Tonjolkan Kepribadian, Aroma Parfum yang Cocok Berdasarkan Zodiak

Liputan6.com, Jakarta – Dewasa ini, parfum menjadi hal yang penting digunakan sebelum beraktivitas. Apalagi parfum juga bisa membuat Anda lebih percaya diri karena bisa menggunakan aroma yang cocok dengan diri Anda.

Namun, seringkali kita bingung memilih mana warna parfum yang sesuai dengan diri kita. Belum lagi, bila parfum tersebut tak sesuai dengan keinginan kita, membuat kita merasa sayang telah membuang uang untuk parfum yang belum tentu disukai.

Jangan khawatir, parfum juga bisa dipilih berdasarkan zodiak yang mencerminkan kepribadian. Dilansir dari laman purewow.com, Senin, 21 Januari 2019, berikut beberapa aroma parfum yang cocok dengan zodiakmu. Kamu juga bisa memberikannya kepada orang terkasih, kok.

1. Aquarius

Orang yang berzodiak Aquarius umumnya dikenal sebagai petualang sejati. Selain itu, mereka juga sangat penasaran dengan hal-hal di sekitarnya. Aroma parfum ala pantai yang segar cocok dengan kepribadianmu yang enerjik.

2. Pisces

Mereka yang berzodiak Pisces adalah orang yang hangat dan mudah memiliki belas kasihan. Karena itu, parfum beraroma bunga-bungaan sangat cocok untuk Anda karena menambah kesan bersahabat.

3. Aries

Kuat, berani dan percaya diri, itulah watak umum orang yang berzodiak Aries. Karena itu, mereka butuh parfum dengan aroma yang sedikit tajam, seperti aroma kayu.

2 dari 4 halaman

4. Taurus

Mereka yang berzodiak Taurus adalah teman yang hebat, sebab mereka orangnya bisa diandalkan dan juga tidak labil. Parfum dengan aroma tanah yang harum akan membuatmu menjadi pusat perhatian orang di sekelilingmu.

5. Gemini

Orang berzodiak Gemini ini memiliki ide yang banyak. Ia juga bisa menerima dan menyerap keadaan apapun di sekelilingnya. Mereka cocok dengan aroma parfum yang kompleks dan terdiri dari campuran aroma yang bisa berubah saat disemprot.

6. Cancer

Cancer adalah orang yang sederhana. Di balik itu, ia menyimpan hati yang hangat dan sangat memperhatikan sekelilingnya. Untuk itulah, Cancer sangat cocok dengan aroma vanila atau bunga mawar.

3 dari 4 halaman

7. Leo

Mereka yang berzodiak Leo, terutama perempuan, memiliki kharisma tersendiri. Ke manapun mereka melangkah, mata orang tertuju padanya. Karena itu, Leo butuh parfum yang beraroma tajam, seperti musk.

8. Virgo

Kelihatannya, orang yang berzodiak Virgo ini tenang. Tapi, sekali kita mengorek informasi darinya, ia penuh dengan pengetahuan yang hendak diberikannya kepada kita.

Karena itu, mereka yang berzodiak Virgo ini butuh parfum beraroma kompleks, seimbang antara aroma lama dan baru, seperti aroma kulit dan buah plum.

9. Libra

Libra ini orangnya menawan tapi santai, sehingga banyak orang yang datang kepada mereka. Karena itu, berikan mereka parfum yang manis tapi beraroma ringan agar kepribadiannya semakin nyata.

4 dari 4 halaman

10. Scorpio

Scorpio ini orangnya suka ‘mengejar’ apapun dalam hidupnya. Ia mengejarnya dengan penuh gairah baik di tempat kerja ataupun dalam dunia percintaannya. Parfum beraroma nilam yang kuat ini cocok untuk Anda sebab aromanya menonjolkan semangat Anda yang membara.

11. Sagitarius

Sagitarius ini dikenal dengan selera humor dan spontanitas, terutama perempuan. Mereka juga membawa kesenangan dalam sekitarnya. Anda harus memakai parfum beraroma citrus yang cerah agar wanginya pun bisa menyegarkan orang di sekitar Anda.

12. Capricorn

Capricorn ini memiliki kepribadian yang lembut, tapi sering terjebak dengan kesibukan yang sama. Karena itu, berikan mereka parfum dengan aroma yang kuat, seperti batu gerinda. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Donnarumma: AC Milan Ingin Finis di Zona Liga Champions

Genoa – Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, menegaskan timnya bertekad mengamankan posisi empat besar klasemen akhir Serie A, sekaligus satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan.

Performa I Rossoneri masih belum konsisten pada musim ini. Mereka sempat berada di papan tengah, sebelum akhirnya kembali menempati peringkat keempat klasemen Serie A.

AC Milan berhasil menembus posisi empat besar berkat dua kemenangan beruntun. Setelah sukses mengalahkan SPAL dengan skor 2-1, Milan juga mampu mendulang tiga poin ketika bersua Genoa.

Bermain di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019), Il Diavolo Rosso menang 2-0 atas Genoa. Sepasang gol AC Milan disarangkan Fabio Borini pada menit ke-72 dan Suso menit ke-83.

Mendulang enam angka dari dua laga membuat skuat Merah-Hitam telah mengoleksi 34 poin dari 20 laga. Mereka tertinggal enam poin dari Inter Milan yang berada di atasnya, atau peringkat ketiga klasemen Serie A.

“Kekalahan di Supercoppa Italia (dari Juventus) menyakitkan, tetapi tujuan kami adalah posisi keempat dan kami berada di sana. Sekarang mari fokus pada pertandingan berikutnya, yang ini sudah kami amankan,” kata Donnarumma.

“Bukan awal yang baik, tetapi kami menderita bersama-sama dan itu adalah hal yang paling penting. Kami berjuang keras dan kualitas kami akhirnya muncul untuk memenangkan pertandingan yang sangat sulit,” paparnya.

Selanjutnya, AC Milan akan menghadapi Napoli pada pertandingan pekan ke-21 Serie A, di San Siro pada 26 Januari 2019.

Sumber: Football Italia

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Eden Hazard Bakal Selalu Bikin Manajer Chelsea Frustrasi

London – Eden Hazard mengaku akan selalu membuat manajer Chelsea frustrasi. Hazard menyebut manajer The Blues merasa frustrasi karena menuntutnya untuk selalu tampil apik.

Gelandang timnas Belgia itu merupakan pemain penting di lini tengah skuat London Biru. Mulai berseragam Chelsea pada 4 Juni 2012, Eden Hazard turut mempersembahkan lima trofi juara, termasuk dua gelar Premier League dan satu titel juara Liga Europa.

Penampilan apik Hazard masih berlanjut pada musim ini. Dia telah mendulang 12 gol dan 10 assist dari 28 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama The Blues.

Meski begitu, performa impresif Eden Hazard masih belum mendongkrak posisi Chelsea di klasemen sementara Premier League. Klub asuhan Maurizio Sarri itu tertahan di posisi empat dengan nilai 47.

Alhasil, Sarri menuntut Hazard untuk terus mendulang gol. Situasi serupa juga pernah dialami pemain 28 tahun tersebut saat Chelsea masih ditangani Antonio Conte dan Jose Mourinho.

“Saya tidak hanya membuat Conte frustrasi. Dalam karier saya, saya telah membuat frustrasi semua manajer. Sekarang, saya membuat Sarri frustrasi. Saya membuat Mourinho frustrasi,” ujar Hazard.

“Mereka semua berpikir Anda perlu mencetak lebih banyak gol, melakukan lebih banyak hal, dan lebih banyak lagi. Saya juga akan membuat frustrasi manajer berikutnya yang saya miliki,” paparnya.

Eden Hazard memang pemain paling bersinar di Chelsea pada musim ini. Dengan koleksi 12 gol tersebut, Hazard menjadi top skorer The Blues, unggul tiga gol atas Alvaro Morata.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Tahukah Anda, Berpegangan Tangan dengan Orang Terkasih Bisa Menyembuhkan Luka Hati?

Liputan6.com, Jakarta – Sentuhan penuh kasih dan genggaman tangan yang Anda berikan pada seseorang, tidak hanya menunjukkan betapa pentingnya sosok ini bagi Anda, tetapi juga dapat menghibur Anda selama masa-masa sulit, sakit, atau jika Anda merasa menderita.

Tahukah Anda bahwa ada ilmu pengetahuan yang mendasari alasan tersebut?

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, memegang tangan orang yang dicintai merupakan cara efektif untuk meredakan kepedihan di hati. Ini adalah salah satu penelitian pertama yang meriset sinkronisitas interpersonal antara rasa nelangsa dan sentuhan manusia.

“… sentuhan kulit ke kulit penting untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, sentuhan tersebut mengaktifkan mode ‘penghargaan’ di otak orang yang disentuh, sehingga orang tersebut merasa berharga. Inilah saat di mana orang itu merasa berkurang kepedihannya …” kata studi tersebut, seperti dikutip dari situs justbelieverecoverypa.com pada Senin (21/9/2019).

Untuk membuktikan penelitian ini, Pavel Goldstein, seorang psikologi di CU-Boulder merekrut 22 pasangan sehat berusia antara 23-32 tahun, yang menjalani sejumlah tes. Situasi uji coba ini dikondisikan seperti di ruang bersalin.

Secara alami, para pria diberi peran sebagai pengamat, sedangkan wanita akan sedikit mengalami rasa sakit ringan di lengan bawah selama dua menit.

Instrumen tersebut digunakan untuk mengukur detak jantung dan pernapasan. Seluruh pasangan ditempatkan dalam tiga situasi berbeda.

Pertama, ada pasangan yang ditempatkan di kamar yang terpisah. Kedua, ada pasangan yang dilokasikan secara bersama, tetapi tidak saling menyentuh. Ketiga, ada pasangan yang berada di dalam satu ruangan dan berpegangan tangan.

Saat pasangan-pasangan itu duduk bersama, pernapasan dan detak jantung mereka disinkronkan. Tetapi ketika sang wanitanya mengalami rasa sakit dan si pria tidak bisa menyentuhnya, sinkronisasi itu berakhir.

Namun, ketika si pria memegang tangan sang wanita, pernapasan dan detak jantung mereka kembali sinkron dan rasa sakit dia berkurang.

Penelitian sebelumnya,yang dilakukan oleh Goldstein, pun mengungkapkan bahwa semakin empati pria kepada wanitanya, maka semakin banyak rasa sakit yang berkurang, serta kian banyak detak jantung dan napas yang mampu disinkronkan.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Nonton Film Bareng Pasangan, Solusi Redakan Masalah hingga Cegah Perceraian

Sementara itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa menonton film ternyata bisa menjadi solusi bagi masalah sebuah hubungan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology meminta 174 pasangan pengantin baru berpartisipasi dalam tiga lokakarya, yang memperkuat keterampilan komunikasi mereka.

Dilansir dari Prevention pada Selasa, 18 Desember 2018, yang pertama terfokus pada penerimaan dan rasa kasih, yang kedua terfokus pada mendengarkan, dan yang ketiga adalah menonton film komedi romantis. Sementara, kelompok keempat sisanya tidak mengikuti ketiganya.

Dalam studi itu, kelompok ketiga tidak mengikuti sesi mingguan dengan seorang terapis. Namun, mereka diminta untuk menonton beberapa film di malam hari. Di antara judul film tersebut adalah: “Two for the Road”, “Gone With the Wind”, “Love Story“, dan “Yours Mine & Ours”.

Para peneliti kemudian melihat pasangan itu selama tiga tahun. Mereka juga diperiksa setiap enam bulan.

Hasil penelitian menemukan, 24 persen pasangan yang tidak mengikuti lokakarya akhirnya berpisah atau bercerai setelah tiga tahun. Sementara, hanya 11 persen dari pasangan yang mengikuti sesi tersebut. Selain itu, menonton film ternyata sama bermanfaatnya dengan sesi terapi pasangan.

“Menonton film dapat membantu mencegah perceraian dengan memberikan waktu pada pasangan untuk fokus pada hubungan dan saling memeriksa satu sama lain, membantu mewujudkan tipe pasangan yang mereka inginkan,” kata penulis studi utama profesor psikologi klinis di University of Rochester New York, Ronald Rogge.

Namun, Rogge tidak mengesampingkan bahwa ada pasangan yang rajin menonton film namun tetap bercerai.

Rogge menambahkan, film yang ideal bagi pasangan bukan tentang lelaki yang mengejar-ngejar cinta perempuan. Namun, tontonan yang memperlihatkan bagaimana pasangan yang sudah bersama berjuang dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Debat Kedua Pilpres 2019 Tanpa Kisi-Kisi, Jadi Lebih Seru?

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapkan debat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada 17 Februari 2019. Debat yang hanya akan diikuti calon presiden itu bertema energi dan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur

KPU pun menyatakan, format dan mekanisme debat kedua dan seterusnya akan diubah. Hal ini setelah debat perdana Pilpres 2019 pada 17 Januari 2019 menuai sorotan, terutama karena adanya pemberian kisi-kisi pertanyaan.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, seluruh komisioner KPU telah melakukan rapat pleno untuk mengevaluasi secara menyeluruh jalannya debat pertama. Hasilnya, pihaknya berkomitmen memperbaiki format dan mekanisme debat menjadi lebih baik.

“Debat kedua, format dan mekanisme akan kita rancang sedemikian rupa agar memungkinkan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden menunjukkan performa, kapasitas terkait penyampaian gagasan-gagasan besar yang tercantum dalam visi, misi, program untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” kata Wahyu ditemui di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Minggu 20 Januari 2019.

Salah satu format yang akan diubah dalam debat adalah meniadakan kisi-kisi soal dari panelis kepada pasangan calon. Selain itu durasi penyampaian visi misi dan program pasangan calon akan diperpanjang.

“Termasuk durasi akan kita perbarui karena debat pertama penyampaian visi misi dan program dari kandidat hanya tiga menit. Ini dirasa kurang sehingga mungkin akan kita tambah waktunya,” sebut Wahyu.

Format yang akan diubah selanjutnya ialah teknis panggung. Debat dinilai terlalu gaduh sehingga mempertimbangkan mengurangi jumlah pendukung yang diizinkan masuk ke arena debat.

Lalu bagaimana reaksi kubu Jokowi dan Prabowo mengenai perubahan mekanisme debat?

PDIP yang mengusung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin tak mempermasalahkan peniadaan kisi-kisi.

“Tema debat itu sendiri kan pada dasarnya sebagai sebuah pengerucutan kisi-kisi itu,” ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Meski demikian, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini, tak menampik tetap ada persiapan debat nanti. Persiapan itu akan dilakukan dengan sebaik mungkin.

“Dalam rangka persiapan itu, kami menegaskan tema debat itu sudah menjadi bagian dari kisi-kisi itu sendiri. Sehingga kalau temanya terorisme, jangan bicara pangan, ketika tema HAM jangan bicara air,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima menuturkan, apa pun yang diputuskan KPU, pihaknya akan tetap menyiarkan program paslon nomor urut 01 itu.

Dia menuturkan, yang paling penting adalah durasi waktu yang lebih panjang dalam menjawab.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyambut baik langkah KPU yang mengubah format debat kedua tanpa ada kisi-kisi. Tim Prabowo berharap debat kedua akan lebih baik dan berkualitas untuk rakyat.

“Mengenai rencana KPU tidak akan memberikan kisi-kisi kami pun siap mengikutinya. Apalagi demi tujuan agar debat menjadi lebih berkualitas,” kata juru bicara BPN Andre Rosiade saat dikonfirmasi, Minggu 20 Januari 2019.

Ia menyatakan, pasangan Prabowo-Sandiaga juga siap menghadapi debat kedua tanpa kisi-kisi pertanyaan. Politisi Partai Gerindra itu menyebut pihaknya turut mendukung apabila KPU melarang kandidat capres-cawapres membawa sontekan atau tablet saat debat berlangsung.

“Agar rakyat mendapatkan jawaban dari kepala kandidat, bukan dari teks atau sontekan. Sehingga rakyat benar-benar bisa menilai kualitas masing-masing kandidat,” jelas Andre.


2 dari 4 halaman

Debat Jadi Lebih Seru?

Komisioner KPU Ilham Saputra mengakui debat pilpres 2019 edisi pertama tak sesuai ekspektasi. Bahkan, bisa dibilang tak seru karena peserta debat sudah lebih dahulu diberikan kisi-kisi pertanyaan.

“Ya sekali-kali kita menerima masukan dari masyarakat, bahwa memang mungkin karena diberikan kisi-kisi debat ini menjadi yang masyarakat sebut kurang seru,” ujar Ilham di Gedung Percetakan Gramedia Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Meski begitu, KPU mengatakan pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin agar jalannya debat berlangsung dengan baik. KPU berjanji akan mengikuti saran dari masyarakat untuk debat lanjutan Pilpres 2019.

“Sekali lagi kita enggak menutup mata dan kuping terkait masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan peningkatan debat,” kata dia.

Terkait dengan durasi debat lanjutan, menurut Ilham akan dibicarakan kembali dengan pihak televisi yang menyiarkan program debat Pilpres 2019. “Kita bicarakan lagi,” kata dia.

Namun demikian, komisioner KPU Wahyu Setiawan mengklaim, debat perdana pilpres Kamis lalu lebih hidup dibanding pada Pilpres 2014 lalu. ‎Menurutnya, dalam debat kemarin sudah ada dialektika antarpaslon capres-cawapres.

“Dalam beberapa pencapaian, kita merasa dibandingkan dengan debat 2014 ‎yang lalu, ini lebih hidup. Ini diakui oleh banyak pihak. Karena debatnya itu di ronde awal sudah debat,” kata Wahyu di Setia Budi, Jakarta Selatan, Minggu 20 Januari 2019.

Kendati demikian, Wahyu mengakui masih banyak kekurangan pada debat perdana Pilpres 2019. Itu diakuinya setelah KPU melakukan evaluasi serta adanya kritik pasca-debat perdana digelar.

“Kami menyadari bahwa debat pertama belum sepenuhnya, artinya sudah ada yang terpenuhi tapi tidak sepenuhnya harapan publik itu terpenuhi,” ucapnya dikutip dari JawaPos.com.

Wahyu mengatakan, pihaknya terbuka jika ada kritikan-kritikan pada proses debat perdana. ‎Sejauh ini, pihaknya telah menerima berbagai masukan untuk nantinya dijadikan acuan pada debat kedua.

“Kami KPU akan melakukan evaluasi dan ini sudah kami lakukan setiap debat. Jadi debat pertama kita evaluasi untuk ebat kedua, debat kedua pun kita evaluasi untuk debat ketiga. ‎Demikian seterusnya,” jelasnya.

3 dari 4 halaman

Siapa Moderator dan Panelis?

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga terkait moderator yang akan ditunjuk pada debat capres-cawapres kedua, 17 Febuari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

“Untuk moderator berdasarkan UU konsep yang sudah dimiliki KPU dikoordinasikan paslon TKN dan BPN,” kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

“KPU sudah punya opsi, dan kita tawarkan. Moderatornya ini, ini. Kemudian dari masing-masing timses misalnya bilang, oh jangan itu tidak netral. Kan moderator debat capres itu harus netral. Ya kita diskusikan, tapi ya opsi moderator itu kan sudah kami siapkan nama-nama nominasinya. Semua insan media,” sambungnya.

Wahyu menegaskan, pemilihan moderator pada saat debat kedua pilpres 2019 bukan hak dari KPU. Namun, merupakan keputusan dari masing-masing paslon.

“Ya moderator ternama. Misalnya Alvito Deanova, mba Nana Najwa Shihab. Ada banyak. Sekali lagi kalau untuk moderator kami tidak bisa putuskan secara sepihak. Sebab, menurut UU harus dikoordinasikan. Tapi untuk panelis, itu kewenangan mutlak KPU,” tegasnya.

Sedangkan panelis debat capres-cawapres, yang menentukan adalah KPU. Namun demikian, panelis debat tidak sembarang pilih.

“Panelis itu ada syaratnya. Dia pakar di bidangnya, dia punya integritas dan dia harus netral. Jadi bisa jadi ada pakar di bidangnya, kok bisa enggak masuk ? Ya kalau dia tidak netral ya dia enggak penuhi syarat. Lah netral tidak netral kan bukan negatif ya artinya. Sebab, itu kan bagian dari hak politik seseorang. Yang tidak netral tidak penuhi syarat sebagai panelis,” pungkas Wahyu.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro dipilih atau diusulkan oleh beberapa media televisi sebagai moderator debat. Namun, ia tak menyebutkan stasiun televisi mana yang mengusulkannya.

“(Nana dan Tommy jadi moderator) itu diusulkan oleh tv. Kalau KPU nanti saja dirapat selanjutnya dan itu bisa satu (moderator) dan dua (moderator),” kata Arief di KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ia menegaskan, jumlah moderator pada debat Pilpres 2019 yang kedua nanti bisa kemungkinan hanya satu saja yaitu antara Najwa atau Tommy. Alasannya, karena pada debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, memulai bisnis sendiri sangatlah mudah. Ingin memiliki penghasilan, namun tidak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk jualan merupakan salah satu hal yang diinginkan bagi penjual. Saat ini jualan online sedang eksis-eksisnya, dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jualan online, semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga menimbulkan persaingan dalam media sosial.

Dengan berjualan online, Anda tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, kemungkinan akan mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Jadi nggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong pindah dari seorang pegawai menjadi penjual online.

Namun perlu diingat, kalau jualan tentunya memiliki hambatannya masing-masing. Sebagai pemula, Anda nggak perlu takut buat memulai berjualan online. Sebagai langkah awal, yuk simal ulasan Liputan6.com mengenai beberapa cara jualan online tanpa modal buat pemula yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Jualan Online

1. Menentukan Mau Apa yang Dijual

Bisnis memiliki 2 macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Sebelum Anda memulai untuk jualan online, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan barang secara online.

Cara jualan online produk ini, dapat Anda lakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan Anda atau bisa juga menggunakan sistem dropship. Nggak hanya berjualan produk fisik, Anda juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

Nah, kalau Anda mau menawarkan jasa dalam jualan secara online, ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa Anda coba. Misalnya, jasa pengetikan, jasa penerjemah atau jasa pembuatan website.

Apapun pilihan jualannya, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut. Hal ini sangat penting, agar jualan online Anda dapat bertahan dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

2. Membangun Pondasi Media Sosial

Memilih untuk jualan online, berarti Anda harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Soalnya nih, salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak luas, adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Di media sosial, Anda dapat membuat akun jualan online di Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan aplikasi e-commerce.

3. Membuat Website Pribadi

Cara jualan online selanjutnya adalah dengan membuat website khusus jualan Anda. Pada tahap awal, Anda dapat menggunakan media sosial untuk perkenalan bisnisnya. Namun, untuk mengembangkan bisnis Anda, sebaiknya Anda memiliki website pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai ‘tempat jualan’ Anda.

Namun, pembuatan sebuah website membutuhkan biaya hosting yang per bulannya sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 dan biaya domain sekitar Rp 100.000 per tahun. Jadi per bulannya Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 40.000.

Jika Anda mampu mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka Anda sudah ‘balik modal’, dan bisa mencoba memanfaatkan website sebagai tempat jualan Anda.

3 dari 5 halaman

Pemasaran yang tepat sasaran

4. Melakukan Pemasaran yang Tepat

Terdapat tiga komunitas orang yang menggunakan internet. Pertama, untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan, dan yang terakhir untuk membeli produk atau jasa.

Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

5. Berikan Nilai Tambah

Cara jualan online terakhir yang bisa Anda lakukan, untuk meningkatkan konsumen, adalah dengan memberikan nilai tambah. Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang bisa Anda berikan seperti layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Media Online untuk Jualan

1. Dapat dijalankan kapan saja

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu khawatir waktu Anda akan habis untuk berjualan saja. Berjualan online, Andalah yang menentukan waktu bekerjanya.

2. Modal yang rendah

Jumlah modal menjadi hal yang sensitif bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya. Namun, dengan jualan online, Anda tidak perlu merogoh kocek besar-besaran. Anda hanya memerlukan perangkat seluler atau computer dan sejenisnya serta koneksi internet yang lancar.

3. Dapat dijalankan di mana saja

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus pergi ke warung atau ke tempat yang jauh. Anda cukup membawa perangkat seluler Anda dan memantau website tempat Anda menjual produk Anda.

4. Dapat menjangkau masyarakat luas

Cakupan jangkauan jualan online juga sangat luas. Hal ini disebabkan karena saat ini setiap orang memakai koneksi internet dan dapat saling terhubung. Dengan syarat salah satu dari mereka mengetahui mengenai seseorang tersebut, maupun informasi yang didapatkannya.

5. Biaya operasional murah

Biaya operasional murah terdengar logis dalam menjalankan jualan online. Hal ini diakibatkan karena Anda hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena konsumen yang akan menanggungnya.

5 dari 5 halaman

Menjadi bos dan membuka lowongan pekerjaan

6. Berpeluang besar

Sebagian masyarakat percaya bahwa membeli produk secara online lebih baik. Hal ini terjadi karena sering sekali harga produk yang sama, lebih murah di toko online daripada di toko offline.  

Inilah yang membuat peluang Anda lebih besar dalam menjalankan jualan online, karena banyak masyarakat yang memiliki pendapat seperti itu.

7. Anda dapat menjadi bos bagi diri sendiri

Saat menjalankan jualan online, Anda dapat membuat peraturan atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri Anda sendiri. Hal ini terjadi karena Andalah atasan untuk diri Anda sendiri sehingga tidak ada yang akan mengatur Anda selain konsumen.

8. Tidak membutuhkan tempat tertentu

Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda harus membangun gedung untuk berjualan. Pembangunan gedung untuk jualan, belum memastikan bahwa jualan Anda akan lancar. Oleh karena itu, jualan online sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengais rezeki.

9. Membuka lowongan pekerjaan

Di luar sana memang banyak lowongan pekerjaan, akan tetapi tidak memiliki persyaratan kerja sesimpel dan sesederhana di jualan online.

10. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Anda dapat memilih untuk berjualan atau berbisnis online di salah satu website yang memang menjamin keamanan transaksi dengan pembeli. Sehingga, pembeli tidak takut lagi dan tidak berpikir bahwa Anda sedang berusaha melakukan penipuan terhadapnya.


Reporter: Nisa Mutia sari

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara, Pemersatu Suku Bangsa, Ras, Agama, dan Golongan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai warga negara Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan kata Pancasila. Bahkan pendidikan Pancasila sendiri sudah diterapkan sejak masih taman kanak-kanak. Pancasila merupakan sumber acuan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia atau bisa disebut sebagai dasar-dasar negara Indonesia.

Walaupun pendidikan Pancasila sudah diajarkan sejak taman kanak-kanak tapi tidak bisa dipungkiri bahwa generasi sekarang ini masih belum paham tentang makna Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Bisa dikatakan, makna pancasila menggambarkan ruh dan esensi pancasila itu sendiri.

Makna Pancasila sebagai dasar negara tentu harus dipahami karena pancasila merupakan salah satu elemen paling penting dalam negara Indonesia. Tanpa memahami maknanya, orang-orang hanya akan melihat pancasila sebagai slogan semata. Pancasila adalah suatu idoelogi yang dipegang erat bangsa Indonesia.

Istilah Pancasila diperkenalkan oleh Bung Karno saat sidang BPUPKI I. Pancasila kemudian menjadi sebuah landasan berdirinya negara Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia semua orang harus bisa memahami dan mengimplementasikan makna Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut makna Pancasila sebagai dasar negara yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019).

2 dari 4 halaman

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna pancasila sebagai dasar negara ialah menjadi landasan, pondasi utama, titik acuan bangsa Indonesia dalam mengatur bangsa maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya Pancasila dalam mengatur unsur-unsur kehidupan berbangsa dan bernegara, segala bentuk peraturan-peraturan yang ada di Indonesia harus berlandaskan pancasila.

Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah bahwa pancasila digunakan sebagai dasar atau fundamen untuk mengatur pemerintah negara, atau pun sebagai dasar untuk mengatur seluruh penyelenggaraan negara. Maka makna pancasila sebagai dasar negara bisa didefinisikan sebagai kaidah negara yang fundamental, yang artinya sebagai hukum dasar, baik itu yang tertulis atau pun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Negara Indonesia sudah seharusnya bersumber dan ada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.

Bisa dibayangkan sendiri jika negara ini tidak memiliki dasar negara, sudah pasti seluruh penyelenggaraan negara tidak akan memiliki pegangan atau pun pedoman yang kuat dan kokoh, sehingga setiap warga negara akan memiliki pegangan juga pedoman tersendiri yang pada akhirnya melahirkan perpecahan.

3 dari 4 halaman

Pancasila Sebagai Pedoman

Makna pancasila sebagai dasar negara juga memiliki artian sebagai dasar atau pun pedoman dalam penyelenggaraan negara. Seandainya negara menjadi sebuah bangunan, maka pancasila ini menjadi fondasi yang nanti akan dijadikan sebagai tempat untuk berpijaknya bangunan-bangunan berikutnya. Dengan begitu maka pancasila dijadikan sebagai dasar dan tonggak dalam pembuatan segala peraturan perundang-undangan negara dan berbagai macam peraturan lain yang di dalamnya mengatur di berbagai bidang kehidupan, baik itu di bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, atau pun pertahanan dan keamanan.

Lalu dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea ke IV sendiri juga sudah dijelaskan, bahwa pancasila ini merupakan dasar negara. Jadi makna pancasila sebagai dasar negara adalah nilai dasar yang normatif terhadap semua penyelenggaraan Negara Republik Indonesia.

Peletakan kata pancasila sebagai salah satu sumber dari semua sumber hukum negara adalah sesuai dengan pembukaan dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia di tahun 1945. Pancasila diletakkan sebagai dasar juga ideologi negara dan sekaligus sebagai filosofis berbangsa maupun bernegara, sehingga setiap materi muatan peraturan perundang – undangan sangat tidak boleh bertentangan dengan nilai – nilai yang ada di dalam pancasila itu sendiri.

Penegasan fungsi kata pancasila sebagai dasar negara dan juga sumber hukum bisa ditemukan pula dalam Undang – Undang Keormasan tahun 1985, yakni Undang – Undang nomor 5 tahun 1985 mengenai keharusan semua kekuatan politik untuk mencantumkan pancasila sebagai asas dalam anggaran dasarnya.

Jika melihat ulasan tersebut, makna utama dijadikannya pancasila sebagai dasar negara adalah untuk memberikan pedoman bagi bangsa maupun negara untuk bisa mencapai tujuannya lewat berbagai realisasi pembangunan, dan menjadi alat pemersatu. Ini artinya pancasila bisa mempersatukan orang – orang dari berbagai suku bangsa, ras, agama, dan golongan.

4 dari 4 halaman

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Pancasila Sebagai Pedoman Hidup

Pancasila menjadi sebuah pedoman hidup bangsa, supaya bisa menjadi sebuah pedoman dalam mengambil keputusan.

2. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa

Pancasila haruslah menjadi jiwa dari bangsa Indonesia, supaya jiwa bangsa bisa terwujud dalam setiap lembaga maupun organisasi dan insan yang ada di Indonesia.

3. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila sebagai kepribadian bangsa, karena kepribadian bangsa Indonesia sangat penting dan juga menjadi identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus diam dalam diri tiap pribadi bangsa Indonesia agar bisa menjadikan Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa.

4. Pancasila Sebagai Sumber Hukum

Pancasila menjadi sumber hukum dari segala hukum yang berlaku di Indonesia, atau bisa dibilang pancasila sebagai dasar negara. Jadi tidak boleh ada satu pun peraturan yang bertentangan dengan Pancasila.

5. Pancasila Sebagai Cita Cita Bangsa

Pancasila sebagai cita-cita bangsa. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia haruslah mempunyai angan-angan dengan sebuah negara yang berketuhanan yang Esa dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, bersatu serta solid, selalu bermusyawarah dan juga munculnya keadilan sosial.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir yang Kini Dikaji Lagi

Jakarta

Pemerintah kini mengkaji kembali rencana pembebasan Abu Bakar Ba’asyir. Aspek yang dikaji mulai dari ideologi Pancasila, NKRI dan aspek hukum.

“Presiden sangat memahami permintaan keluarga tersebut. Namun tentunya masih perlu dipertimbangkan aspek-aspek lainnya seperti aspek ideologi Pancasila, NKRI, hukum dan lain sebagainya,” ujar Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Keputusan ini diambil dalam rapat koordinasi. Presiden Jokowi menurut Wiranto tak grusa-grusu mengambil keputusan karenanya pejabat kementerian terkait mengkaji sejumlah aspek yang disebut Wiranto.

Keputusan pemerintah mengkaji aspek pertimbangan pembebasan Ba’asyir diambil setelah ramai perbincangan rencana pembebasan Ba’asyir sebagaimana disebut Jokowi pada pekan lalu. Jokowi saat itu mengatakan, sudah mendiskusikan pertimbangan panjang atas rencana pembebasan Ba’asyir yang disebut dengan alasan kemanusiaan.

“Ini pertimbangan yang panjang. Pertimbangan dari sisi keamanan dengan Kapolri, dengan pakar, terakhir dengan Pak Yusril. Tapi prosesnya nanti dengan Kapolri,” ujar Jokowi kepada wartawan di Pondok Pesantren Darul Arqam, Jl Ciledug, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1).

Sedangkan Yusril Ihza Mahendra yang ikut berkomunikasi dengan Jokowi, menyebut presiden akan membebaskan Ba’asyir tanpa syarat. Ditegaskan lagi soal alasan kemanusiaan karena faktor usia dan kesehatan Ba’asyir.

“Sudah saatnya Ba’asyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan. Jokowi berpendapat bahwa Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbagan kemanusiaan,” kata Yusril.

Rencana pembebasan Ba’asyir juga direspons Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM. Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto menyebut opsi pembebasan Ba’asyir di antaranya pembebasan bersyarat dan grasi dari presiden.

Untuk pembebasan bersyarat, Ba’asyir disebut Kemenkum HAM sebenarnya sudah bisa mengambilnya pada 13 Desember 2018. Alasannya, Ba’asyir sudah menjalani dua pertiga masa pidana terkait vonis kasus pelatihan militer kelompok teroris.

Hitungan ini mengacu pada sidang vonis pada 16 Juni 2011. Di mana majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menyatakan Ba’asyir bersalah dan menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara.

Untuk menempuh pembebasan bersyarat, Ditjen PAS menyebut ketentuan bagi narapidana di antaranya meneken surat setia NKRI. Aturan ini tertuang pada PP 99/2012 serta dalam pasal 84 Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti dan pembebasan bersyarat.

“Jika melalui mekanisme PB, menurut perhitungan, dua pertiga masa pidananya adalah pada tanggal 13 Desember 2018. Karena Ustaz Abu Bakar Ba’asyir sampai saat ini belum berkenan menandatangani surat pernyataan ikrar kesetiaan NKRI sebagai salah satu persyaratan PB,” ujar Ade Kusmanto.

Tim Pengacara Muslim (TPM), lantas menjelaskan alasan Ba’asyir menolak menandatangani dokumen untuk pembebasan bersyarat. Dokumen itu di antaranya berisi pengakuan tindak pidana, padahal Ba’asyir menurut TPM menegaskan tidak melakukan apa yang didakwakan.

“Dokumen itu macam-macam yang paling penting adalah dokumen untuk berjanji tidak akan melakukan tindak pidana yang dilakukannya,” kata Ketua Dewan Pembina TPM, Mahendradatta di kantornya, Jalan Raya Fatmawati, Cipete Selatan, Jakarta Selatan, Senin (21/1).

Mahendradatta juga menjelaskan alasan Ba’asyir menolak meneken ikrar setia NKRI. Sebab Ba’asyir menurut Mahendradatta tak perlu meneken setia kepada Pancasila karena sudah setia pada Islam.

“Pembicaraannya gini ‘ustaz kalau ini kok nggak mau tanda tangan, kalau Pancasila itu sama dengan bela Islam’. ‘Loh kalau gitu sama dengan Pancasila, kenapa saya nggak bela Islam saja, kan sama saja. Jadi belum sampai ke argumen yang meyakinkan ustaz. Kalau hal yang sama kenapa saya tidak menandatangani yang satu, tidak boleh yang dua. Itu hanya sebagai kepolosan saja yang saya bilang,” ujar Mahendradatta.

(fdn/fjp) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Masyarakat Diminta Cermat Memilih Caleg dalam Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Syafuan Rozi Soebhan mewanti-wanti masyarakat tak mencari kucing dalam karung dalam memilih caleg di Pemilu serentak yang digelar 17 April mendatang.

Ia menyampaikan, untuk mengetahui persoalan dialami masyarakat, para caleg seharusnya menyambangi daerah pemilihannya secara langsung. Bukan mengandalkan serangan fajar atau membagikan uang melalui tim suksesnya.

“Kita tidak mau mencari kucing dalam karung karena dibayar, dia (caleg) hibur kita selama kampanye tapi lalu meninggalkan kita dengan kemacetan, pengangguran, jalan yang gelap, sampah dimana-mana, kejahatan luar biasa, narkoba,” pesan Syafuan, Senin (20/1/2019).

Dia meyakini masyarakat mulai cerdas dalam menyikapi pesta demokrasi. Masyarakat, khususnya generasi milenial tak serta merta akan menerima uang dari para caleg yang akan membiarkan daerah pemilihannya terbengkalai.

“Masyarakat mulai sadar untuk jangan mau terima DP. Terima DP nanti di belakang hari kita tidak diurus. Tapi kalau milih orang yang tepat, yang benar, dia akan urus lima tahun ke depan bagaimana jalan kita itu bagus, dari kualitas jalannya, drainase dan lainnya,” lanjut Syafuan.

Pernyataan ini dilontarkan terkait banyaknya petahana yang kembali maju dalam ajang Pemilu 2019. Salah satu petahana tersebut adalah Ahmad Sahroni.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Wilayah

Ahmad Sahroni selaku caleg petahana dari NasDem, mengingatkan masyarakat untuk arif memilih wakil rakyat yang memperhatikan daerah pemilihannya.

“Uang memang penting, bohong kalau kita tidak butuh uang, apa pun sekarang membutuhkan uang, apalagi di ibu kota. Tapi jangan juga kita diperbudak oleh uang sampai membutakan mata memilih wakil rakyat yang hanya mau dipilih tapi tidak mau memperhatikan dapil setelah terpilih,” kata Sahroni.

Sahroni mencontohkan, sebagai wakil rakyat yang terpilih dari Dapil III dirinya tak pernah melewatkan berbagai kesempatan untuk mengunjungi kembali daerah-daerah yang telah mengantarnya ke DPR. Dengan bertatap muka di daerah pemilihannya, kepentingan masyarakat akan diketahui tanpa ditungangi pihak-pihak yang mencoba mencari keuntungan pribadi.

“Selama hampir lima tahun, saya tidak pernah melewatkan jadwal reses, kunjungan kerja maupun sosialisasi empat pilar. Momentum itu saya manfaatkan untuk mendatangi berbagai wilayah di daerah pemilihan secara bergiliran untuk mengetahui apa persoalan dirasakan masyarakat,” ungkap pria yang lekat dengan sebutan Anak Priok ini.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, Wajib Disimak bagi Pengguna Baru

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan mobilitas masyarakat saat ini cukup tinggi. Tak heran banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari alat transportasi pribadi. Salah satunya adalah mobil. Alasannya, kendaraan roda empat itu mampu menampung lebih banyak orang, jadi cocok digunakan sebagai alat transportasi keluarga.

Salah satu mobil yang diminati sebagian keluarga di Indonesia adalah Nissan Grand Livina. Mobil dengan muka multi purpose vechile (MVP) atau multi fungsi yang dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang ini merupakan andalan dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

2 dari 6 halaman

Mobil Pilihan Keluarga Indonesia

Banyak yang mengakui kalau mobil ini cukup nyaman dan irit jika dibanding MPV sekelasnya, hal ini membuat Grand Livina sampai saat ini masih mampu bersaing dengan kompetitornya

Mobil keluarga ini pertama kali meluncur pada tahun 2006, dan telah mendapatkan tempat tersendiri bagi keluarga. Buat kamu yang mencari mobil dengan harga terjangkau namun memiliki bagus, Grand Livina bisa menjadi pilihannya.

Namun meskipun mobil ini telah bertahan cukup lama di Indonesia, mobil keluarga satu ini memiliki kekurangan. Jika kamu berminat untuk membeli mobil satu ini, kamu perlu tahu kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, agar tak salah untuk memilihnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) berikut ini kelemahan Grand Livina dan kelebihannya sebagai mobil keluarga.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Grand Livina

1. Ground Clearance Rendah

Kelemahan Grand Livina yang pertama ialah ground clearance yang masih rendah. Hal inilah yang kurang menguntungkan menggunakan mobil keluarga satu ini. Mobil ini terbilang rendah dan kurang baik dipakai untuk jalanan yang terlau banyak lubang ataupun polisi tidur dengan tinggi yang bervariasi. Apalagi saat muatan yang ada pada mobil ini terlalu berat atau membawa banyak barang, maka ground clearance akan semakin rendah. Mobil dengan MPV ini memiliki ukuran hanya 175 mm, tentu saja ini terlalu rendah untuk mobil dengan muka MPV.

2. Peredam Kabin Masih kurang

Kelemahan Grand Livina lainnya ialah peredam kabin yang dirasa masih kurang. Hal ini mengakibatkan suara-suara yang berasal dari arah luar dapat terdengar. Tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Bangku pada baris ke tiga cukup sempit

Selanjutnya kelemahan Grand Livina terletak pada bangku baris ketiga yang cukup sempit. Namun demikian hal ini dirasa cukup relatif. Baris ketiga ini juga bisa diakali sebagai perluasan bagasi Grand Livina.

4 dari 6 halaman

Fitur Pengaman Kurang

4. Tidak dilengkapi kunci immobilizer

Mobil Grand Livina ini tidak dilengkapi dengan kunci immobilizer. Sehingga jika tanpa kunci aslinya, mobil ini dapat dengan mudah dibawa kabur oleh pencuri. Karena fitur ini dirasa cukup penting dalam sebuah mobil, maka hal ini termasuk dalam kelemahan Grand Livina.

5. Kapasitas mesin kurang besar

Kelemahan Grand Livina yang lain ialah kapasitas mesih yang kurang besar. Meskipun kapasitas yang disediakan pada mesin mobil Grand Livina 1.5 L, akan tetapi mobil dengan body lebih besar tentunya membutuhkan tenaga yang lebih. Namun kapasitas 1.5 L tersebut memang telah standar bagi ukuran mobil dengan bentuk MPV di Indonesia.

6. Tidak ada varian Diesel

Selain itu kelemahan Grand Livina lainnya ialah tidak adanya variasi mesin diesel yang di sediakan seperti mobil lainnya. Sehingga bahan bakar yang harus digunakan tidak bisa memakai ssesuka pengendara.

5 dari 6 halaman

Kelebihan Grand Livina

Namun diluar kelemahan Grand Livina, tentunya terdapat kelebihan yang dapat menguntungkan penggunanya. Berikut ini kelebihan Grand Livina:

1. Lapisan body tebal

Kelebihan dari Grand Livina bisa dilihat dari struktur desain dan dimensi yang terdapat pada mobil tersebut. Memiliki bobot mencapai 1250kg dengan bahan material yang tebal membuat body Grand Livina ini terlihat lebih kokoh. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Grand Livina yang menjadi daya Tarik.

2. Eksterior yang modern dengan Interior yang Elegan

Desain eksterior dari Grand Livina ini terlihat modern namun tetap menampilkan sisi sporty. Pada bagian headlamp juga dipasang dengan desain terbaru, hingga menghasilkan cahaya yang cukup terang. Selain pada headlamp yang dipasang dengan desain baru, bagian belakang lampu juga tak kalah apik. Desain yang terdapat pada bagian belakang lampu juga terlihat modern dengan tambahan high mount lamp yang diletakkan pada belakang atas.

Selain eksterior yang menawan, kelebihan dari Grand Livina ini terletak pada interior yang elegan. Kabin pada Grand Livina ini disajikan dengan konsep mewah nan elegan. Kabin ini tentunya akan memberi kenyamanan bagi pengendaranya.

6 dari 6 halaman

Irit Bahan Bakar

3. Kelengkapan fitur

Selain interior yang elegan, Grand Livina juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang canggih. Seperti Display Wide 6 inch touch screen, USB/ iPhone/Ipod connectivity. Ditambah dengan fitur dual SRS airbag pada bagian depan penumpang dan pengemudi. Selain itu dalam Grand Livina juga telah terpasang sensor parkir dan kamera belakang, sehingga penggemudi akan lebih mudah untuk memarkirkan kendaraan.

4. Kualitas Handling

Kelebihan lainnya ialah pada kualitas handling yang dimiliki oleh Grand LIvina. Grand Livina memiliki kualitas handling yang nyaman dan mudah untuk dikendalikan. Selain kualitas handling bang baik, suspense yang berkualitas terutama pada kualitas banting yang cukup empuk menambah nilai lebih pada mobil keluarga satu ini.

5. Bahan Bakar Irit

Bagian terpenting yang manjadi incaran para pencari mobil ialah tingkat keiritan bahan bakar. Grand Livina memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang cukup bagus dengan performa yang baik. Mobil keluarga ini mampu menempuh jarak 9 hingga 12 km dalam kota dengan menggunakan BBM 1 liter.

Meskipun Grand Livina memiliki kelemahan dan kelebihannya, akan tetapi mobil ini tetap menjadi salah satu pilihan terbaik bagi sesorang yang mencari mobil dengan muka MPV.


Reporter: Novita Ayuningtyas