Fungsi Negara Secara Umum dan Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti tinggal di suatu negara. Negara adalah sekumpulan masyarakat dengan berbagai keragamannya yang hidup dalam suatu wilayah yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Sebelum membahas fungsi negara secara umum, ada baiknya jika kamu mengetahui pengertian negara. Dalam artikel ini akan membahas pengertian negara dan fungsi negara secara umum. Berdasarkan sumber yang berhasil dihimpun, berikut penjelasannya.

2 dari 4 halaman

Pengertian Negara

Negara merupakan suatu bentuk organisasi kekuasaan yang dibentuk guna melaksanakan tugas-tugas tertentu. Negara adalah sebuah wilayah atau daerah yang berada di permukaan bumi yang memiliki kekuasaan baik dalam bentuk politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun kekuatan militer yang pelaksanaan kekuasaan tersebut dilakukan oleh pemerintahan.

Dalam suatu negara tersebut pastilah memiliki fungsi negara yang merupakan suatu gambaran terkait hal-hal apa saja yang dilakukan oleh negara sebagai tujuannya.

Fungsi negara biasanya merujuk pada pemikiran beberapa pemikir social, filsuf dan ahli bidang tata negara. seperti Bung Karno sebagai pendiri negara Indonesia yang berdaulat pernah berujar dalam autobiografinya bahwa negara Indonesia didirikan untuk mengabdi kepada Tuhan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Negara Secara Umum

Fungsi negara secara umum ada empat, yakni untuk melaksanakan ketertiban dan keamanan, fungsi kemakmuran dan kesejahteraan, fungsi pertahanan dan keamanan serta fungsi menegakkan keadilan. Berikut merupakan penjelasan fungsi-fungsi negara secara umum.

1. Melaksanakan Penertiban (Law And Order)

Fungsi negara yang pertama adalah fungsi pengaturan dan ketertiban. Fungsi ini sangat penting, terutama dalam mencegah bentrokan-bentrokan maupun pertikaian dan penyebab tawuran yang mungkin timbul dalam masyarakat yang menjadi salah satu faktor penghalang proses tercapainya tujuan-tujuan negara.

2. Fungsi Kemakmuran dan Kesejahteraan

Fungsi ini semakin penting seiring berjalannya waktu, terutama bagi negara yang menganut paham negara kesejahteraan (welfare staat). Maknanya negara berupaya agar masyarakat dapat hidup dan sejahtera, terutama dibidang ekonomi dan sosial masyarakat.

Untuk itu, negara melakukan berbagai macam upaya seperti pembangunan di segala bidang serta berusaha untuk selalu menciptakan kondisi perekonomian yang selalu stabil.

3. Fungsi Pertahanan dan Keamanan

Fungsi ini diperlukan untuk menjaga kemungkinan terjadinya serangan dari luar. Fungsi negara yang satu ini sangat penting karena menyangkut keberlangsungan sebuah negara tersebut.

Negara wajib nampu melindungi rakyatnya, wilayah dan pemerintahannya dari berbagai ancaman, tantangan, serangan dan gangguan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Maka dari itu, penting bahwa negara dilengkapi dengan alat-alat pertahanan serta personil keamanan yang terlatih dan tangguh.

4. Fungsi Keadilan

Fungsi negara ini dilaksanakan oleh badan penegak hukum, khususnya badan-badan peradilan. Negara harus dapat menegakkan hukum secara tegas dan tanpa adanya unsur kepentingan tertentu menurut hak dan kewajiban yang telah di kontribusikan kepada bangsa dan negara.

4 dari 4 halaman

Fungsi Negara Menurut Para Ahli

Salah satu cara untuk mewujudkan fungsi ini adalah dengan membentuk berbagai badan peradilan. Dari penjelasan dari ke-empat fungsi di atas. Para ahli di bidangnya juga memberikan pendapatnya secara umum tentang fungsi-fungsi negara.

Contohnya dari John Locke, Montesquieu dan Van Vollenhoven sebagai berikut.

Macam-macam fungsi negara menurut John Locke

Menurut Locke sebagai seorang filsuf dari Inggris, yang membagi fungsi negara menjadi tiga antara lain sebagai berikut,

Fungsi legislatif: membuat undang-undang

Fungsi eksekutif membuat peraturan dan mengadili

Fungsi federatif: mengurus urusan luar negeri serta urusan perang dan damai


Fungsi Negara Menurut Montesquieu

Pemikir politik asal Prancis, Montesquieu yang terkenal dengan sebutan Trias Politica, membagi fungsi negara dalam tiga tugas pokok atau fungsi negara antara lain sebagai berikut,

Fungsi legislatif: membuat undang-undang

Fungsi eksekutif: melaksanakan undang-undang

Fungsi yudikatif: mengadili dan mengawasi agar setiap peraturan ditaati


Fungsi Negara Menurut Van Vollenhoven

Menurut Van Vollenhoven seorang antropolog Belanda yang dijuluki sebagai “Bapak Hukum Adat” ini berpendapat fungsi negara dibagi menjadi empat yang dikenal dengan catur praja, berikut penjelasannya,

Bestuur, yaitu fungsi menyelenggarakan pemerintahan

Rechtsprak, yaitu fungsi mengadiliRegeling, yaitu fungsi membuat peraturan

Politie, yaitu fungsi ketertiban dan keamanan Dan secara umum pula, fungsi negara bisa dirumuskan sebagai berikut:

Fungsi internal, yaitu dengan cara memelihara perdamaian, ketertiban, ketentraman, serta perlindungan terhadap hak-hak yang dimiliki oleh setiap orang

Fungsi Eksternal, yaitu dengan upaya mempertahankan kemerdekaan negara. Dengan kata lain negara harus berupaya agar dapat mengatasi segala ancaman atau serangan yang berasal dari luar negeri.

Fungsi fakultatif, yaitu fungsi negara yang dapat diwujudkan dengan cara peningkatan kesejahteraan umum baik dari segi ekonomi, sosial, moral, maupun intelektual.

Dengan adanya fungsi negara, pemerintah mengharapkan rakyatnya untuk sadar diri dan mematuhi peraturan perundang-undangan atau aturan yang berlaku serta turut berpartisipasi dalam kehidupan pemerintahan guna mewujudkan fungsi–fungsi negara.

Demikian ulasan terkait dengan fungsi negara secara umum dan penjelasnnya dari para ahli di bidangnya. Semoga dari artikel di atas, dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu tentang fungsi negara sehaingga turut pertisipasi untuk mewujudkan fungsi negara secara baik.


Reporter: Loudia Mahartika

6 Fungsi Partai Politik di Indonesia sebagai Negara Demokrasi

Liputan6.com, Jakarta Partai politik merupakan sebuah organisasi yang menjalani sebuah ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan umum. Partai politik dapat juga dikatakan suatu kelompok yang telah teroganisir dengan anggota-anggotanya yang mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama.

Partai politik juga bisa didefinisikan sebagai perkumpulan yang memiliki asas yang sama, sehaluan di bidang politik, baik yang berdasarkan partai kader atau struktur kepartaian yang dimonopoli oleh sekelompok anggota partai yang terkemuka. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara konstitusional, untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka. Jadi bisa dikatakan, fungsi partai politik adalah sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas.

2 dari 4 halaman

Partai Politik di Indonesia

Partai politik di Indonesia sendiri adalah organisasi yang sifatnya nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga Indonesia secara sekarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara. Selain itu, untuk memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pengertian ini tercantum di dalam Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang No. 2 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

Nah, untuk melakukan Pemilihan Umum, partai politik sendiri wajib memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh Undang-undang. Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum akan melakukan proses verifikasi. Proses verifikasi sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Melalui definisi yang telah dijelaskan tersebut, dapat dilihat bahwa tujuan dari dibentuknya partai politik adalah untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara, serta memelihara keutuhan Negara Indonesia.

Di samping itu, fungsi partai politik sebagai pilar demokrasi juga perlu ditata dan disempurnakan dengan diarahkan pada dua hal utama, seperti yang dijelaskan di Penjelasan Umum Undang-undang 2/2011.

Indonesia sebagai Negara demokrasi selalu menyimpan berbagai masalah mulai dari perbedaan dan persaingan. Masalah seperti itu tidak dapat dipungkiri juga menyerang negara-negara di dunia yang menganut sistem demokrasi.

Oleh karena itu, partai politik dengan segala perannya, mulai dari menjadi perantara antara masyarakat dan pemerintah, sebagai sarana partisipasi politik, pengatur konflik, hingga kontrol atas kebijakan-kebijakan pemerintah, dapat melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan untuk mencapai keseimbangan dalam menjalankan segala kegiatan politik dalam berbangsa dan bernegara.

Nah, partai politik sendiri memiliki beberapa fungsi khususnya di dalam Negara demokrasi. Berikut Liputan6.com, akan mengulas fungsi partai politik di dalam Negara demokrasi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

3 dari 4 halaman

Politik sebagai sarana sosialisasi dan membangun komunitas

1. Sarana Komunitas Politik

Dalam sistem demokrasi yang dimiliki seperti Indonesia ini, fungsi partai politik adalah untuk menyalurkan berbagai macam suara maupun aspirasi masyarakat agar sampai ke pemerintah.

Selain itu, partai politik juga berfungsi untuk menyebarluaskan keputusan dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Maka dalam hal ini fungsi partai politik berperan sebagai perantara antara pemerintah dan masyarakat.

Jika partai politik tidak berfungsi demikian, maka akan terjadi ketimpangan dan penyalahgunaan partai politik untuk kepentingan kelompok maupun golongan.

2. Sarana Sosialisasi Politik

Partai politik juga berperan sebagai sarana sosialisasi politik. Di dalam ilmu politik, sosialisasi politik diartikan sebagai proses dimana seseorang memperoleh sikap dan orientasi terhadap fenomena politik, yang umumnya berlaku dalam masyarakat di mana ia berada. Sosialisasi politik dapat membentuk budaya politik suatu negara. 

3. Sarana Rekrutmen Politik

Fungsi partai politik lainnya adalah sebagai wadah untuk menampung dan penyeleksian kader-kader politik yang nantinya akan meneruskan kepemimpinan suatu pemerintahan dengan jabatan tertentu.

Partai politik memperluas perannya dalam membuka kesempatan bagi warga negara untuk turut serta berpartisipasi politik dalam suatu negara. Partai politik senantiasa melahirkan kader-kader yang potensial dalam setiap perkembangannya dalam persaingan perpolitikan. Hal itu dilakukan dengan merekrut anggota-anggota muda yang berbakat dan memberikan pembekalan kader-kader muda.

4 dari 4 halaman

Politik sebagai sarana berpartisipasi dan pengatur konflik

4. Sarana Pengatur Konflik

Dalam suatu negara demokrasi seperti Indonesia, perbedaan pendapat tentunya menjadi hal yang wajar. Ragam suku, etnis, budaya, status sosial, dan lain-lain tentunya tidak jarang menimbulkan  berbagai permasalahan yang dapat mengancam persatuan bangsa, maka dari itu partai politik dituntut untuk dapat mengatasi masalah-masalah tersebut, minimal dapat meredakan dan menjadi penengah antara pihak yang bertikai. 

Perbedaan dan persaingan ini selalu menjadi hal yang harus ditangani partai politik sebagai wujud perdamaian politik suatu negara. Fungsi partai politik harus mampu menciptakan suasana harmonis diantara kalangan masyarakat serta mencontohkan persaingan-persaingan sehat dalam mencapai tujuan.

5. Sarana Kontrol Politik

Fungsi partai politik di Negara demokrasi seperti ini adalah untuk membantu mengingatkan dan meluruskan kebijakan-kebijakan pemerintah. Karena dalam menetapkan keputusan-keputusan maupun kebijakam terkadang terjadi kesalahan maupun kekeliruan yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Disinilah fungsi partai politik sangat dibutuhkan. Kontrol kebijakan dilakukan untuk membatasi kesewenang-wenangan pemerintah yang dapat merugikan rakyat. Selain itu, partai politik juga melakukan pengawasan serta pertinjauan terhadap pelaksanaan jalannya kepemerintahan agar dapat berjalan baik sebagaimana mestinya.

6. Sarana Pertisipasi Politik

Partai politik berfungsi untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah. Hal tersebut dikarenakan partai politik menerima dan menampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan nasional. 

Negara dengan sistem demokrasi tentunya membutuhkan peran partai politik sebagai penampung suara masyarakat untuk disalurkan kepada pemerintah. Tanpa adanya partisipasi ataupun keterlibatan partai poltik, kebijakan-kebijakn yang dibuat pemerintah tentunya tidak dapat di ubah jika tidak sesuai dengan kondisi masyarakat.

Reporter: Nisa Mutia sari

Kapitalisasi Pasar Saham BCA Tembus Rp 683 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatatkan level tertinggi tertinggi dalam lima tahun.

Berdasarkan data RTI, Selasa (22/1/2019), saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 0,99 persen ke posisi 28.000 per saham. Saham BBCA sempat berada di level tertinggi 28.100 per saham dan terendah 28.000 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 7.207 kali dengan nilai transaksi Rp 626,4 miliar.

Bila melihat data RTI, saham BBCA sentuh 28.100 merupakan level tertinggi dalam lima tahun yang diraih pada Selasa 22 Januari 2019. Sedangkan level terendah dalam lima tahun berada di kisaran 9.250 per saham pada 6 Desember 2013.

Adapun kenaikan harga saham BBCA pada Selasa pekan ini mendorong kapitalisasi harga sahamnya mencapai Rp 683 triliun. BCA pun mencatatkan kapitalisasi pasar saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 22 Januari 2019.

Kemudian disusul PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 460 triliun. Lalu PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mencetak kapitalisasi pasar saham Rp 439 triliun. Disusul PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 396 triliun.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) pun masuk lima besar kapitalisasi pasar terbesar di BEI. Tercatat kapitalisasi pasar saham PT Unilever Indonesia Tbk mencapai Rp 374 triliun.

Lalu kapitalisasi pasar saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tercatat Rp 358 triliun. Selanjutnya PT Astra International Tbk (ASII) membukukan kapitalisasi pasar saham Rp 332 triliun. Disusul PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang mencetak kapitalisasi pasa rsaham Rp 171 triliun.

Lalu ada PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang mencatatkan kapitalisasi pasar saham Rp 159 triliun. Pada posisi 10, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) mecetak kapitalisasi pasar saham Rp 136 triliun.

Kapitalisasi pasar saham ini merupakan harga saham dikalikan jumlah saham yang beredar. Oleh karena itu, kapitalisasi pasar saham ini dapat berubah setiap hari.

2 dari 2 halaman

BCA Alokasikan Rp 5,2 Triliun buat Investasi Digital pada 2019

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan dana sekitar Rp 5,2 triliun untuk investasi digital banking di 2019. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan ATM, server serta EDC agar menyamai laju pengembangan fintech di Indonesia.

“Banyak, tapi termasuk ATM, EDC, sekitar Rp 5,2 triliun tahun depan. Enggak kalah sama fintech. Untuk yang sudah ada di manintenance, pengembangan nambah EDC, ATM, server,” ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja di JCC Senayan, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Jahja mengatakan, BCA juga akan melakukan transformasi aplikasi yang saat ini belum menggunakan QR (Quick Response) code. Sehingga ke depan, lebih digital dan tingkat kepatuhan terhadap penggunaan QR code meningkat.

“Kemudian transformasi dari aplikasi kita kan yang lama belum ada QR sekarang ada transformasi supaya lebih digital dan complience. Risiko itu harus diinvstasikan, dijaga supaya tetap compli dan sesuai ketentuan,” ujar dia.

Jahja menambahkan, tahun ini pihaknya sebenarnya sudah mencanangkan penggunaan QR code untuk tranfer dana. Di mana pedagang di sosial media dapat melakukan transfer sebesar Rp 100 juta per hari.

“Kita habis perkenalkan QR untuk meudahkan orang transfer dan bisa sampai Rp 100 juta per hari. Buat yang jualan IG, FB, itu gampang enggak perlu ketik nomor rekening kan takut salah, dengan QR bisa jalan,” tutur Jahja.

“Ini perlu disosialisasi saya kira, produk baru enggak boleh dalam waktu dekat bersamaan kita keluarkan. Yang penting educate customer, yang penting kesulitan kita punya melalui halo BCA bisa support bantu beri penjelasan edukasi nasabah,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fungsi RAM pada HP dan Keuntungannya, Gunakanlah Secara Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kamu berada pada era globalisasi, di mana pertumbuhan teknologi dan jaringan bertumbuh sangat pesat. Dan kamu mungkin salah satu yang tak lepas dari pertumbuhan teknologi terutama gadget ataupun smartphone.

Karena mnegikuti pertumbuhan yang sangat cepat, tentu saja membuat berbagai produsen pembuat smartphone berlomba-lomba untuk memperoleh konsumen dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan. Beragam smartphone canggih pun mulai ditawarkan, dari kualitas kamera yang mumpuni bagi penggemar selfie, prosesor yang super cepat hingga kapasitas Random Access Memory atau RAM. Bahkan ada ponsel yang memiliki ukuran RAM menyaingi RAM pada laptop.

Dengan kapsitas RAM yang besar itu, sebenarnya untuk apa? Kenapa ponsel harus membutuhkan RAM yang cukup besar? Dan apa fungsi RAM pada Hp sebenarnya? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019), berikut penjelasan tentang RAM.

2 dari 4 halaman

Definisi RAM

Random Access Memory atau memori akses acak atau lebih dikenal dengan RAM ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

RAM memiliki dua tipe yang cukup dikenal, yitu RAM Statis (SRAM) dan juga RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, tipe RAM ini lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi lebih cepat dan membutuhka lebih sedikit daya daripada DRAM. DRAM sendiri menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor.

3 dari 4 halaman

Fungsi RAM

Dalam penggunaannya, tidak semua gadget membutuhkan RAM dengan kapasitas besar. Kebutuhan RAM tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna. Fungsi RAM juga sangat penting pada hp ataupun komputer.

Fungsi RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada hp dan komputermu. Dan berikut ini beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui sebagai pengguna yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (21/1/2019) ini.

1. Membantu penggunaan Multitasking

Fungsi RAM yang pertama ialah untuk membantu dan mendukung penggunaan multitasking dalam sebuah gadget ataupun komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi RAM pertama ini ialah dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.

Dan semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancer pula suatu komputer atau hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. Dan semakin karena banyak yang kamu kerjakan pada hpmu, maka kemungkinan hp akan freeze atau hang semakin menipis.

2. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi RAM lainnya ialah sebagai penyimpanan memory sementara. Fungsi RAM ini mampu menyimpan sementara memory dalam sebuah aplikasi ataupun program yang kamu miliki.

Saat program ini berjalan, maka informasi ini akan disimpan dalam RAM. Dan dalam membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu dengan adanya CPU untuk memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan dalam RAM.

3. Menentukan spesifikasi

Fungsi RAM yang lain ialah sebagai patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada RAM ini perlu kamu perhitungkan saat akan membeli sebuah hp.

Karena apabila smartphone yang kamu gunakan hanya sebagai keperluan harian, maka kamu tak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar.

Namun apabila kamu menyukai game pada smartphone, maka kemungkinan kamu harus membeli sebuah smartphone dengan kapasitas besar. Karena hal ini berpengaruh pula pada kualitas game yang akan kamu peroleh.

4. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Sebuah game pada hp ataupun komputer tentunya membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi jika kamu menyukai sebuah permainnan dengan design 3D. Tentunya kamu membutuhkan RAM dengan kapasitas besar.

Karena dengan memilikis sebuah smartphone game dengan RAM besar, maka kamu akan merasakan perbedaannya saat bermain menggunakan kapsitas RAM yang sedang bahkan kecil. Hal ini pun berpengaruh pada desain permainan yang ditampilkan dilayar.

Mempercepat kinerja proses informasiBukan lagi rahasia umum bila RAM mampu mempercepat kinerja pada gadget yang kamu miliki. Semakin besar kapasitas yang kamu miliki, maka semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Dan kecepatan pada sistem operasi juuga ditentukan dengan besaran kapasitas RAM yang dimiliki.

4 dari 4 halaman

Perbedaan RAM dan ROM

Meskipun terlihat sama, namun ada perbedaan antara RAM dan ROM pada sebuah gadget. Dan berikut perbedaan antara RAM dan ROM yang perlu kamu ketahui:

Beda Fungsi

RAM dan juga ROM termasuk dalam memuri internal pada hp, namun ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan pada fungsinya. RAM berfungsi sebagai menjalankan aplikasi, membaca serta menulis dengan cepat.

Sedangan ROM berfungsi sebagai menyimpan program saat kamu mengunduhnya tanpa bisa membaca san mengoprasikannya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda, keduanya juga memiliki tugas yang berbeda. RAM sendiri memiliki tugas, yaitu mempu menyimpan sebuah data secara acak dan masih bisa kamu akses kapanpun kamu mau.

Sedangkan ROM berupa penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan ataupun diubah. ROM juga tidak bisa bertugas untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Menkum HAM Teken Permen Napi Lansia, Disiapkan untuk Ba’asyir?

Jakarta – Menkum HAM Yasonna H Laoly meneken peraturan menteri (Permen) napi lanjut usia (lansia). Permen mengatur soal perlakuan terhadap napi lansia termasuk ketentuan lainnya.

“Saya baru saja menandatangani Permen yang berkaitan dengan usia lansia prisoners dan kita buat sebenarnya dengan mengundang beberapa negara pada waktu lalu,” ujar Laoly kepada wartawan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Laoly mencontohkan, pelaksanaan dari Permen ini salah satunya rencana penempatan napi di lapas khusus.

“Inginnya kita dibuat Lapas khusus lansia, inginnya kayak ada sekarang, kita tetapkan satu di Serang, memang kita beri perhatian. Ada ketentuan-ketentuan hukum lainnya untuk jenis-jenis pidana tertentu khususnya extraordinary crimes yang harus kita penuhi,” sambungnya.

Tapi Laoly tak menjelaskan lugas soal ada tidaknya kaitan Permen ini dengan posisi rencana pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir. Penjelasan soal Permen napi lansia menjawab pertanyaan soal ada-tidaknya ketentuan khusus terkait napi lansia dalam wawancara terkait Ba’asyir.

Sementara itu, Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Ade Kusmanto menyebut Permen lansia dibuat untuk memberikan perlakuan berbasis HAM.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Liputan6.com, Jakarta Surat keterangan kerja merupakan surat yang sengaja dibuat oleh suatu perusahaan, instansi atau lembaga tertentu yang menunjukkan status seorang karyawan, bahwa benar-benar bekerja di tempat tersebut. 

Berbeda dengan surat lamaran kerja, loh, yang fungsinya untuk melamar pekerjaan. Surat keterangan kerja ini berfungsi sebagai salah satu persyaratan seseorang yang ingin melakukan kredit dalam jumlah cukup besar.

Pihak yang memberikan kredit ini ingin memiliki customer yang benar-benar bekerja, karena kalau tidak sungguh-sungguh ingin bekerja, mau membayar tagihan dengan apa?

Membuat surat keterangan kerja ini ternyata memiliki beberapa susunan yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Kop surat2. Judul surat3. Nomor surat4. Hal5. Isi (mencantumkan Nama, Jabatan, dan Lama Bekerja)6. Penutup7. Tanggal dan tempat pembuatan surat8. Tanda tangan pembuat surat9. Stempel perusahaan, instansi atau lembagaNah, setelah memahami apa itu surat keterangan kerja beserta bagaimana susunannya, selanjutnya akan dijelaskan tentang apa itu surat keterangan untuk KPR.

2 dari 4 halaman

Definisi dan susunan Surat Keterangan Kerja

Untuk surat keterangan kerja KPR sendiri adalah surat yang dibuat oleh perusahaan atau instansi terkait yang mana isinya untuk menerangkan sesorang bahwa orang tersebut benar-benar bekerja di perusahaan atau instansi tersebut yang digunakan untuk KPR.

KPR sendiri adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Biasanya, orang yang belum memiliki rumah atau baru berumah tangga akan membeli sebuah rumah yang akan ditinggalinya. Pembelian ini dapat dilakukan secara kredit maupun cash.

Kalau untuk kredit ini, bisa dilakukan dengan KPR, yang mana sudah banyak sekali bank atau pihak-pihak yang memfasilitasi KPR ini. Karena proses pembayarannya dilakukan secara kredit, maka pihak penyedia akan meminta jaminan untuk pembeli rumah.

Jaminan yang diberikan berupa surat keterangan kerja. Hal ini perlu dibuat agar pihak penyedia percaya bahwa pembeli mampu untuk mencicil uang kredit pembelian rumah tersebut. Melalui surat keterangan kerja ini, maka setidaknya pembeli diprioritaskan untuk mendapatkan fasilitas KPR ini.

Kalau dilihat secara fisik, surat keterangan kerja ini berbeda dengan kartu identitas yang sering dikalungkan dileher atau ditaruh dibaju saat bekerja, ya. Bukan hanya beda fisiknya, tapi juga kegunaannya. Kalau kartu identitas hanya berguna untuk melakukan tugas saja.

Sedangkan surat keterangan kerja berguna untuk diluar pekerjaan. Selain itu, surat keterangan kerja ini juga menjadi salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

Di dalam surat keterangan kerja akan menjelaskan tentang status dari seseorang di suatu perusahaan atau instansi tersebut. Menjadi karyawan tetap, karyawan kontrak, ataupun Cuma magang. Dilengkapi juga dengan posisi yang ditempati saat itu.

Setelah mengetahui susunan surat keterangan kerja yang benar serta penjelasan tentang pengertian surat keterangan kerja untuk KPR, berikut Liputan6.com, Senin (21/1/2019) akan berikan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk BPR

(kop surat) 

PT. SINAR JAYA TOP

Jalan. Kusuma Ayu No 234 Karangrejo, Surakarta

Telp 0271 44545xx Fax. 0271 5343xx

Site: www.sinarjayatop.com | Email: info@sinarjayatop.com

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 12/SKK/PT.SJT/03/2018

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : Ferdinan Adi Saputra S.Kom

Jabatan : Branch Manager PT.Sinar Jaya Top Solo

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Syaiful Hidataullah

Alamat : Jln. Kedondong No234 Kota Surakarta

NIP : 98SJT082016

Jabatan : Staf Administrasi PT.Sinar Jaya Top

 

Dengan ini menerangkan bahwa saudara Syaiful Hidayatullah adalah benar-benar merupakan karyawan tetap kami yang bekerja di PT. Siantar Jaya Top hingga saat ini.

Surat keterangan kerja ini diterbitkan demi kubutuhan sebagai persyaratan KPR.

Demikain surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Hormat Kami

 

Branch Manager

PT.Sinar Jaya TopCabang Solo

 

Ferdinan Adi Saputra S.Kom

 




Itu tadi beberapa penjelasan singkat tentang surat keterangan kerja, yang disertai dengan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

4 dari 4 halaman

Manfaat serta keunggulan bagi masyarakat atau calon pembeli KPR:

1. Meningkatkan daya beli masyarakatdengan adanya sistem cicilan rumah dari KPR, membuat masyarakat yang memiliki pendapatan hanya 5 – 7 juta per bulannya mampu untuk memiliki rumah dengan harga 300 hingga 500 jutaan tanpa harus menunggu bertahun-tahun menabung.

2. Bunga rendah dan cicilan yang bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahunProgram KPR mampu memberikan manfaat cicilan yang rendah per bulannya, karena bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahun. 

3. Membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layakDengan adanya program KPR ini, maka akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memilki hunian yang lebih layak. Hanya dengan mencicil beberapa juta saja per bulannya, masyarakat sudah bisa memiliki rumah yang layak untuk dihuni, terhindar dari sistem kontrak rumah atau tinggal pada lingkungan hunian yang tidak layak. 

4. Tidak perlu menanbung terlalu lama untuk memiliki rumahDengan adanya KPR ini, maka anda akan terbantu untuk memiliki rumah tanpa harus menabung hingga 500 juta. Anda cukup menabung 30% dari harga rumah tersebut sebagai DP atau uang muka.  

5. Membantu pemilik rumah agar bisa mengatur keuangannya lebih baik lagiDengan mengikuti program KPR ini, maka anda akan terlatih untuk dapat mengatur keuangan anda dengan baik, sehingga sudah bisa menerapkan skala prioritas. 

6. Tidak perlu khawatir dengan harga beli property yang semakin naik tiap tahunnyaHarga property yang mengalami kenaikan setiap tahunnya, membuat KPR ini sangat bermanfaat sekali. Anda hanya tinggal memilih program KPR bank mana saja yang memiliki bunga flat alias tidak naik setiap tahunnya. Dengan demikian, kekhawatiran anda mengenai fluktuasi harga properti pun tidak akan mengganggu anda. 

7. Menghilangkan daerah pemukiman kumuhDengan adanya KPR, dimana banyak orang sudah bisa memiliki rumah tanpa harus menabung dengan biaya yang sangat besar, maka hal ini juga dapat berpotensi untuk menghilangkan dan juga mengurangi adanya lingkungan pemukiman kumuh. 

8. Mengurangi tuna wismaMemilih membeli rumah dengan KPR, maka akan membantu untuk menurunnkan jumlah tunawisma. Hal ini akan berdampak pada menurunnya kejahatan sosial, dimana beberapa tindakan kejahatan terjadi karena faktor ekonomi, salah satunya adalah tunawisma.



Reporter: Nisa Mutia sari

Leganes Adukan Gol Kontroversial Barcelona ke RFEF

Liputan6.com, Jakarta Leganes telah secara resmi mengajukan protes ke Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Mereka meminta klarifikasi soal gol kedua Barcelona dalam kemenangan mereka 3-1 pada Minggu lalu.

Seperti diketahui, Barcelona menang pada pertandingan pekan ke-20 La Liga Spanyol, di Camp Nou. Hasil ini pun membuat Los Cules makin nyaman berada di puncak klasemen sementara La Liga dengan nilai 46, unggul lima poin atas Atletico Madrid di urutan kedua.

Pertandingan itu diwarnai kontroversi gol Luis Suarez di babak kedua. Suarez dianggap sudah terlebih dahulu melanggar kiper Leganes, Ivan Cuellar.

Gol Barcelona ini menuai protes dari kiper Leganes. Cuellar bahkan sempat membenturkan badannya ke Suarez sebagai tanda kesal atau balasan.

Wasit tidak mengesampingkan teknologi VAR saat itu, dan ia mengizinkan permainan terus dilanjutkan. Keputusan ini menyebabkan kemarahan tim tamu.

2 dari 3 halaman

Sah

Leganes sampai saat ini masih mempertanyakan gol Suarez. Mereka kemudian mengirim email ke FA Spanyol untuk meminta penjelasan.

Namun, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan kepada stasiun TV Spanyol Movistar Partidazo, segera setelah pertandingan bahwa itu adalah gol yang valid.

3 dari 3 halaman

Bukan Masalah

“Semua orang akan memiliki pendapat mereka sendiri tentang keputusan seperti ini tetapi wasit memberikan gol dan VAR berada di tempat untuk mengesampingkan keputusan itu seandainya itu tidak benar.

“Luis tidak menyentuh kiper sehingga seharusnya tidak ada masalah besar tentang kontroversi ini,” kata Valverde.

TPM Ingin Ba’asyir Dibebaskan Hari Rabu, Ini Kata Ditjen PAS

Jakarta – Tim Pengacara Muslim (TPM) mengusulkan agar pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir dilakukan pada Rabu (23/1). Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham mengaku belum bisa menyampaikan tanggal pasti pembebasan Ba’asyir.

“Kami menunggu prosesnya, ya kita nanti sampaikan pada saatnya, mengenai harinya, kapannya, kami belum bisa sampaikan,” kata kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kemenkum HAM Ade Kusmanto kepada detikcom, Senin (21/1/2019).

Ade mengatakan rencana pembebasan Ba’asyir masih dalam proses. Pihaknya masih menelaaah dan menganalisa rencana pembebasan Ba’asyir itu.
“Tidak ada yang pasti, sesuatunya perlu proses, perlu penelahan, perlu proses, dianalisa, seperti itu,” ujarnya.
Menko Polhukam Wiranto sebelumnya menegaskan pemerintah akan membuat kajian atas pertimbangan-pertimbangan pembebasan Ba’asyir. Aspek Pancasila dan NKRI ikut dikaji.

“Presiden sangat memahami permintaan keluarga tersebut. Namun tentunya masih perlu dipertimbangkan aspek-aspek lainnya, seperti aspek ideologi Pancasila, NKRI, hukum, dan lain sebagainya. Jadi Presiden tidak boleh grusa-grusu, serta-merta, mengambil keputusan. Tapi perlu pertimbangan dari aspek-aspek lainnya,” ujar Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2019).

Presiden Jokowi, disebut Wiranto, meminta pejabat terkait membuat kajian atas sejumlah aspek tersebut. Keputusan ini, menurut Wiranto, diambil dalam rapat koordinasi.

“Oleh karena itu, Presiden memerintahkan kepada pejabat terkait untuk segera melakukan kajian mendalam dan komprehensif guna merespons permintaan tersebut. Jangan sampai ada spekulasi-spekulasi lain berhubungan dengan Abu Bakar Ba’asyir. Saya mendengarkan banyak sekali perkembangan informasi yang muncul dari beberapa pihak, dan ini merupakan penjelasan resmi dari saya mewakili pemerintah,” papar Wiranto.
(knv/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Contoh Kata Pengantar Singkat, Perhatikan Saat Menulis Karya Tulis

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu sering menulis makalah atau tulisan ilmiah lainnya, maka kamu tidak asing lagi dengan kata pengantar. Pada sebuah karya tulis biasanya terdapat kata pengantar di awal tulisan. Kata pengantar berisi pengantar atau sambutan penulis terkiat tulisan yang dibuat

Dalam kata pengantar terdapat penyampaian rasa syukur penulis atas selesainya karya tulis tersebut. Selain itu kata pengantar juga merupakan tempat untuk menyampaikan terima kasih pada pihak-pihak yang terlibat pada proses penulisan.

Deskripsi singkat mengenai isi karya tulis juga di tuangkan pada kata pengantar. Pada akhir kata pengantar biasanya terdapat permohonan maaf atas kekurangan dan kesalahan dari penulisan karya tulis.

Bagi kamu yang sedang kebingungan menulis kata pengantar yang singkat kamu pasti membutuhkan Contoh kata pengantar singkat . Contoh kata pengantar singkat yang baik ditulis singkat dan tidak bertele-tele agar pembaca paham pesan yang disampaikan.

Contoh kata pengantar singkat yang baik adalah terdiri dari pembuka, isi dan penutup. Jika ketiga struktur penulisan ini kamu pahami, maka kamu dapat membuat kata pengantar yang singkat dan jelas.

Berikut langkah membuat Kata pengantar yang singkat dan benar beserta contoh yang liputan6 rangkum untuk kamu yang sedang menulis skripsi, tugas akhir, makalah atau karya tulis lainnya.

2 dari 5 halaman

Awali dengan paragraf Pembuka

Pembuka biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulis. Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu dalam proses penulisa karya tulis.

Urutan dari penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

3 dari 5 halaman

Berikan penjelasan Singkat mengenai karya tulis pada bagian Isi

Bagian isi merupakan penjelasan singkat mengenai karya tulismu. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis lalu alasan penulisan karya tulis setelah itu berisi penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari karya tulis tersebut.

Tuliskan secara singkat, padat, dan jelas mengenai deskripsi karya tulismu. Kamu tidak perlu memaparkan isi karya tulismu secara rinci dan detail. Cukup paparkan secara singkat mengenai garis besar dari karya tulismu. Dengan penjelasan singkat tersebut pembaca akan mendapatkan pandangan mengenai karya tulis yang kamu buat.

4 dari 5 halaman

Tulis Penutup dengan singkat

Bagian penutup berisi mengenai harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang dibuat. Pada bagian yang berisi harapan, kamu bisa menulis tentang pandanganmu kedepan mengenai manfaat dari karya tulis yang kamu buat.

Selain itu bagian penutup juga berisi permohoan maaf kepada pembaca jika pada nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis. Kesalahan-kesalahan tersebut mungkin dapat berupa kesalaha dalam penulisan gelar, istilah, maupun nama.

Pentingnya menuliskan permohonan maaf pada kata pengantar dikarenakan penulis tidak dapat bertemu langsung dengan pembacanya. Sehingga penulis cukup menuliskan permohonan maafnya melalui kata pengantar.

Setelah kamu mengetahui struktur utama dari penulisan kata pengantar. Kamu pasti sudah dapat membayangkan bagaimana menulis kata pengantar singkat dan benar. Agar lebih membuka pandangamu berikut merupakan contoh kata pengantar singkat untuk kamu, Contoh kata pengantar singkat dapat kamu gunakan untuk penulisan karya tulismu, kamu juga bisa mengembangkan lagi kalimat yang ada pada Contoh kata pengantar singkat tersebut.

5 dari 5 halaman

Contoh kata pengantar singkat karya tulis:

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan tugas penulisan karya tulis tentang “Dunia Parenting Anak”.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulisi selama proses penyelesaian karya tulis ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Septiani Dwi S.Psi., M.Si. selaku dosen pengampu psikologi dasar atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. dr. Aji Pratama selaku narasumber dari penulisan karya tulis penulis.

3. Kedua orang tua penulis atas segala dukungan yang diberikan4. Teman dan sahabat atas semangat yang telah diberikanAdapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Psikologi Anak.  Pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya pengaturan pola asuh pada anak.

Pola asuh yang baik akan membentuk kesehatan psikologis anak yang baik pula. Pada karya tulis ini penulis mencoba menjelaskan dampak psikologis yang didapatkan anak dari pola asuh orang tuanya.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 1 januari 2019




Penulis




Reporter: Anugerah Ayu Sendari