Pasca Teror Air Keras, Novel Baswedan Tekuni Tinju

Jakarta

Memasuki dua tahun aksi teror air keras yang merusak dua bola matanya, tinju menjadi olah raga pilihan Novel Baswedan. Penyidik senior KPK itu menilai tinju paling kecil risikonya ketimbang jogging di sekitar kompleks perumahannya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Penglihatan saya kan belum sempurna benar. Kalau berlari atau jalan terus ada jalan yang tidak rata saya bisa jatuh,” kata Novel dalam Blak-blakan yang tayang di detikcom, Rabu (10/4)

Dia membeli sandsack portabel seharga Rp 2 jutaan, dan sarung tinju sekitar Rp 300 ribu. Meski lebih mahal, dia sengaja memilih sandsack portabel karena untuk model yang digantung sulit memasangnya di rumah.

Pasca Teror Air Keras, Novel Baswedan Tekuni TinjuPenyidik Senior KPK Novel Baswedan (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Selain memukul, sesekali Novel juga menendang-nendang sandsack tersebut. Maklum, selain karate, dia juga pernah menekuni bela diri Judo. “Saya sebentar aja kok tinjunya. Ini olah raga yang paling oke untuk menjaga kebugaran dan saya pikir asyiklah melakukannya,” tuturnya.

Sementara untuk makanan, dia mengaku tak punya pantangan khusus terkait dengan kondisi kesehatan matanya. Sejauh hidangan yang ada itu terlihat lezat dan sehat dia akan menyantapnya. “Soal makanan saya bisa makan apapun,” ujar Novel.

Untuk diketahui, lelaki kelahiran Semarang, 22 Juni 1977 itu mendapat teror pada 11 April 2017 seusai salat subuh di masjid dekat rumahnya. Sampai sekarang dia masih harus bolak-balik ke Singapura untuk mengobati bola matanya.

(jat/erd)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pasca 2 Kecelakaan Fatal, Boeing Perbaiki Software 737 MAX

Seattle – Boeing menyatakan pihaknya telah memprogram ulang perangkat lunak (software) pada 737 MAX-nya. Perbaikan itu dilakukan untuk mencegah data yang salah memicu sistem anti-stall yang disorot usai dua kecelakaan fatal dalam 5 bulan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/3/2019), pihak Boeing menyatakan sistem anti-stall yang diyakini telah berulang kali memaksa hidung pesawat lebih rendah dalam setidaknya satu kecelakaan, di Indonesia Oktober lalu, hanya akan melakukannya sekali per peristiwa setelah merasakan masalah, memberikan pilot kontrol lebih.

Sistem ini juga akan dinonaktifkan jika dua sensor aliran udara yang mengukur data penerbangan utama menunjukkan pembacaan yang sangat berbeda. Perusahaan asal Amerika Serikat itu menyatakan bakal melakukan segala cara agar kecelakaan tak lagi terulang.

“Kami akan melakukan segala yang dapat kami lakukan untuk memastikan bahwa kecelakaan seperti ini tidak pernah terjadi lagi,” Mike Sinnett, Wakil Presiden untuk Strategi Produk dan Pengembangan Pesawat Masa Depan.

Pesawat Boeing 737 MAX 8 sebelumnya disorot usai dua kecelakaan fatal yang menewaskan ratusan orang. Kecelakaan pertama terjadi di Indonesia pada Oktober 2018, yaitu saat pesawat Lion PK-LQP jatuh di perairan Karawang dan menewaskan 189 orang.

Peristiwa kedua adalah saat Pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737 MAX 8 yang membawa 157 penumpang dan awak, jatuh saat mengudara ke Nairobi, Kenya pada Minggu (11/3) waktu setempat. Seluruh penumpang dan awak di pesawat itu tewas. Sejumlah negara pun menerbitkan larangan terbang bagi pesawat Boeing 737 MAX 8.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

4 Momen Menyejukkan Pasca Penembakan di Selandia Baru, Damai Itu Indah

Liputan6.com, Jakarta Masih teringat dengan jelas peristiwa serangan penembakan brutal yang terjadi di pusat kota Christchurch pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019 lalu. Pelaku penembakan, Brenton Tarrant, melakukan aksi brutal tersebut di dua masjid yaitu Masjid Al Noor dan Masjid Linwood. 

Aksi tersebut menewaskan sekitar 50 orang dan beberapa orang lainnya terluka. Pelaku penembakan juga diduga merupakan warga negara Australia yang dikenal sebagai anti-imigran dan anti-Muslim. Brenton telah disidang dan telah dijatuhi hukuman sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pasca penyerangan dan penembakan tersebut, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengutuk keras aksi teroris tersebut. Tak hanya ia, hampir seluruh warga Selandia Baru juga memberikan respons yang sama.

Perdana Menteri Ardern bahkan terjun langsung mengunjungi lokasi dan bertemu dengan para keluarga korban menggunakan kerudung sebagai bentuk solidaritas dan toleransi.

Banyak warga non-muslim yang turut memberikan rasa duka terhadap kaum muslim yang menjadi korban penyerangan tersebut dengan meletakkan bunga di depan lokasi masjid Al Noor dan Masid Linwood.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (24/3/2019), 4 momen yang menyejukkan pasca penembakan yang menunjukkan bahwa damai itu indah. 

Senapan Serbu Dilarang Pasca Teror Selandia Baru

Wellington – Pemerintah New Zealand bersikap tegas untuk melawan aksi penembakan di dua masjid di Christchurch. Perdana Menteri (PM) New Zealand, Jacinda Ardern melarang senapan bergaya militer jenis semi-otomatis dan senapan serbu.

Larangan tersebut diberlakukan di bawah undang-undang kepemilikan senjata api baru yang lebih ketat. Melansir Reuters dan AFP, Kamis (21/3/2019), PM Ardern mengharapkan Undang-undang (UU) baru akan mulai diberlakukan pada 11 April mendatang.

“Sekarang, enam hari setelah serangan ini, kami mengumumkan larangan terhadap semua senapan semi-otomatis bergaya militer (MSSA) dan senapan serbu di New Zealand,” tegas PM Ardern dalam pernyataan terbarunya.

Bahkan, untuk mencegah kejadian serupa, PM Ardern menyampaikan skema buyback atau pembelian kembali untuk senjata-senjata yang akan dilarang. Diperkirakan skema itu membutuhkan dana antara NZ$ 100 juta hingga NZ$ 200 juta (Rp 963,1 miliar hingga Rp 1,9 triliun), tergantung jumlah senjata yang diterima dari para pemiliknya.

“Para pemilik senjata yang akan dilarang, saya tahu bahwa kebanyakan dari Anda akan bertindak sesuai hukum. Untuk mengakui hal itu dan untuk memberi insentif atas upaya penyerahan (senjata), kami akan menetapkan skema buy-back. Suku cadang terkait yang biasa digunakan untuk mengubah senjata-senjata ini menjadi tipe MSSA juga dilarang, bersama dengan magasin berkapasitas tinggi,” ucapnya.

Pada Jumat (15/3) pekan lalu, dalam aksinya, pelaku teror di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Christchurch menggunakan sejumlah senapan semi-otomatis, termasuk jenis AR-15. Senjata-senjata api itu didapatkan pelaku secara legal atau dibeli dengan izin kepemilikan senjata api yang dimiliki pelaku.

“Pada 15 Maret, sejarah kita berubah selamanya. Sekarang, aturan hukum kita juga akan berubah. Kami mengumumkan tindakan hari ini atas nama seluruh warga New Zealand untuk memperketat aturan senjata kita dan menjadikan negara kita tempat yang lebih aman,” sebut PM Ardern.

“Seluruh senjata semi-otomatis yang digunakan selama serangan teroris pada Jumat, 15 Maret, akan dilarang,” tegasnya lagi.

Meski demikian, PM Ardern memberikan pengecualian khusus untuk senjata api kaliber rendah seperti .22 yang biasa digunakan para petani untuk mengendalikan hama dan menjaga kesejahteraan binatang.

Pengecualian itu diberlakukan lantaran yakin bahwa senjata untuk petani tidak dirancang untuk melakukan aksi teror seperti yang terjadi di Christchurch.

Pihak kepolisian untuk selanjutnya akan mulai menerima penyerahan senjata dari dari warga, namun diimbau agar warga menghubungi polisi terlebih dulu sebelum mendatangi kantor polisi setempat menyerahkan senjatanya. Bagi pihak-pihak yang tetap menyimpan atau bahkan menimbun senjata yang dilarang setelah periode amnesti berakhir, bisa terancam hukuman maksimum tiga tahun penjara atau hukuman denda maksimum NZ$ 4 ribu (Rp 38,5 juta).

“Untuk para pemilik yang memiliki penggunaan sah untuk senjata-senjata mereka, saya ingin menekankan bahwa tindakan ini diumumkan hari ini bukan karena Anda, dan tidak ditargetkan pada Anda. Tindakan kita, atas nama seluruh warga New Zealand, yang ditargetkan untuk menjamin hal ini tidak pernah terjadi lagi,” ucapnya.

PM Ardern yakin, kebijakan ini akan didukung oleh warga. Dia mengesampingkan potensi adanya perlawanan terhadap larangan senjata api itu.

“Kebanyakan warga New Zealand akan mendukung perubahan ini. Saya merasa sangat yakin akan hal itu,” tandasnya.
(idn/dwia)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketegangan Lintas Benua Pasca Teror di Salat Jumat

Jakarta – Ketegangan diplomatik terjadi antara Australia dan Turki setelah terjadinya teror di di Christchurch, Selandia Baru. Dua negara di benua berbeda itu bersitegang akibat pernyataan dari Presiden Tukri Recep Erdogan.

Erdogan sebelumnya menyatakan siapa pun yang masuk ke Turki dengan sentimen anti Islam akan dipulangkan ke negara asalnya dalam peti jenazah. Dia merujuk ke ribuan pasukan Australia dan Selandia Baru (Anzac) yang tewas setelah mengalami kekalahan dalam Perang Dunia I di Gallipoli, Turki.

Pernyataan Erdogan itu dilontarkan saat menanggapi aksi teror di dua masjid di Christchurch, New Zealand. Dilansir Reuters, Rabu (20/3/2019), Erdogan sempat menyatakan bahwa Turki akan membuat si pelaku teror mendapat ganjaran jika New Zealand tidak bisa melakukannya. Komentar itu disampaikan Erdogan dalam kampanye di Istanbul pada akhir pekan lalu.

Presiden Erdogan menilai serangan terhadap jamaah masjid di Selandia Baru merupakan bagian dari serangan lebih luas terhadap Turki. Presiden Turki yang berkampanye menjelang pemilu lokal akhir bulan ini menegaskan penembakan jamaah masjid jadi bukti meningkatnya kebencian dan prasangka terhadap Islam.

Video aksi teror di New Zealand bahkan dipertontonkan via layar besar dalam kampanye Erdogan pada Sabtu (16/3) lalu. Erdogan diketahui tengah berupaya meningkatkan dukungan untuk Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpinnya menjelang pemilu daerah pada 21 Maret besok.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison pun lantas mengecam pernyataan Erdogan tersebut. Dia telah memanggil Dubes Turki di Canberra Korhan Karako namun tidak puas dengan penjelasan sang dubes.

“Saya tidak dapat menerima alasan yang disampaikan terkait pernyataan itu,” ujar PM Morrison usai pertemuannya dengan Dubes Karako, Rabu (20/3/2019).

PM Morrison menegaskan pihaknya meminta pernyataan itu ditarik kembali dan TV pemerintah Turki meluruskan kesalahan interpretasi kebijakan Australia. Jika tidak dipenuhi, kata Morrison, pihaknya akan mengambil tindakan lebih lanjut.

“Saya menunggu apa tanggapan Pemerintah Turki sebelum mengambil tindakan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern mengutus Menlu New Zealand, Winston Peters ke Turki. Menlu Peters akan meminta klarifikasi langsung dari Presiden Erdogan soal komentarnya terkait aksi teror di dua masjid di Christchurch.

PM Ardern menegaskan Menlu Peters yang juga menjabat Wakil PM New Zealand akan meminta klarifikasi mendesak dari Erdogan soal komentarnya tersebut.

“Wakil Perdana Menteri kita akan menghadapi komentar-komentar itu di Turki,” ujar PM Ardern kepada wartawan setempat. “Dia akan ke sana untuk meluruskan semuanya, berhadapan langsung,” tegasnya.
(knv/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hiu Muncul Pasca Banjir Bandang di Dataran Tinggi Sentani, Kok Bisa?

Hiu Muncul Pasca Banjir Bandang di Dataran Tinggi Sentani, Kok Bisa? Ikan hiu muncul pasca banjir di Sentani, Jayapura, Papua (Screenshot video viral)

Jakarta – Foto dan video munculnya ikan hiu pasca terjadinya banjir bandang di Sentani, Jayapura, bikin heboh. Foto dan video penemuan ikan hiu tersebut tersebar di media sosial.

Ikan tersebut memiliki ciri fisik dari moncong, badan, dan sirip yang sangat mirip dengan ikan hiu. Namun, ukurannya tidak sebesar ikan hiu dewasa yang biasa ditemukan di laut. Netizen heran karena sejatinya habitat ikan hiu ialah di air asin atau laut.

Dosen Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Diponegoro (Undip), Churun A’in, mengatakan ikan yang ditemukan warga Sentani kemungkinan besar memang ikan hiu. Dia mengatakan ikan hiu punya kemungkinan hidup di air tawar setelah melalui proses domestikasi.
“Insyaallah betul itu ikan hiu, masuk spesies cucut di Indonesia (Shark Species of Indonesia),” kata Churun lewat pesan singkat, Selasa (19/3/2019).
“Dengan penurunan salinitas secara bertahap, ikan hiu bisa hidup di air tawar, sama halnya dengan lobster air tawar. Namun biasanya kalau lobster (jenis crustacea) yang mengalami domestikasi akan mati setelah beberapa kali moulting (ganti kulit),” sambungnya.

Churun mengatakan ikan hiu jenis ini sudah bukan barang baru bagi pecinta ikan. “Para pehobi sudah banyak yang berhasil memelihara ikan hiu di air tawar,” ucapnya.

Dalam video viral yang beredar, tampak ada seorang pria yang memegang dua ekor ikan hiu. Dia mengatakan ikan hiu itu ditemukan di daerah pegunungan.

“Bukan di laut atau di daratan, tapi ini di pegunungan. Ada beberapa ikan hiu yang kami dapat dalam musibah banjir ini. Silakan lihat ini bukan satu kebohongan, ini kenyataan. Ini bukti kebesaran Tuhan bahwa di atas gunung juga ada ikan hiu yang besar, saudara-saudara yang ada di manapun,” kata pria bertopi merah dalam video tersebut.
(jbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengintip Biaya Perbaikan Mobil Pasca Kecelakaan

Liputan6.com, Bandung – Tak ada yang ingin mengalami kecelakaan mobil, baik ringan maupun berat. Namun jika Anda tak sengaja terlibat kecelakaan dan harus memperbaikinya sendiri karena tak mengikuti program asuransi, tentu harus ada sejumlah dana yang disiapkan.

Menurut Dahlan, pemilik bengkel cat dan perbaikan bodi di kawasan Mekarwangi, Bandung, tak sulit untuk menghitung estimasi biaya perbaikan. “Secara umum, bengkel cat membuat estimasi biaya perbaikan dari jumlah panel yang dikerjakan,” ungkap Dahlan kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

“Misalkan saja bumper depan mobil pecah atau retak, maka itu dihitungnya 1 panel. Konsumen tak perlu membeli bumper baru, karena bumper bisa kita perbaiki. Caranya? Bumper dilepas dari mobil, disolder, lalu dijahit menggunakan kawat, dan akhirnya ditutupi dempul,” sambungnya.

Hitungan per panel rupanya cukup sederhana. Yang dihitung satu panel adalah bumper depan dan belakang, pintu, pintu bagasi, dan kap mesin. Jika atap mobil total keseluruhannya adalah 2 panel.

Untuk diketahui, harga yang dipatok per panel adalah Rp500 ribu. Estimasi pengerjaannya paling cepat 1 hari, mobil masuk pagi dan sore sudah bisa diambil. Namun tergantung dari cuaca matahari, karena pengeringannya mengendalkan terik cahaya matahari. Wajar saja, karena bengkel milik Dahlan belum menggunakan oven.

Terkait dengan kecelakaan, biayanya bisa berubah jika lampu depan atau komponen lain yang pecah. “Misalkan lampu depan pecah, maka konsumen harus beli lampu baru. Kita bisa bantu carikan yang murah, biasanya dapat dari copotan asuransi. Untuk harganya tergantung mobilnya, karena saya harus cek stoknya dulu,” ungkap pria yang sudah menjalan kan bisnisnya sejak tahun 80-an.

PSS Punya Bahan Evaluasi Pasca Piala Presiden 2019

Sleman – Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, sudah mempunyai bahan evaluasi pasca Piala Presiden 2019. Hal itu akan dipakai untuk memperbaiki tim menyambut Liga 1.

Super Elang Jawa terhenti di Piala Presiden 2019. Kekalahan dari Persija Jakarta membuat PSS finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup F.

“Secara tim keseluruhan permainan lumayan. Di babak kedua (melawan Persija) banyak aksi individu yang saya pikir tidak efektif. Di sana kita akan coba perbaiki nanti di hari-hari berikutnya,” kata Seto di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019).

Selepas laga pamungkas Grup D melawan Persija petang ini, Seto bakal meliburkan anak asuhnya selama beberapa hari ke depan. Selanjutnya tim akan kembali dikumpulkan untuk menjalani latihan.

“Kemungkinan skuat diliburkan sampai Selasa pekan depan,” ujarnya.

Kapten PSS, Bagus Nirwanto juga melihat perjalan PSS di Piala Presiden bisa menjadi hal positif bagi perjalanan timnya.

“Kita dalam pertandingan ini bisa ambil hal positif dan negatif, kita mengambil hal positif agar lebih baik lagi bagi tim PSS ke depannya,” katanya.

(cas/mrp)