Kemenag Segera Tindak Lanjuti Penambahan Kuota Haji dari Raja Salman

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan sebesar 10 ribu kuota untuk jemaah haji Indonesia. Tambahan kuota ini diberikan Raja Salman kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membenarkan soal penambahan 10 ribu kuota itu. “Info tentang penambahan kuota benar adanya. Saat ini, tambahan kuota tersebut juga sudah masuk dalam sistem e-Hajj Saudi,” kata Menag Lukman dilansir dari laman resmi Kemenag, kemenag.go.id, Selasa (16/4/2019).

“Sebagai tindak lanjut, kami akan segera melakukan pembahasan dengan DPR,” imbuhnya.

Menurut Lukman, pembahasan dengan DPR dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) perlu segera dilakukan karena penambahan kuota berimplikasi pada sejumlah hal yang kompleks. Pertama, terkait biaya penyelenggaraan.

Kemenag bersama DPR telah menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1440H/2019M dengan skema kuota 221 ribu, terdiri dari 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Rata-rata BPIH untuk jemaah haji reguler tahun ini, Rp 35.235.602 atau setara US$ 2.481.

“Bersama DPR, kami sudah menyepakati biaya haji 2019 menggunakan dana optimalisasi sebesar Rp 7,039 triliun untuk 204.000 jemaah. Itu artinya untuk 10.000 jemaah baru sebagai tambahan kuota diperlukan tambahan biaya tak kurang dari Rp 346 miliar. Penambahan kuota itu juga berdampak pada penambahan sekitar 25 kloter baru dan penambahan sekitar 125 petugas kloter. Maka perlu dibahas kembali hal-hal yang terkait dengan sumber biayanya,” ujar Lukman.

Dampak kedua, terkait pengadaan layanan haji, baik di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, penambahan kuota akan mempengaruhi proses penyiapan dokumen dan manasik jemaah haji. Apalagi proses penerbitan visa saat ini mempersyaratkan rekam biometrik yang sedang berjalan dan di sejumlah daerah sudah hampir selesai.

“Kami harus mendistribusikan kembali tambahan kuota ini ke tingkat provinsi. Kami juga harus menambah petugas kloter. Jumlah 10 ribu setidaknya akan terdistribusi dalam kurang lebih 25 penerbangan. Setiap penerbangan harus ada lima petugas kloter,” ungkap Lukman.

Pemerintah-DPR Segera Tindak Lanjuti Penambahan 10.000 Kuota Haji

Jakarta – Kerajaan Arab Saudi memberikan penambahan kuota untuk jemaah haji di Indonesia sebesar 10.000 jemaah setelah pertemuan Raja Salman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Riyadh. Pemerintah Indonesia segera menindaklanjuti keputusan ini dengan DPR.

“Info tentang penambahan kuota benar adanya. Saat ini, tambahan kuota tersebut juga sudah masuk dalam sistem e-Hajj Saudi,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

“Sebagai tindak lanjut, kami akan segera melakukan pembahasan dengan DPR,” kata Lukman.


Menurut Lukman, pembahasan ini diperlukan karena penambahan kuota jemaah haji berdampak pada sejumlah hal. Pertama, terkait biaya penyelenggaraan. Kemenag bersama DPR telah menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1440H/2019M dengan skema kuota 221 ribu, terdiri dari 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Rata-rata BPIH untuk jemaah haji reguler tahun ini, Rp 35.235.602,- atau setara US$ 2,481.

Dampak kedua, terkait pengadaan layanan haji, baik di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, penambahan kuota akan mempengaruhi proses penyiapan dokumen dan manasik jemaah haji. Apalagi, proses penerbitan visa saat ini mempersyaratkan rekam biometrik yang saat sedang berjalan dan di sejumlah daerah sudah hampir selesai.

“Kami harus mendistribusikan kembali tambahan kuota ini ke tingkat provinsi. Kami juga harus menambah petugas kloter. Jumlah 10ribu setidaknya akan terdistribusi dalam kurang lebih 25 penerbangan. Setiap penerbangan harus ada lima petugas kloter,” kata Lukman.

Di luar negeri, hampir seluruh pengadaan layanan akan terdampak. Proses pengadaan yang semestinya sudah hampir final, berarti harus ditambah, dan itu bukan hal mudah. Terkait akomodasi di Madinah misalnya, saat ini hampir seluruh hotel di kawasan Markaziah (jarak terdekat Masjid Nabawi), sudah penuh.

Untuk akomodasi di Makkah, penambahan kuota akan berdampak pada sistem zonasi. Sistem ini baru diterapkan tahun ini. Jemaah haji Indonesia akan ditempatkan pada tujuh wilayah, berdasarkan kelompok embarkasi sebagai berikut:

1. Syisyah: Embarkasi Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), dan Makassar (UPG)
2. Raudhah: Embarkasi Palembang (PLM) dan Jakarta – Pondok Gede (JKG)
3. Misfalah: Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS)
4. Jarwal: Embarkasi Solo (SOC)
5. Mahbas Jin: Embarkasi Surabaya (SUB)
6. Rei Bakhsy: Embarkasi Banjarmasin dan Balikpapan
7. Aziziah: Embarkasi Lombok (LOP)

Untuk diketahui, penambahan kuota haji disampaikan setelah pertemuan Raja Salman dengan Jokowi di stana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) pada Minggu (14/4) sore. Dalam pertemuan bilateral itu, Jokowi dan Raja Salman juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, lewat keterangan yang diterima.
(dkp/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Usai Diserang KKB, Bamsoet Minta Penambahan Personel Keamanan di Nduga

Sebelumnya, pada Kamis 7 Maret 2019 lalu terjadi kontak senjata antara anggota TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya di Mugi, Kabupaten Nduga, Papua.

Dalam kontak senjata itu tiga orang prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala gugur yaitu Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji.

Penyerangan terhadap pasukan TNI tersebut terjadi saat mereka sedang melaksanakan pengamanan dan pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu sekitar pukul 08.00 WIT.

Pasukan TNI yang berjumlah 25 orang tiba-tiba mendapatkan serangan mendadak oleh sekitar 50-70 orang KKB bersenjata campuran, baik senjata standar militer maupun senjata tradisional seperti panah dan tombak.

Sedangkan dari pihak KKB, prajurit TNI berhasil merampas lima pucuk senjata milik KKB (jenis masih dalam penyelidikan), ditemukan satu orang mayat (identitas dalam penyelidikan), dan diperkirakan setidaknya 7-10 orang anggota KKB juga tewas namun mayatnya berhasil dibawa kabur oleh teman-temannya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kedua korban ditembak oleh KKB ketika sedang melakukan pengamanan di Bandara Mapenduma untuk mengamankan pesawat rombongan Bupati Nduga yang akan mendarat.

Kembar Siam, Nissan Livina Bisa Servis di Bengkel Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Nissan Livina 2019 yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander merupakan bukti dari aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru, apakah Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander bisa bertukar tempat servis.


Pasalnya, hal itu yang selama ini terjadi pada Avanza dan Xenia. Tempat servis mereka bisa bersama mengingat keduanya berada di bawah payung Astra.

Lantas bagaimana dengan Livina dan Xpander? Kehadiran Livina sendiri sampai saat ini sejatinya masih berada di dua sisi, antara menjadi pilihan sejajar dan pesaing Xpander.

Direktur Sales and Marketing Division MMKSI Iwan Kuncoro memberikan jawaban.

“Secara umum kami mengucapkan selamat atas diluncurkannya Livina. Kami melihat positif. Dengan masuknya produk baru di pasar small MPV ini, pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat Mitsubishi. Memang ini Nissan-Mitsubishi aliansi ya. Namun kami tidak bisa mengomentari merek lain,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa secara umum pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat mereka karena konsumen kemudian memiliki banyak pilihan. Walau demikian, isu satu rumah termasuk pemasaran dan jaringan sampai saat ini dibantah.

“Kami memang aliansi. Tetapi jika bicara marketing, kami sendiri-sendiri. Jadi kami punya network, mereka punya network. Kami manage sendiri, mereka manage sendiri,” kata dia.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.






Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.


Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Langkah Cermat Mengelola Sampah Plastik Fleksibel

Liputan6.com, Jakarta – Sampah yang terus menggunung setiap harinya tak dapat dipungkiri menimbulkan beragam dampak seperti mengancam kehidupan makhluk hidup dan lingkungan. Melihat fenomena ini, pengelolaan sampah pun jadi satu cara cermat yang sudah sepatutnya dilaksanakan.

Berbicara mengelola sampah, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap 21 Februari serta program Unilever Sustainable Living Plan (USLP), Unilever hadir dengan wujud nyata dari komitmen mereka.

Adalah dengan meluncurkan penambahan delapan titik kumpul flexible plastics (FP) atau kemasan multilayer seperti kemasan sachet. Tujuan dari program di atas adalah bagaimana agar kemasan dapat digunakan ulang, daur ulang, atau kompos.

Ada pun ke delapan titik kumpul (dropping points) sampah berjenis FP atau kemasan multilayer di 8 kota di Indonesia meliputi Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Sidoarjo, Balikpapan, Medan, dan Makassar.

Selama ini sampah FP dianggap bermasalah karena tak ada solusi pengolahannya hingga menjadi residu dan berakhir di TPA. Pendekatan ekonomi sirkuler dilakukan oleh Unilever untuk memanfaatkan materi tersebut sebagai bahan baku yang mempunyai nilai dan digunakan kembali.

“Ini upaya kami untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang pesat tetapi bersama-sama mengurangi dampak terhadap lingkungan,” ungkap Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business dan Yayasan Unilever Indonesia di Bank Sampah Induk Gesit, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Titik Kumpul Sampah Flexible Plastic

Sinta menambahkan aksi nyata itu tampak dari terbentuknya Bank Sampah sekitar 2.800 yang tersebar di 19 kota di Indonesia, termasuk Bank Sampah Induk Gesit. Bank sampah ini dipilih karena jadi pusat pengelolaan sampah di Jakarta Selatan.

“Bank sampah menyediakan fasilitas pengumpulan bagi vendor sampah terkumpul dan bisa didaur ulang. Komitmen lanjutan Bank Sampah Induk Gesit bisa menjadi sarana mengumpulkan titik kumpul dari kemasan plastik fleksibel seperti produk sachet atau pouch isi ulang,” tambahnya.

Terkait soal pengelolaan sampah, Sinta menekankan dapat dimulai dari langkah kecil. Lalu, langkah selanjutnya adalah dengan memilah sampah dan memberikannya pada Bank Sampah.

“Mulai dengan langkah kecil, bagaimana setiap rumah tangga dilingkup RT dan RW memilah sampahnya dan dapat diberikan ke Bank Sampah Induk Gesit. Apa yang kita lakukan bisa ditingkatkan meski partisipasi masih belum sesuai yang diinginkan,” ungkap Sinta.

Memanfaatkan kembali sampah dapat diolah untuk menjadi kemasan baru. Perusahaan ini juga telah menunjukkan keseriusannya dalam pengelolaan sampah dengan membangun pabrik di Jawa Timur.

“Membangun pabrik di Sidoarjo, Jawa Timur khusus untuk mengolah kemasan plastik menjadi pallet plastik lagi yang dapat digunakan kembali Unilever dan industri lain,” jelas Sinta.

Menteri Rini Kumpulkan 154 BUMN, untuk Apa?

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar rapat koordinasi (rakor) BUMN di Jakarta Convention Centre (JCC). Rapat koordinasi ini dihadiri 154 BUMN.

Menteri BUMN Rini Soemarno menuturkan, tujuan rakor BUMN untuk mengevaluasi performa BUMN selama 4 tahun. Seluruh BUMN juga membahas sinergi yang perlu dilakukan ke depan.

“Kompetisi lebih berat, sinergi harus lebih ditingkatkan. Holding juga harus jalan, supaya efisiensi keuangan dan operasional bisa berjalan baik,” ujar dia di JCC, Kamis (28/2/2019).

Dia menjelaskan, para BUMN harus dapat mendukung pembangunan dalam negeri melalui infrastruktur. Itu salah satunya seperti perwujudan holding BUMN yang kini dibentuk Kementerian BUMN.

“Saya juga menekankan, kenapa sih, kita melakukan ini? BUMN harus bisa mendorong pembangunan infrastruktur di jalan dan bandara atau pelabuhan dan telekomunikasi dan listrik yang sampai 99 persen, karena kita menyiapkan yang lebih baik. Ini bisa tercapai kalau semua infrastruktur tersiapkan. Tidak akan jalan kalau listrik enggak siap, jalan enggak siap,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembentukan holding BUMN di berbagai sektor harus lebih efektif dari sisi operasional maupun keuangan.

“Ada perbaikan stasiun kereta api, pertambahan bandara, penambahan landing strip sehingga seperti bandara 2015 150 juta penumpang sekarang 232 juta. Jadi kenaikannya besar, pelabuhanya juga bagus. Dulu dwelling time 8 hari, sekarang 3 hari. Masih harus diperbaiki, tapi saya tekankan untuk terus kerja dan lebih baik lagi,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Menteri Rini: Gaji Karyawan BUMN Telat, Saya Ganti Direksinya

Menteri BUMN Rini Soemarno mengumpulkan seluruh Direksi dan Komisaris BUMN di Jakarta Convention Centre (JCC) dalam agenda Rapat Koordinasi BUMN 2019 pada Kamis (28/2/2019).

Dalam acara ini, ada beberapa pesan yang disampaikan Rini kepada para pimpinan BUMN. Satu hal yang Rini tegaskan soal kesejahteraan karyawan BUMN.

“Saya hanya tekankan sebagai pemimpin bukan hanya untuk bagaimana mencetak keuntungan tapi juga harus punya empati. Tidak hanya masyarakat luar tapi paling utama karyawan di dalam,” tegas Rini di JCC, Kamis pekan ini.

Bahkan Rini mengancam kepada para direksi BUMN untuk jangan pernah ada karyawan BUMN yang gajinya terlambat.

“Saya tidak mau dengar ada laporan pegawai BUMN yang gajinya bayarnya mundur. Awas, kalau sampai ada itu, Direksinya langsung saya ganti,” tegas Rini.

Dalam rakor ini, Rini juga mengungkapkan beberapa prestasi yang dicapai oleh BUMN. Salah satunya prestasi PT Pertamina (Persero) yang berhasil menjalankan program BBM Satu Harga.

Program ini dinilai sukses mengingat sejumlah penduduk di daerah terpencil kini bisa mendapatkan harga BBM yang sama dengan harga BBM di Pulau Jawa.

“Ini adalah komitmen BUMN bahwa tidak semata-mata hanya mencari keuntungan, tapi kita juga punya tanggung jawab dalam mensejahterakan masyarakat juga,” Rini mengatakan.

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

Liputan6.com, Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.

Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Update Harga All New Suzuki Ertiga

Liputan6.com, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengumumkan harga All New Suzuki Ertiga. Untuk All New Ertiga GX AT dipatok Rp 240 juta, All New Ertiga GX MT Rp 229,5 juta, All New Ertiga GL AT Rp 226 juta, dan All New Ertiga GL MT Rp 215,5 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jabodetabek.

Sebelumnya pada 15 Februari 2019 lalu Suzuki mengumumkan penyegaran untuk model Suzuki All New Ertiga yang membuat tampilannya lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.

Adapun penambahan fitur ini akan dimulai untuk All New Ertiga produksi bulan Februari 2019, terutama untuk varian GL dan GX.

Seluruh pengembangan ini dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari konsumen Suzuki. Tampilan eksterior All New Ertiga semakin progresif dengan hadirnya Fog Lamp (GL & GX) yang meningkatkan faktor keamanan.

Selain itu, kesan sporty juga semakin kuat dengan ditambahkannya desain New Alloy Wheels 2 Tone Black Polished (GX).

All New Ertiga kini juga dilengkapi dengan Rear Defogger (GX) yang berfungsi untuk menghilangkan efek embun dan menjaga pandangan pengendara ke belakang tetap jelas walau kondisi berkabut atau hujan.

Perubahan lain adalah adanya kamera belakang saat parkir, dan Wiring Harness (GX) sehingga memudahkan pemasangan rear camera.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada sektor interior, All New Ertiga dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio (GX). Fitur ini memberikan kemudahan pengoperasian media hiburan serta meningkatkan kemewahan dan kepraktisan All New Ertiga.

Sisi kenyamanan penumpang apafa All New Ertiga tipe GX dibekali fitur AC Auto Climate with Heater yang memberikan kemudahan mengatur suhu udara sesuai keinginan.

All New Ertiga juga punya Assist Grip Foldable pada plafon baris pertama dan kedua. Fitur ini juga memberikan fleksibilitas untuk menggantungkan barang-barang sesuai kebutuhan.

Untuk baris ketiga, Fixed Assist Grip juga hadir untuk memberi kenyamanan bagi penumpang khususnya pada varian GL dan GX.

Sumber: Otosia.com

Harga HP Android Murah Berkualitas di 2019, Dilengkapi Fitur Premium

Liputan6.com, Jakarta Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Android saat ini adalah sistem operasi paling banyak digunakan di smartphone. Kurang lebih, ponsel Android sudah berkembang selama 10 tahun lamanya sejak pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008 lalu.

Saat ini, banyak sekali pilihan smartphone yang menggunakan sistem Android dengan harga murah, namun memilki kualitas yang mumpuni. Bagi kamu sedang mencari HP Android murah dan berkualitas, yuk baca dahulu artikel ini. Berikut Liputan6.com rangkum harga HP Android murah berkualitas dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Nokia 3.2

Nokia 3.2 merupakan penerus dari Nokia 3.1 dan Nokia 3.1 Plus. Bedanya, Nokia 3.2 memiliki layar dan kapasitas baterai besar, serta chipset terbaru. Nokia 3.2 memiliki layar TFT 6,26 inci dengan resolusi 720×1.520 piksel dan sebuah notch kecil untuk kamera selfie.

Nokia 3.2 dibekali prosesor Snapdragon 429 dan opsi RAM 2 GB atau 3 GB, serta memori internal 16 GB dan 32 GB yang bisa diperluas. Khusus varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, memiliki fingerprint scanner di belakang.

Kamera utama Nokia 3.2 memiliki resolusi 13 MP dengan autofokus dan LED flash. Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP, bukan hanya untuk selfie tetapi juga untuk Face Unlock. Perangkat ini memiliki baterai 4.000 mAh. Nokia 3.2 menjalankan OS Android Pie dengan Android One.

Perangkat ini dijual dalam balutan warna black dan steel. Harga HP Android murah berkualitas varian RAM 2 GB dibanderol Rp 1,9 jutaan dan model RAM 3 GB dibanderol Rp 2,3 jutaan.

3 dari 6 halaman

2. Xiaomi Redmi 5A

Smartphone Xiaomi Redmi 5A bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mendapatkan handphone dengan kualitas dan murah. Xiaomi Redmi 5A memiliki kapasitas baterai 3000 mAh dan layar 5 inchi.

Dengan dukungan layar 5 inchi, kamu sudah cukup puas untuk menonton video di YouTube kesukaanmu. Dan tidak perlu khawatir dengan baterai, karena kapasitas baterai yang cukup mumpuni.

Tidak hanya itu, Xiaomi Redmi 5A sudah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan memiliki prosesor Quad Core. Kapasitas penyimpanan dari handphone ini juga tidak kalah menariknya, kamu bisa memilih 32 GB atau 16 GB dengan RAM 2 GB. Harga HP Android murah berkualitas dibanderol di antara Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta.

4 dari 6 halaman

3. Vivo Y81

Vivo Y81 mengusung layar Super FullView dengan menghadirkan layar 15,5% lebih luas. Layar yang disuguhkan Vivo Y81 seluas 6,22 inci beresolusi 1520×720 (HD+) dengan bezel yang tipis. Smartphone ini dibuat dengan material polikarbonat yang memiliki berat 146,5 gram.

Vivo Y81 dibekali 13 MP kamera utama dan 5 MP kamera depan. Kedua kameranya sama-sama memiliki bukaan F/2.2. Vivo Y81 dibekali dengan CPU Octa-Core dari Mediatek MT6762 Helio P22 speed clock 2Ghz. Selain itu juga RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Smartphone ini mengadopsi Funtouch OS 4.0 besutan perusahaan berbasis Android 8.1 Oreo. Harga HP Android murah berkualitas ini berkisar di antara Rp 1,8 juta.

5 dari 6 halaman

4. Nokia 1 Plus

Nokia 1 Plus merupakan smartphone pembaruan dari Nokia 1 yang dirilis tahun lalu. Perangkat ini menjalankan Android Go, di mana Nokia 1 Plus punya layar 5,45 inci dan baterai 2.500 mAh yang bisa dilepas dari bodi smartphone. Nokia 1 Plus dibekali prosesor MT6739. Perangkat ini memiliki RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Sementara untuk kategori kamera, smartphone ini mengusung sensor berkemampuan 8 MP dengan kamera selfie 5 MP dengan modus Beauty. Nokia 1 Plus hadir dalam balutan warna black, red, dan blue.

Harga HP Android murah berkualitas ini berkisar Rp 1,2 jutaan. Terdapat pula Nokia 1 Plus edisi memori internal 16 GB yang dijual seharga Rp 1,3 jutaan, khusus untuk wilayah Amerika Latin.

6 dari 6 halaman

5. Oppo A71

Oppo A71 hadir dengan RAM 3 GB dan membawa prosesor Snapdragon 450 delapan inti dengan kecepatan 1.8Ghz. Dengan dapur pacu seperti itu, tentu mampu menyajikan kecepatan pengoperasian aplikasi dan multitasking yang lebih ciamik.

Perangkat A71 kini hadir dilengkapi dengan teknologi yang sama yang terdapat pada perangkat OPPO F5, yakni A.I Beauty Recognition Technology. Selain itu, OPPO memberikan peningkatan pada versi terbaru A71 (3GB) dengan hadirnya prosesor baru dan juga penambahan kapasitas RAM.

Prosesor dengan fabrikasi 14 nm ini akan memberikan daya tahan baterai yang lebih baik. Dilengkapi baterai 3000 mAh dapat membuat perangkat A71 (3GB) memiliki daya tahan seharian jika digunakan dalam keadaan normal. Harga HP Android murah berkualitas Oppo A71 berkisar di antara Rp 1,6 juta hingga Rp 2 juta.

BPN: Program PKH Sudah Dicanangkan Sejak Era SBY

Liputan6.com, Jakarta Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi bidang Pemberdayaan Perempuan, Desy Ratnasari menyesalkan Program Keluarga Harapan (PKH) hanya diklaim sebagai prestasi presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, Jokowi tidak jujur lantaran mengklaim prestasi tersebut.

Desy pun bercerita tentang pengalaman kunjungan kerjanya di salah satu daerah. Dalam kunjungannya, warga diminta mengucapkan testimoni terima kasih kepada Jokowi dalam bentuk video atas progam PKH. Padahal program itu sudah dicanangkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Program PKH adalah program yang sudah dicanangkan di tahun 2007, di zaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jadi claiming itu, menurut saya adalah ketidakjujuran,” kata Desy dalam diskusi di Media Center Prabowo-Sandi, Jl Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/2).

Politikus PAN itu tidak mempermasalahkan bila video tersebut guna mempromosikan Jokowi untuk kepentingan Pilpres. Tetapi, Desy menyesalkan bahwa mestinya poin testimoni warga juga menyebutkan prestasi Komisi VIII DPR yang menyetujui program PKH.

“Karena 10 fraksi, termasuk kami, PKS, PAN, Gerindra, menyetujui di dalamnya walaupun kami nggak mendukung Joko Widodo saat ini, itu baru jujur,” ucap Desy.

“Jadi kalau nggak ada kami yang menyetujui anggaran dinaikkan 10 juta tambahan program PKH, itu nggak akan berjalan, nah itu kejujuran melalui kampanye claiming program ini, program Pak Jokowi dan harus buat testimoni,” sambungnya.

Atas dasar tersebut, Desy menilai Jokowi bersikap tidak jujur. Aktris senior meminta kampanye dilakukan dengan cara sehat dan mencerdaskan masyarakat.

“Dan menurut saya selain memunculkan ketidakjujuran, juga munculkan pemikiran pendapat saya bahwa kenapa kita harus berikan sebuah pernyataan yang menghina nalar cerdas dari masyarakat Indonesia, kan tujuan Indonesia dibentuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kalau gitu kita ajak masyarakat kita pintar, bukan hanya bagi-bagi saja,” imbuh Desy.


Reporter: Muhammad Genantan Saputra

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: