30 Ribu Relawan Direncanakan Hadir Dengarkan Pidato Jokowi di Konvensi Rakyat

Jakarta – Relawan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan para alumni perguruan tinggi akan menggelar kegiatan Konvensi Rakyat, hari minggu mendatang. Puluhan ribu peserta direncanakan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Projo dan seluruh relawan militan Jokowi akan menghadiri acara yg sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Kami sudah cek lapangan. Yang sudah pasti hadir ada 30.000 massa, bahkan bisa lebih. Antusiasme dan militansi relawan dan TKN (Tim Kampanye Nasional) Jokowi-Amin memang dahsyat,” kata Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

Budi mengatakan kegiatan itu akan diisi oleh pidato Jokowi yang bertajuk ‘Optimis Indonesia Maju’. Pidato itu dinilai Budi sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang siap menyongsong perubahan di masa depan.

“Kita tunggu saja pidato bersejarah Presiden Jokowi. Kami percaya hanya orang-orang yang optimis, yang mampu menggerakkan perubahan di Indonesia. Dan perubahan hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yang tidak memiliki beban di masa lalu. Bangsa besar harus memiliki daya juang, optimisme dan daya tarung yang kuat,” ujar Budi.

Dia kemudian bicara soal pencapaian yang telah diraih oleh pemerintahan Jokowi. Bagi Budi, Jokowi sudah membawa perubahan yang sangat nyata bagi rakyat Indonesia.

“Pemerintahan Jokowi selama lebih dari 4 tahun ini sudah mampu mengeksekusi banyak hal. Perubahan sudah nyata dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Saatnya rakyat bersatu padu untuk melanjutkan dan mengamankan kepemimpinan yang sudah bekerja nyata,” imbuhnya.

Saat ini, menurut Budi, adalah waktu yang tepat untuk bekerja sama antar elemen bangsa. Persatuan bangsa disebut Budi akan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“Bangsa besar harus dikelola dengan semangat persatuan. Seluruh komponen dan elemen rakyat sudah bergerak serempak dan militan untuk memastikan kemenangan rakyat 17 April 2019. Kita adalah Satu,” jelas Budi.

Acara Konvensi Rakyat ini akan digelar pada Minggu (24/2) di di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Minggu (24/2). Konvensi yang mengusung tema ‘Optimis Indonesia Maju’ itu akan mulai sekitar pukul 17.00 WIB.

TKN berharap Konversi Rakyat itu dapat memberikan informasi dan data kepada masyarakat terkait capaian yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi. Konvensi itu juga disebut sebagai momentum untuk menyampaikan program yang akan dilakukan Jokowi-Ma’ruf jika terpilih kembali di Pilpres 2019.

“Karena pidato ini atau penyampaian pikiran ini yang selama ini ditunggu. Karena selalu media bertanya apa yang akan dilakukan dan apa yang akan dikerjakan atau harapan apa yang akan dibangun oleh Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024, ini momentumnya,” kata Wakil Ketua Pelaksana Konvensi Rakyat Bahlil Lahadalia di Posko Cemara, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).

(knv/elz)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deretan Lumbung Suara Jokowi dan Prabowo, Mampukah Naikkan Elektabilitas?

Liputan6.com, Jakarta – Saling klaim kemenangan di daerah-daerah yang menjadi titik kelemahan masing-masing pasangan calon atau paslon, kini gencar dilakukan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto.

Kondisi ini tak bisa dipungkiri lantaran kedua kubu menjelang Pilpres 2019 kerap berkampanye di daerah-daerah yang pada Pilpres 2014 silam menjadi titik lemah Jokowi dan Prabowo.

Tentu itu dilakukan untuk menaikkan elektabilitas keduanya hingga akan mempengaruhi jumlah pemilih pada pertarungan final, 17 April 2019.

Dari sejumlah survei, baik independen maun internal parpol menyebutkan, pasangan cawapres nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf Amih masih lebih unggul dibanding Prabowo-Sandiaga.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, elektabilitas pasangan capres cawapres ini berada di angka 56 persen. “Di kisaran angka 56 persen,” ucap Karding saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Februari 2019.

Meski demikian diakui Karding ada sejumlah daerah, dimana Jokowi-Ma’ruf masih kalah tipis dari Prabowo-Sandi. Di antaranya Jawa Barat dan Banten.

Berikut deretan lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Subianto yang berpotensi menaikkan elektabilitas kedua paslon:

2 dari 6 halaman

Kekuatan Jokowi

Berdasarkan rilis sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandi hampir di seluruh pulau besar di Indonesia. Seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, daerah Nusa Tenggara ditambah Maluku dan Papua.

Bahkan diprediksi Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur serta Yogyakarta akan menjadi lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan pencapaian suara mencapai 57,1 persen.

Bahkan oleh Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) diperkirakan, kedua pasangan ini akan menang telak di Jawa Timur dengan meraih suara sebesar 55.9 persen.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Jokowi

Seperti disebutkan di atas, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten merupakan titik lemah Jokowi-Ma’ruf Amin dalam perolehan suara. Khususnya di Priangan Barat yakni Sukabumi, Cianjur dan Priangan Timur yakni Garut dan Tasikmalaya.

“TKD akan terus lakukan sosialisasi juga untuk kampanye di sana. Sebab kalau program-program yang dilakukan Pak Jokowi kan sudah cukup dan bagus, sudah diterima masyarakat. Tinggal bagaimana supaya masyarakat di sana kemudian juga tingkat elektoralnya tinggi,” ” ungkap Sekretaris TKD Abdy Yuhana.

Begitu pula di Madura. Perolehan suara Jokowi pada Pilpres 2014 yang saat itu dipasangkan dengan Jusuf Kalla, kalah parah di empat kabupaten di Pulau Madura.

Banten juga diperkirakan masih akan menjadi basis Prabowo. Jokowi- Ma’ruf Amin hanya unggul di Kabupaten Lebak dari delapan Kabupaten/Kota di Banten versi survei internal.

“Di Banten kalah tipis sekitar 5 sampai 6 persen. Kita kalah di tujuh Kabupaten/Kota kalah tipis, kita menang hanya di Lebak,” kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Banten Asep Rahmatullah saat dikonfirmasi.

4 dari 6 halaman

Kekuatan Prabowo

Dari hasil survei internal yang dilakukan tim Prabowo-Sandiaga disebut sejumlah provinsi akan menjadi lumbung suara kedua paslon ini. Misalnya di Pulau Sumatera, kubu Prabowo diklaim unggul di Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

Sementara di Pulau Jawa, Kubu Prabowo juga merasa unggul di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Menurut pengurus Partai Gerindra, hal tersebut merupakan bentuk bukti nyata kerja keras para kadernya.

“Merupakan hal mutlak kalau kami berada di tengah-tengah masyarakat, berarti masyarakat bisa menilai,” ucap Ketua DPD Gerindra Banten Desmon J Mahesa di kediamannya, usai acara bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng, di Kota Serang, Banten, Kamis (7/6/2018).

Sementara di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

“Kita Sulawesi unggul, Kalimantan ada menang dan ada yang kalah, NTB menang, NTT kalah, Papua masih tertinggal,” ungkap Jubir Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

Sementara untuk di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

5 dari 6 halaman

Kelemahan Prabowo

Berkaca dari beberapa hasil survei yang menyatakan kubu Jokowi-Ma’ruf masih lebih unggul, Timses Prabowo-Sandi kini tengah mengejar ketertinggalan.

Meski disebutkan selisih elektabilitas paslon nomor urut 02 dengan Jokowi-Ma’ruf tinggal 4 persen, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian Timses Prabowo-Sandiaga untuk mendulang suara.

Salah satunya adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal inilah yang menjadi kenapa Prabowo-Sandi ingin mendirikan Markas di provinsi yang menjadi basis massa terbesar PDIP yakni Jawa Tengah.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkap, alasan rencana dibangunnya markas mereka di Jawa Tengah.

“Berdasarkan survei kita, memang Jateng menjadi istilah ‘Battle Ground’. Banyak tempat kita menang tipis,” kata Dahnil di Kantor Seknas, Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

Namun, Dahnil percaya kali ini magnet Prabowo akan mampu menjadi magnet yang sangat kuat untuk menaikkan elektabiltas Prabowo-Sandi.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

ONE Championship: Isi Waktu Luang, Thathie Pilih Bersantai dengan Sahabat

Liputan6.com, Jakarta – Petarung One Championship wanita Indonesia, Priscilla Hertati “Thathie” Lumban Gaol, sedang mempersiapkan diri menghadapi laga selanjutnya tahun ini. Tapi, bagi seorang atlet, tentunya keseimbangan antara latihan dan kehidupan sehari-hari harus tetap dijaga.

“Thathie” melakukan hal ini dengan membagi waktu untuk berlatih, bersantai dan berkumpul bersama dengan sahabat terdekatnya. Petarung yang mendominasi gelaran ONE Championship: CONQUEST OF HEROES dan mengalahkan Jomary “The Zamboanginian Fighter” Torres ini mengaku punya lokasi tertentu yang harus ia kunjungi untuk bersantai.

“Saya tidak punya tempat khusus [yang saya selalu datangi] di Jakarta,” katanya. “Saya hanya sering berkunjung ke rumah teman saya atau jalan-jalan ke mall [terdekat].”

Dia menambahkan, “Saat di mall, saya hanya menggunakan waktu untuk nonton, atau sekedar makan dan mengobrol bersama teman atau keluarga.”

Priscilla, yang mencatat penyelesaian luar biasa pada ajang One Championship: KINGS OF COURAGE dan ONE: QUEST FOR GOLD, pun menambahkan pentingnya waktu luang setelah bertanding. “Saya mengambil waktu istirahat selama seminggu setelah pertandingan saja,” katanya.

Ketika ditanya siapa yang sering ia ajak untuk bepergian, ia mengatakan bahwa sahabat-sahabatnya lah yang menjadi pilihan pertama. “Karena Lebih enak mengajak sahabat. Kita bisa jalan-jalan kemana yg kita mau, atau diam di rumah sambil makan dan berbagi cerita,” lanjut Priscilla.

2 dari 2 halaman

Jadi yang Terbaik

“Thathie” juga mengakui bahwa ia sempat terbeban karena kelelahan berlatih. Tetapi, rekan satu tim dan pelatihnya selalu memberikan dukungan penuh untuk memberikan yang terbaik – selain sahabat-sahabatnya yang selalu mendorong dirinya.

“Saya berlatih, berlatih dan berlatih untuk menjadi yang terbaik,” katanya.

Atlet tersibuk pada tahun 2018 di dalam ‘The Home Of Martial Arts’ ini mengawali karirnya di ONE dengan beberapa kesulitan, tetapi ia berhasil membalikkan keadaan dan mencatatkan “tahun yang luar biasa” sekaligus membuatnya menjadi seorang panutan di tanah air.

Ia menegaskan bahwa perjuangannya ini bergantung sepenuhnya pada ketekunan diri. Saat ini, “Thathie” digadang menjadi salah satu petarung teratas dalam divisi atomweight – dan semakin dekat dengan kesempatan untuk merebut gelar juara dunia dari tangan “Unstoppable” Angela Lee.

“Saya tidak memiliki ambisi apapun [saat saya memulai karir saya], karena saya hanya bertekun dan mempersiapkan yang terbaik dalam setiap pertandingan dan menampilkan seluruh kemampuan saya untuk menang,” kata Priscilla.

Kembalinya Priscilla ke dalam ring ONE tahun ini memberikannya satu harapan terbesar: untuk berkembang dan menjadi lebih baik.

“Saya hanya berharap untuk meraih pencapaian lebih tinggi di ONE Championship tahun ini,” tutupnya.

Global Melambat, Ekonomi RI Masih Terjaga

Liputan6.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan ekonomi dunia melambat disertai dengan berkurangnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Perlambatan tidak hanya terjadi di Amerika Serikat (AS), tapi juga dialami oleh Eropa serta China.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebutkan, pertumbuhan ekonomi AS melambat dipengaruhi oleh terbatasnya stimulus fiskal, masalah struktural tenaga kerja, dan menurunnya keyakinan pelaku usaha.

“Pertumbuhan ekonomi Eropa juga melambat, antara lain dipengaruhi oleh berlanjutnya permasalahan struktural ekonomi dan keuangan, pelemahan ekspor dan dampak ketidakpastian penyelesaian masalah Brexit,” kata Perry di kantornya, Kamis (21/2/2019).

Sementara itu, ekonomi China tumbuh melambat didorong melemahnya ekspor akibat ketegangan perdagangan dengan AS. Serta melambatnya permintaan domestik sebagai dampak proses deleveraging yang masih berlangsung.

“Sejalan dengan prospek pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat, harga komoditas global diperkirakan menurun, termasuk harga minyak dunia, serta normalisasi kebijakan moneter di negara maju yang cenderung tidak seketat perkiraan semula dan ketidakpastian di pasar keuangan global yang berkurang,” ujar Perry.

Sementara itu, kenaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) akan lebih rendah dan pengurangan neraca bank sentral menjadi lebih kecil dari rencana.

“Perkembangan ekonomi dan keuangan global tersebut di satu sisi memberikan tantangan dalam mendorong ekspor, namun di sisi lain meningkatkan aliran masuk modal asing ke negara berkembang, termasuk Indonesia,” dia menambahkan.


Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Tetap Terjaga

Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia, momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga didukung oleh permintaan domestik.

Perry mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat mencapai 5,18 persen (yoy) pada triwulan IV 2018, meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 5,17 persen (yoy).

“Pertumbuhan ekonomi terutama didukung permintaan domestik sejalan dengan meningkatnya konsumsi rumah tangga dan konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT),” ujar dia.

Selain itu, investasi juga tetap tinggi dipengaruhi optimisme investor yang tetap terjaga terhadap prospek ekonomi Indonesia.

Sedangkan dari sisi ekspor neto tercatat negatif dipengaruhi pertumbuhan ekonomi global yang melandai dan harga komoditas yang menurun. Secara spasial, peningkatan pertumbuhan ekonomi ditopang Jawa dan Kalimantan sejalan meningkatnya kegiatan di sektor pertanian, jasa-jasa dan pertambangan.

“Dengan perkembangan ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat dari 5,07 persen (yoy) pada 2017 menjadi 5,17 persen (yoy) pada 2018 dan merupakan pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir,” kata dia.

Ke depan, Bank Indonesia perkirakan pertumbuhan ekonomi 2019 tetap solid pada kisaran 5,0-5,4 persen. Hal itu didukung permintaan domestik, khususnya konsumsi rumah tangga dan konsumsi LNPRT yang meningkat, serta investasi yang tetap kuat.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ariana Grande Samai Rekor The Beatles di Tangga Lagu Billboard

Liputan6.com, Los Angeles – Nama Ariana Grande semakin bersinar saja di industri musik dunia. Kini, ia bahkan menyamai rekor yang pernah dipegang oleh band legendaris The Beatles. 

Dilansir dari NME baru-baru ini, Ariana Grande menjadi artis pertama sejak The Beatles yang meraih tiga posisi teratas pada tangga lagu Billboard Hot 100 secara bersamaan.

Hal tersebut pertama kali dilakukan oleh The Beatles pada tahun 1964.

Lagu “7 Ring” berada di nomor satu selama empat minggu. Lalu “Break Up With Your Girlfriend, I’m Bored” memulai debutnya pada posisi kedua. Sedangkan “Thank U, Next” berada pada urutan ketiga. Ketiga lagu tersebut berasal dari album Ariana Grande yang sama yakni Thank U, Next.

 

2 dari 3 halaman

Pencapaian The Beatles

Sementara itu, album Thank U, Next sendiri menempati posisi satu untuk chart album Billboard. Album tersebut dirilis pada 8 Februari 2019, hanya enam bulan setelah dia merilis “Sweetener”.

The Beatles memegang tiga peringkat teratas pada Maret dan April 1964 selama lima minggu sebelum akhirnya mendominasi lima tempat teratas di Billboard Hot 100.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Pencapaian Ariana Grande

Ariana Grande adalah artis perempuan pertama dalam sejarah yang berada di puncak chart album sekaligus dua singles-nya menempati dua urutan teratas di Inggris sebagaimana dilaporkan oleh Official Charts Company.

Grande juga artis perempuan pertama yang menggeser dirinya sendiri di chart singles. Lagu “7 Rings” digeser oleh “Break Up With Your Girlfriend, I’m Bored” saat rilis.

Saat ini Grande menjadi artis keempat yang memiliki tiga single nomor satu dalam waktu kurang dari 100 hari. Artis pertama adalah Elvis Presley, lalu John Lennon, dan selanjutnya Justin Bieber. (Antara)

8 Orang Indonesia yang Berhasil Harumkan Nama Bangsa di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Indonesia bukan hanya kaya akan sumber daya alamnya, namun juga sumber daya manusianya. Prestasi yang dicapai anak muda Indonesia juga patut diakui.

Sudah tidak terhitung berapa banyak anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Berbanding terbalik dengan apa yang sudah dilakukan mereka, justru karya mereka lebih banyak diapresiasi di luar negeri dari pada di negeri sendiri.

Nama-nama yang mengharumkan nama bangsa tidak hanya pada satu bidang saja, terdapat berbagai bidang mulai dari ilmu pengetahuan, seni, olahraga, bisnis, sampai dunia hiburan.

Dikutip dari TunaiKita, berikut ini ulasan mengenai siapa sajakah orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, simak yuk!

Pemuda Indonesia yang Mengharumkan Nama Bangsa

Banyaknya pemuda-pemuda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dari berbagai sektor, patut diacungi jempol. Pasalnya mereka menciptakan karya-karya yang luar biasa mewakili Indonesia.

Belum lama ini misalnya, dalam ajang olahraga yakni ASIAN Games banyak atlet-atlet perwakilan dari Indonesia berhasil mengibarkan namanya mewakili Indonesia, sehingga Indonesia meraih urutan ke-4 dalam ajang tersebut. Nah, selain dalam sektor olahraga masih ada lagi orang-orang Indonesia yang berprestasi, lho.

2 dari 9 halaman

1. Rich Brian

Dalam dunia musik anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia adalah Rich Brian. Di usianya yang masih 19 tahun, Rich Brian sudah masuk dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” dalam bidang hiburan dan olahraga di majalah Forbes.

Untuk Sobat yang belum tahu, Rich Brian merupakan seorang rapper sekaligus produser dan penulis lagu. Rich Brian yang mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno, merupakan pemuda kelahiran Jakarta. Memulai debutnya sebagai rapper pada 2014, dengan lagu berjudul “Dat $tick” yang diunggah ke akun YouTubenya pada Februari 2016.

Rich Brian yang lahir dan besar di Jakarta, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Ia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu rap dunia.

Di usianya yang masih sangat muda, Brian berhasil menciptakan lagu, diantaranya berjudul “Dat $tick”, “Who Dat Be”, “Watch Out”, “Chaos”, “Glow Like That”, dan “Crisis ft 21 Savage”.

Pada 2017, Brian masuk nominasi dan memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year pada Indonesian Choice Award.

Rich Brian juga sudah berkolaborasi dengan musisi dunia sekelas Skrillex, Zhu, bahkan diundang oleh Pharell Williams.

3 dari 9 halaman

2. Demian Aditya

Nama Demian Aditya sudah tidak asing lagi di dunia sulap Indonesia. Namun, kariernya di dunia sulap tidak begitu bersinar di dalam negeri sendiri. Sampai akhirnya Demian mengikuti ajang pencarian bakat America’s Got Talent, dan berhasil memukau Simon Cowell, Howie Mandel, Heidi Klum, dan Mel B yang merupakan juri di ajang tersebut.

Orang-orang memberi respon positif terhadap Demian. Sayangnya langkah Demian di America’s Got Talent harus terhenti di perempat final. Meskipun begitu, Demian diakui sebagai anak bangsa yang membanggakan.

4 dari 9 halaman

3. Joey Alexander

Pianis asal Indonesia ini berhasil tampil di panggung utama acara penghargaan Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

Bersama puluhan musisi terkenal lainnya, Joey yang kini berusia 15 tahun, sudah tercatat rekor melalui lagu berjudul “Giant Steps” dan album yang bertajuk My Favorite Things.

Joey menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016.

5 dari 9 halaman

4. Pierre Coffin

Siapa yang tidak mengenal Minions? Karakter kuning lucu yang filmnya booming di tahun 2010 dan 2013. Bahkan sampai saat ini, kita bisa menemukan figur karakter ini dimanapun, mulai dari boneka, tas, gantungan kunci dan lain lain.

Mungkin Sobat belum mengetahui bahwa arsitek dibalik kelahiran Minions merupakan seorang pria berdarah Indonesia, Pierre Coffin. Ia merupakan putra dari penulis ternama Indonesia, N.H Dini.

Kesuksesannya membawanya bekerja sama dengan banyak selebriti Hollywood. Jika kalian tahu, pada film Minions banyak menggunakan campuran berbagai bahasa termasuk Indonesia. Dalam film tersebut terselip kata “Terima Kasih”.

6 dari 9 halaman

5. Griselda Sastrawinata

Masih di bidang yang sama, Griselda Sastrawinata merupakan wanita asal Indonesia yang sukses menjadi animator. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah karakter hijau yang besar dengan telinga yang unik, Shrek. Griselda terlibat dalam penciptaan beberapa tokoh karakter dalam film Shrek ini.

Setelah sebelumnya bekerja untuk Dreamworks, ia saat ini sukses menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Walt Disney Studios. Griseda juga dipercaya sebagai salah satu Visual Development Artist dalam film animasi Disney yang berjudul Moana.

7 dari 9 halaman

6. Chris Lesmana

Sosok berikutnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia yaitu Chris Lesmana. Anda tahu mobil Volkswagen atau VW? Merek mobil asal Jerman ini ternyata mempercayakan desain VW New Beetle, yang biasa dikenal dengan mobil kodok kepada salah satu anak muda Indonesia berbakat.

Desain mobil VW lainnya yang dibuat oleh Chris adalah VW Up!, atas karya ini, Chris meraih penghargaan World Car of The Year pada tahun 2012 dan VW Golf.

Desain yang Chris ciptakan juga sudah terdaftar dalam lembaga paten Amerika Serikat pada tahun 2008. Saat ini, Chris menduduki posisi sebagai Desainer Senior di Volkswagen AG, Jerman.

8 dari 9 halaman

7. Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai orang-orang yang mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga. Siapa yang tidak kenal duo Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad? Mendengar dua nama tersebut sudah pasti kamu mengenal mereka bukan? Ya, mereka berjasa dalam bidang olahraga, yakni bulutangkis.

Hampir selalu menang di setiap pertandingan kelas dunia, menjadikan unggulan ganda campuran Indonesia ini pernah menduduki peringkat 1 dunia.

Duo ganda campuran ini pernah menyabet tiga tahun berturut-turut di All England 2012, 2013, dan 2014. Mereka juga meraih medali emas di Olimpiade Rio tahun 2016, dan berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya sehingga didengar seluruh dunia yang menyaksikan.

Namun, pertandingan di ajang Fuzhou China Open 2018 menjadi pertandingan terakhir untuk Liliyana Natsir. Liliyana memutuskan untuk gantung raket baru-baru ini. Membuat Tantowi harus mencari partner baru untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

9 dari 9 halaman

8. Muhammad Zohri

Masih dalam bidang olahraga, sosok Zohri menjadi sensasional setelah berita tentang dirinya yang meraih medali emas di perlombaan lari jarak pendek di Finlandia.

Ia disorot merayakan sendiri kemenangannya, bahkan harus meminjam bendera negara lain karena tidak ada yang memberikannya ketika dia akan merayakan kemenangan di podium sebagai juara pertama.

Zohri yang sudah mencintai dunia olahraga lari ini mengaku sering berlari di pinggir pantai. Berkat berita atas pencapaian prestasinya yang dihiraukan oleh pemerintah sehingga sangat inspiratif, dan berhasil viral di seluruh media.

Prestasi terbaru yang diraih Zohri adalah ia berhasil membawa harum nama Indonesia karena berhasil merebut medali perak untuk kategori lomba jarak pendek di Asian Games 2018.

Harus Unggah Konten Tiap Hari, Atta Halilintar Mengaku Jenuh

Jakarta – Mendapatkan 10 juta subscriber seperti Atta Halilintar mungkin merupakan pencapaian yang fenomenal. Tapi, untuk mencapai angka tersebut ia harus bekerja keras untuk bisa mengunggah konten baru setiap hari.

Ia pun mengaku jenuh karena setiap hari harus memikirkan ide dan konsep untuk kontennya. Sampai-sampai ia pernah sakit karena waktunya dihabiskan untuk memikirkan konten.

Tidak hanya jenuh, ia pun sampai merasa tertekan hingga setiap harinya susah tidur.
“Jadi aku tidur misalnya jam 10, jam 9 aku di kasur itu kepala aku benar-benar mikir mulu konten apa,” kata Atta di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

“Aku jadinya nulis di kamar, ada ide ini. Sampai jam 1, jam 2 itu aku nggak tidur,” sambungnya.

Harus Unggah Konten Tiap Hari, Atta Halilintar Mengaku JenuhFoto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Ia juga merasa bahwa ada segelintir orang yang menganggap membuat konten itu mudah. Padahal selain membuat konten, ia selalu mencari inspirasi dari YouTuber luar negeri yang lebih sukses dan terus mengamati konten seperti apa yang sedang trending saat ini.

Tapi, Atta mengaku bahwa walaupun saat ini ia merasa jenuh, ia tetap merasa senang dengan proses membuat konten setiap hari.

“Karena aku melakukan apa yang aku suka, menghasilkan dan itu juga hobi aku dan itu juga jadi alat aku untuk dagang kenapa nggak, mumpung aku masih muda,” jelas Atta.

Kewajiban bagi YouTuber untuk selalu mengunggah konten terbaru setiap hari memang merupakan senjata makan tuan. Mereka perlu eksis setiap hari agar tidak kehilangan subscriber, tapi ini juga memiliki dampak negatif terhadap kesehatan mental dan fisik mereka.

Belakangan ini juga muncul fenomena YouTuber yang mengumumkan istirahat dari membuat konten untuk subscriber-nya. Alasannya beragam, mulai dari depresi, kelelahan, gangguan kecemasan, hingga sakit. (vim/vim)

Baru Seminggu Dirilis, Pembuat Gim Apex Legends Blokir 16.000 Cheater

Liputan6.com, Jakarta – Gim pendatang baru pada genre battle royale, Apex Legends mengambil langkah tegas terhadap cheater. Tidak main-main, belum dua minggu semenjak rilis, sudah ada 16.000 pemain yang diblokir dari permainan karena kedapatan menggunakan cheat.

Apex Legends sendiri hingga saat ini mempunyai jumlah pemain aktif sebanyak 25 juta.

Dilansir dari Gamerant, Rabu (20/2/2019), dalam pembaruannya yang dipublikasikan di Reddit, Respawn mengungkapkan sikapnya tentang kecurangan, mendengar feedback pemain setia, dan akan berencana menambahkan fitur pelaporan di dalam gim segera.

Untuk saat ini, pemain yang menemukan orang lain menggunakan cheat atau aktivitas mencurigakan lainnya dapat melaporkannya ke situs ini.

Pemain juga didorong untuk mengajukan laporan bersama dengan bukti-bukti, seperti screenshot dan ID gim cheater untuk membuat penyelidikan lebih cepat.

Tampaknya gelombang cheater di Apex Legends hanyalah awal dari pertarungan Respawn melawan gameplay kotor.

Mengingat popularitas permainan yang melonjak signifikan, beberapa orang mengatakan gim ini akan mengalahkan Fortnite. Tidak mengherankan beberapa pemain sudah menemukan cara untuk mengeksploitasi gim.

Sementara itu, Respawn tidak membahas secara spesifik mengenai fitur pelaporan di dalam gim Apex Legends ini.

2 dari 3 halaman

Apex Legends Bakal Sambangi Android dan iOS

Apex Legends. (Doc: Digital Trends)

Apex Legends berhasil memikat tidak kurang dari 25 juta pemain selama sepekan setelah dirilis. Seiring popularitasnya, gim ini rencananya juga akan dirilis untuk perangkat mobile.

Dilansir Phone Arena, Rabu (13/2/2019), Electronics Arts (EA) selaku publisher Apex Legend sedang berusaha agar bisa menghadirkan gim tersebut untuk perangkat Android dan iOS.

Saat ini, gim battle royale tersebut hanya tersedia secara gratis untuk PC, PlayStation 4 dan Xbox One.

“Kami sedang berusaha agar gim ini bisa hadir di mobile dan cross-play, saya juga memperkirakan gim ini akan memiliki nilai yang luar biasa di Asia, dan kami sedang membicarakan tentang hal itu,” ungkap CEO EA Games, Andrew Wilson.

Kehadiran Apex Legends di perangkat mobile akan membuat persaingannya dengan Fornite dan PUBG semakin sengit.

Gim yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment ini sukses menarik perhatian para pencinta gim, berhasil memiliki 10 juta pemain hanya dalam waktu 72 jam.

EA merilis Apex Legends pada 4 Februari 2019. Sejauh ini, gim tersebut menerima reaksi positif. Delapan jam setelah dirilis, gim tersebut memiliki lebih dari satu juta pemain unik, dan mencapai 2,5 juta dalam waktu 24 jam.

3 dari 3 halaman

Seminggu Dirilis, Apex Legends Tembus Angka 25 Juta Pemain

Apex Legends. (Foto: Ist)

Seminggu meluncur di PlayStation 4 (PS4), Xbox One, dan PC, Apex Legends, gim buatan pengembang Respawn Entertainment itu mencetak sejarah luar biasa.

Gim bergenre battle royale tersebut baru saja melampaui angka 25 juta pemain terdaftar hanya satu minggu Apex Legends dirilis.

Pencapaian tersebut menunjukkan gim itu sangat populer dalam waktu singkat. Sebelumnya, Apex Legends berhasil melewati angka 10 juta pemain hanya dalam rentan waktu tiga hari.

Selain itu, pengembang gim mencatat “lebih dari” 2 juta gamer yang bermain Apex Legends secara bersamaan selama akhir pekan lalu, tulis CEO Respawn, Vince Zampella, sebagaimana dikutip dari akun Twitter-nya, Selasa (12/2/2019).

(Surya Handika R/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Sistem Ini Bikin 186 Pemda Hemat Anggaran Rp 6,9 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 triliun pada 2018. 

Penghematan ini, menurut dia diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.

“Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah diubah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran. Efisiensi atau penghematan yang berhasil dicapai dengan SAKIP, bukanlah kebocoran,” ujar dia di Makassar, Selasa (19/2/2019).

Ia menuturkan, penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi.

Mantan Wakapolri ini berharap agar tata kelola kinerja seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda), serta program programnya dapat berjalan secara tepat sasaran, efektif dan efisien.

“Setelah sekian lama perjuangan itu mencapai titik ini, tidaklah berhenti dan berakhir disini, melainkan terus memperbaiki tata kelola pemerintahan yang lebih baik, dan lebih baik lagi  di tahun mendatang,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Adapun pada Selasa ini Kementerian PANRB menyerahkan hasil evaluasi SAKIP bagi 186 pemda di wilayah III yang terdiri dari seluruh 174 pemerintah Kabupaten/Kota dan 12 Pemerintah Provinsi di seluruh Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Dearah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Syafruddin juga turut mengajak para kepala daerah untuk tidak lagi bekerja hanya demi membuat laporan atau hanya menyerap anggaran. Ia menegaskan, sekarang merupakan waktu untuk bekerja fokus dari hulu ke hilir.

“Efisiensi bukan hanya tentang cara memotong anggaran, tetapi juga penerapan manajemen berbasis kinerja. Misal penerapan e-government melalui e-budgeting untuk menghindari program siluman yang berpotensi penyimpangan,” pungkas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Temui Menko Luhut, Grab Ingin Buat Mobil Listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menerima kedatangan CEO dan founder Grab, Anthony Tan, di kantornya, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Luhut mengatakan, kedatangan CEO Grab tersebut membicarakan mengenai rencana terkait mobil listrik. Grab bersama Hyundai Motor Group berniat masuk ke Indonesia untuk membuat  mobil listrik.

“Dia mau masuk ke sini dengan hyundai menyangkut mobil listrik,” kata dia saat ditemui di kantornya.

Seperti diketahui, sebelumnya Hyundai Motor Group dan Grab Holdings Inc. (Grab), mengumumkan kerja sama dengan Hyundai Motor Company (Hyundai) dan Kia Motors Corporation (Kia) akan menambah investasi sebesar USD 250 juta ke Grab dan membentuk kemitraan untuk memulai program terkait kendaraan listrik (Electric Vehicle) di Asia Tenggara.

Melalui kemitraan kendaraan listrik tersebut, Grab dan afiliasi Hyundai Motor Group akan mempertemukan para pemangku kepentingan dari industri kendaraan listrik untuk berkolaborasi dalam upaya untuk meningkatkan adopsi dan kesadaran mengenai kendaraan listrik di Asia Tenggara.

“Sebagai rumah dari salah satu pusat konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia, Asia Tenggara merupakan pasar yang berkembang sangat pesat untuk mobil listrik,” ungkap Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group and Head of Strategy & Technology Division.

“Dengan rekam jejak yang tak tertandingi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan basis pelanggan dan merchant yang terus berkembang, Grab merupakan mitra terbaik yang akan membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik di Asia Tenggara,” tambahnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: merdeka.com

2 dari 2 halaman

Kemitraan Kendaraan Listrik

Sebagai permulaan, Grab, Hyundai dan Kia akan meluncurkan serangkaian proyek percontohan kendaraan listrik di Asia Tenggara yang dimulai dengan Singapura pada 2019.

Proyek percontohan akan fokus pada penggunaan kendaraan listrik untuk memaksimalkan efisiensi biaya bagi mitra pengemudi Grab. Kemitraan terkait kendaraan listrik ini juga akan bekerja dengan para pemangku kepentingan regional, termasuk pemerintah dan pemain industri infrastruktur untuk meningkatkan infrastruktur kendaraan listrik di wilayah tersebut, seperti membangun jaringan pusat-pusat pengisian cepat.

Kemitraan kendaraan listrik juga akan menjajaki pengembangan paket perawatan yang telah disesuaikan untuk mitra pengemudi kendaraan listrik Grab dan melakukan penelitian tentang bagaimana kendaraan listrik dapat diterapkan dengan cara paling efisien di Asia Tenggara, di bawah kondisi iklim yang panas dan lembab.

“Sebagai pemilik armada kendaraan listrik terbesar di Singapura, kami sangat bersemangat untuk membangun kemitraan industri dengan Hyundai Motor Group dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di seluruh Asia Tenggara. Kami memiliki visi yang sama tentang elektrifikasi mobilitas sebagai salah satu fondasi kunci untuk membangun platdiv transportasi yang ramah lingkungan dengan biaya terendah,” kata Ming Maa, President of Grab.

Hyundai pertama kali berinvestasi di Grab pada Januari, dan kedua perusahaan mulai menjajaki kolaborasi di sektor kendaraan listrik.

Inisiatif terbaru Grab, yang memperluas kerja samanya dengan grup otomotif Korea untuk melibatkan Kia, adalah pencapaian penting dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Pada Agustus, Grab mengumumkan kemitraan dengan penyedia energi utilitas Singapura, SP Group, dimana kendaraan listrik Grab dapat menggunakan jaringan pengisian kendaraan listrik publik milik SP Grup.

Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat mobile, memberikan akses pengguna ke lebih dari 8 juta pengemudi, merchant, dan agen.

Grab memiliki armada transportasi darat terbesar di Asia Tenggara dan telah berhasil melakukan lebih dari 2,5 miliar perjalanan sejak didirikan pada tahun 2012.

Grab menawarkan jangkauan terluas layanan transportasi on-demand di kawasan tersebut, di samping layanan pengiriman makanan dan paket, di 235 kota dan 8 negara.


Saksikan video pilihan di bawah ini: