Tahun Politik Tak Hambat Bisnis Properti

Liputan6.com, Jakarta – Mengamati data Rumah.com Property Index dan data nasional, pasar properti nasional di tahun 2019 dipastikan akan lebih positif, melanjutkan tren yang telah terbentuk di sepanjang 2018.

Meski kepuasan terhadap upaya Pemerintah dalam menjaga harga hunian tetap terjangkau sedikit menurun, namun mayoritas merasa optimistis dengan iklim properti Indonesia saat ini. Kendati begitu, berbelitnya proses pengurusan KPR bisa menjadi penahan laju pasar properti nasional.

Kebijakan Pemerintah yang melonggarkan Loan To Value (LTV) atau uang muka membuka kesempatan bagi para pencari properti untuk membeli rumah dengan uang muka yang serendah-rendahnya.

Secara umum, pasar properti Indonesia di tahun ini tidak akan begitu terpengaruh dengan keadaan politik.

Pasar properti akan terus merangkak naik dan menuju pemulihan, sehingga ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli properti. Baik untuk dihuni atau dipakai sendiri maupun sebagai sarana investasi.

Simak juga: Mau tahu kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!

Senada, menurut pengembang PT Bakrie Swasakti Utama sebagai anak usaha Bakrieland Development Tbk (ELTY), situasi politik yang akan terus ramai hingga semester satu 2019 diyakini tak akan berdampak signifikan terhadap aktivitas penjualan.

“Sebab kami punya target pasar yang spesifik, sehingga kami tetap optimistis penjualan tiga proyek yang ada di kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan, yakni The Masterpiece, The Empyreal serta Ocea Condotel, akan memenuhi target di tahun 2019,” kata Hermon Simanjuntak, Sales & Marketing Division Head PT Bakrie Swasakti Utama.

Ia melanjutkan, “Buktinya di Januari, empat unit apartemen telah terjual. Berbanding bulan yang sama tahun lalu, dimana hanya terjual 2 unit itu sudah bagus.”

The Masterpiece dan The Empyreal yang berada di megasuperblok terpadu Rasuna Epicentrum dibanderol dengan harga jual mulai Rp 3 miliaran. Terkini, unit di kedua apartemen hanya tersisa sekitar 5% dari total keseluruhan 463 unit.

Sementara Ocea Condotel ditawarkan mulai dari Rp 1 miliaran – Rp 2 miliaran. Kondotel ini mengusung konsep arsitektur modern, yang dibangun di atas lahan seluas 12.582 meter persegi dengan ketinggian 32 lantai dan berjumlah 324 unit.

“Ocea Condotel sangat ideal untuk ajang investasi, bisa digunakan investor sebagai penginapan pribadi namun dalam batas waktu tertentu. Pemiliknya bisa stay sampai 25 kali dalam satu tahun, mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujar Hermon.

2 dari 2 halaman

Peluang Itu Tetap Ada

Kilas balik di tahun lalu, Colliers International Indonesia menemukan fakta bahwa masyarakat Jakarta lebih memilih menabung daripada membelanjakan uangnya ke dalam bentuk properti.

Alasan turunnya minat dipicu oleh pertumbuhan harga tahunan apartemen, yang tercatat lebih rendah (2,5%) dari tingkat inflasi 2018 sebesar 3,13%.

Sedangkan di tahun ini, diperkirakan permintaan apartemen bakal cenderung stagnan. Hal tersebut disebabkan konsumen lebih menunggu sampai pemerintahan baru terbentuk.

Di samping itu, adanya potensi kenaikan suku bunga dan kemungkinan pelemahan rupiah akibat ketidakpastian global turut menjadi penyebab.

(Cek Rumah.com/Panduan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan terkait KPR dan membeli rumah sampai mengurus sertifikat rumah)

Kendati demikian, pangsa hunian vertikal tetap memiliki peluang dari efek lanjutan relaksasi Loan To Value (LTV) serta penurunan pajak properti (PPnBM dan Pajak Barang Sangat Mewah).

Untuk itu, terkait rencana penjualan ketiga produk, PT Bakrie Swasakti Utama berupaya menarik minat konsumen dengan mengimplementasikan strategi yang sudah terbukti berhasil pada tahun lalu.

“Tahun lalu properti disebut lesu, tapi penjualan kami masih tetap ada. Lalu sales di awal tahun ini sendiri sudah cukup memuaskan, meski belum mencapai 100% dari target yang ditentukan tiap bulannya. Dan kami tetap yakin, di akhir tahun semua produk yang tersisa akan sold out,” Hermon menjelaskan.

Beberapa metode penjualan yang bakal dilakukan diantaranya menyiasati uang muka (Down Payment) agar bisa lebih rendah dari harga normal. Ada juga komponen lain seperti gratis biaya-biaya terkait urusan perbankan.

“Namun teknik ini situasional, mana yang lebih disukai calon customer itu yang akan kami gencarkan. Sebab penetrasi kami lakukan lewat dua cara, baik konvensional dan digital,” tukasnya.

Dapatkan ulasan lebih mendalam tentang Rumah.com Property Outlook 2019 di sini (https://www.rumah.com/insights/rumah-com-property-market-outlook-2019-326)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lawan Atletico, Allegri Ingin Juventus Cetak Gol Tandang

Liputan6.com, Turin – Juventus akan menantang tuan rumah Atletico Madrid dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Pelatih Bianconeri, Massimiliano Allegri menginginkan anak buahnya mencuri gol tandang dalam pertandingan tersebut.

Juventus baru saja meraih kemenangan di pentas Serie A. Mereka berhasil mengalahkan Frosinone dengan skor 3-0 pada Sabtu (16/2) dini hari WIB.

Gol kemenangan Juventus dipersembahkan oleh Paulo Dybala, Leonardo Bonucci dan Cristiano Ronaldo. Hasil itu membuat Bianconeri unggul 14 angka di puncak klasemen Serie A.

Kemenangan itu tentu saja akan menjadi modal berhaga Juventus sebelum menantang Atletico. Apalagi pertandingan tersebut akan digelar di markas lawan, Wanda Metropolitano.

Allegri sangat menginginkan Juventus meraih hasil positif di ibukota Spanyol. Namun, dia juga waspada terhadap Atletico, yang sudah mencapai setidaknya perempat final Liga Champions dalam empat dari lima musim terakhir.

“Tim dalam kondisi bagus. Ini adalah tantangan dua leg melawan tim yang sangat mengandalkan fisik,” kata Allegri seperti dilansir Fox Sports Asia.

“Atletico memainkan sepakbola yang sangat agresif saat bermain di kandang. Ini adalah tim yang meraih hasil luar biasa di tahun-tahun sebelumnya di Eropa.”

2 dari 2 halaman

Cetak Gol Tandang

Allegri juga mengatakan bahwa pertandingan melawan Atletico akan berjalan terbuka. Namun, dia menginginkan timnya bisa mencetak gol di markas lawan untuk memperbesar peluang mereka lolos ke babak selanjutnya.

“Ini pertandingan terbuka, kami memiliki banyak kesempatan untuk lolos seperti mereka,” lanjutnya.

“Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mencetak gol di Madrid. Mencetak gol di Madrid akan menentukan untuk kelolosan kami.”

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Jokowi akan Beri Insentif Pajak untuk Bukalapak Cs, Ini Syaratnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu dengan pendiri sekaligus bos Bukalapak Achmad Zaky. Dalam pertemuan di Istana Presiden, keduanya membicarakan terkait dana pengembangan dan riset di Indonesia hingga inovasi yang harus dilakukan.

Jokowi juga membuka peluang insentif pajak untuk Bukalapak jika serius dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM).

“Masih dalam proses pembicaraan untuk memberikan super deductible tax, baik dalam rangka pengembangan SDM dan juga inovasi,” ujar Jokowi, Sabtu (16/2/2019).


Super deductible tax adalah insentif yang diberikan kepada perusahaan yang terlibat atau investasi di sektor pendidikan vokasi, serta penelitian dan pengembangan (Litbang/R&D). Jadi perusahaan yang ingin mendapatkan insentif ini harus aktif dalam kegiatan pengembangan dan pendidikan SDM.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menerbitkan peraturan tersebut. Aturan ini diterbitkan pada Mei 2018 yang lalu.

Jokowi juga meminta masyarakat Indonesia mendukung perusahaan rintisan yang kini sudah menjadi unicorn seperti Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan BukaLapak.

“Ini untuk memajukan ekonomi kita semuanya dan mendorong start up,” imbuh dia.

(kil/ara)

Elipitua Siregar Siap Tempur di One: Clash of Legends

Liputan6.com, Jakarta – Atlet mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, Elipitua Siregar saat ini sedang berada di Bangkok, Thailand, dalam persiapan akhir menuju gelaran ONE: CLASH OF LEGENDS.

Selain Elipitua Siregar, gelaran bersejarah ini akan menjadi saksi perebutan perdana gelar juara ONE Bantamweight Muay Thai World Title antara Nong-O Gaiyanghadao dan Han Zi Hao.

Pertandingan utama ini merupakan bagian dari pertandingan fenomenal antara petarung-petarung kelas dunia di ONE: CLASH OF LEGENDS. Sebagian besar pertandingan yang akan diadakan di Impact Arena menampilkan petarung ONE Super Series terbanyak dalam sejarah ONE Championship.

Sebagai satu-satunya petarung ONE Championship asal tanah air dalam ajang tersebut, Elipitua Siregar akan menghadapi Liu Peng Shuai asal Cina, di dalam pertandingan divisi strawweight.

Pria yang akrab disapa ‘Pitu’ ini tergabung di bawah Bali MMA dan telah mencatatkan tiga rekor kemenangan beruntun sepanjang tahun 2018, yang menjadi motivasi utamanya untuk membela merah putih di negeri Gajah Putih.

Kemenangan pertama langsung diraih Pitu dalam pertandingan debut pada bulan Mei tahun lalu melawan atlet Indonesia, Dodi Mardian, di gelaran ONE: GRIT AND GLORY. Atlet asal Sumatera Utara ini melanjutkan dengan kemenangan atas Phat Soda pada September lalu, dalam ajang ONE: BEYOND THE HORIZON di Shanghai, Cina.

Menutup tahun 2018, ia kembali mencatatkan kemenangan atas Muhammad Imran dalam ONE: WARRIOR’S DREAM pada bulan November di Jakarta.

Sejak berada di Bangkok hari Selasa, Pitu terus melakukan persiapan final demi menyajikan penampilan terbaik dan mempertahankan catatan rekor kemenangan di awal tahun ini. Bersama tim pelatihnya, juara gulat nasional ini juga intens melakukan observasi dan analisis atas calon lawannya, Liu Peng Shuai.

“Lawan saya bagus dalam striking, jadi defense dan blok saya harus rapat dan saya harus menjaga jarak,” ujar Elipitua.

Selain melakukan persiapan final secara teknis, Elipitua pun beradaptasi dengan suasana Thailand dengan mendatangi beberapa lokasi pariwisata, guna relaksasi dan jelang laga. Menurut Pitu,

“Rekreasi itu penting agar kita tidak terbebani oleh pikiran menang dan kalah saja. Perlu ada santainya. Saya ingin merasakan bedanya suasana pantai di Bali dan Thailand”.

Petarung Indonesia ini juga berencana mencicipi wisata kuliner khas Thailand, setelah pertandingan usai. “Kalau sebelum bertanding, makanan bisa mempengaruhi berat badan. Jadi, mungkin nanti setelah hari Sabtu,” pungkasnya.

Pitu menyadari betul bahwa mental yang kuat dan kondisi fisik yang prima akan menjadi modal utama kemenangannya di laga ONE: CLASH OF LEGENDS di Bangkok, yang akan semakin membawanya lebih dekat pada peluang merebut gelar juara divisi strawweight; yang saat ini dipegang petarung asal Jepang, Yosuke Saruta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Prediksi Newport County vs Manchester City: Jaga Asa 4 Gelar

Jakarta – Manchester City meladeni Newport County pada putaran lima Piala FA musim ini. Membandingkan kedua tim, The Citizens jelas menjadi favorit pada laga nanti.

Newport County merupakan klub dari League Two atau kasta keempat dari seluruh kompetisi sepak bola di Inggris. Meskipun begitu, mereka tidak bisa dianggap remeh.

Klub asuhan Mike Flynn itu menyingkirkan lawan-lawan yang cukup berat, satu di antaranya adalah klub Liga Inggris, Leicester City. Hal itu menjadi pertimbangan Manchester City untuk menurunkan skuat terbaiknya pada laga nanti.

Pep Guardiola telah mengindikasikan kalau Manchester City mengincar empat gelar pada musim 2018-19. The Citizens sudah memastikan tempat di final Piala Liga dan berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan gelar Liga Inggris.

Karena itu, Guardiola akan mendalkan pemain utama demi menjaga peluang juara The Citizens. Riyad Mahrez, Gabriel Jesus dan Leroy Sane berpeluang tampil sejak awal laga.

Di lini kedua, David Silva masih menjadi andalan Guardiola untuk mengatur ritme permainan The Citizens. Satu pemain muda Manchester City yang berpeluang mendapat kesempatan tampil sejak awal laga adalah Phil Foden.

Manchester City wajib menang agar tidak mengganggu fokus dan mental para pemain. Pada laga berikutnya, Manchester City akan berhadapan dengan Schalke di Liga Champions.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Newport County: Joe Day; Fraser Franks, Mickey Demetriou, Mark O’Brien; Robbie Willmott, Tyreeq Bakinson, Joss Labadie, Scot Bennett, Dan Butler; Padraig Amond, Jamille Matt

Manajer: Mike Flynn

Manchester City: Ederson Moraes; Danilo, John Stones, Nicolas Otamendi, Fabian Delph; Phil Foden, Ilkay Gundogan, David Silva; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Leroy Sane

Manajer: Pep Guardiola

Lima laga terakhir Newport County

  • 30/01/2019 Newport County 0-0 Port Vale (League Two)
  • 02/02/2019 Grimsby 3-0 Newport County (League Two)
  • 06/02/2019 Newport County 2-0 Middlesbrough (FA Cup)
  • 09/02/2019 Newport County 1-0 Mansfield Town (League Two)
  • 13/02/2019 Newport County 0-1 MK Dons (League Two)

Lima laga terakhir Manchester City

  • 26/01/2019 Manchester City 5-0 Burnley (FA Cup)
  • 30/01/2019 Newcastle United 2-1 Manchester City (Premier League)
  • 03/02/2019 Manchester City 3-1 Arsenal (Premier League)
  • 07/02/2019 Eveton 0-2 Manchester City (Premier League)
  • 10/02/2019 Manchester City 6-0 Chelsea (Premier League)

Persentase kemenangan

Newport County 30-70 Manchester City

Fitur Canggih Ini Bikin Maling Mobil Kebingungan, Lihat Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta – Maling mobil selalu mencari cara untuk melakukan tujuannya. Bahkan mobil yang mengadopsi fitur keyless-entry tak luput dari aksi pencurian.

Meskipun demikian, maling bisa dibuat kebingungan oleh Tesla Model 3 yang disebut anti maling. Sebab, Tesla baru saja membekali Model 3 dengan fitur baru yang membuatnya lebih aman saat parkir.

Dilansir Carscoops, fitur itu bisa ditemukan pada menu Safety & Security, pada central touchscreen di dalam kendaraan. Lalu, pemilik bisa mengaktifkan Pin To Drive, yang mana fitur ini harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Selain itu juga ada mode manual entry dari Tesla App, yang membutuhkan keycard. Serta, ada Security Alarm baru yang bisa aktif dan berbunyi saat pintu dibuka menggunakan kunci yang salah.

Tesla juga mengenalkan fitur Sentry Mode. Fitur ini akan memonitor sekitaran tempat parkir. Jika sensor mendeteksi kemungkinan ancaman, kamera pada mobil akan merekamnya dan sistem alarm akan diaktifkan.

Dengan sistem yang sangat ketat ini, diharapkan Tesla Model 3 tak menjadi sasaran maling.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

4 Cara Mudah Mencegah Motor Kemalingan

Meningkatnya minat dan kebutuhan akan sebuah kendaraan, membuat tindak kejahatan berupa pencurian motor sebagai peluang mendapatkan dana dengan mudah.

Faktanya, kasus tindak kejahatan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) hingga saat ini semakin meningkat. Umumnya para oknum dan pelaku curanmor dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan dengan terlebih dulu mengawasi gerak gerik korban.



Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (29/01/19), tindak kejahatan pencurian biasanya terjadi dengan cepat dan tepat. Untuk mencegah kasus tersebut, berikut beberapa tips untuk mencegah motor menjadi sasaran para pelaku curanmor.

Kunci Setang

Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terkadang pemilik lupa dan kurang teliti saat memparkirkan kendaraan. Motor yang diparkir dengan kondisi tidak terkunci setang akan sangat mudah menjadi sasaran eksekusi.

Pasang Pengaman Tambahan

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm

Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Anda bisa memasangnya melalui bengkel resmi.

Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menjadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak?

Liputan6.com, Jakarta – Di era sekarang, pekerjaan tidak melulu mengharuskan Anda pergi ke kantor dan berseragam. Anda bisa menghasilkan uang lewat internet, seperti blogging.

Jika dulu blogging hanya dilihat sebagai hobi di waktu senggang, sekarang blogging dapat dijadikan profesi jika Anda menekuninya dengan serius. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini, dikutip dari Daily Mail (06/02/2019), jika ingin menjadi blogger sukses.

Tidak semua blogger memiliki pengaruh atau influence di khalayak umum. Tipe blogger ini biasanya hanya ngeblog untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, semakin banyak pengikut aktif seorang blogger, maka semakin besar juga peluang blogger tersebut untuk mendapatkan banyak uang.

Seperti yang dilakukan blogger lifestyle terkenal Huda Kattan yang menghargai satu postingan di blognya senilai 10 ribu euro atau sekitar Rp. 158 juta. Tentu saja ada yang mau menggunakan jasanya karena ia memiliki pengikut yang banyak.

Namun, aktivitas blogging bukan hanya sebatas mencari uang. Lebih luas lagi, aktivitas ini dapat membantu menyebarkan beragam sudut pandang dan opini pada generasi sosial media. Oleh karenanya, Anda harus tetap berhati-hati saat menulis postingan di blog Anda.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Peralatan Tempur Anda

Alat tempur para blogger paling utama adalah komputer atau laptop dengan koneksi internet. Selain itu, para blogger juga harus menyiapkan beberapa akun untuk membuat blog, seperti akun email dan akun blog.

Anda dapat memilih beberapa provider blog yang Anda rasa nyaman sebagai media berbagi. Beberapa diantaranya ialah WordPress, WIXsite, Blogger, Tumbler dan lainnya.

Jika ingin terlihat profesional, Anda dapat menyewa domain yang harganya berkisar tiap tahunnya. Anda juga bisa membenamkan fitur lain di blog Anda dengan biaya tambahan juga tentunya.

Setelah lapangan Anda telah siap, saatnya tentunya apa permainan yang akan Anda isi di lapangan itu. Anda harus menemukan permainan yang menarik yang akan ditonton banyak orang. Sama seperti blog, siapkan topik menarik yang akan dibaca orang.

Kebanyakan, blogger berbayar fokus pada topik kecantikan dan hiburan. Meskipun begitu, Anda tetap bebas menentukan topik yang Anda minati. Seorang blogger bernama James Prestridge, awalnya membuat blog bertema review film yang begitu ia minati. Saat ini, pembacanya telah melewati angka lebih dari 20.000 pembaca.

Ada juga yang setiap harinya menulis review film sepanjang 800 kata dan diposting ke blognya. Jika ditekuni dengan baik, topik apapun akan dibaca oleh orang. Namun, kami sarankan untuk memilih tema yang diminati banyak orang untuk meningkatkan peluang terbacanya artikel.

3 dari 3 halaman

Promosikan Blog Anda dengan Tepat

Mempromosikan blog tidak jauh berbeda dengan mempromosikan produk jualan. Anda harus meyakinkan calon pembaca Anda bahwa isi blog Anda adalah hal yang mereka butuhkan.

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Snapchat, Anda bisa mengenalkan blog Anda kepada orang lain, dimulai dari teman dan kerabat Anda.

Jika sudah memiliki beberapa pembaca, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui iklan atau sponsor. Jasmine Johnson, blogger travel asal Brixton menyewa space untuk mengiklankan blognya di Instagram, yang kemudian terhubung dengan blognya langsung.

Saat ini, Jasmine mendapatkan bayaran 100 euro per artikel yang ia tulis di blog. Dengan strategi periklanan yang ia gunakan, bukan tidak mungkin jumlah bayarannya akan bertambah besar. Anda dapat menggunakan strategi ini.

Setelah mendapatkan pengunjung blog, Anda harus tetap memperhatikan kualitas artikel Anda. Cek akurasi konten sebelum Anda posting, pastikan artikel Anda mengandung informasi dan hiburan yang dibutuhkan para pembaca.

2 Ujung Tombak Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengumumkan skuat Piala AFF 2019, Rabu (14/2/2019). Dia hanya membawa dua striker murni. 

Pada awal Januari 2019, Indra Sjafri memanggil 38 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Dalam daftar tersebut, sebanyak delapan nama diantaranya merupakan penyerang.

Namun, seiring perkembangannya, nama-nama tersebut dikerucutkan menjadi dua penyerang.

Ezra Walian tidak mendapatkan izin dari klubnya RKC Waalwijk, adapun Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri), Yoga Pratama (PSIM Yogyakarta), Beni Oktaviansyah (Kalteng Putra), dan Dalmiansyah Matutu (Arema FC) dicoret.

Otomatis slot penyerang murni yang dibawa Indra Sjafri ke Piala AFF 2019 tersisa dua nama yakni Marinus Wanewar (Persipura Jayapura) dan Dimas Djarad (PS Tira Persikabo). Jumlah yang harus dikorbankan Indra Sjafri karena memutuskan untuk membawa lebih banyak pemain tengah.

Marinus dan Dimas diproyeksi menjadi ujung tombak skuat Timnas Indonesia U-22. Asumsinya adalah mereka tidak banyak bergerak dan tinggal melakukan penyelesaian akhir di depan gawang lawan.

Pada tiga laga uji coba jelang Piala AFF 2019, peran keduanya memang tidak terlalu mencolok. Beberapa kali mendapatkan peluang, namun penyelesaian akhirnya belum sempura.

Hanya Marinus yang pada uji coba terakhir mampu mencetak gol ke gawang Madura United sekaligus menghindari Timnas Indonesia U-22 dari kekalahan.

2 dari 3 halaman

Marinus Wanewar

Pemain Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, mengamati instruksi saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (15/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama lengkap: Marinus Maryanto Wanewar

Tempat dan Tanggal Lahir: Sarmi, Papua, 24 Februari 1997

Tinggi badan: 181 cm

Posisi: Penyerang

Klub: Persipura Jayapura

Marinus merupakan produk asli binaan akademi Persipura Jayapura. Pada 2016, Marinus mendapatkan kepercayaan tampil di skuat reguler.

Persaingan yang ketat di lini depan Persipura akhirnya membuat Marinus dipinjamkan ke Bhayangkara FC pada 2018. Bersama The Guardian, pemain berusia 21 tahun itu sukses mencetak tiga gol dalam 18 laga.

3 dari 3 halaman

Dimas Drajad

Pemain Timnas Indonesia U-22, Dimas Drajad, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (15/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap: Muhammad Dimas Drajad

Tempat dan Tanggal Lahir: Gresik, 30 Maret 1997

Tinggi Badan: 178 cm

Posisi: Penyerang

Klub: PS Tira Persikabo

Dimas Drajad memulai kariernya sebagai pesepak bola dengan bergabung di akademi Deportivo Indonesia, Persegres Gresik United, dan PS TNI. Namanya kemudian melejit setelah bergabung dengan PS Tira pada Liga 1 2018.

Pemain berusia 21 tahun itu tampil sebanyak 20 pertandingan dan sukses mencetak empat gol. Dimas Drajad juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 periode 2013-2016 dan tampil sebanyak 20 pertandingan dengan sumbangan 12 gol.


Sumber: Bola.com

Putri Pertamina Segel Satu Tempat di Grand Final Proliga

Liputan6.com, Malang – Tim putri Jakarta Pertamina Energi sudah memastikan satu tempat di grand final Proliga 2019 usai mengalahkan Jakarta BNI 46. Tim asuhan Muhammad Anshori itu menang dengan skor 3-1 (25-16, 25-15, 23-25, 25-10) dalam laga putaran kedua final four di GOR Ken Arok Malang, Jawa Timur, Jumat (15/2/2019) malam WIB.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa bermain enjoy. Cuma tadi di set ketiga agak turun karena anak-anak terlalu yakin. Tapi di set keempat kita naik lagi, kita langsung menekan dari receive, blok, defense, akhirnya kita bisa,” ucap Anshori usai laga.

“Dan tim pertama yang memastikan ke grand final (Proliga) itu JPE. Jadi ini kita mengulang empat tahun berturut-turut kita ke final dan mudah-mudahan nanti mereka bisa bermain lebih lepas lagi.”

Meski sudah memastikan lolos ke grand final, Ansori mengatakan akan tetap menurunkan tim terbaiknya di dua pertandingan sisa. “Kita tetap fight untuk besok. Karena di situ juga ada bonus untuk anak-anak, itu penyemangat. Kita tetap ingin memberikan yang terbaik untuk penonton, insya Allah juga untuk putaran final four, supaya pemain asing juga ikut merasakan kebahagiaannya,” ucapnya.

Kalau masalah bonus, Insya Allah bonusnya 10 kali lipat dari waktu di putaran kedua (Proliga),” tambah Anshori.

2 dari 3 halaman

Tidak Sesuai Harapan

Pelatih Jakarta BNI 46 Risco Herlambang mengaku hasil melawan Pertamina Energi tidak sesuai dengan harapannya. Sebab, ia berharap Tri Retno Mutiara mampu mencuri poin untuk bisa mengamankan diri menuju grand final.

“Tak sesuai harapan. Kalau saya lihat hari ini sangat jelek, terutama di pertahanan, receive, defense, apalagi di blok,” paparnya.

“Saya juga tidak mengerti, tapi ini bukan berarti habis. Besok masih ada peluang. Kalau misal nanti dua pertandingan kita bisa mengambil, kita masuk,” kata Risco.

3 dari 3 halaman

Wajib Menang

Putri Jakarta BNI 46 selanjutnya akan menghadapi Jakarta PGN Popsivo Polwan. Pada putaran pertama final four, BNI 46 kalah dengan skor 1-3.

“Kalau ingin bisa ke final, harus menang. Sekarang kita bukan lagi berbicara masalah teknik, tetapi kita lebih ke mempersiapkan mental anak-anak, motivasi, dan tentu tetap fight,” tuntasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Nadeo Argawinata Masih Mungkin Balik ke Timnas Indonesia U-22

Jakarta – Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata termasuk salah satu pemain yang tidak masuk skuat Timnas Indonesia U-22 untuk Piala AFF U-22 2019. Namun, Nadeo masih punya peluang memperkuat tim di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada 22-26 Maret 2019.

Setelah melewati tiga laga uji coba jelang berangkat ke Piala AFF U-22 2019, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memutuskan 23 nama yang dibawanya ke Kamboja. Indra Sjafri membawa tiga penjaga gawang, yaitu Awan Setho, Satria Tama, dan Muhammad Riyandi.

Nadeo Argawinata dipastikan tercoret dari Tim Garuda Muda di Piala AFF U-22 2019. Namun, penjaga gawang yang memiliki jam terbang cukup tinggi bersama Borneo FC pada Liga 1 2018 itu masih punya kesempatan kembali ke Tim Garuda Muda dalam waktu cepat.

“Seperti yang sudah sering saya katakan. 40 pemain yang sudah didaftarkan kemarin itu bisa saja kembali dipanggil untuk kualifikasi Piala AFC. Ada yang mungkin dipanggil, ada yang mungkin tidak dipanggil,” ujar pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Hal tersebut dibenarkan pelatih kiper Timnas Indonesia U-22, Hendro Kartiko. Menurut legenda Timnas Indonesia itu, Nadeo masih berpeluang kembali bergabung setelah Piala AFF U-22 2019.

“Ya Nadeo masih punya kesempatan. Saya juga berharap di kesempatan nanti setelah Piala AFF, Nadeo bisa dipanggil lagi dan dia datang dengan sudah memperlihatkan peningkatan,” ujar Hendro Kartiko.

Seusai Piala AFF U-22 2019 yang digelar mulai 17 hingga 26 Februari 2019, Timnas Indonesia U-22 akan kembali berkumpul untuk melakukan pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti turnamen kualifikasi tersebut yang digelar di Vietnam pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Sumber Bola.com