Duh! Jurnalis Muslim Perempuan AS Ditulis Jadi Aktris Pakistan oleh Vogue

JakartaNoor Tagouri speaks during the Hello Sunshine x Together Live tour at The Michigan TheaterGettyImagesTagouri mengatakan “kesalahan representasi dan identifikasi” adalah masalah konstan bagi para Muslim di AS.

Majalah Vogue meminta maaf karena salah mengidentifikasi jurnalis Muslim Amerika Noor Tagouri sebagai aktris Pakistan dalam edisi Februari mereka.

Perempuan 24 tahun itu mengatakan dia “patah hati dan hancur hati” setelah menemukan nama Noor Bukhari dicetak di sebelah fotonya.

Tagouri mengatakan “kesalahan representasi dan identifikasi” adalah masalah konstan bagi para Muslim di AS.

Dia kemudian mendapatkan dukungan luas di media sosial akibat menyuarakan hal itu.

Di Instagram, jurnalis dan aktivis tersebut membagikan sebuah video yang diambil oleh suaminya saat ia membuka majalah itu untuk pertama kalinya.

Awalnya, ada kesenangan. “Keren sekali! Saya sangat senang.”

Kemudian, ketika dia menyadari ada kesalahan, dia berkata: “Tunggu, tunggu”. Dia nampak tak percaya, menutup majalah dan berkata, “Apakah ini bercanda?”

Beberapa pembaca mungkin mendapati bahasa dalam video di bawah ini ofensif.

https://www.instagram.com/p/BsvNDpxBEbZ/

Di media sosialnya, Tagouri mengatakan bahwa muncul di majalah itu adalah salah satu mimpinya dan bahwa dia “tidak pernah sama sekali” mengharapkan ini dari majalah yang dia “Sangat” hormati.

“Saya telah berulang kali salah diwakili dan diidentifikasi dalam pemberitaan media – sampai pada titik itu membahayakan hidup saya,” tambahnya.

“Dan meski saya berusaha kuat melawan ini, ada saat-saat seperti ini di mana saya merasa kalah.”

Tahun lalu, foto-fotonya digunakan untuk mengilustrasikan cerita tentang Noor Salman, istri pria bersenjata yang bertanggung jawab atas penembakan massal di klub malam Pulse di Orlando, Florida, seperti dilaporkan CNN.

Tagouri pernah berbicara di Tedtalk dan berbagai kampanye dan pada tahun 2016 menjadi Muslim pertama yang muncul di majalah Playboy mengenakan jilbab.

Noor Tagouri attends The Gifts of Faith: Cultivating Resilience in TexasGettyImagesNoor mendapatkan dukungan luas di media sosial akibat menyuarakan hal itu.

Vogue mengatakan majalah itu “dengan tulus minta maaf atas kesalahan tersebut”.

“Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk memotret Tagouri dan menyoroti pekerjaan penting yang dia lakukan, dan salah mengidentifikasinya adalah langkah salah yang menyakitkan,” kata majalah itu.

“Kami juga memahami bahwa ada masalah kesalahan identifikasi yang lebih besar di media – terutama di antara subjek yang bukan kulit putih. Kami akan berusaha untuk lebih bijaksana dan berhati-hati dalam pekerjaan kami ke depan, dan kami meminta maaf atas segala rasa malu yang dirasakan Tagouri dan Bukhari akibat ini.”

Tetapi sebagian di media sosial mengkritik permintaan maaf Vogue, sambil menunjuk pada penggunaan frasa “subjek yang tidak berkulit putih” untuk merujuk pada orang kulit berwarna.

Berbicara kepada CNN, Tagouri berkata: “Saya sangat bersyukur dan rendah hati dengan dukungan dan percakapan yang dimulai akibat ini.”

“Ini bukan tentang saya yang salah diidentifikasi dan diwakili – ini tentang semua orang yang terpinggirkan yang tidak dianggap dan tidak benar-benar terlihat.”


(imk/imk) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani Pembeli

JakartaSupermarket ini hadirkan robot canggih berbentuk unik. Robot itu bertugas sebagai asisten staf yang membantu para pelanggan yang berbelanja.

Penggunaan robot canggih dalam dunia kuliner agaknya sudah biasa. Biasanya robot dijadikan pengganti chef hingga pramusaji.

Tapi di supermarket ini, robot canggih justru digunakan untuk mengawasi para pelanggan yang berbelanja. Sehingga pelanggan yang kesulitan dapat segera mendapat bantuan.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Giant Food Store, jadi salah satu supermarket populer di wilayah Pennsylvania, Maryland, Virginia, dan West Virginia. Supermarket ini jadi satu satunya supermarket yang memiliki robot asisten canggih bernama Marty di AS.

Sebanyak 172 cabangnya akan dilengkapi dengan satu buah Marty. Kehadiran Marty tidak begitu saja menggantikan semua pekerjaan para pekerja di supermarket.

Baca juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Namun Marty bertugas mengawasi dan memberi sinyal adanya hal-hal tak diinginkan yang mengancam pelanggan. Robot canggih itu juga bisa melihat barang yang jatuh dan memberitahu pelanggan secara langsung ataupun lewat pengumuman publik di supermarket. Sehingga karyawan yang bertugas bisa membersihkan barang yang berjatuhan maupun tumpah.

“Marty tidak menggantikan pekerja kami. Sebaliknya, ia memungkinkan anggota tim kami untuk menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dan membantu pelanggan yang ada,” ungkap Ashley Flower selaku juru bicara Giant pada Popular Mechanics (15/1).

Tak sama seperti robot lainnya, Marty punya tampilan yang unik. Pasalnya Marty punya ‘googly eyes’ alias mata palsu yang sering digunakan sebagai mata boneka.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Sebenarnya ini bukan kali pertama Marty hadir di supermarket. Sebab perusahaan yang membawahi Giant, Ahold Delhaize USA yang berbasis di Belanda sudah lebih dulu menggunakan Marty.

Perusahaan itu juga membawahi Martin’s and Stop & Shop. Saat ini, sudah ada sebanyak 500 Marty yang membantu para pekerja Martin’s and Stop & Shop.

Marty sendiri dibuat oleh Brain Corp, perusahaan teknologi yang juga membuat robot janitor untuk Walmart.

Baca juga: Canggih! Ini 7 Robot yang Hadir di Industri Kuliner (dwa/lus)

3 Ruas Tol di Jawa Tengah Mulai Dikenakan Tarif pada 21 Januari 2019

Liputan6.com, Jakarta Tiga ruas jalan tol di wilayah Jawa Tengah, yakni Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura mulai diberlakukan tarif pada 21 Januari 2019.

Selain itu, PT Jasa Marga selaku pengelola tol juga memberikan diskon tarif hingga 15 persen.

“Ketiga ruas tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa, yang secara bersama-sama diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 20 Desember 2018,” ujar‎ AVP Corporate Communications PT Jasa Marga Irra Susiyanti di Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Dia menjelaskan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menetapkan besaran tarif untuk Jalan Tol Pemalang-Batang melalui Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR No. 52/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif pada Jalan Tol Pemalang-Batang, dengan besaran tarif Jalan Tol Pemalang-Batang bagi kendaraan golongan 1 mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 39.000.

Kepmen ini turut menimbang Jalan Tol Pemalang-Batang Segmen SS Pemalang-Batang telah ditetapkan pengoperasiannya dengan Kepmen PUPR No. 51/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pemalang-Batang Segmen SS Pemalang-Batang.

Sedangkan, Kepmen PUPR No. 53/KPTS/M/2019 menyatakan, Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 74,9 km telah selesai pembangunannya. Melalui Kepmen tersebut, Menteri PUPR kemudian menetapkan pengoperasiannya.

Selanjutnya, pada Kepmen PUPR No. 54/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif pada Jalan Tol Batang-Semarang, tertuang besaran tarif pada Jalan Tol Batang-Semarang. Untuk kendaraan golongan 1, tarif terendah di Jalan Tol Batang-Semarang adalah Rp 3.000, sedangkan tertinggi Rp 75.000.

Sementara itu, besaran tarif Jalan Tol Semarang-Solo tertuang dalam Kepmen PUPR No. 60/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif pada Jalan Tol Semarang-Solo.

Dalam Kepmen tersebut, besaran tarif baru di Jalan Tol Semarang berkisar dari Rp 7.500 sampai Rp 65.000. Penyesuaian tarif baru ini tak terlepas dari terbitnya Kepmen PUPR No. 59/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Salatiga-Kartasura.

Ketiga ruas tol di atas menggunakan sistem transaksi tertutup. Kepmen PUPR mengenai tarif terbaru pada Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Tol Semarang-Solo ditetapkan pada 14 Januari 2019 dan mulai berlaku pada 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB.

2 dari 2 halaman

Pembagian

Jalan Tol Trans Jawa terbagi dalam empat cluster, yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, selain sebagai pembagian wilayah operasional.

Adapun pembagian cluster tersebut yaitu Cluster I Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan. Cluster II Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang. Cluster III Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya. Dan Cluster IV yaitu Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo.


“Sebagai bentuk upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan, pemberlakuan tarif tol ruas baru Trans Jawa dibarengi dengan pemberian diskon tarif sebesar 15 persen selama dua bulan ke depan. Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam 1 Cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier),” tandas Irra.

‎Adapun tarif Jalan Tol Trans Jawa yaitu:• Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 334.500‎‎• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 397.500‎• Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Surabaya (Kejapanan Utama) Rp 660.500‎• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Surabaya Rp 723.500‎• Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 712.500‎• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 775.500‎

Rendahnya Produktivitas Tebu Bikin Impor Gula Melambung

Liputan6.com, Jakarta – Rendahnya produktivitas tebu memicu peningkatan impor gula. Saat ini, harga gula lokal tiga kali lebih mahal dibandingkan harga gula di pasar internasional. Tingginya harga gula lokal mengindikasikan adanya biaya produksi yang tinggi di tingkat produsen lokal.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA) 2018, produktivitas perkebunan tebu di Indonesia hanya mencapai 68,29 ton per hektar di 2017. Jumlah ini lebih rendah daripada negara-negara penghasil gula lainnya, seperti Brasil yang sebesar 68,94 ton per hektar dan India yang sebesar 70,02 ton per hektar dalam periode yang sama.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Assyifa Szami Ilman mengatakan, salah satu penyebab rendahnya produktivitas gula lokal adalah banyak pabrik gula di Indonesia yang sudah sangat tua. Pabrik-pabrik gula ini perlu mendapatkan revitalisasi mesin produksi. Belum lagi mempertimbangkan kualitas tebu yang ditanam yang dipengaruhi oleh faktor geografis dan iklim lokal.

“Menekan impor gula bukan pekerjaan mudah. Menekan impor gula dapat dilakukan apabila produksi dalam negeri sudah mencukupi permintaan dan tersedia pada harga yang terjangkau di pasar. Tentunya dengan memiliki komoditas gula yang terjangkau dan tersedia secara lokal, baik produsen maupun konsumen sama-sama beruntung,” jelasnya pada Minggu (20/1/2019).

Berdasarkan data USDA dan BPS pada 2009-2018, harga gula yang beredar di pasaran (gula kristal putih) menunjukkan perbedaan harga dimana harga produk domestik hampir tiga kali lebih mahal dari harga internasional. Dengan kondisi ini, upaya menekan gula impor tentunya dapat berpotensi mengurangi peredaran gula di pasar, yang pada akhirnya bisa meningkatkan harga menjadi jauh lebih mahal lagi. Pada akhirnya, konsumen dan unit usaha UMKM yang menggunakan gula sebagai bahan produksinya akan menanggung kerugian.

“Mempertimbangkan penekanan impor gula bukan merupakan hal yang salah, namun sebaiknya yang patut diutamakan adalah peningkatan daya saing pabrik gula Indonesia dan kebijakan pemerintah yang mendorong modernisasi pabrik gula dapat menjadi salah satu langkah awal yang patut dipertimbangkan untuk menekan harga gula,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Revitalisasi Pabrik Gula Terhambat Keterbatasan Lahan Tebu

Sebelumnya, upaya revitalisasi pabrik gula di Indonesia dinilai masih terhambat oleh lahan tebu yang makin terbatas. Keberadaan pabrik gula dan perkebunan tebu saat ini tidak homogen sehingga terdapat tempat yang kelebihan pasokan, namun juga ada yang kekurangan.

“”Secara umum, kekurangan bahan baku karena terjadi penurunan luas area tanam,” kata Peneliti Agro Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor Agus Pakpahan seperti mengutip Antara, Jumat (18/1/2019)

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang juga sebagai Holding BUMN Perkebunan tengah fokus dalam upaya meningkatkan produktifitas dan kualitas gula, yang menjadi salah satu produk andalan perusahaan.

Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan efisiensi pabrik-pabrik gula miliknya. Efisiensi dilakukan dengan cara meningkatkan kapasitas Pabrik Gula (PG) dan mengurangi PG yang dianggap sudah tak efisien.

Direktur Utama PTPN III Doly Pulungan mengatakan, dalam rangka revitalisasi PG,  dikeluarkan anggaran sekitar Rp 4,7 triliun sejak 2016. 


“Jadi kita regrouping PG ini dan kita tigkatkan kapasitas dan kualitas produksinya. Sejak 2016 sudah Rp 4,7 triliun investasi yang kita keluarkan dan sampai 2022 nanti total kita butuh Rp 13 triliun,” ungkap dia di kantornya, Kamis (6/12/2018).

Seperti diketahui, Holding BUMN Perkebunan ini memiliki roadmap program revitalisasi PG akan selesai pada 2022. Dengan demikian, ditargetkan produksi gula PTPN nanti akan menjadi 1,4 juta ton per tahun dari saat ini hanya sekitar 850 ribu ton per tahun.

Sementara EVP Gula dan Tanaman Semusim PTPN III, Aris Toharisman menjelaskan, sebesar Rp 4,7 triliun yang sudah dikeluarkan ini dialokasikan untuk revitalisasi 7 PG.

Dari 7 PG tersebut diantaranya PG Mojo di Sragen dan PG Rendeng di Kudus. Kedua PG tersebut memiliki kapasitas produksi masing-masing ditingkatkan dari 2.500 TCD menjadi 4.000 TCD.

Kemudian ada PG Gempolkrep di Mojokerto yang kapasitasnya 6.500 TCD ditingkatkan menjadi 10 ribu TCD.

“Yang kapasitas 10 ribu TCD ini akan kita integrasikan dengan pabrik etanol dan produk turunannya,” tegas Aris.

Dia menuturkan, Rp 4,7 triliun diperoleh dari Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 3 triliun dan sisanya berasal dari kas perusahaan.

Sementara sisa investasi sekitar Rp 8,3 triliun akan diusahakan PTPN III dari pinjaman perbankan dan juga kas perusahaan.

PTPN III saat ini tengah merevitalisasi 32 PG. Kapasitas produksi 32 PG tersebut nantinya akan ditingkatkan menjadi minimal 4.000 TCD.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Inspirasi Kata-Kata Lucu Buat Status Facebook, Receh Parah

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini kehadiran media sosial mempermudah komunikasi dengan keluarga, sahabat, dan pacar. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk mencari hiburan di kala pikiran sedang penat. Facebook adalah salah satu media sosial yang kerap digunakan orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain.

Facebook menyediakan platform bagi penggunanya untuk berbagi pendapat melalui status, atau hanya sekedar membagi kabar bahagia sehingga membawa pengaruh positif kepada yang membaca status tersebut. Tak hanya itu, melalui Facebook penggunanya juga bisa melakukan telepon antar kota, negara, maupun benua.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, pengguna Facebook biasanya menggunakan akunnya untuk mencari informasi. Bisa seputar kejadian yang sedang viral, atau bisa juga untuk mengikuti tren fashion yang sedang hits dan kekinian.

2 dari 7 halaman

Manfaat Facebook

Selama ini, beberapa pihak sering mengaitkan Facebook dengan dampak buruk terhadap kehidupan sosial orang-orang. Namun nyatanya, Facebook juga memberikan beberapa manfaat tak terduga bagi kehidupan seperti Liputan6.com lansir dari Live Science berikut ini, Sabtu (19/1/2019).

1. Menyediakan lapangan pekerjaan

Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membantu melancarkan usaha atau bisnis mereka. Facebook memang merupakan salah satu media pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan dengan memperhatikan tampilan dinding akun Facebook, maka seseorang akan lebih percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh segala bentuk tampilan terbaik seseorang benar-benar dimaksimalkan ketika diposting dalam dinding Facebook. Contohnya, menciptakan kata-kata lucu buat status Facebook sehingga membuat orang yang membacanya terhibur.

3. Meningkatkan harga saham

Bagi orang-orang yang sudah memiliki bisnis besar, memiliki akun Facebook dan aktif menggunakannya juga bisa membantu meningkatkan harga saham perusahaan yang mereka miliki. Sebab Facebook secara tidak langsung meningkatkan nama besar perusahaan seseorang dan dirinya sendiri.

4. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi dari University of Melbourne, sudah pernah membuktikan para karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengakses Facebook selama 10 menit saja ketika bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka.

5. Membantu menemukan jodoh

Manfaat terakhir dari Facebook bagi kehidupan sosial adalah membantu menemukan jodoh yang selama ini dicari-cari. Hal ini karena Indonesia adalah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia. Oleh karena itu, melalui Facebook, kamu mungkin dapat menemukan jodoh asal tidak salah pilih.

3 dari 7 halaman

Status Facebook Saat Galau

Berikutnya, Liputan6.com turut memberikan inspirasi kata-kata lucu buat status Facebook yang bisa kamu gunakan untuk menghibur teman-temanmu seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

– Dan sebenarnya, pacar orang adalah pacar kita juga, karena kita juga kan orang.

– Sudah tiga hari nggak makan apa apa. Soalnya nggak ada yang ngingetin aku makan.

– Jika suatu hari aku lihat kamu pake mobil mewah, aku paling cuma bisa nunduk. Karena aku… pakai helikopter.

– Apa aku harus chat Assalamualaikum biar kalau nggak kamu balas, kamu yang dosa?

– Tikungan itu ada dua, ke kanan dan ke kiri. Nikung juga ada dua, ke teman dan sahabat sendiri.

– Kamu mah enak LDR beda kota, beda negara, lah aku beda perasaan.

4 dari 7 halaman

Status Facebook Saat Jatuh Cinta

– Kalau naik motor sama kamu pasti ditilang polisi deh. Soalnya kita selalu bertiga, aku, kamu, dan cinta.

– Cinta aku ke kamu bagaikan ban kereta api yang nggak mungkin kempes.

– Dunia ini cuma milik kita berdua, sayang. Yang lainnya cuma ngontrak.

– Kenapa kamu macarin sepeda? Karena dia bike.

5 dari 7 halaman

Status Facebook Dijamin Ngakak

– Jangan pernah kasih izin orang lain panggil kamu ‘Say’. Karena itu bisa jadi bukan sayang, tapi Sayton.

– Sayang, bekerjalah seperti tuyul. Nggak kelihatan, nggak perlu pujian, nggak cari perhatian, tapi hasil jelas.

– Jatuh cinta hanya pada pandangan pertama, illfeel pada pandangan berikutnya.

– Sukses itu dimulai dari diri sendiri. Bukan dari ‘0’. Memangnya isi bensin.

6 dari 7 halaman

Buat Status Facebook Tentang Kehidupan

– Saya bekerja keras karena sadar kalau uang nggak punya kaki buat jalan sendiri ke kantong saya.

– Kenapa sih perempuan kalau lihat tas di toko selalu bilang ‘ih tasnya lucu’ , padahal tasnya diam saja nggak lagi ngelawak.

– Pertanyaan bertahun-tahun yang sampai sekarang masih belum ditemukan jawabannya: “Nanti mau makan apa?”

– Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

– Pengen jadi orang kaya biar kalau pengen makanan bilangnya vegetable mix with peanut sauce bukan gado-gado.

– Pada update ucapan Selamat Hari Ibu. Giliran disuruh ibu beli tempe ke warung saja malas-malasan.

7 dari 7 halaman

Buat Status Facebook Receh

– Permasalahan hidup: pas mau tidur susah, pas bangun tidur lebih susah.

– Apa benar kalajengking kalau menikah istrinya jadi kalajengqueen?

– A: Malem minggu kok nggak keluar, mblo?

  B: Keluar kok malem minggu doang, miskin?

– Lihat orang nguap, langsung nguap juga. Tapi kenapa liat orang kaya saya tidak kaya juga?!

– Buat kamu yang sering dipanggil ‘beb’ sama dia. Mungkin maksudnya adalah ‘beban’.

– Apa benar kalau orang Batak nikah sama orang Bogor anaknya jadi batagor?

– DJ apa yang bikin nyesek? Djadiin temen doang kagak lebih.



Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Edy Rahmayadi: Masalah Match Fixing Urusan Polisi, PSSI Tak Bisa

Nusa Dua – Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengindikasikan bahwa match fixing tak akan dibahas dalam Kongres Tahunan PSSI. Dia memberi wewenang kepada Kepolisian.

Kongres PSSI 2019 bakal berlangsung di Hotel Sofitel, Nusa Dua Beach Resort, Bali, Minggu (20/1/2019). Agenda ini nantinya mengevaluasi kerja PSSI sepanjang 2018 dan merancang agenda di 2019.

PSSI tak akan membahas masalah match fixing. Padahal, masalah ini tengah menerpa PSSI setelah dua pengurusnya, yakni Anggota Komite Eksekutif (Exco), Johar Lin Eng dan Komisi Disiplin, Dwi Irianto alias Mbah Putih, diciduk Satgas Anti Mafia Bola bentukan Polri.

Edy beralasan bahwa PSSI sulit membersihkan kasus match fixing. Maka, dia menyerahkan masalah tersebut ke Kepolisian.

“Itulah kesalahan. Bukan dibahas di sini. Biarkan polisi membersihkan ini semua karena kami organisasi PSSI sulit melakukannya,” kata Edy di lokasi kongres, Sabtu (19/1/2019) malam WITA.

Edy juga ditanya soal kemungkinan dipercepatnya pergantian Exco setelah Johar non aktif.

“Tanyakan besok saja, tapi aturan di statuta itu bagaimana? Kita lihat. Tetapi kan posisi itu harus segera ada penggantinya agar pekerjaan kembali normal PSSI,” tegasnya.

(ran/cas)

Minta Santri Melek Usaha, Sandiaga: Wis Wayahe Jihad Ekonomi

Sidoarjo – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta agar para santri masa kini melek usaha. Dengan begitu mereka tak lagi mencari kerja, tetapi justru menciptakan lapangan kerja.

“Enam puluh persen santri jika diberikan pelatihan, pendampingan dan permodalan bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Sandi saat hadir di acara Pemberdayaan Ekonomi Umat ala Millenials, Santri Melek Usaha di Desa Pepe Legi, Waru, Sidoarjo, Sabtu (19/1/2019).

Perlunya santri melek usaha adalah karena bagi Sandi, sudah saatnya Indonesia berjihad di bidang ekonomi. Sebab bila dibiarkan terus, kondisi perekonomian dewasa ini kian memberatkan hidup masyarakat. Terlihat dari harga-harga bahan pokok yang melambung tinggi dan sulitnya mencari pekerjaan.


Langkah nyata juga telah digagas oleh Sandi lewat program OK OCE miliknya. Menurutnya, OK OCE sudah bergerak untuk mendampingi dan memberikan pelatihan kepada para santri.

“Gerak OK OCE bersama BKSN akan membuat santri melek usaha. Jika mereka terus diingatkan untuk menciptakan lapangan kerja, ketimbang mencari kerja, saya yakin 60 persen santri bisa menjadi santripreneur-santripreneur baru. Kami juga punya program magang untuk santri sampai ke luar negeri,” tambah Sandiaga.

Salah satu peluang yang bisa diambil ketika Indonesia melakukan jihad ekonomi didasarkan pada fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Menurut Sandi, sudah seharusnya Indonesia menjadi pusat industri halal dunia.

“Industri halal berpotensi menghasilkan pendapatan. Indonesia masih nomor lima. Ini adalah potensi besar bagi kita dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Saya akan openi (kelola, red) betul pesantren,” tekadnya.

“Republik ini punya utang besar pada pesantren. Pesantren Insyaallah akan kami jadikan kawah candradimuka pemimpin bangsa ini dan mencetak para santri yang menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja,” tambahnya.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Begini Lampu Hias dari Pipa Paralon di Sumenep yang Go Internasional

Fokus, Sumenep – Di tangan seorang perajin, pipa paralon disulap menjadi lampu hias yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Bahkan, dengan memanfaatkan media sosial, hasil kerajinannya menembus pasar mancanegara hingga ke Amerika Serikat.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (19/1/2019), Muhamad Misbah membuat lampu hias berbagai bentuk yang terbuat dari pvc dan mika.

Untuk satu lampu hias karyanya, Misbah menjualnya dengan harga bervariasi mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 250 ribu . Harga lampu disesuaikan dengan ukuran dan tingkat kerumitan saat membuatnya.

Misbah mengaku kerajinan lampu hias berawal dari sulitnya mencari pekerjaan. Dari sekadar mencoba, dia lalu menjadi perajin lampu hias yang karyanya telah menembus pasar dunia. Salah satunya adalah California, Amerika Serikat. 

Pasar luar negeri terbuka setelah Misbah memanfaatkan media sosial. Dalam sebulan, Misbah dapat memperoleh penghasilan hingga Rp 60 juta. (Karlina Sintia Dewi)

Jokowi Bicara Alasan Iriana Arahkan Tukang Cukur ‘Asgar’ soal Model Rambut

Garut – Ibu Negara Iriana terlihat mengamati dan memberi arahan ke tukang cukur asli Garut (Asgar) saat memangkas rambut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ternyata, arahan itu diberikan dengan suatu alasan.

“Ini lho yang sering disisir ke belakang sulit. Di sini jangan kepotong terlalu pendek nanti mengarahkannya sulit,” kata Jokowi usai rambutnya dipotong oleh tukang cukur ‘Asgar’ di Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Pemotong rambut Jokowi itu bernama Herman. Menurut Jokowi, Herman merupakan tukang pangkas langganannya.
“Memang sehari-hari yang nyukur Mas Herman,” kata Jokowi.
Selama rambut Jokowi dipangkas, Iriana memang terlihat terus berada di samping Jokowi. Dia terlihat duduk tak jauh dari sisi Jokowi yang sedang dipangkas. Iriana juga terlihat memberi arahan kepada Herman soal gaya rambut Jokowi.

Selain Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga ikut dipangkas rambutnya.
(jor/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Didampingi Iriana, Jokowi Potong Rambut di Tukang Cukur ‘Asgar’

Garut – Usai menemui petani di Desa Leuwigoong, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpindah lokasi ke Danau Situbagendit, Garut, Jawa Barat. Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana memotong rambut oleh pencukur asli dari Garut, alias ‘Asgar’.

Jokowi tiba di Danau Situbagendit, Garut, Jawa Barat, pukul 09.10 WIB, Sabtu (19/1/2019). Di lokasi itu sudah tersusun rapi puluhan bangku yang sudah ditempati oleh pencukur dan orang yang dicukur rambutnya.

Pencukur yang ada di lokasi ini tergabung dalam organisasi Persatuan Pangkas Rambut Garut (PPRG). Jokowi melihat-lihat aktivitas pangkas rambut di lokasi itu yang dilakukan secara massal.
Jokowi kemudian duduk di salah satu bangku kosong. Pria bertopi pemangkas rambut kemudian menghampirinya.

Jokowi, Iriana dan pemangkas rambut tersebut terlihat berdiskusi singkat. Iriana tampak mengarahkan pemangkas rambut mengenai bagaimana model rambut Jokowi.

Setelah berdiskusi singkat, Jokowi kemudian dipasangkan kain yang menutup tubuhnya. Selembar kertas seperti tisu dililit ke lehernya. Jokowi siap untuk dipangkas.

Pemangkas rambut bernama Herman itu mulai memangkas rambut Jokowi. Herman merupakan warga Bantarjati, Garut dan sudah lama menjadi langganan pangkas rambut Jokowi.

Herman memangkas bagian pinggir dan bawah rambut Jokowi. Bagian atas dan belakangnya juga dipotong sedikit.

Usai memotong, Herman membuka kain penutup dan membersihkan sisa rambut di muka dan leher. Herman juga menyemprotkan air di rambut dan menyisir rapi.

Iriana juga sempat melihat dan mengarahkan langsung pemotongan rambut Jokowi. Iriana terus berada di dekat Jokowi dan memantau suaminya saat pangkas.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga ikut dipangkas rambutnya.
(jor/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>