Pencoblosan Pemilu 2019 di Luar Negeri Dimulai Hari Ini

Jakarta – Pemungutan suara atau pencoblosan Pemilu 2019 di luar negeri dilakukan lebih awal. Pencoblosan yang dilakukan warga negara Indonesia di mancanegara diselenggarakan mulai hari ini.

“Pemungutan suara di luar negeri itu kan dilaksanakan bertahap antara tanggal 8 sampai dengan 14 April 2019. Jadi memang penungutan suara di luar negeri lebih awal, dari pemungutan suara di dalam negeri,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Wahyu mengatakan, saat ini proses persiapan pemungutan suara berjalan lancar. Kendala yang ditemui masih dapat diatasi sejauh ini. Pencoblosan digelar dengan menghormati aturan yang berlaku di negara setempat.

“Sampai saat ini aman, proses persiapan kegiatan pemungutan suara aman. Tentu saja aman bukan tidak ada kendala, ada kendala tapi dapat diatasi,” kata Wahyu.

“Apalagi di luar negeri kan berlaku otoritas negara setempat, sehingga kita dalam posisi menghormati hukum di sana,” sambungnya.

Sementara itu, komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan proses pencoblosan yang baru dimulai ini dengan metode pemlihan di TPS. Sedangkan metode pemilihan melalui pos telah dilakukan sejak Maret 2019.

“Yang baru dimulai pemilihan di TPS, sedangkan pemilihan melalui metode pos sudah dilakukan sejak Maret,” ujar Ilham.

Diketahui, pemilihan di luar negeri menggunakan tiga metode, yaitu kotak suara keliling, TPS, dan pos. Kawasan luar negeri yang memulai pemilihan di tanggal 8 April 2019 ini adalah Sana’a atau Tarim di Yaman.

(dwia/dnu)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *