Fungsi Relay Pada Mobil, Membuat Lampu Lebih Terang

Liputan6.com, Jakarta Berbicara soal mobil memang tak ada habis-habisnya. Bagi para pemilik kendaraan roda empat, terkadang mereka merasa tak puas dengan penampilan kendaraannya. Agar tampil berbeda dan lebih sempurna, biasanya kendaraan mereka akan dimodifikasi.

Memodifikasi bagian-bagian mobil memang bukan lagi hal yang asing, terutama di kalangan penggemar otomotif. Biasanya, modifikasi bagian-bagian mobil dilakukan supaya tampilan mobil tampak lebih keren.

Apalagi bagi yang memang sudah hobi, meskipun harus merogoh kocek yang cukup besar, modifikasi bagian mobil dianggap sesuatu yang biasa bahkan harus dilakukan.

Beberapa bagian mobil yang sering dimodifikasi seperti velg mobil, kaca mobil, mesin mobil ataupun akseseoris mobil. Salah satu komponen mobil yang menarik hati Anda, mungkin relay pada mobil. Nah, sebenarnya apa sih fungsi relay pada mobil?

Berikut Liputan6.com rangkum fungsi relay pada mobil, dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019), simak dan baca sampai habis. Artikel ini mencantumkan beberapa fungsi relay pada mobil ini yang tidak patut untuk kamu lewatkan.

2 dari 3 halaman

Pengertian Relay

Relay adalah komponen yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik dalam arus yang besar namun dikendalikan dengan listrik arus kecil. Di dalam sistem kelistrikan mobil, ada dua macam relay yaitu tipe resistor dan tipe elektromagnetik.

Dari kedua jenis relay ini, yang paling banyak digunakan dalam sistem kelistrikan mobil adalah relay tipe elektromagnetik. Kelebihan dari penggunaan relay pada lampu mobil Selain biaya perawatannya lebih murah, juga membuat lampu menjadi lebih terang.

Pemasangan relay pada instrumen kelistrikan mobil biasanya dipasangkan pada rangkaian sistem kelistrikan mobil yang membutuhkan arus besar seperti headlamp, horn atau klakson, sistem AC, sistem radiator dan lain sejenisnya.

3 dari 3 halaman

Fungsi Relay Pada Mobil

Dengan memasangkan relay pada sistem kelistrikan mobil tentu saja memiliki banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa Anda peroleh, fungsi relay pada mobil di antaranya sebagai berikut ini:

1. Sebagai Saklar atau Switch Elektromagnetik

Pemasangan relay pada mobil dapat difungsikan sebagai saklar atau elektromagnetik switch yang kerjanya dikendalikan oleh magnet listrik.

Cara kerja dari relay adalah bagian kumparan menghasilkan gaya magnet saat sedang dialiri oleh arus listrik yang melalui terminal 85 dan 86. Sedangkan terminal 30 dan 87 dihubungkan saat kemagnetan menarik pada bagian kontak point.

2. Memperpanjang Usia Saklar

Dengan menggunakan relay pada sistem kelistrikan mobil Anda yang membutuhkan arus listrik yang besar, maka arus listrik tersebut tidak akan melewati saklar kembali setelah pemasangan relay.

Saklar hanya digunakan untuk membangkitkan induksi magnet yang ada pada relay, sedangkan arus nya akan dialirkan dari baterai menuju ke beban yaitu lampu, kompresor AC, horn, dan lainnya.

Dengan kondisi tersebut, maka bisa meminimalisir bunga api yang sering terjadi di dalam saklar atau switch. Sehingga membuat saklar lampu tidak mudah rusak dan awet dalam penggunaan.

3. Membuat Nyala Lampu Lebih Terang

Pemasangan relay lampu membuat nyala lampu menjadi lebih terang. Komponen relay akan menguatkan arus listrik yang menuju bagian lampu, sehingga membuat nyala lampu menjadi lebih terang. 4. Mengurangi Hambatan Arus/Menaikkan Arus

Dengan tambahan relay pada mobil Anda maka akan membuat daya dari baterai akan diterima langsung oleh beban seperti lampu, klakson, dan lainnya tanpa harus melewati saklar.

Sehingga penambahan relay akan memperndek rangkaian yang akan membuat arus listrik tidak akan berkurang atau melemah. Hal ini juga akan berkaitan dengan nyala lampu yang menjadi lebih terang serta nyala klakson yang lebih nyaring.

5. Melindungi Saklar Kombinasi

Fungsi lainnya dari pemasangan relay adalah dapat digunakan untuk melindungi saklar kombinasi atau switch dari panas mobil. Hal ini akan mencegah saklar lampu menjadi tidak meleleh akibat panas yang ada.

6. Membuat Kunci Pengaman

Fungsi relay pada mobil lainnya adalah dapat digunakan untuk membuat kunci pengamanan. Pemasangan relay tersebut menggunakan prinsip kerja yaitu memutus serta menghubungkan saklar dengan arus listrik yang berukuran lebih kecil.

Harga relay tambahan untuk lampu depan mobil dengan kabel, skun, soket dan sekring ini berada pada kisaran Rp 100.000 sampai Rp 180.000. Sedangkan harga relay perbiji yang bisa dipakai untuk keperluan relay lampu sendiri bervariasi mulai dari Rp 25.000 per biji.

Nah itu tadi beberapa fungsi relay pada mobil yang perlu Anda ketahui. Tak hanya pada mobil saja, penggunaan relay juga dapat digunakan pada sepeda motor. Bagimana, apakah Anda tertarik memelikinya? Jangan lupa, utamakan kebutuhan, baru tampilan, ya!

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

Mobil Bekas Banjir Mudah Dikenali, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta – Mobil bekas saat ini masih menjadi pilihan bagi masyarakat Tanah Air yang membutuhkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau atau penghobi mobil klasik.

Saat hendak membeli mobil banyak kondisi kendaraan yang sebaiknya dihindari. Salah satunya, mobil bekas banjir yang akan mendatangkan kerugian cukup besar meskipun sudah dilakukan servis oleh pemilik sebelumnya.

Nah, saat membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak memilih mobil bekas banjir.

“Saat inpeksi kami menjamin kendaraan akan ketahuan apakah bekas banji atau tidak. Karena memang ada poin-poin penting untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir,” kata Jeffrey Andika, CEO OtoSpector.

Jeffrey menambahkan, terdapat empat ciri mobil bekas banjir, salah satunya bau tidak sedap pada interior mobil.

“Terdapat endapan kotoran atau lumpur yang tidak wajar pada sudut dan sela interior. Karat dan korosi menyeluruh dan terdapat kerusakan mesin,” ujar Jeffry.

Karena itu sebaiknya calon konsumen lebih teliti saat memeriksa kondisi mobil bekas yang hendak dibeli. Gunakan waktu disiang hari agar terlihat jelas kondisi mobil secara keseluruhan.

2 dari 2 halaman

Tips Merawat Mobil Usai Kehujanan

Beberapa hari belakangan, intensitas hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih cukup tinggi. Bahkan, terkadang hujan turun di jam-jam sibuk, seperti pagi hari saat orang berangkat kerja, atau sore hingga malam hari saat orang-orang pulang kerja.

Nah, bagi pemilik mobil, sebaiknya jangan malas untuk mengelap mobil yang terkena hujan saat tiba di tempat tujuan. Pasalnya, jika air hujan tidak segera dilap dan dibiarkan mengering sendiri akan berefek terhadap cat mobil.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, air hujan menyimpan kandungan tidak kasat mata yang berisiko menimbulkan masalah pada mobil.

Jika air hujan di daerah yang berada di dekat laut, biasanya memiliki kandungan garam lebih banyak . Kandungan garam pada air hujan mengandung PH antara 3 sampai 5 yang cenderung basa, dan berisiko menimbulkan karat pada bodi mobil.

Jika Anda tinggal atau bekerja di derah perkotaan dan pabrik juga punya polusi yang tinggi, hal ini juga patut diwaspadai. Ketika polusi ini menyatu dengan udara dan bertemu dengan uap air di langit, hujan yang turun juga akan membawa polutan kembali ke bawah.

Karena itulah, sangat disarankan jika mobil terkena air hujan di daerah manapun, setelah sampai di tujuan, segeralah dibasuh memakai air biasa, lalu dilap sampai kering. Hal ini harus segera dilakukan karena kalau tidak risiko timbul jamur dan karat baik itu di kaca maupun bodi semakin besar.

Terlebih jika setelah kena air hujan, tiba-tiba kemudian cuaca panas lagi dan air tersebut kering dengan sendirinya karena sinar matahari, proses timbulnya jamur dan karat bisa menjadi lebih cepat.

Penggunaan lap sangat disarankan untuk dibedakan. Lap yang sudah digunakan untuk bodi mobil, jangan lagi dipakai untuk mengelap bagian mobil lain yang terkena hujan, seperti bagian kaca.

Kenapa harus dibedakan? Karena jika memakai lap yang sama, risiko bodi mobil atau kaca mobil tergores dengan partikel-partikel kecil yang terbawa saat mengelap bagian yang lain menjadi lebih besar.

Meski Punya Keterbatasan, 5 Wanita Ini Mampu Jadi Model Internasional

Liputan6.com, Jakarta – Meski dianggap memiliki keterbatasan, sejumlah wanita ini berhasil mematahkan stereotip bahwa seorang model perempuan itu harus super cantik, kulit putih, rambut panjang hingga tinggi semampai.

Selama bertahun-tahun, industri modelling dituding sangat bersifat homogen. Hanya menunjukkan keindahan dan kemolekan seorang peraga dari satu sisi tanpa menunjukkan keragaman sama sekali.

Cantik dan tampan, begitu kriteria yang selalu dicari untuk mengisi panggung runway dalam sebuah pagelaran busana.

Namun, seiring berjalannya waktu kriteria semacam itu semakin pudar, standar kecantian pun turut bergeser dan para model dengan rupa beragam pun kian muncul ke permukaan.

Hal semacam ini tentu membuat banyak orang percaya diri akan kemampuannya di bidang modeling.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist.com, Senin (11/9/2017), berikut 5 model unik dan inspiratif yang mengubah pandangan banyak orang:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Melanie Gaydos

Melanie Gaydos berhasil mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang peragawati meski dengan fisiknya yang dianggap tak sempurna. Sebagian orang bahkan tega menyebutnya ‘mengerikan’.

Melanie lahir 29 tahun lalu di Connecticut, Amerika Serikat. Sejak lahir, ia mengalami kondisi ectodermal dysplasia yang merupakan keabnormalan pertumbuhan gigi, pori-pori kulit, kuku, bahkan tulang.

Melanie juga mengidap kondisi bilateral cleft palette dan alopecia, yang membuat rambut dan bulu tubuhnya tidak bisa tumbuh. Hasilnya, ia tidak memiliki gigi juga tidak berambut. Alis dan bulu mata pun absen. Secara keseluruhan, penampilan fisik Melanie berbeda dengan para wanita kebanyakan.

Selain itu, kondisi alopecia yang diidapnya mengakibatkan bulu-bulu justru tumbuh di dalam kulit. Pertumbuhan bulu matanya memiliki dampak terhadap kornea, mengakibatkannya mengalami buta sebagian.

Namun, Melanie tak menyesali penampilan fisiknya. Juga tidak menghalanginya mengejar mimpi.

Suatu hari, kekasih Melanie mengajaknya mencoba kesempatan di dunia modeling. Suatu hari, ia menerima surat dari fotografer terkenal Spanyol Eugenio Recuenco. Melalui surat, sang fotografer menyatakan kekagumannya pada keunikan Melanie. Ia pun tidak menyangka dan sangat bersemangat dengan tawaran di depan mata itu.

Eugenio yang terkesan dengan foto-foto Melanie mengajak gadis itu terbang ke Berlin. Di sana Melanie membintangi video musik band Jerman Rammstein, yang disutradarai oleh Eugenio.

New York Fashion Week merupakan debut Melanie berjalan di runway. Bekerjasama dengan desainer fesyen Nina Athanasiou, ia bereksperimen mengenakan gaun couture berhiaskan bulu-bulu burung sintetis dan sepatu berhak tinggi.

3 dari 6 halaman

2. Winnie Harlow

Winnie Harlow menderita penyakit Vitiligo, yaitu hilangnya pigmen atau warna kulit ditandai munculnya bercak-bercak putih yang bermunculan di sekitar lutut, bibir, badan, tangan dan di atas mata.

Tumbuh dengan vitiligo bukanlah hal yang mudah, Winnie mulai mengalaminya sejak usia 4 tahun. Sejak itu, ia mengalami intimidasi dari teman-teman sekolah yang sering kali memanggilnya ‘sapi’ — kulitnya belang di beberapa bagian sehingga mirip corak kulit sapi.

Namun, penindasan yang ia alami tak membuatnya patah semangat. Sebaliknya, Winnie justru semakin tegar.

Winnie malah membuktikan bahwa kekurangannya adalah sebuah keunikan, yang akan mengantarkannya mencapai sukses.

Berkat kontes yang digagas oleh Tyra Banks, perempuan bernama asli Chantelle Brown Young ini menemukan pijakannya sebagai model.

Banks melihat Winnie yang mempunyai tinggi 177 cm pada akun Instagramnya, dan membujuknya untuk mengikuti audisi America’s Next Top Model.

Beberapa prestasinya adalah menjadi model merek Desigual dari Spanyol, Ashish Spring/Summer 2015 London Fashion Week Show dan membintangi Diesel’s 2015 Campaign.

Tidak hanya itu, Winnie yang memiliki kulit belang di beberapa bagaian tubuh itu juga menjadi peran utama dalam video ‘Guts Over Fear’ yang dinyanyikan oleh Eminem featuring Sia. Bahkan Winnie juga diterbangkan ke Inggris oleh fotografer terkenal Nick Knight untuk menjadi subyek profil ternama “SHOW Studio Project”.

4 dari 6 halaman

3. Madeline Stuart

Menderita down syndrome atau keterbelakangan mental tak menyurutkan mimpi wanita berusia 20 tahun asal Brisbane, Australia bernama Madeline Stuart untuk menjadi seorang model. Meski berkebutuhan khusus, ia mampu mewujudkan cita-citanya tersebut.

Suatu hari, ia menyampaikan mimpinya tersebut kepada sang ibu. Ketika berhadapan dengan orangtuanya, Stuart bertekat untuk terjun dalam dunia modeling.

Sang ibu yang bernama Maddy, menganggap disabilitas yang diderita anaknya merupakan hadiah dari Tuhan.

Untuk mewujudkan impian sang anak, Maddy meminta bantuan sahabatnya Jamie Lea dan kekasihnya Robbie untuk mencari agensi model yang pas bagi Stuart.

Kepopuleran Stuart kian meroket setelah kehadirannya di sosial media menginspirasi banyak orang.

Dalam waktu kurang dari dua pekan, pengikut Maddy di Facebook mencapai 150 ribu, dan Instagram-nya memiliki lebih dari 16. ribu followers.

Seiring dengan keberhasilan di dunia maya, kisah Maddy pun banyak dipublikasikan di media populer salah satunya seperti BuzzFeed dan website The Today Show.

5 dari 6 halaman

4. Jillian Mercado

Lahir di New York, Amerika Serikat pada 30 April 1987, Jillian Mercado didiagnosis mengalami distrofi otot spastik dan harus duduk di kursi roda sejak usia tiga tahun.

Distrofi adalah kondisi di mana bagian tubuh melemah atau mengecil. Dalam kondisi distrofi otot, maka terjadi kelemahan kemampuan gerak otot pada tubuh.

Sejak awal, Jillian Mercado memang ingin menjadi seorang model. Untuk itu, ia mencari sosok yang mengalami keterbatasan serupa yang pernah menjadi model. Namun sayang, ia tak menemukan orang tersebut.

Hal itu dimaksudkan agar Jillian Mercado belajar dari orang tersebut dan percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki.

Semakin dewasa, Mercado kian memelajari pemasaran fashion di Fashion Institute of Technology New York. Pada tahun 2011, ia tampil dalam kampanye pertamanya untuk merek pakaian berbahan denim. Kemudian, ia berhasil bergabung bersama IMG Models — sebuah agensi terkenal.

Kariernya sebagai model kian memuncak setelah pada tahun 2016 terpilih sebagai satu dari tiga model yang muncul dalam kampanye terbaru untuk situs resmi Beyonce.

6 dari 6 halaman

5. Nyakim Gatwech

Nyakim Gatwech, seorang model dari Sudan Selatan yang mengajak para wanita untuk tidak malu dengan kulit gelapnya. Dengan tekad keras dan kulitnya, ia mendobrak anggapan konvensional bahwa wanita cantik adalah yang berkulit putih.

Selama ini ia kerap menerima cemoohan dan cacian akan warna kulitnya tersebut. Bahkan, ia pernah menerima ujaran kebencian dari seorang sopir taksi yang ia naiki.

“Ia menyuruhku untuk mencoba memutihkan kulitku dengan bahan kimia. Aku hanya tertawa mendengarnya,” ujar Nyakim seperti dilansir dari Bored Panda.

Komentar-komentar negatif tersebut tidak pernah membuatnya berkecil hati. Baginya, warna kulitnya adalah warna yang elegan dan indah.

Tak hanya itu, ia mencoba mengubah anggapan tersebut dengan menjadi model sekaligus bersuara bagi orang-orang kulit hitam. Nyakim kini tinggal di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, untuk mengejar mimpinya berkarir di industri fashion.

Meski dia masih menerima pesan dan komentar bernada kebencian, Nyakim Gatwech menolak untuk menghabiskan waktunya mempermasalahkan hal tersebut. Nyakim tak lagi menanggapi ujaran negatif dan lebih memilih fokus pada hidupnya.

Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Soal Pernyataan Selang Cuci Darah di RSCM

Jakarta – Advokat yang tergabung dalam organisasi masyarakat Harimau Jokowi mengajukan gugatan perdata terhadap Capres Prabowo Subianto, terkait pernyataan selang cuci darah di RSCM bisa dipakai lebih dari 1 orang. Gugatan dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Gugatan tersebut didaftarkan dengan nomor 76/Pdt.G/2019/Pn.JktSel. Adapun pihak yang digugat Harimau Jokowi yakni, tergugat I Prabowo Subianto baik selaku pribadi maupun Capres, tergugat II Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, tergugat III Badan Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan turut tergugat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

“Hari ini Pimpinan Pusat Harimau Jokowi telah melayangkan gugatan perdatanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap kasus pembohongan publik yang dilakukan Prabowo Subianto, baik dalam kapasitasnya sebagai pribadi, Ketum Partai Gerindra dan kita juga ajukan kepada BPN Prabowo-Sandiaga,” kata Ketua Harimau Jokowi, Saiful Huda, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Soal Pernyataan Selang Cuci Darah di RSCMFoto: Advokat yang tergabung dalam ormas Harimau Jokowi mengajukan gugatan perdata terhadap Capres Prabowo Subianto, terkait pernyataan selang cuci darah di RSCM (Yulida-detikcom).

Ia mengatakan Prabowo melakukan kebohongan publik mengenai pernyataannya yang menyebut selang cuci darah bisa dipakai lebih dari satu orang di RSCM bagi pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Menurut Saiful perbuatan Prabowo itu menimbulkan kecemasan publik.

“Kebohongan publiknya yang mengatakan RSCM telah melakukan pelayanan publik yang salah yang kebohongan itu terkait 1 selang yang mestinya digunakan 1 orang tapi digunakan 40 orang, (selang) alat cuci darah itu. Padahal menurut RSCM itu salah besar kami tidak melakukan itu kata pihak RSCM ya satu selang ya untuk 1 orang,” ujarnya.

Saiful mengaku sudah menemui pihak manajemen RSCM untuk menjadikannya pihak turut tergugat dalam gugatan. Oleh karenanya ia berharap pihak RSCM mau bersaksi di pengadilan terkait isu tersebut.

“Sebetulnya kami datang ke sana untuk membuat pemberitahuan kepada pihak RSCM bahwa RSCM akan kita libatkan dalam gugatan perdata ini. Tetapi itu bukan sebagai pihak tergugat melainkan turut tergugat agar RSCM sungguh sungguh memberikan kesaksian di dalam pengadilan nanti,” ujarnya.

Menurut Saiful, Prabowo melanggar Pasal 34 ayat 3 a dan b UU tentang partai politik, serta Pasal 1364 KUH Perdata sebagai perbuatan melawan hukum. Menurutnya setelah 2 minggu sejak didaftarkan, penggugat baru akan mendapatkan jadwal sidang.

Sementara itu kuasa hukum Harimau Jokowi, Petrus Selestinus mengatakan akan mengajukan gugatan pidana ke Bareskrim Polri mengenai pernyataan Prabowo itu. Laporan itu akan diajukan dalam waktu dekat.

“Jadi laporan pidana ke Mabes Polri karena Prabowo sebagai calon pemimpin harusnya sikapnya seorang negarawan. Kalau negarawan itu berbicara dan bersikap ke publik harus menyampaikan hal-hal yang benar. Tapi Prabowo justru menyampaikan berita bohong yang seharusnya dia patut menduga bahwa apa yang disampaikan terhadap publik tentang 1 selang dipakai beberapa pasien cuci darah itu harusnya didukung dengan bukti. Dan tujuan dia itu tidak lain untuk menjatuhkan pemerintahan Jokowi sekaligus menjatuhkan reputasi RSCM,” kata Petrus.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyampaikan tentang satu selang alat cuci darah pasien di RSCM pernah dipakai oleh 40 orang. Hal itu disampaikan dalam ceramah akhir tahun yang digelar di kediamannya di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018). Video itu kemudian diunggah dalam halaman Facebooknya.

Dalam ceramahnya, Prabowo membahas banyak hal, di antaranya menyebut banyak uang di negara ini mengalir ke luar sehingga tidak cukup untuk melayani bangsa Indonesia. Salah satunya masalah kesehatan. Dia mengatakan ada dokter tidak digaji hingga menjadi problem di rumah sakit.

“Saya dapat laporan di RSCM ada alat pencuci ginjal dan seharusnya hal itu punya saluran-saluran dari plastik, dari karet, dan tentunya dipakai satu orang satu kali. Saya dengar ada yang melaporkan kepada saya di RSCM hari ini dipakai 40 orang,” ujar Prabowo.
(yld/nvl)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hati-Hati, WhatsApp Dipakai Buat Penipuan Tiket Pesawat Gratis

Liputan6.com, Jakarta – Penipuan lewat aplikasi pesan WhatsApp kian masif. Kali ini, WhatsApp dipakai untuk menyebarkan pesan yang isinya bagi-bagi tiket pesawat Singapore Airlines gratis.

Upaya penipuan ini tersebar melalui screenshot pesan WhatsApp dengan tulisan, “Singapore Airlines memberikan give away tiket gratisan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Dapatkan tiket gratis di http://www.singaporeair.com-ticketsfree.win”

Tentunya, pesan tersebut hanya upaya penipuan berkedok phishing yang dikirimkan oleh pihak tak bertanggung jawab dengan tujuan mendapatkan data pengguna.

Singapore Airlines memperingatkan, tautan web yang disebar di penawaran tiket gratis itu sebenarnya merupakan upaya pencurian data pengguna.

Peredaran link phishing itu langsung dibantah oleh pihak Singapore Airlines.

Penipuan phishing lewat WhatsApp dengan iming-iming tiket pesawat Singapore Airlines gratis (Foto: Strait Times)

“Kami ingin menyarankan pelanggan untuk selalu bertindak bijaksana ketika mengungkapkan data pribadi ke sumber atau link yang tidak diverifikasi,” kata Singapore Airlines dalam unggahannya, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Strait Times, Senin (21/1/2019).

Seorang juru bicara Singapore Airlines mengatakan, saat ini maskapai tengah bekerja sama dengan vendor keamanannya untuk menghapus laman phishing tersebut.

2 dari 3 halaman

Imbau Pelanggan Berhati-hati

Maskapai Singapura itu juga menyarankan kepada pelanggannya untuk terus berhati-hati terhadap unggahan di media sosial dan situs web phishing, terutama yang tampak mirip dengan situs web resminya, yakni singaporeair.com.

Siapapun yang ingin melakukan verifikasi apakah situs web, email, atau panggilan terkait benar-benar merupakan milik Singapore Airlines bisa melalui saluran media sosial resminya atau laman web singaporeair.com.

3 dari 3 halaman

Bukan Hanya Sekali

Ini bukan pertama kalinya terjadi penipuan dengan iming-iming tiket pesawat.

Pada Juni lalu, Strait Times juga melaporkan sebuah situs palsu yang berupaya menipu pengguna dengan iming-iming tiket seharga US$ 1 untuk perayaan ulang tahun ke-45.

Selanjutnya, bulan Maret lalu, Singapore Airlines juga memperingatkan pelanggannya tentang penipuan yang disebar melalui email dan panggilan.

Tidak hanya maskapai dan pelaku bisnis lainnya, para penipu juga menirukan pihak kepolisian Singapura dengan laman web palsu untuk menipu dan mendapatkan data personal pengguna internet.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Harapan Setelah Edy Rahmayadi Tak Lagi Rangkap Jabatan

Jakarta – Mundurnya Edy Rahmayadi dari Ketum PSSI mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Mereka berharap Edy bisa lebih fokus memimpin Sumatera Utara.

Mundurnya Edy disampaikan dalam Kongres PSSI yang digelar hari Minggu (20/1/2019) di Nusa Dua, Bali. Edy merasa gagal memenuhi target selama memimpin PSSI.

“Mudah-mudahan siapapun jadi Ketum PSSI orang-orang yang masuk surga. Begitu berat saya rasakan. Untuk itu sampaikan ke rakyat PSSI ini milik rakyat seluruh Indonesia yang diwakilkan ke kita. Saya tak mampu lakukan ini saya mohon maaf,” ujar Edy pada Kongres Tahunan PSSI.


Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung keputusan Edy. Bamsoet menyebut Edy secara jantan mengakui kegagalannya.

“Keputusan pengunduran diri Ketum PSSI Edy Rahmayadi patut kita hargai. Secara gentle Edy mengakui mundur sebagai Ketum PSSI karena gagal menjalankan tugas sebagai pucuk pimpinan PSSI. Sangat jarang pimpinan yang mau mengakui kegagalan dan mundur dari jabatan yang diembannya,” kata Bamsoet kepada wartawan.

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria memberikan dukungan serupa. Apalagi, Edy diusung partainya saat maju ke Pilgub Sumut 2018. Riza berharap, Edy bisa dengan optimal menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Sumut.

“Tentu Gerindra memutuskan mendukung Pak Edy dengan pertimbangan yang matang, dengan teliti dan seksama dan kami yakin Pak Edy mundur dan kami yakin Pak Edy memiliki perubahan signifikan bagi masyarakat Sumut,” ujar Riza saat dihubungi.

Sedangkan, Wakil Ketua Komisi X DPR dari F-Golkar Hetifah Sjaifudian menyebut Edy sudah memikirkan masak-masak keputusannya mundur dari Ketum PSSI. Apalagi, Edy dikatakan harus mengurus provinsi Sumut.

“Kalau saya pertama, ini keputusan pribadi yang bersangkutan, kita apresiasi. Terutama karena beliau di Sumut ada beberapa persoalan-persoalan yang mungkin harus menuntut dedikasi. Dia juga punya beberapa inovasi atau gagasan. Itu mungkin keputusan yang sudah dipikirkan matang,” ujar Hetifah kepada wartawan.

Edy mulai merangkap jabatan sebagai Ketum PSSI-Gubernur Sumut sejak 5 September 2018 usai dilantik Presiden Jokowi menjadi kepala daerah. Mundurnya Edy dari PSSI menyudahi 4,5 bulan rangkap jabatannya.
(dkp/jor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Reaksi Warganet Usai Edy Rahmayadi Mundur dari Ketum PSSI

Jakarta Edy Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI, Minggu (20/1/2019). Keputusan itu mendapatkan pujian dari warganet yang menilai Edy bersikap jantan.

Keputusan mundur itu diungkapkan Edy Rahmayadi dalam pidatonya ketika membuka Kongres Tahunan PSSI di Bali. Edy juga memohon maaf kepada semua pihak jika dalam kepemimpinannya di PSSI melakukan perbuatan atau perkataan yang tidak baik.

“Saya serahkan bendera ini (PSSI). Saya berhenti dengan sah detik ini, saya tinggalkan dan kepemimpinan ini akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini,” kata Edy Rahmayadi.

“Saya mohon maaf sekali lagi apabila ada kata-kata saya yang tidak tepat dan apabila ada perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Saya hanya manusia biasa yang berusaha berbuat yang terbaik,” lanjut Edy, yang juga Gubernur Sumatra Utara itu.

Seorang warganet menilai keputusan mundur Edy Rahmayadi bagus untuk sepak bola Indonesia. Akun bernama @Ridhobono berharap agar pengurus PSSI yang lainnya meniru sikap jantan Edy.

“Allahuakbar…Anda benar-benar berjiwa besar Pak Edy Rahmayadi. Ini menjadi contoh yang baik buat sepak bola Indonesia. Ini terbaik untuk sepak bola Indonesia. Semoga diikuti seluruh pengurus di bawahnya,” kicau akun @Ridhobono.

“Sikap Edy Rahmayadi patut ditiru. Berani mundur dari jabatannya. Mantap,” ucap akun @gitaprayudi.

Sementara itu, ada pula yang menyesalkan keputusan mundur Edy Rahmayadi yang membuat tongkat estafet pimpinan PSSI beralih ke Joko Driyono. Menurut Nanda Mahardiya, hal itu sama sama tak akan membawa perubahan ke tubuh PSSI.

“Edy Rahmayadi mundur dari Ketum PSSI, gantinya sementara Joko Driyono.. Yo podo wae! Sami mawon! Sama Aja! Ra Mutu!!,” ujarnya dalam akun @nandamaharditya.

Dengan mundurnya Edy Rahmayadi, tongkat kepemimpinan PSSI saat ini dipegang Joko Driyono. Seusai berpidato, Edy pun langsung meninggalkan lokasi kongres PSSI yang berada di Sofitel, Nusa Dua, Bali.

Penyebar Hoax Ijazah Palsu Jokowi Terancam 3 Tahun Bui

Jakarta – Polisi menangkap Umar Kholid Harahap (28) yang diduga menyebarkan kabar bohong (hoax) Presiden Joko Widodo (Jokowi) berijazah palsu. Atas perbuatannya, Umar terancam pidana 3 tahun penjara.

“Betul, tersangka adalah ditangkap dan saat ini masih diperiksa,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo ketika dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (19/1/2019).

Umar disangkakan pasal berlapis yakni Pasal 14 ayat 2, Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946, dan/atau Pasal 207 KUHP. Dari ketiga pasal tersebut, ancaman hukuman paling tinggi ada di Pasal 14 ayat 2 UU 1/1946.


Bunyinya sebagai berikut:

Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

Polisi menangkap Umar pada Sabtu (19/1) dini hari pukul 00.30 WIB di kediamannya, Bekasi Timur, Jawa Barat.

Umar menyebarkan hoax ijazah Jokowi palsu lewat akun media sosial Facebook miliknya. Umar beralibi membuat posting-an untuk mencari tahu kebenaran soal ijazah Jokowi palsu.

Kepala SMAN 6 Surakarta memastikan ijazah Jokowi asliKepala SMAN 6 Surakarta memastikan ijazah Jokowi asli (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

“Yang bersangkutan sengaja menyebarkan berita hoax dengan menggunakan akun FB-nya. (Motif) untuk mengetahui kebenaran tentang berita ijazah tersebut,” ujar Dedi.

Sama seperti pernyataan pihak sekolah, Dedi menyatakan ijazah Jokowi asli. “Ijazah Pak Jokowi adalah asli, sesuai penjelasan sekolah,” ucap Dedi.

Umar tidak ditahan. Dia diperiksa di Direktorat Siber Bareskrim Polri. Penyidik menyita beberapa barang bukti dari tersangka, antara lain satu ponsel beserta dua buah SIM card, satu akun Facebook, dan e-mail milik tersangka. Untuk memperkuat alat bukti penyidikan, polisi melakukan tahapan digital forensik terhadap barang bukti yang disita.

Sebelumnya, ijazah SMA Jokowi dituding palsu lantaran tertulis lulus pada 1980. Netizen menganggap SMAN 6 Surakarta tempat Jokowi bersekolah baru berdiri pada 1986. Sementara di ijazah Jokowi tertuliskan SMPP. SMPP adalah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan yang merupakan cikal bakal SMAN 6 Surakarta.

Kepala SMAN 6 Surakarta, Agung Wijayanto, mengatakan Jokowi merupakan siswa SMPP. Dia memastikan ijazah Jokowi tersebut asli.

“Iya benar ijazahnya asli. Cuma memang capnya berbeda, tulisannya SMPP (SMA 6),” kata Agung saat ditemui detikcom di SMAN 6 Surakarta, Kamis (17/1).
(jbr/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rendahnya Produktivitas Tebu Bikin Impor Gula Melambung

Liputan6.com, Jakarta – Rendahnya produktivitas tebu memicu peningkatan impor gula. Saat ini, harga gula lokal tiga kali lebih mahal dibandingkan harga gula di pasar internasional. Tingginya harga gula lokal mengindikasikan adanya biaya produksi yang tinggi di tingkat produsen lokal.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA) 2018, produktivitas perkebunan tebu di Indonesia hanya mencapai 68,29 ton per hektar di 2017. Jumlah ini lebih rendah daripada negara-negara penghasil gula lainnya, seperti Brasil yang sebesar 68,94 ton per hektar dan India yang sebesar 70,02 ton per hektar dalam periode yang sama.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Assyifa Szami Ilman mengatakan, salah satu penyebab rendahnya produktivitas gula lokal adalah banyak pabrik gula di Indonesia yang sudah sangat tua. Pabrik-pabrik gula ini perlu mendapatkan revitalisasi mesin produksi. Belum lagi mempertimbangkan kualitas tebu yang ditanam yang dipengaruhi oleh faktor geografis dan iklim lokal.

“Menekan impor gula bukan pekerjaan mudah. Menekan impor gula dapat dilakukan apabila produksi dalam negeri sudah mencukupi permintaan dan tersedia pada harga yang terjangkau di pasar. Tentunya dengan memiliki komoditas gula yang terjangkau dan tersedia secara lokal, baik produsen maupun konsumen sama-sama beruntung,” jelasnya pada Minggu (20/1/2019).

Berdasarkan data USDA dan BPS pada 2009-2018, harga gula yang beredar di pasaran (gula kristal putih) menunjukkan perbedaan harga dimana harga produk domestik hampir tiga kali lebih mahal dari harga internasional. Dengan kondisi ini, upaya menekan gula impor tentunya dapat berpotensi mengurangi peredaran gula di pasar, yang pada akhirnya bisa meningkatkan harga menjadi jauh lebih mahal lagi. Pada akhirnya, konsumen dan unit usaha UMKM yang menggunakan gula sebagai bahan produksinya akan menanggung kerugian.

“Mempertimbangkan penekanan impor gula bukan merupakan hal yang salah, namun sebaiknya yang patut diutamakan adalah peningkatan daya saing pabrik gula Indonesia dan kebijakan pemerintah yang mendorong modernisasi pabrik gula dapat menjadi salah satu langkah awal yang patut dipertimbangkan untuk menekan harga gula,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Revitalisasi Pabrik Gula Terhambat Keterbatasan Lahan Tebu

Sebelumnya, upaya revitalisasi pabrik gula di Indonesia dinilai masih terhambat oleh lahan tebu yang makin terbatas. Keberadaan pabrik gula dan perkebunan tebu saat ini tidak homogen sehingga terdapat tempat yang kelebihan pasokan, namun juga ada yang kekurangan.

“”Secara umum, kekurangan bahan baku karena terjadi penurunan luas area tanam,” kata Peneliti Agro Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor Agus Pakpahan seperti mengutip Antara, Jumat (18/1/2019)

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang juga sebagai Holding BUMN Perkebunan tengah fokus dalam upaya meningkatkan produktifitas dan kualitas gula, yang menjadi salah satu produk andalan perusahaan.

Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan efisiensi pabrik-pabrik gula miliknya. Efisiensi dilakukan dengan cara meningkatkan kapasitas Pabrik Gula (PG) dan mengurangi PG yang dianggap sudah tak efisien.

Direktur Utama PTPN III Doly Pulungan mengatakan, dalam rangka revitalisasi PG,  dikeluarkan anggaran sekitar Rp 4,7 triliun sejak 2016. 


“Jadi kita regrouping PG ini dan kita tigkatkan kapasitas dan kualitas produksinya. Sejak 2016 sudah Rp 4,7 triliun investasi yang kita keluarkan dan sampai 2022 nanti total kita butuh Rp 13 triliun,” ungkap dia di kantornya, Kamis (6/12/2018).

Seperti diketahui, Holding BUMN Perkebunan ini memiliki roadmap program revitalisasi PG akan selesai pada 2022. Dengan demikian, ditargetkan produksi gula PTPN nanti akan menjadi 1,4 juta ton per tahun dari saat ini hanya sekitar 850 ribu ton per tahun.

Sementara EVP Gula dan Tanaman Semusim PTPN III, Aris Toharisman menjelaskan, sebesar Rp 4,7 triliun yang sudah dikeluarkan ini dialokasikan untuk revitalisasi 7 PG.

Dari 7 PG tersebut diantaranya PG Mojo di Sragen dan PG Rendeng di Kudus. Kedua PG tersebut memiliki kapasitas produksi masing-masing ditingkatkan dari 2.500 TCD menjadi 4.000 TCD.

Kemudian ada PG Gempolkrep di Mojokerto yang kapasitasnya 6.500 TCD ditingkatkan menjadi 10 ribu TCD.

“Yang kapasitas 10 ribu TCD ini akan kita integrasikan dengan pabrik etanol dan produk turunannya,” tegas Aris.

Dia menuturkan, Rp 4,7 triliun diperoleh dari Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 3 triliun dan sisanya berasal dari kas perusahaan.

Sementara sisa investasi sekitar Rp 8,3 triliun akan diusahakan PTPN III dari pinjaman perbankan dan juga kas perusahaan.

PTPN III saat ini tengah merevitalisasi 32 PG. Kapasitas produksi 32 PG tersebut nantinya akan ditingkatkan menjadi minimal 4.000 TCD.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

5 Franchise Makanan Terlaris di Indonesia, Primadona Pecinta Kuliner

Liputan6.com, Jakarta Usaha franchise atau waralaba semakin hari kian diminati para pebisnis pemula. Hal ini disebabkan mudahnya izin mendirikan franchise dan juga tanpa harus brainstorming ide bisnis.

Pasalnya, usaha franchise merupakan usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya, tetap dengan izin penemu usaha, namun dengan mendirikan tempat usaha sendiri. Pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi, lalu bisnis sudah dapat berdiri.

Franchise atau waralaba merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang lebih besar dan kesuksesannya bisa mencapai 70 persen. Terutama franchise yang telah memiliki branding cukup dikenal. Dibandingkan jika menggunakan branding sendiri dan harus melakukan promosi dan pastinya membutuhkan biaya promosi lebih besar.

Saat mencoba memulai usaha franchise, biasanya para pebisnis memilih produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran. Itulah patokan yang harus jadi pertimbangan, apakah sebuah franchise layak dipilih atau tidak. Apalagi, orang-orang cenderung membeli produk yang akrab di telinga.

Meski begitu, sebagian orang juga tidak secara otomatis membeli produk hanya dikarenakan mereknya yang terkenal. Untuk itu, pebisnis franchise tetap harus melakukan upaya-upaya kreatif agar membuat orang-orang tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Dilansir liputan6.com dari merdeka.com, Jumat (18/1/2019), Pengurus Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Bije Widjajanto menyebut bahwa bisnis dengan konsep ini masih akan tetap menarik di tahun 2019.

Waralaba di Indonesia saat ini tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya merupakan brand asing.Dia mengungkapkan, ada tiga jenis waralaba yang paling banyak diminati. Yaitu kuliner, retail dan pendidikan seperti tempat kursus atau bimbel.

Bijie menambahkan, menurut prediksi bisnis yang paling moncer di tahun ini masih tetap sektor kuliner. Terutama menjelang pemilu dan hari raya Lebaran yang jatuh lebih awal dibanding tahun lalu.

Franchise makanan di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Salah satu yang melatarbelakangi pertumbuhan ini adalah paket ekonomi yang digulirkan pemerintah dalam memberikan insentif kemudahan dalam berwirausaha.

Selain itu, dukungan adanya e-commerce yang menawarkan jasa pesan-antar juga memudahkan penggemar kuliner untuk menikmati menu-menu yang ditawarkan pebisnis franchise tanpa harus keluar rumah.

Kehadiran franchise makanan nyaris tak ada matinya. Wajar, mengingat pangan adalah kebutuhan primer, setiap orang pasti butuh makan dan minum tiap hari. Itulah sebabnya bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba.

Lalu, apa saja franchise makanan yang bisa dibilang menjadi primadona masyarakat Indonesia? Berikut Liputan6.com Jumat (18/1/2019) sajikan ulasan lengkap mengenai 5 franchise makanan terlaris di Indonesia.

2 dari 6 halaman

1. Franchise Ayam Goreng

Semua pasti setuju dengan pernyataan franchise ayam goreng adalah franchise makanan terlaris di Indonesia. Pasalnya, dari Sabang sampai Merauke, berbagai jenis ide dikembangkan untuk mengolah daging ayam sehingga menarik perhatian banyak orang.

Nampaknya, mengembangkan olahan ayam goreng tidak akan ada habisnya karena setiap tahun selalu ada saja franchise ayam goreng yang diminati banyak orang.

Contohnya adalah franchise fried chicken atau ayam goreng tepung yang sedari dulu hingga sekarang masih menjadi primadona.

Setelah itu, fried chicken pun dikembangkan menjadi ayam geprek yang banyak diminati banyak orang khususnya penggemar makanan pedas yang bisa memesan jumlah cabe sesuai selera. Tak hanya ayam geprek, chicken wings dengan berbagai baluran rasa pun tidak boleh dilewatkan.

Nama gerai franchise ayam goreng terlaris di Indonesia adalah KFC, McDonald’s, Olive Fried Chicken, Wingstop, Shihlin Taiwan Street Snacks, Crispyku Fried Chicken, dan masih banyak lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Franchise Burger

Selain ayam goreng, franchise makanan yang tak kalah peminat di Indonesia adalah franchise burger. Tak sedikit gerai franchise burger yang tersebar di Indonesia.

Meskipun bukan makanan asli dari Indonesia, junk food ini memang menggoda lidah karena menawarkan kolaborasi roti dan daging dilengkapi dengan sayuran dan saus sambal yang memang menjadi makanan favorit banyak orang. Peluang bisnis franchise burger pun dijamin tidak akan pernah surut.

Contoh franchise burger terlaris di Indonesia adalah Burger King, Mister Burger, Lin’s Burger, Big Burger, Burgerax, dan lain-lain.

4 dari 6 halaman

3. Franchise Es Krim

Franchise es krim adalah satu dari banyak franchise makanan terlaris di Indonesia yang patut untuk dicoba. Es krim memang menjadi camilan favorit khususnya kalangan anak kecil yang menyukai makanan manis.

Di Indonesia, franchise es krim biasanya dijual di kedai khusus maupun kedai kecil yang melayani barang jualan lain.

Contoh franchise es krim terlaris di Indonesia adalah Aice, Manda Ice Cream, BC’s Cone dan lain-lain.

5 dari 6 halaman

4. Franchise Martabak

Penjual martabak dapat dijumpai dengan mudah baik yang berupa gerai khusus maupun abang gerobak di pinggir jalan. Martabak memang bukanlah makanan aneh bagi pecinta kuliner Indonesia.

Namun, dengan berkembangnya kreativitas anak bangsa, berbagai olahan martabak kini semakin marak ditemukan. Misalnya satu martabak manis dengan topping berbagai rasa seperti selai nutella, green tea, buah stroberi, keju, meses, dan lain-lain.

Contoh franchise martabak terlaris adalah Martabak Unyil, Martabak Pandega, Martabak Bangka, Martabak San Fransisco dan sebagainya.

6 dari 6 halaman

5. Franchise Kebab

Franchise makanan dari Timur Tengah ini memang sudah tidak asing lagi dengan lidah masyarakat Indonesia. Sehingga, tidak jarang ditemukan franchise kebab yang biasanya berupa gerobak di pinggir jalan itu.

Contoh franchise kebab terlaris di Indonesia adalah Kebab Turki Baba Rafi, Black Kebab, Kebab Corner, atau Kebab Monzter.


Reporter: Yunisda Dwi Saputri