PUBG Vs Kajian Fatwa Haram MUI, Seberapa Besar Pengaruh Game ke Otak?

Jakarta

Kontroversi game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) bikin para gamer ‘teriak’. Akan tetapi, ada juga yang merasa pelarangan atau pembatasan PUBG adalah hal yang sah-sah saja dilakukan khawatir dengan konten kekerasan dalam game tersebut akan mempengaruhi.

Sebenarnya, seberapa besar sih pengaruh game pada otak dan psikologi penggunanya?

“Memang game apapun kalau ada konten yang mengandung kekerasan, pornografi, penyimpangan seksual, itu pasti akan pengaruhnya,” kata Fajriati Maesaroh, psikolog yang ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) MUI soal game berbau konten kekerasan, radikalisme, dan terorisme, kepada detikcom, Selasa (26/3/2019).

Pada dasarnya, manusia cenderung meniru, terlebih ketika dia mendapatkan kesenangan, reward, dan apresiasi, maka pengulangan atau peniruan bisa saja terjadi. Terlebih anak-anak yang belum bisa membedakan apa situasi dalam game ini bisa diterapkan dalam kehidupan atau tidak.

“Karena kalau orang dewasa kita udah bisa mikir ‘oh ini nggak bener,’ kalau ada dalam situasi yang unreal oh ini tidak bisa diterapkan. Orang dewasa ada yang bisa memilah begitu walaupun kemudian ada juga yang nggak ya,” ujar psikolog yang akrab disapa Fajri ini.

“Tapi, kalau anak-anak paling bahaya karena belum terbentuk prefrontal korteks, direktornya otak yang menentukan benar-salah, nah ketika belum terbentuk ini kan matanganya di usia 25 tahun, bayangin deh berartikan dia mengalami kesulitan untuk membedakan,” katanya.

Sama halnya remaja, remaja juga punya kecenderungan untuk mencoba hal baru yang sifatnya berisiko karena prefrontal korteks yang belum matang juga. Karena itu, orang tua harus banget nih bisa mengawasi anaknya untuk memilah game mana yang cocok sesuai kategori umurnya. Ingat, demi kesehatan kesehatan otak dan psikologis.

(ask/up)

Ada Pengaruh Ronaldo di Timnas Italia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Italia mengawali kiprah di Kualifikasi Euro 2020 dengan baik. Gli Azzurri menang 2-0 atas Finlandia, Minggu (24/3) dini hari WIB. Dua gol Italia disumbangkan oleh Nicolo Barella dan penyerang muda Moise Kean.

Di antara dua pencetak gol tersebut, nama Moise Kean paling banyak dibicarakan. Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini mengaku kagum dan bahkan tidak tahu sebeerapa hebat lagi Kean akan berkembang, segalanya ditentukan oleh Kean sendiri. 

Kean merupakan pemain pertama yang lahir pada abad 21 yang sukses mencetak gol untuk Timnas Italia. Hal ini membuktikan bahwa pemain muda ini memiliki bakat luar biasa, yang membuat Mancini rela mengambil risiko dengan memanggil dia ke tim nasional.

Uniknya, Kean mengaku banyak belajar dari Cristiano Ronaldo.  Sebagai pemain Juventus, Kean tentu bisa menyaksikan kehebatan Ronaldo setiap hari di sesi latihan. Sebab itu, dia mengaku perkembangannya ini tidak lepas dari pengaruh Ronaldo. Dia berusaha mencuri rahasia-rahasia kapten Portugal itu.

“Saya belajar dari Cristiano Ronaldo, di sesi latihan,saya mencuri rahasia-rahasianya,” kata Kean dikutip dari The National.

“Saya selalu berusaha siap dan berlatih secara reguler supaya saya siap ketika kesempatan bermain itu tiba.

“Malam ini berjalan indah, tetapi saya tahu masih ada banyak rekor yang bisa dipecahkan dan saya berniat melakukan itu,” imbuhnya.

Menakar Pengaruh Kasus Rommy terhadap Elektabilitas Jokowi

Jakarta
Romahurmuziy sudah ditetapkan menjadi tersangka korupsi jabatan Kementerian Agama (Kemenag). Isu kasus Rommy dinilai berdampak pada turunnya elektabilitas Jokowi dan PPP.

Pengamat politik dari lembaga survei Median, Rico Marbun, menilai kasus Rommy ini akan berdampak ke Jokowi. Sebab, dia menilai masyarakat saat ini melihat citra Jokowi adalah sosok yang bersih namun saat ini tercoreng dengan kasus Rommy ini.

“Pengaruh Rommy ke Jokowi mirip seperti kasus Ratna Sarumpaet atau mungkin Andi Arief ke 02. Walaupun itu nggak ada kaitannya tapi mungkin karena framming beritanya kan framming persepsinya, itu kan merugikan, jadi saya pikir jika nggak ditangani, baik tentu ini bisa pengaruh tidak langsung terhadap elektabilitas pak Jokowi,” kata Rico saat berbincang, Minggu (17/3/2019).

Pengamat politik CSIS, Arya Fernandes, melihat kasus Rommy tak serta merta mampu menurunkan elektabilitas Jokowi, namun mampu melemahkan kerja-kerja Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf. Dia pun membandingkan kasus Rommy ini dengan perkara koruptor e-KTP, Setya Novanto dan Idrus Marham. Menurutnya, kasus Rommy ini tidak berbeda jauh dengan kasus mereka, kasus yang menimpa mereka yang notabane pendukung Jokowi tidak mempengaruhi elektabilitas Jokowi hingga saat ini. Dia juga mengatakan kasus Rommy ini justru hanya berpengaruh dengan elektabilitas partainya saja, yakni PPP.

“Kalau kita lihat, kasus korupsi yang menimpa ketum partai lain yang ketika itu dekat dengan pemerintahan atau berkoalisi dengan Jokowi seperti di Golkar, Setnov tersangka, Idrus Marham juga tersangka waktu jadi Menteri Jokowi juga ditetapkan tersangka. Kalau kita lihat, di kasus sebelumnya untuk prediksi ke depan, kalau kita lihat kasus elektoralnya itu jauh lebih terasa kepada Golkarnya, di mana ketika itu terjadi penurunan suara Golkar dan terjadi persaingan internal untuk minta Setnov turun,” ujar Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/3/2019).

“Efek ke Jokowi ketika itu nggak terlalu terasa,” imbuhnya.

Meski begitu, Arya mengatakan kemungkinan kasus ini akan lebih berdampak kepada kerja-kerja Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf. Sebab, Rommy ini merupakan salah satu figur penting di TKN, yakni Dewan Pengarah.

“Sekarang persoalannya adalah ini kan terjadi menjelang pemilu dan apakah itu pengaruh? Menurut saya, ini tentu juga kan menganggu kerja-kerja politik atau kerja kampanye tim TKN. Karena Rommy tentu adalah salah satu figur penting di TKN, dan orang yang juga terlibat sejak awal dalam proses nominasi pencapresan, ini juga akan mengganggu kerja-kerja TKN dan pengaruhi pembentukan image,” jelasnya.

Selain itu, Arya menilai kasus ini dinilai menguntungkan untuk Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Dia mengatakan BPN dapat memunculkan isu korupsi stadium 4 yang pernah dikatakan oleh capres Prabowo Subianto dan menuai banyak tanggapan-tanggapan negatif dari TKN.

“Lalu dengan kasus Rommy, oposisi dapat angin karena oposisi bisa gunakan isu apa yang mereka katakan sebelumnya yaitu korupsi stadium 4. Nah jadi satu sisi elektabilitas Jokowi nggak turun signifikan, tapi mengganguu image TKN, di satu sisi oposisi mungkin akan dapat angin dari kasus ini,” jelasnya.

Terakhir, dia menyarankan kepada TKN Jokowi-Ma’ruf agar ‘memutus’ relasi dengan Rommy, jika tidak ingin kasus Rommy ini menganggu kerja kampanye tim TKN.

“Saya kira mereka harus ‘memutus’ relasi dengan Rommy, karena dengan PPP tentu nggak, tentu mereka harus tanda petik ‘menjauh’ dari Rommy atau ‘memutus’ sementara dari Rommy, misalnya menonaktifkan dari TKN atau Rommy secara bijaksana
mengundurkan diri (dari TKN),” ucapnya.

(zap/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dugaan Suap Rommy Terkait Pengaruh Elite Parpol, KPK Singgung Kasus LHI

JakartaKetum PPP Romahurmuziy (Rommy) menjadi tersangka kasus suap dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Wakil Ketua KPK Laode M Syarif bicara pengaruh posisi petinggi parpol yang menjerat anggota DPR tersebut.

“Akan tetapi KPK sangat khawatir praktik-praktik seperti ini dilakukan oleh pihak-pihak lain, terutama yang menjabat sebagai pimpinan partai politik atau organisasi masyarakat yang terafiliasi sektor politik lainnya yang menjual pengaruhnya dan menerima sejumlah uang,” kata Syarif saat jumpa pers di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Sabtu (16/3/2019).

Rommy menjabat anggota Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan. Sedangkan Kementerian Agama bermitra dengan Komisi VIII DPR. Menurut Syarif, Rommy tidak mempunyai kewenangan atau hubungan dengan Kemenag.
“Betul, beliau tidak berhubungan langsung kalau dilihat tupoksi. Kalau kita lihat beberapa kasus yang pernah disidik dan dituntut KPK, kadang tupoksi kementerian tidak selalu berhubungan apa yang dikerjakan,” jelas Syarif.
Kemudian Syarif mencontohkan kasus yang pernah menjerat anggota DPR yang seperti perkara Rommy. Saat itu mantan anggota DPR Luthfi Hasan Ishaaq yang berada di Komisi I DPR, namun mengurusi impor daging di Komisi IV DPR. Diketahui saat itu Luthfi menjabat Presiden PKS.

“Kalau melihat misalnya LHI dulu Komisi I DPR mengurus luar negeri tetapi berhubungan impor daging komisi IV DPR. Ada pernah OTT DPRD di Bali tapi ada mengurus proyek di Sumatera Barat. Jadi tidak bisa dijadikan pola relasi, jadi bisa saja lintas sektor termasuk hal ini. Tapi saya pikir kasus ini (Rommy) kental hubungan kepartaian,” tutur dia.

Rommy diduga KPK menerima uang suap Rp 300 juta dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Penerimaan itu untuk pengisian jabatan di Kemenag.

“Diduga terjadi kerja sama pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan HRS dalam proses seleksi jabatan tinggi Kementerian Agama RI tersebut,” kata Syarif.

Rommy dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Sedangkan Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
(jbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Habiburokhman Sakit Hati Puisi Neno Disebut Biadab

Jakarta – Juru Bicara Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman, mengatakan pernyataan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif yang menyebut puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Pernyataan itu dinilainya berlebihan.

“Pernyataan Buya Syafii Maarif yang menyatakan puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Sejauh ini kami menempatkan Buya Syafii sebagai ulama dan cendekiawan berhati mulia, namun pernyataan beliau kali ini menurut saya sangat berlebihan dan cenderung tidak adil,” kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (1/3/2019).

“Kalau puisi Mbak Neno dianggap biadab karena mengarah ke politisasi agama, bagaimana dengan mereka yang juga diduga mempolitisasi agama di kubu politik sebaliknya? Apakah biadab juga? Atau hanya yang bertentangan dengan 01 yang biadab?” imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, kata biadab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkonotasi ekstrem dan dicontohkan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Habiburokhman sakit hati jika puisi Neno disamakan dengan pemerkosaan anak.

“Kata biadab mungkin berasal dari bahasa Persia yang berarti sekadar tidak bertata krama. Tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut sangat ekstrem karena bisa berarti tidak beradab dan kejam dengan contoh pemerkosaan anak di bawah umur. Sakit sekali hati kami kalau puisi Mbak Neno disamakan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Terlebih jika yang menyampaikannya adalah sosok yang selama ini sangat kami hormati dan kagumi,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini meyatakan yang pantas dikatakan biadab adalah para koruptor dan pihak-pihak yang menggunakan kekuasaan untuk menindas lawan politik.

“Menurut saya, yang layak dikatakan biadab adalah para koruptor pencuri uang rakyat, atau jika ada pihak yang menggunakan pengaruh kekuasaan untuk menindas dan memenjarakan lawan politik,” ucap Habiburokhman.

Sebelumnya, Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itukan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.
(azr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Striker Chelsea Klaim Sarri Tetap Didukung Pemain

London – Posisi Maurizio Sarri di mata pemain Chelsea diyakini aman. Hal ini disampaikan oleh striker The Blues, Pedro.

Para pemain Chelsea dalam beberapa tahun terakhir disebut memiliki pengaruh besar pada masa depan manajer di Stamford Bridge. Terbukti beberapa manajer tak bisa bertahan lama karena disebut berseteru dengan beberapa pemain The Blues.

Sebut saja Jose Mourinho, kemudian ada juga suksesornya yakni Antonio Conte.

Sarri disebut menghadapi masalah serupa. Indikasi akan adanya masalah makin menguat setelah Kepa Arrizabalaga dengan berani membangkang perintah Sarri di laga final Piala Liga Inggris lawan Manchester City.

 Namun Pedro dengan tegas membantah kabar itu. Ia mengatakan semua pemain kompak berada di belakang manajer asal Italia itu.

“Kami selalu bersamanya. Kami selalu berbicara tentang semua masalah yang kami miliki,” kata Pedro, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/2/2019). 

“(Sarri) harus membuat keputusan (dengan Kepa). Ia telah melakukan itu dan kami hanya menghormatinya karena kami selalu menghormati semua manajer,” tegas pemain Chelsea itu.

2 dari 2 halaman

Harus Bersatu

Sebelumnya bintang Chelsea yakni Eden Hazard juga telah menyuarakan dukungan kepada Sarri.

“Kami semua bersama dengan pelatih. Saya tahu bulan ini sedikit berat, tapi kami harus bersatu, tetap bersama, jika kami inign melakukan sesuatu pada akhir musim,” ujar Hazard dalam situs resmi klub.

“Pada saat ini, kami sedikit mengalami tekanan karena para fans ingin kami berada di empat besar, tapi kami adalah Chelsea dan mampu mengatasi tekanan itu. Kami akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Apa Warna Kamar yang Cocok untuk Perempuan Aktif?

Liputan6.com, Jakarta – Tahukah Anda, ternyata warna memiliki pengaruh yang cukup besar dalam psikologi seseorang. Hal ini juga berlaku ketika memilih warna dinding kamar yang sangat membantu dalam menaikkan suasana hati.

Fimela.com menulis, terkait hal tersebut tidak disarankan untuk asal pilih warna kamar karena dapat mempengaruhi mood. Anda termasuk perempuan aktif? Ada beberapa yang disarakan soal pemilihan warna kamar.

Warna yang cocok untuk perempuan aktif tidak lain adalah hijau, toska, ungu, dan biru. Bukan tanpa alasan, tetapi masing-masing warna mempunyai makna tersendiri apalagi sebagai warna kamar.

Warna hijau memberikan efek segar dan teduh, sedangkan warna biru hadir dengan efek menenangkan bagi mereka para perempuan yang penuh semangat. Lantas, warna ungu berarti keseimbangan.

Ungu sendiri dapat dipadu dengan pink muda dan mengarahkan suasana hati untuk beristirahat. Anda ingin memberi kesan ruangan yang luas? Maka pilihlah warna toska. Seperti ungu, toska juga akan mengundang untuk segera istirahat.

Sementara bagi perempuan pasif, keempat warna di atas sangat tak disarankan. Hal ini karena akan membuat mereka kian malas untuk melakukan berbagai hal dan beraktivitas.

Keempat warna itu akan membuat seseorang kian malas bergerak di dalam kamar dan melakukan hal lain. Nah, maka dari itu, pilihan warna cat kamar yang sesuai dengan kepribadian untuk mendukung Anda. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ingin Buat Pria Klepek-Klepek, Wanita Ini Buat Parfum dengan Cairan Miss V

Liputan6.com, Jakarta Seorang perempuan menggunakan parfum istimewa yang dia klaim bisa menarik perhatian pria. Pewangi tubuh itu terbuat dari cairan vaginanya sendiri.

Dilansir dari Health pada Kamis (28/2/2019), wanita bernama Rachel Khona itu mencari tahu apakah aroma vaginanya bisa membuat pria berbondong-bondong datang padanya. Hal itu dia ungkapkan dalam tulisannya di Medium. Dia mendapatkan saran untuk menggunakan cara tersebut.

“Perempuan di abad pertengahan diketahui mengoleskan cairan vagina pada tubuh untuk menarik pelamar yang tampan,” tulis Khona dalam artikel tersebut. Selain itu, dia menambahkan bahwa dirinya menggunakan cairan vaginanya untuk dicampur dengan parfum favoritnya. Setelah itu, dia menggunakannya di pergelangan tangannya selama beberapa hari.

Pada hari keempat, Khona menceritakan bahwa dirinya melihat ruam merah di lehernya. Ketika dia mengira hal tersebut adalah efek samping dari parfum vagina itu, dia mendatangi dokter.

Ternyata, dokter mengatakan bahwa itu bukan dikarenakan parfum tersebut. Namun hal itu disebabkan oleh alergi nikel ringan dari kalung yang dia kenakan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak direkomendasikan

Walaupun begitu, cara tersebut tampaknya diragukan oleh ahli. Menurut Christine Greves dari Orlando Health System, Florida, Amerika Serikat, feromon memang banyak dipelajari karena mempengaruhi daya tarik visual dan seksual, tetapi ini belum diteliti dalam cairan vagina.

“Secara keseluruhan, tidak ada banyak dukungan ilmiah untuk hal ini. Bukan sesuatu yang akan saya rekomendasikan,” kata Greves.

Tentu saja, apa yang dikatakan Greves benar. Khona sendiri tidak merekomendasikan parfum buatannya itu. Dia mengatakan, tidak ada pengaruh besar setelah dia menggunakannya.

“Jika segerombolan pria jatuh di kakiku, aku akan merasa berbeda,” kata Khona.

Selain itu, masalah kebersihan juga disoroti. Greves mengatakan, cairan vagina sama seperti cairan tubuh lainnya. Mereka mengandung kuman, sekalipun belum ada penelitian apakah itu bisa menyebar lewat parfum.

Gunung Es Seukuran Dua Kali New York Diprediksi Lepas dari Antarktika, Ini Kata NASA

Liputan6.com, Antarktika – Gunung es berukuran kira-kira dua kali New York, diperkirakan oleh para ilmuwan akan melepaskan diri dari lapisan es Antarktika. Ini merupakan akibat dari keretakan yang menyebar dengan cepat, yang selama ini dipantau oleh NASA.

Celah di sepanjang gletser Brunt di Antarktika pertama kali muncul pada Oktober 2016, menurut NASA. Retakan tersebut kemudian menyebar ke timur, yang lalu dikenal sebagai celah Halloween.

Mulanya, retakan ini disinyalir akan berhadapan dengan celah lain yang tampak stabil selama 35 tahun terakhir, tetapi sekarang, Halloween berakselerasi ke utara dengan kecepatan sekitar 2,5 mil setahun.

Setelah dua celah ini bertemu, yang bisa terjadi dalam beberapa pekan, sebuah gunung es setinggi kira-kira 660 mil persegi diprediksi siap lepas dari daratan yang menopangnya.

Proses ini terjadi secara alami bersamaan dengan gletser, tetapi adanya perubahan iklim akhir-akhir ini tidak dapat “membaca” seperti apa peristiwa tersebut terjadi nantinya. Selain itu, pemanasan global juga dapat menyebabkan destabilisasi gletser Brunt, NASA memperingatkan.

“Kemungkinan, hilangnya es seperti celah Halloween menunjukkan bahwa lebih banyak ketidakstabilan yang mungkin bakal terjadi di waktu mendatang,” kata Chris Shuman, ahli glasiologi NASA dan University of Maryland Baltimore County, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Rabu (27/2/2019).

Pada Juli 2017, salah satu pecahan gletser terbesar yang pernah ada adalah gletser “Larsen C” yang luasnya mencapai 2.200 mil persegi, hampir dua kali ukuran negara bagian Delaware, Amerika Serikat.

Masa depan dari lapisan-lapisan es Antarktika akan memiliki pengaruh besar pada kenaikan permukaan laut di seluruh dunia. Sebuah laporan yang dirilis oleh para ilmuwan AS dan Inggris pada tahun lalu menyatakan, es di benua Kutub Selatan ini mencair dengan kecepatan yang memecahkan rekor, sehingga dianggap menjadi ancaman besar bagi kota-kota pesisir.

Studi ini menemukan bahwa pencairan lapisan es telah meningkat tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir. Kecuali jika tindakan drastis diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan membatasi pemanasan global, para ilmuwan memperkirakan bahwa es yang mencair di Antartika akan menambah lebih dari 25 cm total kenaikan permukaan laut global pada tahun 2070.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Rongga Seukuran Dua Per Tiga Manhattan Muncul di Bawah Antartika, Penyebabnya?

Dalam waktu beberapa dekade, Antarktika telah kehilangan triliunan ton es dengan pesat. Belum juga terpecahkan cara mengatasinya, kini sudah muncul misteri baru mengenai benua itu, yakni rongga raksasa yang tumbuh di bawah Antartika Barat.

Menurut para ilmuwan, rongga ini berukuran dua pertiga dari Manhattan, tingginya hampir 300 meter, dan terdeteksi berada di dasar Gletser Thwaites –sebuah massa es yang dijuluki gletser paling berbahaya di dunia.

Saking besarnya, rongga ini bahkan disebut mewakili perkiraan 252 miliar ton es Antarktika yang hilang setiap tahun.

Para peneliti menambahkan, rongga itu bahkan bisa menjadi tempat yang cukup masif untuk menampung sekitar 14 miliar ton es.

“Kami telah menduga selama bertahun-tahun bahwa Thwaites tidak melekat erat pada batuan dasar di bawahnya,” kata glaciologist Eric Rignot dari University of California, sekaligus periset di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA.

“Berkat generasi satelit baru, kami akhirnya bisa melihat detailnya,” lanjut Rignot, dikutip dari Science Alert, Jumat 1 Februari 2019.

Rignot dan rekan-rekannya menemukan rongga tersebut menggunakan radar penembus es, sebagai bagian dari Operasi IceBridge ala NASA. Mereka juga membubuhkan data tambahan yang dipasok oleh ilmuwan Jerman dan Prancis.

Menurut studi, rongga tersembunyi itu hanyalah dampak yang terjadi di antara “pola kompleks dan lelehan es” di Gletser Thwaites, bagian-bagian yang bergeser mundur sejauh 800 meter setiap tahun.

Pola kompleks yang diungkapkan oleh studi baru itu sempat membuat bingung para ilmuwan, sebab mereka harus mengetahui cara interaksi antara air dan es di lingkungan Antarktika yang dingin, namun mulai menghangat.

“Kami menemukan mekanisme berbeda untuk pergerakan mundur es,” kata ilmuwan radar JPL NASA, Pietro Milillo.

Saat para peneliti masih mempelajari hal-hal baru tentang pola rumit es ketika mencair di Gletser Thwaite, mereka mengemukakan bahwa pada dasarnya, rongga raksasa tersebut mewakili aktualitas ilmiah yang sederhana.

“Ukuran rongga di bawah gletser memainkan peran penting dalam proses pencairan. Semakin banyak panas dan air yang masuk ke bawah gletser, maka es akan mencair lebih cepat,” ucap Milillo.

Fakta tersebut penting untuk diketahui oleh para periset di dunia, karena Gletser Thwaites saat ini menyumbang sekitar 4 persen dari kenaikan permukaan laut global.

Jika Thwaites sepenuhnya menghilang, maka es yang berada di sana dapat menaikkan permukaan laut global sekitar 65 cm.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita dan Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh menjadi kewajiban bagi setiap orang. Tak melihat itu pria atau wanita. Setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap selalu bugar dan memiliki kondisi tubuh yang optimal.

Namun, dalam praktik menjalankan atau menjaga kesehatan tubuh, antara pria dan wanita memiliki perbedaan. Menjaga kesehatan pria dan wanita memiliki caranya masing-masing untuk agar tetap sehat. Menjadi berbeda karena porsi kebutuhan antara pria dan wanita berbeda.

Kesehatan wanita perlu selalu dijaga dan dirawat setiap saat. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang berbeda dengan cara pria untuk menjaga kesehatannya. Faktor yang menjadikan pembeda kesehatan wanita adalah anatomi tubuh pada wanita khususnya yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber Rabu (27/2/2019) terkait cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang perlu diketahui. Selain itu, ada juga makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh wanita.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa kamu terapkan.

1. Menerapkan Hidup Sehat

Kamu perlu membiasakan hidup sehat mulai saat ini. Menjadi hal wajib, karena dengan menerapkan hidup yang sehat, akan bantu kamu menangkal terjadinya stress. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pikiran dari hal-hal negatif, menjaga kebersihan tubuh, dan juga kebersihan pakaian yang dikenakan.

2. Memperhatikan Pola Makan

Salah satu cara menerapkan hidup sehat, bisa kamu lakukan dengan pola makan yang seimbang. Ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh wanita agar tetap sehat dan bugar. Menghindari konsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan, dan selalu memperhatikan asupan gizi maka kamu akan selalu sehat.

3. Hindari Stres Berlebihan

Kesehatan tubuh kamu juga bisa terjadi melalui faktor psikis, loh. Oleh karena itu, pentingnya untuk menghindari stress yang berlebihan guna menjaga tubuh kamu tetap sehat bugar dan juga fit.

Hal yang bisa kamu terapkan adalah coba untuk selalu berbaik sangka dan berpikir positif. Kalau kamu selalu berpikir yang baik-baik dan tidak buruk sangka pada orang, maka kamu dapat menghadapi masalah dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi.

4. Olahraga dengan Teratur

Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur setiap hari dapat menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat, loh. Karena tubuh mu perlu digerakkan agar otot-otot dapat bergerak dan merangsang tubuh agar tetap bugar. Selain itu, dengan melakukan olahraga teratur dan rutin, kamu akan memiliki berat badan yang ideal.

5. Hindari Kebiasaan Buruk

Jika kamu termasuk yang suka merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti untuk mengonsumsinya. Kebiasaan buruk seperti merokok dan suka mengonsumsi alkohol membawa pengaruh yang tidak bagi kesehatan.

Sempatkan diri untuk meluangkan waktu setiap harinya dengan melakukan relaksasi. Bila memungkinkan, lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengontrol kesehatanmu. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Wanita

1. Pepaya

Memiliki kandungan beta-karoten dan likopen, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara. Ya, kedua penyakit paling mematikan bagi para wanita. Dengan mengonsumsi papaya secara rutin, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Karena kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

2. Alpukat

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit, loh.

3. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, dan blackberry ternyata memiliki manfaat yang baik untuk wanita, loh. Buah yang mengandung flavonoid dan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

Buah ini cocok juga buat kamu yang sudah memasuki usia lanjut, karena mampu menjaga ketajaman otak agar tidak mudah lupa atau pikun.

4 dari 4 halaman

Konsumsi makanan sehat secara rutin

4. Edamame

Mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita agar tetap bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu, edamame yang juga mengandung isoflavon, senyawa yang mirip dengan estrogen yang bisa menjadi teman saat usis menopause. Pasalnya, edamame sangat membantu mengatasi sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

5. Brokoli

Kandungan sulforaphane, yang merupakan zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker. Kandungan vitamin dan mineralnya juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu.

6. Kacang

Kalau kamu memiliki masalah hipertensi atau diabetes, sebaiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan. Kaya akan serat dan rendah lemak, akan memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang merah, kacang kenari, atau kacang alamond.

7. Yogurt

Kandungan kalsium pada yogurt bantu kamu agar terhindar dari osteoporosis. Ya, sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun jangan khawatir buat kamu yang tak bisa mengonsumsi susu. Kamu bisa menggantinya dengan yogurt, karena sumber kalsiumnya tak kalah penting dari susu.