Arah Harga Emas Pekan Ini Tergantung Keputusan Bank Sentral AS

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas mampu kembali ke level USD 1.300 per ounce pada perdagangan pekan lalu. Untuk pekan ini, harga emas masih akan berada pada level yang sama.

Mengutip kitco, Senin (18/3/2019), analis Komoditas Saxo Bank Ole Hansen mengatakan, pelemahan sebesar 1 persen pada Kamis pekan lalu menunjukkan bahwa pelaku pasar sepertinya belum terlalu yakin bahwa harga emas bakal akan terus melambung.  Meskipun Jumat harga emas kembali menguat tetapi kenaikannya masih terbatas. 

Selain itu, gerak bursa saham yang membaik membuat emas sebagai alternatif instrumen investasi juga tidak terlalu dilirik. Pada pekan lalu indeks acuan S&P 500 naik 3 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Biasanya, harga emas akan terdongkrak jika investor melakukan aksi jua di bursa saham. 

“Saat ini hampir tidak ada kebutuhan akan safe haven sehingga, meskipun diperkirakan masih akan menguat, tetapi sepertinya belum akan terdongkrak tinggi,” jelas Ole Hansen.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan menjadi katalis atau pendorong harga emas pada pekan ini?

Sekali lagi, semua mata akan tertuju kepada keputusan Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed). Pemangku kebijakan moneter tersebut akan mengadakan pertemuan pekan depan untuk menentukan arah kebijakan suku bunga. 

Ekonom berharap Bank Sentral AS mengungkapkan rencana secara jelas. “Proyeksi pertumbuhan ekonomi tampaknya akan direvisi turun,” kata ekonom di Capital Economics

Meskipun bank sentral diperkirakan akan menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi sehingga berdampak kepada kebijakan suku  bunga, Jasper Lawler, kepala penelitian di London Capital Group, mengatakan bahwa ia tidak mengharapkan Federal Reserve mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan.

Alasannya, Bank Sentral Eropa dua minggu lalu ketika itu mengejutkan pasar dengan mengeluarkan kebijakan yang tak terduga.

Untuk diketahui, pada pekan lalu, Bank Sentral Uni Eropa (ECB) memberikan sinyal adanya stimulus baru dan pemangkasan pertumbuhan ekonomi untuk Uni Eropa, serta pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi China dari 6,5 persen menjadi 6 persen untuk 2019.

Hasil Liga Italia Pekan ke-28: AS Roma Terjungkal

Liputan6.com, Jakarta – Liga Italia telah menggelar beberapa laga pekan ke-28. Kejutan terjadi setelah SPAL menaklukkan AS Roma, Sabtu (16/3/2019).

Bermain di kandang sendiri, SPAL tampil percaya diri. Meski kalah materi pemain, namun permainan cukup berimbang.

SPAL membuka gol pada menit ke-21 melalui Mohamed Fares. Namun AS Roma membalas melalui penalti Diego Perotti pada menit ke-53.

Tak berselang lama, SPAL kembali unggul atas tamunya. Pada menit ke-59, Andrea Petagna mencetak gol melalui titik putih dan membuat skor tak berubah hingga akhir laga.

Kemenangan membuat SPAL naik ke posisi ke-15 klasemen Liga Italia. Sementara AS Roma terpaku di posisi kelima klasemen.

Berikut hasil Liga Italia tadi malam:

Jadwal Liga Inggris Pekan Ini, Liverpool Tantang Fulham

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool berpeluang kembali ke puncak klasemen Liga Inggris. Apalagi pekan ini mereka hanya menantang tim papan bawah, Fulham di Craven Cottage.

Liverpool untuk sementara tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen, Manchester City. Virgil van Dijk dan kawan-kawan berada di peringkat kedua dengan 73 poin.

Menaklukkan Fulham sendiri tampaknya bukan perkara sulit bagi Liverpool. Apalagi, moral The Reds sedang meninggi setelah sukses mendepak raksasa Jerman, Bayern Munchen dari Liga Champions.

Selain itu, kondisi Fulham saat ini juga sedang terpuruk. Andre Schurrle dan kawan-kawan berada di zona degradasi setelah lima kekalahan beruntun.

Selain partai Fulham vs Liverpool, jadwal Liga Inggris pekan ke-31 akan menyajikan partai lain seperti Everton vs Chelsea.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-31 selengkapnya:

Ayo Bergoyang Dangdut Tiap Akhir Pekan di Ancol

Liputan6.com, Jakarta – Ancol Taman Impian jadi salah satu destinasi wisata yang selalu menghadirkan artis terkenal. Sebab selama Maret 2019 sejumlah artis dangdut ibu kota akan menggoyang Pantai Ancol setiap akhir pekan.

Dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, musik dangdut yang merupakan musik asli Indonesia sangat populer di kalangan masyarakat. Awalnya, dangdut hanya dikenal sebagai seni musik untuk kalangan tertentu kini digemari oleh berbagai kalangan.

Dengan kreativitas para musisi dangdut Tanah Air mendorong transformasi musik ini hingga dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, bahkan musik dangdut kini telah banyak berbaur dengan aliran musik lainnya. Keragaman inilah yang mendorong pengelola wisata Ancol Taman Impian menghadirkan Semarak Dangdut Ketje.

Pengunjung akan dihibur dengan penampilan artis-artis dangdut Ibu Kota setiap akhir pekan sepanjang Maret ini. Sambil menikmati wisata tepi pantai, semakin lengkap dengan hiburan di panggung apung (floating stage) yang dapat dinikmati mulai pukul 16.00 WIB.

Bekerjasama dengan Sixperience, asyiknya lagi pengunjung dapat menikmati hiburan tanpa ada biaya tambahan lagi.

“Musik Dangdut sudah menjadi musik yang paling digemari di Indonesia. Kami harap dengan tambahan hiburan panggung semarak dangdut ketje dapat melengkapi kegembiraan rekreasi di Pantai Ancol, terlebih bisa dinikmati tanpa dipungut biaya tambahan lagi,” ujar Budi Aryanto, Vice President Taman & Pantai Ancol.

Beberapa artis yang tampil di antaranya Cita Citata dan Hayati (17/3), Rizky Ridho, Jihan Audy dan Tasya Rosmala (23/3) dan Jenita Janet, New Montana, serta Lesty Kejora (31/3). Hanya dengan membeli tiket masuk Ancol saja, pengunjung sudah bisa menyaksikan dan bergoyang di konser Semarak Dangdut Ketje.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tak hanya di Kanal Banjir Timur, Marunda busa limbah ternyata juga menumpuk di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Busa ini jika terkena baju nodanya tidak mudah dihilangkan. Busa-busa ini timbul setiap kali petugas melakukan pemompaan air Kali An…

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-31: Liverpool Ditantang Fulham

Liputan6.com, London – Liverpool berambisi meraih tiga poin pada jadwal Liga Inggris pekan ke-31. Bertandang ke Craven Cottage, Minggu (17/3/2019) WIB pasukan Jurgen Klopp ingin menaklukkan Fulham demi menjaga peluang juara di musim ini.

Liverpool untuk sementara tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen, Manchester City. Virgil van Dijk dan kawan-kawan berada di peringkat kedua dengan 73 poin.

Menaklukkan Fulham sendiri tampaknya bukan perkara sulit bagi Liverpool. Apalagi, moral The Reds sedang meninggi setelah sukses mendepak raksasa Jerman, Bayern Munchen dari Liga Champions.

Selain itu, kondisi Fulham saat ini juga sedang terpuruk. Andre Schurrle dan kawan-kawan berada di zona degradasi setelah lima kekalahan beruntun.

Selain partai Fulham vs Liverpool, jadwal Liga Inggris pekan ke-31 akan menyajikan partai lain seperti Everton vs Chelsea.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-31 selengkapnya:

Arsenal merebut posisi ke empat klaseman liga inggris setelah kalahkan Manchester United di Stadium Emirates hari Minggu.

Jadwal Liga Spanyol Pekan Ini

JakartaLiga Spanyol memasuki pekan ke-28. Berikut jadwal Liga Spanyol selengkapnya, termasuk laga Real Madrid vs Celta Vigo yang akan jadi ‘debut kedua’ Zinedine Zidane.

Madrid akan menjamu Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Sabtu (16/3/2019) malam WIB. Duel ini akan menandai era kedua Zidane di Madrid.

Zidane kembali diangkat sebagai pelatih Madrid pada awal pekan ini. Pelatih asal Prancis itu diharapkan bisa memperbaik musim Los Blancos.

Sementara itu, Barcelona baru akan bertanding pada Senin (18/3/2019) dini hari WIB. Tim arahan Ernesto Valverde itu akan tandang ke markas Real Betis.Jadwal Liga Spanyol Pekan ke-28:

Sabtu (16/3/2019)
03:00 WIB Real Sociedad vs Levante
19:00 WIB Huesca vs Deportivo Alaves
22:15 WIB Real Madrid vs Celta Vigo

Minggu (17/3/2019)
00:30 WIB Athletic Bilbao vs Atletico Madrid
02:45 WIB Leganes vs Girona
18:00 WIB Eibar vs Real Valladolid
22:15 WIB Espanyol vs Sevilla

Senin (18/3/2019)
00:30 WIB Valencia vs Getafe
00:30 WIB Villarreal vs Rayo Vallecano
02:45 WIB Real Betis vs Barcelona

(nds/raw)

Pengukuhan Komisioner BP Tapera Dilaksanakan Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah secara resmi telah mengangkat Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Pengangkatan ini dibuat berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 10 Tahun 2019 yang ditetapkan pada 13 Februari 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga berlaku sebagai Ketua Komite Tapera, Basuki Hadimuljono, mengatakan, mereka baru bisa bekerja jika telah melewati proses pengukuhan.

“Pertama kita kukuhkan dulu, kemudian mulai mereka bekerja,” ucap Basuki di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Menurut rencana, proses pengukuhan Komisioner dan Deputinya Komisioner BP Tapera bakal dilaksanakan pekan depan.

Adapun berdasarkan Kepres Nomor 10/2019, posisi Komisioner BP Tapera diserahkan kepada Adi Setianto yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jaringan dan Layanan Bank BNI dan Direktur IT dan Operation Bank BTN.

Selanjutnya, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera diisi Eko Ariantoro yang juga mantan Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lalu ada Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera yang dipegang Gatut Subadio, bekas Direktur Dana Pensiun Bank Mandiri.

Sementara posisi Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera dijabat Ariev Baginda Siregar, bekas Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum, serta Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi yang dipegang Direktur Operasi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Nostra Tarigan.

Adapun masa jabatan masa jabatan Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera adalah selama 5 tahun sejak ditetapkannya Keputusan Presiden ini

Menteri Basuki melanjutkan, fasilitas BP Tapera ini mulanya baru akan disalurkan sebagai modal kredibilitas kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2020 mendatang.

“Kalau Taperanya untuk modal kredibilitas. Jadi orang percaya dulu kepada Tapera,” ujar dia.

Harga Emas Bakal Berkilau Pekan Ini

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antammelonjak Rp 4.500 menjadi Rp 660.000 per gram pada perdagangan Sabtu, 9 Maret 2019. Pada perdagangan kemarin, harga emas Antam di posisi Rp 655.500 per gram.

Demikian juga harga pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 587 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 587 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.03 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia. 

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.840.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.130.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

Akhir Pekan, Jokowi Cek Proyek Penangkal Banjir Bandung

Bandung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akhir pekan ini melakukan kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat. Ada beberapa agenda yang akan dihadiri Jokowi di kota kembang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Minggu (10/3/2019). Kepala negara mengawali kunjungan kerja ke proyek penangkal banjir sungai Citarum di Kabupaten Bandung. Nama proyeknya adalah terowongan Nanjung yang juga masuk daftar proyek strategis nasional.

Kawasan ini masuk di bawah pengelolaan BBWS Citarum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek terowongan ini digarap KSO PT WIjaya Karya (Persero) Tbk – PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Ada dua buah tunnel atau terowongan air yang dikerjakan, masing-masing sepanjang 230 meter. Proyek terowongan ini mulai dikerjakan sejak April 2018 lalu dan direncanakan selesai pada 2019 ini.

Setelah terowongan jadi, 600 meter kubik air per detik akan dialirkan sehingga dapat mengurangi risiko banjir di Kabupaten Bandung yang terletak di sekitar aliran Sungai Citarum.

Setelah itu, orang nomor satu ini akan bertandang ke redaksi harian pikiran rakyat dan dilanjutkan dengan beberapa kunjungan yang salah satunya adalah agenda sebagai calon presiden petahana.

Jokowi terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.30 WIB dengan pesawat kepresidenan. Rombongan mendarat di Bandara Husein Sastranegara pukul 07.58 WIB.

Kehadiran Jokowi sudah ditunggu dan disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum dan beberapa petinggi angkatan darat, udara, dan juga kepolisian.

Dalam kunjungan kerjanya di Bandung, Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung. (hek/zlf)

Mourinho Diklaim Latih Madrid Mulai Pekan Depan

Madrid – Kabar kembalinya Jose Mourinho ke Real Madrid sepertinya bukan isapan jempol belaka. Mourinho diklaim bakal jadi pelatih El Real mulai pekan depan.

Nama Mourinho kembali dikaitkan dengan Madrid menyusul hasil buruk tim itu dalam sepekan belakangan. Mereka kehilangan peluang meraih gelar juara di tiga kompetisi, yakni LaLiga, Copa del Rey, dan terakhir Liga Champions.

Alhasil, Santiago Solari sebagai pelatih digoyang betul posisinya. Apalagi beberapa pemain kabarnya tak lagi cocok dengan gaya kepelatihan Solari. Kini Solari tinggal menunggu hari saja sebelum surat pemecatan datang.

“Saya tahu kalau Mourinho akan meneken kontrak hingga akhir musi dan untuk tiga musim selanjutnya, dengan gaji 17 juta pound per pekan,” ujar mantan presiden Madrid, Ramon Calderon, dalam kolomnya di i newspaper.

“Bagi presiden Florentino Perez, Mourinho akan jadi tameng sempurna untuk menghalau ketidakpuasan media, fans, dan juga pemain,” sambung Calderon.

“Tapi ini tentu tidak akan mudah, dan saya memprediksi tiga bulan ke depan akan sangat sulit.”

Kembalinya Mourinho ke Madrid bukannya tanpa risiko. Meski sempat memberikan gelar Liga Champions dan Copa del Rey, Mourinho punya hubungan buruk dengan beberapa pemain bintang termasuk kapten Sergio Ramnos.

“Menarik ditunggu apa yang akan Ramos lakukan,” paparnya.

“Fans mencintainya, dia adalah salah satu pemain terpenting di klub dan dia ingin menghabiskan sisa kariernya di Real Madrid,” demikian Calderon.

(mrp/cas)