Paviliun Indonesia Turut Ramaikan COP24 di Katowice

Polandia – Paviliun Indonesia turut meramaikan Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP24 di Katowice, Polandia. Keberadaan Paviliun Indonesia diharapkan bisa mendukung upaya negosiasi yang berlangsung di ruang sidang utama.

Paviliun Indonesia yang dihiasi ornamen khas budaya Indonesia, terutama budaya Bali yang banyak dikenal dunia internasional, terletak di area E International Congress Centre dan Spodek Arena di Katowice.

Paviliun Indonesia resmi dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Katowice, Senin (3/12/2018). Menteri Siti mengharapkan Paviliun Indonesia bisa menjadi ajang bertukar gagasan dan ilmu dalam upaya-upaya menghadapi perubahan iklim global.

“Delegasi Indonesia datang ke kota Katowice yang indah ini tidak hanya siap untuk negosiasi perubahan iklim demi penerapan Paris Agrement Work Programme, tapi juga siap menunjukkan upaya-upaya negara ini dalam menerapkan Konvensi untuk menghadapi perubahan iklim,” ucap Menteri Siti dalam pidato pembukaan Paviliun Indonesia.

“Saya merasa senang bahwa Paviliun Indonesia ini bisa melanjutkan dan bersiap untuk kedelapan kalinya dalam mendukung negosiasi formal COP UNFCCC (Conference of Parties United Nations Framework Convention on Climate Change,” imbuhnya.

Untuk kali ini, Paviliun Indonesia mengambil tema ‘Climate Change, Society Change: Let’s Work-Up and Team-Up’. Tema itu menekankan bahwa perjuangan menghadapi perubahan iklim tidak bisa dilakukan secara individual tapi harus bersama-sama, sesuai dengan tema utama COP24 ‘Changing Together’.

“Di Paviliun ini, Indonesia akan menampilkan sejumlah kebijakan, program-program dan aktivitas soal tindakan-tindakan iklim, yang diterapkan oleh semua stakeholders dan tidak hanya oleh pemerintah,” tutur Menteri Siti.

Paviliun Indonesia Turut Ramaikan COP24 di KatowiceFoto: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meresmikan Paviliun Indonesia di Katowice, Polandia. (Novi-detikcom)

Ditekankan Menteri Siti bahwa dibutuhkan lebih banyak inovasi dalam menghadapi perubahan iklim, khususnya untuk mempercepat tindakan-tindakan iklim.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan bahwa dalam dua pekan ke depan di Paviliun Indonesia, akan ada sesi diskusi untuk menunjukkan upaya tindakan-tindakan iklim Indonesia dari level nasional hingga ke level bawah dan juga untuk mencari inovasi tindakan iklim baru untuk diterapkan di masa depan,” harapnya.

“Saya juga ingin menggaungkan pentingnya multi-stakeholders dalam tindakan-tindakan iklim. Setiap aktor sama pentingnya. Tidak ada yang lebih superior di atas yang lain. Setiap aktor memiliki peran masing-masing, sesuai kemampuan mereka,” sebut Menteri Siti.

“Kami, sebagai pemerintah, telah dan akan terus memberikan kerangka kerja yang layak untuk menempatkan semua aktor dalam keselarasan,” imbuhnya.

Indonesia, menurut Menteri Siti, harus berkolaborasi untuk memerangi perubahan iklim dan juga memperluas kemitraan dengan komunitas internasional. Ditegaskan Menteri Siti bahwa Indonesia akan berbagi pengalaman dalam tindakan-tindakan iklim kepada dunia dan juga belajar dari negara-negara lain untuk masa depan menghadapi perubahan iklim.

“Paviliun Indonesia pada COP24 UNFCCC tidak hanya akan menunjukkan dan berbagai tindakan iklim terbaru di Indonesia, tapi juga memberikan informasi soal keindahan Indonesia dan menunjukkan kekayaan budaya Indonesia,” tandasnya.

Paviliun Indonesia Turut Ramaikan COP24 di KatowiceFoto: Paviliun Indonesia turut meramaikan Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP24 di Katowice, Polandia (Novi-detikcom)

Paviliun Indonesia di Katowice ini dipersiapkan selama 10 bulan sejak Februari 2018. Dalam prosesnya, persiapan Paviliun Indonesia ini dilakukan bekerja sama dengan banyak pihak, tidak hanya badan pemerintahan tapi juga sektor swasta dan LSM.

Dr Agus Justianto dari Komisi Penyelenggara Paviliun Indonesia, yang juga Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), memaparkan tujuan-tujuan dari Paviliun Indonesia dalam COP24.

Paviliun Indonesia Turut Ramaikan COP24 di KatowiceFoto: Paviliun Indonesia turut meramaikan Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP24 di Katowice, Polandia (Novi-detikcom)

Di antaranya, menyampaikan perkembangan terbaru soal upaya-upaya Indonesia dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, kemudian mempromosikan inovasi dan tindakan Indonesia kepada dunia dalam mengendalikan perubahan iklim dan menampilkan soft diplomacy dan membangun jaringan pihak-pihak dalam upaya mengendalikan perubahan iklim, khususnya di level internasional.

Selain menampilkan bermacam program termasuk 53 sesi diskusi panel, dialog, acara networking dan pertunjukan budaya, Paviliun Indonesia juga memberikan makanan tradisional serta souvenir unik Indonesia.
(nvc/nvl)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *