PASCH Menghubungkan Sekolah ke Jejaring Internasional Lewat Bahasa Jerman

Liputan6.com, Jakarta – Di zaman sekarang ini, kita dituntut menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. Banyak sekolah menengah atas di Indonesia yang mengajarkan bahasa Jerman sebagai bahasa asing kedua. Bahasa Jerman termasuk sangat berkembang jumlah peminatnya, begitu juga di Indonesia.

Terbukti dengan banyaknya sekolah-sekolah di Indonesia yang memberikan jam pelajaran bahasa Jerman dengan didukung oleh berbagai fasilitas, seperti dari pemerintah Republik Federal Jerman melalui Goethe-Institut. Goethe-Institut adalah institusi kebudayaan Jerman yang membina minat penduduk dunia terhadap bahasa dan budaya Jerman.

Pada 2008, Goethe-Institut mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Luar Negeri Jerman untuk menjadi salah satu institusi yang melaksanakan program “Schulen: Partner der Zukunft (PASCH)” atau yang dikenal di Indonesia sebagai Proyek Sekolah: Mitra Menuju Masa Depan.

Program ini berhasil menghubungkan 2.000 sekolah di dunia melalui bahasa Jermanintensif. Dalam 10 tahun program ini juga berhasil meningkatkan minat pembelajaran bahasa Jerman terutama pada siswa-siswi di 29 Sekolah Mitra seluruh Indonesia yang tergabung di dalamnya.

“Proses pemilihan Sekolah Mitra PASCH melalui berbagai macam pertimbangan, seperti bersedia untuk menambah jumlah pelajaran bahasa Jerman, kepala sekolah beserta tim mendukung program-program yang ditawarkan PASCH dan siswa yang berperan aktif dalam program berbahasa Jerman,” jelas Ade Umar Said Schüetz selaku Koordinator Proyek Sekolah: Mitra menuju Masa Depan (PASCH) , dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (1/12/2018).

Ia pun menuturkan bahwa selain menyediakan materi terkini pembelajaran bahasa Jerman untuk para siswa di Sekolah Mitra PASCH, program ini juga menyelenggarakan pelatihan kepada para guru bahasa Jerman.

Tujuannya supaya mereka mempunyai metode pengajaran dan informasi teraktual, serta kompetensi kebahasaan yang lebih tinggi. Sejak 2008, PASCH telah memberikan beasiswa ke lebih dari 10.000 siswa Sekolah Mitra PASCH dari seluruh dunia untuk mengikuti kursus remaja internasional di Jerman selama tiga minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *