7 Tokoh Peraih Penghargaan Adiwastra Nusantara 2019, Apa Kontribusi Mereka?

Liputan6.com, Jakarta – Adiwastra Nusantara 2019 resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Rabu, 20 Maret 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran yang sudah diselenggarakan setiap tahun sejak 2008 diklaim sebagai pameran kain adati terbesar di Indonesia.

Acara tersebut berlangsung pada 20-24 Maret 2019. Berbeda dengan sebelumnya, Adiwastra 2019 ini lebih menyasar generasi milenial. Mulai dari konsep hingga dekorasi pada saat pembukaan pameran, dibuat keninian.

Acara pembukaan berlangsung meriah dengan beberapa pertunjukan mulai dari tarian. lagu hingga penampilan dari Titi DJ yang mengiringi peragaan busana karya Didiet Maulana. Bersamaan dengan itu, Adiwastra Nusantara 2019 juga memberikan penghargaan kepada Sahabat Adiwastra Nusantara. Sederet nama tenar meraih penghargaan ini.

Pertama, Cecilia Papadimitri, seorang istri dari almarhum kolektor seni Yunani yang berbasis di Indonesia, Alex Papadimitriou. Ia terbiasa berurusan dengan barang antik dengan hasil yang akan membantu seniman. Sebagai anggota Dewan Seni Seni Panggung Jakarta, ia sangat suka mengoleksi lukisan dari para master modern dan kontemporer di Indonesia.

Berikutnya adalah Mooryati Soedibyo. Perempuan yang menjabat sebagai wakil ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat ini dikenal sebagai “Empu Jamu.” Sebagai Presiden Mustika Ratu, ia adalah salah satu pencetus ide kontes pemilihan Puteri Indonesia. Mooryati merupakan sosok wanita yang paling berpengaruh di Indonesia.

Tak hanya dari dalam negeri. Masakatsu Tozu, pendiri museum Shibori Kyoto, juga mendapat penghargaan Adiwastra Nusantra. Lelaki asal Jepang itu memiliki kecintaan terhadap batik. Bahkan, ia mengkoleksi ribuan kain batik yang dibelinya dari seluruh pelosok Nusantara.

Ada pula Darwina Ponco Sutowo, seorang kolektor kain unggulan Palembang yang peduli akan keindahan kain adati Indonesia. Berikutnya, Hartono Sumarsono seorang kolektor batik sekaligus penulis buku.

Selanjutnya, penghargaan diberikan untuk Birahul Anas, penulis sekaligus tokoh yang sangat cinta terhadap kebudayaan Indonesia, terutama batik. Terakhir, Rahadi R sebagai desainer yang menampilkan karya dengan mengangkat kain songket Sambas.

“Dalam Adiwastra 2019 ini kami memberikan tujuh penghargaan kepada beliau-beliau yang banyak berperan serta di bidang budaya dalam hal ini adalah pelestarian wastra, selain itu kami memberikan dari dalam negeri maupun dari luar negeri,” kata Vera, panitia Adiwastra Nusantara 2019. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fashion Nation menghadirkan parade busana Batik dari Ba’i Soemarlono bersama brandnya Populo. Kali ini, Ba’i membawakan koleksi busana bertajuk Purity dalam Fashion Nation 2018. Koleksi ini terinspirasi dari sebuah daerah terisolasi di Nepal bernama …

Menpar Raih Penghargaan 3G in Sustainable Tourism Award 2019

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata, Arief Yahya, berhasil mendapat 3G in Sustainable Tourism Award 2019 untuk peran kepemimpinannya di sektor pariwisata. Penghargaan ini ia peroleh dalam acara Cambridge IFA menggelar 4th Global Good Governance Awards (3G Awards) di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rizky Handayani, mengatakan bahwa 3G Awards adalah program felicitation terbesar di negara-negara berkembang. Kegiatan ini berperan mempromosikan tata pemerintahan yang baik di tiga sektor pilihan pemerintah, bisnis, serta sektor sosial dan filantropi.

“Penghargaan 3G tahun ini didasarkan pada metodologi yang diubah dari tahun sebelumnya. Pendekatan awal jajak pendapat global digantikan oleh pendekatan berbasis intelijen. Tim peneliti di Cambridge IFA melakukan pengumpulan data yang luas untuk mengidentifikasi empat – lima nominasi di 35 kategori,” ujarnya, Minggu (17/3/2019).

Di tempat terpisah, Arief Yahya mengaku bangga dengan Penghargaan 3G Excellence in Sustainable Tourism Award 2019 yang diraihnya. Menurutnya, penghargaan ini adalah buah kerja keras semua pihak di jajarannya. Arief mengaku bangga mempunyai tim yang solid, sehingga pariwisata Indonesia pun berkembang seperti sekarang.

“Ini penghargaan kesekian kalinya yang kita terima. Bagi saya, ini adalah bentuk apresiasi yang harus disyukuri dengan cara bekerja lebih semangat, lebih kompak, dan lebih cerdas. Seperti motto kita: Speed, Solid and Smart,” ucapnya.

Selain Menpar Arief Yahya, penerima penghargaan lain dari Indonesia adalah PT Trakindo Utama (3G Excellence in Sustainable Practices 2019), BTPN Syariah (Penghargaan Layanan Pelanggan 3G 2019 dan Penghargaan Inovasi Keuangan 3G 2019), Badan Zakat Nasional (Penghargaan Kejuaraan SDG 3G 2019), Badan Wakaf Indonesia (Penghargaan Program Sektor Publik Terbaik 3G (Financial Inclusion) 2019), dan PT Bhimasena Power (Penghargaan Tanggung Jawab Lingkungan 3G untuk Sektor Korporat).

Pendiri 3G Awards, Humayon Dar, mengatakan bahwa tahun ini Komite 3G Awards menominasikan lebih dari 200 organisasi dan individu dari sektor publik, bisnis, serta sektor sosial dan filantropi. Mereka melalui proses seleksi yang ketat untuk dapat menerima 3G Awards dan sertifikat.

Sebagai informasi, Penghargaan Kepemimpinan 3G teratas dalam Pemerintahan & Politik 2019 diberikan kepada Presiden Djibouti, Ismail Omar Guelleh. Pemenang terkemuka lain adalah Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) yang mengantongi dua penghargaan, yaitu 3G Excellence in Corporate Governance Award 2019 dan 3G Best Corporate Governance Reporting Award 2019.

“Kemenangan ini menandakan visi Sheikh Mohamed Bin Rashid Al Maktoum. Sebagai Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, ia berniat menjadikan Dubai sebagai pusat keunggulan global untuk tata pemerintahan di departemen-departemen pemerintah,” kata Humayon.

Lanjutnya, untuk pemenang di kategori lain, sebagian berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Pakistan, dan Brunei Darussalam.

(*)

Selamatkan Keluarga Terjebak Banjir Tol Ngawi, Aiptu Sujadi Dapat Penghargaan

Kediri – Video Aiptu Sujadi melakukan aksi penyelamatan korban banjir satu keluarga di tepi tol Ngawi-Kertosono menjadi viral di medsos. Aksi kemanusiaannya ini pun mendapatkan penghargaan dari Kapolres Kediri.

Penghargaan ini diberikan Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal secara langsung ke Aiptu Sujadi dalam apel, Sabtu (9/3/2019) pagi. Aiptu Sujadi kini berdinas di Satlantas Polres Kediri.

“Kami berikan reward apresiasi atas keberanian dan rasa kemanusiaan yang bersangkutan,” kata Faisal saat dihubungi detikcom.

Kapolres menjelaskan, apa yang dilakukan Aiptu Sujadi patut menjadi contoh bagi anggota lainnya di Polres Kediri. Terlebih lagi aksi penyelamatan korban banjir itu dilakukan Aiptu Sujadi di luar wilayah hukum Polres Kediri. Satu keluarga yang diselamatkan Aiptu Sujadi terjebak banjir di tepi tol Ngawi-Kertosono masuk wilayah Ngawi.
“Sebagai anggota polisi, di mana pun ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan sepatutnya sigap menolong,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya sedang membuatkan piagam penghargaan untuk Aiptu Sujadi. Piagam tersebut menjadi bukti apresiasi Polres Kediri kepada Aiptu Sujadi yang melakukan kegiatan kemanusiaan dengan menolong korban banjir.

“Juga kami ajukan untuk mendapatkan penghargaan dari Polda Jatim. Saya ingin ada Aiptu Sujadi yang lain di Polres Kediri dalam memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat secara ikhlas dengan hati,” tandasnya.

Video aksi penyelamatan 1 keluarga terjebak banjir ini oleh pengguna jalan tol Ngawi-Kertosono ini diposting oleh akun facebook Nanda Sapto Wati, Kamis (7/3) pukul 16.19 WIB. Video ini menjadi viral di medisos.

Terdapat dua keluarga mengendari 2 mobil yang berhenti di tepi jalan tol untuk memberikan pertolongan kepada korban. Salah satunya adalah Aiptu Sujadi dan keluarganya. Aksi heroik mereka berhasil menyelamatkan 2 anak balita, seorang ibu dan seorang pria dari banjir.
(fat/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hidayat Nur Wahid Raih Penghargaan Tokoh Empat Pilar MPR RI

Liputan6.com, Jakarta Media teropongsenayan.com menggelar acara ‘Teropong Parlement Award 2019’ di Ballroom 3 Hotel Mulia, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/3/2019). Dalam acara itu, panitia memberi penghargaan kepada anggota MPR/DPR/DPD yang komitmen menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Panitia mengklasifikasi penghargaan berupa anggota aspiratif, fraksi peduli sosial, Tokoh 4 Pilar MPR, fraksi teraktif dalam legislasi, anggota peduli daerah, anggota yang mempunyai ide reformasi parlemen, dan tokoh literasi parlemen. Salah satu tokoh yang berhasil mendapat penghargaan adalah Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid.

Ia mendapat Tokoh 4 Pilar MPR. Saat didaulat menuju ke panggung, pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu mengucapkan selamat kepada rekan-rekan dan fraksi yang sebelumnya telah mendapat penghargaan sebagai anggota aspiratif dan fraksi teraktif. Hidayat mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan bukti adanya kepercayaan media dan publik kepada anggota parlemen.

Dari kepercayaan yang diberikan, Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu mengajak kepada peraih penghargaan untuk meningkatkan kinerja berikutnya, sehingga apa yang dilakukan mampu memberikan pendidikan politik kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Dengan acara ini menunjukan bahwa di parlemen banyak aktivitas dan kegiatan yang menghadirkan anggota yang komitmen menjalankan amanah rakyat. Dengan demikian, rakyat akan percaya pada demokrasi dan tak anarki,” ujar Hidayat.

Terkait Sosialisasi 4 Pilar MPR, ia mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan sejak MPR periode 2004-2009 saat dirinya menjadi Ketua MPR. Selanjutnya kegiatan itu diteruskan oleh MPR pada periode 2009-2014 di bawah pimpinan Taufik Kiemas dengan sebutan Sosialisasi Empat Pilar hingga berlangsung pada Periode 2014-2019 di bawah pimpinan Zulkifli Hasan. Dari proses yang ada, Hidayat menyebutkan bahwa sosialisasi itu sesungguhnya jihad dari seluruh pimpinan MPR dari periode ke periode.

“Ini kerja keras semua pimpinan MPR. Kegiatan yang dilakukan dengan beragam metode dan menyasar seluruh rakyat dan komponen masyarakat itu ditegaskan sebagai upaya untuk mengimplementasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menjadikan Empat Pilar MPR sebagai basis kehidupan di Indonesia,” ucap Hidayat.

(*)

Sesjen MPR Mendapat Penghargaan Sebagai Birokrat Teladan

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono, SH, MH, menerima penghargaan kategori Best Bureaucrats, pada Malam Anugerah Obsession Awards 2019. Penyerahan penghargaan kepada Sesjen MPR itu disampaikan pada Malam Anugerah Obsession Awards 2019 yang berlangsung di Puri Agung Ball Room, Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu (6/3) malam.

Selain Sesjen MPR, penghargaan dalam rangka Malam Anugerah Obsession Awards 2019, juga diberikan kepada benerapa tokoh dan instansi nasional, dengan berbagai kategori. antara lain, Best Minister, Best Parliamentarians, Best Regional Leader, Best CEOs, Best Professionals, Best Entrepreneurs, Best Private Bank, dan State Owned Enterprise Bank.

Beberapa nama yang juga mendapat penghargaan adalah Ketua DPR Bambang Soesatya sebagai Best Parliamentarians bersama Johny G. Plate, Herman Khairon dan Maruarar Sirait.

Bagi Ma’ruf penghargaan ini bukan yang pertama. Sebelumnya, atau pada 2018, pria kelahiran Purwokerto Jawa Tengah, ini pernah dinobatkan sebagai satu dari 73 figur berprestasi di Indonesia oleh Men’s Obsession.

Puncak obsession Awards ke 15 tahun 2019, sendiri ditandai dengan penganugerahan penghargaan lifetime Achievement Women’s Obsession Awards 2019 kepada Martha Tilaar (Founder & Martha Tilaar Group).

Usai menerima penghargaan, kepada awak media, Sesjen MPR menyampaikan terimakasih kasih dan ucapan syukur atas penghargaan yang diterimanya. Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi salah satu bukti, bahwa keberadaan para birokrat sangatlah penting bagi bangsa dan negara. Apalagi penghargaan yang diperolehnya berasal dari media yang cukup besar.

“Sebagai insan biasa tentu tidak ada yang sempurna. Tetapi penghargaan ini adalah sebuah pengakuan atas kinerja yang dilakukan selama ini dan terus menjadi obsesi dan inspirasi untuk bekerja lebih baik untuk bangsa. Terlebih bagi saya yang ada di MPR, yang harus mendukung tugas tugas MPR dalam menjaga Ideologi Pancasila dan konstitusi, serta mengawal MPR sebagai rumah kebangsaan, tentu semua ini bukanlah tugas yang ringan harus dilakuka dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab,” kata Ma’ruf menambahkan.

Obsession Awards merupakan acara tahunan yang digelar sejak 2004 oleh Obsession Media Group (OMG). Obsession Awards lahir dari tekat OMG untuk memberikan apresiasi kepada tokoh nasional, individu dan korporasi yang telah menunjukkan dedikasi pada bidangnya masing-masing, memiliki keteladanan, bersih, inspiratif dan inovatif.

Bamsoet Menerima Penghargaan Best Parliamentarians 2019

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menerima penghargaan Best Parliamentarians 2019 dari Obsession Media Group. Dia mengatakan, penghargaan ini membuktikan bahwa berbagai kritik tajam yang ditujukan kepada dirinya dan DPR RI membuat kinerjanya terpacu.

“Tak hanya menjadi cambuk bagi saya pribadi untuk meningkatkan kinerja, penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi kawan-kawan lain di DPR RI. Ternyata di balik semua kritik yang kita terima, masih ada yang melihat hasil kerja keras kita secara fair dan bijaksana,” kata Bamsoet usai menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (6/3/2019) malam.

Kendati demikian, dia tak menampik masih terdapat sejumlah kekurangan dalam mejalankan tugas kedewanan. Bamsoet menegaskan, dirinya tak menutup diri terhadap kekurangan yang perlu diperbaiki.

“Namun di balik itu semua, percayalah bahwa segala hal terbaik telah kami berikan. Setiap kritik yang datang adalah obat mujarab, pun setiap penghargaan yang diberikan tak ubahnya alarm bahwa rakyat ingin para wakilnya selalu meningkatkan kinerja kedewanan,” tuturnya.

Menjelang akhir masa jabatan, lanjut Bamsoet, DPR berkomitmen menyelesaikan 4 rancangan undang-undang. Di antaranya RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, dan RUU tentang Ekonomi Kreatif.

“Walaupun anggota dewan banyak berada di daerah pemilihan untuk menemui konstituen dalam rangka mempertanggungjawabkan kinerjanya menjelang akhir masa jabatan 2014-2019, kita juga tidak melupakan tugas dan fungsi kedewanan di bidang legislasi, anggaran, maupun pengawasan terhadap pemerintah sebagai mitra kerja DPR RI,” tandas Bamsoet.

Sebelumnya, Bamsoet telah menerima penghargaan The Best and The Next Legislator Award 2019, 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik 2018, Politisi Terbaik dan Anugerah Pers Jawa Tengah 2018, Best Communicators 2018, dan Democracy Award 2018. (Rifqi Aufal Sutisna)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Polda Metro Beri Piagam Penghargaan pada Briptu Sani Rizki Fauzi

Liputan6.com, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memberikan piagam penghargaan kepada Briptu Sani Rizki Fauzi, atas keberhasilannya membawa kemenangan dalam Piala AFF U-22, di Kamboja. Saat itu Indonesia menang 2-1 melawan Thailand.

Selain Sani, Polda Metro juga memberikan piagam kepada dua anggota Satlantas Polres Tangerang Selatan. Acara pemberian piagam itu berlangsung di Gedung Promoter Mapolda Metro Jaya.

“Pada kesempatam apel pagi ini kita beri penghargaan kepada anggota kita yang berprestasi. Walaupun sebelumnya kita sudah berikan apresiasi di luar anggota Polres Tangsel,” kata Irjen Gatot di lokasi, Rabu (6/3/2019).

Kata Gatot, piagam ini diberikan karena Sani Rizki Fauzi telah mengharumkan nama Indonesia, juga Polda Metro Jaya. Selain Sani, Gatot juga berterima kasih kepada dua anggota Satlantas Polres Tangsel karena bertugas dengan humanis saat diprovokasi masyarakat beberapa hari lalu.

Bripka Oky Wardana dan Bripka I Made mendapat penghargaan karena dengan sabar menghadapi Adi Saputra yang mengamuk dan membanting motornya saat ditilang beberapa waktu lalu.

“Ini adalah contoh-contoh anggota kita menunjukkan di satu sisi pelaksanakaan kinerja kepolisan dan prestasi membanggakan citra baik nama Polri dan Indonesia,” kata Gatot.

2 dari 3 halaman

Jangan Mudah Puas

Gatot menegaskan, kepada seluruh anggotanya agar tidak puas dengan prestasi yang didapatkannya. Ia meminta kepada para anggotanya untuk terus meningkatkan prestasinya.

“Apa pun yang kita lakukan akan dilihat masyarakat apakah perbuatan kita bisa dapat egitimasi masyakat atau tidak. Kemudian kepada Sani yang dapat apresiasi dari Pak Kapolri dan mendapat kenaikan pangkat. Ini suatu kepercayaan yang diberikan institusi Polri. Jangan berhenti sampai disini, kita bangga baru pertama kali AFF bisa dapat pialanya di tingkat Asia,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harumkan Nama Polri, Polda Metro Beri Penghargaan ke Sani Rizki-Bripka Oky

JakartaPolda Metro Jaya pagi ini memberikan penghargaan berupa piagam ke pada Bripda Sani Rizki, pencetak gol di Piala AFF U-22 di Kamboja. Selain Sani, Polda Metro juga memberikan piagam kepada dua anggota Satlantas Polres Tangerang Selatan.

Acara pemberian piagam itu berlangsung di gedunga Promoter Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (6/3/2019). Acara dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono.

“Pada kesempatam apel pagi ini kita beri penghargaan kepada anggota kita yang berprestasi. Walaupun sebelumnya kita sudah berikan apresiasi diluar anggota Polres Tangsel,” kata Irjen Gatot.


Sani diberi penghargaan lantaran berhasil membanggakan citra baik kepolisian dalam Piala AFF U-22 kemarin. Bripda Sani Rizki diberikan penghargaan langsung oleh Irjen Gatot. Sementara, Bripka Oky Wardana dan Bripka I Made mendapat penghargaan karena dengan sabar menghadapi Adi Saputra yang mengamuk dan membanting motornya saat ditilang beberapa waktu lalu.

“Ini adalah contoh-contoh anggota kita menunjukan di satu sisi pelaksanakaan kinerja kepolisan dan prestasi membanggakan citra baik nama Polri dan Indonesia,” kata Irjen Gatot.

Harumkan Nama Polri, Polda Metro Beri Penghargaan ke Sani Rizki-Bripka OkyFoto: Polda beri penghargaan ke Bripda Sani Rizki dan Bripka Oky (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

Irjen Gatot mengatakan kepada anggotanya agar tidak puas dengan prestasi yang didapatkannya. Ia meminta kepada para anggotanya untuk terus meningkatkan prestasinya.

“Pemberian ini adalah bentuk apresiasi dan kita menunjukkan anggota yang berkerja dengan baik. Apapun yang kita lakukan akan dilihat masyarakat apakah perbuatan kita bisa dapat egitimasi masyakat atau tidak,” kata Irjen Gatot.

“Kemudian kepada Sani yang dapat apresiasi dari Pak Kapolri dan mendapat kenaikan pangkat. Ini suatu kepercayaan yang diberikan institusi Polri. Jangan berhenti sampai disini, kita bangga baru pertama kali AFF bisa dapat pialanya di tingkat Asia,” sambungnya.

Diketahui, Bripda Sani Rizki mengantarkan Tim Nasional U-22 Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019 dengan cetakan gol yang dibuatnya. Belakangan baru diketahui jika Sani adalah anggota Polri aktif.

Selain itu, untuk Bripka Oky Wardana dan Bripka I Made, kedua anggota Satlantas Polres Tangsel itu sempat viral karena menilang Adi Saputra di kawasan BSD, Tangsel. Hal itu menjadi viral labtaran kedua polisi itu dengan sabar tidak menghiraukan aksi banting-banting motor yang dilakukan Adi Saputra karena ditilang oleh polisi.
(mae/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Adik Almarhumah Rina yang Wisuda Digantikan Ayah Ditawari Masuk UIN Tanpa Tes

Banda Aceh – Kisah Bukhari (59) mengikuti prosesi wisuda untuk menggantikan almarhunah putrinya Rina Muharrami membuat haru banyak orang. Pihak rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memberikan undangan masuk UIN tanpa tes untuk adik Rina.

“Kita memberikan panggilan undangan untuk masuk ke UIN kepada adiknya pada saat nya nanti. Masuk melalui jalur undangan tanpa tes. Ini kita melihat ada adiknya yang sedang belajar di pesantren atau setara dengan SMA,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin, kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Menurut Warul, pemberian undangan itu sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua Rina yang telah berjuang menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi. Selain itu, Rina juga meninggal saat tengah menuntut ilmu.

“Dia masih sedang berada di bangku kuliah. Dia meninggal pada 5 Februari lalu karena sakit, sehingga belum sempat merasakan yudisium dan mengikuti proses wisuda seperti teman-temannya yang lain,” jelas Warul.

“Kemudian sang ayah rela mewakili sang ananda untuk mengambil ijazahnya. Ini sebagai pertanda orang tua memberikan atensi dan perhatian yang sangat tinggi terhadap pendidikan anak. Bahkan Rina sudah tiada, tapi berkenan hadir untuk menerima ijazah yang dianugerahkan oleh kampus,” ungkap Warul.

Pihak rektorat juga sudah berkunjung ke rumah duka pada Kamie 28 Februari kemarin. Rektor menyerahkan baju toga kepada keluarga almarhumah Rina.

“Kami memberikan baju toga adalah sebagai wujud dari kecintaan semua komunitas kampus,” kata Warul.

Seperti diketahui, cerita tentang sosok almarhumah Rina dan kedatangan sang ayah untuk mewakili di acara wisuda diceritakan di situs UIN Ar-Raniry, Kamis (28/2/2019). Rina adalah mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Tarbiyah.

Rina menjalani sidang skripsi pada 24 Januari 2019 pukul 12.00 WIB. Tetapi, 13 hari setelahnya yaitu pada 5 Februari 2019 sebelum Subuh, perempuan kelahiran 16 Mei 1996 itu meninggal pada usia 22 tahun. Rina meninggal dunia setelah menderita penyakit tifus stadium akhir hingga berujung pada saraf.
(agse/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ulang Tahun ke-29, Sogo Bawa Suasana Jepang Lewat Hana Matsuri

Liputan6.com, Jakarta – Pada 1 Maret 2019, Sogo Indonesia tepat berusia 29 tahun. Menyambut ulang tahunnya, toko ritel dengan 18 cabang di seluruh Indonesia menggelar Japan Fair dengan mengangkat tema Hana Matsuri.

Sogo yang merupakan brand dari Jepang menjadi inspirasi utama tema perayaan tahun ini. Hana Matsuri merupakan ungkapan suka cita menyambut musim semi yang biasanya ditandai dengan menikmati bunga sakura yang sedang mekar.

Beragam aktivitas bertema tradisi Jepang bakal digelar selama Maret 2019. Bekerja sama dengan Japan Foundation, akan diadakan perangkaian bunga bersama Ikebana Ikenobo Indonesia, upacara minum teh atau cha-do, kaligrafi dan juga travel fair.

Khusus dalam program anniversary ini, pelanggan Sogo berkesempatan memenangkan 29 tiket perjalanan ke Jepang. Ada pula promo ‘All About 29’ yang pelanggan bisa membeli sejumlah produk dengan harga Rp 290 ribu.

“Kita sediakan semua barang sehingga customer tidak perlu ke Bangkok atau Singapura untuk membeli barang yang diinginkan. Kita juga berharap pemerintah bisa naikkan batas tax refund, seperti di Singapura jadi 100 dolar, Jepang 5.000 yen, atau London 50 poundsterling. Mudah-mudahan Indonesia jadi Rp 5 juta,” kata Presiden Direktur Sogo Indonesia, Handaka Santosa, Kamis (28/2/2019).

Tidak hanya program untuk para pelanggan, Sogo juga menggelar kerja sosial dengan menggelar donor darah hingga mengumpulkan donasi bagi Yayasan Tangan Harapan sebesar Rp 2,1 miliar. Donasi itu untuk mendukung Projet Pembangunan Rumah Belajar di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahja Widayanti berharap ritel bisa tetap berinovasi dengan menawarkan layanan belanja offline tetapi harga online. Kehadiran ritel penting untuk menyerap tenaga kerja karena 25 meter persegi bisa merekrut satu orang.

“Kita tahu teknologi informasi pengaruhi pola berbelanja masyarakat. Tetapi walau ada perkembangan teknologi, tapi konsumen perlu lihat kondisi barang itu sendiri,” ujarnya.

Dalam peluncuran Hana Matsuri ini, Sogo juga memberikan apresiasi kepada supplier maupun individu yang dinilai mampu mengembangkan produk Indonesia hingga dapat bersaing dengan produk internasional, melalui Sogo Kreatif Award.

Pada tahun ini, penghargaan itu dianugerahkan kepada Luire, brand karya Raden Sirait. Dalam 10 tahun bermitra dengan Sogo, penjualan Luire mencapai angka lebih dari Rp 11 miliar pada 2018, dari hanya Rp 50 juta saat penjualan perdana.

Koleksi Luire terdiri dari ladies wear dan moslem wear. Brand ini menggabungkan desain yang cantik dengan kain khas nusantara, seperti batik, tenun, dan songket.

Saksikan video pilihan berikut ini: