Pekerjaan Trans Papua Ditunda, Target Dijamin Tak Terganggu

Jakarta – Proyek pekerjaanjalanTrans Papua diruasWamena-Mamugu akhirnya disetop sementara waktu menyusul kejadian penembakan 31 pekerja proyek oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Meski dihentikan sementara, namuntargettembusnyajalanTrans Papua sepanjang 4.330 km pada 2019 mendatang disebut tak terganggu.

“Saya kira nggak (terganggu targetnya). Penundaan pekerjaan bukan hal yang mengganggu,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018).

Basuki mengatakan sejatinya jalan Trans Papua di ruas tersebut sudah tersambung alias ditembus seluruhnya. Namun adanya sungai yang dilalui, membuat ruas ini juga harus dilengkapi jembatan.

Sebanyak 35 jembatan dibangun di ruas ini. Jembatan ini dibangun oleh dua BUMN karya, masing-masing Istaka Karya dan Brantas Abipraya.

“Warganya (Papua) semua sangat menerima dan tidak ada yang melawan pembangunan infrastruktur di Papua,” tambah Basuki.

Jalan Trans Papua sendiri memiliki panjang total 4.329,5 km dan bakal tersambung seluruhnya pada tahun 2019 mendatang. Panjang jalan tersebut merupakan gabungan dari jalan Trans Papua di Provinsi Papua yang sepanjang 3.259,45 km dan jalan Trans Papua di Provinsi Papua Barat sepanjang 1.070,62 km.

(eds/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *