Peluang Indonesia Jadi Pemain Utama Kendaraan Listrik

Jakarta – Indonesia tengah menyiapkan regulasi untuk mengatur kendaraan listrik. Kendaraan ramah lingkungan itu memang sudah menjadi kebutuhan lantaran tak mengeluarkan polusi, berbeda dengan kendaraan bermesin bakar yang menyebarkan emisi.

Beberapa pabrikan juga sudah menyiapkan produk kendaraan listrik terbaiknya. Kendaraan listrik yang disiapkan beragam, ada kendaraan hybrid yang menggabungkan mesin bakar dan motor listrik, ada plug-in hybrid yang baterainya bisa dicolok untuk dicas, ada juga kendaraan listrik sepenuhnya yang tidak menggunakan mesin bakar lagi.

Sebelum memasarkan kendaraan listrik, pabrikan otomotif memerlukan banyak hal. Mulai dari insentif lantaran harga kendaraan ramah lingkungan itu terbilang tinggi, infrastruktur pengisian listrik yang harus di sebar ke berbagai titik, hingga aturan lain seperti kebijakan kendaraan listrik mengeluarkan suara (karena kendaraan listrik tidak mengeluarkan bunyi).

Kemarin, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpendapat bahwa Indonesia memiliki peluang menjadi pemain kendaraan bermotor listrik. Sebab, bahan baku pembuatnya telah tersedia.

Berikut ulasan berita mengenai peluang Indonesia dengan kendaraan listrik. (rgr/ddn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *