2 dari 3 halaman

Rincian Spesifikasi Galaxy S10 Plus

Kamera belakang Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Galaxy S10 Plus menjadi yang paling premium di antara ketiga varian smartphone ini. Galaxy S10 dilengkapi layar Quad HD+ Curved Dynamic AMOLED berukuran 6,4 inci dengan aspek rasio 19:9.

Smartphone ini memiliki bodi nyaris tanpa bingkai berkat teknologi Infinity-O display yang mengoptimalkan layarnya.

Galaxy S10 Plus juga memiliki tiga kamera belakang dengan spesifikasi, satu lensa kamera beresolusi 12MP dengan F2,4 untuk Telephoto (45°), kemudian Wide-angle 12MP , F1,5 (77°), dan terakhir untuk Ultra Wide dengan resolusi 16MP, F2,2 (123°). Kamera belakang ini bisa melakukan 0,5/2x hingga 10x optical zoom.

Sementara itu, terdapat dua kamera depan. Spesifikasinya adalah 10MP untuk selfie (80°), dan 8MP (90°) RGB Depth. Smartphone ini memiliki dimensi 74,1 x 157,6, dan 7,8mm dengan berat 175 gram.

Galaxy S10+ memiliki sejumlah opsi RAM dan memori internal yakni 8/128GB, 8/512GB, 12/1TB. Selain itu, juga ada opsi untuk menambahkan memori penyimpanan dengan MicroSD maksimal 512GB. Kapasitas baterainya sebesar 4.100mAh.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain dan Penjualan

Wireless PowerShare. Liputan6.com/ Andina Librianty

Samsung melengkapi seluruh varian Galaxy S10 dengan Intelligence Camera, yang dapat mengenali 30 scene secara otomatis. Sebelumnya, Galaxy S9 hanya dapat mengenali 20 scene. Ketiganya juga memiliki ketahanan terhadap debu dan air dengan sertifikat IP68.

Wireless PowerShare. Liputan6.com/ Andina Librianty

Ketiganya smartphone yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE ini disokong prosesor octa-core, serta memiliki teknologi Fast Charging. Selain itu, Samsung juga menghadirkan teknologi Wireless PowerShare.

Melalui teknologi baru ini, ketiganya bisa membantu mengisi baterai perangkat lain, seperti smartphone, perangkat wearable Samsung, dan Galaxy Buds.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: